Monday, July 15, 2013

Lumpia Semarang Versi Basah


Lumpia Semarang...salah satu ikon  oleh2 khas Semarang.. yang sudah cukup terkenal. Lumpia khas Semarang biasanya isiannya adalah rebung..yang di masak dengan udang atau ayam, dengan tambahan orak arik telur, berbumbu kuat dan punya manis gurih. Aroma rebung yang khas..membuat lumpia Semarang beda dengan lumpia isi sayuran atau isian lain. Nah...kalau di Semarang tuch..lumpia2 yang terkenal itu.lumayan mahal..satunya bisa sampai 10 ribu..sekarang hihi..kadang masih suka heran juga sich kalau beli buat oleh2 gitu 1 biji lumpia aja kok 10 ribu..lha kalau kita beli 10 aja udah 100 ribu kan..tapi setelah liat ukurannya yang besar dan rasanya emang beda dengan lumpia2 lain..ya okelah..tapi tetep..sebenernya nggak usah semahal itu juga udah untung kali ya...hihi...*tetep Mak Iritnya mikir..hihi*..soalnya kalau bikin sendiri sebenernya bahan2nya nggak mahal sich. Akhirnya kadang kalau buat oleh2..aku suka bikin sendiri..lebih murah..dan rasanya juga tak kalah enak kok..sama yang di jual2.

Nah..buat yang mau coba..lumpia semarang..nggak usah jauh2 ke sini ya..bikin sendiri aja di rumah..mudah saja. Untuk yang versi goreng....aku udah pernah posting resepnya di sini ya..serta resep kulit lumpia Semarang versi aslinya. tapi memang..kalau kulit lumpia semarang yang asli..agak susah bikinnya. Karena kulitnya ini harus benar2 tipis dan versi kering. Adonan kulitnya juga sangat kental, jadi bukan adonan di dadar, tapi cukup di oleskan saja di wajan. Jadi hasil lumpianya bisa renyah. Tapi nggak masalah..jika susah bikin kulitnya..saat ini kan sudah banyak ya di jual kulit lumpia yang sudah siap pakai..jadi kita tinggal bikin isiannya saja.

Kali ini..aku buat lumpia yang versi basah..nah..kalau ini..bikin kulitnya mudah saja..karena di dadar biasa. Versi basah ini juga lebih sehat..karena nggak perlu di goreng2..irit minyak juga kan..hihi...dan enak lho rasanya..kulitnya lembut..di padu isian rebung yang gurih manis..pas banget. Tapi jika susah cari rebung di daerah selain di Semarang..lumpia basah ini..bisa di ganti isinya dengan bengkoang..resep  lumpia isi bengkoang pernah ku posting di sini...atau isi sayuran biasa ..juga enak dan segar..seperti isi tauge..kol atau wortel, tahu..dll...resep isian untuk lumpia sayuran nya juga udah pernah ku posting di sini .

Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka lumpia..^^
Lumpia Semarang Versi Basah

Bahan Kulit :
100 gram tepung terigu
50 gram tepung beras
1 butir telur
350 ml air
1/4 sendok teh garam

Cara membuat kulit :
Campur semua bahan kulit, aduk rata sampai licin dan halus. Saring jika masih ada tepung yang menggerindil.
Buat dadar di wajan teflon ukuran sedang satu persatu sampai habis. Jika bagian atas masih  nampak basah..boleh di balik..supaya benar2 matang kulitnya.

Bahan isi :
250 gram rebung, rebus sampai agak lunak, potong korek api
50 gram udang kupas, cincang
2 butir telur
1/2  sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
Kaldu bubuk ayam 1 sendok teh
Garam secukupnya
Kecap manis 1 sendok makan ( atau saus tiram jika suka rasa yang gurih tajam )
Air 100 ml

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat isi :
Telur di kocok lepas, buat orak arik. Sisihkan.
Tumis bumbu halus, masukkan udang, aduk sampai berubah warna. Masukkan telur orak arik dan sedikit air. Masukkan rebung dan semua bumbu2 lain. Masak hingga meresap dan kering.

Penyelesaian :
Ambil 1 buah kulit lumpia, isi dengan adonan isi secukupnya. Lipat dan bentuk seperti lumpia biasa. Sajikan.




13 comments :

  1. Wewww musim hujan gini enak nih klo bikin lumpia basah..hehehe...aq contek resepnya y mba..salam kenal ^_^

    ReplyDelete
  2. Iya Mba..silahkan di coba ya..dan salam kenal juga..^^

    ReplyDelete
  3. mbak,adonan kulit lumpia ini bisa untuk lumpia yang digoreng ya mbak?,soalny kayakny lebih enak yg d goreng deh mbak,he..he..,mksh mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang goreng beda adonan Mba..kalau mau renyah. Tapi ini bisa juga sich di goreng..tapi nggak bisa renyah banget..tapi lembut kulit lumpianya.

      Delete
  4. Mba DD, kalau pakai rebung kemasan kaleng, ada rekomendasinya merk tertentu ngga mba? Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua..aku belum pernah Mba Inta..pakai rebung kaleng..lha di sini Semarang kota rebung.tiap hari rebung segar banyak di pasar..hihi..jadi maaf ya..nggak bisa kasih rekomend..:)

      Delete
  5. Gitu ya mba Di...Kalo aku disini (kupang) ke pasar belum liat ada rebung segar, apa aku yg ga jeli aja kali ya...banyakan disini adanya sirih pinang mba :D Ngga apa2 deh mba, bikin versi bengkuang dulu aja lah sebelum ada rebung. Thanks mba DD

    ReplyDelete
  6. Mbak diah yg baek hati, mau nanya lg hehee... Sy setiap mengolah menu rebung koq rasanya kurang mantap ya mbak; ga ada aroma khas rebungnya spt di lumpia semarang asli gt; alias sepo. Biasanya rebungnya sy rebus 1x lalu sy buang airnya spy bau pesing & asemnya hilang. Apakah ada trik khusus ya mbak? Ato mungkin jenis rebungnya kah? Bgmn kah tips memilih rebung yg enak di pasar mbak? Mhn pencerahannya. Matur tengkyu sebelumnya mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rebung memang beda mba,..kalau di sini di Semarang rebugnya lebih beraroma dan agak manis..kalau di luar daerah sii kadang pait dll. Ya di bumbuin aja yang kenceng Mba..kalau rebungnya tawar..jadi bisa tetep gurih hasilnya..:)

      Delete
  7. Mbak, kalau resep saus lumpia basahnya gimana tuh mbak? biasanya kan kalau beli lumpia ada sausnya yang kecoklatan itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dari pati kanji dan gula merah aja sama garam kayaknya lho mba..aku kurang suka sich..jd jarang buat sausnya..lebih suka di mkn sama cabe rawit kalau lumpia..:)

      Delete
  8. Mba salam kenal, seneng liat penampakan kulit lumpia nya bisa putih gitu plus rapiii bgt ngelipetnya.. Mba kok kalo saya bikin, hasil kulitnya agak kekuningan yah (kmungkinan karena kuning telurnya).. Gimana ya mba biar bisa putih kayak punya mba diah, makasiih -wita-

    ReplyDelete
  9. Mb DD, lumpia basahq enak dan lembut tp ga mau digulung, pecah trus? Apa yg kurang tepat y? Apa mungkin perlu dikasi minyak goreng sprt kulit lumpia yg digoreng?

    ReplyDelete