Google Ad

Friday, December 24, 2021

Pepes Pindang


Pepes Pindang

 Selamat Sore,

Pepes, adalah salah satu menu favorit aku dan suami jadi aku sering bikin di rumah teman-teman. Praktis, bisa cukup ditemani nasi putih hangat dan kerupuk saja. Sebenarnya kalau mau makan sehat, paling enak bikin pepesan begini teman-teman, bahan yang dipepes juga bisa banyak variasinya.

Pepes adalah lauk kukus yang enak, sedep, miroso, nglawuhi karena berbumbu banyak cuma kadang malah jadi gagal diet, kenapa? Karena ngabisin nasi. ๐Ÿคฃ Kali ini aku buat 'Pepes Pindang' enak sedep, tinggal menumis sayuran aja nanti sebelum waktu makan, biar fresh. ๐Ÿ’•

RESEP PEPES PINDANG

Bahan:
  • 2 ikan pindang ukuran agak besar, bersihin jerohan dalam, dibelah dua, dibuang tulangnya.
Bumbu:
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 Kemiri
  • 10 cabai merah keriting
  • 5 cabai rawit merah
  • 1 sereh, ambil putih aja
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdk teh terasi bakar
Semua bumbu di atas dihaluskan menggunakan Chopper hingga halus.

Tambahkan:
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • 1/4 sdk teh garam ( atau sesuai selera.. kalau suka asin boleh ditambah b)

Aduk rata bumbu, ikan, 1 genggam kemangi, 1- 2 tomat dipotong-potong, cek rasa dulu ya, harus berani bumbu agar gurih pedes sedikit manis rasanya.
Bungkus dengan daun pisang, jadi dua pepes kalau besar seperti punyaku, kalau bungkus kecil-kecil bisa jadi 4 bungkus.

Selamat mencoba!
1

Monday, December 20, 2021

Udang Krispi Sambal Bawang


Udang Krispi Sambal Bawang

 #Repost @fortunecermat

...

Lihat postingan teman yang kulineran melulu saat liburan akhir tahun bikin Ibu jadi kepingin juga? Jangan gelisah, Bu.. Gimana kalau hari ini kita buat menu kuliner yang populer di Surabaya? ๐Ÿ˜

Ini dia, Udang Krispi Sambal Bawang yang kelezatannya bikin Ibu terasa lagi kulineran juga!

Pastikan Ibu menggunakan Fortune #RajanyaGaring untuk dapatkan sensasi garing & renyah tahan lama. Sudah punya kemasan baru Fortune belum? Temukan sekarang di minimarket/supermarket/e-commerce kesayangan Ibu sekarang! ๐Ÿฅณ๐ŸŽ‰

---------------------------------------------
Resep Udang Krispi Sambal Bawang
---------------------------------------------

Bahan Udang Krispi:
  • Minyak Goreng Fortune
  • 1/4 kh udang uk. Kecil, buang kepalanya
  • 3 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 2 sdm air
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Sejumput garam & merica

Bahan Sambal Bawang:
  • 15 bh cabai merah keriting
  • 10 bh cabai rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk

Cara Membuat:
  1. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, merica, dan air. Aduk dan ratakan, lalu masukkan udang dan baluri di semua sisi. Diamkan 15 menit.
  2. Lumuri udang ke dalam tepung beras dan tepung bumbu serbaguna.
  3. Panaskan Minyak Goreng Fortune, lalu masukkan udang dan goreng hingga kering dan kecoklakatan.
  4. Siapkan sambal bawang dengan menggoreng cabai dan bawang sebentar. Angkat, lalu giling kasar. Tumis sambal menggunakan Minyak Goreng Fortune, masukkan gula, garam, dan kaldu bubuk, koreksi rasa. Sajikan bersama udang goreng Krispi.


Selamat mencoba!
0

Bandeng Bumbu Rujak


Bandeng Bumbu Rujak

 
Selamat sore,


Menu sore ini adalah menu daur ulang, ada sisa bandeng goreng tinggal kepala dua buah, mau aku masak bumbu rujak aja dan aku cemplungin telur ceplok biar tidak terlalu minimalis.๐Ÿ˜€ Teman-teman jika punya sisa ikan goreng apa aja bisa dimasak gini ya, jadi menu daur ulang namanya, gak papa yang penting enak dan tidak mubazir.๐Ÿ’•

RESEP BANDENG BUMBU RUJAK

Bahan :
  • Ikan bandeng goreng, seadanya, tinggal kepala bandeng 2 buah. Kalau mau goreng baru, 1 ekor cukup lah.
  • 3 telur, diceplok
  • 600 ml santan kelapa sedang (tidak terlalu tua).
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1/2 - 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
  • 2 sendok teh kaldu bubuk dan garam secukupnya

Bumbu Halus :
  • 8 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 1 cm jahe

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan benar2 matang.
  • Masukkan santan dan bumbu2 lain. Biarkan sampai mendidih, lalu masukkan ikan bandeng yang sudah di goreng, dan telur ceplok, lalu masak dengan api kecil sambil sesekali di aduk supaya santan tidak pecah. Masak sampai kuah menyusut dan mengental.
  • Sajikan.
Selamat mencoba!
0

Sayur Gurih Rebung Daun Singkong


Sayur Gurih Rebung Daun Singkong

 Selamat siang, 

Masak Rebung lagi ah, mumpung lagi musim dan masih punya stock rebung sayur yang manis karena segar. Kali ini ingin masak 'Sayur Gurih' ditambah daun singkong. ๐Ÿ’•

Kebetukan lagi, suamiku penggemar berat sayur rebung, katanya sejak dari kecil dia suka sayur rebung baik yang berkuah maupun cuma dioseng-oseng saja ... Jadi tidak heran, dia yang orang asli Semarang suka banget sama lumpia. Tapi pasti lumpia yang terkemuka lho, dia seleranya tinggi kalo soal makanan. HeHeHe

RESEP SAYUR GURIH REBUNG & DAUN SINGKONG

Bahan :

  • 400 gram rebung muda, iris tipis
  • 200 gram daun singkong rebus, peras
  • 2 lembar daun salam 
  • 2 cm lengkuas
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun jeruk 
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2  sendok teh kaldu sapi, dan garam sesuai selera 
  • 1000 ml santan sedang

Bumbu Halus : 

  • 8 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar sangrai

Cara Membuat : 

  • Tumis bumbu halus hingga harum dan benar2 matang
  • Masukkan santan dan bumbu2 lain.
  • Tunggu hingga mendidih, masukkan rebung dan daun singkong, masak dengan api kecil hingga matang dan kuah menyusut
  • Koreksi rasa
  • Sajikan
Selamat mencoba !

0

Friday, December 17, 2021

Martabak Kari Ayam

 


Martabak Kari Ayam

Selamat sore,

Punya telur Bebek? Dan bingung mau di masak apa? Bikin martabak aja yuk teman-teman ...

Kebetulan punya banyak telur bebek organik dari IG @astamajayafarm. Teman-teman yang membutuhkan daging ayam kampung atau daging bebek ukuran kecil organik atau telurnya bisa pesan di IG @astamajayafarm. Telur bebeknya gede-gede mantap, bisa untuk martabak atau untuk telur pindang, sip pokoknya!

Bisa dianter ke rumah (wilayah Semarang) tanpa minimal order, enak kan? Hujan-hujan kalau males ke pasar langsung pesan aja di IG @astamajayafarm ya. ๐Ÿ’•

Karena sudah musim penghujan, paling cocok buat martabak aja yaa ... Temen-teman mau coba? Aku share resep-nya yaaa, biar gak bosen martabak daging terus, aku share resep Martabak Ayam. ๐Ÿ˜˜

RESEP MARTABAK KARI AYAM

Bahan :
  • 100 gram ayam rebus, cincang kasar
  • 1/2 sdk teh bumbu kaldu ayam
  • 4 bawang merah, cincang
  • 2 sdk teh Kari Bubuk
  • Tumis bawang merah hingga harum, masukkan ayam dan kaldu ayam, kari bubuk, aduk rata dan masak hingga meresap
Cara Membuat:
  • Siapkan 4 butir telur bebek, beri bumbu 1/2 sdk teh sapi / garam, merica 1/2 sdk teh, 1/4 sdk teh gula pasir, kocok rata
  • Masukkan bawang bombay 1/2 - 1 buah , tergantung ukuran, cincang
  • Masukkan Daun bawang 10 batang, iris halus ( aku pakai godong brambang )
  • Aduk rata
  • Masukkan tumisan ayam, aduk
  • Cek rasa dengan sedikit menggoreng adonan telur, hingga rasa sesuai selera
  • Jika suka asin, bisa di tambah bumbu, jika keasinan, bisa di tambah telur atau daun bawangnya, karena masalah selera itu masing2 orang beda ya teman-teman, ada yang suka gurih kuat, ada yang suka soft, jadi masak itu di sesuaikan aja selera masing2

Cara Membuat Kulit Martabak Telur

Bahan :
  • 200 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1/4 sendok teh garam
  • 140 ml air
  • 30 gram minyak goreng
  • 500 ml minyak goreng, untuk merendam
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  • Kulit, campur tepung terigu dan garam. Tuang air sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan minyak goreng. Uleni sampai elastis.
  • Timbang masing-masing 75 gram. Bulatkan. Rendam dalam minyak goreng 2 jam.

  • Adonan siap di pakai. Cara pemakaian..tiriskan satu bulatan adonan. Pipihkan dengan tangan agar melebar dan jadi tipis. Adonan yang baik akan mudah sekali di tipiskan sampai tipis dan lebar..dan nggak sobek.
  • Lebarkan adonan hgg tipis
  • Beri isian
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!

0

Udang Krispy Sambal Bawang

 


Udang Krispy Sambal Bawang

#Repost @fortunecermat


Lihat postingan teman yang kulineran melulu saat liburan akhir tahun bikin Ibu jadi kepingin juga? Jangan gelisah, Bu.. Gimana kalau hari ini kita buat menu kuliner yang populer di Surabaya? ๐Ÿ˜

Ini dia, Udang Krispi Sambal Bawang yang kelezatannya bikin Ibu terasa lagi kulineran juga!

Pastikan Ibu menggunakan Fortune #RajanyaGaring untuk dapatkan sensasi garing & renyah tahan lama. Sudah punya kemasan baru Fortune belum? Temukan sekarang di minimarket/supermarket/e-commerce kesayangan Ibu sekarang! ๐Ÿฅณ๐ŸŽ‰

---------------------------------------------
Resep Udang Krispi Sambal Bawang

Bahan udang krispi:
  • Minyak Goreng Fortune
  • 1/4 kh udang uk. Kecil, buang kepalanya
  • 3 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 2 sdm air
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Sejumput garam & merica

Bahan sambal bawang:
  • 15 bh cabai merah keriting
  • 10 bh cabai rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk

Cara membuat:
  1. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, merica, dan air. Aduk dan ratakan, lalu masukkan udang dan baluri di semua sisi. Diamkan 15 menit.
  2. Lumuri udang ke dalam tepung beras dan tepung bumbu serbaguna.
  3. Panaskan Minyak Goreng Fortune, lalu masukkan udang dan goreng hingga kering dan kecoklakatan.
  4. Siapkan sambal bawang dengan menggoreng cabai dan bawang sebentar. Angkat, lalu giling kasar. Tumis sambal menggunakan Minyak Goreng Fortune, masukkan gula, garam, dan kaldu bubuk, koreksi rasa. Sajikan bersama udang goreng crispy.

0

Wednesday, December 1, 2021

Kue Utri Khas Yogya


Kue Utri Khas Yogya

Selamat malam,

Hiburanku hari ini di tengah masa pemulihan pasca operasi penyambungan tulang hasta dan tulang pengumpil sebelah kiri, aku nemenin Budhenya Yodha bikin 'Kue Utri' atau nama lainnya nogosari mungkin ya, cuma kalo di Semarang nogosari itu dalamnya dikasih pisang. 

Kalau Yodha wes gak khawatir, siang sama sore masak sendiri menu favorit dia. Alhamdulillah, Budhe Yodha suka masak juga, jadi gabut juga kalau cuma diem karena udah ada Mba ART juga yang beres-beres rumah.

Tadi punya pisang, terus kita ngobrolin Kue Utri yang biasa dibuat di Yogya kalau ada hajatan, terus aku jadi pengin kan, terus kita buat. Aku yang buat adonan, Yodha yang video-in, jadi hujan-hujan sore tadi seru-seruan saja di dapur.๐Ÿ˜€

Budhe yang bungkus-bungkus, sambil cerita ini-itu, wislah bisa jadi hiburan daripada gabut. Alhamdulillah, hasilnya lembut, enak, gurih seperti kue utri di kampung. Yang motret Yodha.๐Ÿ˜€ Susah ternyata pegang kamera pakai tangan satu.๐Ÿ™ƒ Tapi kalau pegang sutil masih bisa tangan satu ya teman-teman.๐Ÿ˜€

Wis lah pokoke dibikin happy aja ya teman-teman, karena kalau hari-harinya bahagia kan cepat pulih. ๐Ÿ’•

RESEP KUE UTRI KHAS YOGYA

Bahan:
  • 250 gram tepung beras
  • 20 gram tepung tapioka
  • 100 gram gula pasir
  • 600 ml santan kental
  • 2 daun pandan
  • 1 sdk teh garam
  • Secukupnya pisang kepok
  • 400 ml air untuk mencair kan tepung

Cara Membuat:
  • Cairkan tepung beras dan tapioka dgn air
  • Masukkan santan, gula, garam, daun pandan, ke panci
  • Masukkan larutan tepung
  • Masak hingga matang dan mengumpal serta Kalis mengkilat
  • Cek rasa
  • Siapkan daun pisang
  • Beri adonan, pipihkan
  • Beri isi sepotong pisang
  • Bulatkan
  • Bungkus dgn daun pisang
  • Kukus 1/2 jam hgg matang
Selamat mencoba!
1

Bebek Goreng Rempah


Bebek Goreng Rempah

 
Selamat Sore,


Menu sore ini, cukup istimewa ... 'Bebek Goreng Rempah' yang dipadu sambal cabe ijo, bukan sambel cabe ijo ala Padang ya ... tapi ini sambal ijo yang halus yang dimasak lama, jadi sedep.

Yang masak Bebek Yodha, aku cuma kasih tahu saja bumbu-bumbunya. Karena Yodha malas goreng pakai minyak, Yodha goreng pakai airfryer aja, biar praktis.

Untuk Bebek aku pakai Bebek Organik kecil dari IG @astamajayafarm.

Untuk teman-teman yang tinggal di area Semarang jika butuh ayam kampung atau bebek organik bisa pesan di IG @astamajayafarm, tanpa minimal order dan bisa diantar sampai rumah.

RESEP BEBEK GORENG REMPAH

Bahan :
  • 1 ekor Bebek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
  • 1/2 sendok makan garam ( sesuai selera )
  • Sedikit penyedap jika suka
  • 800 ml air kelapa
Bumbu Halus :
  • 6 butir Bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
Cara Membuat :
  • Ungkep semua bahan dengan api kecil hingga meresap dan kuah habis
  • Goreng hingga matang

Bahan Sambal :

Bumbu Halus
  • 100 gram cabe ijo keriting..jika suka pedes tambahin rawit
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri
  • 2 cm jahe
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1/2 sdk teh merica
Bumbu Lain
  • 2 sdk teh kaldu ayam / jamur
  • Secukupnya garam
  • 1 sereh, geprek
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun jeruk
  • 1 sdk teh air asam Jawa
  • 1 sdk mkn gula merah
Cara Mambuat Sambal :
  • Tumis bumbu halus sampai benar-benar matang agar cabe tidak layu
  • Masukkan 200 ml air
  • Masukkan bumbu lain
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Sesekali di aduk
  • Api harus kecil banget ya agar sambal tanak dan sedep
  • Cicipi rasa
  • Masak hingga air menyusut
  • Sambel ini sedep banget..enak juga untuk ayam goreng ๐Ÿ’•
Selamat mencoba!
0

Bubur Mutiara


Bubur Mutiara

 Selamat pagi,

Sarapan pagi ini yang ringan aja ya teman-teman ๐Ÿ’• Cuma 'Bubur Mutiara', bikin 250 gram sudah jadi sepanci. ๐Ÿ˜€ Bisa untuk bertiga, itupun masih sisa. 

Memang kadang kita kalo pagi selalu bikin sarapan sederhana dan murah kalo kemarinnya atau kemarin malam kulineran dan makan yang berat-berat. Paginya cukup sarapan yang ringan-ringan saja, plus makan buah.

RESEP BUBUR MUTIARA

Bahan :
  • 250 gram sagu mutiara
  • 100 gram gula
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1/4 sdk teh vanili
  • 2 daun pandan
  • 2000 ml air ( jika kurang bisa tambah )

Cara Membuat :
  • Rebus sagu mutiara, air, garam, daun pandan.
  • Hingga mekar.
  • Jika sudah mekar , tambahkan gula.
  • Kecilkan api agar lebih mengembang sempurna.
  • Cek rasa
  • Sajikan dengan santan yang direbus pakai sedikit garam dan pandan, biar beraroma dan gurih.
Selamat mencoba.
0

Oseng Kacang Panjang Tempe Semangit


Oseng Kacang Panjang Tempe Semangit

Selamat pagi menjelang siang,

Pada akhirnya kita akan kembali kepada menu-menu lokal atau menu-menu warisan jaman dahulu sewaktu kita masih kecil. Saya pun demikian, kembali ke menu jadul dan menu sederhana kali ini adalah 'Oseng Kacang Panjang Tempe Semangit' untuk makan siang nanti.

Oseng Kacang Panjang Tempe Semangit kali ini aku buat tanpa kecap ... Biar rasaya asli, muncul rasa asli kacang panjangnya dan bumbu-bumbu lain.๐Ÿ’•

RESEP 'OSENG KACANG PANJANG TEMPE SEMANGIT'

Bahan :
  • 1 ikat kecil kacang panjang, kira2 10-15 lonjor
  • 200 gram tempe semangit
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun salam
  • 1 sdk mkn rebon
  • 1 sdk mkn gula merah, sisir halus
  • 2 sdk teh kaldu sapi / jamur
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh terasi bakar
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 5 cabai merah di 5 cabai rawit, iris semua bumbu
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu iris hingga matang, masukkan terasi dan tempe semangit, aduk2 hingga tempe berubah warna, masukkan 250 ml air.
  • Masukkan bumbu lain di atas.
  • Aduk rata.
  • Tutup panci sebentar.
  • Masak hingga kacang layu dan air menyusut.
  • Cek rasa.
  • Sajikan hangat.
Selamat mencoba!

0

Nasi Sup Iga Goreng


Nasi Sup Iga Goreng

 #Repost @fortunecermat

...
Makanan berkuah hangat jadi berkali lipat menariknya di tengah cuaca sejuk musim hujan ya, Bu? ๐Ÿ˜

Nah, Nasi Sup Iga Goreng ini bisa jadi inspirasi hari ini! Ibu bisa nikmati hangatnya kuah sup sambil tetap mendapatkan tekstur garing dari Iga Goreng karena sentuhan Fortune #RajanyaGaring! Apalagi kalau disantap bersama nasi pulen Beras Fortune, siapa pun pasti jadi makin lahap deh makannya ๐Ÿคค

Ibu CerMat sudah punya kemasan baru Fortune belum? Temukan sekarang di minimarket/supermarket/e-Commerce kesayangan Ibu, yuk! ๐Ÿ›’

---------------------------------
Resep Nasi Sup Iga Goreng
---------------------------------
Bahan:
  • Nasi pulen dari Beras Fortune
  • Minyak Goreng Fortune
  • 600 gr iga sapi, cuci bersih
  • Tepung bumbu serbaguna secukupnya
  • 1 bh pala, memarkan
  • 2 btg daun bawang, potong kasar
  • 1 bh bawang bombai, iris
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 btg wortel, potong
  • 2 bh kentang, kupas & potong
  • 2 bh tomat, potong
  • Bawang goreng secukupnya
  • Irisan daun bawang secukupnya

Cara Membuat:
1. Campur iga bersama pala dan daun bawang di dalam panci presto. Rebus dengan api besar hingga mendesis, kecilkan api.
2. Masak kembali selama 25 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin. Buka tutup panci, tiriskan kaldunya. Pindahkan kaldu ke dalam panci biasa.
3. Panaskan 2 sdt Minyak Goreng Fortune. Tumis bawang bombai sampai harum. Masukkan ke dalam kaldu, beri garam dan merica. Masak hingga mendidih.
4. Masukkan wortel, kentang, dan tomat. Masak hingga matang. Angkat.
5. Panaskan Minyak Goreng Fortune dan goreng iga yang telah dilumuri dengan tepung bumbu serbaguna secara merata. Angkat iga saat sudah kecoklatan.
6. Siapkan mangkuk saji. Tuang kuah sop dan isiannya. Taburi bawang goreng dan irisan daun bawang. Letakkan iga goreng di atas piring saji. Sajikan hangat bersama nasi pulen dari Beras Fortune.

Selamat mencoba!

0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel