Wednesday, July 31, 2013

Tahu Aci Tegal



Kalau bandung punya cireng..cimol..cilok dll yang berbahan dasar aci atau tepung tapioka..Tegal Jawa Tengah juga punya makanan khas yang terkenal..yaitu tahu aci. Bahannya cuma tahu saja..dan tapioka yang di beri bumbu. Rasanya..jangan di tanya..enak..hihi..dengan catatan bumbu2nya pas lho ya..jadi terasa bumbu2nya gitu..dan di makannya juga pas masih hangat2 gitu..soalnya ..kalau sudah dingin jadi mengeras acinya..tapi ya emang itulah ke khasan tahu aci Tegal ini..ketika hangat masih mau di gigit..ketika udah dingin..melawan dech..hihi..walaupun tetep enak juga. Jadi jika buat tahu aci..gorenglah sesaat akan di hidangkan..jadi masih hangat2 gitu dicocol sambal kecap dan cabe rawit..hemm...yummy.
Tahu yang di gunakan untuk tahu aci ini sebaiknya tahu yang bertekture padat dan tidak asam..karena jika tahunya sendiri tidak enak..wasallam dech rasanya. Untung di Semarang ada yang jual tahu ala Tegal yang padat gitu..jadi kalau buat tahu aci Tegal..bisa otentik dan asli ala Tegal dech tahunya..^^

Mau coba teman2..ini dia resepnya ya..lumayan lho..buat cemilan berbuka puasa..murah meriah ini..cuma modal  tahu sama aci doang..hihi...

Tahu Aci Tegal

Bahan :
5 buah tahu tegal, potong serong
100 gram tepung tapioka

25 gram tepung terigu
Daun bawang 3 batang, iris halus
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica bubuk
Gula Pasir 1/4 sendok teh
Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Air secukupnya 

Cara membuat :
Keruk sedikit isi tahu, lalu campurkan dengan campuran tepung , daun bawang dan bumbu. Aduk rata, tambahkan air secukupnya sampe jadi adonan kalis dan bisa di pulung. Isikan ke cekungan tahunya, lalu goreng hingga matang di minyak banyak dan terendam supaya matang sampai dalam2 nya. Sajikan dengan Samabal cabe rawit dan kecap. Cara membuat sambal cabe rawit : iris cabe rawit merah sesuai selera, haluskan 1/2 siung bawang putih, tambahkan kecap manis secukupnya.Aduk rata.

18 comments :

  1. suka banget sama tahu pake aci. mungkin disini namanya batagor ya mbak . Tahu diisi aci juga mirip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mak Lidya..aku juga suka..batagor pakai ikan tapi ya Mak..^^..tambah enak itu..

      Delete
  2. pengen bikin ini, kayaknya gampang ya ..*kayaknya sih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget Mak Dey..dan mur mer..hihi..tapi musti di makan hangat2 ya..kalau udah dingin...alot..hihi

      Delete
  3. mba, kalau ndak pakai tahu tegal gimana? pakai tahu bandung yg kuningnya sama hehe.. soale agak susah aku cari tahu tegal di sini (depok)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba Nona..yang penting tahunya padat kan..ntar tinggal ganti aja namanya..jadi tahu aci Depok gt..bukan Tegal lagi..hihi..sama enaknya pasti..:D..yang penting bukan tahu pasar putih yang berair itu ya..:)

      Delete
  4. Salam kenal mbak Diah. Saya Ridha dari Balikpapan.asli jogja,suami Tegal. Kemaren pas Tegal lngsung jatuh hati sama si tahu pletok. Pengen bgt bikin disini,tapi agak ragu sama tahu dasarnya itu. Pake tahu sumedang yang kuning bisa gak ya?? Ijin contek resepnya ya mbak.Makasih. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ridha..salam kenal juga Mba..:)
      Kalau Saya pakai tahu Tegal asli mba..di Semarang ada. Jika tidak ada..pilih tahu yang padat pokoknya Mba..misal tahu Surabaya..tahu China..dll..kalau tahu Sumedang itu kayaknya lembut ya Mba dalamnya..tapi jika adanya itu ya coba aja Mba..:)

      Delete
  5. mbak DD,
    laporr....aku kmrn coba resep ini.. maknyusss.. hehehe tp kmrn keenceran buatnya hehe tp rasa tetap enaak.. makasiyy

    regards,
    rika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Rika..iya mba..air di kira2 aja sdr ya..:)

      Delete
  6. mb DD..tepungnya diganti tp ACI boleh nggak ya, stok aci dr tegal banyak banget trims, dr mb atik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bisa banget Mba..malah enak itu..:)

      Delete
  7. siiip trims, dr mb atik

    ReplyDelete
  8. Akhirnya pagi2 aku udh menikmati tahu aci sambil nyruput kopi mbak Di... kemaren mantengin ulasan dan resep tahu aci/pletok mbak Diah sampe2 kepikiran terus. Yo wis pagi2 langsung ke tukang sayur deket rumah, langsung ambil tahu bandung 2 bungkus ( tahu tegal gak ada ) dan 3 bungkus tahu pong asin seukuran dadu. Utk tahu bandungnya satu bungkus aku bikin tahu aci, sisanya besok mau tak bikin tahu keriting. Utk tahu pongnya mau aku bikin tahu gejrot.... seingetku aku pernah nemu resep tahu gejrot deh di blognya mbak Di. Sekalian aja deh itu tahu aku borong....kalap deh kalo udah lihat tahu...apalagi tukang sayur deket rumah tahunya selalu baru dan enak...hehehe. Tengkyu yo mbak resep2nya.... simple dan oke semuanya...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..sama2 penggemar tahu,,komplet dech resep tahu2 an di sini mba..hihi

      Delete
  9. Mbak apakah dlm ny, bisa matang jga?

    ReplyDelete
  10. mba diah seneng banget aku baca blognya....sangat inspiratif. Sedikit menambahkan untuk tahu aci tegal biasanya bukan daun bawang mbak..tapi daun kucai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..iya...kadnag pakai kucai jug amba..kalau pas ada..krn jarang jug akucai mba di sini..:D

      Delete