Google Ad

Tuesday, December 31, 2019

Templek

Templek
This is.. Templek ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ 

Teringat waktu di pasar manis Purwokerto aku beli jajanan ini ( foto asli bentuknya yang di jual Mbahnya ada di foto terakhir ya..bentuk bulet2 kecil ), di Mbah2 gitu. Terus aku tanya ini apa..katanya ini Templek ( kalau nggak salah denger lho ya.. Mbahnya bilang begitu )

Rasanya enak, unik..gurih manis pedes, lembut... untukku yang penyuka jajanan ndeso dan eksotis suka ๐Ÿคญ๐Ÿ˜˜ Terus aku tanya terbuat dari apa? Mbahnya nunjukin penjual ampas tahu, belinya di pojok sana, di tempat penjual tahu.. katanya.

Sambil nyemil jajanan unik ini, aku ngobrol sama Mbahnya nanyain cara bikinnya, dan di kasih tau lah caranya. Wo ya gampang banget, akhirnya aku beli ampas tahu mentahnya per bungkus 1000 rupiah..beli dua bungkus aja udah jadi buanyak ๐Ÿ˜„

Jadi ampas tahunya ini masih basah ya, belum berubah jadi tempe gembus.
Ampas tahu kok di makan? Bergizi tidak?

Yo ndak usah di pikirkan terlalu dalam lah ya..yang kita pelajari adalah ini menjadi salah satu jajanan tradisional khas di suatu daerah..jadi patut di sebar luaskan agar lebih di kenal ya kan... sebagai keragaman kuliner Nusantara ๐Ÿ˜ƒ

Waktu beli ampas tahunya, sampai rumah langsung aku kukus sesuai saran yang jual, terus aku taruh freezer..paginya baru aku bikin Templek ini.

Katanya sich kalau versi goreng ini namanya Templek, kalau versi di kukus namanya Ranjem... bener kah teman2 warga Purwokerto? ๐Ÿ™๐Ÿ˜ƒ Resep sesuai hasil wawancara dengan Mbahe yang jual tapi takaran seusai seleraku ๐Ÿคฃ

Kata Mbahe, bumbunya bawang merah, bawang putih, kencur, cabe rawit, gula, garam dan penyedap, boleh di tambah daun bawang

Bahan :
  • 350 gram ampas tahu
  • 5 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 2 cm kencur
  • 1 sdk teh kaldu jamur / penyedap kaldu lain
  • Secukupnya garam
  • 30 gram gula merah
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan
  • Cicipi rasa, harus gurih manis, pedes
  • Bentuk bulat kecil
  • Celup adonan tepung seperti tepung untuk mendoan
  • Goreng

Update :

Setelah aku rangkum dari komen teman2, ada berbagai nama ya, monggo yang mau nambahin boleh..jadi nama sesuai masing2 ya..monggo di pilih saja ๐Ÿคญ๐Ÿ˜ƒ :

Kempong | Amprut | Jenguk | Demplo | Gubeg | Templek | Temlek | Miwo | Apolo | Buret | Sekayu | Golono | Randem | Ranjem | Kincir | Seporet | Tolo | Tembluk |
0

Empis-Empis Tahu & Tempe

Empis-Empis Tahu & Tempe

Siang,

Waktu lewat Temanggung beberapa hari lalu aku sarapan di salah satu warung makan, namanya Tenda Biru. Warung makan rumahan gitu yang terkenal dengan menu masakan Temanggung, salah satu favorit ku kalau makan di situ itu Empis2 nya.

Empis2 nya beda dari warung lain, yang pernah aku coba di Temanggung. Memang Empis2 itu macam2 ya teman2 ada yang empis2 tempe atau tahu kulit yang di potong kecil2, ada Empis2 ikan, ati ampela, dll.

Bumbu utamanya cabai hijau keriting, karena di Temanggung memakai penghasil cabe banyak.

Aku pernah coba Empis2 di warung ijo di Deket alun2, stylenya beda dari warung tenda biru. Jadi masing2 warung punya ciri khas sendiri2, Empis2 nya.

Pernah juga makan di Pasar Kuliner Papringan ada Empis2 iwak Mujair. Jadi macam2 versi Empis2 ini.

Kalau di warung Tenda Biru kemaren pakai tempe bungkil dan tahu putih yang lembut, tahunya nggak di goreng dulu, jadinya khas rasanya lembut dan meresep bumbunya ke dalam tahu.

Nah hari ini aku masak Empis2 tahu yang pakai tahu putih ala warung Tenda Biru ya. Rasanya enak, sedep..udah mirip rasanya sama yang di warung.

Empis2 rasanya cenderung gurih sedep agak sedikit manis, jadi beda ya teman2 sama Jangan Lombok. Kalau jangan Lombok sudah pernah aku post juga resepnya yang pakai Tetelan. Jadi kita fokus ke Empis2 Temanggung ini ya.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ Ciri khas lain itu pakai tempe khusus jadi sedep..yaitu tempe bungkil...tempendari ampas pembuatan minyak kacang. Kalau aku nggak punya tempe bungkil, jadi pakai tempe semangit aja. Tempe semangit nya dari tempe kedelai hitam beli di Purwokerto, eh enak juga di masak Empis2 Temanggung gini teman2.

Empis-Empis Temanggung

Bahan :
  • 5 tahu putih, potong jadi 2 bagian
  • Pilih tahu yang tidak mudah hancur, misalnya tahu Soka
  • 2 papan kecil tempe semangit, potong2 ( aslinya pakai tempe bungkil khas Temanggung )
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1500 ml santan encer saja
  • 30 gram gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 200 - 250 gram cabe hijau keriting, boleh di campur rawit ijo kalau suka pedas
  • 8 bawang merah, iris tipis
  • 4 bawang putih, iris tipis
Cara Membuat:
  • Tumis dulu bawang
  • Masukkan cabe
  • Masukkan santan dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe,tahu
  • Masak hgg meresap
Selamat Mencoba!
0

Monday, December 30, 2019

Tips Mengisi Telur Utuh ke Dalam Adonan Pempek

Tips Mengisi Telur Utuh ke Dalam Adonan Pempek.

Kemaren aku buat Pempek lagi...atau Empek-Empek..hihi..kalau di Jawa mah sebutannya gitu teman-teman..Empek-Empek ..gitu. Aku bikin yang isi Telur atau namanya Kapal Selam ya. Ini favorit Yodha dan papinya. Resep udah sering aku share, silahkan lihat di SINI
1

Lontong Cap Gomeh

Lontong Cah Gomeh
Hallo..hallo..maafkan ya teman-teman, lama absen nggak post di sini huhu. Minggu kemaren aku ke Jakarta, terus pulang sibuk menyelesaikan kerjaan ini..itu, waktu kayak kurang banget, ya pasrah dech . Baru sempat buka web lagi...huhu.

Tapi teman-teman jika nggga mau ketinggalan update resep-resep baruku jangan lupa mampir ke ig ku ya, @bunda_didi...di situ tiap hari tetep ada post baru kok. Nah ini mau berusaha disiplin lagi update di web hihi.

Oh ya mumpung masih Imlek, bentar lagi akan ada momen masak Lontong Cap Gomeh kan buat teman-teman yang merayakan, aku aja orang Jawa, karena di Semarang sini sudah membaur, suka makan Lontong Cap Gomeh juga, tapi ngga perlu nunggu hingga 15 hari setelah Imlek...sepengennya aja bikin hahah.

Nah ini kemaren suami lagi pengen Lontong cap Gomeh yang versi ada sayur lodeh terongnya. Kalau dulu aku buat pakai sayur labu, memang banyak versi sich. Di semarang sini aja ada kira-kira 12 macam lauk / sayur jika mau lengkap, seperti yang pernah aku coba di salah satu resto jadul di sini. Kalau versi resto seperti Istana Wedang atau di food court di mall, seperti yang aku masak kali ini versinya. Kadang ada juga telur atau ayam abing, tapi aku nggak sempat bikinnya.

Oke, aku share resep yang versi seperti di foto aja dulu ya teman-teman, kapan-kapan bikin lebih komplet lagi dech. Selamat mencoba ya. Oh ya pelengkapnya yang wajib ada itu bubuk kedelai, rasanya gurih manis, membuat Lontong Cap Gomeh makin sedep. Suamiku kalau nggak ada bubuk kedelai suka komplain, serasa ada yang nggak lengkap gitu hihi. Jadilah aku selalu nyetok...tapi aku beli jadi aja itu bubuk kedelainya, sama lontongnya juga beli jadi hihi. Soalnya di sini banyak bubuk kedelai di pasar.


Opor Ayam

Bahan :

  • 1/2 ekor ayam kampung
  • 1500 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu ayam 
  • Garam secukupnya

Bumbu halus :

  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar sangrai
  • 2 cm kunyit bakar
  • 1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang
  • Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan santan..dan semua bumbu lain.
  • Masak dengan api kecil, sambil sesekali di aduk, hingga meresap dan daging ayam empuk, dengan api kecil.
Pindang Telur
Bahan-bahan :

  • 5 butir telur direbus, dikupas
  • 5 lembar daun jambu
  • 2 lembar daun jati
  • 30 gram kulit bawang merah
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 50 gram gula merah sisir
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1.000 ml air

Cara membuat:

  • Rebus telur bebek, daun jambu, daun jati, kulit bawang merah, lengkuas, daun salam, gula, garam, dan air di atas api kecil sampai meresap.
Sambal Goreng Ati

Bahan :

  • 5 pasang ati ampela ayam, rebus hingga empuk, potong-potong
  • 100 gram cabai keriting, haluskan
  • 6 buah bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu ayam dan garam ( sesuai selera )
  • 150 ml santan kental

Cara Membuat :

  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabai, masak dengan api sedang hingga agak lama dan keluar minyaknya dan benar-benar matang ( tanak ), masukkan santan, dan semua bumbu, masak hingga mendidih. Masukkan ati, masak dengan api kecil hingga meresap. Koreksi rasa.
Lodeh Terong

Bahan :

  • 2 buah terong  hijau, kupas, potong kecil2
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
  • 800 ml santan sedang
  • 1 sendok makan ebi, seduh, biarkan utuh
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai hijau besar, 5 buah cabai merah, potong serong tipis

Cara Membuat :

  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang
  • Masukkan cabe hijau, ebi
  • Aduk rata
  • Masukkan santan dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Aduk sesekali dan masak hingga meresap dan terong matang
  • Koreksi rasa
Selamat mencoba!


6

Pempek Lenggang Goreng


Kemaren Sore aku buat Pempek Lenjer.

Aku pakai resep yang versi praktis aja yang biasa aku buat tanpa telur. Lagi bosan dengan Pempek yang terlalu empuk yang pakai biang terigu..hihi. Kalau yang versi praktis ini tekturenya oke ada kenyal-kenyal sedikit jadi lebih mantep gigitannya..hihi.

Nggak tau beberapa waktu lalau aku buatin yang versi empuk malah protes Yodha dan papinya minta yang versi Lenjer ini yang biasa aku bikin. Bisa langsung di goreng di sajikan dengan kuah Cuko atau bisa di lanjut jadi Pempek lenggang goreng..yaitu Pempek yang di goreng dengan kocokan telur.

Pempek Lenjernya di potong tipis-tipis. Rasanya sangat enak lho teman-teman. Makin gurih rasanya....karena di goreng pakai kocokan telur.  Sajikan dengan kuah cuko. Kalau di Jawa sich di sajikan dengan mie atau bihun..hihi. Di lengkapi irisan ketimun, dan bubuk ebi...makin sedep rasanya.

Aku buat Cukonya agak banyak kemaren dan ternyata setelah menginap makin enak rasanya. Wah jadi ngak perlu repot bolak balik bikin kuah cuko dech. Iya sich kalau di pikir-pikir di resto Pempek gitu biasa di taruh di botol gitu ya, makanya makin sedep rasanya.

Oke, aku share cara membuatnya komplet ya teman-teman dari awal bikin lenjernya hingga jadi Pempek Lenggangnya ya. Selamat mencoba teman-teman, jika suka ya. Tipsnya agar Pempek tanpa telur ini jangan di uleni terlalu kuat ya waktu mencapur tepungnya teman-teman, agar tidak alot.

Pempek Lenjer Tanpa Telur Praktis

Bahan :

  • 200 gram Ikan Tenggiri Fillet ( sudah bersih daging ikannya saja )
  • 200 gram tepung Sagu / Tapioka
  • 100 ml air es
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :

  • Masukkan ikan Tenggiri, air es, dan semua bumbu, kecuali tepung
  • Masukkan ke dalam food processor, proses hingga lembut dan menjadi pasta ikan
  • Pindahkan ke mangkuk
  • Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata hingga adonan bisa di pulung, namun tetap lembut
  • Siapkan panci berisi air, didihkan, beri sedikit minyak
  • Timbang adonan menjadi 10 bagian
  • Oles tangan dengan sedikit minyak, ambil satu bagian adonan, pulung bentuk lonjong memanjang
  • Masukkan ke air mendidih
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Rebus hingga mengapung dan matang
  • Tiriskan
  • Dinginkan

Bahan Saus :

  • 400 ml air
  • 2 sendok makan air asam pekat
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 100 gram gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ebi, sangrai, haluskan dengan blender kering
  • Cabai rawit jika suka pedas, sesuai selera
Cara Membuat :
Masak semua bahan saus, koreksi  rasa hingga pas rasa asam manis dan gurihnya sesuai selera

Untuk membuat jadi Pempek Lenggang :

Bahan per porsi : 

  • 2 butir telur, 1/4 sendok teh garam / kaldu ayam / kaldu jamur
  • 2 Pempek lenjer, iris tipis


Cara membuat :

  • Kocok telur, campur dengan bahan lain
  • Goreng hingga matang seperti membuat telur dadar
  • Sajikan dengan Saus Cuko


Selamat mencoba dan visit instagram: @bunda_didi 
5

Wednesday, December 25, 2019

Bothok Jamur

Bothok Jamur.

Pagi,

Teman2 masih semangat masak atau udah otw liburan nich? ๐Ÿค”๐Ÿ˜ƒ Kalau aku, selama masih di rumah ya tetep masak dan share menu2 baru ya, yang mau liburan selamat berlibur ya ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Ini menu kemaren sore, suamiku lagi suka di masakin menu kukus2, ..mau diet mungkin ๐Ÿคญ๐Ÿค”๐Ÿคฃ... Jadi aku bikin Bothok lagi, Bothok Jamur Kancing.

Bothok kok nggak pakai kelapa mba? Iya.. Bothok macam2 kok...nggak semua Bothok pakai kelapa atau santan. kalau Pakai Kelapa yang Bothok Mlanding. Ada Bothok telur asin dari Demak, udah ku share beberapa waktu lalu, ada Bothok Jamur ini, ada Bothok Pedes Patin dari Klaten, malah di bumbu pedes aja tanpa telur tanpa santan.

Tapi kalau Jamur ini, bumbunya simple saja, nggak selengkap Bothok Ati Ampela kemaren.

Karena jamur sendiri sudah sangat gurih rasanya ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Yuk bikin, simple banget kok resepnya teman2:

Bahan:
  • 300 gram jamur kancing, cuci bersih, celup sebentar di air mendidih, tiriskan, potong2
  • 2 butir telur
  • 1 bawang putih, 2 kemiri sangrai, haluskan
  • 3 bawang merah, 5 cabai rawit, iris2
  • 1 sdk teh kaldu jamur
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan, kecuali telur
  • Cek rasa dulu, jika perlu atau kurang asin tambah sedikit garam. Jika sudah pas rasa, baru masukkan telur
  • Ambil 2 lembar daun pisang
  • Tambahkan 1 sdk sayur jamur yang sudah di bumbuin
  • Bentuk tum
  • Kukus selama 20 menit
  • Dinginkan & Sajikan
Selamat mencoba!
0

Mangut Boros Kunci.

Mangut Boros Kunci.
Menu penggagal diet di musim hujan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ 
Mangut di campur Boros Kunci, lauknya ikan Layur krispy, sama kerupuk, udah dech... ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Resep di video sebelumnya ya teman2 ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜


0

Soto Kemiri

Soto Kemiri.
Siang... Tadi ke pasar nemu ayam kampung ukuran kecil cuma 45 ribu, jadilah aku pengen masak Soto Kemiri khas Pati yang di sajikan sama ayam goreng kampung kecil-kecil gini

Soto khas Pati ini uniknya, kalau beli di warung penyajiannya, di tuang kuah berkali-kecil biar bumbu meresap ke nasi, dan nasi juga jadi panas.

Kali ini aku bikin versi tanpa santan ya, biar seger pas hujan2 gini makan Soto. Ada juga versi yang pakai santan.

Resep ini sudah aku post di webku juga sich ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Apa beda Soto Kemiri dengan Soto Kuning yang lain?

Gak usah di cari bedanya..yuk di coba saja ya ๐Ÿคญ๐Ÿ˜ƒ Soto itu unik...dari berbagai daerah di Indonesia bumbu mirip2, tapi pelengkap dan cara penyajian beda ya udah beda kok ya teman2.

Jadi kalau aku ya suka menyebut sesuai Soto daerah yang aku masak, kali ini aku bikin Soto ala Pati, jadi namanya Soto Kemiri

Soto Kemiri Tanpa Santan

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung atau pejantan
  • 1000 ml air kaldu ayam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang daun seledri
  • 1 batang serai.
  • 3 lembar daun salam.
  • 50 gram taoge rendam dengan air panas
  • Bawang goreng untuk taburan.
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Sambal rawit dan kecap secukupnya
Bumbu halus :
  • 6 butir kemiri sangrai.
  • 5 siung bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 1/2 sendok teh Jintan
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 1/2 sendok mkn kaldu ayam
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok teh gula pasir ( secukupnya )

Cara membuat :
  • Rebus ayam dengan api kecil bersama 1500 ml hingga jd kaldu bening.
  • Angkat ayam dan masak terpisah dgn bumbu seperti membuat ayam goreng gurih biasa, sisakan sepotong untuk suwiran sotonya, sisanya di goreng.
  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng di tempat yang terpisah, setelah harum masukkan ke dalam kaldu rebusan ayam.
  • Tambahkan semua bumbu lain.
  • masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan koreksi rasa hingga pas rasanya. Sajikan soto di dalam mangkok dengan nasi dan pelengkap, dan taburi bawang goreng dan cincangan sledri serta ayam goreng suwir. Sajikan bersama jeruk nipis, sambal dan kecap.
Selamat mencoba!
0

Monday, December 23, 2019

Lodeh Terong Boros Kunci

Lodeh Terong Boros Kunci


Siang, Menu Boros Kunci, yang bikin Boros Nasi lagi..
Boros Kunci lagi musim banget di pasar deket rumahku, sekarang sudah turun harga, se ikat cuma 2500. Jadi hampir tiap hari aku masak aneka olahan Boros Kunci ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
Di orak arik pedo udah, di oblok2 udah, campuran mangut udah, di bothok udah, hari ini aku masak lodeh sama terong. Ya ampun diet gagal lagi hihi...sedep banget ini teman2, beneran... ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Minggu depan gantian di urap yang belum
Lodeh Terong Boros Kunci

Bahan :
  • 2 ikat boros kunci, ambil bag putih dan tunas daun, buang kulit merahnya, iris2
  • 2 terong, iris
  • 100 gram tempe semangit, iris
  • 1 sdk makan rese / rebon
  • 1000 ml santan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun salam

Bumbu iris :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 5 cabai rawit
  • 5 cabai merah
  • 5 cabai hijau
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu, masukkan santan, dan bumbu2 lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe, boros, dan terong
  • Masak api kecil sambil di aduk sesekali, hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!
0

Monday, December 9, 2019

Sosis & Bakso Bakar

Sosis & Bakso Bakar - DiahDidi.Com

Siang,

Menu Yodha tadi siang..hari Ini minta sosis bakar dan bakso bakar aja, karena mau nyoba Mamayo dari @javaegg_id

Mamayo Ini mayonnaise original, terkuat dari bahan berkualitas, rasanya enak lho..beda dengan yang lain, lebih bercitarasa lokal gitu cocok untuk lidahku..dan Yodha pun bilang enak... ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Teman2 udah pernah coba Mamayo Ini?

Info lebih detail cek di ig @javaegg_id ya... ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ 

Sosis Bakar

Bumbu olesan sosis / bakso bakar :
  • 1 bawang putih, cincang
  • 1/2 bawang bombay, cincang
  • 50 gram saus tomat
  • 25 gram saus sambal
  • 1 sdk mkn saus tiram
  • 3 sdk mkn kecap manis
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang
  • Angkat, masukkan semua saus dan merica
  • aduk rata
  • Oleskan ke sosis yang sudah di kerat2
  • Panggang hingga matang sambil di bolak balik
  • Angkat
  • Sajikan dengan Mamayo
Video resep bisa dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=ih3VjheoO5M

0

Sunday, December 1, 2019

Tongseng Ayam

Tongseng Ayam 
Malam,

Menu makan malam tadi... Tongseng Ayam... ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Siang tadi Yodha pulang cepet selesai tes, jadi maksi di rumah. Untuk menu makan malam tak tanya mau Ayam Goreng atau Ayam Bakar..katanya kok lagi bosen. Terus aku tanya mau makan apa..adanya di freezer cuma Ayam. Kata Yodha..: "Coba menu Ayam yang lain..kasih kejutan ke aku Mi... katanya.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‚ Walah.. malah nantangin Emaknya untuk bikin menu beda lagi ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Akhirnya tak buatin Ini, Tongseng Ayam..dan pas makan lahap dech Yodha...ngakuin kalau enakkk ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Lumayan satu lagi menu baru, berbahan Ayam favorit Yodha..setelah kemaren suka Ayam Gongso. Oh ya..teman2 yang mencari resep Ayam Gongso yang hilang dari postinganku kemaren, di webku ya..klik aja link bioku. Postingan kemaren kena blokir di ig ku..yang bikin error ig ku kemaren ya itu, jadi aku pindah web aja ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… 

Tongseng Ayam

Bahan :
  • 1 ekor Ayam pejantan, potong kecil
  • 1000 ml santan
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun jeruk
  • 1 serai
  • 2 cm kayu manis
  • 3 kapulaga
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdk mkn gula merah

Bumbu Halus Gulai :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 kemiri
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 1/4 sdk teh jintan
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan Ayam, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan Santan, dan semua bumbu
  • Masak api kevin hingga meresap
  • Cek rasa

Bumbu Tambahan :
  • 5 bawang merah, iris
  • 2 bawang putih, iris
  • 1/4 kol, iris kasar
  • 2 daun bawang, iris kasar
  • 8 cabai rawit
  • 2 tomat
  • Bawang goreng Secukupnya
  • Tumis bawang merah dan putih
  • Masukkan Gulai Ayam
  • Tambahkan sayuran
  • Mask hingga sayuran layu
  • Masukkan kecap manis 2-3 sdk mkn
  • aduk rata, cek rasa
  • Sajikan segera
Selamat mencoba!
1

Wednesday, November 27, 2019

Timlo Goreng Solo

Timlo Goreng Solo
Pagi... Ini resep Timlo Goreng Solo Kemaren ya teman2, resep isian sebentar ya.. di video satunya

Timlo goreng Ini seperti sosis solo tapi isinya tumisan ayam, soun..wortel, jamur.. ayam dan wortel bisa di iris kecil2, tapi aku biar praktis tak cincang saja pakai chopper.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜€ Untuk adonan kulit Ini aku mau kulit yang kokoh dan tidak menyerap minyak, setelah beberapa kali uji coba sendiri, takaran ini paling pas. Tapi kalau adonan di aduk biasa dan di saring, hasil masih agak tebal. Akhirnya aku coba akali pakai chopper mitochiba, kan ada alat khusus untuk mengaduk adonan basah seperti Ini teman2...jadi adonan kulit jadi halus, lentur dan tercampur rata, tanpa perlu di saring.

Jadinya.. kulit jadi lebih lentur dan tipis tapi pas di goreng kokoh, nggak nyerap minyak..pas dech.

Jadi chopper Mitochiba, kalau kita beli akan dapet wadah besar untuk ngalusin daging, ayam, dll
Walah kecil untuk ngalusin bumbu, terus ada alat yang untuk bikin adonan basah juga...seperti bikin adonan kulit seperti Ini ya teman2.

Resep bisa dilihat di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=pS7DLU38Iak

Selamat mencoba!
0

Tuesday, November 26, 2019

Nasi Ayam Khas Semarang

DiahDidi.Com - Nasi Ayam Khas Semarang

Hello, Ini resep nasi ayam khas Semarang ya teman-teman ...

Opor Ayam Suwir

Bahan :
  • 1/2 ekor ayam kampung dan jerohannya jika suka
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 400 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 500 ml santan encer ( dari sisa perasan santan kental )
  • 1 batang serai, di ambil putihnya
  • 3 lembar daun jeruk, sobek buang tulangnya

Bumbu halus :
  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 cm kunyit, di bakar
  • 1/ 4 sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/8 sendok teh jintan
  • 1 sendok teh garam / kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 1 sendok teh gula merah

Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan encer , tunggu sampai mendidih, lalu masukan ayam, jerohan dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap dengan api kecil hingga santan cair menyusut, lalu tambahkan santan kental...masak lagi hingga meresap. Angkat ayam, suwir2. Jerohan di tusuki pakai tusuk sate.

Note : Jika pakai jerohan ati, usus dll, di rebus terpisah dulu dengan salam dan lengkuas dan sedikit garam, agar tidak amis ketika di campur ke Opornya.

Sambel Goreng Labu Siam & Krecek

Bahan :
  • 300 gram labu siam, 100 gram krecek, cuci bersih
  • 3 siung bawang putih, di iris tipis
  • 6 buah bawang merah , di iris tipis
  • 5 buah cabai merah, rebus sebntar ,lalu di haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 600 ml santan dari 1/ 2 butir kelapa

Cara Membuat :
  • Cuci bersih labu siam dengan sedikit garam supaya getahnya hilang. rendam Krecek jika pakai jenis yang liat. Jika pakai yang mudah empuk, cuci saja.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukan daun salam, tambahkan labu siam, aduk sampai labu layu. Masukkan bumbu2 lain dan santan serta Krecek. Masak hingga bumbu meresap dan matang.
  • Jika suka bisa di tambah tahu kulit juga.
  • Pelengkap :
  • Telur Pindang dan aneka Sate jerohan bumbu Opor

Beda dengan nasi liwet solo, nasi liwet solo pakai dua macam Areh, Areh kuning dan putih.
Selamat mencoba!
0

Monday, November 25, 2019

Sayap Ayam Gongso



Maaf teman2 yang mencari resep Sayap Ayam Gongso yang aku post di Ig ku ...aku pindah ke sini ya. Postingan itu kena blokir kemaren ๐Ÿ™„๐Ÿ˜ญ..di Ig, jadi aku hapus dulu ya..walau tetep belum pulih Ig ku masih belum bisa nulis caption atau komen di ig...huhu

Ayam Gongso ini..menu kreasiku aku adaptasi dari warung makan langganan ku, warung Sowak yang ada menu lezat, Sayap Gongso ini. Cuma kalau beli kan dikit ya..hihi...cuma isi 3 potong Sayap Ayam  kecil..jadi bikin sendiri lebih puas dech.

Sayap di potong dua bagian jadi kecil.
Pertama di ungkep seperi bumbu rica Jawa gitu masaknya. Terus setiap kita pesan menu Sayap Gongso, kita di tanya mau level berapa pedasnya...terus di masakin dadakan dech dengan tambahan bawang merah dan cabe sesuai level yang di request pengunjung.

Jadi resep dasar itu Rica Jawa yang ngga terlalu pedas. Tapi malah enak sich kalau masak di rumah misal masakin anak2, bisa di buat tidak pedas dulu, nah buat yang dewasa jika ingin pedas, pas waktu menggongso nya tinggal di tambah cabe iris sesuai selera yaa ..jadi nggak perlu masak dobel kan.

Kalau mau nggak pedas sama sekali, bumbu pertama cabe di buang biji aja..cocok untuk anak2.

Oke, langsung aja ya..ini dia aku tulis resepnya. Bisa di ganti ceker atau Balungan Ayam juga lho..selamat mencoba ya teman2.

Gongso Sayap Ayam

Bahan :
500 gram Sayap Ayam
Bagi dua bagian, lumuri dengan 1 sdk mkn air jeruk lemon / jeruk nipis
Cuci kembali, sisihkan
2 daun jeruk
1 serai, memarkan
1/2  sdk mkn gula merah
2 sdk teh kaldu ayam
Secukupnya garam
500 ml air

Bumbu halus :
6 bawang merah
2 bawang putih
3 kemiri sangrai
8 cabe merah keriting, bisa buang biji jika mau tidak pedas untuk anak2
1 cm jahe

Cara membuat :

Tumis bumbu halus hingga benar2 matang
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
Masukkan air, kaldu dan garam serta gula, daun jeruk dan serai
Masak api kecil hingga bumbu meresap dan kuah nyemek2, sisihkan

Bumbu Gongso :
6 bawang merah, iris kasar
5 cabai merah atau cabe rawit merah, iris ( ini sesuai selera mau pedas level berapa ya )

Tumis bawang merah dan cabe, sebentar saja jangan terlalu matang bawang merah nya, jadi agar ada rasa krenyes2  gitu. Selain itu penampilan masakan juga lebih cantik dengan adanya irisan bawang merah yang masih fresh belum hancur. Rasa juga makin sedep.
Selanjutnya masukkan ayam yang sudah di ungkep bumbu pertama
Masukkan kecap manis 2 - 3 sdk mkn,lalu aduk cepat sebentar saja ya, segera sajikan hangat.

Jadi..kecap masuk terakhir ya, agar warna masakan jadi lebih cantik..dan juga rasanya beda lho..masuk di awal masak kecapnya..sama buat di pakai waktu menggongso saja. Jadi inilah bedanya menu Gongso Semarang ini.

Makanya warna masakan bisa cantik menggoda selera kan teman2.

Selamat mencoba yaa ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜






1

Friday, November 22, 2019

Sambal Goreng Labu Krecek

Sambal Goreng Labu Krecek

Pagi,

Sarapan ini aja ya teman2, pakai Lontong dan taburi bumbuk kedelai..๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Ini lho Krecek Semarang yang lembaran yang aku beli hari Minggu kemaren teman2, ini aku masak yang agak *mbeling jadi ngga hancur...kenyil2 enakkk ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Ada juga rambak jenis ini yang mudah hancur lho..jadi nyemek kuahnya dan nyerap bumbu aku kurang suka. Jadi kalua mau beli yang bagus , jika ke Semarang aku sarankan di pasar Prembaen kemaren bagus Krecek nya..nggak mudah hancur dan nyerap kuah.

Cara memasaknya...kalau yang jenis mbeling ini, di rendam dulu. Kalau nggak di rendam kurang bisa lembut.

Bahan :
  • 2 labu Siam, potong korek api
  • 50 gram krecek
  • 1000 ml santan
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam

Bumbu Halus :
  • 8 cabai keriting, haluskan
  • 8 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
Cara Membuat :
  • Tumis bawang merah dan putih
  • Masukkan cabe
  • Tumis hingga benar2 matang
  • Masukkan santan dan bumbu2
  • Mask api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan
Note : Krecek di rendam dulu ya jika jenis yang alot / mbeling, jika pakai krecek yang mudah lembut misal krecek yogya ya nggak perlu di rendam dulu ya, cuci aja.
0

Wednesday, November 20, 2019

Ayam Geprek Sambel Iris

Ayam Geprek Sambel Iris.

Menu maksi ku tadi ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Gak jadi diet dech ๐Ÿคญ

Tadi nyobain bikin Ayam Krispy pakai tepung mocaf..jadi dan tetep enak renyah ternyata ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Lagi mencoba tepung mocaf 5 kali fermentasi..oleh2, dari suami waktu jadi pembicara di acara UMKM kemaren..ini hasil karya UMKM Jawa Tengah.

Ternyata enak mocafnya, ngga ada aroma aneh, rasa juga bisa renyah.

Aku share resep sambel nya dulu ya teman2, ayamnya ayam goreng krispi pakai tepung biasa boleh kok

Bahan:
  • 6 bawang merah, iris tipis
  • 10 cabai rawit merah, iris tipis
  • 2 daun jeruk , iris halus
  • 1- 2 serai, ambil bagian putihnya saja, iris halus
  • 1/2 sdk teh terasi bakar
  • 2/4 sdk teh kaldu jamur
  • Sejimpit kecil garam
  • 1/4 sdk teh gula pasir ( optional )
  • 1/2 buah jeruk limau

Campur semua bahan, tuangi minyak panas sisa menggoreng ayam sekitar 1 -2 sdk mkn. Minyak harus bener panas ya..hingga pas di tuang bunyi nyosssss gitu agar nggak langu cabe dan bawang nya ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ
Aduk rata pakai tangan , sambil sedikit di bejek2 ...jika takut pedas lapisi plastik, agar bumbu lebih merata, kucuri jeruk limau
Sajikan dengan ayam krispi yang di geprek
1

Talam Ubi Ungu

Talam Ubi Ungu

Pagi,

Ini Snack kemaren sore teman2.. #NikmatiHidup tidak perlu ribet & keluar budget banyak, cukup kembali berkreasi di dapur untuk buat Talam Ubi Ungu ini aja udah cukup banget.
Karena aku suka Ubi Ungu..dan aneka olahan berbahan ubi ungu ini. Jadi semangat berkreasi aneka olahan ubi ungu lainnya dech.

Nah, kalo Rasa Andalan versi buibu menu apaan? Yuk share Rasa Andalan buibu juga, karena FiberCreme_TV lagi bikin sayembara berhadiah culinary trip bersama IG @williamwongso ke Jogja & masih ada hadiah menarik lain ang diundi tiap minggunya.
Seru kan.. berhadiah jalan2 dan kulineran lho...!๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ 

Caranya:​ 
1. Follow IG @FiberCreme_TV
2. Foto masakan Rasa Andalan versi kamu dengan FiberCreme​
3. Unggah dan sertakan caption alasan mengapa menu masakan itu jadi Rasa Andalan-mu​
4. Beri hashtag #RasaAndalan #EnakBisaSehat
5. Tag IG @FiberCreme_TV & mention 3 orang teman/keluarga​.
6. Periode Giveaway hingga tanggal 11 Desember yang diumumkan via IG @FiberCreme_TV

Jangan lupa yang tiap hari masak, share aja foto menu buibu dengan FiberCreme. Siapa tahu rejekinya buibu. Info lengkap kunjungi IG  @FiberCreme_TV atau website www.fibercreme.com ya!​ Oke, aku share resepnya ya..kue talam itu biasanya pakai santan ya teman2, nah biar lebih sehat, aku ganti pakai fibercreme, rasanya tetap gurih enak. Jadi fibercreme ini cream nabati pengganti Santan atau susu ya. Bisa untuk kue2 atau untuk masakan juga lho.

Bahan :
  • 250 gram ubi ungu, kukus, haluskan
  • Campur 50 gram fibercreme dengan 250 ml air hangat
  • Campur ubi dan fibercreme, blender halus
  • Tambahkan tepung tapioka 125 gram, tepung beras 2 sdk makan, 100 gram gula yang di blender halus, vanili 1/4 sdk teh, aduk rata..saring jika perlu
  • Tuang adonan 2/3 tinggi cetakan Talam, kukus 15 menit
Lapisan atas :
  • 50 gram fibercreme
  • 250 ml air hangat
  • 30 gram tapioka
  • 30 gram tepung beras
  • 1/4 sdk teh garam
  • 2 lembar daun pandan
Cara Membuat :
  • Masak larutan fibercreme dengan pandan dan garam
  • Larutan tepung dengan sedikit air
  • Tuangi larutan fibercreme
  • Aduk rata, saring
  • Tuang di adonan Talam ubi ungu, kukus lagi 10 menit
  • Dinginkan
  • Lepaskan dari cetakan
  • Sajikan dengan kelapa parut kukus yang di beri sedikit garam
Selamat mencoba!

0

Monday, November 18, 2019

Risol Mayo

Risol Mayo

Siang,

Ini Risol Mayo..bekal request suami..bawanya banyak..soalnya mau di bagi2 teman kantornya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Dari dulu kalau ngantor mau bagi2 makanan, requestnya mesti risol mayo atau pastel kesukaan suami...๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜˜ Kadang saking seringnya bawa risol mayo..sampai pada mau pesan..pernah ada temen suami yang kata suami selera soal makanannya tinggi, sampai rayu2 mau pesan karena rasanya beda katanya dari yang di jual di bakery2 atau toko kue, aku selalu bilang ke suami..kasih aja resep nya ..ada di web kok ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Aku kalau bikin risol mayo gini selalu pakai bahan2 berkualitas dan royal isian..misal daging asapnya pakai yang bagus, terus isinya ngga cuma se iris, tapi satu slice, telur rebus 1/4 butir, mayonya melimpah.. adonan kulit juga pakai susu cair, jadi lembut..jadi nggak kebayang kalau jualan terus harga berapa coba ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…..jadi kalau pada suka... mending tak kasih resepnya..suruh bikin aja sendiri..aku bilang gitu ke suami ๐Ÿคญ๐Ÿคญ 

Risol Mayo

Bahan :
  • 150 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
  • 400 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdk teh garam
  • 1 sdk mkn minyak goreng
  • Campur semua bahan
  • Saring
  • Buat dadar tipis-tipis

Bahan isian:

  • 150 gram Mayonaise
  • 2 sdk mkn saus sambal ( pakai Belibis / Del Monte kalau aku )
  • Daging asap secukupnya, panggang sebentar saja di teflon ( tergantung isi nya mau satu slice di potong atau utuh ya )
  • Telur rebus secukupnya ( karena bisa banyak bisa sedikit isinya..kalau yang normal biasanya telur satu di bagi 6 bagian )
Cara Membuat:
  • Ambil selembar kulit
  • Beri isi daging asap
  • Telur, dan campuran mayonaise 1 sdk makan / sesuai selera
  • Lipat bentuk seperti risol biasa atau segitiga juga bisa
  • Celup sisa adonan kulit risol..atau pakai kocokan telur
  • Gulingkan ke tepung panir kasar orange
  • Goreng hingga matang
  • Minyak harus sudah cukup panas ya baru risol masuk agar tidak menyerap minyak dan tidak kelamaan di goreng, agar isian tidak pecah.
Selamat mencoba!

0

Kue Mendut Warna-Warni.

Kue Mendut Warna-Warni.
Pagi, hari ini aku bikin kue tradisional favorit aku...mumpung ada tamu di rumah nanti, jadi semangat bikin jajanan tradisional gini.

Plus di rumah punya stok tepung beras ketan fresh dari @tepungaromanis.id, jadi semangat bikin jajan pasar, karena tepung ketan nya itu fresh dan nggak ada aroma apek dan enak di buat aneka jajanan tradisional khas Indonesia ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Teman2 yang di Jakarta, kalau ke Interfood jangan lupa mampir ke stand @tepungaromanis.id ya.

Kue Mendut Warna-Warni

Bahan Kulit:
  • 200 gram tepung ketan putih @tepungaromanis.id
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1 sendok makan gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml santan cair hangat
  • 2 tetes pewarna merah muda
  • 2 tetes pewarna hijau
Bahan Isi:
  • 200 gram kelapa parut kasar
  • 150 gram gula merah, sisir
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 125 ml air
Bahan Kuah:
  • 250 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
  • 1 1/2 sendok makan tepung beras
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
Cara membuat:
  • Isi: masak bahan isi sambil di aduk sampai kering dan meresap. Bentuk bulat kecil. Sisihkan.
  • Kuah: rebus bahan kuah sambil diaduk sampai mendidih dan mengental. Sisihkan.
  • Kulit: campur tepung ketan, tepung tapioka, gula garam. Masukkan air hangat sedikit – sedikit sambil diaduk sampai kalis.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian. Masing-masing adonan tambahkan dengan pewarna merah muda, pewarna hijau. Aduk rata.
  • Ambil sedikit adonan kulit, tambahkan isi, bentuk bulat. Lakukan sampai habis.
  • Ambil dua lembar daun pisang ukuran kecil
  • Letakkan satu bulatan adonan hijau, dan merah muda
  • Tuang 1 sdk mkn saus santan
  • Bnetuk tim
  • Semat
  • Kukus 15 - 20 menit
  • Sajikan
Selamat mencoba!
0

Salad Buah MAYUMI

Salad Buah MAYUMI

Siang semuanya, menu cemilan Yodha hari ini adalah Salad Buah Mayumi. Berhubung Yodha agak susah kalo diisuruh makan buah, makannya aku buatin salad buah simpel dan sehat ini.

Bahan-bahan:
  • 100 gram semangka
  • 100 gram melon
  • 100 gram mangga
  • 100 gram pepaya
  • 50 gram anggur
  • Buah lain sesuai selera
Bahan saus, aduk rata :
  • 100 gram Mayumi original
  • 50 gram susu kental manis
  • 1 sdk mkn perasan air lemon

Mayumi® dan @dapurumami.id lagi ada challenge seru berhadiah menarik loh ibu-ibu. Ayo ikutan tantangan dalam membuat #BekalSehatMayumi dengan buah-buahan dan Mayumi® serta menangkan hadiah menarik seperti Smartphone, Tupperwareset dan voucher listrik!  Caranya gampang sekali :
  1. Upload foto kreasi ide bekal sehat ala Mama, wajib menggunakan buah-buahan dan Mayumi®, boleh tambahkan bahan lain.
  2. Tulis ceritamu dan inspirasinya saat memasak bekal sehat untuk memberikan gizi seimbang bagi anak dan alasan memilih konsep kreasimu dicaption, pakai hashtag #BekalSehatMayumi
  3. Follow & tag @dapurumami.id dan mention 3 teman untuk ikutan
Hadiahnya banyak banget! 3 Pemenang utama akan mendapatkan Smartphone + Hampers, 5 Pemenang beruntung akan mendapatkan set Tupperware + hampers, dan 30 Pemenang hiburan akan mendapatkan Voucher listrik.

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Desember 2019 di @dapurumami.id
Periode masih berlangsung sampai tanggal 30 November 2019. Untuk info lebih lengkap, ibu-ibu bisa cek langsung di @dapurumami.id

0

Friday, November 15, 2019

Oseng Tempe Udang Bertabur Pete

Oseng Tempe Udang Bertabur Pete

Malam,

Menu makan malam Ayam Bakar dan ini aja teman2, buat pedes2 nya.. sekalian memanfaatkan stok Pete kiriman Eyang Yodha. Sayang kalau nggak diolah, karena pete dari kebun sendiri ini rasanya beda kata suami..lebih manis, jenis pete yang kecil2. Kalau aku bukan penggemar Pete ๐Ÿคฃ..jadi kurang tau bedanya gimana..cuma kata suamiku lebih enak yang kecil2 gini.

Bahan :
  • 1 papan kecil tempe, potong 2 goreng setengah matang
  • 100 gram Udang, boleh kupas boleh berkulit
  • 1 papan Pete, belah dua
  • 8 cabe rawit merah, iris
  • 5 cabai merah ,4 bawang merah, 2 bawang putih, ulek halus
  • 1/2 sdk teh terasi bakar
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 sdk mkn gula merah
  • 1 sdk mkn kecap
  • 2 sdk teh kaldu ayam / secukupnya garam
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus, masukkan cabe, terasi, aduk hingga cabe layu
  • Masukkan air, daun salam, lengkuas, tempe, dan bumbu 2
  • Masak api kecil hingga meresap hingga nyemek2
  • Cek rasa
  • Terakhir masukkan Pete yang di goreng bentar
Selamat mencoba!

0

Monday, November 11, 2019

Resto Review di IG @bunda_didi

Resto Review di IG @bunda_didi
Selamat siang,

Bagi para pemilik Cafe dan Resto, promosi yang paling efektif adalah dengan cara resto visit atau resto review yang sering saya lakukan untuk beberapa klien kami di kota Semarang maupun di luar kota Semarang. 

Bagi kami kegiatan ini sangat menantang dan memperluas pengalaman dan wawasan kami atas kekayaan kuliner di Indonesia. Kami pun juga belajar saat melakukan review, karena ada banyak hal yang ditawarkan oleh beberapa klien yang benar-benar unik dan tidak pernah saya jumpai di tempat lain.

Jika selama ini saya dikenal dengan resep-resep saya yang saya share di situs DiahDidi.Com, IG @bunda_didi atau YouTube maka sebenarnya saya juga sering melakukan kegiatan resto review kepada klien-klien Cafe & Resto. Dengan kegiatan ini kami pun bisa sedikit memberikan tips dan pengalaman kami kepada para pemilik Cafe dan Resto untuk sajian dan menunya.

Promosi di IG @bunda_didi dan situs DiahDidi.Com adalah sebuah paket yang akan powerfull yang akan menjangkau pembaca setia DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi. 

Berikut contoh salah satu review kami di salah satu kedai makan kecil di Yogyakarta: https://www.youtube.com/watch?v=rWhrjsrkX10



0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel