Google Ad

Saturday, September 7, 2019

BABAT ISO BACEM



Pagi,

Happy weekend teman2...

Salah satu jerohan favorit di rumah ini ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Dan biasanya paling favorit ya di olah jadi Babat Gongso...atau di Bacem seperti ini..karena lebih gurih dan ada rasanya. Kalau di masak jadi berkuah, paling2 ya di gule ala Jawa.

Untuk olahan jerohan gini mending bikin sendiri teman2, lebih bersih ya ngolahnya..hihi.

Kalau beli mateng itu aroma nya kadang ngga suka ya masih amis dan bau. Nah kalau masak sendiri, kita bisa bikin lebih enak. Caranya, sebelum di olah..kita rebus dulu dengan daun salam dan jahe, di presto dulu hingga empuk.

Untuk babat dan iso, beli yang fresh ya teman2, terus di cuci hingga bersih berulang2. Isian isi bisa di buang atau bisa juga tidak. Itu isinya sari makanan sich. Biasanya klu di masak lama jadi keras gempi ( keras ) enak..kalau suka sich hihi. Kalau Yodha suka nya di buang..jadi aku cuci bersih di air mengalir.

Setelah di cuci bersih, di presto dulu dengan daun salam dan jahe, jadi harum aromanya.

Bahan :
500 gram babat
500 gram iso, cuci bersih, potong2
Presto dengan 5 lembar daun salam dan 3 cm jahe

Bumbu :
6 bawang merah
2 bawang putih
4 kemiri
2 sdk teh ketumbar
Haluskan bumbu

Masukkan semua bahan ke panci, tambahkan air kelapa 1000 ml
50 gram gula merah, dan 2 sdk teh kaldu sapi, secukupnya garam
Rebus api kecil hingga meresap
Dinginkan
Goreng sebentar saja di minyak panas hingga kecoklatan
Sajikan dengan sambal bawang aja udah enak

0

Thursday, September 5, 2019

Video Resep Bakpao Menul Empuk Lembut


Pagi,

Bakpao sering aku post dan aku ulas, tapi belum pernah aku bikin video lengkap nya ya teman2.

Nah kemaren pas aku bikin lagi, aku bener niatin untuk bikin video tutorial lengkapnya.


Mudah kok bikin bakpao itu teman2, ayuk ya masih maju mundur cantik mau bikin bakpao ngga jadi2, segera di coba ya...enak lho...bakpao minul eh menul , lembut dan empuk buatan sendiri, bisa tersaji di rumah hangat2.


Ini video resep lengkap nya ya, selamat mencoba teman2.








0

Tuesday, September 3, 2019

Nasi Gandul Pati



Hari ini aku masak Nasi Gandul khas Semarang lagi teman2, gara2 di tawari Mas tukang daging langganan ku Iso dan Babat yang bagus, ngga bisa nolak dech ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Soalnya semua suka iso dan babat..walau kalau bisa ya sebulan sekali aja gitu ya teman2 biar ngga kebanyakan kolesterol hihi.

Tapi jika ingin sekali makan babat Iso ya nggak apa2 teman2 , sekali-kali makan dikit.

Bisa minum jamu anti kolesterol abis itu ya hihi. Ada kok ramuan bawang tunggal, jahe merah, lemon, dan cuka apel. Ampuh itu untuk membersihkan kolesterol dalam darah kita.

Ok, resep ini ya teman2, klik aja video berikut :


1

Monday, September 2, 2019

GIMBAL TERI NASI BASAH



Pagi,

Aku lagi suka ngolah Teri Nasi Basah, karena lagi banyak di pasar..๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Kali ini aku buat Gimbal Teri Nasi, enak banget buat lauk, buat di cemil ya enak ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Menurut ku Teri Nasi basah ini lebih gurih daripada yang versi kering. Ya mungkin yang kering soalnya jadi asin ya teman2.

Kalau yang basah ini gurih alami, ngga asin..jadi cocok di olah jadi aneka menu ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹


Teri basah ini lebih gurih menurutku daripada teri nasi kering, karena tidak terlalu asin. Bisa di olah jadi beragam menu. Harganya lumayan terjangkau ya, 10 rb dapat 250 gram.
Cara bersihin teri nasi basah ini, cuci berkali2 di air mengalir, pakai saringan
Lalu di tiriskan, siap di olah dech.

GIMBAL TERI NASI BASAH

Bahan :
250 gram teri nasi
1 butir telur
100 gram tepung terigu protein rendah
25 gram t beras
25 gram tepung tapioka
200 ml air
1 sdk teh kaldu ayam
Secukupnya garam

Bumbu Halus :
2  bawang putih
1 cm kunyit
1/2 sdk teh ketumbar

Cara membuat :

Campur semua bahan
Aduk rata
Sendokkan ke minyak panas
Goreng hingga matang

Oh ya, kalau teman2 cari ide lauk gorengan yang enak, bisa bikin PIA-PIA Udang khas Semarang juga nich.

Videonya tadi malam udah aku upload di YouTube, jangan lupa subscribe ya, ini YouTube baruku, khusus untuk video2 detail yang lebih lengkap, ngga di cepetin. Jadi lebih jelas cara pengolahan menu2 nya...


0

Wednesday, August 28, 2019

JANGAN TEMPE & KULIT MELINJO



Pagi,

Mumpung masih pagi, aku sempatkan post di sini dulu ah, hanya k menu baru belum di simpan di sini..huhu.

Ini Jangan Tempe, atau Sayur pedes Tempe..biasa di Yogya di pagi hari banyak yang jual menu begini. Ini bukan sambal goreng ya, Karena ini lebih seger rasanya, berkuah encer.

Sayur nya di campur kulit melinjo sama krecek, jadi lebih sedep.
Biasa di makan pakai bubur nasi, terus bihun, Gudangan juga, wah enak sedep sekali teman2.

Penjual nya biasa mbah2 gitu , dan murah harganya. Aku suka sarapan seperti ini, mengingatkan masa kecil dulu.

Resepnya klik video berikut ini ya teman2, udah ku tulis detail, ada tips2 juga. Selamat mencoba,..๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜



1

Friday, August 16, 2019

Tips membuat ketupat matang dan pulen

 Malam,

Aku nitip link video cara membuat ketupat lebih pulen dan matang sempurna ya teman2.

Selain itu juga lebih praktis, ngga perlu capek2 nambah air atau cek takut kehabisan air.

Kalau pakai slow cooker aman hingga matang air nggak akan berkurang banyak.

Tips lengkap dan cara membuat ketupat pulen, resepnya di video atas ya teman2.
2

EMPAL KELEM SEMARANG


Masih punya stok daging teman2 ?

Sudah di olah jadi apa aja?  Aku udah macam2 olahan daging ku buat. Tapi  tetep paling favorit di rumahku ya ini.

Orang Jawa tulen, sukanya ya olahan daging gurih, manis seperti ini. Lebih nglawuhi , sedep rasanya.

Tips memasak daging seperti ini, di ungkep api kecil, hingga meresap dan kuah mengental.

Tips dan cara memasak nya detail, cek di video berikut ya teman2 .



1

Thursday, August 15, 2019

Cincau Hijau Jepang / Jelly


Hallo teman2, maaf baru update lagi di sini.

Sebenarnya banyak yang aku share, oke..satu persatu akan aku post ya.

Salah satunya tentang cincau jelly ini. Ini jenis varian cincau hijau yang baru aku kenal dan coba. Ternyata rasanya enak, lebih enak dari cincau hijau bulu atau cincau Jawa yang bentuk  yang daunnya seperti daun sirih. Bentuk daun seperti daun sirih. Suka dech.

Rasanya lebih lembut dan kenyal, hasilnya seperti jelly. Aroma nya juga fresh segar.
Cara membuatnya sama seperti membuat cincau hijau Jawa, di remas2 hingga sarinya keluar, langsung di sajikan dengan santan dan gula merah.
Benih atau tanaman cincau ini banyak di jual online juga lho teman2. Agar tidak salah dengan cincau perdu yang langu, simak resep dan tipsnya di video ini ya. Selamat mencoba..๐Ÿ˜๐Ÿ˜



1

Monday, July 15, 2019

Tempat Wisata Baru, Junk Yard Magelang


Pagi,

Selamat kembali ke dunia nyata lagi sebagai Emak2 ya teman2 , liburan telah usai ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Yuk mari semangat berkarya lagi, biar bisa nabung untuk liburan lagi ๐Ÿ˜…

Sebelum posting menu2 baru, aku titip simpan foto2 liburan kemaren ya, siapa tahu ada yang kangen sama Yodha. Sekarang udah menginjak masa remaja dia..๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Kemaren sich sebelum Yodha masuk sekolah kita ke Magelang, kebetulan ada reuni kuliahku di desa wisata Boro, Kalibawang kulonprogo, nah kita nginep nya di Balkondes Wanurejo Borobudur, eh..di samping hotel persis ada tempat wisata kecil baru ternyata.

Tempat foto2 aja sich, ada kafenya gitu. Konsepnya itu Junk Yard, seperti tempat pembuangan mobil2 antik kuno gitu tapi di susun rapi, jadi bisa kita gunakan untuk foto2.

Lokasi di desa wisata Wanurejo Magelang, pakai GPS aja pasti sampai kalau mau ke sana ya teman2. Lokasi samping persis Balkondes Resort Wanurejo.

Karena masih baru ya bagus sich tempatnya untuk santai dan foto2...cuma tiket lumayan juga untuk tempat wisata yang ngga terlalu luas , 25 k per orang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Tapi biasanya kalau lagi liburan dan ada tempat lucu ya kadang kita ngga mikirin harga tiket kita ya teman2 . ..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Kalau ke sana bagusnya sore ya, jadi nggak panas dan view gunung nya cakep. Oke dech semoga bermanfaat ya, sedikit infonya ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ













2

Sunday, July 14, 2019

Mangut Beong , Kuliner khas Kembanglimus Borobudur



Sore, libur telah usai....kudu rajin lagi update web ini teman2, maaf absen lama ya.

Aku mau share dulu kulineran waktu liburan kemaren ya yang pertama aku akan share kuliner Kembanglimus Borobudur Magelang, Mangut Beong Sehati.

Mangut ikan beong ini,  ikannya ikan sungai khas ya Beong ini teman2, lebih mirip patin dari bentuk dan tekture ikannya, tapi lebih gurih, jadi mungkin nanti aku akan recook di rumah pakai ikan patin aja ๐Ÿ˜˜

Menu lain yang di jual ada aneka olahan mangut ikan air tawar lain, ada Mangut gurame, mangut nila, dll semuanya pedes ya, yang ngga pedes cuma ayam kampung nya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Style mangutnya beda sama mangut Semarang atau Pantura, lebih condong rasanya seperti mangut ala yogya, tapi lebih pedes ini. Ciri khas Mangut ndeso yang sedep khas, seperti rasa masakan rumahan.

Kemaren waktu blusukan kulineran di sekitar Borobudur, niat banget cari warung ini, pakai GPS di putar2 in sampai masuk kampung2, setelah sampai lokasi, ternyata warungnya dekat jalan raya kalau dari arah lain..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Rasa mangutnya juga beda style sama mangut yogya atau mangut Semarang, pokoknya unik dan sedep...rekomended. ikan beongnya itu jenis ikan yang dagingnya tebel, mirip daging patin, tapi lebih gurih.

Waktu datang kemaren belum waktunya makan siang menu lainnya aneka mangut gurame, nila, dll masih komplet, tapi waktu aku pesen mangut beong di bilang habis, karena udah di pesan semua rombongan Ibu Menteri dari Jakarta, tapi karena udah jauh2 ke situ tetep usaha dengan rayuan akhirnya berhasil dapat satu porsi mangut beongnya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Pokoknya pejuang kuliner sejati pantang menyerah untuk nyicip mangut beong, walau udah di pesan semua oleh rombongan Bu Menteri..eh bener pas makan siang, rombongan Ibu Menteri banyak datang..dan para ajudan minta warung di amankan dari pengunjung lain di jam makan siang..karena kita udah di dalem ya cuek aja..asyik makan ๐Ÿ˜…

Lokasi :
Warung Mangut Beong Sehati
RT 1, rw 6 desa Bumen,  Kembanglimus Magelang, pakai google navigator bisa nyampai kok.




1

Sunday, June 30, 2019

Gethuk Goreng Klaten

GETHUK GORENG
Ini resep gethuk goreng pink ala Klaten, yang kemaren aku teman2 ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Untuk ngalusin karena cuma dikit aku pakai garpu aja, agar tekture gethuknya tetep lembut, mempur. Boleh di tumbuk tapi jangan terlalu lama agar tidak liat gethuknya.
3

Monday, June 24, 2019

Lumpia Mini Isi Pisang Keju



Sore,

Cemilan yodha sore ini teman2..dia lagi suka Lumpia Mini isi Pisang, Coklat, Keju. Sampai waktu aku pist ini dia udah cemal cemil tinggal 4 biji itu..sisain papinya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Bikinnya mudah banget, tinggal ambil kulit lumpia, isi dengan pisang raja yang ranum dan matang , beri meises 1/2 sdk teh, keju milky soft parut 1 sdk teh, lipat, gulung, lem pinggirnya dengan putih telur.
Goreng dech..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Pisangnya paling enak pisang raja yang sudah *dalu ( yang udah matang banget, kulitnya udah hitam itu malah enak, manis legit nggak akan sepet dan harga lebih murah ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…)..aku kalau beli di pasar sesisir 10 ribu..tapi harus segera di olah ya, kalau kulit udah hitam2 tapi dalamnya masih bagus putih.
Pisang di belah memanjang jadi 4 bagian..jadinya irit plus jadi banyak...๐Ÿ˜‚

Yuk bikin teman2, bisa untuk usaha juga, biasa di jual di gerobak pinggir jalan ya, tapi jika kita buat lebih istimewa ada keju lelehnya tentu jadi nilai lebih kan .
1

Sunday, June 16, 2019

GLOTAK KHAS TEGAL


Kemaren ini aku masak menu baru dan unik,  menu eksotis khas Tegal,  namanya  Glotak .
Glotak itu terbuat dari tempe gembus ( menjes) yang di masak pedas dengan balungan,  bisa balungan sapi atau ayam,  kalau aku pakai balungan ayam. Ada yang warnanya kemerahan,  ada yang pucat kuning kecoklatan , tergantung cabai yang di pakai ya...ada yang pakai cabai merah,  ada yang pakai cabai hijau,  kalau aku kok suka yang versi merah warnanya.
Berawal dari ngobrol sama teman tentang krupuk antor tegal yang katanya enak untuk makan glotak,  jadi penasaran dengan glotak ini dan baca2 tentang glotak ini semalam.  Sampai lihat di YouTube,  ternyata kalau di tegal ini kayak di cemil gitu pakai kerupuk,  bukan jadi lauk ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€..tapi ada juga yang di nikmati bersama bubur.  Aku jadi pengen bubur glotak besok untuk sarapan.
Banyak versi resep,  ada yang pakai ketumbar,  ada yang tidak pakai,  ada yang pakai kemiri ada yang tidak,  itulah uniknya  masakan indonesia ya teman2, satu masakan yang sama aja beda2 bumbunya...kalau aku biasanya tak coba semua,  mana yang sreg di lidah itu yang aku akan catat jika masak lagi lain waktu ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Kalau hari ini aku buat versi resep dari temenku yang kakak iparnya asli tegal, lain waktu aku coba versi lain bumbunya biar tahu beda rasanya.

Bahan:
Tempe gembus  2 - 3 papan ( yg tipis kotak kecil2, bukan besar2 ), kukus 10 menit,  haluskan kasar.
2 lembar  daun salam
2 sereh
3 daun jeruk
3 cm lengkuas,  geprek
1/2 sdk mkn kaldu ayam,  garam secukupnya
Gula sesuai selera
500  gram balungan ayam,  rebus,  kaldu nya ukur 1500 ml

Bumbu halus :
5 cabai merah
20 cabai rawit merah
6 bawang merah
3 bawang putih
4 kemiri
1/2 sdk teh ketumbar

Tumis bumbu halus,  masukkan air kaldu dan balungan
Masukkan tempe gembus
Masukkan semua bumbu
Masak api kecil hingga meresap,  sambil sesekali cek rasa,  karena tempe gembusnya ini menyerap bumbu,  jadi perlu di tambah bumbu di tengah2 proses memasak, jika masih terasa kurang gurihnya ya.
3

Saturday, June 15, 2019

TAHU UPI*



Sore,
Teman2 tau Tahu Aci dari Tegal kan?
Ayok ngaku,  siapa yang kalau makan Tahu Aci suka nyemilin Acinya aja,  daripada Tahunya? ๐Ÿ˜‚

Itu aku banget,  karena Acinya gurih enak banget ya.
Nah biar puas makan Acinya,  kemaren ini aku buat TAHU UPI* khas Tegal juga.  Kebetulan dapat kiriman tepung aci dari tegal. Tapi temen2 tetep bisa coba pakai tapioka biasa ya.


Bedanya dengan Tahu Aci biasa,  Tahu Upi* ini Acinya lebih banyak,  Tahunya cuma kecil,  sak Upi*..itulah katanya di sebut Tahu Upi* ...hihi. Maaf di sensor ya namanya,  takutnya jadi ngga selera setelah tau namanya ..yang penasaran belum tau namanya komen ajah, ntar tak bisikin dech ๐Ÿ˜‚

Tahu Upi* Tegal

Bahan :

5 buah tahu,  masing2 potong serong jadi 4 bagian kecil2
100 gram tepung aci / tapioka
2 buah tahu, haluskan untuk campuran adonan
1 sdk mkn kucai  iris
3 siung bawang putih

1/2 sendok teh merica bubuk
Gula Pasir 1/4 sendok teh
Kaldu bubuk 1 sendok teh

Garam secukupnya

Air hangat secukupnya  hingga adonan bisa di bentuk
Campur semua bahan,  tuangi air sedikit demi sedikit hingga adonan lemes kalis,  bukan kalis kering ya. Cek rasa hingga gurihnya sesuai selera.
Ambil tahu,  baluri adonan,  usahakan sedikit tahu terlihat,  goreng di minyak panas sedang hingga agak kering


2

Tuesday, June 11, 2019

Tahu Goling / Guling



Akhirnya bisa update blog lagi,  mohon maaf lahir batin ya teman2, ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜


Ini menu favorit yodha setelah lebaran, tahu goling ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Ini menu khas Yogya,  beda sama tahu  Kupat Magelang ya,  kalau Tahu Goling ini bumbunya nggak pakai Kacang ya,  cuma encer manis gurih sedep,  dari Gula Merah,  Kecap dan yang wajib itu bumbunya harus pakai Daun Jeruk.. terus tahu tempenya di bacem dulu ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€


Beberapa hari ini baca2 di med sos rame ya cerita2 mudik dengan cerita unik2 ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…..kalau aku kok seneng cerita yang positif aja,  mau macet,  capek,  menurutku momen mudik itu seru dan menyenangkan.  Kalau untuk Yodha dia juga enjoy2 aja sich,  bahkan ada efek positifnya,  jadi doyan menu2 yang sebelumnya dia ngga mau,  jadi mau pas mudik, karena warung2 makan banyak yang masih tutup,  apa yang di masakin Budhe2 nya di Yogya ya di makan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Ini salah satu menu yang yodha jadi suka gara2 kemaren makan di rumah mbah putri di yogya , padahal pedes dan banyak sayuran mentahnya. Eh sampai semarang hari ini request,  mau menu tahu seperti buatan Budhe yogya katanya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Resepnya ini ya teman2, tapi di foto buatan sore tadi,  minus tempe bacem,  tambahan bakwan ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…, seadanya bahan,  yang otentik kayak di video ini ya :







1

Monday, June 3, 2019

KUE BAWANG KEJU


Punya stok keju banyak, bikin cemilan goreng2 aja yang mudah dan cepat,  dari pagi tadi,  bikin kue bawang keju, dan onde2 ketawa keju ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Nich kue bawangnya.. Lebih tepat keripik kali ya,  tapi dari jaman dulu nyebutnya kok ya kue bawang, mungkin karena harum bawang merah yang wajib ada di adonan kue ini ya...jadi gurih khas,  juga tambahan sledrinya bikin sedep ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Jadi inget jaman kecil suka bikin ini sama ibu kalau mau lebaran,  walau ngga ada alat tetep semangat nggilas pakai botol kecap bikin banyak rame2 seru.. terus di taruh di kaleng bekas biskuit Khong Quan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Biar anak jaman now kayak yodha mau makan,  aku tambah keju adonannya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Siapa yang suka dan punya kenangan masa kecil dengan kue ini ? Yuk  bikin teman2... ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Kue Bawang

Bahan :

200 gram tepung terigu protein sedang

20 gram tepung tapioka

30 gram margarin
1 sdk teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera
50 - 75 gram keju parut ( ini optional ya,  kalau kue bawang ori gak pakai keju)
2 siung bawang putih, haluskan dan 100 gram bawang merah, haluskan kasar atau parut. ( jika tidak suka bawang banyak2 kurangi aja sesuai selera ya..tapi lebih sedep kalau bawang merahnya banyak )

2 sendok makan sledri cincang ( sesuai selera )

1 butir telur, di kocok lepas

1/2 sendok teh baking powder
1/2  sdk teh gula halus
2 sendok makan air es ( atau santan juga boleh..jika mau lebih gurih )

Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat :

Aduk semua bahan hingga bergumpal ( nggak perlu di uleni kuat2 ya..supaya tidak keras kue bawangnya )

Giling di gilingan mie di ketebalan no 8 atau 9 Jika tidak ada gilingan mie..ya di tipiskan manual aja..pakai rolling pin atau botol kecap bisa kok ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Patong2 sesuai selera.

Goreng di minyak panas hingga kuning kecoklatan api jangan terlalu besar .

Simpan di toples jika sudah dingin
1

Saturday, May 25, 2019

Video bersama sajian sedap


Beberapa waktu lalu aku syuting bersama sajian sedep.  Teman2 yang mau lihat videonya di sini ya,  aku masak menu lebaran :
Ketupat
Opor ayam kampung
Babat gongso

Untuk video nanti terpisah2 ya,  yang link berikut ini yang opor ayam kampung dulu ya :



https://youtu.be/bMEHL9GOIiY
1

Thursday, May 23, 2019

YACHE TWIGIM ( TEMPURA SAYUR KOREA)



Beberapa hari lalu kita buka puasa di Seoul Palace,  salah satu resto Korea terkenal di Semarang.

1

Saturday, May 18, 2019

Membuat Cincau Hijau


Cincau hijau, adalah tanaman ajaib menurutku teman-teman. Karena hanya dari daun saja tanpa di olah, bisa berubah jadi seperti jelly yang kental. Yang kita lakukan hanya meremas-remas gel yang ada di dalam daunnya. Dan langsung bisa di nikmati, tanpa perlu di masak. Langsung bisa kita minum dengan gula merah dan santan atau dengan sirup. Seger, mak legender rasanya...lembut, menyegarkan dan aromanya enak.

3

Tuesday, May 14, 2019

Membuat Ketupat Dengan Slow Cooker


Ketupat, salah satu menu yang wajib ada di hari raya Lebaran ya teman-teman. Kalau nggak ada ketupat kok kurang rasanya. Makanya setiap menjelang Lebarang seminggu sebelumnya sudah banyak di jual selongsong ketupat ya.
1

Monday, May 13, 2019

Tempe Kemul Wonosobo


Mendoan, dan Tempe Kemul...sebenernya hampir sama, tapi kalau di rasain ya ada bedanya sich teman-teman. Kalau mendoan itu khas Banyumas, Purwokerto, dan sekitarnya. Mendoan, artinya mendo, di goreng setengah matang. Walau kalau di Semarang yang namanya mendoan ya bebas gorengnya, bahkan banyak yang kriuk hihi.

0

Garang Asem Kudus



Aku suka banget Garang Asem

Ada berbagai versi Garang Asem ya teman-teman, ada versi Solo, pakai santan. Versi Semarang bumbu iris, dan ada versi Kudus, lebih bening, karena tidak pakai santan, hanya pakai kemiri saja.


Semua enak sich, jadi bisa jadi variasi aja menurutku. Tapi favoritku yang versi Kudus seperti ini. Nah kemaren di bawain sama tetanggaku yang asli Kudus, kok sekarang tampilannya beda, nggak pakai cabai rawit hijau kecil seperti biasa aku beli dulu di salah satu restoran, yaitu SariRasa.

Yang di bawain tetanggaku ini pakai cabai rawit merah, terus di iris-iris, ternyata citarasanya jadi beda.
Aku lebih suka yang versi pakai cabai rawit hijau utuhan dan banyak, lebih seger pedesnya. 

Garang asem ini terbuat dari Ayam kampung, di potong kecil-kecil, kemudian di campur bumbu dan di kukus. Tapi jika mau lebih hemat bisa pakai ayam pejantan juga sich, lebih murah harganya.

Bumbunya kalau yang versi Kudus simple aja, bawang merah, putih, kemiri dan cabai, kemudian di beri bumbu dan air, lalu di bungkus daun, kemudian di kukus. Kalau aku menemukan cara membuat Garang Asem lebih seger dan meresep kaldunya.

Ayamnya aku buat kaldu bening dulu, baru di bumbuin, rasannya lebih segar. Jika tidak ada daun pisang  untuk membungkus, tetep bisa kok pakai garang asem, di kukus pakai panci tahan panas biasa, tapi tentu lebih sedep kalau pakai daun ya teman-teman.

Oke, selamat mencoba ya sedikit tipsnya. Resep Garang asem dari Solo, Semarang hingga Kudus sudah pernah aku share ya di webku ini, search aja resep di google Garang Asem diah didi, ntar ada link resepnya ke webku ya. Menu ini sangat seger untuk buka puasa atau sahur teman-teman.

0

Saturday, May 11, 2019

Minuman Herbal Bawang Tunggal Yang berkhasiat


Selamat menjalankan ibdah puasa ya teman-teman.

Postingan pertama di web di bulan puasa malah bukan menu baru hihi. Kalau menu buka dan sahur sudah banyak sekali di webku ya, jadi silahkan search aja, tinggal pilih, atau kalau mau update video-video resepnya di instagramku ya, @bunda_didi, tiap hari aku posting video masak baru.
4

Saturday, May 4, 2019

KEMBANG GOYANG KEJU


Kembang Goyang, salah satu kue jadul yang ada di toples Lebaran ya teman-teman. Kue ini enak, kriuk-kriuk renyah gurih ada samar-samar sedikit manis. Versi jadul pakai tepung beras, rasanya khas kriuknya. Kalau jaman now, ada versi yang empuk, pakai terigu dan tapioka, kembang goyangnya terasa ringan krenyes. Tapi aku suka versi yang jadul..lebih terasa gigitannya dan lebih gurih menurutku pakai tepung beras hihi.
1

Wednesday, May 1, 2019

Martabak Kari


Kemaren waktu belanja ke pasar Gang Baru Semarang, seperti biasa..kalap apa2 di beli hihi. Memang pasar Gang Baru itu pasar kecil cuma sepanjang gang gitu, tapi barang yang di jual unik-ubik. aku borong beberapa bumbu Chinese yang nggak ada di pasar atas tempat tinggalku. Beli ini..itu..sampai kulet lumpia lebar-lebar yang biasa di atas jarang, di sana ada ukuran dua kali lipat dari kulit lumpia biasa. 
1

Monday, April 29, 2019

Kuliner Khas Semarang, Nasi Ayam Bu Pini



Hallo,

Maaf lama nggak update web teman-teman..hihi.

Dua minggu ini sibuk banget keponakan di sini menikah. Biasalah..pernikahan adat Jawa, prosesnya panjang, dari dua minggu sebelum nikah udah ada hajatan, dll. Pokoknya waktu serasa kurang. Setelah itu lanjut ada syuting di rumah dengan majalah sajian sedap, mudik ke yogya, dll.

1

Sunday, April 14, 2019

Oseng Mie Bumbu Ebi


Beberapa hari lalu aku masak Oseng Mie lagi teman-teman. Dulu udah pernah aku share sich ya, tapi kali ini aku pakai ebi untuk bumbunya. Jadinya rasanya jadi tambah enak sekali Oseng Mie nya.
2

Tuesday, April 9, 2019

Air Daun Suji


Kemaren seneng banget aku, dapat daun suji dari budhe sayur langganan. Dari dulu pengen sekali punya pohon daun Suji, alhamdulillah kemaren di bawain beberapa batang oleh Budhe sayur, katanya sich cara menanamnya cukup di tancapkan di tanah subur, nanti akan tumbuh. Udah aku tancapkan sich, semoga aja numbuh..hihi.
1

Friday, April 5, 2019

Ekado Tengiri Udang


Pagi,

Menu kemaren ini teman-teman. Aku masih punya stok Tengiri fillet, sisa bikin Siomay untuk Bazaar Yodha kemaren. Jadi aku buat ini aja. Biasa ekado pakai ayam dan Udang, tapi di ganti tengiri juga enak kok teman-teman, sama gurihnya.
4

Sunday, March 31, 2019

Sus Bertoping Resep Baru


Hari ini aku bikin kue Sus Bertoping Krispy lagi teman-teman, Kue Sus ini di kenal dengan nama Kue Sus Jepang juga ya. Tapi beda resep sama yang dulu aku post.
3

Tuesday, March 26, 2019

GURAME ASAM MANIS PEDAS


Satu persatu nyimpan resep2 baru di sini. Ini menu beberapa waktu lalu teman2, menu endorse sich, tapi sayang kalau ngga di post di web juga, karena ini resep baru dan rasanya enak .

Oke, ini resepnya ya teman-teman ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Resep Gurame Asam Manis Pedas

Bahan :
1 ekor gurame ukuran sedang, sayat dagingnya, potong2 kotak, lumuri 1/2 sdk mkn air jeruk lemon, sisihkan
Bumbu rendaman gurame :
1 bawang putih, haluskan
1/2 sdk teh merica bubuk
1 sdk teh kaldu ayam / garam secukupnya
50 ml air

Bahan Saus :
1 buah bawang bombay, iris
2 bawang putih, geprek
2 cm jahe, geprek
3 sdk makan saus sambal Dua Belibis
3 sdk mkn saus tomat Dua Belibis
1/2 sdk makan Cuka Dua Belibis
2 sdk teh gula pasir
1/2 sdk makan saus tiram
1/4 sdk teh kaldu jamur
1/2 sdk teh merica bubuk
1/2 buah wortel, iris korek api
1/2 buah timun, potong  korek api
1/2 buah nanas, potong serasi
2 daun bawang, potong2

Cara membuat :
Tumis bawang bombay dan bawang putih, serta jahe hingga harum
Masukkan air 300 ml
Masukkan saus pedas dan tomat Belibis, Cuka Belibis dan semua bumbu.
Masak hingga mendidih
Masukkan sayuran
Kentalkan dengan tepung maizena, 1 sdk mkn yang sudah di larutkan dengan 1 sdk mkn air.

Tiriskan gurame, lumuri dengan campuran tepung pelapis :
100 gram terigu
100 gram t maizena
1 sdk teh kaldu ayam
1/2 sdk teh merica
1 sdk  teh bawang bubuk

Setelah di lumuri tepung, goreng hingga kering
Sisa badan gurame juga di lumuri tepung. Goreng hingga kering.
Sajikan dengan di tuangi saus asam manis pedas.
Sajikan segera agar gurame goreng ngga lembek
1

Monday, March 25, 2019

Membuat Panir Hijau Sendiri


Hallo teman-teman,

Maafkan semingguan absen posting..banyak hal terjadi, kakak iparku meninggal dunia, ada ponakan mau menikah, jadi sibuk ini..itu di dunia nyata. Jadi belum sempat update post di sini. Plus kerjaan nggak habis-habis juga, minggu-minggu ini full ada banyak proeyk bikin video masak, sehari bisa 2 hingga 3 video, udah di lembur hingga malam juga waktu kok kayak kurang terus. Alhamdulillah aja ya, jika kita sibuk, waktu memang cepat berlalu. Dulu ada saatnya juga ngalamin waktu berjalan begitu lambat, namun sekarang beda banget ya di nikmati aja.
1

Tuesday, March 12, 2019

Asem Asem Tetelan, Buncis dan Tahu


Hari ini dengan bahan yang sama, jadi dua menu, Asem-Asem dan Oseng Lombok Kethok.  Karena selera beda-beda, kalau Yodha maunya yang tumis-tumis, sementara suami sukanya sayur berkuah yang seger seperti ini. Jadilah bikin dua menu, bumbunya hampir sama juga sich hihi.
3

Monday, March 11, 2019

Terong Geprek



Menu mur mer tapi enak, ala warung-warung makan yang menyediakan menu geprek nich teman-teman. yup, Terong geprek, enak ko, apalagi jika memakai terong yang fresh, jadi terasa amnis alami ketika di goreng. enak dech, cocok di padu sambal bawang yang pedes dan sedep.
4

Saturday, March 9, 2019

Mangut Tahu Cabai Hijau


Mangut, menu masakan bersantan pedas khas Semarang yang baisanya bahan utama adalah ikan asap. Di Semarang ikan asap melimpah, karena dekat laut ya teman-teman. Ikan Asap biasanya dari berbagai jenis ikan, namun yang dalam bentuk potongan daging, biasanya daging ikan Manyung dan ikan Pari. Aku kenal ikan asap setelah tinggal di Semarang. Awalnya kurang suka, karena aromanya. Tapi semakin lama tinggal di Semarang jadi semakin suka, hihi.
2

Friday, March 8, 2019

Pangsit Cumi Jagung


Hari ini aku post olahan menu Cumi baru yang belum pernah aku coba ya teman-teman. Ini resep kiriman teman, tapi udah aku sesuaikan seleraku takaran bumbunya. Aslinya ini nugget cumi yang di lapis panir lalu di goreng. Tapi menurutku adonan agak lembek, jadi akan kesulitan jika di lapis panir, maka aku punya ide, aku isikan saja ke kulit pangsit dan langsung aku goreng.
1

Thursday, March 7, 2019

Saus Telur Asin


Saus Telur Asin..sudah lama ya nge hits teman-teman. Tapi aku beneran baru coba buat kemaren hihi. Itupun karena punya stok kuning telur asin banyak kiriman temen yang endorse di Ig ku.  Pas aku tawari ke suami kok mau..karena katanya beliaunya pas di Solo makan ayam goreng saus telur asin, katanya enak. 
2

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel