Google Ad

Tuesday, March 12, 2019

Asem Asem Tetelan, Buncis dan Tahu


Hari ini dengan bahan yang sama, jadi dua menu, Asem-Asem dan Oseng Lombok Kethok.  Karena selera beda-beda, kalau Yodha maunya yang tumis-tumis, sementara suami sukanya sayur berkuah yang seger seperti ini. Jadilah bikin dua menu, bumbunya hampir sama juga sich hihi.
0

Monday, March 11, 2019

Terong Geprek



Menu mur mer tapi enak, ala warung-warung makan yang menyediakan menu geprek nich teman-teman. yup, Terong geprek, enak ko, apalagi jika memakai terong yang fresh, jadi terasa amnis alami ketika di goreng. enak dech, cocok di padu sambal bawang yang pedes dan sedep.
0

Saturday, March 9, 2019

Mangut Tahu Cabai Hijau


Mangut, menu masakan bersantan pedas khas Semarang yang baisanya bahan utama adalah ikan asap. Di Semarang ikan asap melimpah, karena dekat laut ya teman-teman. Ikan Asap biasanya dari berbagai jenis ikan, namun yang dalam bentuk potongan daging, biasanya daging ikan Manyung dan ikan Pari. Aku kenal ikan asap setelah tinggal di Semarang. Awalnya kurang suka, karena aromanya. Tapi semakin lama tinggal di Semarang jadi semakin suka, hihi.
0

Friday, March 8, 2019

Pangsit Cumi Jagung


Hari ini aku post olahan menu Cumi baru yang belum pernah aku coba ya teman-teman. Ini resep kiriman teman, tapi udah aku sesuaikan seleraku takaran bumbunya. Aslinya ini nugget cumi yang di lapis panir lalu di goreng. Tapi menurutku adonan agak lembek, jadi akan kesulitan jika di lapis panir, maka aku punya ide, aku isikan saja ke kulit pangsit dan langsung aku goreng.
0

Thursday, March 7, 2019

Saus Telur Asin


Saus Telur Asin..sudah lama ya nge hits teman-teman. Tapi aku beneran baru coba buat kemaren hihi. Itupun karena punya stok kuning telur asin banyak kiriman temen yang endorse di Ig ku.  Pas aku tawari ke suami kok mau..karena katanya beliaunya pas di Solo makan ayam goreng saus telur asin, katanya enak. 
0

Wednesday, March 6, 2019

Pisang Goreng Thailand, Resep Baru


Sore ini aku bikin pisang goreng ala Thailand lagi teman-teman, tapi ini dengan takaran resep yang sudah aku sempurnakan. Hasilnya lebih enak dan gurih dari resep lamaku. Ciri khas Pisang Goreng ala Thailand ini, pisangnya di iris tipis-tipis, terus adonan pencelup ada campuran kelapa parut dan wijen, jadi lebih gurih dan khas rasanya.
1

Friday, March 1, 2019

Soto Babat


Menu hari ini..Soto Babat ..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Tadi pas ke tukang daging langganan di tawari babat bagus..terus mikir menu yang beda dari biasa yang cuma di bikin babat gongso atau bacem..nah akhirnya aku buat soto babat nich teman2 ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ 
2

Thursday, February 28, 2019

Tips Mengisi Telur utuh ke dalam adonan Empek-Empek


Kemaren aku buat Pempek lagi...atau Empek-Empek..hihi..kalau di Jawa mah sebutannya gitu teman-teman..Empek-Empek ..gitu. Aku bikin yang isi Telur atau namanya Kapal Selam ya. Ini favorit Yodha dan papinya. Resep udah sering aku share, silahkan lihat di SINI
0

Pempek Lenggang Goreng


Kemaren Sore aku buat Pempek Lenjer. Aku pakai resep yang versi praktis aja yang biasa aku buat tanpa telur. Lagi bosan dengan Pempek yang terlalu empuk yang pakai biang terigu..hihi. Kalau yang versi praktis ini tekturenya oke ada kenyal-kenyal sedikit jadi lebih mantep gigitannya..hihi.

Nggak tau beberapa waktu lalau aku buatin yang versi empuk malah protes Yodha dan papinya minta yang versi Lenjer ini yang biasa aku bikin. Bisa langsung di goreng di sajikan dengan kuah Cuko atau bisa di lanjut jadi Pempek lenggang goreng..yaitu Pempek yang di goreng dengan kocokan telur.

Pempek Lenjernya di potong tipis-tipis. Rasanya sangat enak lho teman-teman. Makin gurih rasanya....karena di goreng pakai kocokan telur.  Sajikan dengan kuah cuko. Kalau di Jawa sich di sajikan dengan mie atau bihun..hihi. Di lengkapi irisan ketimun, dan bubuk ebi...makin sedep rasanya.

Aku buat Cukonya agak banyak kemaren dan ternyata setelah menginap makin enak rasanya. Wah jadi ngak perlu repot bolak balik bikin kuah cuko dech. Iya sich kalau di pikir-pikir di resto Pempek gitu biasa di taruh di botol gitu ya, makanya makin sedep rasanya.

Oke, aku share cara membuatnya komplet ya teman-teman dari awal bikin lenjernya hingga jadi Pempek Lenggangnya ya. Selamat mencoba teman-teman, jika suka ya. Tipsnya agar Pempek tanpa telur ini jangan di uleni terlalu kuat ya waktu mencapur tepungnya teman-teman, agar tidak alot.

Pempek Lenjer Tanpa Telur Praktis

Bahan :
200 gram Ikan Tenggiri Fillet ( sudah bersih daging ikannya saja )
200 gram tepung Sagu / Tapioka
100 ml air es
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu ayam
1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Masukkan ikan Tenggiri, air es, dan semua bumbu, kecuali tepung
Masukkan ke dalam food processor, proses hingga lembut dan menjadi pasta ikan
Pindahkan ke mangkuk
Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata hingga adonan bisa di pulung, namun tetap lembut
Siapkan panci berisi air, didihkan, beri sedikit minyak
Timbang adonan menjadi 10 bagian
Oles tangan dengan sedikit minyak, ambil satu bagian adonan, pulung bentuk lonjong memanjang
Masukkan ke air mendidih
Lakukan hingga adonan habis
Rebus hingga mengapung dan matang
Tiriskan
Dinginkan

Bahan Saus :
400 ml air
2 sendok makan air asam pekat
2 siung bawang putih, haluskan
100 gram gula merah
1 sendok teh garam
1 sendok makan ebi, sangrai, haluskan dengan blender kering
Cabai rawit jika suka pedas, sesuai selera

Masak semua bahan saus, koreksi  rasa hingga pas rasa asam manis dan gurihnya sesuai selera

Untuk membuat jadi Pempek Lenggang :

Bahan per porsi : 
2 butir telur, 1/4 sendok teh garam / kaldu ayam / kaldu jamur
2 Pempek lenjer, iris tipis

Cara membuat :
Kocok telur, campur dengan bahan lain
Goreng hingga matang seperti membuat telur dadar
Sajikan dengan Saus Cuko


Selamat mencoba dan visit instagram: @bunda_didi 
5

Wednesday, February 27, 2019

Mangut Telur Asin



Kemaren suami request menu Mangut Telur asin...katanya pernah makan di warung dekat kantor enak. Aku sich bukan penggemar telur asin, baunya aja udah bikin mblenger, tapi tadi pas nyicip kuahnya..kok sedep banget ya, ngga ada aroma khas telur asin. Adakah yang suka olahan telur asin ? Biasanya aku masakin suami tak bikin Bothok aja, nah ini nambah satu lagi yang enak...di masak mangut

Aku masih bisa makan kuah sama Tahunya. Padahal biasanya bau aroma telur asin aja aku udah mblenger lho hihi. Ini kok di campur kuah mangut malah nggak bau aneh, malah sedep kuahnya. Yuk di coba teman-teman, lumayan jadi alternatif olahan telur asin ya

Selamat mencoba...

Mangut Telur Asin

Bahan :
6 butir telur asin, kupas
3 tahu goreng, bagi 2 bagian
800 ml santan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sdk mkn gula merah
2 sdk teh kaldu jamur dan garam secukupnya
10 cabai merah, iris
5 cabai hijau, iris
5 cabai rawit, iris
*6 bawang merah, 2 bawang putih, 2 cm kencur, 1/2 sdk teh ketumbar ( haluskan )

Tumis bumbu halus, masukkan santan, daun salam, lengkuas dan bumbu lainnya
Didihkan santan, masukkan telur asin dan tahu
Masak api kecil hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat
· 
1

Monday, February 25, 2019

Tips Menyiapkan Bekal Menarik Untuk Anak - Anak




Tips Menyiapkan Bekal Menarik Untuk Anak-Anak

Salah satu kesibukan seorang ibu di pagi hari, biasanya menyiapkan bekal atau sarapan untuk anak-anak ya teman-teman. Apalagi kalau punya anak masih TK atau SD, tentu setiap hari musti putar otak untuk membuat bekal yang menarik dan enak untuk anak-anak agar mereka tetap semangat makan.

Sebenarnya banyak ide kok teman-teman untuk menyiapkan bekal yang praktis, mudah dan enak. Salah satunya aneka olahan telur. Bahan yang murah meriah ya, dan hampir selalu tiap hari pasti ada di rumah kan telur itu. Selain itu juga kandungan gizinya yang tinggi, jadi tak ada salahnya sering menyajikan olahan telur untuk anak-anak.

Salah satu olahan telur yang menarik dan sehat untuk anak-anak, adalah Telur Gulung. Terinspirasi dari telur gulung ala Korea atau Jepang, kita bisa juga lho membuat aneka telur gulung yang kita sesuaikan dengan citarasa Indonesia kok teman-teman. Udah berbagai versi telur gulung yang aku buat, ada yang isi sosis, sayuran, isi nasi goreng, mie goreng, isi crab stik, dll.

Nah kali ini aku mau berkreasi lagi dengan telur gulung lagi nich kali ini, yaitu telur gulung isi daging asap, jadi makin cantik dan bergizi dech telur gulungnya teman-teman. Selain itu juga makin bergizi untuk anak-anak.

Cara membuatnya mudah kok. Kita tinggal siapkan 3 butir telur, beri sedikit garam dan merica, lalu tambahkan paprika cincang, bawang bombay cincang dan daun bawang yang di iris halus, sedikit saja masing-masing jangan terlalu banyak ya. Selanjutnya campur dengan telur, kocok rata dengan garpu saja, lalu kita buat telur gulung dech, dengan sedikit minyak saja. Jadi lebih sehat kan.

Nah agar membuat telur gulung seperti ini lebih cepat, kita perlu alat yang tepat nich teman-teman, pan yang khusus memang untuk membuat alat gulung seperti ini. Jaman dulu masih langka alat ini di Indonesia, aku sampai nitip ke temen yang tinggal di Korea lho untuk beli alat ini. Kalau sekarang mah mudah mencari pan khusus telur gulung ini, beberapa waktu lalu aku ngubek-ngubek Shopee, banyak dech yang jual ternyata. Ada yang seperti punyaku ini persis, ada juga yang model lain. Aku sering belanja pernak pernik dapur di Shopee, suka hunting pernak pernik dapur atau perlengkapan  dapur yang unik dan tidak banyak di jual di toko, jadi berasa nemu barang spesial gitu.

Udah gitu sering ada promo free ongkir pula, cocok banget lah untuk Emak-Emak seperti kita ini ya teman-teman, lumayan kan...hihi. Nah, teman-teman yang beberapa waktu lalu, banyak yang penasaran di mana membeli pan khusus untuk telur gulung seperti ini, ayuk cek di shopee ya, banyak kok yang jual. Kata kuncinya kalau mau cari biasanya Tamago Pan gitu ya teman-teman, biar lebih mudah mencarinya. Happy shopping ya...


3

Tuesday, February 19, 2019

Kue Lumpur Tape Lembut dan Legit


Hari ini aku bikin cemilan serba tape nich teman-teman. Pagi bikin Bluder Cake Tape yang enak banget, udah habis aku bagi-bagi. Sore aku bikin Kue Lumpur Tape...karena masih ada 150 gram sisa tape yang super, sayang kalau nggak terpakai, mau di makan gitu aja juga bosan juga.
1

Tuesday, February 12, 2019

Oseng Kates Ndeso


Beberapa hari ini aku lagi bosen makanan enak..hihi. Nggak tau bosen aja ayam. daging, dll. Kemaren masak Cumi ya cuma masakin Yodha dan papinya.  aku lebih berselera sayur-sayur aja...sama tempe paling ya lauknya. Wah...langsing dong ? Ya tetep enggak sich..lha lauknya gini aja tetap lahap makan haha.

Nggak tau rasa seperti ini justru nggak pernah mbosenin. Oseng sederhana...yang dulu jaman kecil hampir setiap hari ketemu yang namanya oseng atau sayur lodeh Kates atau Pepaya Muda. Eh jaman sekarang kok malah susah ya cari Kates muda. Kalau pas nemu di pasar itu seneng banget rasanya.

Pepaya muda ini enak di olah jadi aneka masakan kok teman-teman, bisa di oseng, di lodeh, di sayur gurih, di brongkos, di bobor dll. Tak pernah bosan dulu makan sayur Kates ini. Dulu sich tinggal metik di pekarangan rumah banyak, nggak usah beli..sekarang ya harus beli itupun langka hihi.

Makanya kakakku kalau ke Semarang suka heran di sini kok apa-apa beli mahal katanya haha. Lha kalau masak gudeg di sini minimal harus beli nangka 20 ribu sendiri. Kalau di Yogya ya tinggal metik aja hihi. Ya begitulah, kadang jika udah dewasa nanti Yodha pengen dech pindah ke daerah yang masih bisa banyak nanam pohon, sayuran dll sendiri..biar kembali seperti ke masa kecilku dulu.
Dulu itu apa-apa nggak usah beli, dari sayuran hingga buah-buahan semua dari kebun sendiri. 

Oke dech aku share lagi resep Oseng kates ala Ndeso yang medok gini ya teman-teman...ini nggak pakai kecap ya, kalau ala ibuku masak Oseng Kates ini jarang pakai kecap..tapi jika suka ya boleh saja. Agar warnanya nyoklat gini pakai gula merah yang tua warnanya dan di masak hingga asat kuahnya, di gongseng terus sebentar di wajan makin sedep.

Bahan :
1 buah Pepaya ukuran sedang, kupas, cuci bersih cacah kecil2 panjang, remas dengan sedikit garam jika perlu, cuci kembali
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sdk makan gula merah
1 sdk teh kaldu jamur / ayam / sapi
secukupnya garam
1 sdk makan rebon, cuci bersih
50 gram daun so
50 gram tempe semangit jika ada, kemaren aku pas habis

Bumbu iris :
6 bawang merah
4 bawang putih
5 cabai merah
10 cabai rawit

Tumis bumbu iris hingga harum
Masukkan pepaya, air dan semua bumbu
Tutup wajan
Masak hingga kuah habis
Cek rasa
Gongseng lagi di wajan dengan api kecil hingga kecoklatan






3

Friday, February 8, 2019

Lontong Cap Gomeh, Februari 2019



Hallo..hallo..maafkan ya teman-teman, lama absen nggak post di sini huhu. Minggu kemaren aku ke Jakarta, terus pulang sibuk menyelesaikan kerjaan ini..itu, waktu kayak kurang banget, ya  pasrah dech . Baru sempat buka web lagi...huhu.

5

Sunday, January 27, 2019

Ikan Asin layur Krispi


Teman-teman suka ikan asin layur ? Atau malah belum pernah makan atau baru denger ? Soalnya nggak semua daerah ada ya kayaknya. Aku aja kenal ikan asin layur sejak tinggal di Semarang. Ikan asin ini unik, panjang-panjang dan tipis. Ada berbagai ukuran sich, tapi kalau aku suka yang kecil-kecil gini, karena empuk, seduri2 nya enak di makan jadi kriuk. Buat anak-anak juga cocok ikan layur yang  kecil gini.

3

Monday, January 21, 2019

Tongseng Iga Bakar


Tongseng, menu favoritku dan suami. Tapi sayangnya Yodha kurang begitu suka daging rebusan gini. Mau makan sich, tapi kayak kurang semangat gitu. Jadinya aku harus membuatnya semangat makan tongseng. Caranya...mudah saja..dagingnya nggak cuma di rebus sama kuah, tapi di bakar di akhir.
2

Thursday, January 17, 2019

Aneka Daun / Bunga Bawang-Bawangan Aromatik


Daun Bawang, sudah pasti selalu jadi sayur yang wajib beli ketika belanja ya teman-teman, karena serbaguna untuk sup, untuk mie goreng, nasi goreng, cap cay dll butuh daun bawang sebagai penambah aroma dan rasa.
4

Monday, January 14, 2019

Cumi Krispy Sambal Geprek




Menu sambal, tak pernah bosan ya teman-teman, apalagi untuk emak-Emak. Menu makan siang kalau sendiri di rumah ya paling mantul itu ya sambal. Sambal apa aja, aku suka semua..hihi.
5

Wednesday, January 9, 2019

Bobor Pucuk Daun Labu


Pucuk Labu, sayuran yang akhir-akhir ini jadi favoritku. Di semarang udah hampir 10 tahun lebih tapi baru akhir-akhir ini makan Pucuk daun labu, karena dulu mikir sayur aneh hahah. Kalau di Yogya daun Labu atau Jipang jarang di masak. 
1

Saturday, January 5, 2019

Timus Enak


Sore,

Cemilan sore ini...memanfaatkan bahan di dapur. Ada Ubi kuning nganggur beberapa hari sampai ada satu yang numbuh haha..karena belum aku buka dari plastiknya. Ya begitulah aku, suka kasian kalau ada Mbah-Mbah di pasar nawari dagangan mereka, langsung aja aku beli. Ya sekedar uang 6 ribu, mungkin bisa sedikit membantu mereka ya.
4

Friday, January 4, 2019

Padu Padan Menu Hari ini, Sate Usus Bumbu Kuning, dll




Yeay, postingan kedua di 2019, ke mana aja aku kok jadi sibuk banget , banyak resep yang belum aku post di web huhu. Sehari bikin satu atau dua video untuk klien udah full seharian sama ngedit, belum kerjaan lain. 2019 harusnya punya assisten ya teman-teman. Tapi tak semudah itu sich cari asisten yang bisa di andalkan hihi.
1

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel