Google Ad

Tuesday, March 31, 2020

Rempah Udang Gurih

Rempat Udang Gurih

Pagi,

Ini lauk teman makan Lodeh Tuju Warna kemaren teman2....sekalian bikin banyak untuk di kirim ke Mbah Uti Yodha...πŸ’•πŸ’• Rempah Udang..ini gurih enak..cocok untuk teman lauk Sayur Lodeh. 

Rantangan Lodeh 7 Warna, Rempah Udang dan Bandeng.

Lauk Bandeng.

Papine Yodha biasanya nggak suka lauk berbahan kelapa..kemaren pas makan tak cemplungin aja satu ke piringnya.. maksudnya biar nyoba..eh habis itu..minta lagi 🀭 

Mana lauk yang bulet2 tadi.. lagi katanya enak gurih..🀣 Makanya tho Pakne Yodha..ojok nolak2 makanan buatan istri..mesti enake wis 🀭🀣

Rempah Udang Gurih

Bahan:
  • 1/2 butir kelapa (sedang, tidak terlalu tua tapi sudah bisa diparut panjang).
  • 50 - 100 gram udang, dikupas dan dihaluskan.
  • 1 butir telur ayam.
Bumbu, dihaluskan:
  • 2 siung bawang putih.
  • 1/2 sdt ketumbar.
  • 2 butir kemiri, disangrai.
  • 3 buah cabai rawit.
  • 1/4 sdt merica butiran.
  • 1/2 sdt gula pasir.
  • 1 sdt garam/bumbu kaldu instan rasa ayam.
Cara Membuat:
  • Campur kelapa yang sudah diparut, udang, telur dan bumbu halus hingga rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat pipih, atau bulat lonjong, sesuai selera.
  • Goreng ke dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecoklatan dan kering.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Silahkan disajikan.
Selamat mencoba!
0

Monday, March 30, 2020

Lodeh 7 Warna

Lodeh 7 Warna.

Sore,

Maaf baru mateng Lodehnya teman2 🀣

Soalnya masak beberapa masakan sekalian buat di kirim untuk Eyang Yodha.

Lodeh ini tradisi Yogya yang di masak di saat ada pageblug atau wabah..kaya akan filosofi yang baik...intinya kita tetap berusaha, tapi utamanya berserah diri kepada Yang Maha Kuasa.

Sayuran ada 7 macam warna warni, Kluwih, Kacang Gleyor ( Kacang Panjang), Terong, Waluh, Kulit Melinjo, Daun So dan Tempe. Tiap macam Sayur punya makna..tapi nggak akan aku bahas ya..kalau yang belum tau dan ingin tau baca saja di internet banyak tulisan..khawatir menimbulkan pro dan kontra. Biarlah kami orang Yogya yang meresapi maknanya.

Tapi Sayur Lodeh ini bukan obat suatu penyakit ya..yang jelas ini enak..πŸ˜‹πŸ’• 

Bahan :
  • 1 buah Kluwih, potong sesuai selera, jika sudah tua, buang bijinya jika kluwih tua jika muda gak usah, rebus sebentar di air mendidih agar getah hilang
  • 1 terong ijo, potong2
  • 1/8 buah waluh, potong2
  • 50 gram kulit melinjo
  • 5 lonjor kacang panjang, potong-potong
  • 1 genggam daun so
  • 100 gram tempe ( segar bisa, aku pakai semangit ), potong-potong
  • 5 buah cabai rawit ( sesuai selera ), potong serong
  • 5 buah cabai merah , potong serong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah atau gula pasir
  • 1 sendok teh garam, atau secukupnya, 2 sendok teh kaldu sapi
  • 2 sendok makan rebon
  • 1000 ml santan encer saja
Bumbu halus :
  • 6 buah bawang merah, 2 bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sdk teh terasi bakar

Cara membuat :
  • Tumis bumbu.
  • Masukkan santan dan semua bumbu.
  • Masukkan kluwih, kulit melinjo dan tempe semangit dulu, masak api kecil hingga kluwih agak empuk.
  • Masukkan waluh, terong, kacang panjang dan daun so (daun melinjo).
  • Masak sebentar lagi hingga semua sayur matang
  • Koreksi rasa
Note :
  • Jika nggak mau di tumis bisa juga..setelah bumbu di ulek langsung cemplungin ke santan.
  • Aku lagi kepengen versi di tumis ala ibuku biar tambah sedep.
Selamat mencoba!
2

Sunday, March 29, 2020

Sayur Orak-Arik

Sayur Orak-Arik

Sarapan telat..pakai ini aja..hasil *gresek2 kulkas..nemu sayuran ini.. langsung bikin Orak Arik saja... simple dan cepat..lha gimana..pagi udah pada nyemil pisang goreng..kok Yodha masih nanya.. sarapannya apa Mi ? 🀭🀣 Ya udah ini aja ya Kak..sama goreng sosis πŸ˜…

Kalau resep Orak Arik pasti udah pada bisa semua kan teman2? Mau resepnya nggak..? Aku kasih tips ya..agar orak arik sayur yang pakai kol..tidak berair, kolnya setelah di iris, di sangrai dulu hingga keset..cobain dech hasilnya beda lho.. Terus jika mau lebih gurih, tambahkan 1-2 ekor udang segar jika ada waktu menumis bumbu, atau sedikit ebi, orak arik akan makin gurih lho πŸ’•

Orak Arik Telur Sayuran

Bahan :
  • Separo kol ukuran sedang ( 200 - 250 gram ), iris kecil memanjang
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 50 gram buncis, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, potong serong
  • Udang segar 2 ekor, geprek
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh / garam secukupnya
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Bawang merah 5 butir, iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis
  • Kemiri 2 butir, sangrai, haluskan
  • 2 butir telur

Cara Membuat :
  • Gongso / tumis kol tanpa minyak hingga kesat. Sisihkan.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih dan udang hingga harum
  • Masukkan kemiri halus, aduk dan tumis lagi hingga harum.
  • Masukkan sayuran dan bumbu2 lain, aduk rata Lalu masak sebentar hingga bumbu terserap dan sayur layu. Sisihkan sayuran di pinggir wajan, kecilkan api, tuang sedikit minyak lagi lalu buat orak arik telur di tengah wajan, lalu campurkan dengan sayuran dan aduk lagi hingga semua tercampur dan bumbu meresap. 
  • Koreksi rasa sebelum di sajikan.
Selamat mencoba!

0

Pisang Goreng Madu

Pisang Goreng Madu

Pagi,

Pagi ini mau ke pasar kok..maju mundur cantik..akhire gak jadi 🀭
Tapi selama di kulkasku masih ada bahan masakan..selama tukang sayur masih mampir rumah..selama masih bisa minta tolong suami belanja ke supermarket terdekat..aku akan tetap share resep2 di sini ya teman2..bukan tidak peka kondisi..tapi ini juga salah satu cara agar pikiran tetap positif..tetap berkreasi sesuai minat masing2 di rumah ya...


Nengok kulkas aja..masih ada stok pisang ranum oleh2 ibu dari yogya waktu lalu..aku bikin ini aja..
Pisang Goreng Madu..ala2 aku aja...

Ini bukan pisang goreng gosong ya..tapi memang demi mirip sama Pisang Goreng Madu yang terkenal itu...gorengnya kudu 3 kali...🀣..
No debat ..goreng 3 kali gak sehat ya..iya sudah tau...tapi sebagai pengulik resep sejati aku kan penasaran biar sepeti aslinya gimana hasilnya kalau di goreng tiga kali beneran seperti aslinya..


Tak ceritain ya prosesnya..


Pertama..goreng di cetakan apem..ini fungsinya utk nyetak biar bentuk bulat hingga setengah matang, selanjutnya pindah ke wajan yang minyak agak banyak...nah di gorengan kedua ini sudah enak sebenernya..tapi warna belum se coklat ini.


Nah karena penasaran biar bisa coklat eksotis gitu setelah dingin aku goreng lagi...dan..hasilnya seperti ini..ya lumayan udah mirip ya..terus rasanya lebih renyah pinggirannya dalemnya tetep empuk..kira2 begitu dech..
Sekian laporan uji coba Pisang Goreng Madu ala Pisang Goreng Madu terkenal di Jakarta itu ya.

Bahan :
  • 1 sisir pisang yang ranum..bisa raja..atau kalau pakai kepok...pilih kepok urang / kuning yang manis rasanya
  • 150 gram terigu
  • 30 gram t beras
  • 30 gram t tapioka
  • 200 ml air
  • 100 ml Madu ( jumlah madu tergantung kemanisan madu yang di pakai ya..aku pakai madu randu, segini pas manisnya )
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1/4 sdk teh vanili

Cara membuat:
  • Campur adonan tepung
  • Masukkan pisang yang di iris kecil2
  • Aduk rata
  • Panaskan cetakan apem..beri minyak sedikit masing2 cetakan
  • Tuang adonan
  • Goreng hingga setengah matang
  • Masukkan ke wajan lain berisi minyak agak banyak yang udah di panaskan
  • Goreng hingga matang
  • Sampai tahap ini sudah bisa di nikmati sich...
Tapi jika mau ada efek2 renyah pinggirannya..setelah dingin goreng lagi ketiga kalinya

Selamat mencoba!
0

Saturday, March 28, 2020

Tahu Isi Sayur

Tahu isi sayur.
Sore,

Yodha sore ini katanya kangen Tahu Isi Sayur..πŸ˜… Wah...harus cek kulkas dulu..adanya tapi tahu kulit biasa bukan tahu Pong, kata Yodha nggak apa2 ya udah bikin bentar..mateng dech..πŸ’•πŸ’• Tetep enak sich walaupun nggak pakai Tahu Pong yang berkantung tipis seperti biasa Tahu Isi Semarang..malah ada bagian tahu yang masih lembut. Kalau di Yogya jenis tahu isi yang pakai Tahu semi basah gini di sebut Tahu Susur..🀣 

Tahu isi Sayuran


Tahu Isi Sayuran

Bahan :
  • 10 buah tahu kulit, potong serong
  • Kalau pakai tahu putih, goreng dulu bentar hingga berkulit agar lebih kokoh.
Bahan pencelup :
  • 100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam sesuai selera
  • 1/2 cm kunyit, haluskan
  • 1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • Air kira2 150 ml ( secukupnya hingga kental sedang adonannya )
Bahan isi :
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 25 gram tauge pendek / panjang
  • 5 lembar kol, iris halus
  • 50 udang segar, kupas, cincang halus ( gak pakai gak pa2 )
  • 1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk , garam secukupnya
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • 50 ml air
  • 1 batang daun bawang, 2 sledri, iris halus
  • Bumbu halus untuk tumis sayuran :
  • 2 siung bawang putih , 3 siung bawang merah
  • 1/2 sendok teh merica butiran
Cara Membuat :
  • Isi : Panaskan 1 sendok minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel, tambahkan air, aduk hingga wortel layu, lalu masukkan sayuran lain dan bumbu lain. Masak hingga sayuran layu.
  • Belah tahu jadi dua bentuk segitiga, belah agak dalam, isi dengan tumisan sayuran hingga penuh, sambil di tekan agar rapi isiannya.
  • Celup ke dalam bahan pencelup, lalu goreng hingga matang
Selamat mencoba!
0

Jadah Tempe

Jadah Tempe, Ala Kaliurang Yogya.

Pagi,

Aku rindu... rindu kulineran..rindu ngubek2 pasar tradisional, rindu motret makanan eksotis di tempat aslinya..kangen bercengkrama sama Mbah2 penjual makanan tradisional..πŸ€— Semoga semua segera berlalu ya teman2 cobaan ini... Mengobati rasa rindu itu...pagi ini aku buat Jadah Tempe Bacem ala Kaliurang Yogya...πŸ’•πŸ’• Udah mirip kan sama aslinya yang di jual di sana...rasanya juga πŸ˜‹πŸ˜‹ Resep jadahnya udah pernah aku buat video ya..tapi nggak dipadatkan, setelah halus habis di jojoh..langsung di bentuk bulat pipih..segera pas masih hangat.
Di sini resepnya : #resepjadahdiahdidi





Resep Tempe Bacemnya Bahan :
  • 15 tempe bungkus daun
  • 800 ml air kelapa ( Secukupnya sampai semua tahu terendam air kelapa )
  • 100 gram gula merah yang warnanya coklat ( sesuai selera )
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, geprek atau iris tipis juga
  • ½ sendok teh ketumbar, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sendok teh garam ( secukupnya )
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
Cara membuat :
  • Siapkan panci, masukkan tempe dan semua bumbu
  • Tuangkan air kelapa, lalu tutup hingga rapat, rebus dengan api kecil sampai air menyusut.
  • Jangan menggunakan api besar, karena air akan cepat habis..sementara bumbu belum meresap ke tempenya.
  • Ketika merebus, sesekali balikkan tempe agar bumbu merata, sambil di cicipin misal kurang garam atau mau lebih manis ya tambah gulanya
  • Masak hingga hampir habis kuahnya
  • Goreng hingga kecoklatan sebentar saja
Selamat mencoba!
0

Steak Sapi Simple

Steak Sapi Simple
Sore,
Jam 15.00 teng.. udah bilang laper lagi Yodha 🀣🀣 Katanya dia rindu makan di restoran. Ya udah aku tanya dia rindu makan apa..Yodha bilang pengen Steak.

Langsung dech minta tolong papinya keluar bentar ke toko daging deket rumah beli bahan Steak komplit ada di sana πŸ˜ƒ.. alhamdulilah masih aman..tokonya kan gak ramai banget dan bersih juga.

Langsung masak bentar...mateng dech..πŸ’•
Untungnya aku punya stok bumbu Steak siap pakai yang di pakai buat balurin Daging Steak..jadi cepat dan praktis.

Beli di IG @jayskitchenspice...cara pakai juga mudah..siapkan daging steak ( has dalam ) potong tipis2..lumuri bumbu tabur dari @jayskitchenspice, diamkan di kulkas minimal 30 menit, langsung bisa di panggang dech.. dagingnya πŸ’•πŸ’•
Jika suka sedikit manis lumuri sedikit kecap watu memanggang steaknya.

Saus :

Bahan Saus coklat rumahan :
  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 400 ml kaldu sapi / atau air biasa
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap inggris
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan margarin untuk menumis
Cara Membuat:
  • Tumis bawang bombai,
  • Masukkan air
  • Masukkan bahan lain
  • Masak hingga meresap
  • Kentalkan dgn 1 sdk mkn maizena yang di larutkan sdkt air
Selamat mencoba!
1

Rawon Malang


Rawon Malang
Menu maksi kali ini..masih edisi rindu kulineran..yuk kita loncat ke Malang..makan Rawon..tapi di dapur sendiri 🀣

Jadi ingat waktu main ke Malang, semua warung Rawon terkenal aku cobain satu2..sampai Yodha dan papinya pada mblenger Rawon..pas di warung terakhir mereka malah udah nggak mau nyoba Rawonnya..pada pesen menu lain.. Tapi alhamdulilah kalau aku masak Rawon di rumah pada lahap Lauknya Bacem Tempe sisa tadi pagi ae ya 🀭 
Cobain yuk, resep yang aku suka yang versi ini..karena di website ku ada beberapa versi resep rawon ya...aku suka ini..karena bumbu sedep, ringan, segar.. 

Bahan:
  • 400 gram daging tetelan
  • 1.300 ml air
  • 4 lembar daun jeruk buang tulangnya
  • 1 batang serai ambil putihnya, memarkan
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 batang daun bawang
Bumbu Halus:
  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah keluak seduh
  • 1 cm kunyit bakar
  • 3 butir kemiri sangrai
Bahan Pelengkap:
  • Taoge
  • Telur asin
  • Bawang goreng
  • Sambal
  • Jeruk nipis jika suka
Cara Pengolahan :
  • Rebus daging tetelan dan air sampai matang.
  • Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tuang ke rebusan daging. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula merah Masak sampai matang api kecil.
  • Cek ras, masukkan daun bawang
  • Sajikan rawon dengan pelengkapnya
Selamat mencoba!
0

Friday, March 27, 2020

Sup Rollade Ayam

Sup Rollade Ayam

Sore,

Inspirasi menu harian kali ini... memanfaatkan bahan yang ada di kulkas, aku buat Sup Rollade Ayam.

Seger, di padu sama Perkedel, bisa jadi menu anak2 sekalian orangtua πŸ€£πŸ’• 

Sup Rollade Ayam

Bahan Rollade :
  • 200 gram daging ayam bagian dada
  • 100 gram udang kupas sudah bersih
  • Tapioka 50 gram
  • 1 butir putih telur
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk ( atau bawang putih segar 1 siung di haluskan )
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan sedikit garam
  • 1 sendok teh gula
  • Bahan kulit :
  • 2 butir telur
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
Cara : Aduk rata semua bahan, saring, buat dadar di pan anti lengket

Cara membuat :
  • Proses semua bahan rollade memakai food processor, keculi tepungnya.
  • Jika sudah rata, masukkan TEPUNG, aduk ringan saja hingga rata
  • Ambil 1 buah dadar, olesi adonan secukupnya, lalau gulung . Bungkus dengan plastik atau daun, ikat rapat dan kencang kedua ujungnya.
  • Kukus 30 menit
  • Dinginkan, baru di potong2 utk sup

Kuah Sup

Bumbu :
  • 2 bawang putih, cincang
  • 1/4 bawang Bombay, cincang ( ganti bawang merah jika nggak ada )

Bahan sup :
  • 2 buah wortel, potong tipis menyerong
  • 20 gram jamur kuping, seduh, iris2
  • 2 batang daun bawang, potong2
  • 2 tangkai sledri, potong2
  • Bawang goreng secukupnya
  • 800 ml air kaldu ayam atau air biasa jika nggak ada
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Kaldu ayam 1 sdk teh
  • Secukupnya garam

Cara membuat :
  • Tumis bawang
  • Didihkan air, masukkan bawang yang udah di tumis..dan bumbu2 lain serta wortel dan jamur, masukkan daun bawang terakhir
  • Sajikan dgn taburan sledri dan bawang goreng
  • Rollade bisa di simpan di freezer jika sisa , bisa di goreng juga.
Selamat mencoba!
0

Thursday, March 26, 2020

Lontong Tahu Telur Gimbal

Lontong Tahu Telur Gimbal.

Siang,

Makan siang kali ini..mau share resep Tahu Gimbal Semarangan kok udah sering banget aku share, nah bikin yang versi Kudus aja..yang bahannya sama..cuma beda bentuk..tahunya di goreng sama telur..pernah di oleh2 hin versi gini sama tetangga samping rumah yang asli Kudus dulu enak juga..seger, kuahnya agak encer..πŸ’•πŸ’• Bahan untuk 2 porsi ( karena tadi pagi aku udah makan , bikin dua porsi aja untuk Yodha dan Papinya..πŸ˜…) Katanya kalau khas Kudus pakai kecap sana yang khas THG..tapi aku gak punya..pakai Mirama aja πŸ˜…..di Kudus kata temen malah ada di jual bumbu kecap tahu telur gini ya sudah siap pakai... tinggal di ulekin kacang.

Bahan :
  • 2 Lontong
  • Gimbal udang
  • Kol iris halus
  • Taoge seduh
  • Bawang goreng dan seledri cincang
  • Krupuk

Bahan tahu telur :
  • 2 telur, kocok lepas dgn sdkt kaldu jamur
  • 2 tahu putih, iris kecil

Buat dadar di minyak agak banyak, Agar bisa agak kering, Jadi dua dadar

Bumbu kacang ( mau encer atau kental sesuai selera, kalau yang pernah aku makan bumbu agak encer jadi seger )

Bumbu untuk 2 porsi:
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Haluskan :
  • 1 bawang putih
  • 1 cabai rawit, sesuai selera ya..utk Yodha dan Papinya request cuma cabe 1 🀣
  • 1/4 sdk teh garam
Cara Membuat:
  • Masukkan kacang tanah goreng 50 gram, gerus
  • Masukkan air panas 350 ml
  • Tambahkan 1 sdk teh air asam dan kecap 2 - 3 sdk mkn
  • Cek rasa, jika sudah pas... sajikan bersama pelengkap

Gimbal Udang

Tadi aku juga cuma buat dikit karena cuma ada sedikit udang di freezer
Ini versi kriuk Gimbalnya..tapi bukan seperti peyek yang awet kriuk berhari2 ya.

Bahan :
  • 200 gram udang kecil, gak usah di kupas
  • 80 gram tepung beras
  • 70 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 130 ml air
  • 1 sdk teh kaldu ayam

Bumbu:
  • 1 bawang putih
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1/8 kunyit bubuk
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan
  • Sendokkan ke minyak panas
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!
0

Tuesday, March 24, 2020

Mie Kopyok Semarang

Mie Kopyok Semarang
Sore,

Hikmah di rumah saja...pada nrimo..makan apa saja yang di masak Emaknya..dengan syarat..kudu ganti gak boleh sama... kata Yodha sarapan..makan siang, dan makan malam..🀣.. Emaknya tak kurang akal..sering masak simple aja.. tinggal lengkapi banyak buah atau jus..itu Yodha bisa bikin sendiri..aman.

Masak menu sepinggan seperti ini..misal tahu campur, dll...nah hari ini bikin Mie Kopyok...jadi nggak perlu masak lauk dan sayuran terpisah. Pokoknya variasi..di kombinasi aja..misal siang tadi makan Mie Kopyok yang agak kurang protein, makan malam nanti menunya yang kaya protein, ikan ..lengkap sama sayuran, tahu tempe goreng, dan tumisan aja yang cepet.

Jadi nggak capek juga walaupun 3 kali masak...πŸ˜… Yuk bikin.. mudaaaah

Mie Kopyok Semarang

Bahan :
  • Mie kuning rebus secukupnya
  • Tahu Pong , iris2
  • Lontong
  • Taoge panjang, seduh
  • Bawang goreng, sledri
  • Krupuk karak..wajibbbb
Bahan kuah :
  • 1500 ml air
  • 4 bawang putih, ulek dgn 1 sdk teh gula pasir agar tdk langu aroma bawang mentah banget
  • Rebus
  • Beri garam 2 sdk teh.. penyedap kaldu jamur secukupnya
  • Tambahkan kecap manis 3-4 sdk mkn
  • Didihkan
  • Cek rasa
  • Tata pelengkap di piring
  • Tuangi kuah
  • Sajikan dgn sambal

Kalau utk anak-anak biar tambah protein boleh di tambah bakso ya.. Video juga udah pernah aku share, disini : #miekopyokdiahdidi




0

Friday, March 20, 2020

Udang Kremes Cabai Garam

Udang Kremes Cabai Garam

Siang,

Menu Yodha hari ini..Udang Kremes Tabur Cabe Garam.
Di padu tumis Sawi asin tahu, request Yodha...pas dech.

Teman2 jika suka olahan ala resto misal tahu cabai garam, udang cabai garam, dll.. sekarang sudah ada bumbu cabai garam yang praktis lho tinggal tabur aja dari @jayskitchenspice

Kalau suka lada hitam..ada juga blackpaper sea salt. Ini cocok untuk di tabur di steak..kentang goreng, dll ya..jika ingin rasa beda daripada taburan garam biasa.

Nah kali ini aku kreasikan untuk taburan kremesan..enak juga...lho πŸ’•πŸ’• Tapi Kremesan ya jangan di buat terlalu asin ya, agar rasa manis alami udang yang muncul..nah untuk penyeimbang asinnya taburi cabai garam dari @jayskitchenspice ini..pas rasanya πŸ’•πŸ’• Kremesan aku pakai resep seperti di website ku www.diahdidi.com yang adonannya di masak dulu.

Bahan :
  • 100 gram tapioka
  • 300 ml air
  • 2 bawang putih
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1 /2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • Masak semua bahan hingga mengental
  • Haluskan dengan blender ( aku pakai hand blender, panas2 sgr haluskan.. tambahkan 1 kuning telur
  • 300 gram udang kupas, lumuri 1/2 sdk teh garam..1/4 sdk sdk teh merica
  • Celup ke adonan kremesan
  • Goreng hingga keeemasan
Cara detailnya nanti aku upload videonya ya..belum aku edit πŸ™ Selamat mencoba!
0

Pecel Tumpang

Pecel Tumpang.

Siang.. Maksi dulu yukkkk...

Tanpa Nasi aja..udah kenyang πŸ˜…πŸ’• 

Pecel Tumpang

Bahan : 
  • sayur rebus sesuai selera aja..aku tadi pakai bayam, kecipir, taoge , kenikir rebus.
Bumbu sambel tumpang :
  • 1 papan tempe semangit ( kira2 500 gram )
  • Tempe yang sudah nginap suhu ruang 2-3 hari.
  • 5 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit ( sesuai selera )
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kencur
  • 1 sendok makan gula merah
  • Santan sedang 600 ml
  • 2 sendok teh bumbu kaldu instan sapi
  • Garam secukupnya
  • 1 lembar daun salam dan 2 cm lengkuas, memarkan.
Cara Membuat :
  • Rebus semua bahan sambel tumpang sampai empuk, kecuali santan dan gula, salam , dan lengkuas.
  • Haluskan bumbu rebus dan tempe haluskan kasar saja , tidak perlu sampai halus banget.
  • Masukkan kembali ke panci, tuangi santan dan bumbu2 lain. Masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut hampir kering dan bumbu meresap.
  • Jangan lupa cek rasa yaJika suka bisa di tambahkan Tetelan atau koyor agar kuah makin sedep ya.
  • Di tambah tahu, atau krecek juga boleh, tapi kalau yang untuk pecel tumpang gini, aku suka pakai tempe semangit saja yang udah agak ada aromanya πŸ€­πŸ˜…..jadi sedep alami.
Selamat mencoba!
0

Tuesday, March 17, 2020

Sayur Asem Jowo

Sayur Asem Jowo

Siang,
Lauk Yodha siang request Ayam Goreng..nah biar mau makan Sayur aku masakin Sayurnya ini..Jangan Asem ( Sayur Asem ) tapi versi Jowo..beda sama versi Betawi atau Bandung..ini ala Ibuku..kemaren pas Mbah Utinya di sini, di masakin ini ..Yodha kok doyan πŸ˜…πŸ˜….. Tapi Sayurnya aku buat mateng empuk semua..karena Yodha sukanya gitu..pas makan kemaren mau karena sayurnya empuk..mateng.
Bahan :
  • 100 gram Tetelan, rebus..potong2
  • 5 lonjor kacang panjang, potong2
  • 1 labu siam kecil, potong kotak
  • 1 terong kecil, potong kotak
  • 50 gram taoge kedele
  • 30 gram daun so
  • 3 cm lengkuas
  • 2 daun salam
  • 5 biji asam Jawa, utuhan
  • 1 tomat
  • 4 belimbing wuluh, iris
  • 1 sdk mkn gula merah, 1 sdk teh gula pasir
  • 1000 ml air
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 - 2 sdk mkn kecap manis


Sambel

Bumbu :
  • 6 bawang merah, iris
  • 4 bawang putih, iris
  • 2 cabe merah besar, iris
  • 2 cabe hijau besar, iris

Cara membuat:
  • Tumis bawang merah, putih
  • Masukkan cabe, aduk hingga layu
  • Masukkan tetelan rebus dan air
  • Masukkan semua bumbu
  • Didihkan
  • Masukkan sayuran
  • Masak hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan hangat
Selamat mencoba!
0

Friday, March 13, 2020

Mangut Lele Asap Ala Bantul

Mangut Lele Asap Ala Bantul.
Mangut Lele Asap ala Bantul,

Ini resepnya ya teman2..ini versi Yogya ya..tanpa kemiri, jahe, dll.

Walau di Yogya ada satu lagi jenis mangut yang kental pakai kemiri, tapi itu beda lagi stylenya..kalau yang kental itu ala Mangut Imogiri Bu Is, nyemek2 kuahnya.

Kalau versi ini versi ibuku..mirip Mangut Mbah Marto itu lho..yang maklum rumahku di Yogya ya daerah Mbah Marto ke selatan dikit..jadi ya style nya sama.

Dan beda sama mangut Semarangan atau Pati..bumbunya lebih simple kalau..jadi rasa kuahnya itu seger sedep pedes gurih, sedikit manis..aroma khas asap gitu ya 😘😘 Bumbu wajibnya Kencur sama Sunti harusnya..cuma di Semarang nanya tukang bumbon gak ada yang kenal Sunti (bukan asam ya).

Video resep bila dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=z9JQTLd1cec


0

Wednesday, March 11, 2020

Sosis Tuna Solo

Sosis Tuna Solo

Malam,

Jam segini baru bisa posting..πŸ™ Sosis Solo Tuna....suguhan untuk Emak2 hebat pengusaha 2 kuliner Semarang yang hari ini main ke dapurku....besok aku posting keseruan nya ya teman2 😘😘 Resepnya aku update besok pagi

Bahan kulit :
  • 250 gram terigu
  • 4 telur
  • 400 ml air
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1 sdk mkn minyak

Aduk rata, buat dadar

Isi :
  • 1 ekor tuna uk sedang, setelah di kukus aku ambil daging aja, dan aku timbang, jumlah 590 gram, suwir2
  • 3 daun jeruk
  • 200 ml santan sedang
  • 2 sdk mkn gula pasir
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam

Bumbu halus :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1/2 sdk teh merica butiran
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk9
  • Masukkan tuna, air dan semua bumbu
  • Masak hingga meresap
  • Ambil selembar kulit, beri isi, gulung, rekatkan dgn putih telur
  • Goreng
Selamat mencoba!
0

Butter Cake Tape

Butter Cake Tape.

Cake Tape

Ini resepnya ya teman2,
Jangan lupa suara di aktifkan ya...tips2 udah aku jelasin semua di video πŸ˜ƒ

Bahan :
  • 250 gram Margarin / Butter Margarin itu juga enak..contoh Blueband cake & cookie, Palmia Royal, dll )
  • 200 gula , blender halus
  • 250 gram terigu, campur dengan 2 sdk teh baking powder
  • 5 butir telur
  • 300 gram tape, ( se pack plastik mika tape madu di supermarket itu pas )
  • 100 ml santan kental
  • 100 gram keju parut
Cara membuat seperti di video ya ..... Link: https://www.youtube.com/watch?v=drnc6SG7io0

Untuk Mixer aku pakai standing Mixer Mito, Oven pakai Oven Fantasy @mitochiba.id

Spesifikasi Oven Mito Fantasy..
Oven 33 L
πŸ’Ž KIPAS /CONVECTION πŸ’ŽLAMPU πŸ’ŽROTISERRIE
πŸ’ŽLOW WATT 450 W-850 watt ( akan menurun secara berkala)
πŸ’Žharga Rp. 999.000 di Ig @mitochiba.id
0

Wednesday, March 4, 2020

Udang Masak Woku

Udang Masak Woku

Siang,

Udang hidup yang aku beli di pasar tadi, udah berubah jadi menu Udang Woku πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜‹Karena Udangnya tadi masih hidup, jadi nggak aku kupas, aku belah punggungnya saja.. bersihkan tali hitam kotorannya. sayang kulit dan kepalanya buat kaldunya..enak banget. Tapi kalau mau di kupas ya boleh saja. Selera itu bebas...😘😘 Kalau telurnya nggak aku buang karena masih hidup udang..kepala masih utuh, belum terkontaminasi apapun ya..🀣 maksudnya..biasanya kalau udang yang udah terbuka kepalanya kan di jual udah di rendam air lama gitu di baskom yang jual..kalau masih hidup gini kan masih tertutup rapat di badan Udang.. πŸ˜ƒπŸ˜˜ Maaf videonya kepotong tulisannya, aku tulis aja lagi resepnya ya teman2 :

Udang Segar

Bahan:
  • 300 gram Udang, belah punggungnya
  • Lumuri 1 sdk teh air jeruk nipis dan 1/2 sdk teh garam
  • 200 ml air
  • 2 sdk teh kaldu bubuk
  • 2 sdk teh gula pasir
  • Secukupnya garam
  • 1 daun pandan, iris
  • 1 daun kunyit, iris
  • 2 daun jeruk, sobek
  • 1 tomat, iris
  • 1 ikat kecil kemangi

Bumbu halus :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 15 rawit merah
  • 5 cabai merah
Cara Membuat:
  • Haluskan bumbu dengan Chopper Mitochiba @mitochiba.id, pas buat ngalusin bumbu Woku gini Chopper nya.
  • Tumis bumbu
  • Masukkan udang, air, bumbu
  • Masukkan daun pandan, daun jeruk, tomat
  • Maska Hinga meresap
  • Terakhir masukkan kemangi, cek rasa
  • Angkat segera setelah kemanginya layu
Selamat mencoba!

Video resep bisa dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=O28pVErt6PY

0

Tuesday, March 3, 2020

Buntil Tuna

Buntil Tuna

Siang,

Menu hari ini..Buntil isi Kelapa Parut & Tuna..😘😘 Lagi pengen Buntil ala Magelang yang isi Tongkol..tapi nggak nemu Tongkol Segar, ketemunya Tuna..ya udah aku ganti Tuna aja..enak ...πŸ˜‹πŸ˜˜ Ini pakai daun Pepaya ya..woro2 dulu sebelum ada yang komen..: "Kalau setau Saya Buntil Magelang dari daun Lumbu !" 🀣

Iya Saya jugak tau kok..lha wong kalau lewat Magelang ya sering beli Buntil Lumbu..tapi aku bikin yang versi pakai daun pepaya, ada juga kok..buktinya kemaren di pasar Tukangan Magelang aku nemu Buntil Daun Pepaya juga..dan berkuah pedes seperti ini.
Kalau yang versi Buntil daun Lumbu juga ada dua macam, kalau yang versi agak kering itu nggak pedes, gurih sedikit manis. Tapi ada juga yang di jual di pasar gitu versi basah seperti ini..yang berkuah pedas..😘😘
Resep sudah aku upload tadi videonya ya ... Silahkan buka link: https://www.youtube.com/watch?v=ZJ95BoN0cFM
1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel