Google Ad

Monday, September 30, 2019

Batagor Praktis

Batagor Praktis.
Selamat hari Senin!

Selamat beraktifitas kembali ya teman2.
Aku mau share menu kemaren sore. Cuaca sangat panas, gerah, bikin males keluar rumah. Jadinya masak ini aja kemaren.

Biasanya sich weekend kulineran ya coba2, makanan baru. Karena mager, seharian masak saja.
Batagor versi simple yang bisa langsung goreng. Rasa enak gurih. Gunakan tahu yang enak dan padat, seperti tahu Cina ya teman2.

Ini resepnya :




Batagor Praktis

Bahan:

  • 200 - 250 gram ikan tenggiri, di cincang halus ( pas masih utuh di timbang 250 gram..setelah di bersihkan dan di ambil dagingnya kira2 jadi 200 gram )
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 butir telur
  • 100 gram es batu
  • 115 gram tepung sagu tani / tepung tapioka
  • 20 gram tepung terigu protein sedang
  • Bahan Sambal Kacang:
    • 200 gram kacang tanah kulit, digoreng, haluskan
    • 3 siung bawang putih, digoreng
    • 8 buah cabai merah keriting, digoreng
    • 3 sendok makan gula merah
    • 2 sendok teh garam
    • 650 ml air hangat
    • 1 sendok makan air asam jawa (dari 1/2  sendok makan asam jawa dan 2 sendok makan air)

Masak semua bahan saus hingga mengental

Bahan Pelengkap:

  • 75 ml kecap manis
  • Jeruk limau
Selamat mencoba!
0

Thursday, September 26, 2019

Pempek Ikan Gabus


Aku tuch suka Pempek..walau orang Jawa hihi,

Soalnya dari jaman remaja kenal makanan Pempek ini langsung suka. kalau di yogya awal kenal Pempek itu Ny. Kamto. Dari jaman warungnya kecil di belakang Malioboro hingga sekarang udah banyak cabang di mana-mana...di Semarang pun ada. Itu udah berasa enak banget sich..sebelum bisa bikin sendiri.
4

Sunday, September 15, 2019

Ayam Goreng Bumbu Bacem.

Ayam Goreng Bumbu Bacem.

Siang,

Satu lagi olahan ayam yang memakai air kelapa teman2.

Ayam goreng bumbu bacem. Jadi air kelapa itu sangat enak untuk mengungkep ayam, tahu, tempe, dll apalagi jika di masak bacem..wajib kalau aku teman2, pakai air kelapa.

Air kelapa yang di pakai tua aja, bisa beli di tukang kelapa, kadang malah gratis kalau penjualnya baik ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Itulah mengapa, setiap ke pasar aku selalu mampir ke tukang kelapa, kalau nggak beli kelapa, ya cukup beli airnya, 2000 udah dapat banyak.

Air kelapa asal segar bisa di simpan di freezer, segera masukkan ke freezer setelah kita pulang dari pasar ya, bisa tahan semingguan lebih kok.

Bacem yang menggunakan air kelapa, rasa lebih legit, warna juga semakin menggoda ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Video resep versi komplet dan tips2 sudah ada di YouTube ku, klik aja link hidup di bioku ya teman2.


0

Ayam Goreng Mbak Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung.

Untuk ke sekian kalinya makan di sini tadi siang di Kasongan, Bantul, dari jaman awal warungnya kecil, rumah sederhana sekarang udah besar banget warung makannya..

Sayang hari ini agak kurang meresep bumbunya sampai ke dalam..tapi ya tetep enak lha wong ayam kampung Jowo asli..alias pithik sobo kebon yang gede2 ( gede).. 

Kalau jaman kecil dulu makan ayam kampung gini tunggu ada acara spesial baru masak ayam kampung, di rebus pakai garam aja enak... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Lokasinya deket desa wisata kasongan, pakai GPS saja mesti sampai kok teman2, deket situ juga tempat wisata baru di Bantul, museum coklat Monggo.

Kuliner yang ini termasuk yang spesial bagi kami, dan selalu menjadi pilihan ketika pulang kampung.

Selamat hunting kuliner teman-teman... Bantul memang mantul!
0

Saturday, September 7, 2019

BABAT ISO BACEM

Babat Iso Bacem
Pagi, Happy weekend teman2...

Salah satu jerohan favorit di rumah ini ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Dan biasanya paling favorit ya di olah jadi Babat Gongso...atau di Bacem seperti ini..karena lebih gurih dan ada rasanya. Kalau di masak jadi berkuah, paling2 ya di gule ala Jawa.

Untuk olahan jerohan gini mending bikin sendiri teman2, lebih bersih ya ngolahnya..hihi.

Kalau beli mateng itu aroma nya kadang ngga suka ya masih amis dan bau. Nah kalau masak sendiri, kita bisa bikin lebih enak. Caranya, sebelum di olah..kita rebus dulu dengan daun salam dan jahe, di presto dulu hingga empuk.

Untuk babat dan iso, beli yang fresh ya teman2, terus di cuci hingga bersih berulang2. Isian isi bisa di buang atau bisa juga tidak. Itu isinya sari makanan sich. Biasanya klu di masak lama jadi keras gempi ( keras ) enak..kalau suka sich hihi. Kalau Yodha suka nya di buang..jadi aku cuci bersih di air mengalir.

Setelah di cuci bersih, di presto dulu dengan daun salam dan jahe, jadi harum aromanya.

Bahan :

  • 500 gram babat
  • 500 gram iso, cuci bersih, potong2
  • Presto dengan 5 lembar daun salam dan 3 cm jahe


Bumbu :

  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 kemiri
  • 2 sdk teh ketumbar
  • Haluskan bumbu

Cara Membuat:

  • Masukkan semua bahan ke panci, tambahkan air kelapa 1000 ml
  • 50 gram gula merah, dan 2 sdk teh kaldu sapi, secukupnya garam
  • Rebus api kecil hingga meresap
  • Dinginkan
  • Goreng sebentar saja di minyak panas hingga kecoklatan
  • Sajikan dengan sambal bawang aja udah enak

Selamat mencoba!
1

Thursday, September 5, 2019

Video Resep Bakpao Menul Empuk Lembut


Pagi,

Bakpao sering aku post dan aku ulas, tapi belum pernah aku bikin video lengkap nya ya teman2.

Nah kemaren pas aku bikin lagi, aku bener niatin untuk bikin video tutorial lengkapnya.


Mudah kok bikin bakpao itu teman2, ayuk ya masih maju mundur cantik mau bikin bakpao ngga jadi2, segera di coba ya...enak lho...bakpao minul eh menul , lembut dan empuk buatan sendiri, bisa tersaji di rumah hangat2.


Ini video resep lengkap nya ya, selamat mencoba teman2.








0

Tuesday, September 3, 2019

Nasi Gandul Pati



Hari ini aku masak Nasi Gandul khas Semarang lagi teman2, gara2 di tawari Mas tukang daging langganan ku Iso dan Babat yang bagus, ngga bisa nolak dech ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Soalnya semua suka iso dan babat..walau kalau bisa ya sebulan sekali aja gitu ya teman2 biar ngga kebanyakan kolesterol hihi.

Tapi jika ingin sekali makan babat Iso ya nggak apa2 teman2 , sekali-kali makan dikit.

Bisa minum jamu anti kolesterol abis itu ya hihi. Ada kok ramuan bawang tunggal, jahe merah, lemon, dan cuka apel. Ampuh itu untuk membersihkan kolesterol dalam darah kita.

Ok, resep ini ya teman2, klik aja video berikut :


1

Monday, September 2, 2019

GIMBAL TERI NASI BASAH



Pagi,

Aku lagi suka ngolah Teri Nasi Basah, karena lagi banyak di pasar..๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Kali ini aku buat Gimbal Teri Nasi, enak banget buat lauk, buat di cemil ya enak ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Menurut ku Teri Nasi basah ini lebih gurih daripada yang versi kering. Ya mungkin yang kering soalnya jadi asin ya teman2.

Kalau yang basah ini gurih alami, ngga asin..jadi cocok di olah jadi aneka menu ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹


Teri basah ini lebih gurih menurutku daripada teri nasi kering, karena tidak terlalu asin. Bisa di olah jadi beragam menu. Harganya lumayan terjangkau ya, 10 rb dapat 250 gram.
Cara bersihin teri nasi basah ini, cuci berkali2 di air mengalir, pakai saringan
Lalu di tiriskan, siap di olah dech.

GIMBAL TERI NASI BASAH

Bahan :
250 gram teri nasi
1 butir telur
100 gram tepung terigu protein rendah
25 gram t beras
25 gram tepung tapioka
200 ml air
1 sdk teh kaldu ayam
Secukupnya garam

Bumbu Halus :
2  bawang putih
1 cm kunyit
1/2 sdk teh ketumbar

Cara membuat :

Campur semua bahan
Aduk rata
Sendokkan ke minyak panas
Goreng hingga matang

Oh ya, kalau teman2 cari ide lauk gorengan yang enak, bisa bikin PIA-PIA Udang khas Semarang juga nich.

Videonya tadi malam udah aku upload di YouTube, jangan lupa subscribe ya, ini YouTube baruku, khusus untuk video2 detail yang lebih lengkap, ngga di cepetin. Jadi lebih jelas cara pengolahan menu2 nya...


0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel