Tuesday, July 23, 2013

Panekuk Belang Isi Pisang Coklat


Panekuk..sama dadar gulung..bedanya..apa hayo..hihi..kayaknya hampir sama sich..cuma beda istilah aja kali ya..kalau panekuk itu bahasa Belanda pannenkoek..yang terus di lidah kita jadi panekuk  kali ya..hihi, sedangkan kalau dadar gulung istilah Jowonya..hihi. Tapi ya beda beda tipis sich resepnya. tapi..karena penasaran..akhirnya aku tanya ke Mbah Wikipidia yang serba tahu dech..dan ini dia jawaban beliau, dan kayaknya bener dech analisa ku..cey..*bahasanya ..gaya amat yach..hihi..*..

Dari Wikipidia : * Panekuk (bahasa Belanda: pannenkoek) adalah kue dadar yang dibuat dari terigu, telur, gula dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan yang digoreng di atas wajan datar yang diolesi sedikit minyak. Setelah matang, panekuk bisa dihidangkan sewaktu masih hangat atau setelah dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega, selai , atau madu. Selain itu, panekuk juga sering dimakan dengan keju, atau irisan daging.

Panekuk yang enak biasanya adalah panekuk yang "ringan" karena berisi udara yang terperangkap di dalam adonan. Adonan juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras. Sewaktu menuangkan adonan, wajan yang sudah panas diletakkan atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian bawah panekuk setelah matang menjadi berwarna kuning keemasan. Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan buttermilk, yogurt atau susu kedelai.*

Nah..itu sedikit penjelasan tentang panekuk..dari Mbah Wiki ya..!..Tapi sama nggak dengan pancake hayo..hihi...peer lagi nich..kayaknya ya sama aja ya ?..Tapi munurutku adonan pancake lebih kental daripada adonan panekuk..!..Kalau penekuk sama crepes ?..Nah..kalau ini baru sama kayaknya sich..kan sama2 tipis jadinya..^^

Berarti intinya..panekuk ini pancake ala Belanda kali ya..dan lebih tipis dari pancake ala Bule ?..Ya udah..daripada pusing asal muasal panekuk ini..lebih baik kita buat aja yukk..terus di makan dech..nyam..nyam..enak..kali ini..tetep pakai isian favoritku dan suami..pisang dan coklat..jadi ya rasanya sama enak dengan dadar gulung isi pisang yang pernah ku buat dan ku posting di sini. Kemaren iseng pengen bikin panekuk yang ada motif garis2 gitu..eh nggak ada stock kantong plastik segitiga..akhirnya di buat motif abstrak aja...dengan di ciprat cipratin ke pan adonan putihnya..baru di tuang adonan coklat...sedikit aneh ya..jadi belang2 gitu...tapi yang penting lucu..kan..dan enyakk..hihi..
Selamat mencoba..enak lho teman2..buat cemilan buka puasa nanti..^^
Panekuk Isi Pisang Coklat

Bahan :
100 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur
1 sendok makan gula halus
300 ml susu cair
1 sendok makan margarin leleh
1/4 sendok teh coklat pasta

Isi : 
Pisang raja 5 buah, belah, lalau panggang di teflon yang sudah di oles margarin sebentar.
Meises atau coklat serut atau keju atau selai coklat , susu kental manis coklat..dll..sesuai selera saja dech..^^

Cara membuat :
Kocok lepas telur dan gula. Aduk rata dengan susu cair dan margarin.
Campur dengan tepung terigu, dan aduk hingga licin.
Ambil 3/4 bagian, tambahkan coklat pasta, sisanya biarkan putih.
Bagian putih masukkan ke kantong plastik segitiga, buat motif garis atau abstrak di teflon yang sudah di panaskan.
Tuang adonan coklat, masak sebentar hingga matang.
Isi dengan pisang dan meises atau olesan lain, lipat dan gulung.
Sajikan...yummy..!


28 comments :

  1. waduh mb Didi, bikin iler netes2 iiihh... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ayuukk...bikin dulu Mba Uniek..biar sore nanti bisa nyicip..^^

      Delete
  2. waduh mbak diah, simpel ya resepnya. Kapan2 coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..simple dan cepat bikinnya..hasilnya..enak..^^

      Delete
  3. mbak,idealnya pakai wajan teflon diameter berapa cm ya?makasih...."emma"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas saja Mba Emma..kalau aku pakai yang ukuran 17 cm..^^

      Delete
  4. Waduhhh...ϻβᵃǩ Diah fotonya itu Ľђoºὸ.ό bikin ngiler aja...pasti besok akan ᵃķµ buat nich mumpung msh @̤̥̣̈̊̇đ ạ̊̇"̮ pisang sisa kemarin bikin kolak hhmmm...jd Ĝªǩ sabar nunggu besok hihihi...☃τнäиκчöü☃ y̶̲̥̅̊ǡ ϻβᵃǩ resepnya..(^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Luis..kayak aku nich..ngabisin stock pisang ya..dari kemaren menu jajannya pisang terus..jangan bosan ya..hihi...

      Delete
  5. aku udah buat mbak diah, pisangnya aku ganti kepok masih banyak stock soalnya trus aku tambahin keju dan coklat, harumnya udah kemana-mana nih, jadi banyak ya mbaakk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sip mba Esti..langsung praktek.iya... resepnya udah minimalis bahan2nya..tetep aja jadinya banyak..hihi..lha aku kan yang doyan ngemil paling berdua sama suami..jadi apa2 bikin dikit..untung kmrn suami suka bgt Mba..jadi ya habis juga..kalau Yodha..belum suka sama pisang..paling mau panekuk kulitnya aja..di cocol saus coklat..hihi

      Delete
  6. Ϻβᵃǩ Diah ᵃķµ šᵁĐȁϦ bikin tapi kokk kulitnya Ĝªǩ bisa tekstur kayak punya ϻβᵃǩ Diah punyaku alus jd jelek dech ..knp y̶̲̥̅̊ǡ ϻβᵃǩ (maklum pemula)hihi...oh iya kan susu ᵃķµ Ĝªǩ punya trus ᵃķµ ganti ama santan apa itu y̶̲̥̅̊ǡ ϻβᵃǩ pengaruhnya jadi alus hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santan..nggak ngaruh Mba Luis..kan dadar gulung juga pakai santan..tetep bisa cantik berpori..coba liat postinganku dadar gulung ijo itu pakai santan..tetep bisa berpori cantik. Nah..tipsnya..supaya panekuk atau dadar gulung berlubang2..tuang di teflon setelah teflonnya benar2 panas ya..tandanya..pakai sensor tangan aja..gerak gerakkan tangan kita di atas teflon..tapi jangan sampai menyentuh ya..hihi..ntar melepuh..di gerak gerakin aja..di atasnya..nah..kalau udah panas kan kerasa di tangan kan..baru di tuang adonan panekuk atau dadar gulungnya..pasti bisa berpori cantik..ayo..coba lagi ya..^^

      Delete
  7. ☃τнäиκчöü☃ y̶̲̥̅̊ǡ ϻβᵃǩ ini sangking smangatnya ϻβᵃǩ abis subuh šᵁĐȁϦ bikin eh Ĝªǩ berhasil hihihi...†̥äpi Ini ᵃķµ coba buat L̶̲̥̅̊ªĝȋ ϻβᵃǩ isi pisang keju sm pisang coklat wow....berhasiillll....cantik2 ϻβᵃǩ ☃τнäиκчöü☃ y̶̲̥̅̊ǡ (^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..keren..! langsung praktek lagi Mba Luis..sippp2..sukses kan..^^

      Delete
  8. ..............

    .... hening, sambil nanar menatap foto-foto...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...sabar ya Makk....bentar lagi buka kok...*nge lirik jam..*..oh masih lama ternyata..^__^

      Delete
  9. Mba Diah nanya donk.. aq sering bingung kalo ada resep yg pake Susu Cair,, bisa tau gk kalo diresep ini mba pake susu apa? Thx ya bwt jawabannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai susu UHT kotak biasa itu Mba...yang banyak di jual di supermarket..misal..susu ultra..frisian flag..dll yang warna putih...^^

      Delete
  10. Dear Mbak Diah..

    Penasaran cara melipat dan menggulungnya mbak? kalau nanti buat lagi kue sejenis ini, boleh di share step by step foto2 nya mbak? bar bisa lipat dan gulung secantik dan serapi buatan mbak Diah:) Thanks yaa

    -Intan-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mba Intan..nanti klu buat lagi tak fotoin ya..tunggu punya pisang yang oke dulu tapi yach..:)

      Delete
  11. hiii mbak diah,
    saya mau nanya, saya g suka pisang, isianya boleh diganti apa ya mbak biar ttp kliatan menarik n mengugah selera..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di ganti vla coklat..atau vla biasa terus di kasih fruit coktail..enak juga Mba Diena..:)

      Delete
  12. mba mau tanya... itu yang motif putih bulat2, di tetes-tetesin gitu ya... didiamkan beberapa detik baru adonan coklatnya di siram diatasnya sampai merata diatas teplon gitu ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kantung plastik segitiga Mba Titanic..lebih mudah..tggl di lubangi kecil..lalu di titik titik ke pan..nggak perlu di tunggu..kan pannya udah panas..adonan kecil gt cepat matang..jadi langsung di tuang adonan coklatnya aja..kalau kelamaan malah lepas nanti..:)

      Delete
  13. Ohhh iya ya.. wes paham sekarang mba... Makasih ya mba... :)

    ReplyDelete