Wednesday, July 31, 2013

Resep Lidah Kucing Mudah dan Ekonomis..Satu Resep Bisa Dua Rasa..Coklat dan Keju



Membuat lidah kucing..gampang2 susah ya teman2..kalau hanya memakai putih telur saja. Udah gitu hasilnya tipis banget..ngilang aja gitu di mulut cepat kalau di makan..hihi. Tapi itu lah ciri khas lidah kucing yang memakai putih telur saja. Nah..jika teman2 suka lidah kucing yang masih terasa renyah tapi ada gigitannya dan lebih tebal..cobain dech resep lidah kucing yang pakai kuning telur juga ini. hasilnya lebih tebal..bisa di spuit bermotif..lengkung2..terus lebih renyah dan gurih..karena memakai kuning telur juga...jadi enggak perlu bingung2 kuning telurnya mau di apain jika bikin lidah kucing..langsung aja di pakai keduanya..praktis kan...dan juga ekonomis..satu adonan ..bisa jadi dua rasa lho..rasa keju dan coklat..atau mau di kasih warna warni..jadi lidah kucing rainbow yang lagi nge trend..bisa juga..^^ Selamat mencoba..
Lidah Kucing Keju dan Coklat ( 1 adonan jadi dua jenis kue )
( Hasil jadi masing2 satu toples 1/2 kg )

Bahan :
Mentega 100 gram
Margarin 150 gram
Gula halus 175 gram
Garam 1/2 sendok teh
Kuning telur 2 butir

Bahan B :
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Tepung Maizena 25 gram
susu bubuk 25 gram

Bahan C :putih telur 100 ml ( dari 2 butir telur ukuran besar ), kocok kaku

Bahan Tambahan :
Keju parut secukupnya untuk taburan
Coklat pasta 1 sendok teh
Kacang cincang untuk taburan 
Kocok bahan A hingga mengembang & putih, lalu masukkan bahan B yang sudah di aduk rata. Tambahkan bahan C yang telah di kocok kaku sdkt demi sdkt hgg tercampur rata. Bagi adonan mjd dua, satu adonan tambahkan coklat pasta, maka jadilah lidah kucing moka atau coklat,  separuh adonan  biarkan warna kuning, nanti taburi keju saja diatasnya, jadilah lidah kucing keju. Masukkan msg2 adonan ke piping bag segitiga, semprot melintang di loyang LK sampai penuh....Utk adonan kuning tabur keju di atasnya..Panggang dioven suhu 150 C slm 15 menit, lalu kecilkan suhu oven jd 100C...panggang lagi 15 menit..dinginkan dan kemas di toples.

26 comments :

  1. aaaahh nanti lebaran aku main ya.. icip2 kuenya semuanyaaaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...Ya Mak Isti..boleh banget...mudik kah Mak ke Indo..?

      Delete
  2. aku taun ini nggak mudik tapi ogah bikin kukis wong gak ada tamu ke rumah, hihi...dasarnya emang males bikin kukis. Bikinnya lama, udah gitu harus cuci perabotan yang banyak lagi. Siap-siap encok kumat deh, hahaha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama Mba Rina..kalau lebaran di Semarang ya nggak ada tamu di rumah..lha tetangga malah udah sepuh2..kita2 yang sowan ke tetangga..tapi tetep..semangat bikin kue kering Mba..di bagi2 aja ke saudara gt buat oleh2..seru sich..biar ada suasana lebaran gt di rumah..harum kue tiap udah mau deket lebaran..*maksa banget ya..hihi..biar suasananya..kayak pas jaman kecildulu di rumah..harum kue di mana2..*

      Delete
  3. Lidah kucing ini kesukaan anakku. Aku pernah dpt parcel isinya kue2. Lidah kucinnya rasa susu. Enaakkk.. dan kuenya mba diah ini aku naksir yg coklat :) mintaaaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu yang pakai butter mungkin Mak Noe,jadi rasa susunya kuat dan lebih lembut memang..kalau ini versi yang renyah Mak..masih mau?..ayukk ambill dah ..^^

      Delete
  4. Aq sukabanget lidah kucing, eh tapi kalo masalah per-oven-an belum fasih nih Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..alah Mba Esti ini..kan udah pinter bikin roti..sama aja kok Mba..oven megoven kue kering dan roti..^^

      Delete
  5. Mampir ke blognya Mak Diah yang terpilih jadi emak of the month ah :)
    maaf mak aku jarang komen hehehe tapi sering ngintip resep. Dari Semarang juga toh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah..apa Mak Lidya..Emak Of the month..yang bener..??? hihi..aku belum sempat buka Fb Mak..masih sibuk bikin kue kering..^^

      Delete
    2. Iya Mak..daku tinggal di Semarang..cuma aslinya dari Yogya..:)

      Delete
  6. mba mau tanya kl ngovennya pake api atas atau api bawah ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai api atas bawah Mba..Piyu..^^

      Delete
  7. Waaaah..., selamat Mbak Diah terpilih jadi Emak of the month.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Mba Devy..kaget aku tadi..lha seharian nggak online di FB..dpt kabar dari Mak Lidya..^^..terharuu..^^

      Delete
  8. mba diah, mau tny kenapa kue nya kl sdh diangkat -> susah dicopot sering hancur ? sy sdh oles mentega seblmny, tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dinginkan dulu Mba..di loyang..terus di copotnya coba pakai spatula..atau kurang mateng ya ngovennya..kalau udah mateng bener..harusnya kalau sudah di oles mentega..bisa bergeser sdr lhomba..kuenya..:)..

      Delete
  9. kocok bahan A hingga mengembang itu kira2 brp menit ya?
    Bahan B dan C dimasukkan diaduk pakai spatula biasa?
    harus pakai cetakan khusus lidah kucing ya?
    hehhehhehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengembang sampai putih dan lembut...tergantung mixer masing2 ya berapa menitnya..:)
      Iya Spatula biasa..:)
      Kalau mau bagus dan rapi ya..harus pakai cetakan lidah kucing..:)

      Delete
  10. mbak..kl resep yg hny pakai putih telur sj bgmn ya?pengen cb..kl mentega itu mksdnya mentega putih ya mbak? n margarin itu blue band ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Shyswy..kalau pakai putih telur aja..beda resep Mba..yang lidah kucing biasanya aja..:) Mentega..mentega kuning biasa Mba..bukan yang putih ya..kalau margarin itu..iya..contohnya blueband..FIlma..dll

      Delete
  11. Kalau bikin kue kering yg gak pakai bhan a,b,c. namanya bukan lidah kucing ya mb ? Soalnya mau bikin lidah kucing kok ribet gitu, inget kalau makan cepet habisnya, mau bikin kok ribet. Punya resep yang mirip lidah kucing yg gak ribet mb? soalnya ak rodo males ,suka bikin yang praktis, ekonomis, hik.....hik; kalau habis bisa bikin lagi , sampe yg makan bosen baru berhenti bikin. ganti lain lagi. Cari2 resepnya mb DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan2 di kelompokan ABC gt supaya lebih mudah saja kok Mba..:)
      Lidah kucing memang agak ribet ya Mba,..kan harus ngocok telur dua kali..kuning dan putih di pisah,..:)..
      Beli aja mba..kalau mau lebih praktis..hihi

      Delete
  12. Kalo seandainya putih telur ga pake dikocok..ngaruh ga mba ke tekstur or bntuk kue? Mkasih mba didi

    ReplyDelete