Aneka Bentuk Nastar & Resep Nastar Ekonomis


Akhirnya..buat  nastar juga hari ini ..setelah tertunda terus bikin kue2 dan masakan lain..hihi..dan karena buatnya ini cuma untuk di pajang aja di blog dan kasih resep nastar ekonomis yang di request beberapa teman ..akhirnya iseng sekalian aku buat satu resep jadi beberapa  bentuk. Semoga bisa menjadi inspirasi teman2 yang mau jualan nastar ya..biar bentuknya bisa variatif. Oh ya..selai isian nastar ini aku pakai selai nanas gula palm yang kubuat kemaren..dan ku posting di sini jadi warna selainya coklat gitu..^^..jika tidak suka bisa pakai selai nanas gula pasir biasa ya teman2..Oh ya..tips membuat selai nanas sendiri di rumah..aku udah posting di sini juga..Selamat mencoba..^^

  • Nastar bentuk jambu. Cara membentuknya. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat dulu sampai halus, baru di pipihkan bagian atas sehingga berbentuk seperti buah jambu, lalu kasih cengkih untuk tangkainya.
  • Nastar bulat kembang. Cara membentuk, bulatkan dulu nastar, lalu tekan di tangan sehingga berbentuk setengah bulat, lalu buat guratan2 silang dengan garpu. 
  • Nastar daun, caranya bentuk nastar bulat lonjong terlebih dahulu, lalu cubit kiri kanannya dengan alat penjepit nastar..bisa di beli di TBK.
  • Nastar Gulung. Cara membentuknya, tipiskan adonan nastar dengan rolling pin..isi dengan selai nanas, lalu gulung, dan potong2 sesuai selera panjangnya.
  • Nastar daun cetak, cara membuat..ya dicetak pakai cetakan daun kecil2..hihi..mudah..^^..selain daun ada juga cetakan nastar keranjang dll..sesuai selera.
  • Nah..kalau ini nastar yang paling mudah..tinggal di bentuk bulat2 saja..beres..^^
  • Kalau ini nastar bunga, adonan di tipiskan dahulu, lalu di cetak pakai cetakan kue kering bentuk bunga, terus di isi selai nanas yang sudah di bentuk bulat2, lalu tangkupkan kelopaknya hingga berbentuk seperti bunga.

Sudah jelas belum teman2..cara membentuk nastarnya..jika belum..silahkan tinggalkan komentar ya..dengan senang hati akan ku bantu. Sebelum aku kasih resep nastar yang ekonomis...sebelumnya kasih sedikit tips2 dulu ya..berdasarkan pengalamanku tiap tahun bikin nastar..untuk hantaran keluarga dan pernah bakulan kue kering rumahan juga dulu pas Yodha masih kecil...hihi..alah pake di sebut segala ya ..cuma pengalaman bakul  kue aja....lha..kemaren soalnya..itu ada komentar aneh di page dapurku di Fb..ada yang nanya aneh gini teman2..Emangnya situ *Chef* ya..kok punya page dapur segala..dan suka kasih2 resep dan tips2 dapur..? Hihi..lumayan aneh sich pertanyaannya menurutku..lha emangnya..kalau bukan Chef..apa tidak boleh kasih resep atau tip2 dapur ya teman2..hihi. Aku suka  kasih resep yang berdasarkan pengalamanku di dapur aja tiap hari masak buat keluarga..jadi resep2 yang udah ku coba..kalau enak ya pasti aku di share di blog atau di page di fb gitu..siapa tahu bermanfaat ya jika ada yang mau coba. Kalau masalah bikin page di fb..ya biar enak aja share postingan terbaru blog ini..ke teman2 yang suka mampir ke blog ku..dan juga..biar fokus aja sich..share foto2 masakan dan resep2 ke teman2 yang emang suka masak..soalnya temen fb ku kan ribuan..dan nggak semuanya suka masak kan..jadi nggak enak aja..kalau tiap hari posting foto masakan di wall Fb...jadilah aku bikin page khusus dapur gitu. Memang sich..aku bukan Chef atau ahli masak..hihi..tapi aku selalu mau belajar hal2 baru kok tentang dunia dapur..dari mana aja.dari buku2..majalah..internet..juga tiap hari rajin mantengin Asian Food Channel ..liat Mba Ana Olson masak..itu lho..Pastry Chef yang terkenal dari Amrik sono..dan juga Chef2 terkenal lain...di AFC...kalau cuma acara masak dan info soal aneka makanan mah tiap saat ada...dan banyak ilmu2 dapur dan perbakingan yang bisa di dapat..jadi..ilmu masak..baking dll..bisa kita pelajari sendiri kan..nggak harus jadi Chef dulu..hihi. Jadi setiap dapat ilmu baru apa tentang dapur ya pasti ku tulis di blog..biar aku sendiri juga nggak lupa..sekalian sharing gitu. Dan biarpun bukan Chef..tiap hari aku selalu prkatek dan mencoba aneka resep baru juga..jadi biar ilmunya nambah terus..sekalian sich..masakin suami dan anak. Jadi apa yang ku masak setiap hari lah yang ku posting. Lha kadang2 banyak juga kok teman2 yang mampir ke blogku sekedar cari  resep kering tempe..resep tempe mendoan..dan masakan simple2 lain..jadi tidak ada salahnya tho..kalau aku share resep2 sederhana yang memang sering ku masak..hihi. Ah..udah ahh..jadi curcol lagi...lupain soal pertanyaan nyleneh tersebut..yang penting tetep ..update blog..berbagi tentang dapur...sedikit apa yang ku bisa dan ku pelajari ya dari berbagai sumber...jika teman2 ada yang suka..silahkan di coba..jika tidak ya paling nggak bisa jadi arsip pribadiku..buat warisan ke anak cucu..hihi..

Oke..sekarang back to nastar aja ya...! Kalau membentuk nastar, harus gerak cepat ya..maksudnya jangan terlalu lama kena panas tangan karena di bentuk2..karena nanti nastarnya bisa jadi keras, apalagi yang di bentuk langsung dan tidak pakai cetakan. Terus..jika nastarnya mau di jual..lebih efektif sich bentuk standard aja..bulat..atau lonjong..dll..pokoknya yang paling cepat proses membentuknya..supaya lebih cepat dan hasil produksi nastarnya lebih banyak. Beneran..dulu kalau aku jualan nastar aneka bentuk..bener2 butuh waktu dalam pengerjaannya..karena semuanya musti hand made..di kerjaan satu2. Tapi jika pembeli mau membayar lebih kayak aku jualan dulu sich..nggak pa2 juga di bentuk aneka bentuk..hihi..malah jadi nilai daya jual juga lho..dan buat daya saing..kan beda gitu dari nastar2 yang ada di pasaran. Jika buat di konsumsi sendiri sich..oke2 aja..di buat berbagai macam bentuk..mau yang njlimet sekalipun seperti di bentuk nastar mawar..dll..ngak kemrungsung kan..karena nggak di kejar2 order..malah seru lho..bisa berkreasi dengan anak2..membuat nastar aneka bentuk sama2. Terus..nastar ini kan tipe kue kering yang mudah lembab ya..karena isinya selai nanas. Jadi kalau kelamaan di simpan..kadang bisa berjamur. Nah..untuk menghindarinya..buatlah nastar ini di urutan terakhir daftar kue2 kering yang akan kita buat ya..jadi misalnya kita jualan kue kering..dan banyak order..kerjakan dulu kue2 kering yang lebih awet..setelah semua selesai..baru dech..kerjain orderan nastarnya. Kecuali kalau memang teman2 cuma jualan nastar..ya mau tidak mau musti bikin nastar dari sekarang2 ini..coba selai nanasnya bener2 di bikin kesat ya..dan ngoven nastarnya di lamain dikit sampai agak kecoklatan gitu. Memang sich..lebih menarik yang kuning kinclong ya nastarnya..tapi paling tidak kan aman dari jamuran nastarnya..kayak nastar2 di supermarket itu kan biasanya agak kecoklatan kering gitu kan warnanya..jadi lebih awet. Jika suka..bisa di sisipkan juga silica gel di bawah alas toplesnya untuk meyerap kelembaban udara. Jika ingin lebih hemat untuk jualan..bahan olesan kuning telur bisa  di campur madu dan sedikit air, tapi kalau di makan sendiri ya lebih baik pakai kuning telur aja..biar kiclong dan cantik nastarnya..^^

Udah..gitu aja kok tips2 bikin nastarnya ..nah sekarang aku kasih resep nastar ekonomis ya..yang bisa buat jualan. Memang bukan yang paling enak sich..lha repot kalau sudah bicara selera enak dan tidaknya soal nastar ini..selera orang macam2..ada yang suka pakai butter mahal, ada juga yang suka pakai margarin seperti resep ini. Kalau aku lebih suka pakai margarin ya..bisa renyah juga kok..dan empuk ngeprul juga. Cuma dari para ahli bakery..biasanya menyarankan untuk memakai campuran keduanya..butter dan margarin. Jadi sesuaikan selera masing2 ya..jika mau resep yang campuran..nanti selanjutnya aku posting juga. Kali ini aku kasih resep yang ekonomis aja dulu ya..yang pakai margarin biasa...biar teman2 yang mau jualan bisa dapat untung lumayan..secara saat ini telur..dan bahan2 aja udah mulai naik ya harganya. Biarpun ekonomis....rasa nastar  ini udah oke kok..renyah..empuk dan ngeprul juga..tuch liat detailnya di foto ya..^^ tapi buat teman2 yang suka nastar yang musti pakai full butter kayak Wisjman yang 200 gramnya sekitar 38 ribu ya jangan di bandingin ya..hihi...kalau ini pakainya margarin aja..cukup blue band 1 sachet 6 ribu saja masih sisa...hihi...Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Nastar Ekonomis

Bahan :
150 gram margarin
50 gram gula halus
1 buah kuning telur
1/4 sendok teh vanili bubuk
150 gram tepung terigu protein rendah 
20 garm susu bubuk
20 gram tepung maizena
Selai nanas secukupnya untuk isian
2 buah kuning telur untuk bahan olesan.

Cara Membuat :
Kocok gula, vanili, dan margarin 30 - 60  detik ( jangan lebih ya..ntar nastarnya melebar ), masukkan kuning telur, kocok rata.
Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, sambil di ayak dan di aduk perlahan dengan spatula. Jangan di aduk kuat2 ya..supaya nastar tidak bantat dan keras. 
Bentuk sesuai selera dan isi dengan selain nanas. Taruh di loyang kue kering yang sudah di oles margarin tipis2.Oven 15 menit, di suhu 160 derajat atau sesuaikan oven masing2 ya. Keluarkan dulu dari oven. Oles dengan kuning telur , lalu oven lagi hingga matang
Kemas nastar jika sudah benar2 dingin.

NOTE, JUNI 2015

Oh iya..teman-teman yang baru belajar bikin kue..jangan lupa..sudah terbit nich buku panduan kue kering untuk pemula. Karya ku. Sudah tersedia di toko-toko buku Gramedia..atau bisa pesan lewat aku langsung. Ready stock. Biar cepat sms ke sini langsung bisa...
089654712500, dengan menyebut nama dan alamat ya untuk cek ongkirnya. Aneka resep kue kering mudah untuk pemula, ada dalam buku ini..juga aneka tips2 dasar dalam pembuatan kue kering, masalah yang serring terjadi dan cara emngatasinya..semua ku tuangkan dalam buku ini. Resep2nya juga seru..selain kue-kue klasik..juga ada kreasi kue kering baru ru yang ku buat dan belum pernah ku posting di sini. Jadi..Grape its Fast..!..sebelum kehabisan..hihi.



Cheers,
Diah Didi