Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Sunday, June 30, 2013

Aneka Bentuk Nastar & Resep Nastar Ekonomis


Akhirnya..buat  nastar juga hari ini ..setelah tertunda terus bikin kue2 dan masakan lain..hihi..dan karena buatnya ini cuma untuk di pajang aja di blog dan kasih resep nastar ekonomis yang di request beberapa teman ..akhirnya iseng sekalian aku buat satu resep jadi beberapa  bentuk. Semoga bisa menjadi inspirasi teman2 yang mau jualan nastar ya..biar bentuknya bisa variatif. Oh ya..selai isian nastar ini aku pakai selai nanas gula palm yang kubuat kemaren..dan ku posting di sini jadi warna selainya coklat gitu..^^..jika tidak suka bisa pakai selai nanas gula pasir biasa ya teman2..Oh ya..tips membuat selai nanas sendiri di rumah..aku udah posting di sini juga..Selamat mencoba..^^

  • Nastar bentuk jambu. Cara membentuknya. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat dulu sampai halus, baru di pipihkan bagian atas sehingga berbentuk seperti buah jambu, lalu kasih cengkih untuk tangkainya.
  • Nastar bulat kembang. Cara membentuk, bulatkan dulu nastar, lalu tekan di tangan sehingga berbentuk setengah bulat, lalu buat guratan2 silang dengan garpu. 
  • Nastar daun, caranya bentuk nastar bulat lonjong terlebih dahulu, lalu cubit kiri kanannya dengan alat penjepit nastar..bisa di beli di TBK.
  • Nastar Gulung. Cara membentuknya, tipiskan adonan nastar dengan rolling pin..isi dengan selai nanas, lalu gulung, dan potong2 sesuai selera panjangnya.
  • Nastar daun cetak, cara membuat..ya dicetak pakai cetakan daun kecil2..hihi..mudah..^^..selain daun ada juga cetakan nastar keranjang dll..sesuai selera.
  • Nah..kalau ini nastar yang paling mudah..tinggal di bentuk bulat2 saja..beres..^^
  • Kalau ini nastar bunga, adonan di tipiskan dahulu, lalu di cetak pakai cetakan kue kering bentuk bunga, terus di isi selai nanas yang sudah di bentuk bulat2, lalu tangkupkan kelopaknya hingga berbentuk seperti bunga.

Sudah jelas belum teman2..cara membentuk nastarnya..jika belum..silahkan tinggalkan komentar ya..dengan senang hati akan ku bantu. Sebelum aku kasih resep nastar yang ekonomis...sebelumnya kasih sedikit tips2 dulu ya..berdasarkan pengalamanku tiap tahun bikin nastar..untuk hantaran keluarga dan pernah bakulan kue kering rumahan juga dulu pas Yodha masih kecil...hihi..alah pake di sebut segala ya ..cuma pengalaman bakul  kue aja....lha..kemaren soalnya..itu ada komentar aneh di page dapurku di Fb..ada yang nanya aneh gini teman2..Emangnya situ *Chef* ya..kok punya page dapur segala..dan suka kasih2 resep dan tips2 dapur..? Hihi..lumayan aneh sich pertanyaannya menurutku..lha emangnya..kalau bukan Chef..apa tidak boleh kasih resep atau tip2 dapur ya teman2..hihi. Aku suka  kasih resep yang berdasarkan pengalamanku di dapur aja tiap hari masak buat keluarga..jadi resep2 yang udah ku coba..kalau enak ya pasti aku di share di blog atau di page di fb gitu..siapa tahu bermanfaat ya jika ada yang mau coba. Kalau masalah bikin page di fb..ya biar enak aja share postingan terbaru blog ini..ke teman2 yang suka mampir ke blog ku..dan juga..biar fokus aja sich..share foto2 masakan dan resep2 ke teman2 yang emang suka masak..soalnya temen fb ku kan ribuan..dan nggak semuanya suka masak kan..jadi nggak enak aja..kalau tiap hari posting foto masakan di wall Fb...jadilah aku bikin page khusus dapur gitu. Memang sich..aku bukan Chef atau ahli masak..hihi..tapi aku selalu mau belajar hal2 baru kok tentang dunia dapur..dari mana aja.dari buku2..majalah..internet..juga tiap hari rajin mantengin Asian Food Channel ..liat Mba Ana Olson masak..itu lho..Pastry Chef yang terkenal dari Amrik sono..dan juga Chef2 terkenal lain...di AFC...kalau cuma acara masak dan info soal aneka makanan mah tiap saat ada...dan banyak ilmu2 dapur dan perbakingan yang bisa di dapat..jadi..ilmu masak..baking dll..bisa kita pelajari sendiri kan..nggak harus jadi Chef dulu..hihi. Jadi setiap dapat ilmu baru apa tentang dapur ya pasti ku tulis di blog..biar aku sendiri juga nggak lupa..sekalian sharing gitu. Dan biarpun bukan Chef..tiap hari aku selalu prkatek dan mencoba aneka resep baru juga..jadi biar ilmunya nambah terus..sekalian sich..masakin suami dan anak. Jadi apa yang ku masak setiap hari lah yang ku posting. Lha kadang2 banyak juga kok teman2 yang mampir ke blogku sekedar cari  resep kering tempe..resep tempe mendoan..dan masakan simple2 lain..jadi tidak ada salahnya tho..kalau aku share resep2 sederhana yang memang sering ku masak..hihi. Ah..udah ahh..jadi curcol lagi...lupain soal pertanyaan nyleneh tersebut..yang penting tetep ..update blog..berbagi tentang dapur...sedikit apa yang ku bisa dan ku pelajari ya dari berbagai sumber...jika teman2 ada yang suka..silahkan di coba..jika tidak ya paling nggak bisa jadi arsip pribadiku..buat warisan ke anak cucu..hihi..

Oke..sekarang back to nastar aja ya...! Kalau membentuk nastar, harus gerak cepat ya..maksudnya jangan terlalu lama kena panas tangan karena di bentuk2..karena nanti nastarnya bisa jadi keras, apalagi yang di bentuk langsung dan tidak pakai cetakan. Terus..jika nastarnya mau di jual..lebih efektif sich bentuk standard aja..bulat..atau lonjong..dll..pokoknya yang paling cepat proses membentuknya..supaya lebih cepat dan hasil produksi nastarnya lebih banyak. Beneran..dulu kalau aku jualan nastar aneka bentuk..bener2 butuh waktu dalam pengerjaannya..karena semuanya musti hand made..di kerjaan satu2. Tapi jika pembeli mau membayar lebih kayak aku jualan dulu sich..nggak pa2 juga di bentuk aneka bentuk..hihi..malah jadi nilai daya jual juga lho..dan buat daya saing..kan beda gitu dari nastar2 yang ada di pasaran. Jika buat di konsumsi sendiri sich..oke2 aja..di buat berbagai macam bentuk..mau yang njlimet sekalipun seperti di bentuk nastar mawar..dll..ngak kemrungsung kan..karena nggak di kejar2 order..malah seru lho..bisa berkreasi dengan anak2..membuat nastar aneka bentuk sama2. Terus..nastar ini kan tipe kue kering yang mudah lembab ya..karena isinya selai nanas. Jadi kalau kelamaan di simpan..kadang bisa berjamur. Nah..untuk menghindarinya..buatlah nastar ini di urutan terakhir daftar kue2 kering yang akan kita buat ya..jadi misalnya kita jualan kue kering..dan banyak order..kerjakan dulu kue2 kering yang lebih awet..setelah semua selesai..baru dech..kerjain orderan nastarnya. Kecuali kalau memang teman2 cuma jualan nastar..ya mau tidak mau musti bikin nastar dari sekarang2 ini..coba selai nanasnya bener2 di bikin kesat ya..dan ngoven nastarnya di lamain dikit sampai agak kecoklatan gitu. Memang sich..lebih menarik yang kuning kinclong ya nastarnya..tapi paling tidak kan aman dari jamuran nastarnya..kayak nastar2 di supermarket itu kan biasanya agak kecoklatan kering gitu kan warnanya..jadi lebih awet. Jika suka..bisa di sisipkan juga silica gel di bawah alas toplesnya untuk meyerap kelembaban udara. Jika ingin lebih hemat untuk jualan..bahan olesan kuning telur bisa  di campur madu dan sedikit air, tapi kalau di makan sendiri ya lebih baik pakai kuning telur aja..biar kiclong dan cantik nastarnya..^^

Udah..gitu aja kok tips2 bikin nastarnya ..nah sekarang aku kasih resep nastar ekonomis ya..yang bisa buat jualan. Memang bukan yang paling enak sich..lha repot kalau sudah bicara selera enak dan tidaknya soal nastar ini..selera orang macam2..ada yang suka pakai butter mahal, ada juga yang suka pakai margarin seperti resep ini. Kalau aku lebih suka pakai margarin ya..bisa renyah juga kok..dan empuk ngeprul juga. Cuma dari para ahli bakery..biasanya menyarankan untuk memakai campuran keduanya..butter dan margarin. Jadi sesuaikan selera masing2 ya..jika mau resep yang campuran..nanti selanjutnya aku posting juga. Kali ini aku kasih resep yang ekonomis aja dulu ya..yang pakai margarin biasa...biar teman2 yang mau jualan bisa dapat untung lumayan..secara saat ini telur..dan bahan2 aja udah mulai naik ya harganya. Biarpun ekonomis....rasa nastar  ini udah oke kok..renyah..empuk dan ngeprul juga..tuch liat detailnya di foto ya..^^ tapi buat teman2 yang suka nastar yang musti pakai full butter kayak Wisjman yang 200 gramnya sekitar 38 ribu ya jangan di bandingin ya..hihi...kalau ini pakainya margarin aja..cukup blue band 1 sachet 6 ribu saja masih sisa...hihi...Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Nastar Ekonomis

Bahan :
150 gram margarin
50 gram gula halus
1 buah kuning telur
1/4 sendok teh vanili bubuk
150 gram tepung terigu protein rendah 
20 garm susu bubuk
20 gram tepung maizena
Selai nanas secukupnya untuk isian
2 buah kuning telur untuk bahan olesan.

Cara Membuat :
Kocok gula, vanili, dan margarin 30 - 60  detik ( jangan lebih ya..ntar nastarnya melebar ), masukkan kuning telur, kocok rata.
Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, sambil di ayak dan di aduk perlahan dengan spatula. Jangan di aduk kuat2 ya..supaya nastar tidak bantat dan keras. 
Bentuk sesuai selera dan isi dengan selain nanas. Taruh di loyang kue kering yang sudah di oles margarin tipis2.Oven 15 menit, di suhu 160 derajat atau sesuaikan oven masing2 ya. Keluarkan dulu dari oven. Oles dengan kuning telur , lalu oven lagi hingga matang
Kemas nastar jika sudah benar2 dingin.

85 comments:

  1. trims ya mbak udah share resep dan tips2nya...Mbak,kalau tanteku mbuat nastar daun yang pakai cetakan,selainya ada di dalam,jadi ketutup adonan kulitnya.Kalau Mbak Diah kan kebuka selainya...ada varian baru deh...kalau aku lebih suka yang bulet2 aja mbak,praktis hehehe....dan aku juga cuma pakai blueband aja...udah enak kok ya....Mbak,cuekin aja komen yang aneh2 gitu...apa salahnya ya kalau mau berbagi....tetap berkarya aja deh mbak.. ^_^ emma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Emma..macam2 bentuk nastar kalau kita mau kreatif..cuma ya sama..kalau udah keburu waktu..paling cepat ya di bulat2 saja..hihi..iya Mba..cuma curcol aja biar lega..hihi..mksh ya mba supportnya..^^

      Delete
  2. mba didi,, nastar bentuk bunga nya.. ngasih sprinkle nya sesudah di oven atau barengan pas ngoven nya?

    trus ,, kl nastar permukaan nya biar tidak pecah2 gmn ya mb...

    ReplyDelete
  3. Bareng ngoles telur itu lho Mba Sninta ..jadi selainya tengahnya di kasih olesan telur dikit juga.terus di taburi sprinkle nya biar bisa nempel. Biar nggak pecah2 yaitu Mba..ngolesin kuning telurnya setelah adonan mengembang dulu..baru di oles kuning telur..supaya olesannya mulus..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, nyambung yg di atas ya, sudah mengembang maksudnya setelah dioven ya mbak? Btw, cuekin aja komen2 yg ga jelas mbak...klo aku malah bersyukur ada orang2 seperti mbak Diah yg ikhlas mau berbagi ilmu "perdapuran"nya, jd bisa banyak belajar, kemampuan masakku juga bertambah (cieee....gaya amat, hehehe)...tetap semangat n terus berkarya ya mbak :)

      Delete
    2. Iya Mba..setelah di oven kan biasanay nastar mengembang..nah..kalau sudha di oles dari awal..kan olesannya jadi retak2..karen adonannya mengembang gt kan Mba..^^

      Hihi..iya Mba..mksh supportnya.nggak di pikirin kok Mba..cuma geli aja..kok ada yang suka nyleneh gt kalau nanya2..hihi...

      Delete
  4. Ibuku selalu bikin selai nanas sendiri. Kalau aku kayaknya gak sabar deh. Tp yg beli jadi biasanya terlalu lembek ya. Hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..emang enak bikin sendiri lho selai nanas..kadang kalau beli suka lembek dan kealusan juga..jug akadang2 nggak asli nanas semua..hihi..

      Delete
  5. Siap-siap buat lebaran, resepnya bisa segera dipraktikan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Evi..makanya Sy share sekarang biar bisa di coba dulu..kalau cocok..kan bisa buat pengisi toples suguhan Lebaran ya..^^

      Delete
  6. tahunya cm nastar bulet..ternyata ada banyak variasi ya mb :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Enny..bisa di bikin aneka bentuk..sesuai keinginan dan kreatifitas kita aja Mba..^^

      Delete
  7. Makasih tips dan resepnya, Mak. Aku suka banget nastar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak Sary..^^..selamat mencoba..^^

      Delete
  8. mbk bagi tips gmn caranya bikin buletan yg bagus, soalnya pas aku cb bikin nastar susah bentuk buletnya, adonannya pecah dan selainya pasti kluar2, gmn y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin adonannya terlalu masir ya Mba?..Jadi susah di bentuk halus ..coba..ngocok mentega / margarin sama gulanya di lamain dikit ( aturannya sich kalau resep udah oke..ngocoknya malah nggak boleh lama2..takut melebar dan terlalu mengembang nastarnya ), tapi untuk kasus Mba..perkiraan sy sich adonannya terlalu masir kering ya..jadi boleh di lamain dikit ngocok margarinnya biar adonannya tetep mawur tapi sedikit basah dan gampang di bentuk..duch kemaren kok lupa motret aku ya pas masih dalam bentuk adonan..jadi ada gambaran..nanti kalau aku buat lagi tak fotoin dech Mba..^^

      Delete
    2. okey deh mbk, bsk aku coba lagi, kyaknya kmrn pas ku buat iya masir gt adonannya,
      makasi mbak diah buat solusinya, good luck ya ^^

      Delete
    3. Yupp..sama2..ayo coba lagi..semangat ya..^^

      Delete
  9. enak bgt kyny...
    pengen cicip deeh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba Putri..tapi udah habis Mba...tinggal fotonya..hihi

      Delete
  10. hihihihi ini yang aku cari resep nastar, anak kembarku sudah wanti-wanti ibu bikin sendiri ya kue lebarannya, makasih ya mbak didi, jadi tau ada varian bentukan nastar yang unik dan ga monoton...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...sipp Mba Esti..ayo di buatin..udah di request gt lho..suka yang pakai margarin atau mentega..nanti ya pakai campuran mentega..segera ku buat dulu dech..tgg ya..^^

      Delete
  11. ow gitu ya, jadi dipanggang sebentar, trus dikeluarin lagi setelah ngembang baru dioles kuning telur.
    tau dia udah selesai ngembangnya gimana mak?
    maaf ya pertanyaannya awam banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Quinie..its ok..tandanya ngembang itu jadi lebih ebsar Mak..dari adonan semula..nastarnya..dan warnanya juga jadi agak keputihan..nah..kalau udah gitu keluarkan dulu dari oven..baru di oles kuning telur..jadinya nggak pecah dech olesannya..met coba ya ..^^

      Delete
  12. Mba didi aku suka banget blognya. sambil dikasih tips soalnya jadi tau apa yang harus dilakukan. aku mau tanya mba, kalau mau diganti jadi butter, apakah komposisi resepnya tetap sama? soalnya di tempat aku tinggal sekarang ga ada margarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..Mitha..makasih..^^
      Bia Mba..di ganti butter..semua...cuma nanti beda tekture aja ya..agak rapuh nastarnya..biar nggak melebar..coba ngocoknya butter dan menteganya..jangan terlalu lama ya..atau butternya di dinginkan di kulkas dulu sebentar..^^

      Delete
  13. Mba aku dan kelurgaku suka banget ma nastar. Selama ini sih beli terus. Mo bikin takut hasilnya g bagus dan enak. Saya pernah tu mba makan nastar tapi khock rasanya g lembut. Itu kenapa y mba? Tolong mba kasih tau gimana adonan supaya nastar jadi lembut ketika di makan. Tq mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau lembut coba di campurin mentega Mba Titin..nggak cuma pakai margarin..kalau keras itu biasanya salah penanganannya..misal ngaduknya terlalu keras atau terlalu lama di bentuk2..^^

      Delete
  14. mau berbagi resep sama aja berbagi ilmu,bermanfaat bagi orla, pahala jadinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Hindun..ya Mba..niatnya memang cuma sedikit berbagi aja..dan jika bermanfaat tentu menyenangkan ..^^

      Delete
  15. Ga usah galau mak, maju terus pantang mundur. Selamat yah mak udah jd eoftm muah, aku padamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..curcol Mak..biar lega..^^..mksh ya..wah aku jadi terharu..aku padamu juga Mak..*Nah lho..*..hihi

      Delete
  16. mbak itu ngocoknya cukup pakai balon whisk atau menggunakan mixer? :) aku juga pengen bikin... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep pakai mixer Mba Fitri..biar cepat nyampur ..tapi cukup sebentar saja ya..jika kelamaan..ya cuma melebar dan ngembang banget sich nastarnya..tapi rasanya juga tetep enak..cuma.jadi nastar yang gendut gendut..hihi..*tapi aku kadang malah suka yang melebar..hihi..jadi bener2 empuk dan lembut..cuma ya ndut2..hihi *

      Delete
  17. kalo aku bikin sengaja dilamain yang ngocok mentega. soalnya aku lebih suka yang soft hasilnya :D aduh itu cantik-cantik banget bentuknya. kalo yang model kebuka gitu(selai ga ketutup) jadi kering ga sist selainya? aku takut jadi gosong gitu selainya ato jadi aga pahit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya..sama Mba Rhy..kadanga ku juga suka yang melebar..cuma kalau di makan sdr aja..jadi ndut2 nggak pa2 nastarnya..^^..

      Nggak Mba.cum akering aja..tapi nggak pahit..dan masih keras selai nanas kok..^^

      Delete
    2. ok deh. aku pengen bikin tapi takut selai nya berubah rasa nya. makasih ya yang reply cepet banget :D

      Delete
    3. Iya Mba Rhy..met coba ya..jangan lupa di tengak tengok ya kalau coba pertama...hihi..biar aman ..nggak kering banget selainya..^^

      Delete
  18. Wah, yang komen itu iri tuh. Namanya niat baik, ga selalu diimbangi dg tanggapan baik, Mbak. Cuekin aja, terus berkreasi & di sharing.
    Aku malah suka bgt resep Mbak Diah, krna bahannya simple & kalo tanya2 via inbox langsung dijawab. Hihi

    Lho emang harus jadi chef supaya jago masak. Wong chef aja masakannya ga enak & belum tentu juga chef itu pelit alias ga mo bagi2 resep.hehe

    Tetep semangat ya, Mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Novia..di fb..emang kadang ada yang aneh2 gt..hihi..nggak pa2 dech..tetep semangat..bener..paling nggak ada manfaat buat diri sdr buat terus belajar..dan sedikit bermanfaat juga buat teman2 ya..mksh Semangatnya ya, mudik ke mana nich BTW..hihi

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. kalo nastarnya di bentuk karakter buah gimana....trs pake pewarna apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm..bisa juga ya Mba..cuma jangan kelamaan tersentuh tangan ya, pas membentuknya..soalnya nanti bisa keras nastarnya..^^
      Pewarna..ya pakai pewarna makanan biasa sesuai kebutuhan..^^

      Delete
  21. Mbak..saya beberapa x nyoba kok adnannya pas dibentuk pecah2 ya..??rus waktu dioven retak2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adonannya kurang lembab mungkin mba..lamain dikit aja ngocok margarin dan gulanya..^^

      Delete
  22. Mbak... olesan kuning telurnya bisa bagus kuning dan mulus. Selain dioles setelah mengembang ada tips lagi nggak? soalnya saya pernah bikin olesan pake kuning ayam kampung tapi tetap pucat hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku pakai kuning telur ayam biasa aja Mba Lia..cuma ngolesnya memang di ratain dengan telaten aja satu2..nanti bisa rata kok..:)

      Delete
  23. alo mbak..ini aku,shyswy,cm mau ngucapin mksih mbak u resepnya...uenakkk....suamiku sk (y) :-) srg mau buat tp trkendala kdg dg wisman butter yg makainya cm sdkt tp hrgnya gak sdkt :-) ....kini ada yg ekonomis jd bs srg2 buat u cemilan..aku sdh cb 3 resep dr web mbak dan smua sesuai dg foto n crt mbak...jd skrg kl mau masak,rujukannya k web mbak deh :-) mksih ya sdh ksh resep bahkan dg tips2nya...smg kel mbak smakin diberkahi Tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Shiyswi..amin2..mksh juga ya Mba..doa baiknya..^^

      Iya Mba..Sy selalu cerita apa adanya sich..soal makanan..klu enak ya bilang enak.klu nanggung ya bilang nanggung rasanya..hihi..dan memang lebih byk menu yang murah meriah aja sich Mba..resep2 yang ku posting..jadi bisa di coba buat menu sehari2 ya.yukk semnagat masak..^^

      Delete
  24. Mbak Diah, terimakasih banyak atas resep nastarnya, saya pengen nyoba bikin... Mafa mau bertanya, manggangnya itu setelah 15 menit dengan oven 160°, seterusnya manggang sampai matang itu kira2 berapa menit lagi ya, mbak ? Oven api atas bawah kah ? Terimakasih banyak ya sebelumnya dan ngomong2, saya ini penggemar berat masakan2 mbak loh.... Hebat bener, salut deh, semoga makin sukses berkaryanya ya ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..Mksh byk ya supportnya.
      Api atas bawah..lamanya tergantung oven masing2 Mba Leonora..kalau di ovenku biasanya 15 - 20 menit lagi..jadi ..pas nyoba oven pertama sering di tengak tengok..sambil di ingat2 waktunya ya Mba..hihi..biar bisa jadi pathokan selanjutnya..di oven Mba..berapa lama gitu..solanya..panas oven kan beda2 ya Mba..apalagi Mba Leonora tinggal di luar..pasti ovennya lebih bagus dr oven sini..jd mungkin sja bisa lebih cepat matangnya..:)

      Delete
    2. Oke, terimakasih banyak atas informasinya ya, mbak Diah, akan saya coba resepnya mbak ^o^

      Delete
  25. mbak...kl kita mau buat 2x dr resep...kocok menteganya tetap 1 mnt atau jd 2 mnt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep satu menit aja Mba Ciwi..kan jumlah adonannya saja yang nambah..:)

      Delete
  26. Mba Diah..resepnya mantapp semua (Y) sy baru buat Nastar ini..aduh rasanya nendang sekali, padahal baru pertama kali buat..hanya bentuknya saja yg kurang rapi hehehe. Kue Putri saljunya juga sdh buat...enak. Thanks mbak...sudah berbagi ilmu dan lengkap dengan penuntunnya. Semoga mba sekeluarga tetap dalam lindungannya, sehat selalu dan rejeki yang banyak. Salam

    ReplyDelete
  27. Mak...... punyaku kemaren bikin melebar gitu ma pecah2... tapi tak pantang menyerah.... klo pake rum butter ato corman patisy buter pernah?aku kemaren beli.. maksudnya biar penganti wisman gt,,,,
    Mohon sarannya mak!

    Btw, nyambung disini ya mak.. aku buat cake gula aren pake resep mak didi, hasil akhir setelah mixer kok encer ya mak... jatoh gt.... knp ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak Mira...berarti mixernya kelamaan dikit Mak..kalau melebar nastarnya..:)
      Pakai butter..pernah Mak..tapi tetep harus di campur margarin..jika butter aja..hasilnya juga bisa melebar lho..dan terlalu rapuh nastarnya..:)
      Untuk cake gula merah...kocokan telur encer..banyak factor Mak..misal..telurnya udah nggak bagus..atau nggak pake emulsifier ..atau kena sedikit lemak..misal minyak..atau margarin..walau dikit..udah nggak bisa ngembang dech telurnya..:)

      Delete
  28. Thanks banget bagi2 ilmunya mba Diah. Saya baru sebulan belakangan ini nemu blog mba Diah, dan langsung jadi fans, padahal saya termasuk yang agak rewel kalau mau coba resep2, soalnya ada resep2 yang dicoba gagal melulu. Alhamdulillah beberapa kali coba resep yang diberikan Mba Diah selalu sukses. Kalau ada comment dari orang yang agak miring, cuekin aja Mba. Ga semua orang senang kalau lihat orang lain maju. Insya Allah apa yang udah mba kerjakan bermanfaat buat banyak orang, salah satunya saya :). Tambah sukse ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..mksh Mba Yanti supportnya ya..:)
      Sama2..seneng bisa berbagi sedikit Mba...walau ilmu dapur Sy juga masih terbatas..tapi kalau kita mau belajar terus..Insyaallah akan bertambah terus juga ya ilmunya..:)...ayukk sama2 belajar ya Mba..:)

      Delete
  29. mbak diah.. pengalaman aku kemarin bikin nastarnya mbak diah nih
    rasa oke tapi polesannya kok retak ya.. gak bisa mulus gitu. padahal udah sesuai step yang ada diresep.
    mohon pencerahnnya mbak. ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pas di oven pertama belum ngembang udah di angkat ya Mba Dewi..harus sampai ngembang dulu nastarnya..waktu nggak bisa jadi pathokan 15 menit..krn tergantung panas oven masing2. jadi kalau nastar udah ngembang tapi warnanya masih putih..angkat dari oven..baru di oles kuning telur..gt aja mba ..:)

      Delete
  30. buat resep kue kue jaman dulu dong mbak diah..
    kue2 yg jadi jajanan anak2 SD jaman dulu..
    kangen bgt sama rasanya :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kue apa namanya Mba ?..nanti kalau aku bisa dan suka..aku bikin dech..:)

      Delete
    2. kue gambang mbak.mungkin namanya itu sih hehehe...
      dulu saya tinggal d smarang, dan pernah beli kue yg rasa kayu manis nya trasa banget dan ciri khasnya ada biji wijen diatas kuenya.
      stelah sya cari2 info kok mirip kue gambang, tapi yang saya rasakan tekstur kuenya gak bgitu liat2 amat dan warnanya cenderung coklat rada kehitaman gitu.apa itu emang kue gambang ya mbak?
      # eh kok malah curcol hehehe...
      mbak diah klo punya resepnya tolong dibagi dong.rasa rindu sama rasa kue itu.. secara saya sudah 6 tahun g pernah nemu roti itu lagi
      -widy-

      Delete
    3. Oh ya..kue gambang itu Mba Widy..dari gula merah kan ya..oke nanti klu nemu resepnya ya..aku coba..:)..Eh aku dulu pernah liat di Indomaret atau alfamart ada juga lho kue gt..tp nggak tau ding klu skrg..hihi

      Delete
  31. Mba Diah, apa ya gantinya susu bubuk?
    Thx,
    Ida

    ReplyDelete
  32. Hallo Mba Diah ternyata aku nemuin susu bubuk di supermarket...
    Aku dah bikin tapi agak susah dibentuk mungkin kurang lama ngocoknya ya? Agak lembek dikit. Rasanya enak!!
    Ach Mba masa sih ada yg coment kayak gitu di Fb?? Aku malah seneng baca blog dan tips dari Mba Diah. Bbrp hari yl aku nyebut mbak masterchef itu sungguh2 lho....;-) Ach Mba Diah positif thinking aja Mba...
    Thx buat bantuan dan waktunya utk menjawab pertanyaan2ku...
    Salam,
    Ida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ida..syukurlah jika ada ya Mba..susu bubuknya..:)..Kalau adonan terllau lembek..itu justru kelamaan Mba..ngocoknya..sebentar aja ya..adonan harusnya enak di bentuk..:)

      Hihi...itu curhatan lama kok Mba..udah lupa skrg..:)

      Delete
  33. Oh hahaha... oké deh Mba nanti aku coba lg....;-)
    Thx Mba Diah,
    Ida

    ReplyDelete
  34. Mba Diah, sorry nih nanya terus ....:-(
    Kenapa ya nastarku jadi gepeng setelah di oven? Apakah krn pemanas bawah aku matikan ut 10 mnt pertama dan agak rendah dr 160 º?
    Krn bikinan yg pertama agak gosong jd aku sesuaikan pemanasnya...sambil mengenal ovenku sendiri...
    Thx mba,
    Ida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ida..itu melebar berarti adonannya Mba..ngocok margarin dan gula kelamaan..:)..Coba di baca2 tips membuat kue kering yang udah aku tulis di sini Mba..siapa tahu bergua..dan tau langkah apa2 saja yang benar dan salah dlm pembuatan kue kering..: http://www.diahdidi.com/2013/06/trik-dan-kunci-sukses-membuat-kue-kering.html

      Delete
  35. Salam kenal Mba Diah Didi , maaf mau tanya punya resep kaastengel tidak mba, terima kasih banyak

    ReplyDelete
  36. mba diah..1 resep ini jadinya seberapa? 1 toples kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakk betull mba..1 toples 1/2 kg gram :)

      Delete
  37. Mantaps resepnya Mba,, terima kasih.
    Silahkan mampir mba.. ^_^

    http://berbagai-resep.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. mb.Diah, untuk Nastar jika pakai Orchid Butter itu yang unsalt (tidak asin atau yang asin ya)..takarannya berapa, dan apakah tetap dicampur mentega dan margarin? mohon pencerahannya mb...supaya saya buat Nastar lebaran ini berhasil dan enak, karena akan buat hantaran lebaran ke Ibu Mertua...hehhe, terima kasih

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang unsalted itu tanpa garam mba...bisa di campur blueband yang udah asin..separo2 ya..:)

      Delete
  39. akhir2 ini jadi seneng masak, setelah kenal blognya mbak Di. sudah banyak yg dicoba dan keluarga pada suka. lebaran kali ini juga mau coba bikin kuker sendiri dari resepnya mbak, makasih ya.....*bunda atha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..seneng bisa sedikit menginspirasi ya Mba..resep2 di sini :) Yukk semangat ya..:)

      Delete
  40. mba diah salam kenal ya,sy ika,sy senang bgt baca2 blog nyamba,.
    karena bentar lg mau lebaran sy mau nyoba resep nastasnya mba,
    kl di resep mba kan kocok gula dan margarinnya 30-60 detik,.kemudian baru dimasukkan kuning telur,.yg ingin sy tnykan berapa lama kira2 waktu yang dperlukan utk mengocok kuning telur ini?buat patokan aja mba
    trims ya mba,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba..salam kenal juga..:) Sebentar aja mba..sampai rata...:)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...