Saturday, July 6, 2013

Aneka Bumbu Penyedap Olahan Dari Berbagai Daerah di Indonesia

Indonesia ..sangat kaya akan aneka bumbu masakan yang di olah dengan bahan2 lokal yang banyak terdapat di masing2 daerah. Bumbu2 tersebut berfungsi melezatkan masakan sebagai bumbu penyedap alami. Dari yang pernah ku baca dan ku liat di liputan televisi tentang bumbu2 ini..ada beberapa bahkan aku belum pernah mencicipinya..nah mungkin di daerah teman2 merupakan penghasil salah satu bumbu2 ini...yukk ceritain gimana rasanya..biar teman2 yang lain tahu  ya..^^

Oke..kita simak sama2 yukk..beberapa bumbu2 olahan untuk tambahan masakan sehari2 masyarakat Indonseia, antara lain :

Petis
Kalau petis mah udah sering ya makan..di Semarang juga  penggunaan petis dalam masakan sehari2 udah sering. Seperti dalam pembuatan tahu petis..yang banyak di jual di pinggir jalan..atau tahu gimbal Semarang..juga pakai petis di bumbunya. Tapi yang paling banyak menggunakan petis dalam aneka masakannya adalah daerah Jawa Timur ya teman2..hampir semua masakan yang terkenal dari Jawa Timur memakai petis sebagai bumbu utamanya.

Petis merupakan hasil fermentasi dari hasil laut seperti ikan dan udang yang di tambah gula dan garam. bentuknya kental seperti pasta, warnanya ada yang coklat kehitaman..ada juga yang hitam. Biasa di kemas dalam plastik kecil. Petis udang di buat dari fermentasi udang atau rebon, warnanya coklat tua, sedangkan petis ikan di buat dari ikan dan warnanya kehitaman. Nah..yang petis ikan ini aku yang jarang ketemu ya..banyakan petis udang kalau di Semarang.

Tauco
Tauco adalah hasil fermentasi kacang kedelai yang mempunyai aroma tajam dan berwarna kecoklatan. Banyak di pakai untuk hidangan ala Cina atau masakan Pekalongan..juga banyak yang menggunakan tauco ini..seperti soto Pekalongan..yang bumbu utamanya tauco ini.Bentuknya masih berupa butiran kasar kedelai yang berkuah kental, rasanya asin..walau sekarang banyak juga tauco manis di pasaran ya..Kurangi garam di masakan kita ya teman2..jika memakai tauco.karena rasanya yang tajam dan asin..^^

Tausi
Tausi adalah hasil fermentasi kacang kedelai seperti tauco, bedanya kalau tausi ini berwarna hitam..karena terbuat dari  kedelai hitam. Aromanya tidak lebih tajam daripada tauco..sering di pakai untuk hidangan Chinese food yang di kukus..seperti tim ikan..dll.

Rusip
Sering denger atau baca di resep2 masakan...^^ Rusip adalah ikan teri atau ikan laut lain yang di awetkan dalam garam. Ikan teri menjadi hancur dengan warna kuah kecoklatan. Bumbu ini di kemas adalam botol, rasanya asin dan bearoma gurih ikan. Banyak  di pakai di dapur Bangka..untuk campuran tumisan..dll..aku..belum pernah makan..kalau rusip ini...jadi belum tau rasanya..hihi..mungkin teman2 adayang udah pernah..silahkan..cerita2 di sini ya..biar tahu rasanya teman2 lain..^^

Tohe
Bumbu olahan ini banyak terdapat di daerah Rembang dan daerah pesisir Jawa yang memproduksi terasi. Warna, aroma dan rasanya mirip terasi. Beruba bubur kental , berwarna keunguan dan beraroma ikan / udang yang tajam . Tohe ini adalah semacam terasi yang belum sempurna prosesnya ..kira2 begitu..Rasanya gurih dan asin, sering di olah jadi sambal goreng tohe...dll.

Bekasang
Bekasang adalah bumbu hasil olahan dari ikan yang biasanya berbentuk  cair yang di ambil dari sari atau isi perut ikan. Berwarna ungu muda kecoklatan dengan aroma yang kuat , mirip terasi ikan. Banyak di pakai di dapur Menado..sebagai bumbu masakan Menado..seperti Gohu atau sambal. Dalam bentuk asli..belum pernah makan juga bumbu ini..^^

Kecalok
Adalah bumbu olahan dari udang kecil yang di bubuhi garam dan di awetkan hingga hancur, bentuknya seperti bubur, rasanya asin dengan aroma khas udang. Bumbu ini banyak di pakai di dapur Bangka..aku..belum  pernah coba juga..teman2 ..?

Terasi
Nah..kalau bumbu ini..favoritku..selalu ada di kulkasku buat stock..^^. Aroma terasi tajam..apalagi yang bener2 asli terasi hand made masyarakat pesisir gitu..rasanya sangat enak  buat penyedap aneka masakan atau untuk sambal. Kalau terasi ini..kayaknya setiap daerah di Indonesia sering pakai ya sebagai bumbu penyedap masakan.Terasi..sebelum di pakai untuk sambal dll..sebaiknya di bakar..di goreng atau di kukus dahulu..supaya matang dan aromanya keluar.

Nah..itu beberapa contoh produk bumbu olahan dari berbagai daerah di Indonesia..cuma maaf ya...kagak ada fotonya..lha aku cuma punyanya terasi aja di rumah..hihi..teman2 kan udah tau semua bentuk terasi pasti..nanti kalau aku nemu di supermarket tak fotoin dech. Ada kah yang lain yang biasa teman2 gunakan..misal dari daerah mana..gitu..silahkan komentar di sini ya..biar teman2 lain juga tahu..oke, selamat memasak teman2..masakan Indonesia..memang kaya rasa..nggak kalah kok bumbu2 fermentasinya..sama bumbu2 fermentasi ala Korea yang terkenal seperti saus pedas *gochujang*nya..cuma nggak sampai terkenal banget kayak saus itu ya..kalau bumbu2 Indonesia..hiks..hiks..sayang banget ya..padahal rasanya ya tak kalah enak lho..hemm..jadi makin cinta dech..sama masakan Indonesia..*lebay..bilang aja lidah lokal..ya teman2..apa2 musti pakai terasi..baru mantap rasanya....hihi*


2 comments :

  1. Ada lagi mbak penyedap olahan favorit berbagai daerah di Indonesia, micin. Ahahaha. Mbak apa ada resep sambal bawang putih? Tadi habis makan lalapan ayam sambal bawang putih, sedaaapnyaa, luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya ya Mba..di resto2 aja juga pakai ya..:D..penyedap instan..klu aku lebih suka kaldu bubuk..drpd micin..sedikit aja udah kasih rasa enak dan nggak neg..klu kaldu..:)

      Sambal bawang putih mentah ya Mba?..Biasanya cuma cabe rawit merah..dan bawang putih, garam dan sedikit gula Mba..di ulek..udah..:)

      Delete