Saturday, July 13, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari Ke 5 ( Pindang Bandeng Betawi )


Sudah punya menu buka puasa untuk hari ini teman2..?..Jika belum..mungkin mau coba pindang bandeng khas Betawi ini. Yappp....masih sejenis pindang2 segar yang lain..pindang Betawi ini bumbunya juga di bakar dulu. Dulu aku pernah buat yag bumbu2nya di cemplungin utuh aja..setelah di bakar..nah kemaren aku coba versi yang di ulek bumbu2nya..ternyata..lebih enak dan terasa bumbu2nya. Pindang bandeng ini juga enak buat saur..masaknya bisa sore..karena akan semakin meresap bumbu2nya. Mungkin ada yang berpikir amis..gitu ya bandeng di masak kuah..tidak sama sekali teman2..asal bandengnya pilih yang benar2 segar ya..dengan bumbu rempah yang banyak dan kuat..nggak akan amis..yang ada cuma rasa enak..dan segar..lebih enak dari Sop Tom Yam ala Thailand yang terkenal itu lho..hihi. Ya iyalah..ini kan bumbu2 Indonesia..lebih komplet..asam..sedikit manis..dan segar banget.

Selamat mencoba jika suka ya..^^
Pindang Bandeng Betawi
2 ekor ikan bandeng, masing2 potong jadi 3
6 sdm kecap manis
2 sdm gula jawa
1/2 sdm garam
15 btr cabe rawit
3 lbr daun salam
2 potong lengkuas
2 lbr sereh
1250 cc air
3 buah tomat merah di potong2

Bumbu Bakar:
10 bawang merah
6 bawang putih
6 cabe merah besar
6 buah cabe hijau besar
2 ruas kunyit
2 ruas jahe
4 mata asam jawa

Cara Memasak :
Bumbu bakar: tusuki bumbu di tusuk sate, termasuk asam jawa yang sudah dikepal padat.
Bakar hingga matang. Jika mau mudah dan cepat..sangrai saja hingga agak2 ada  aroma bakarannya gitu. Haluskan semua bumbu bakar.
Didihkan air, masukkan bumbu halus.
Masukkan cabe rawit, kecap, garam, gula, salam, lengkuas dan sereh.
Setelah mendidih, masukkan bandeng, tomat .
Masak hingga meresap dengan api kecil selama 1/2 - 1 jam ( Nggak bakal hancur kok bandengnya..asal apinya kecil ya..^^ )


6 comments :

  1. Kalo pake ikan patin enak ga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja Mba..kayaknya enak juga ya..secara ikan patin kan sering di masak pindang asam juga kan..cuma aku belum pernah Mba..kalau aslinya dari Betawi..pakainya Bandeng..atau mau kayak di Jepara..pakai ikan Tenggiri atau ikan kakap Mba..jadinya Pindang Serani Jepara..bumbu2 nya hampir sama..^^

      Delete
    2. hihihi kmaren pagi kebetulan beli patin, rencana mo di masak sop patin, eee buka blog mbak diah langsung liyat gambar bandengnya bikin ngencess
      akhirnya dicoba deehh. tapi dimasak sebentar truss aku tim/kukus biar lebih tanek :D

      dan enak jugaa kok :D

      trimakasih mbak diaah :*

      Delete
    3. Wah..sipp Mba..makasih ya infonya..dan uji cobanya pakai patin..wah..bis juga ntar kapan2 aku coba..soalnya suka menghindar juga dari ikan patin..hihi...kalau ke pasar...kalau di pindang gini..suamiku pasti suka nanti..^^

      Delete
  2. Mba, bandeng ini bukan nya banyak duri2 nya ya? Kalau ga di presto, apa nanti makan nya ga ribet mba?

    Evelyne

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Evelyne..repot dikit nggak pa2..hihi..kalau mau di presto aja Mba..tapi lebih sedep kalau seger sich..kan keluar kaldunya di kuah..:)

      Delete