Google Ad

Friday, July 27, 2012

Soto Madura


Masih..dengan menu2 yang seger di bulan puasa ya..yukk..simak resep Soto Madura ini..mantab dech..daging plus jerohan di campur dalam  satu kuah soto..jadi ada sensasi aroma kaldu tersendiri yang beda dari soto daging biasa..itulah uniknya soto Madura..buatnya juga gampang..simple..nggak banyak pelengkap kayak soto2 lain..udah..cuma kuah isi daging dan jeroan saja. Di makannya pakai nasi putih yang agak pero gitu, yummy.....plus telur rebus juga boleh..dan kerupuk emping kalau saya..juga tidak lupa tempe garit kering..hahaha..sama aja banyak ya tambahan dari saya..tapi aslinya enggak kok..ya cuma kuah sama daging dan jeroan aja..^^..selamat mencoba..^^

Soto Madura 
Bahan2 :
300 gram daging sapi potong 3x3 cm
3.500 ml air
150 gram babat cuci bersih
150 gram usus sapi rebus
150 gram paru sapi rebus
4 lembar daun jeruk buang tulangnya
3 cm lengkuas memarkan
3 batang serai ambil putihnya
4 sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
2 sendok teh ketumbar
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit bakar
4 butir kemiri sangrai
1 sendok teh merica

Bahan Pelengkap:
3 batang daun bawang iris halus
3 tangkai seledri iris halus
3 sendok makan bawang goreng
3 buah jeruk nipis

Bahan Sambal (haluskan):
10 buah cabai rawit merah rebus
2 buah cabai merah keriting rebus
1/4 sendok teh garam
2 butir kemiri goreng

Cara Pengolahan :

Rebus daging dengan air sampai mendidih. Angkat dan saring air kaldunya. Didihkan lagi.
Masukkan daging, babat, usus, dan paru. Masak sampai mendidih.
Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas, dan serai sampai harum. Tuang ke rebusan daging. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak sampai matang.
Sajikan dengan pelengkap dan sambalnya.
5

Wednesday, July 25, 2012

Sup Tekwan

Sup khas Palembang ini juga seger lho buat menu buka puasa..sajikan dengan sambal kecap..mantab...^^

Bahan Tekwan: ( Jika males bikin bakso..bisa pakai bakso ikan beli jadi..banyak di pasar atau supermarket..aku malah pakai rollade ayam td..lg gak ada stock bakso ikan..)
250 gram daging tenggiri, haluskan
1 putih telur
1 1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
25 gram tepung sagu
1 sendok makan air es

Bahan Kuah:
200 gram udang kupas, sisakan ekornya, kerat punggungnya
2.250 ml air kaldu udang
5 siung bawang putih, cincang halus
10 gram jamur kuping, rendam, potong-potong
10 gram sedap malam, rendam, ikat
150 gram bengkuang, iris korek api
1 batang daun bawang, iris halus
2 sendok makan garam
1/2 sendok teh merica bubuk
4 sendok teh gula pasir
50 gram soun, rendam air, potong-potong
2 sendok teh cuka
2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bahan Taburan:
3 sendok makan bawang putih goreng
2 tangkai seledri, iris halus

Cara membuat:

Tekwan, aduk rata bahan tekwan. Bentuk bola dengan sendok teh. Rebus dalam air mendidih sampai terapung. Angkat dan tiriskan.
Kuah, tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan udang. Aduk sampai berubah warna. Tuang air kaldu udang. Masak sampai mendidih.
Masukkan jamur kuping, sedap malam, bengkuang, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang, soun, dan cuka. Aduk rata.




0

Asem Asem Iga


Menu yang seger2 lagi buat buka puasa..cekidot..seger banget ..dan sehat..^^

Bahan
• 500 gram Iga Sapi
• 2 liter air
• 3 sdm minyak untuk menumis
• 10 butir bawang merah, iris tipis
• 4 siung bawang puti, iris tipis
• 3 buah cabai merah besar, potong-potong
• 3 buah cabai hijau besar, potong-potong
• 15 buah belimbing wuluh
• 2 lembar daun salam
• 2 cm lengkuas, memarkan
• 4 buah tomat hijau, potong-potong
• 150 gram buncis, potong-potong
• 1 buah wortel potong dadu
• 4 sdm kecap manis
• 1 1/2 sdt garam / sesuai selera
• 25 gram gula merah, sisir halus
• Jika masih kurang asam,tambahkan air asam Jawa secukupnya.
Cara Membuat
1. Rebus igadi dalam 2 liter air, di atas api sedang, sampai daging empuk. Angkat , kemudian potong-potong. Masukkan kembali daging ke dalam kaldu mendidih, sisihkan.
2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, daun salam, lengkuas, dan tomat hijau sampai harum dan matang. Angkat, lalu masukkan ke dalam rebusan daging.
3. masukkan buncis, kecap manis, garam, gula merah, dan air asam jawa. Masak sampai semua bahan matang. Angkat, sajikan.
1

Saturday, July 21, 2012

Lumpia Basah Isi Sayuran


Masih..dengan menu yang sehat2 untuk buka puasa. Ini snack yang enak..gurih..tapi sehat..karena tidak perlu di goreng. Suami juga suka banget ternyata..jadi bakalan sering bikin dech..Resep kulit dari Mba Hesti ini pass..sesuai seleraku dan mengingatkan..pada lumpia basah jadul..jajan pasar   jaman dulu..^^..isinya aku rekayasa sendiri..karena aku lebih suka isi sayuran..

Lumpia Basah

Bahan Kulit:
100 gram tepung terigu
50 gram tepung beras
1 butir telur
350 ml air
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan margarin / minyak dilelehkan

Bahan Isi:
2 siung bawang putih, diiris tipis
3 butir bawang merah, diiris tipis
2 butir telur, dikocok lepas
100 gram wortel, diiris panjang
300 gram taoge
2 sendok teh kecap asin
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
100 ml air
1 batang daun bawang, diiris halus
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Isi, panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan.
  2. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir. Tambahkan wortel dan taoge. Aduk sampai layu.
  3. Masukkan air, kecap asin, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  4. Kulit.  aduk rata bahan kulit. Buat dadar tipis-tipis di wajan dadar.
  5. Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat. Gulung.

0

Sup Tom Yam


Sup khas..Thailand ini..salah satu favorit suami ku..suak minta di buatkan sendiri di rumah..karena..kalau makan di restoran..sup ini terlalu pedas untuknya..hihi..jadi kalau bikin sdr kan pakai cabenya dikit aja..tapi untukku aku tidak terlalu suka sama sup ini..walaupun dari jaman dulu di Yogya udah sering makan..tapi gak tau kenapa ya..gak sesuai aja sama seleraku..kalau boleh milih..aku lebih suka sup buntut atau pindang bandeng aja dech..hihi. Iya lho..kayak pindang bandeng tuch..sebenernya juga tak kalah enak dan seger dari sup tom yam ini lho..tapi kok nggal bisa mendunia kayak sup ini ya..^^. Alah kok jadi bahas gak penting gitu ya..hihi. Tapi buat yang suka..sup ini seger kok..dan sehat tentunya..resep yang ini ku coba dari Chef Budi Soetomo, katanya sich..resep ini asli otentik...di dapat dari Chef di salah satu restoran di Thailand sana..^^..met coba ya..

Kaldu :
1800 kaldu udang/ayam/air
3 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
3 lembar daun jeruk
4 sdm kecap ikan/nampla sauce
1 cm lengkuas, memarkan
2 sdt sdm minyak cabai
1/2 sdt garam halus
3 buah cabai rawit merah, haluskan/namprik
1 siung bawang putih, memarkan


Bahan Isi:

300 gr udang ukuran besar, buang kepala dan bersihkan
100 gr jamur merang
8 buah cabai rawit, biarkan utuh
1 batang serai, ambil yang berwarna putih. potong-potong
5 lembar daun ketumbar, iris halus
2 lembar daun jeruk, iris halus
5 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat :
1. Didihkan kaldu.air. Masukkan serai, jahe, lengkuas, bawang putih dan bumbu kaldu lainnya. Rebus hingga mendidih. angkat, saring. 2. Panaskan kembali kaldu, masukan udang, jamur, cabai dan daging serai. Didihkan kembali. Sesaat sebelum di angkat, tuang air jeruk nipis dan daun ketumbar. angkat. sajikkan panas.


5

Pindang Bandeng


Puasa tahun ini..mencoba untuk tidak berlebihan dalam meyediakan menu2 untuk keluarga..bukan apa2 sich......tapi rasanya kok tiap tahun puasa, berat badan bukannya berkurang..tapi malah nambah..hihi. Jadi...sekarang mulai mau memperbaiki menu ahh..enggak terlalu banyak yang berlemak2 dan banyak jajanan manis2..sekarang mau sering2 masak masakan yang sehat aja....tapi tetep enak pastinya..^^...kayak pindang bandeng ini..seger banget lho..rasanya enak..gurih sedikit manis..seger pedas..plus aroma khas dari bumbu2 yang di bakar dulu..wah..suamiku suka banget..sampai nambah dua kali tadi makannya. Resep terinspirasi  dari Mba Elkaje ini bener2 enak dech..sudah ku utak atik sesuai seleraku..dulu sering coba berbagai resep pindang bandeng..ini yang terenak dech..^^

Bahan-bahan: 
2 ekor ikan bandeng, masing2 potong jadi 3
6 sdm kecap manis
2 sdm gula jawa
1/2 sdm garam
15 btr cabe rawit
3 lbr daun salam
2 potong lengkuas
2 lbr sereh
1250 cc air
3 buah tomat merah di potong2
Belimbing wuluh 6 buah ,potong2

Bumbu Bakar:
10 bawang merah
6 bawang putih
6 cabe merah besar
6 buah cabe hijau besar
2 ruas kunyit
2 ruas jahe
4 mata asam jawa

Petunjuk
Cara:
Bumbu bakar: tusuki bumbu di tusuk sate, termasuk asam jawa yang sudah dikepal padat.
Bakar hingga matang.
Didihkan air, masukkan bumbu bakar yang telah di lepas dari tusuk sate
Masukkan cabe rawit, kecap, garam, gula, salam, lengkuas dan sereh.
Setelah mendidih, masukkan bandeng, tomat dan belimbing wuluh
Pindahkan ke slowcooker, masak dengan mode low selama 5-6 jam


7

Manisan Kolang Kaling


Masih...menu buat   buka puasa nich...manisan kolang kaling...enak..seger...apalagi stelah di simpan di kulkas.... tapi rada sedikit manis..nggak pa2..memang puasa harus berbuka dengan yang manis2 ya..jika tidak suka terlalu manis..kurangi saja jumlah gulanya..met coba...dan semoga puasanya lancar sampai penuh sebulan ya..^^


Bahan-bahan :
500 gram kolang-kaling
1.000 ml air cucian beras
750 ml air
250 gram gula pasir
3 lembar daun pandan
8 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh pewarna sesuai selera 

Cara Pengolahan :
  1. cuci bersih kolang kaling. Rendam kolang-kaling dengan air cucian beras selama 30 menit. Cuci bersih.
  2. Rebus air, gula pasir, daun pandan, daun jeruk, garam, dan pewarna sampai mendidih.
  3. Masukkan kolang-kaling. Didihkan sebentar. Saring.
  4. Rebus kembali kuah sampai mendidih. Angkat.
  5. Masukkan kembali kolang-kaling. Dinginkan semalaman.
7

Thursday, July 19, 2012

Ca Tahu Sutra Brokoli Saus Tiram


Bentar lagi puasa nich..pasti udah pada sibuk nyiapin menu2 untuk berbuka dan saur ya..mau share aja..menu praktis yang sehat nich buat saur..sehat..karena dalam satu piring nich..udah komplet..ada protein..ada sayurannya..jadi gak perlu repot2 masak banyak masakan..cocok juga buat yang males masak ribet2..mau coba..yukk simak resepnya :

Bahan :
1 kuntum besar brokoli, potong2..lalu di masukin sebentar ke air mendidih yang di beri sdkt garam
Tahu sutra, 1 bungkus, potong tipis, lalu goreng
Jamur kuping 50 gram, rebus ebentar jika jamurnya kering.
Kacang mede 50 gram

Bumbu :
Bawang putih 2 siung, geprek
Bawang bombay 1 siung, iris tipis
Saus tiram 1 bungkus sachet kecil ( saori )
Merica, garam dan gula pasir sedikit,sesuai selera

Cara Membuat :

Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, lalu masukkan sedikit air ( 100 ml )..masukkan semu abahan lain dan masak sebentar hingga meresap. Sajikan hangat.


1

Rawon...Inap..lezat.....



Judul nya aneh ya..rawon inap..cuma mau menjelaskan..kalau masak rawon..jangan langsung di nikmati..paling enak..di inapkan dulu semalaman, tapi harus sering di panasin ya..misal masak nya siang..sore dan malam di panasin dulu..trus di inapkan dech semalaman..nggak usah masuk kulkas..di jamin..rasa rawonnya lebih lezat..bau kluwaknya tidak menyengat ..tapi harum..gurih dan nikmat. Cobain yukss...

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
350 gram daging tetelan
1.300 ml air
4 lembar daun jeruk buang tulangnya
1 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 batang daun bawang potong 1 cm
1 1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah keluak seduh
1 cm kunyit bakar
3 butir kemiri sangrai

Bahan Pelengkap:
sambal terasi
kerupuk udang
taoge
telur asin


Cara Pengolahan :
  1. Rebus daging tetelan dan air sampai matang. Saring dan ukur 1.000 ml air kaldunya. Didihkan lagi.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Tuang ke rebusan daging. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang.
  3. Sajikan rawon dengan pelengkapnya.

0

Wednesday, July 18, 2012

Putu Ayu Ketan Hitam


Putu ayu Ketan hitam...yummy. Mau putu ayu yang beda dari biasanya...cobalah putu ini..rasanya bener2 unik..sensasi dan aroma ketan hitam yang khas..legit membelai lidah..^^..Resep masih sama kayak yang dulu..cuma komposisi tepung ketan hitamnya ku banyakin..jadi lebih hitam manis warnanya..hihi..

Putu Ayu Ketan Hitam

Bahan :
150 g kelapa parut kasar
1/4 sdt garam
3 butir telur ayam
1/4 sdt garam
100 g gula pasir
1 sdt SP ( emulsifier )
100 g terigu protein sedang
50 g tepung ketan hitam
100 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat :
Olesi cetakan putu ayu dengan minyak tipis-tipis.
Aduk rata kelapa parut dan garam,pipihkan di dasar cetakan putu ayu.
Kocok telur,garam,gula pasir,dan SP sampai mengembang.
Tambahkan tepung terigu dan tepung ketan hitam sedikit demi sedikit secara bergantian dengan santan, sambil aduk rata.
Tuang di cetakan yg sudah dilapisi kelapa parut.
6

Tuesday, July 17, 2012

Oseng Teri Cabai Hijau


Masakan sehari2 lagi nich..lumayan murah meriah, ala aku ..tapi suer...enak ini buat menemani nasi hangat yang masih mengepul..di jamin nambah 2 piring..klu gak ingat diet kayak Saya..hehehe...yukk marie..ambil nasi..dan selamat menikmati..

Bahan:

100 - 200 gram teri jengki ( teri yang gendut2 dan agak basah )
Cabai hijau suka2..sesuai selera ya..pathokan Saya kalau beli di tukang sayur sich..segenggam kemaren..beli seribu gitu..di masak aja semua..^^
Bawang merah 5- 6 butir
Bawang putih 3 siung yang besar2 ya..biar mantap
Garam sedikit aja ..1/4 sendok aja cukup..atau ganti kaldu bubuk rasa ayam, soalnya kan terinya udah 
lumayan asin
gula merah 1 sendok teh
Kecap sedikit ..kalau suka ( 1/2 sendok makan )
Tomat hijau 3-4 buah, potong2 tipis
terasi 1/2 sendok teh

Cara Membuat:

Goreng teri hingga setengah kering, tapi udah mateng  ( kalau aku sukanya begitu..kalau mau kering ya gak pa2 )
Iris tipis bawang merah dan bawang putih, potong serong cabai hijau. tumis hingga harum bareng sama terasi , masukkan tomat, dan beri sedikit air ( kira2 50 ml aja ),tambahkan bumbu2 lain. masukkan teri. Aduk  rata dan oseng sebentar..cicipi..jika udah makk yus..ya sudah ..angkat..segera ambil piring..nasi putih..lalu makan dech selagi hangat..^^



1

Sup Pangsit Ayam Tahu


Sup ini seger buat sajian sehari2..dan yang pasti sehat..banyak sayuran..kandungan proteinnya juga lengkap..tinggal di makan hangat2 tanpa nasi plus irisan cabe rawit dan sedikit kecap..muantabb....One side dish ...yang sehat dech pokoknya buat orang yang lagi pengen sok sokan diet kayak daku..hihi..Met coba teman2...
Bahan-bahan :
15 -20 lembar kulit pangsit bentuk kotak

Bahan Isi:
100 gram ayam giling
100 gram tahu putih, dihaluskan
1 butir telur
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok makan tepung sagu
1 batang daun bawang, diiris halus

Bahan Kuah:
6 siung bawang putih goreng, dihaluskan
3.000 ml kaldu ayam dari tulang ayam
100 gram soun, direndam
2 buah wortel, dipotong-potong
10 tangkai caisim
Jamur kancing secukupnya…( gak pake gak pa2 )
1 sendok makan kecap ikan
4 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh pala bubuk
1 batang daun bawang, diiris

Bahan Pelengkap:
2 sendok makan bawang goreng
Cara Pengolahan :
  1. Isi: aduk rata ayam giling, tahu, telur, garam, dan merica bubuk. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  2. Ambil selembar kulit pangsit. Beri isi. Lipat segitiga tidak saling ketemu. Tekuk sisi kanan kirinya saling ketemu. Sisihkan.
  3. Kuah: rebus bawang putih dengan kaldu ayam sampai mendidih. Masukkan wortel. Masak sampai setengah matang. Tambahkan pangsit. Masak sampai matang.
  4. Masukkan soun, caisim, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan pala bubuk. Aduk rata. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Masak sampai matang.
  5. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

1

Monday, July 16, 2012

Brownies Kukus Lapis Monde Milk Marie

Ini resep kreasi marie ku yang lain..yang jadi resep pilihan di web Kreasi Marie juga..senengnya..^^

 

 

Brownies kukus ini berbeda dengan brownies kukus biasa yang lembut dan bertekture sponge cake. Brownies kukus ini kreasi ku ini sengaja ku buat lebih bertekture fudgy brownies..seperti brownies panggang yang tekturenya padat, dengan penggunaan coklat blok yang banyak, untuk mengimbangi  lapisan Monde Milk Marie cukup banyak, agar rasanya bisa legit.....dan hasilnya cantik.., jadi bisa seimbang antara rasa brownies dan biskuit marienya..enak dech...Yodha  suka sekali kue ini.

Bahan :
Monde Milk Marie 2 bungkus
Coklat masak pekat 300 gram
Gula pasir 100 gram
Coklat bubuk 40 gram
Tepung terigu 150 gram
Telur 4 butir
Vanili 1 bungkus kecil
Garam 1/2 sendok teh
Minyak goreng 150 ml
Cara Membuat :
Ayak tepung terigu dan coklat bubuk ,sisihkan.
Cairkan coklat masak pekat dengan cara di tim, campur dengan minyak goreng, aduk rata.
Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental, masukan garam dan vanili, lalu kocok kembali hingga rata. Setelah itu, masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk,aduk perlahan hingga rata, terakhir,masukkan camuran coklat cair dan minyak, aduk rata.( Adonan akan kental sekali ). Siapkan loyang kotak ukuran sedang, olesi dengan margarin dan kertas minyak bagian dasarnya, lalu tuang sedikit adonan hingga rata di dasar loyang, susun Monde Milk Marie secara acak , lalu tuang lagi adonan brownies, susun kembali Monde Milk Marie di atasnya, begitu seterusnya sampai adonan habis (kira2 4 lapis). Kukus dengan ai sedang 30 menit hingga matang. Dinginkan. Oles bagian atas dengan coklat masak pekat cair, lalu taburi dengan meises warna putih. Potong2..sajikan.
* Di makan dengan es krim..rasanya makin ..legit dan yummy..^^
0

Monde Milk Marie Cake Kurma


Yuhuu..resep ini adalah resepku yang menang di lomba Kreasi Marie..juara 1 nya lho..^^..lumayan lah..bisa menambah pede buat ngutak ngatik resep dan berkreasi. Sebenernya dari awal periode lomba udah ikutan bekreasi di kreasi marie..cuma pas periode 1 cuma dapet juara hiburan..padahal resepku lumayan ok2.....hihi..*kepedean *..Cuma periode terakhir ini kayaknya penjuriannya lebih fair, bukan hanya berdasar jumlah like kayak periode2 sebelum2 nya..jadi lebih puas dech bisa menang..buktinya..ada tuch yang cuma kirim 1 resep dan tanpa  like2 sama sekali bisa juara 2 atau 3..di periode kali ini....alhamdulillah..karyaku bener2 di hargai sekarang. Cake kurma ini pakai campuran biskuit marie yang di haluskan..tapi rasanya enak  lho..bisa nge blend gitu biskuit marienya buat   pengganti terigu sebagian dan rasanya pas..di padu kurma ternyata. Mau coba..ini dia resepnya..^^

Monde Milk Marie Cake Kurma

  Bahan :
  • 1 bungkus Monde Milk Marie, blender sampai halus
  • 150 gram mentega
  • 75 gram gula halus
  • Telur 4 butir ( sisihkan / buang 2 putih telurnya ,supaya hasil cake tidak kering )
  • 25 gram gula palm ( haluskan dengan blender)
  • Tepung terigu 50 gram
  • Susu bubuk 2 sendok makan
  • Backing powder 1 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam halus 1/2 sendok teh
  • Kurma 100 gram, potong2 kecil, lalu taburi sedkit terigu, aduk rata.
Cara Membuat :
  1. Ayak Monde Milk Marie halus, tepung terigu , susu bubuk dan backing powder. Sisihkan.
  2. Kocok mentega, gula halus dan gula palm, serta garam hingga putih. Masukan vanili, kocok lagi hingga rata. Lalu masukkan telur satu persatu sambil di kocok rata hingga mengembang dan halus, kurang lebih 5 menit.
  3. Masukkan campuran Monde Milk Marie halus dan terigu, backing powder serta susu bubuk, aduk perlahan dengan spatula sampai rata, lalu masukan kurma, aduk rata.
  4. Tuang di loyang loaf kecil, lalu panggang kurang lebih 50 menit dengan suhu 180 derajat. Dinginkan. Potong2. Sajikan.

1

Resep Nasi Gandul Khas Pati...


Nasi Gandul adalah masakan khas dari Pati..seperti nasi kuah gulai yang agak manis gurih...yang di sajikan di piring yang di alas daun pisang, jadi konon itu sebabnya di sebut nasi gandul..hihi..lucu ya namanya. Tapi sajian nasi khas ini enak lho..perpaduan gurih dan sedikit manis yang pas..enak  di santap hangat2 dengan sedikit sambal pedas. Jika kita makan nasi gandul di warung khusus nasi gandul..biasanya kita bisa memilih aneka lauk pendampingnya..bisa babat, iso, daging , telur pindang..dan penjualnya akan memotong2 lauk tersebut denga gunting,  juga tidak boleh ketinggalan tempe goreng garing tipis2 gitu..yang rasanya sangat renyah..yummy dech pokoknya. Kemaren aku bikin sendiri nasi gandul..enak..seger..nggak kalah sama kalau beli di warung2 nasi gandul yang asli Pati.. Mau coba sendiri di rumah..ini dia resepnya..^^

Bahan-bahan :
500 gram daging sapi, dipotong-potong ( aku suka yang tetelan dan sandur lamur atau daging dekat tulang muda sapi gitu..jadi bisa lebih gurih rasanya dan cepet empuknya)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
5 sendok makan kecap manis
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah
1.700 ml santan dari 1 butir kelapa ( aku suka santan encer saja..lebih seger )
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh jintan
1/2 sendok teh ketumbar ( sangrai dulu ..lebih enak..)
1/2 sendok teh merica
1/4 sendok teh pala
3 butir kemiri  ( sangrai dulu lebih enak )
2 cm kencur
Kluwak 2 buah
Biar ada rasa sedikit cabe, ku tambah juga 1 sendok teh cabe bubuk.
Pelengkap : Iso , babat, atau paru bacem, telur pindang dan tempe goreng garing , serta sambal cabe rawit.


Cara Pengolahan :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai sampai harum. Tambahkan daging sapi. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan santan, kecap manis, garam, dan gula merah. Masak sampai matang.
  3. Sajikan dengan nasi putih hangat.

5

Saturday, July 14, 2012

Resep Kepiting Lada Hitam



Kepiting..pasti banyak yang suka ya..termasuk aku..hihi...dari dulu penggemar kepiting. Cuma..kalau makan kepiting di restoran yang lumayan enak gitu kok muahalnya minta ampun..pasti ratusan ribu gitu, padahal..masak kepiting sendiri tuch gak susah lho..malah lebih praktis dan cepat daripada masakan daging2 an. Paling gampang tuch di masak saus2 yang udah biasa kita makan di restoran ya..kayak kepiting saus asam manis,saus tiram, saus padang,,,,,,,, dan salah satu favoritku dan suami adalah kepiting saus lada hitam ini..rasanya khas..pedas2 lada hitam..yummy dech pokoknya..mau coba..silahkan:

Bahan :
1 kg kepiting yang masih hidup ya ,bersihkan lalu goreng sebentar di minyak panas dan banyak,  ( belah jadi dua tapi jangan sampai putus..biar bumbu meresap )
1 buah bawang bombay, iris tipis
2 siung bawang putih, geprek
Jahe 2 cm, geprek
Lada hitam 1 sendok makan, ulek kasar
Saus tiram 2 sendok makan
Kecap manis 1 sendok  makan
Gula pasir 1/4 sendok teh
Garam secukupnya
Daun bawang2 batang iris serong

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe dengan margarin hingga harum, masukkan merica hitam, tumis sebentar lagi, lalu masukkan kepiting, beri sedikit air. Masukkan bumbu2 lain. Cicipi sampai rasanya pas..masak sebentar hingga bumbu meresap di kepiting. Sajikan hangat.



Kemaren beli kepiting dua kg, di masak jadi dua macem..lada hitam dan asam manis..kalau yang asam manis..resepnya sama ya..kayak bikin asam manis lain , kayak udang ,cumi atau gurame..cuma tanpa sayuran...resepnya bisa di search di blogku ini..ada kok..^^


1

Tuesday, July 10, 2012

Indahnya view resto Gubug Mang Engking Ungaran



Ungaran..kota kecil di deket Semarang..kini semakin maju saja...kalau lewat situ..selalu bermunculan restoran besar2 baru....kebanyakan adalah resto2 seafood..salah satu favorit kami ya Gubug Mang Engking ini.. Restorannya kalau dari jalan raya sich bangunan megah bisa ya..tapi di belakang viewnya sangat bagus..asri..ngadep Gunung Ungaran persis..jadi enak banget buat refreshing mata..selain buat makan. Ada pilihan beberapa tempat di resto ini bisa di dalam ruangan di depan, bangunan utama..atau dibelakang yang lebih terbuka dengan model restoran bambu2 klasik gitu..dengan view cantik pas pemandangan gunung2..ada yang yang versi saung2 terpisang gitu. Kalau Saya ke sana lebih suka ke bangunan yang kedua yang terbuka..dan viewnya bagus banget karena mengahadap hamparan hijau pegunungan. Kalau yang di saung2..enak juga..cuma letaknya di bawah..jadi gak bisa keliatan view yang menarik. Restoran ini cabang Mang Enking Yogya katanya jadi, menunya hampir sama..andalannya menu udang dan ikan2 an gitu..tapi ada juga kepiting dll. Yang paling terkenal enak udang bakar madunya..kepitingnya juga lumayan enak. Yang mau coba silahkan ke Ungaran ya..ada menu paket2 juga kok jika datang rombongan..jadi bisa lebih murah..^^


2

Yodha udah SD


Wuaaa..lama banget nggak update blog..selain masalah di koneksi internet..juga lagi lumayan sok sibuk..^^..Internetku payah banget...masak pakai IM2..200 ribu baru 2 minggu udah habis quota..jadinya lemot banget..jadi males internetan..karena ya nggak bisa ngapa2 in..kalau lemot..cuma bikin BT...trus juga sibuk persiapan Yodha masuk SD..seru aja......sampe nggak sempat nengok2 blog..^^

Nggak terasa.udah hampir 6 tahun umurnya dan sekarang sudah masuk SD Semesta Bilingual School..........kayaknya serasa baru kemaren aja nimang2 dia dan menghabiskan waktu bersamanya.....tau2 udah SD aja..duch cepat sekali waktu berlalu.....semoga bisa belajar dengan baik ya Nak di sekolah yang baru..dan membuat bangga Papa Mama..yang selalu berusaha kasih ...the best for you..everything.

Tapi rada kesepian juga nich..karena Yodha sekolahnya full day school..gak pa2 dech..buat kebaikan dan kemajuan dia,...semoga cepat bisa punya adik ..^^. Jika belum..ambil hikmahnya..bisa punya banyak waktu untuk nambah ilmu dan berkreasi lagi.


Yodha Wisuda TK



0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel