Google Ad

Wednesday, July 31, 2013

Tahu Aci Tegal



Kalau bandung punya cireng..cimol..cilok dll yang berbahan dasar aci atau tepung tapioka..Tegal Jawa Tengah juga punya makanan khas yang terkenal..yaitu tahu aci. Bahannya cuma tahu saja..dan tapioka yang di beri bumbu. Rasanya..jangan di tanya..enak..hihi..dengan catatan bumbu2nya pas lho ya..jadi terasa bumbu2nya gitu..dan di makannya juga pas masih hangat2 gitu..soalnya ..kalau sudah dingin jadi mengeras acinya..tapi ya emang itulah ke khasan tahu aci Tegal ini..ketika hangat masih mau di gigit..ketika udah dingin..melawan dech..hihi..walaupun tetep enak juga. Jadi jika buat tahu aci..gorenglah sesaat akan di hidangkan..jadi masih hangat2 gitu dicocol sambal kecap dan cabe rawit..hemm...yummy.
20

Resep Lidah Kucing Mudah dan Ekonomis..Satu Resep Bisa Dua Rasa..Coklat dan Keju



Membuat lidah kucing..gampang2 susah ya teman2..kalau hanya memakai putih telur saja. Udah gitu hasilnya tipis banget..ngilang aja gitu di mulut cepat kalau di makan..hihi. Tapi itu lah ciri khas lidah kucing yang memakai putih telur saja. Nah..jika teman2 suka lidah kucing yang masih terasa renyah tapi ada gigitannya dan lebih tebal..cobain dech resep lidah kucing yang pakai kuning telur juga ini. hasilnya lebih tebal..bisa di spuit bermotif..lengkung2..terus lebih renyah dan gurih..karena memakai kuning telur juga...jadi enggak perlu bingung2 kuning telurnya mau di apain jika bikin lidah kucing..langsung aja di pakai keduanya..praktis kan...dan juga ekonomis..satu adonan ..bisa jadi dua rasa lho..rasa keju dan coklat..atau mau di kasih warna warni..jadi lidah kucing rainbow yang lagi nge trend..bisa juga..^^ Selamat mencoba..
28

Semprit Sagu Coklat



Selain di buat sagu keju..sagu juga enak lho..di buat semprit sagu coklat teman2..rasanya lumer di mulut juga dan terasa coklat legit. Kalau nggak ada tepung sagu..bisa di ganti tepung tapioka juga. Jadi dengan bahan2 yang murah meriah..kita bisa juga kok..biki kue kering yang enak...! Selamat mencoba ya..^^

0

Semprit Ketan Hitam



Aku suka banget sama ketan hitam, di buat aneka makanan , jajan pasar, cake atau kue2..suka aja..tekture dan rasanya.Unikk..! Tapi..baru kali ini nyoba resep semprit ketan hitam..rasanya sungguh unik. Ada rasa khas dan aroma ketan hitam...wangi dan gurih. Tapi ini versi semprit yang renyah..bukan ngeprul lho ya..karena memakai 1 butir telur utuh. Selamat mencoba jika suka ketan hitam ya..^^
4

Tuesday, July 30, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Sahur Hari ke 23..Babat Gongso..Versi Praktis ( Semarang )


Karena harus bikin kue kering lumayan banyak minggu ini..jadi masak buat buka atau sahur yang praktis2 saja. Tapi tetep lanjut berkelana lewat masakan ke berbagai daerah di Indonesia..hihi. Tapi maaf nich..dari kemaren kok masih nguplek aja di Jawa terus menunya ya teman2..hihi. Beberapa kali sich coba masakan dari daerah2 luar Jawa..cuma kok belum cucok di lidah rasanya..jadi enggak ku posting..*dasar lidah Jawa..hihi..*
2

Cookies Potong Bermotif


Jika punya waktu luang dan ingin membuat cookies sendiri untuk keluarga buat Lebaran nanti..resep cookies bermotif unik ini silahkan di coba teman2. Seru lho..bisa sambil main2 sama si kecil..^^. Cookies ini kalau di luar nama kerennya Checker Board Cookies..ah biar lebih gampang di ingat.aku namain cookies potong bermotif aja ya..hihi, karena proses pembuatannya di gulung biar ada motifnya..kemudian di potong2 baru di oven. Resepnya iseng nemu..dari kemasan blueband cake and cookies..yang udah ku modifikasi..karena hasilnya terlalu lembek adonan sesuai resepnya..jadi aku tambahin sendiri tepung maizena..dan susu bubuk..supaya lebih gurih dan renyah. Selamat mencoba

9

Tips Membuat Ketupat Yang Enak


Wah..enggak terasa sebentar lagi Lebaran ya teman2. Menu masakan apa yang biasa di sajikan buat Lebaran di rumah teman2..pasti salah satunya ketupat ya. Ketupat..mudah sich membuatnya..nggak perlu repot2 ngayam sendiri selongsong letupatnya. Cukup beli di pasar banyak ya biasanya deket2 hari lebaran. Cuma kadang memasak ketupatnya yang perlu trik khusus supaya hasilnya enak..soalnya..kadang2 kalau bikin ketupat ada yang keras..atau lembek..dll.

5

Monday, July 29, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 22 ...Perpaduan antara Garang Asem Pekalongan dan Asem Asem Rahayu Demak


Judul yang aneh ya..teman2..hihi,..iya nich..habis bingung mau kasih judul apa masakannya. Asal muasal masakan ini begini..aku kan sering makan asem2 khas Demak yang terkenal..yaitu Asem Asem Rahayu..yang terkenal di Demak..tapi udah ada beberapa cabang di Semarang. Nah..karena suami juga suka sekali..aku akhirnya pengen bikin sendiri. Akhirnya pas  makan asem asem Demak di cabangnya di food court Paragon Mall..belum lama kemaren..aku bener2 analisa..kira2 apa bumbunya. Dan kesimpulanku sama suami..ini versi asem2 yang unik..yaitu pakai kluwak. Nah..akhirnya beberapa waktu kemaren aku coba2..ngarang sendiri bikin asem2 ala Rahayu ini..hasilnya udah enak..cuma kok kayak kebanyakan kluwak..hihi..terlalu pekat kuahnya, karena aku pakai 2 buah kluwak untuk 1000 ml kuahnya. Padahal aslinya enggak pekat..encer aja dan cenderung soft rasa kluwaknya. Akhirnya cari2 referensi resep lain..kok enggak ada di mana2. 

1

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 21 ..Rawon Iga ( Jawa Timur )


Again..masakan berbumbu kluwak dan berkuah..dari Jawa Timur favorit kami.. Rawon Iga..^^. Kalau masak rawon..paling enak di makan setelah rawonnya nginap semalem..jadi bumbu2 makin meresap dan enak.Tapi langsung di makan setelah matangpun juga enak sich..hihi. Emang dasar tukang makan..semua enak dech...^^
Mau coba..yukk simak resepnya..nggak banyak cerita dulu ya teman2..mau ngebut bikin kue kering buat lebaran..hihi.
21

Kue Gandos / Bandros



Kue tradisional dari tepung beras ini..di sebut kue gandos kalau di Jawa tengah..tapi ada juga yang menyebutnya kue Bandros. rasanya dominan gurih..karena memakai santan dan kelapa parut di adonannya.Jika mau sedikit manis..bisa di taburi sedkit gula pasir. Rasanya..walaupun sederhana..tapi enak juga lho..apalagi di maka pas anget2 gitu..^^

3

Sunday, July 28, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 20 ..Soto Bandung


Soto Bandung..hemmm..lama sekali tidak makan menu ini. Mungkin karena soto ini kurang begitu populer ya di luar Bandung..jadi jarang yang jual. Aku sering makan Soto ini..duluuu..banget..jaman masih tugas akhir kuliah dan magang di salah satu hotel bintang di Yogya..selama 6 bulan..kan makan di EDR tuch..( employee dining room ) di hotel..buat karyawan2nya. Nah..salah satu menu yang sering di hidangkan chef EDR buat karyawan hotel..adalah Soto Bandung ini..hampir seminggu bisa 3 kali makan soto bandung dulu..hihi..ampe bosan dech melihatnya. Mungkin karena soto ini mudah di buat dan cuma sedikit bahan2 kali ya..jadi chef  nya sering banget buat dulu...hihi. Jadi kemaren pas di supermarket liat lobak..hemm..jadi pengen bikin soto bandung sendiri di rumah...^^
13

Janda Royal..??..Mau ??..Hihi


Siapa suka Janda Royal..hihi...wah..pasti yang tunjuk jari Mas Mas nich..!..Tapi..aku juga suka lho..janda royal...what..??..pasti temen2 kaget..tenang..janda di sini bukan janda muda yang royal kok..tapi makanan Jawa..yang namanya Rondo Royal ..hihi..yang artinya janda royal. Rondo ( bahasa Jawa ) : Janda..^_^....
1

Saturday, July 27, 2013

tengkleng


Masih..dari Jawa nich menunya ya teman2..tongseng. Kali ini aku pakai daging sapi aja. Kalau biasanya kan bikin tongseng suka males ya..bikin bumbu gulenya dulu..nah..aku kasih resep yang praktis dan simple ya..cukup pakai bumbu gule instan aja..baru di bumbuin tongseng..setelah gulenya mateng..jadi dech..tongseng yang enak..kayak beli..karena da aroma2 gulenya. Kalau beli di tukang sate itu kan tongsengnya memang dari gule kambing yang kemudian di masak lagi dengan tambahan bumbu, sayuran dan kecap.jadi..di rumah pun..kita bisa dengan mudah bikin tongseng sendiri. Yukk cobain teman2..jika suka tongseng ya..^^..ini dia resepnya..pas buat menu buka atau sahur..seger tapi mantab aroma bumbu2 rempah Indonesia..^^
4

Mendoan Tempe Gembus


Tempe gembus..ada yang suka nggak teman2 ?..Atau malah belum tau , karena di luar Jawa tidak ada tempe ini?..Tempe gembus adalah tempe yang terbuat dari sisa ampas pembuatan tahu..hihi..tapi enak lho..rasanya lembut dan empuk..khas gitu. Paling enak..di bacem..di oseng pedas..atau di goreng seperti tempe mendoan begini. Makan sambil di cocok sambal kecap atau nyeplus cabe rawit..uenake pol..^^ 
13

Friday, July 26, 2013

Tips Membuat Bubur Sumsum Yang enak dan Lembut



Bubur sum sum..bubur putih bersih..dari Jawa..sangat lembut dan enak rasanya. Gurihnya bubur dari tepung beras dan santan, di padu saus gula merah yang kental dan harum pandan..siapa yang bisa menolaknya ya..^^

32

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 18 ...Lotek Jogja / Yogyakarta


Menu buka puasanya masih dari Yogya lagi ya teman2..kali ini..yang seger2 dan murah meriah juga..yaitu lotek Yogya. Lotek ..adalah makanan sehat favoritku pas di Yogya. Sehat....karena one side dish..udah komplit, ada sayur, karbohidrat dan protein dalam satu penyajian. Di Semarang jarang yang jual lotek, lebih banyak pecel. Jadi memang lebih khas makanan Yogya lotek ini, karena di Yogya banyak penjual lotek yang sudah melegenda, seperti lotek Bu Bagyo Colombo, lotek Kentungan , lotek  Bu Ning Jl Taman Siswa, Lotek deket Jembatan layang..dll. Lalu apa beda lotek sama pecel..mungkin ada yang bertanya begitu..bedanya..jenis sayuran dan pelengkapnya, juga bumbunya yang lebih sederhana.
8

Bitterballen Makaroni Keju


Makaroni..suka dech mengolahnya menjadi aneka cemilan..kemaren udah bikin makaroni goreng yang murah meriah..yang udah ku posting di sini...nah sekarang yang versi priyayi ya..ala belanda..hihi..di buat bitterballen..mirip2 sich cara buatnya sama makarono goreng..cuma ini lebih cepat nggak perlu di kukus. Dan lebih bergizi..karen aad adaging ayamnya..susu dan keju..komplet dech. Bikinnya juga lebih cepat dan praktis daripada makaroni goreng kemaren.

9

Thursday, July 25, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 17..*Jangan Kates* saja ya..^^ ..dari Yogya


Hihi..ini menu yang sangat murah meriah teman..tapi jangan kawatir..rasanya enak kok..seperti namanya.....
* Jangan Kates..*..Jangan ..adalah nama lain dari sayur dalam istilah Jawa / Yogya. Jadi dulu pas di rumah Yogya..kalau kita lagi diskusi sehari2 sama ibu..selalu hal yang di diskusikan adalah..hari ini meh *njangan* apa?..atau hari ini mau nyayur apa gitu..hihi. Jangan ada dua macem..jangan anyep dan jangan pedes. Kalau jangan anyep..itu nggak  pake cabe..pakai bumbu dasar putih..jadi cocok buat anak2. Semua sayuran cocok di jangan anyep ( di sayur anyep / tawar )..nah..kalau jangan pedes..itu adalah sayur yang pedas..pakai cabe. tapi dulu kalau bikin jangan pedes ya nggak semerah yang aku bikin sekarang..hihi.paling cabenya cuma dikit. Kalau sekarang aku bikin..wah..kurang mateb dan kurang cantik nanti penampilannya..kalau cabenya cum adikit..hihi. 
8

Resep Kue Bawang Gurih dan Renyah..^^



Kue bawang..atau keripik bawang..adalah makanan favorit kalau lebaran..dari kecil..hihi. Dulu pas jaman kecil suka liat ibu bikin kue ini buat lebaran..rasanya yang gurih dan nggak mbosenin..jadi favorit semua dech di rumah. Sejak suka masak..aku sering bikin kue bawang ini..mulai bereksplorasi dengan bermacam resep. Dan..akhirnya tau..kue bawang yang enak..adalah yang memakai banyak bawang merah di adonannya. Jadi jangan heran ya..kalau aku pakai 100 gram bawang merah di resep ini. Rasanya ..enak sekali..gurih banget...bawang merahnya kan jadi kering dan jadi bercak2 kemerahan cantik di  kue bawangnya itu. Selain bawang merah yang banyak, juga pakai sledri yang banyak..hemmm..jadi harum dech kue bawangnya.
58

Mie Ayam Bakso Ubi Ungu..Homemade..^^


Sudah pernah bikin mie sendiri di rumah teman2 ?.. Mudah lho..ayook..cobain..lebih fresh dan aman..sehat alami tanpa bahan pengawet dll. Cuma memang kalau mie homemade gini..nggak tahan lama..musti langsung habis sekali masak ya..^^. Oh ya..mienya unyu unyu ya..hihi...emang kemaren aku buat mie nya pakai campuran ubi ungu. Jadi cantik warnanya..dan juga kandungan gizinya makin komplet..karena memakai ubi ungu yang di kukus..di campur dengan tepung terigu, tepung beras dan tapioka, serta telur dan garam. Udah itu aja bahan2nya..jadilah mie homemade..yang enak dan fresh.

25

Wednesday, July 24, 2013

Inspirasi Menu Buka / Sahur Hari ke 16 ..Semur Soun ( Yogya )


Semur soun ..adalah salah satu masakan Yogya..kalau di tempatku di Yogya biasanya jadi menu untuk acara hajatan dll. Biasnaya semur soun ini di masak bersama potongan2 kecil kentang goreng. Citarasanya gurih dan sedikit manis khas masakan Yogya. Biar lebih bergizi aku suka tambahkan telur puyuh atau telur rebus utuh di dalam masakan ini. Jadi kalau lagi males masak aneka jenis masakan..masak ini sudah cukup komplet isinya. Jadi praktis..cocok dech buat menu sahur. Agar bumbu meresap, telur di masukkan terlebih dahulu, setelah kuah mengental baru di masukkan soun dan kentang gorengnya. Jadi bumbu2 meresap di telur juga.dan soun tidak lembek. Menu ini juga sangat cocok untuk menu sahur anak2 yang tidak suka pedas. Jika suka pedas..bisa di tambahkan cabe rawit utuh saja. Selamat mencoba..^^

0

Stick Ubi Ungu Renyah


Masih..bertema ubi ungu..karena sekalian ngukusnya satu kilo tuch banyak ubi nya..daripada cuma di makan gitu aja..sayang warna ungunya yang cantikk..hihi..jadi di olah saja..jadi aneka makanan..salah satunya klepon ubi ungu udah ku posting di sini. Sekarang..stick ubi ungunya. rasanya enak..renyah dan terasa wangi manis dan gurih..khas aroma dan rasa ubi ungu..sayangnya..masih belum empuk kayak stick yang aku suka..jadinya renyah aja. 
4

Klepon Ubi Ungu


Hari minggu kemaren sempat beli ubi ungu sekilo di pasar..nah kemaren baru sempat mengolahnya..dengan aneka makanan ber ubi ungu. Aku buat mie ubi ungu, stick ubi ungu..dan sisanya aku buat klepon saja.
Jadi tema makanan di rumahku kemaren..unyu..unyu..hihi..serba ungu dech. Nah..aku posting yang termudah dulu ya....klepon ubi ungu.Aslinya kan pakai tepung ketan..berhubung lagi kehabisan tepung ketan..jadinya..aku pakai tepung tapioka kemaren..enak juga kok..^^
5

Tuesday, July 23, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 15 ...Bistik Kuah Bola Bola Daging ( Ala Solo )



Udah pernah nyicipin Bistik Jawa ala Solo teman2 ?..Di Solo ada salah satu warung bistik yang terkenal..yaitu bistik Darmo. Bistik ala Solo ini adalah tipe bistik Jawa..kayak semur gitu..bercitarasa gurih manis..dan segar. Isi bistik bisa daging cincang atau lidah yang di potong kecil2. 

1

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel