Google Ad

Monday, July 30, 2018

EMPIS-EMPIS TEMPE


Menu ini favorit di rumahku , apalagi jika udah nginep , makin meresep,  makin di panasin makin sedep rasanya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Menu ini kalau di temanggung namanya Empis-Empis. Isinya sebenernya ngga cuma tempe.  Di webku udah pernah aku post empis tahu,  empis2 ikan,  dll.

Kalau di Temanggung aku pernah makan di warung deket alun2 itu empis-empis tempe khusus namanya kok lupa , di campur tahu pong itu juga enak banget .

Kalau di pasar tradisional di Temanggung itu ada yang pakai tempe gini, ada yang pakai ikan juga di goreng dulu , ikan air tawar , enak juga ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Kali ini aku buat pakai tempe,  campuran yang semangit sama yang tempe fresh,  jadi ada sedep aroma tempe..enak ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜


Empis-Empis Tempe

Bahan  :
200 gram Tempe segar,  100 gram tempe semangit,  Iris kecil
750 santan (aku ganti cream pengganti santan)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas,  memarkan
1/2 sdk mkn gula merah
1 sdk teh garam
1 sdk teh kaldu jamur
1 ons cabe hijau,  iris serong
6 bawang merah,  iris tipis
3 bawang putih , iris tipis

Cara membuat :

Tumis Duo bawang hingga harum
Masukkan cabe hijau
Tuang Santa dan bumbu lain
Didihkan
Masukkan tempe
Masak  api kecil hingga meresap
Koreksi rasa garam gula hingga pas



3

Friday, July 27, 2018

Daging Sukiyaki Lada Hitam


Daging Sukiyaki Lada Hitam, menu makan malam Yodha kemaren malam. Dia masak sendiri, karena aku cuma masak Cumi Pedas, dan dia nggak mau. Aku tawari Nasi Goreng atau apa nggak mau, katanya mau masak Daging Sukiyaki yang kita beli sebelumnya di toko daging langganan.
0

Rice Bowl Kongbap Kekian Asam Manis



Hallo, ketemu lagi dengan menu masakan bertema mingguan di webku : Heathy Menu with Kongbap !

Rice bowl, menu kekinian ala Kafe-Kafe anak mudah jaman now. Aneka macam toping, aneka macam bentuk mangkuk yang lucu-lucu dan kekinian juga sungguh menjadi bisnis yang menjanjikan sekarang ini ya teman-teman. Rice bowl ini praktis, karena di sajikan dalam satu mangkuk, sekalian ada lauknya. Jadi praktis jika di konsumsi anak kost, pekerja untuk makan siang, dll.
1

Wednesday, July 25, 2018

Puding brownies


Lama nggak buat Puding. Biasanya kalau ada request aja sich dari Yodha baru buat Puding. Lha kadang udah rajin bikin, tapi makan cuma satu dua potong, padahal kan nggak awet lama ya Puding teman-teman. akhirnya yang banyak makan Emaknya, gimana nggak melebar terus badan, ya kan. akhirnya kdang aku bagi ke tukang sayur aja.
3

Tuesday, July 24, 2018

Martabak Mini Ayam Suwir


Martabak mini, cemian murah meriah bisa di buat kapan aja jika lagi mendadak ingin cemilan. kayak kemaren sore-sore Yodha mau cemilan. Untung di rumah ada kulit lumpia, aku angsung buat ini aja mudah dan cepat. Biar beda dari biasanya aku campur sedikit ayam suwir. Sekali makan habis 5 Yodha..hihi.
0

Friday, July 20, 2018

Nasi Kuning Bali


Hore, alhamdulillah hari ini bertambah usia. Terimakasih buat teman-teman yang sudah kasih ucapan selamat dan mendoakan semua kebaikan untukku baik via WA, facebook atau instagram. Aku benar-benar terharu dan jadi tidak merasa kesepian, walau selalu di rumah, tapi serasa punya banyak teman dan keluarga, Love you all :)
8

Thursday, July 19, 2018

Sop Bening Berkaldu

Cuaca akhir ini panas ya teman-teman. Enaknya makan yang seger-seger yuk. Tak perlu mahal kok...Sup sayur bening pun oke banget di makan pas panas gini. Seger banget.

1

Tuesday, July 17, 2018

Arem-Arem Praktis isi Ayam



Alhadulillah Kak Yodha udah masuk SMP. Ngga terasa, cepat sekali waktu berlalu. Dulu si anak kriwil kecil yang sudah makan, sekarang udah besar dan jago makan...hihi.
1

Sunday, July 15, 2018

Rempeyek Rebon


Rempeyek lagi...

Indahnya kuliner Indonesia itu adalah banyak ragam dan variasi ya teman-teman. Sekedar rempeyek aja, banyak macamnya lho. Yang terkenal di lidah kita tentu Rempeyek Kacang, Udang, dll. padahal jika mau variasi banyak jenis rempeyek lain yang enak.

2

Thursday, July 12, 2018

Karipap Apam Isi Pisang

 

Ini menu cemilan kemaren. karipa apam. Salah satu jajanan Malaysia yang aku suka. Rasanya itu lembut, unik aja gitu, karena adonan kulit di tambah ragi. Tekturenya itu perpaduan antara rasa dadar gulung dan rasa martabak manis ..terang bulan jadul hihi. Enak pokoknya.
0

Wednesday, July 11, 2018

Mangut Lele Goreng


Mangut lele , biasanya aku masak pakai lele asap.  Tapi di pasar lagi susah cari lele asap , jadi aku ganti pakai lele goreng aja . Tetep enakkk,  tapi minus aroma khas ikan asap di kuahnya ๐Ÿ˜€

Kali ini aku bikin versi yogya yang bumbu minimalis,  bukan seperti mangut pati atau Semarang yang kaya bumbu. Kalau versi Yogya ini bumbu minimalis yang penting ada kencur sama sunti / kunci. Rasanya jadi khas, seger kuahnya. ADa juga yang mangut pakai kemiri, tapi kalau versi Yogya aku suka yang seger nggak pakai kemiri. Ala ibuku..atau mirip mbah marto yang di Nggeneng itu lho teman-teman. Rasanya seger tapi teras pedes sedep.

Menggoreng lele agar tidak lengket, pakai pan anti lengket, terus jangan terlalu banyak di kerat jika di buat mangut gini agar cantik ya. Waktu memasak juga jangan terlalu lama, masukkan Ikan lele goreng ketika kuah sudah matang dan bumbu meresap, agar tidak lembek. Jadi sebelumnya Lele di bumbuin sedikit garam dulu ya sebelum di goreng agar lebih gurih.

Oke, yang mau coba, aku share ya resepnya :
Bahan :
5 ekor ikan Lele, lumuri air jeruk nipis, cuci bersih. Lumuri 1/2 sdk teh garam, diamkan 15 menit, goreng hingga matang agak kering.
Haluskan bumbu :
6 bawang merah, 2 bawang putih, 8 cabai merah, 5 cabai rawit, 1 cm kencur, 1 cm temu kunci
Tumis bumbu halus hingga matang, tambahkan 750 ml air, 2 cm lengkuas, 2 daun salam, tambahkan 3 sdk mkn Fibercreme, aduk rata, didihkan hingga bumbu meresap api kecil. Tambahkan garam, kaldu, gula merah secukupnya.
Jika kuah sudah meresap dan pas rasanya, masukkan ikan Lele goreng, masak sebentar hingga meresap, tapi jangan terlalu lama agar ikan tidak lembek.



1

Monday, July 9, 2018

Ca Kangkung


Akhir2 ini Yodha lagi suka sayuran, tapi terbatas yang di tumis-tumis. Karena masih bisa ya di makan bersama Ayam goreng, ikan goreng, dll. Kalau sayuran berkuah santan dia belum suka. Kangkung salah satu tumisan sayuran yang dia suka. Tapi di masak Ca aja, nggak pedas.

Menu Ca seperti ini sangat mudah di buat, walau sederhana tapi rasanya ala-ala resto gitu hihi. Jadi jangan ragu menyajikan Kangkung di rumah ya teman-teman. Saingan sama Kelincinya yang dulu suka banget sama kangkung, sekarang gantian Yodha.

Dulu waktu masih punya Kelinci tiap hari beli 3 ikat cuma untuk makanan Kelinci. Sekarang udah nggak ada, jadi di masak aja haha. Kangkung ini Mitosnya bikin ngantuk lah, dll..tapi kita ambil manfaatnya aja ya, setiap sayuran pasti ada gizinya. Kalau bikin ngantuk kan malah bagus ya, karena jika kita kurang tidurpun juga malah stress kita hahah.

Jadi masak apa aja, makan makanan yang bervariasi, percaya khasiatnya buat tubuh pasti ada, berpikir positif, pasti dech kita bisa sehat. Selamat hari Senin dan selamat beraktifitas ya teman-teman.

Ca Kangkung

Bahan :
1 ikat kangkung
1/2 buah bawang bombay
2 siung bawang putih, geprek
1 sendok makan saus tiram
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
50 ml air

Cara membuat :
Potong-potong kangkung, cuci bersih
Tumis bawang bombya dan bawang putih hingga harum
Masukkan kangkung, masukkan air dan semua bumbu
Aduk rata dan masak cepat di atas api besar agar matang merata dan kangkung tetap kres
Sajikan segera begitu matang

Cocok di makan sama lauk Ayam Goreng, dll. Kalau resep Ayam Gorengnya silahkan pilih di webku ini banyak resepnya. Kalau yang di foto itu cuma sisa Opor yang aku goreng hihi. Sia kuah aku tepung beras, jadi dech kriuk-kriuk dech taburannya ayam goreng Yodha.

0

TIMUS GURIH LEGIT


Kemaren aku bikin timus atau ketimus.  Kue tradisional khas Jawa nich sudah mulai langka nich jarang yang jual ya teman-teman.

Padahal rasanya enak sekali ya  Timus ini.  gurih manis, legit.  Kalau aku suka yang manisnya samar2 jadi terasa gurih dan enak ngga mbosenin untuk di cemal cemil.

Kemaren aku bikin timus dengan tambahan cream bubuk,  wah enak sekali rasanya. Cream ini bisa untuk pengganti santan atau susu .

Aku coba campur ke adonan timus ini rasanya enak sekali makin gurih legit. Cobain dech teman-teman,  nanti akan tau bedanya dengan timus biasanya ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Timus Legit

Bahan :
750 gram ubi,  kukus, haluskan
50 - 75 gram tepung tapioka
50 - 75 gram gula pasir
1/2 sdk teh garam
2 sdk makan cream bubuk untuk masak  / bisa  di ganti susu bubuk jika tidak ada
1/4 sdk teh vanili

Cara membuat :
Campur semua bahan
Cicipi rasanya hingga sedikit manis , gurih dan legit
Bentuk bulat lonjong
Goreng di minyak yang sdh di panaskan hingga matang

Tips :
Menggoreng ini,  minyak harus sudah panas dulu,  jadi langsung berkulit,  selanjutnya kecilkan sedikit api agar tidak cepat gosong.
Waktu menggoreng tes dengan satu bulatan adonan dulu,  jika udah bagus bentuknya,  lanjut.  Jika masih sedikit lembek,  tambah sedikit tepung , tapi maksimal  hingga 75 gram ya agar rasa ubi tetap dominan bukan tepungnya.
Timus yang enak tekture kres luarnya,  lembut dalamnya , jadi gunakan ubi yang mempur dan tidak lembek,  dan waktu mengukus jangan terlalu lama agar ubi tidak lembek.



0

Tips Membuat Jus Lebih Mudah Dengan Panasonic MX-V310




Libur panjang telah usai, teman-teman. Waktunya kembali ke menu rumahan lagi, perbanyak sayur dan buah. Buah-buahan dan sayuran adalah cara ampuh untuk mendetoks tubuh dari lemak-lemak sisa liburan panjang hihi. Setelah banyak makan menu berat dan juga liburan full kulineran kesana kemari, cara terbaik agar badan kembali fit adalah banyak konsumsi buah. Makanya sengaja aku tiap hari beli aneka macam buah, baik untuk cemilan atau dibuat minuman. Kalau Yodha dan Papinya sudah pasti milih dibuat jus...kompak malesnya jika disuruh ngemil buah. Tapi kalau disodorin jus, kapan aja pasti suka mereka.

Yodha juga suka banget minum jus yang aku buat. Apalagi semenjak punya Panasonic Blender MX-V310, membuat aneka jus buah jadi lebih cepat dan praktis, jadi Yodha pun suka ikutan bantuin aku bikin jus di rumah. Dengan Panasonic Blender MX-V310 ini sangat cepat dalam membuat jus buah jadi halus, untuk buah-buah yang bertekstur agak keras dan bahkan es batu sekalipun.. enteng banget pisaunya menggiling buahnya bahkan batu esnya juga bisa halus banget lho. Nggak pakai lama dan nggak pakai stress harus bolak balik nyalain-matiin blendernya karena jus buahnya nggak halus-halus...hihi. Pengalaman sich kalau pakai Blender lamaku, suka udah capek megangin Blendernya, nyalain blender, cek udah halus belum, nyalain lagi...masih belum halus juga. Kalau pakai Panasonic Blender MX-V310 ini, super cepat dech halusnya.

Kok bisa cepat sich menghaluskan buah-buahan Blender ini ? Aku kasih tau rahasianya ya..karena 4 mata pisau Ultimate Power Blade yang terdapat pada Panasonic Blender MX-V310 ini canggih banget. Pisau uniknya didesain untuk menghaluskan berbagai macam bahan secara efisien, dengan teknik pelumatan dan pemotongan yang halus. 

Wadah gelas Panasonic Blender MX-V310 ini terbuat dari kaca tebal yang didesain khusus dengan dinding sempit di bagian bawah, sehingga bisa mengangkat bahan-bahan yang diblender untuk menghasilkan adukan yang dinamis sehingga bahan-bahan menjadi cepat halus. Bentuk Blendernya juga cantik dengan 5 menu otomatis, kita tinggal pencet aja, bisa untuk membuat Bubur, Puding, membuat jus, menggiling bumbu kering, kacang-kacangan atau bumbu basah, membuat es serut dll. Yodha aja sering bikin es serut pakai Panasonic Blender MX-V310 ini, bisa halus banget  es serutnya.

Cara membersihkannya juga mudah,  tinggal masukkan air dan sedikit sabun pencuci perkakas, kemudian tinggal tekan tombol pembersihan. Langsung dech sisa-sisa bahan yang menempel atau tersembunyi akan langsung terangkat dan bersih kembali blendernya. Pokoknya, suka banget dech punya Panasonic Blender MX-V310 ini. Membuat Jus sehat sendiri di rumah jadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu membantu juga untuk menghaluskan aneka bumbu dapur juga lho, jadi membuat waktu memasak jadi lebih efisien. Pokoknya seneng banget punya Panasonic Blender MX-V310, udah cara pakainya gampang dan mudah banget, terus bisa dipakai banyak fungsi. So happy, hihihi..




1

Friday, July 6, 2018

Nasi Tim Kongbap Ayam Jamur


Hallo...ketemu lagi dengan menu Healthy Friday bersama Kongbap ya teman-teman.  

Hari ini aku bikin Nasi Tim Kongbap Ayam Jamur. Sudah tahu kan Kongbap, sering aku ulas ya. Aneka biji-bijian kaya serat ini, selalu ada di dapurku. Aku suka memasak nasi dengan campuran Kongbap ini, karena bisa menambah serat yang kita butuhkan sehari-hari tanpa terasa...karena kita campur dalam nasi. Sudah pasti kan tiap hari kita makan Nasi, jadi jika kita campur dengan Kongbap otomatis kita juga sudah mengkonsumsi serat setiap hari.
0

Wednesday, July 4, 2018

Cumi Krispy Tabur Cabai Bawang


Menu tadi siang, sebelumnya bikin Udang tabur tumisan cabai bawang ludes tak tersisa, tapi bumbu taburan masih ada, akhirnya ganti dech jadi Cumi hihi. Mak irit nggak mau buang bumbu, jadi tinggal ganti aja jadi Cumi Goreng Krispy. Rasanya sama enaknya.
0

Tuesday, July 3, 2018

Telur Gulung Kucai Pedas


Di belakang rumah aku punya pohon kucai, satu pot aja sich. Tapi awet hihi. Udah hampir setahunan ini tumben nggak mati-mati hahah. Biasanya nanam apa-apa nggak awet mah aku. Coba nanam daun mint, nggak nyampai sebulan mati, cabe, paling sekali dua kali berbuah mati. Ini daun kucai nggak aku rawat cuma masih numbuh di pot aja seperti awal aku beli hingga sekarang masih numbuh, sering aku petik daunnya numbuh lagi, bahkan hingga berbunga, berbiji dan akhirnya numbuh lagi hahah.
4

Monday, July 2, 2018

Sambal Bawang Cumi Asin



Ini menu kemaren, Sambal Cumi..tapi Cumi Asin. Jadi jika mau di jadiin stok sambal beberapa hari bisa. Jika pakai Cumi Segar kan mudah basi, karena Cumi termasuk jenis seafood yang nggak awet jika di masak segar, harus langsung habis ya. Karena jika di masak lama atau di panasin akan keras rasanya.
3

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel