Sunday, July 14, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 6 ( Karedok Dari Bandung )


Kalau di luar negeri banyak masakan salad yang terkenal..di Indonesia...banyak juga ya sebenernya....salad salad ala Indonesia..hihi. salah satunya..karedok nich..semuanya mentah juga..di padu saus juga..cuma..saus kacang yang enak..jadi aku tetep pilih karedok ketimbang caesar salad ala luar..hihi. * lidah lokal..*

Karedok ini adalah menu ala Bandung, pasti teman2 udah sering ketemu ya teman2..menu ini sering kita temui di warung atau resto  yang menjual ikan bakar..atau warung2 ala sunda ya. rasanya segar sekali..enak..apalagi kalau di buat yang pedas...yummy dech. Dan juga lebih sehat ya..karena semua bahannya mentah. 

Karedok paling enak  di makan bersama ikan bakar atau goreng..ayam goreng dll..aku kadang makan karedok  sama tempe goreng aja..udah enak banget kok rasanya..^^ 

Nah...teman2 suka juga..ayukk cobain ya..semoga bisa menjadi inspirasi menu buka puasa yang segar, enak  dan murah meriah ya..^^
Karedok

Bahan-bahan :
100 gram taoge, buang akarnya
5 lembar kol, iris
1 buah wortel  , iris korek api
1 genggam daun kemangi
6 lonjor kacang panjang, iris 1/2 cm
2 buah ketimun, potong-potong
50 gram kerupuk kanji untuk pelengkap

Bahan Sambal:
150 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
180 ml air hangat

Bumbu Halus:
6 buah cabai rawit merah
6 buah cabai merah keriting
1 cm kencur
1 sendok teh terasi, digoreng
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
2 sendok makan gula merah sisir

Cara membuat  :
Sambal: ulek rata bumbu halus dan kacang tanah.
Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diulek rata
Masukkan taoge, kol, daun kemangi, kacang panjang, wortel, dan ketimun. Aduk rata.
Sajikan dengan kerupuk kanji.

Karedok ini cocok di sajikan bersama ikan bakar..ikan goreng..atau ayam goreng seperti ini..udah bisa kan bikin ayam goreng bumbu kuning biasa kayak gini teman2..^^


Atau mau lauk pelengkap lain yang juga sehat..dan murah meriah..bisa..ada pepes tahu ebi yang gurih ini..resep klik di sini ya..^^..selamat mencoba.


Menu takjil..mau yang manis dan legit..bisa bubur candil ketan ini...enak..bisa di sajikan hangat atau dinginkan sebentar di kulkas, sebelum di sajikan. Resep bubur candilnya klik di sini ya..Selamat Menjalankan Ibadah puasa..! ^^


11 comments :

  1. Mbak Diah..., menu hari ini bikin saya kangen pulang ke Bandung.
    Kangen suasana Ramadhan-nya dan kulinernya yang mak nyuuuus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentar lagi kan mudik Mba Devy..lebaran ..hihi..sabar ya..tapi memang enak ya suasana kecil kita di temat biasa kita menikmati puasa..emang beda..sama kalau di perantauan..^^

      Delete
  2. Alhamdulillah..., keempat menu ini sudah biasa saya buat. Memang enaaak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..masakan sunda emang enak2 juga ya..^^

      Delete
  3. mbak diah...makasih banyak yaa tiap hari posting menu berbuka, jadi aku ada variasi menu dan juga takjilnya. di tunggu resep-resep yang lain ya mbaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Esti..sama2..sekalian Mba..kan tiap hari juga harus masak buat Suami dan anak..sehari nggak posting kayak ada yang kurang gt Mba..hihi..*lebay*....jadi sekalian di posting..semoga sedikit bermanfaat ya..^^

      Delete
  4. Mba Diah pinter bgt masaknya... semua udh aku print hehehe... mkhs ya info nya... _dicha_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dicha..sama2..met coba semua ya..:)

      Delete
  5. Wah mba karena ngiler aku langsung bikin karedok silang...
    Pake bumbu di atas tapi sayuran/ salad luar berdasarkan stok yg ada.
    Rasanya enak juga kok....
    Thx resepnya!!

    Ida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah..seru tuch Mba..perlu di kenalkan ke teman2 luar di sana ya..salad khas Indo..:)

      Delete
  6. Haha...iya Mba ;-)

    ReplyDelete