Google Ad

Friday, June 30, 2017

Mie Lethek Goreng Khas Yogya


Masih posting kuliner ala Yogya ya teman-teman. Ini Mie Lethek...hayo siapa yang udah pernah coba Mie khas Bantul Yogya ini...?..Pak Obama aja makan Mie Lethek lho pas ke Yogya kemaren...hihi. Pikniknya ke Bantul pula..ke Puncak Becici. Wah..di jamin nambah ngetop dech nanti Mie Lethek sama Bantul..hahah. Kemaren aja mudik udah macet daerah Imogiri dan sekitarnya kata ponakanku yang sampai semingguan masih di Yogya. Kalau aku memang sengaja jika Lebaran menghindari tempat wisata di Yogya..karena sudah pasti akan macet dan berjubel..kapok dulu pernah pas Lebaran ke pantai di Gunung Kidul yang lagi hits..duch kayaknya malah nggak bisa menikmati pemandangan..malah terlalu banyak orang..cuma dapat capek doang..hihi.
4

Thursday, June 29, 2017

Gudeg Manggar




Hallo semua, apa kabar teman-teman ? Liburannya kebablasan nich postingnya..hihi. Memang Lebaran selalu ya..membuat kita pengen liburan dulu setelahnya..karena sudah pasti capek muter-muter, keluar kota, dll. Jika udah kembali ke rumah, rasanya pengen leyeh-leyeh terus, makan di luar terus...hihi. Tapi nggak boleh di biarin..harus semangat berkarya lagi nich..kerjaan sudah menunggu yang lain.
0

Friday, June 23, 2017

Soto Bandung


Posting satu lagi ya teman-teman..sebelum libur Lebaran. Besok sudah pasti nggak sempat posting, karena nyekar, ke Salon..packing mau mudik..dll...hihi. Jadi ini menu Lebaran lagi ya..yang segar dan ringan. Sengaja aku pilihkan menu-menu segar seperti ini, karena sudah pasti Opor, dkk sudah biasa kan. Tapi jika memang sulit mengganti Opor dkk dengan menu lain...baiklah, silahkan kunjungi kumpulan resep menu Lebaran yang sudah aku rangkum di webku ini..silahkan klik di SINI ya.
3

Becek Kambing



Lanjut..posting menu khusus Lebaran ya teman-teman. Agar masih ada waktu buat belanja nich jika teman-teman mau menyiapkan menu buat Lebaran besok. Tapi jangan kaget ya..pasti harga-harga di pasar melambung tinggi jika udah mendekati Lebaran gini..hihi. Itulah mengapa, aku tidak ke pasar jika udah dekat Lebaran gini. Tinggal membongkar harta karun di freezer yang sudah aku penuhi dari minggu lalu..hihi.
0

Lontong Tuyuhan



Maaf kemaren sibuk banget..jadi postingnya tersendat teman-teman..nanti dech habis Lebaran aku lengkapi postingan aneka kue kering baru yang aku buat kemaren...hihi. Lagian udah mepet mau Lebaran, jadi mesti teman-teman lagi mikir menu buat Lebaran kan.
2

Wednesday, June 21, 2017

Oreo Mede Cookies


Minggu terakhir puasa...alhamdulillah...masih puasa teman-teman ?
Masih semangat baking teman-teman ?...Yuk masih semangat ya...biar bisa menyajikan aneka kue-kue enak buatan sendiri untuk keluarga dan handai taulan. Rasanya lebih mengena di  hati ya teman-teman jika kita memberi hantaran atau oleh-oleh keluarga dengan kue-kue buatan sendiri...karena pastinya kita buat dengan cinta...eaaa :D

Iya sich..kalau di pikir-pikir..sekarang jaman serba prkatis, mau beli Kue kering jenis apa aja pasti ada, tinggal pilih. Tapi jika kue buatan sendiri, pasti lebih istimewa...ada cerita. Misal waktu tamu pada datang, tentu kita kadang di tanya atau cerita..ini kue buatan sendiri ya. Tentu bisa menjadi cerita menarik tersendiri yang bisa jadi obrolan menarik juga, dan jika enak ada yang tanya resep, kita bisa berbagi ilmu..atau malah pada di puji, terus pada pesan...?..Nah lho..bisa jadi peluang bisnis kan..Lebaran tahun depan..hihi.

Jadi..ayuk semangat ya. Bikin Kue kering itu nggak susah kok, asal ada niat aja. Bahan-bahan apapun yang ada di rumah, bisa kita kreasikan kok jadi Kue kering yang enak. Seperti kemaren ini ada stok Oreo Yodha ngganggur di rumah..aku sulap dech jadi Oreo Mede Cookies...enak...!

Rasanya gurih, kriuk tanpa manis berlebihan, karena Oreo ini sebagai pengganti Coklat masak cincang. Jika coklat masak cincang, biasanya agak mblenger manisnya. Kalau pakai Oreo ini, jadi pas dan enak sekali rasanya. Oke..langsung saja ya..ini resepnya teman-teman...:)..ini karena lagi di kejar waktu...nulis resepnya ala kadarnya dulu ya..hihi. Puasa kali ini benar-benar banyak berkah, banyak banget kerjaan hingga minggu terakhir puasa...alhamdulillah. Jadi maaf jika telat bales komen atau posting di sini ya..setelah semua selesai nanti moga lancar lagi.

Kocok 125 gram magarin butter, plus 75 gram gula halus, 2 kuning telur, satu putih telur, 1/4 sendok teh vanili bubuk, 1/4 sendok teh garam, kocok hingga mengembang.
Masukkan 150 gram terigu, 1 sachet kecil susu bubuk, 1/2 sendok teh baking powder, aduk rata sambil di ayak.
Masukkan 50 gram oreo yg di remukkan kasar, 100 gram kacang mede yg di sangrai dan cincang. Aduk rata, bentuk bulat pipih, panggang hingga matang.



4

Monday, June 19, 2017

Kaasspritjes


Walau sibuk, semangat baking kok tetap tinggi..baiklah..mari lanjut lagi ya teman-teman..sebelum mengendur semangatnya..hihi. Pengen coba satu kue kering baru tiap hari, jadi satu atau dua toples, lama-lama jadi banyak juga dan akhirnya udah terkumpul satu Kardus..bisa buat oleh-oleh Lebaran...hihi.
5

Saturday, June 17, 2017

Cookies Isi Wafer Resep Baru


Dari kemaren sibuk bikin Cookies Lebaran. Sengaja mau buat oleh-oleh mudik, sekalian untuk kasih ide ke teman-teman yang mau bikin Kue Kering lebaran sendiri di rumah ya.  Jadi..walau sibuk, tetap di sempatin buat, minimal satu resep jika bisa. Walau Kue-Kue yang aku bikin tetap yang klasik-klasik aja sich..hihi.

Yodha juga suka mencoba kue-kue kering baru sekarang. Kalau dulu sukanya cuma Putri salju aja dia. Sekarang suka mencoba semua. Salah satu kue kering favorit dia adalah Kue Kering isi Wafer ini. Aku pakai Wafer Keju, jadi rasanya gurih sekali..enak sekali berpadu dengan adonan kue kering yang renyah. 

Dulu aku pernah buat, tapi kali ini aku buat versi baru yang lebih renyah adonannya...karena pakai Telur utuh juga. Adonan juga lebih lemas dan mudah di gulung menyelimuti Wafernya. Hasil Kuenya juga lebih rneyah, tapi warnanya tetap cantik cerah.

Agar lebih guroh alagi, atasnya aku beri parutan Keju. Kue ini enak, tapi memang butuh telaten untuk membungkus dan memotong-motongnya ya teman-teman..jadi harap bersabar ya. Yuk semangat jika belajar bikin kue Kering suka ada masalah ini..itu..adalah hal biasa. Latihan terus, pasti akan lebih baik..jangan cuma sekedar langsung menyalahkan resep yang di ikuti ya...hihi.

Oke, langsung aja aku share cara membuatnya ya...:

Cookies Wafer Keju

Kocok 250 gram margarin butter, 100 gram gula halus, hingga rata. Masukkan 1 telur utuh dan 1 kuning telur, kocok 3 menitan hingga agak pucat
Masukkan terigu 350 gram, 30 gram maizena, 20 gram susu bubuk sambil di ayak dan di aduk dengan spatula.
Tipiskan Adonan..letakkan Wafer rasa Keju di atasnya, gulung dan padat kan menyelimuti bentuk wafernya. Potong-potong sesuai selera. Oles kuning telur, taburi keju parut, panggang hingga matang api sedang sesuai oven masing-masing, panas atas bawah.
Kemas jika sudah dingin.



Kemaren aku juga buat Kue Kacang, tapi versi yang praktis, pakai Selai Kacang. Resep sudah lama aku posting di webku, tahun 2014 kayaknya..hihi. Jadi silahkan yang mau coba..tengok kembali postinganku di SINI ya. Selamat bersibuk ria dengan oven dan mixer ya teman-teman.


3

Lontong Balap Khas Surabaya


Mencoba resep baru dari sumber yang asli daerah dari makanan tersebut, tentu lebih menarik buatku..karena biasa resep adalah resep keluarga yang di masak sehari-hari. Kadang coba-coba lihat resep di internet atau majalah berbeda-beda resep..suka bingung ya teman-teman..apalagi jika belum pernah makan aslinya..hihi.
1

Wednesday, June 14, 2017

Resep Soto Lamongan Otentik


Soto Lamongan adalah salah satu Soto favorit aku. Soto yang berasal dari Jawa Timur. Aku sering masak sendiri juga sich di rumah. Tapi setelah mengadakan event #giveawaydiahdidi, jadi tau dech bumbu aslinya ternyata sedikit beda dengan yang biasa aku masak. Selain itu kaldunya juga, pakai kaldu Ikan Bandeng, selain memakai kaldu Ayam. Wah unik ya..langsung aku recook dech menu kiriman dari mba @artikarasa ini.
3

Kue Lidah Kucing Coklat


Harus ngebut posting ini..hihi. Banyak stok foto, resep tapi stok waktu yang kurang....hihi. Kerjaan nggak habis-habis. Tapi nggak apa-apa lah..sudah komitmen semua kerjaan dengan pihak luar, orderan tepung, giveaway, jadi harus tetap semangat. Bikin kue kering juga harus dari sekarang..biar nanti ada waktu sebelum Lebaran leyeh-leyeh, nyalon dan belanja belanji...hihi.

2

Tuesday, June 13, 2017

Sagu Keju Klasik


Sagu Keju..cookies klasik yang tak pernah absen di toples Lebaran di rumah kita ya teman-teman. Memang kue Lebaran klasik ini ngga pernah mbosenin ya....selalu di nanti waktu Lebaran.
9

Sunday, June 11, 2017

Sop Manten


Menu #giveawaydiahdidi selanjutnya yang aku recook adalah menu khas Solo. Namanya Sop Manten. Sop ini unik, karena biasanya hanya di sajikan waktu ada acara mantenan atau pesta pernikahan...yang biasanya pestanya bukan Prasmanan model jaman sekarang, tapi ala Piring Terbang..hihi. jadi menu-menu di sajikan pada saat yang tepat..bukan model sekarang yang datang..salaman langsung makan dan pulang. Kalau pesta ala Piring Terbang itu kudu duduk manis dari awal hingga akhir acara..hihi. Jika cepat pulang ya nggak bakal dapat makanan..hihi.

5

Friday, June 9, 2017

Perkedel Bunga Kol


Hari ini di selingi menu lain ya teman-teman..beberapa hari masak ya pedas-pedas coba menu kiriman teman-teman di #giveawaydiahdidi...yang di rumah pada protes. Jadi tadi aku selingi masak sup dan perkedel. Semua khas Solo.
3

Sambal Uyah Tabio Khas Bali


Setelah mengadakan #giveawaydiahdidi, aku jadi tau aneka macam Sambal dari seluruh Indonesia. Wah beneran Indonesia kaya akan Sambal ya teman-teman. Salah satunya Sambal yang baru aku coba kemaren. Penampakan seperti Bawang goreng biasa ya teman-teman..tapi ini adalah Sambal lho..hihi. Sambal ini enak rasanya...kriuk-kriuk gurih lho.
2

Thursday, June 8, 2017

Sego Sadukan Khas Jombang


Masih upload resep kiriman #giveawaydiahdidi ya teman-teman. Alhamdulillah kok banyak banget yang ikutan 600 an resep lebih terkirim. Sampai bingung mau coba yang mana. Tapi karena keterbatasan waktu dan tenaga, serta yang makan di rumah..warganya cuma 3 orang..hihi. Akhirnya ya terpaksa memang beneran harus memilih menu-menu yang benar-benar unik dan baru dan belum pernah aku posting di web ya, agar bisa menambah wawasan teman-teman lain juga ya. Yang mau lihat-lihat aneka resep Nusantara yang di kirim teman-teman lain, silahkan bisa di cek di instagram langsung ya teman-teman di hash tag : #giveawaydiahdidi.
2

Sambal Bajak Daging


Minggu ini aku recook menu aneka sambal ya teman-teman.
Jadi buat teman2 yang punya resep Sambal andalan, silahkan jika mau di ikutkan #giveawaydiahdidi ya. Di tunggu..silahkan cek ketentuannya di SINI. Ada juga menu edisi Lebaran, hadiahnya khusus lho 2 buah Rice Cooker Digital dari MITO. Kalau hadiah mingguan, 3 Crepes maker tiap minggu.
2

Tuesday, June 6, 2017

Tahu Walik Isi Ayam


Kemaren bikin Tahu Walik lagi...soalnya enak banget..Yodha suka. Tahu Walik ini katanya nge hits ya di Banyuwangi. Untung ada teman yang kirim resepnya di #giveawaydiahdidi, jadi bisa ikutan bikin dech. Seteah aku coba..rasanya memang enak sekali..gurih dan kriuk tahunya. Yodha suka banget..sampai kemaren bikin lagi dech.
15

Monday, June 5, 2017

Bubur ala Manado Pakai Rice Cooker


Kemaren kok kepengen makan Bubur campur Sayur waktu buka. Jadi pengen buat Bubur ala Manado lagi..tapi kali ini versi lebih komplet sayurnya ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ
Ada sisa Labu kuning, masuk, ada sisa jagung masuk ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ..tambah kangkung ketika udah hampir matang..tambah sip dan komplet gizinya...hihi.

Kali ini aku buat bubur Manadonya praktis, pakai Rice Cooker..mudah dan praktis..ngga perlu repot mengaduk bubur dan nungguin lama hingga lembut. Paling males memang jika bikin Bubur itu adalah jika mengaduk lama hingga mengental ya teman-teman di atas kompor

Jika pakai Rice cooker, lebih praktis dan mudah tinggal di colokkan saja, langsung di tinggal ngerjain yang lain, beres dech. Bikin Bubur manis pun sekarang misal yang butuh waktu lama, seperti Bubur Kacang Hijau, aku lebih suka pakai Rice cooker. Lebih praktis, mudah, hemat waktu dan tenaga, rasanya sama enaknya.

Oke, langsung aja ya ini dia resepnya teman- teman. Bubur ala Mana di pakai Rice cooker. Ala aja, karena ini bumbu sesuai selera saya ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ. Aslinya ngga pakai air kaldu, kalau aku suka pakai air kaldu bening.. karena akan membuat rasa buburnya jadi gurih sekali tanpa perlu penyedap..beberapa lho..cobain dech teman-teman..di makan Bubur aja gitu udah gurih banget, apalagi jika ada lauk Ikan Asin, atau Sambal..wah..makin sippp rasanya...๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Bubur Ala Manado pakai Rice Cooker

Bahan :
200 gram Beras
1500 - 1700 ml air kaldu...tergantung mau lembut banget atau kental
2 lembar daun salam
1 sendok teh garam
Labu 100 gram, potong kotak kecil
Jagung manis satu buah, pipil
1/2 ikat kangkung, petiki

Cara membuat :
Masukkan semua bahan kecuali kangkung
Proses di Rice cooker, jika punyaku ada tombol khusus bubur ( porridge ), jika ngga ada ya seperti menanak Nasi, jika matang kan tetap jadi Bubur karena cairan lebih banyak, jika sudah matang, jangan lupa aduk-aduk ya buburnya agar merata lembutnya ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ
Sajikan dengan Sambal dan Ikan Asin, enak lho buat buka puasa...!


4

Friday, June 2, 2017

Bubur Madura


Aduch, ketinggalan posting beberapa menu #giveawaydiahdidi nich aku teman-teman...kerjaan buanyak banget bulan puasa ini. Alhamdulillah...di syukuri aja..malah ringan dan cepat menjalankan Ibadah puasa. Aku posting satu persatu dech..nanti teman-teman aneka resepnya. Yang mau ikutan #giveawaydiahdidi, masih bisa lho..sampai minggu ketiga sebelum Lebaran. Di tunggu ya...:)
2

Thursday, June 1, 2017

Kulit Ayam Krispi Tepung Kentang Pati


Punya sedikit stok kulit Ayam, paling enak di goreng Krispi. Biar nggak bosan pakai Tepung biasa, aku pakai Potato Starch atau Tepung kentang pati..jadi hasilnya lebih kres, ringan dan renyah rasanya. Jadi di luar negeri, terutama di Jepang dan Korea, penggunaan Tepung Kentang Pati dalam menu sehari-sehari, sudah sangat lazim ya teman-teman. Kalau di kita belum terbiasa ya.
0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel