Tuesday, July 2, 2013

Yukk..Mari Menggoyang ..si *Kembang Goyang Pandan*..^^


Hihi..judul yang aneh dan lebay ya teman2..maksudnya..yukk mari bikin kembang goyang..!..^^

Suka kembang goyang teman2..?..Yappp..jajanan jadul unik yang sampai sekarang masih banyak sich ya di jual..di tempat2 grosir snack..toko oleh2 atau di supermarket...banyak juga. Mengapa di sebut kembang goyang..ya karena cara membuatnya...harus di goyang2 di minyak panas..supaya lepas dari cetakannya yang berbentuk bunga..atau dalam bahasa Jawa di sebut *kembang*. Nah..biasanya kan kembang goyang warnanya kuning kecoklatan aja..biar lebih genjreng dan harum pandan baunya..aku bikin pakai pasta pandan dech..dan campuran wijen juga..hemmm..jadi harum dan gurih wijen..enak..renyah.

Aku udah beberapa kali bikin kembang goyang..dari beberapa versi resep..tapi dulu selalu aja ada yang kurang..terlalu empuk lah..karena kebanyakan telur..atau cepat gosong lah..karena kebanyakan gula..dll. Nah..kali ini udah cucok dech dengan uji coba kali ini..rasanya udah otentik..rasanya kres..masih ada gigitannya..hihi..aku suka kembang goyang yang nggak terlalu empuk..jadi suka yang ala jadul gitu..yang masih terasa kres kres waktu di gigit, dan renyah. Sukses dech hari ini bikin kembang goyangnya..dan lebih cantik hasilnya..karena memakai pasta pandan. Jadi selain cantik , kembang goyangnya juag harum aroma pandan.

Mau coba..yukk catet ya resepnya..cuma aku bikin sedikit aja sich..soalnya yang suka jajanan jadul gini..cuma aku di rumah..jadi cuma jadi setoples aja. buat di cemal cemil sendiri..hihi. Semoga bisa menjadi inspirasi ..snack kering pengisi toples buat ntar Lebaran ya..selain kue kering...hihi..puasa aja belum..udah mikir lebaran..ya teman2..soalnya takutnya deket2 Lebaran malah sibuk aku ..jadi ntar nggak bisa coba2 resep cemilan gini..jadi mumpung masih banyak waktu sekarang2 ini aja share resepnya ya..Semoga bermanfaat....

Kembang Goyang Pandan

Bahan-bahan :
    150 gram tepung beras
     50 gram gula  halus
    1 butir telur
    1/4 sendok teh garam
    200 ml santan dari 100 santan instan yang di cairkan, di tambah beberapa tetes pasta pandan atau dari 1/2 butir kelapa
     2 sendok makan wijen
    Minyak goreng untuk menggoreng
Cara Pengolahan :
  • Aduk tepung beras, gula pasir halus, telur, garam, santan, dan wijen sampai rata.
  • Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang.
  • Celup cetakan ke adonan. Masukkan dalam minyak sambil digoyang-goyang sampai terlepas.
  • Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering. Dinginkan.
 Tips :
  • Gunakan api sedang untuk menggoreng kembang goyang ini..supaya tidak  mudah gosong.
  • Cetakan sebelum di celup ke adonan, harus benar2 di panaskan dahulu di minyak panas..supaya adonan menempel sempura di cetakan, tapi waktu mencelupnya..jangan sampai cetakan tenggelam..cukup sampai batas atas cetakan..supaya tidak terkunci adonan ..cetakannya..jadi biar mudah di lepas.



22 comments :

  1. waaah patut dicoba nih, udah lama beli cetakannya tapi belum pernah dicoba hehehe. Mbak tahu gak,kalo di tempatku di pemalang kue ini namanya moto arip. arip itu artinya ngantuk...jadi maksudnya ya mata ngantuk..karena kan bikinnya kikrik,sampai2 matanya jadi ngantuk...hehehehe ada2 aja ya...meski sama2 jawa tengah tapi ada (banyak malah) kosakata lain. trims resepnya ya mbak...oh iya,kalo wijennya diganti wijen hitam kayaknya semakin menonjol ya bintik2nya...terus kalo diganti pakai tepung terigu bisa gak Mbak?."emma"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya..Mba Emma..bener..satu kue bisa beda2 nama ini ya..di Madura..malah di sebutnya Cakra..di t4 Mba..lucu juga ya namanya..^^..heeh..bikinnya harus satu2..tapi kalau udah tau triknya cepet juga tadi aku bikin Mba..jadi pakai dua cetakan gitu..satu di rendam dulu di wajan sambil nggoreng yang lain..nah yang satu buat nyelup ke adonan..jadi kan udah panas gt ya..na itu dia..nggak nemu wijen hitam di TBK tempatku. Kalau di ganti terigu..aku ragu..bisa renyah nggak ya Mba..aku belum tau..^^

      Delete
    2. hmm...butuh satu lagi cetakannya dong hehehe.oh iya,aku pernah lihat di tv,satu gagang tapi cetakannya lebih dari satu (kayak bercabang gitu),jadi sekali celup bisa goreng banyak...makasih triknya ya mbak..."emma"

      Delete
    3. Iya Mba..paling nggak punya 2 gitu..hihi..jadi bisa buat gantian nyelupnya..wah enak emang..kalau cetakannya bercabang2 ya..jadi sekali nyelup dan nggoyang jadi banyak kembang goyangnya..hihi..bahasanya aneh ya Mba..^^..

      Delete
  2. Replies
    1. Beli Mba Noorma...murah dan banyak di pasar..^^

      Delete
  3. Mbak,mesti nya difoto juga tuh cetakannya kayak apa....kayak sutil gt ya? Cmn ujungnya bentuk kembang?
    Ak blm pernah tau malahan makanan ini,,,,,heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..oh belum pernah makan ya Mba Dina..cetakannya lucu mba..kayak bunga gt..ada gagangnya.ntar ku foto in ya..^^

      Delete
  4. Mbak di, aku bikin kembang goyang pake resep ini plek njiplek dan hasilnya ueeeenaaakkkkk banget. resepnya mbak di emang maknyus. tp kok punyaku nyerep minyak ya, apa apinya kurang gede ya? tp tetep aja kriuk enakkkkkk.

    Mey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Mey..memang untuk kue2 yang adonannya cair gini cenderung menyerap minyak Mba..jadi memang harus di tiriskan benar2 di tisu dapur biar minyaknya terserap. Kalau untuk usaha..baisanya pakai mesin peniris minyak itu lho Mba..:)

      Delete
  5. mba di...need help a lot nih..aku barusan eksekusi kembang goyang ini .. resep plek jiplek resep ini beserta tata caranya... cetakan di panasin dulu di minyak panas... tp kendala ku, pas cetakan di masukin ke adonan, pas diangkat langsung jatuh lg di adonannya, jd ngegumpal gumpak di mangkok adonan... pdhl sempet berhasil satu kali waktu celupan yg pertama... itu knp ya mba di? penasaran... pdhl enak bgt...oiya, cetakanku baru beli, ada perlakuan khusus kah untuk cetakan baru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ririn..cetakannya di panaskan dulu Mba..di minyak sampai benar2 panas..jadi begitu di celup ke adonan..langsung nempel dech ke cetakan adonannya. Nyelupnya sampai batas tinggi cetakan saja ya..jika melebihin nanti susah di goyang2 dan di lepas dari cetakan..:)..Janga luap adonan jug adi aduk2 dulu ya..sebelum cetakannya di celupkan..agar kekentalannay merata..nggakngendap di bawah. Yukk coba lagi ya..:)

      Delete
  6. maaf mba, saya ririn yg nanya barusan... kl komen pake profile google account ko ga bs ya.. tp kl pake anonymous malah bisa...hehehe...

    ReplyDelete
  7. Salam kenal mba Diah.Thanks resepnya ya mba..aku dah lama kepengen bikin kembang goyang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Nila..met coba ya..:)

      Delete
  8. Mba Di..mau tanya kalo pake gula pasir takarannya jd brp ya? Ga ada gula halus soalnya. Trs misalnya aku bikin adonannya mlm gorengnya bsk bisa ga ya? Adonannya tak masukin kulkas dlu Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya bun, yang di resep ini pake gula pasir halus 50 gr bukan tepung gula bunda.

      Delete
  9. Salam kenal mbak Di. Kuenya enak ga terlalu manis dan renyah. Tapi warnaku ga semanis buatan mbak. Krn klo warnanya timbul kurang kriuk. Klo kriuk hrs kecoklatan gitu. Tipsnya apa ya biar bisa spt contoh? Api yg kupakai sedang. Trims

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mbak Di. Kuenya enak ga terlalu manis dan renyah. Tapi warnaku ga semanis buatan mbak. Krn klo warnanya timbul kurang kriuk. Klo kriuk hrs kecoklatan gitu. Tipsnya apa ya biar bisa spt contoh? Api yg kupakai sedang. Trims

    ReplyDelete
  11. Salam kenal mbak Di. Kuenya enak ga terlalu manis dan renyah. Tapi warnaku ga semanis buatan mbak. Krn klo warnanya timbul kurang kriuk. Klo kriuk hrs kecoklatan gitu. Tipsnya apa ya biar bisa spt contoh? Api yg kupakai sedang. Trims

    ReplyDelete