Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review
  • Contact Me

Thursday, July 4, 2013

Tips Mengolah Bihun Jagung



Ini menu makan siang Yodha tadi..gara2 sibuk bikin kaldu daging..marut nanas buat stock selai, bikin sirup gula merah...dll nguplek kerjaan dapur..tau2 kok udah siang dan waktunya makan siang...jadilah masak yang cepat dan praktis tadi..bihun jagung goreng. Suka bihun jagung teman2..?..itu lho..bihun yang terbuat dari jagung..rasanya kenyal..tekturenya lebih kuat daripada bihun beras jika di masak..jadi aman buat yang lagi belajar masak..nggak bakal hancur. Rasanya enak juga..cuma kalau aku favorit tetep bihun beras yang klasik ya..karena lebih empuk.

Selain di masak seperti di buat bihun goreng begini..bihun jagung juga enak  buat pelengkap soto..karena tekture kenyal..jadi aman..di rendam di kuah panas..nggak bakal hancur, atau buat isian risol..isian martabak dll..sangat cocok juga. Atau mau di buat cemilan manis..bisa di buat putu mayang dari bihun jagung..praktis..nggak perlu nyetak2..dan nggak takut hancur..soalnya kan kenyal.

Bihun jagung ini..kalau di masak biasa..harus berani bumbu ya..supaya terasa..beda sama bihun beras biasa..yang di masak dengan bumbu minimalis aja..udah enak. Nah..kalau bihun jagung ini musti di tambah pelengkap sesuai selera..misal udang, telur, ayam suwir, bakso..sosis..dll sesuai selera dech..supaya tambah enak. Tapi tadi cuma ada bakso di kulkas..jadinya aku tambahin bakso aja..sama di geprekin udang 2 biji..biar lebih gurih...dan di makan sama telur orak arik..udah gitu aja..Yodha udah suka..nggak pakai nasi. Kalau mau buat lauk nasi bisa di tambahkan kecap lagi sesuai selera..jadi kayak semur gitu dech rasanya.

Yukk..mari masak bihun jagung teman2..murah meriah..sebungkus gini..cuma seribu rupiah saja..di tukang sayur ku tiap hari ada..hihi..jadi gampang banget carinya..apalagi di supermarket..banyak banget tuch beragam merk..dari yang belum berbumbu..sampai bihun jagung instan sekarang juga ada. Tapi..lebih enak di bumbuin sendiri lah pastinya ya..^^

Bihun Jagung Goreng

Bahan :
Sebungkus bihun jagung merk di atas / 65 gram
Bakso 5 buah , belah. 2 ekor udang segar
Sayuran, sesuai selera, bisa kol, caisim, wortel, daun bawang , dll
1 sendok teh kaldu bubuk / garam secukupnya
2 sendok  makan kecap manis ( sesuai selera )
1 batang seledri
Bawang goreng secukupnya

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Mebuat :
Rebus bihun jagung sesuai intruksi di kemasannya ya. Tiriskan
Tumis bumbu halus  hingga harum dan matang, masukkan bakso dan sayuran, aduk hingga sayuran layu. Msukkan sedikit air ( dikit aja di kira2 cuma untuk melumerkan bumbunya )
Masukkan bihun jagung dan semua bumbu lain, aduk rata dan masak  hingga meresap.
Taburi bawang goreng dan sledri, serta cabai rawit hijau jika suka.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...