Monday, July 29, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 21 ..Rawon Iga ( Jawa Timur )


Again..masakan berbumbu kluwak dan berkuah..dari Jawa Timur favorit kami.. Rawon Iga..^^. Kalau masak rawon..paling enak di makan setelah rawonnya nginap semalem..jadi bumbu2 makin meresap dan enak.Tapi langsung di makan setelah matangpun juga enak sich..hihi. Emang dasar tukang makan..semua enak dech...^^
Mau coba..yukk simak resepnya..nggak banyak cerita dulu ya teman2..mau ngebut bikin kue kering buat lebaran..hihi.
Rawon Iga 

Bahan-bahan  :
500 gram daging iga sapi
1.300 ml air
4 lembar daun jeruk buang tulangnya
1 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 batang daun bawang potong 1 cm
1 1/2 sendok teh garam / kaldu sapi bubuk secukupnya
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan gula merah / sesuai selera
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah keluak seduh
1 cm kunyit bakar
3 butir kemiri sangrai

Bahan Pelengkap:
sambal terasi
kerupuk udang
taoge
telur asin

Cara Memasak :
Rebus daging iga dan air sampai matang dan empuk dengan api kecil. Saring dan ukur 1.000 ml air kaldunya. Didihkan lagi.
Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Tuang ke rebusan daging. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang.
Sajikan rawon dengan pelengkapnya

21 comments :

  1. disini nggak ada keluak mb... hiks...
    pengen bgt makan rawon...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho..Mba Diah..( eh sama namanya..^^ ) emang tggl di mana mba ?..kalau masih di Indonesia..di supermarket biasanya ada juga lho..kayak c4 dll..^^

      Delete
  2. Kalau saya makan rawon, sambelnya harus 3 sendok makan Mbak Diah...segeeeer...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi..keren..^^..banyak amat Mba Devy..beneran 3 sendok makan??..rawit semua atuch..sambel rawon kan..^^

      Delete
  3. mbak diah, sy sudah coba, tp warna rawon nya kurang hitam dan keluaknya kaya ada kecil2 tidak menyatu dengan kuah rawon nya :( hiks.. cara mengolah kluwak itu bagaimana yaa mbak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Finah..kluwaknya kering ya?..Kalau kering di rendam dulu Mba..pakai air panas..biar bisa lembek dan bisa halus pas di ulek..jika bisa..pilih kluwak yang dalamnya lembek dan halus..itu mudah di haluskan dan bagus kualitasnya..cuma di colek dikit dulu juga ya..pahit atau tidak..soalnya..ada kluwak yang rasanya pahit juga..nanti rawonnya ikut pahit..jadi bumbu halusnya itu bener 2 halus menyatu antara bumbu lain dan kluwaknya Mba..jadi kayak pasta halus gitu lho..^^

      Delete
  4. Saya sudah coba resep rawonnya mba...Disini susah banget cari/beli makanan atau kue yg enak,jd mesti bikin sendiri.Baru hampir 2thn serius di dapur,hahaha..Pemula banget,hehehe...

    Terima kasih byk resepnya mba...Punya resep roti cane/roti maryam ga ya mba? Pernah bikin 4x tp keras semua,hiks....

    Membagi ilmu yg bermanfaat itu pahalanya besar loh..n dibawa smp mati.Aamiin...Salam kenal ya mba...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lisna..salam kenal juga ya..:)..Iya Mba..senang bis asedikit berbagi..:)

      Roti cane..aku malah belum pernah bikin Mba..kpn2 tak cobanya dulu yach..:)

      Delete
  5. Mbak Didi, terimakasih banyak atas resepnya, sudah saya coba tapi saya pakai daging sapi biasa (bukan iga), rasanya enak loh, terimakasih ya.
    Leonora Lhuillier :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Leo..sama2 ya..:)

      Delete
    2. Mbak Didi, mau nanya, itu kluwaknya setelah diseduh air panas, apakah airnya juga ikut dimasukin ke tumisan atau engga ya ? Terimakasih banyak. Leonora Lhuillier:-)

      Delete
    3. Di buang mba Leo..ambil kluwaknya aja..masih utuh kan..?

      Delete
  6. mba didi kalau beli keluak yg bgs dan ga pahit gimana caranya? Ibuku pernah bikin rawon tapi rasanya ada pahit2nya jadinya krg suka akunya
    -toni-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Toni..iya..ada keluak yang pahit memang..jadi cara terbaik adalah mencicipinya sebelum di pake buat bumbu..selengkapnya liat di sini ya..:http://www.diahdidi.com/2013/11/kluwaksalah-satu-bumbu-dapur-favoritku.html

      Delete
  7. Mba kalo dagingnya sekilo berarti bumbu2 halusnya dan rempah2nya dikalikan 2 ya jumlahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba....semuabumbu juga..kalikan 2 aja resepnya..:)

      Delete
  8. Mbak diah mo nanya kalo pake daging, dagingnya apa ya? Sirloin apa tenderloin? Trus kalo iga berarti beef with bone?

    ReplyDelete
  9. Mbak diah mo nanya kalo pake daging, dagingnya apa ya? Sirloin apa tenderloin? Trus kalo iga berarti beef with bone?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saging bagian iga, yang ada tulang mba..bilang aja beli iga gitu kalau di pasar.

      Delete
  10. Salam kenal mbak Diah..sy Rani dr Sby, penggemar resep mbak Diah, krn selalu jadi n pas di mulut.Mau nanya mbak sy browsing bbrp resep rawon, ada bbrp yg menggunakan asem jawa dan cabe besar. Sedangkan punya mbak tidak. apa perbedaan pd hasil akhirnya ya mbak?

    ReplyDelete
  11. Salam kenal mbak Diah..sy Rani dr Sby, penggemar resep mbak Diah, krn selalu jadi n pas di mulut.Mau nanya mbak sy browsing bbrp resep rawon, ada bbrp yg menggunakan asem jawa dan cabe besar. Sedangkan punya mbak tidak. apa perbedaan pd hasil akhirnya ya mbak?

    ReplyDelete