Google Ad

Tuesday, December 31, 2013

Sop Ceker


Terinspirasi dari warung sop ceker Pak To..yang aku posting reviewnya beberapa waktu lalu..akhirnya..aku pengen bikin sendiri di rumah. Lha..sop ceker aja kok mahal..hihi..seporsi 17 ribu..lha..buat beli ceker sendir kan dapat sekilo lebih itu..hihi...bisa jadi 5 porsi..^^
9

Wedang Ronde Komplit


Wah..hari terakhir di tahun 2013 nich ya teman2..nanti malam..udah mau tahun baru nich...selamat berpesta..buat yang mau ke pesta tahun baru ya teman2. Mau ke mana nich rencananya..? Kalau aku..hemm..mau keluar kok rada males ya..hujan terus..dingin..hihi. Padahal ada undangan sich beberapa perayaan pesta malam pergantian tahun..dari hotel dan juga dari EO yang ngadain acara malam pergantian tahun di Marina Semarang..tapi kalau hujan2 terus gini ya..kasihan Yodha. Tahun kemaren aja kita ke Resto Kampung laut..yang selalu ngadain acara pesta pergantian malam tahun baru dan pertunjukan kembang api paling bagus di Semarang..Yodha malah tidur..hihi...untung restonya ada saung2nya gitu..jadi pas acara kembang api baru di bangunin.

13

Monday, December 30, 2013

Wajik Klethik Bungkus Klobot Jagung


Wajik lethik...adalah jajanan manis terbuat dari kelapa parut dan ketan..yang di masak dengan gula hingga tanak..atau sampai mengering..kemudian di bungkus dengan klobot jagung atau kertas warna warni. Entahlah aslinya dari mana ya wajik klethik ini..yang jelas..di Jawa tengah..ada..di Jawa timur..daerah Blitar juga jadi salah satu oleh oleh khas..wajik klethik seperti ini..tapi biasanya pakai gula merah. Di Bandung juga ada juga wajik klethik ..cuma di campur agar2 adonannya..aku pernha bikin juga..tapi kurang suka..kalau yang di campur agar2..kurang bisa keset dan kering gitu wajiknya. 
15

Sunday, December 29, 2013

Ayam Kecap



Pagi ini..mau keluar cari sarapan kok rada males..karena udah capek kemaren jalan. Yodha juga bangunnya siang tadi..jadi nggak tega mau bangunin..ya udah..tengok bahan aja di freezer..masih ada sayap ayam 1/2 kg. Langsung dech di masak bentar jadi meu favorit Yodha..ayam kecap. Dan..beneran dech..pas Yodha bangun..langsung sarapan dengan lahap..^^
28

Sop Buntut Goreng Pak To ( Semarang )



Weekend...waktunya icip2 kuliner teman2..! ^^ 
Memang..aku suka masak...tapi..suka jajan juga..hihi. Jadi kadang ada teman yang heran..wong bisa masak apa2 sendiri di rumah..kok suka jajan di luar juga. Buatku..itu salah satu proses belajar juga sich..dengan mencoba berbagai macam masakan di resto atau di warung2 makan yang terkenal dan di sukai banyak orang..kita jadi bisa tau..citarasa masakan yang kayak gimana sich..yang di sukai orang2. kenapa warung atau resto tersebut bisa rame..dll. Kadang2 dari situ bisa juga ngulik resepnya..hihi..dan jika aku suka..bisa aku buat sendiri di rumah. Seperti beberapa resep yang paling banyak di cari di blog ini...di antaranya antara lain ya..dari hasil aku sering icip2 di warung terkenal atau resto, misal..steak crispy ala warung steak..atau ayam rambut setan ala Mbah Jingkrak..dll..banyak dech resep2 yang aku buat berdasarkan pengalamanku berkuliner ria di luar. Jadi..nambah ilmu bisa dari mana aja sich kalau menurutku..dan yang jelas..berwisata kuliner..itu sangat menyenangkan,..jadi paling nggak seminggu sekali..kita suka makan di luar dech..^^
4

Saturday, December 28, 2013

Asinan Bogor



Hujan..hujan..bikin asinan..hihi...gara2 pengen memanfaatkan mangga muda nich..mau bikin rujak kan tambah nggak cocok ya..musim hujan..akhirnya di bikin asinan buah saja..hihi. Tetep enak dan seger kok..anggap aja salad buah ya teman2..^^
13

Friday, December 27, 2013

Mencicipi Keju Mozzarella dari Australia..^^




Keju...biasanya aku doyan aja sich...tapi nggak begitu suka banget sich..tapi setelah nyicipin keju mozzarella yang dari Australia..oleh2 dari Rima..temanku yang tinggal di Australia..hemmm...jadi suka dech. Rasa kejunya enak banget Rim..makasih ya..jadi bisa nyicip dech keju yang enak. Kemaren aku pakai buat topping pizza...enak banget ! Beda sich..sama keju2 lokal sini..rasanya. Keju mozzarella Australia ini..lembut...soft dan nggak asin ya....pokoknya nggak neg gitu lho menurutku. Kata suami yang penggemar keju..juga enak banget.Wah..seandainya di Indonesia ada merk ini..walau mahal..aku beli dech kalau seenak ini Rim..hihi. Udah ada label halalnya pula..jadi bagus dech.
36

Thursday, December 26, 2013

Butter Cake Coklat Pisang


Kemaren ke rumah temen suami..nengokin istrinya yang baru lahiran...di suguhi brownies..eh Yodha kok makan habis 3 potong..terus katanya minta di buatin brownies di rumah. Ya udah..aku buatin..tapi bukan beneran brownies sich ini..tapi rasanya kayak brownies..nah lho..bingung kan..hihi. Ini jenis butter cake coklat aja..tapi pakai coklat leleh juga..jadi rasanya ya mirip2 brownies..tapi nggak terlalu berat dan berat tekturenya kayak brownies. Tekturenya ya..kayak butter cake..padat tapi empuk. Tapi aku salah pakai loyang..karena males tadi cari loyang pendek di tumpukan peralatan dapur..akhirnya pakai loyang agak tinggi..alhasil..dalemnya agak moist dan basah sedikit..tapi malah enak je..jadi kayak brownies beneran..hihi..dan Yodha malah suka.Cuma..karena ku kasih pisang..akhirnya..makannya di pritili..yang nggak ada pisangnya..hihi.

27

Wednesday, December 25, 2013

Putu Bambu


Pas pulang ke Yogya kemaren..iseng cari bambu di pekarangan..eh ada yang kecil2..langsung dech..iseng aku bawa pulang ke Semarang...niatnya sich..mau buat putu bambu gitu..yaitu putu dari tepung beras yang di cetak pakai bambu kecil2. Kemaren..langsung praktek..pakai tepung beras kemasan..hemm..hasilnya belum sesuai harapan..belum bisa kayak putu bambu di tukang putu keliling yang sering lewat depan rumah. Hihi..iseng banget ya teman2..lha wong tiap hari ada yang jualan di depan rumah kok ya repot2 pengen bikin sendiri. Yach..begitulah diriku..selalu penasaran untuk membuat sendiri jajan pasar yang unik di rumah. Selalu tertantang gitu..paling tidak..sekali dech pernah mencobanya sendiri..biar nggak penasaran. 
28

Tuesday, December 24, 2013

Jamur Krispi Praktis



Wah..tiap hari di Semarang hujan nich..cuaca juga lumayan dingin ya...gimana dengan di daerah teman2 ?..
Bawaannya laper terus nich..kalau hujan2 gini ya..hihi. Tapi aku malah seneng sich..Yodha jadi lumayan cepet laper..kalau dingin2 gini..bentar2 nengok meja makan..liat cemilan.
Ya udah..akhirnya tadi aku bikin jamur krispi..eh dia suka ternyata..padahal..dulu sering bikin juga..tapi belum mau dia. Tadi..pas masih anget2 lagsung aku sodorin dia..eh dia doyan..enak katanya..akhirnya..butter cookies favoritnya dia..di singkirin dech..ganti ngemil jamur krispi..di cocol saus tomat...terus cemal cemil.
Yodha memang lagi tak komporin buat makan banyak dan nyemil nich..gara2 kemaren di sekolah kan pas pelajaran math..lagi bahas mass...berat..nah..sekelas di timbang semua tuch..beratnya.
Eh ada anak cewek yang beratnya lebih banyak dari dia..terus dia bilang..aku harus lebih ..beratnya..dari temen2ku yang girl Mi..katanya...hihi..soalnya kata Miss..anak cowok harus lebih berat dari anak cewek..hihi..jadi semangat makan dech sekarang dia..! Memang dech..apa yang di bilang Missnya..pasti dech di perhatiin serius sama Yodha..hihi. tapi alhamdulillah..aku malah seneng sich..kalau dia suka makan dan ngemil.
8

Tahu Gejrot


Tadi pagi2 ke toko daging langganan..beli sosis buat Yodha..lumayan nich..libur udah mulai laperan terus dia..jadi lebih baik nyetok bahan2 yang dia suka. Sekalian beli saus barbeque..buat sosis panggang..dan buat pizza...hemmm..hujan2 gini..pas banget dech. Enak..di toko daging langgananku nich selain jual daging..sosis..bakso ..dll..juga jual bahan2 dan aneka saus yang unik dari luar yang nggak ada di supermarket biasa..jadi kalau butuh apa2 ke situ aja. tadi mau beli oregano..bay leave dll.. buat pizza..tapi tak pikir2..kalau terlalu origininal..kayak pizza Italy sausnya..Yodha malah nggak suka nanti..hihi..jadi nggak jadi dech..pakai saus tomato concase ala biasa aja ntar bikin pizzanya. Tapi..kalau ke toko itu..tak pernah ku lewatkan..beli tahu pongnya juga..abis enak banget sich..tahu pongya beda..udah gurih banget. Di bikin apa aja enak..atau di makan gitu aja pakai cabe rawit juga enak.

17

Monday, December 23, 2013

Bebek Goreng H. Slamet Cabang Jl. Gejayan Yogya



Yuhui..kemaren sempat one day trip..mudik ke Yogya...!..Cuma benar2 sehari dan sebentar aja sich..lha wong perjalanannya sendiri aja yang lebih lama dari biasanya. Super macet..maklum nich lagi awal liburan tahun baru ya...masak biasanya Semarang Yogya..cuma 2 atau 3 jam..kemaren tuch sampai 4 jam lebih..karena si komo lewat..alias macettt..hihi. Tapi nggak pa2 dech..yang penting sempat pulang setengah hari..dan ketemu keluarga di Yogya. Sorenya..ketemu sahabat lamaku yang tinggal di Australia..tapi baru mudik ke Yogya. Makasih banyak oleh2nya ya Rima..ntar aku posting dech pizza...kalau udah buat...pakai keju Mozarella Australia..asli..hihi. Sebenernya masih   kangen pengen ngobrol banyak..sayang suami udah harus kerja lagi Senin..jadi nggak bisa nginap di Yogya.
14

Saturday, December 21, 2013

Onde Onde isi Kacang Merah



Onde onde..si bulat chuby ini..siapa yang suka hayo..? Emang nak dech..kue tradisional yang satu ini..aku juga suka kok teman2. Biasanya kan isinya kacang hijau ya onde onde biasanya. Nah..kali ini aku coba isi dengan kumbu kacang merah. Hasilnya..tak kalah enak lho..dengan yang isi kumbu kacang hijau. Oh iya..kacang merah ini juga sangat bergizi lho..buat tubuh kita teman2..nggak percaya..bentar..aku browsing dulu ya..hihi...kandungan gizinya..dan taraa..beneran dech..benar2 sumber gizi yang bagus..terkandung di dalam kacang merah ini..aku kutipin di sini ya teman2..dari Ayahbunda.co.id :
14

Nogosari / Utri / Nagasari Tepung Beras


Lega..akhirnya Yodha selesai final testnya di semester pertama kelas dua ini. Kalau SD lain mungkin udah ambil rapot ya teman2..beda sama sekolah Yodha nich baru selesai tes akhir semester hari ini. Biasa..anak yang ujian..Emaknya yang ribut..menyemangati dan nemeni belajar. Padahal..kalau Yodha ya enjoy aja..mau tes..mau nggak ..nggak ada beda buat dia..hihi.Yodha tetep santai..nonton kartun..menggambar dll..setelah belajar.Yodha nich kalau udah sekali baca..udah..di suruh mengulang lagi atau menghafal berkali2..nggak mau dia.
Katanya..udah ngerti Mi..masak di ulang2 lagi dan akhirnya ya..sibuk..menggambar..main,nonton..ini itu..hihi.
Tapi alhamdulillah..kok ya nilainya bagus semua..udah ada 5 pelajaran dapet nilai 100..lainnya 90 lebih...paling  salah satu atau dua gitu aja sich kalau Yodha...termasuk math..padahal menurutku untuk ukuran kelas 2 tuch mathnya lumayan..udah agak banyak perkalian..pembagian sampai ratusan.. dll..dan sudah banyak soal cerita yang butuh penalaran...padahal buku pelajarannya semua berbahaa Inggris..eh tapi alhamdulillah cepet nyantel..hihi. Anak2 sekarang emang lebih cepet nangkep kali ya..di banding jaman kita kecil dulu..perasaan dulu belajar sampai kebut semalam di ulang2..suka masih ada aja yang lupa..hihi..*pengalaman pribadi..*

14

Friday, December 20, 2013

Ayam Pok Pok



Teman2 tau nggak apa itu ayam pok pok ?..hihi..namanya lucu ya. Ayam pok pok..adalah olahan ayam tepung krispi..tapi berupa fillet kecil2 ayam yang di balut tepung dan di goreng hingga renyah. Ada brand  terkenal kan..yang jual ayam pok pok kemasan gini..pasti tau dech. Atau di resto fast food Jepang yang terkenal juga ada ya kayaknya..ayam pok pok di sajikan dengan kentang goreng. Intinya nich ayam pok pok itu..ayam goreng krispi..tapi yang di pakai bagian fillet daging ayam dan di potong kecil2..jadi enak makannya..nggak ada tulang2nya..dan yang pasti bisa kriuk dan matang sempurna..karena daging filletnya sudah di potong kecil2..jadi cocok dech buat anak2.
16

Thursday, December 19, 2013

Lentog Kudus



Lentog...adalah masakan khas Kudus. Biasa di makan buat sarapan. Di Kudus..ada satu sentra tempat para penjual lentog di pagi hari yang cukup terkenal..yaitu lentog Tanjung. Beberapa waktu lalu..pas ke Kudus..sebenernya penasaran pengen cobain aslinya di Tanjung itu. Tapi kok ya..cuma niat aja..karena makan Soto Kudus aja udah kenyang..apalagi di tambah lentog ..wah nggak kuat dech. Yach..begitulah kalau lagi iseng..cari sarapan aja ke Kudus..hihi. Niatnya sich mau mencoba berbagai macam kuliner khas Kudus..tapi ternyata..di sana tidak ada tujuan lain..misal tempat wisata gitu..dll..jadilah abis makan Soto bingung mau ngapain di Kudus..pulang dech..hihi. Jadi..sampai sekarang masih penasaran dengan lentog Kudus ini..jadi lebih baik bikin sendiri di rumah.
2

Dorayaki..atau Kue Apem..?


Sudah lama aku penasaran sama yang namanya kue Dorayaki..kuenya Doraemon tuch lho teman2...yang dari Jepang. Dari dulu nyoba beberapa resep kok belum sreg..sampai akhirnya aku hunting dan mencoba beberapa resep dari blogger2 ternama dari Jepang..barulah aku tau..ternyata memang begitulah aslinya Dorayaki. Hemm..rasanya..kalau buatku kok lebih enak pukisnya Indonesia dech..hihi.

6

Wednesday, December 18, 2013

Kue Mochi Pandan


Mochi....dulu nggak kebayang dech cara bikinnya..kayaknya rumit gitu...tapi ternyata nggak lho. Mudah saja. Yang agak ribet paling membentuknya..karena adonan sangat lengket. Hingga akhirnya aku ketemu triknya..musti pakai plastik..baru bisa rapi membentuk dan mengisi mochinya bisa rapi.
22

Cwie Mie Malang



Sisa mie basah yang aku buat kemaren..aku bikin Cwie Mie ..enak sekali juga..karena mie nya fresh dan homemade. Cwie mie adalah olahan mie khas Malang..sebenernya hampir sama dengan mie ayam ..tapi cuma beda di rasa tumisan aja..kalau cwie mie ini..tumisan ayamnya lebih gurih rasanya...karena memakai kecap asin. Kalau mie ayam..cenderung manis tumisan ayamnya, karena memakai kecap manis. Suka semua sich kami kalau olahan mie begini..Yodha dan suami juga suka. Tapi pada akhirnya..kalau kami ya tetep jadinya mie ayam..soalnya pasti makannya pakai kecap dan saus juga..^_^

6

Tuesday, December 17, 2013

Membuat Mie Telur Sendiri...Mudah Lho..^^


Bikin mie telur homemade..nggak susah lho teman2...aku tadi..nggak sampai sejam udah jadi dech mie telur homemade yang fresh..yang pulen..enak dan kenyal. Sekaligus menjawab pertanyaan mas Alfan..yang kemaren nanyain cara bikin mie ya..tapi aku taunya bikin mie pakai telur sich..jadi..kalau mas Alfan cuma pakai air..yang mungkin saja..mienya jadi berlendir ya pas di rebus. Itu perkiraanku sich.
50

Tahu Pong Kuah Khas Semarang



Mungkin..banyak orang hanya tau makanan khas Semarang itu yang terkenal..yaitu lumpia rebung..tahu gimbal..bandeng presto. Padahal..masih ada banyak kuliner lain khas Semarang...salah satunya..tahu pong kuah. Apa itu?..Aku juga bingung sich...mau di bilang cemilan atau makanan berat ya..tahu pong kuah ini..kalau cemilan..makan seporsi kok ya mengenyangkan..hihi. Kalau di bilang makanan berat..tapi isinya kok ya cuma lauk semuanya..dengan bahan utama tahu pong, di tambah telur rebus yang di goreng dan juga gimbal udang. Mungkin itulah mengapa makanan ini di sebut tahu pong..ya karena bahan utamanya tahu pong..hihi. Tahu pong..tau ka teman2 ya..yaitu tahu yang jika di goreng tengahnya kopong. Tahu pong ini..katanya..dulu asal mulanya adalah perpaduan..antar masakan Cina dan masakan lokal..semarangan.
5

Monday, December 16, 2013

Lapis Singkong Coklat


Masih..edisi jajanan dari singkong...hihihi..! Kalau di buat buku..kali udah jadi satu buku ya teman2..jajanan singkong di blog ini..soalnya sering banget ngolah singkong..^^ Ya penting..rasanya enak..dan bahannya murah meriah..pasti dech ..akan selalu masuk dalam postingan blog ini..hihi. Kali ini aku bikin lapis singkong..kayak yang aku buat belum lama..tapi aku modifikasi rasa coklat. Karena baru uji coba..rasa coklatnya aku buat selapis dulu..takut nggak enak gitu..hihi..tapi ternyata..enakk lho..! Sipp next time bisa di banyakin lapisan coklatnya. Kemaren biar tetep keliatan berlapis2..yang tengah aku kasih gula merah..terus yang bawah tetep warna putih. Pertama yang tengah mau ku kasih rasa moka..jadi tetep bisa berlapis kan warnanya..coklat muda gitu..cuma masih ragu2..takut nggak enak..ya udah..cari aman..kasi gula merah aja..yang jelas2 enak kan..^^

8

Pembukaan Vien's Resto Semarang


Dalam beberapa postingan ..aku sering menyebut, jika membeli daging..sosis..bakso..dll..selalu di toko daging langgananku ya teman2..yaitu toko daging Nandisari yang ada di Karangrejo Banyumanik Semarang. Nah....hari Sabtu kemaren...toko daging Nandisari..membuka resto baru. Kebetulan yang punya yaitu Bapak Widyawan..adalah temen suami..jadi kita di undang di acara pembukaan resto tersebut.
13

Bakwan Singkong


Singkong lagi..singkong lagi...hihi..sering banget ya aku ngolah singkong ya teman2. Ya memang selalu enak sich di buat apa aja. Murah meriah pula bahannya. Pokoknya..kalu ke pasar..liat singkong yang bagus2..yang kulit dalamnya pink..langsung dech di beli. Singkong jenis ini..mempur..enak di buat apa aja..dan nggak langu. Kemaren aku buat lapis singkong lagi..tapi versi beda..rasa coklat..enak juga. Masih sisa sedikit parutan singkongnya..ya udah..sekalian di buat bakwan singkong aja.
6

Sunday, December 15, 2013

Mendoan Bumbu Ebi



Cuma posting mendoan aja ya pagi ini teman2..hihi. tapi mendoannya beda kok..lebih gurih ini..karena memakai bumbu ebi. aku coba2 resep kok hasilnya oke..jadi lebih gurih dan enak..jadinya di posting saja dech...walau udah sering posting mendoan dalam berbagai versi ya..tapi ini beda bumbu..jadi beda rasa juga lho. Kalau mau tips2 bikin mendoan komplet..liat di postinganku dulu di sini ya.
6

Saturday, December 14, 2013

Ikan Bawal Acar Kuning


Ikan bawal air tawar..termasuk salah satu ikan yang mudah di temui di pasar2 tradisional ya teman2. Ikan ini..di banding ikan laut jauh lebih segar..biasanya. Dagingnya enak..durinya sedikit..jadi paling enak di masak apa aja...di buat ikan goreng..ikan bakar dll. Nah..biar nggak bosan..aku masak versi beda kemaren. Aku buat bawal acara kuning. Hemm...enak dan gurih..asam manis segar...!

9

Friday, December 13, 2013

Kue Lobak Goreng (Chai tau Kway)


Siang teman2..sudah makan..?..Mau makan Chai Tau Kway..?..Yukk..mari ke Singapura...hihi..eh nggak usah ding..cukup ke rumahku saja..barusan aku masak kue lobak goreng ala Singapura atau Malaysia ini dech...atau di sebut juga Chai tau Kway..kalau nggak salah lho ya..hihi. Gara2nya kemaren liat Asian food channel..di acara *makan unlimited* tuch lagi membahas dan mencicipi soal Kue lobak goreng atau kue wortel ini..dan mencoba berbagai versi kue lobak goreng ini..di beberapa tempat di Singapura dan Malaysia. Oh ya..apa itu kue lobak goreng..bentar ya..aku ceritain sedikit..dari hasil menyimak acara di Afc kemaren.
15

Gimbal Udang


Gimbal udang..sepintas makanan ini nampak seperti bakwan atau peyek udang ya teman2..tapi..bukan. Gimbal udang bukan peyek..bukan juga bakwan udang..nah lho..lalu apa dong ?..hihi. Di tengah2nya dech..lebih renyah dan garing di banding bakwan..tapi..juga tidak segaring peyek..nah lho..bingung ya teman2..?..Daripada bingung..cobain aja dech sendiri ya..nanti akan tau bedanya. Gimbal udang nich luarnya garing renyah..tapi dalamnya masih sedikit basah..chewy, kenyal  lembut gitu..kayak bakwan.

0

Tepung Sagu Versus Tepung Tapioka



Dalam banyak resep yang aku tulis di blog ini..di antaranya banyak yang memakai bahan atau campuran tepung sagu. Nah..banyak juga nich teman2 yang komen atau email..nanyain tepung sagu itu kayak gimana..beda nggak sama tepung tapioka..dll..sampai ada yang susah nyarinya...dll. Mumpung aku lagi punya tepung sagu nich...jadi keingatan buat motret kedua tepung tersebut..semoga bisa jadi gambaran buat teman2..yang selama ini masih bingung ya..apa itu tepung sgau..apa itu tepung tapioka.
76

Thursday, December 12, 2013

Kue Lapis Beras Labu Kuning & Coklat




Kalau ke pasar..aku selalu belanja di mbah2 yang suka bawa hasil panenan sendiri dari kebunnya..misal ubi..singkong..labu dll. Jadi...udah reflek selalu mengiyakan ketika di tawari labu kuning...walaupun cuma beli sepotong..dan belum kepikiran juga kadang mau di buat apa. Seneng aja sich..bisa sedikit memberi rejeki kepada mbah2 yang masih semangat mandiri dan bekerja seperti itu itu. Kayak kemaren ..kok ya di tawari labu kuning..langsung manthuk aja dan aku beli. Karena kemaren belum kepikir mau di buat apa..akhirnya baru hari ini aku buat jajan pasar,..pas..mumpung suami lagi puasa..jadi bisa buat menu pembuka nanti sore.Walau jadinya banyak juga sich..akhirnya tadi ku bagi2 ke mba art ku buat di bawa pulang..dan budhe tukang sayur..^^
34

Ayam Goreng Bogor Plus Sambal Korek


Ayam goreng...nggak ada matinya ya teman2..pasti selalu tersedia buat menu di rumah..jika lagi kehabisan ide masak. Nah..sebenernnya ayam goreng itu di Indonesia..banyak banget variasinya..dengan bumbu yang sedikit berbeda aja..udah jadi beda rasa lho. Jadi..aku suka kalau memasak ayam goreng tuch..dengan aneka bumbu2..atau jenis ayam goreng dari berbagai daerah.Mungkin sepintas..ya sama saja bumbunya..tapi kalau kita udah nyicip..ya beda2 kok. Kayak soto juga..masing2 daerah di Indonesia..punya resep soto masing2..kalau nggak di coba satu2..ya nggak tau beda rasanya gimana..jadi kalau aku..lebih baik mencoba dulu aneka resep dari berbagai daerah tersebut..dan biarkan lidah kita yang menilai rasanya.
6

Wednesday, December 11, 2013

Mie Ongklok Khas Wonosobo



Pagi2 mendung..dingin tadi..jadi ingat mie ongklok..khas Wonosobo..yang emang enak di sajikan di udara sana yang dingin. Akhirnya..nguplek sebentar di dapur..jadi dech semangkuk mie ongklok..buat diriku sendiri..hihi. Soalnya lauknya cuma tempe kemul..kalau suami ya..mana mau...harus pakai sate sapi gitu kalau makan mie ongklok. Pagi2 mau nyari sate sapi ke mana coba..hihi..akhirnya buat suami aku bikinin mie godhok Jawa aja..hihi. Wo alah..ribet amat ya teman2..sarapan berdua aja beda2 menunya..sendiri2...hihi...tapi buatku..no problemo..seru..!
7

Bakso Tahu Ikan


Wah..senengnya..setelah punya food processor lagi..walau kecil..tapi cukuplah buat memudahkan urusan di dapur..kalau bikin makanan yang perlu mencincang atau menggiling daging lagi. Dulu punya ku yang lama pecah..jadi cukup lama harus bersabar mencincang2 aneka daging untuk di jadiin aneka olahan..kayak empek2..siomay dll. Sampai berisik dech kalau bikin daging cincang gitu,..kan musti pakai pisau besar dan di cincang2 sekuat tenaga..hihi..kayak orang marah. Sampe mba art tuch bilang..wah..ibu mulai nich..ngamuk..kalau mau bikin siomay..hihi..iya..ngamuk sama ikan tenggiri..di cincang2 habis..sampai halus..hihi. 
15

Tuesday, December 10, 2013

Ayam Goreng Tepung Krispi..Versi Baru



Ayam goreng krispi….sering banget bikin lauk ini..karena Yodha lagi suka banget. Memang sich..banyak yang jual ya..ayam tepung gini..di pinggir2 jalan juga banyak..kfc..juga..deket sama rumah..belum lagi aneka merk2 ayam goreng tepung lokal bermunculan dech niru2 kfc..di daerah Semarang atas nich..banyak banget sekarang bermunculan versi resto2 fast food kecil ala ayam kfc..hihi...kayak rocket chicken..atau apa lah..banyak dech. Tapi..aku kok lebih suka bikin sendiri di rumah..tetep..lebih bisa di sesuaikan selera dan juga..lebih sehat dan hemat tentu saja..karena paling tidak minyak yang di pakai selalu baru..nggak kayak kalau beli..^^

52

Mie Goreng Kampung



Mie pasar..atau mie kuning basah yang di jual di pasar2..aku kok suka ya..padahal sich minus telur kayaknya dalam pembuatannya. Warnanya kuning tua..dan rasanya sedikit asin. Di banding mie telur buatan pabrik..untuk membuat mie goreng atau olahan mie lain..aku kok lebih suka mie pasar ini. Rasanya..terasa jadul gitu..hihi. Ada aroma khas..yang membedakannya dengan mie telur kemasan. Dulu sich sempat beredar isu mie pasar formalin ini..tapi..mudah kok membedakan mie yang mengandung formalin dan tidak..yang mengandung formalin tuch terlalu kenyal dan nggak mudah putus..kalau yang nggak pake..mudah putus dan empuk. Aromanya juga ketauan kok..kalau pakai bahan2 gitu.
2

Monday, December 9, 2013

Sagon Basah


Kangen dech pengen makan sagon basah..kue tradisional khas Yogya..yang dulu sering di buat di rumahku ketika ada hajatan..dll. Biasanya kalau ada hajatan...jarang dech snacknya cake..dll..kalau di tempatku..tapi selalu kue2 tradisional..yang di buat rame2 dengan keluarga..atau tetangga kiri kanan yang *rewang*..atau membantu secara sukarela. Kue2 tradisional yang di buat antara lain..lemper, mendut, utri, cara bikang, dll. Nah..kalau di rumahku dulu sering bikin sagon juga kalau ada hajatan. Mungkin banyak yang tidak tahu sagon itu kue apa ya..taunya pasti sagon yang versi kue kering. Kalau di tempatku sagon..adalah jajanan tradisional versi basah..yang nggak awet. Paling bertahan sampai dua hari saja. 
12

Cake Singkong



Punya singkong bagus..sisa bikin lentho kemaren..karena belum punya ide baru mau di buat apa..akhirnya keingat dulu pernah liat cake singkong di blog Tiffinbiru Dapur Tanpa Sempadan. Akhirnya coba aja dech kemaren. Dan ini dia hasilnya. Cake ini memakai singkong parut. Unik juga rasanya..cuma kalau aku kok lebih suka singkong di buat jajanan tradisional daripada cake..hihi. Tapi jika ingin variasi olahan singkong..silahkan di coba ya teman2..berikut aku terjemahkan resepnya ya..^^

Cake Singkong

Bahan bahan :
190 g mentega
160 g gula halus
3 butir telur
120 g tepung terigu protein sedang
1/2 sendok makan baking powder
420 g singkong parut
1/4 cup susu kental manis
1/2 sendok teh vanila essence

Cara membuat :
Panaskan oven 175 C
Olesi loyang dengan mentega dan taburi sedikit terigu
Kocok mentega dan gula hingga putih, masukkan telur satu persatu , masukkan singkong parut, aduk rata.
Dengan speed rendah, masukkan tepung terigu dan susu bergantian hingga habis. Aduk rata. Terakhir masukkan vanila. aduk rata.
Tuang ke dalam loyang, oven 30 menit hingga matang ( tergantung oven masing2 )


4

Sunday, December 8, 2013

Arem Arem Isi Ayam


Kalau Jepang punya masakan khas nasi gulung..sushi..wong Jowo juga punya lho..nasi gulung isi..yaitu arem arem...hihi. Sushi..versus arem arem ?..Kalau di suruh milih..aku ..pilih arem arem saja dech..lebih enak..!..hihi. Dasar...lidah lokal..ya teman2. Tapi beneran lho..arem arem ini enak sekali. Nasi gulung yang di isi dengan aneka macam sambel goreng, bisa sambel goreng daging cincang, ayam, sambel goreng kentang dan ati, atau yang versi ekonomis..isi sambel goreng tempe atau tahu pun juga tak kalah yummy.
44

Saturday, December 7, 2013

Lentho Kacang Tanah



Wah...udah siang..baru sempat buka komputer. Biasa..kalau Sabtu nich Yodha libur..berasa tambah sibuk gitu..dari pagi ke sana kemari..minta ini itu..udah dech tau2 udah siang aja. Kompor juga masih nyala..lagi  ngukus arem2..hihi...di sambi online dulu. Tadi pagi sempat bikin cemilan buat pak tukang yang lagi kerja di rumah..mbersihin halaman. Memanfaatkan bahan yang ada..aku bikin lentho...eh tapi lagi nggak punya kacang tholo..ya udah pakai kacang tanah aja yang di iris kecil2...enak juga lho.
6

Friday, December 6, 2013

Soto Ayam Madura


Mendung terus menggantung dech dari pagi..paling enak makan yang seger2 berkuah panas..pas banget buat badan yang agak kurang fit. Pilihan akhirnya jatuh ke Soto ayam Madura..mumpung tadi ke pasar beli ayam kampung..jadi sedep di buat kuah soto kaldunya. Berbagai resep soto udah aku coba..suka semua sich soto2 dari berbagai daerah di Indonesia..salah satunya yang aku sukai ya soto Madura. Soto Madura ada dua macam..yaitu soto daging..yang lebih minimalis bahan2nya..ndak ribet pak pelengkap macam2..isinya cuma daging dan jerohan aja..kemudian di makan dengan ketupat / nasi, dan soto ayam. Nah..kali ini aku lebih pilih yang versi Soto ayamnya saja..karena lengkap isinya..ada sayurannya juga..dan rasanya juga lebih ringan..karena memakai kaldu ayam.  Kalau pas lagi fit sich..biasanya juga suka banget soto madura versi daging yang pakai jerohan..hihi.

12

Kue Krasikan



Krasikan adalah salah satu kue tradisional dari Jawa Tengah. Mungkin di daerah teman2 lain juga ada kali ya..kue sejenis ini. Tapi aku mengenal krasikan ya..udah dari kecil..karena dulu ibu suka bikin krasikan sendiri di rumah kalau ada acara.
16

Tehnik Memanggang Au Bain Marie



Apa yang di maksud tehnik memanggang dengan cara au bain marie..? Buat yang sudah lama menggeluti baking ..mungkin istilah itu sudah terbiasa ya..tapi buat yang baru belajar baking..mungkin masih sedikit bingung dengan istilah asing tersebut. Kemaren aku sempat bikin klappertaart lagi..dan sempat motret pas manggangnya..jadi pengen nulis tentang tehnik mengoven dengan cara au bain marie ini. Semoga sedikit bermanfaat buat teman2 yang baru belajar baking. Tehnik au bain marie adalah istilah dari Perancis, yaitu mengoven dengan tehnik water bath..atau di rendam di air.


46

Thursday, December 5, 2013

Sup Bening Bola Bola Tahu



Karena persediaan lauk di kulkas menipis..sementara badan kok masih males di ajak ke pasar..hihi..jadinya masak seadanya hari ini. Seketemunya bahan yang ada di tukang sayur tepatnya. Karena tukang sayur langgananku nich termasuk laris dagangannya..karena sebelum keliling..dia mangkal dulu di dekat sekolah gitu jadi banyak langganan ibu2 yang ngantar sekolah anaknya. Sampai rumahku udah jam 10 an kadang udah nggak kebagian apa2 kalau nggak pesan duluan. Karena sibuk ini itu..di rumah...kadang mau nelp dulu ya nggak sempat. ya sudah..terima aja..bahan yang ada..hihi. 
3

Wedang Tahu


Masih lanjut postingan olahan dari sari kedelai ya teman2..kali ini wedang tahu. Produk lanjutan sich sebenernya dari susu kedelai tawar. Lha kemaren itu beli kedelai 250 gram..kok ya langsung aku rendam semua..padahal kalau di buku resep dari soya milk makernya tuch..segelas cuma butuh sedikit aja kedelainya. Akhirnya jadi 2 liter lebih kemaren susu kedelainya. Nggak mungkin kan keminum semua bertiga..hihi. Akhirnya sebagian di buat wedang tahu ini buat minuman sore hari..dan sebagian lagi aku buat egg tofu.

29

Wednesday, December 4, 2013

Tips Membuat Susu Kedelai Homemade



Dulu..paling males bikin susu kedelai sendiri..karena harus ribet nyaringnya itu lho..hihi..malas banget. Soalnya kalau nggak pake saringan kain nggak bisa halus susu kedelainya. Akhirnya..setelah daku tergoda produk gadget dapur dari sebuah home shopping dan akhirnya pesan juga..hihi..kumat..belanja gadget dapur baru lagi akhirnya..hihi. Tapi menurutku memang agak lumayan ekonomis sich harga gadget dapur yang ku beli ini..satu harga..dapat 7 alat sekaligus..ada juicer..blender..soya milk maker, food processor, meat mincer, grinder, orange juicer. Eh...malah di iklan terbaru di bulan Desember ini..tambah satu bonus..mixer blender..wua...nyesel...kok nggak beli bulan Desember ini aja..hihi..*pikiran mak irit..kumat..*

Tapi memang..sejak punya alat buat bikin susu kedelai jadi super praktis dan nggak perlu ribet. Sebenernya sich..kalau mau telaten..bikin susu kedelai itu juga nggak susah2 banget sich. Cuma..kalau ada alat yang lebih praktis..ya aku pilih aja yang lebih praktis..hihi. Kalau pakai soya milk maker ini..nggak perlu nyaring2 pakai kain lagi..karena di dalam blendernya sudah ada penyaringnya yang halus banget lubangnya..kayak lubang2 kain dech. Jadi cukup sekali blender..keluar udah jadi susu kedelai siap minum. Karena memang resep yag aku dapat dari buku resep di alat ini super praktis. Tinggal rebus kedelai hingga setengah matang, lalu di blender dengan air dan gula secukupnya. Kalau mau rasa lain misal strawberry tinggal di blender sekalian buah strawberrynya. Praktis banget sich. tapi..karena aku suka susu kedelai yang nggak terlalu langu..maka aku ikuti proses membuat susu kedelai konvensional sebagian prosesnya..yaitu pertama aku rendam dulu kedelainya sampai mekar, lalu di kuliti hingga bersih kulit luarnya. Ini yang membuat susu kedelai nggak langu. Setelah itu baru akau rebus setengah matang, lalu di blender dengan air hangat secukupnya. Sudah..jadi..siap minum dech susu kedelainya..dengan di tambah gula atau madu. Kalau aku..lebih suka ku kasih sirup gula merah yang aku rebus dengan jahe dan daun pandan serta sedikit garam. Jadinya susu kedelainya..enak..manis alami dan tambah gurih rasanya. 

Oh ya..jika mau buat susu kedelai secara biasa..di saring dengan saringan kain bersih ya teman2..supaya nggak berampas susu kedelainya. Jika mau buat dalam jumlah banyak..setelah di kupas kulit arinya..bisa di blender langsung kedelainya dengan air hangat secukupnya, lalu di saring. Setelah itu hasil saringan di rebus sampai mendidih. Jika mau kaya rasa, bisa di tambahkan jahe dan daun pandan serta sedikit garam. jadi dech..susu kedelai homemade yang sehat. Oh ya..susu kedelai bisa juga di buat wedang tahu lho teman2..yang di makan dengan kuah jahe..rasanya..enak sekali, lembut dan hangat..cocok dech buat musim2 hujan gini..atau bisa juga di buat tahu telur.

Selamat mencoba ya teman2..semoga bermanfaat sedikit tipnya..pokoknya selalu berprinsip..homemade is the best..^^

24

Bakmi Ketoprak


Bakmi ketoprak...mungkin agak kurang familiar ya teman2 nama makanan dari Solo ini. Ya memang..karena di Solo sendiri yang jual bakmi ketoprak juga cuma sedikit. Ada dua warung bakmi ketoprak yang terkenal di Solo..yaitu warung bakmi ketoprak Yu Nani..salah satunya yang ada di Jl. Pandu Dewata, Kartopuran, Solo.
Jl Pandudewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan, Solo

See more at: http://terasolo.com/kuliner/bakmi-toprak-yu-nani.html#.dpuf
Jl Pandudewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan, Solo

See more at: http://terasolo.com/kuliner/bakmi-toprak-yu-nani.html#.dpuf
Jl Pandudewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan, Solo

See more at: http://terasolo.com/kuliner/bakmi-toprak-yu-nani.html#.dpuf

14

Tuesday, December 3, 2013

Plecing Kangkung



Plecing kangkung ini jodohnya Ayam Taliwang...yang barusan ku posting resepnya tadi...serba pedas dech jadinya..karena ayam Taliwang sendiri kan udah pedas..nah plecing kangkung ini pun tak kalah pedas. jadi..selamat berpedas ria ya teman2..buat yang suka pedas..^^
4

Ayam Taliwang



Beberapa waktu lalu dapat kiriman terasi Lombok dari mba Finah..makasih ya Mba..^^ Jadinya aku pengen masak masakan khas Lombok..mumpung ada terasi asli sana. Akhirnya kemaren bikin ayam Taliwang. Ayam bakar pedas khas Lombok. Ayam Taliwang ini biasanya di sajikan dengan Plecing Kangkung. Sekarang aku posting resep ayam taliwangnya dulu ya teman2. Buat penggemar pedas..pasti suka dech ayam Taliwang ini. Nggak perlu pakai sambel lagi makan ayam bakarnya..udah pedas. Tingkat kepedasan..bisa di sesuaikan selera ya teman2..mau pedas banget..tambahin aja cabe rawitnya. 
13

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel