Google Ad

Friday, October 11, 2019

Bubur Ayam Semur

Bubur Ayam Semur

Pagi,

Weekend gini paling enak sarapan bubur yuk teman2, kali ini aku buat bubur ayam, kuah semur ayam 😘😘 Bubur semur gini paling enak di makan sama cakwe....πŸ˜‹πŸ˜‹ 

Bubur Ayam

Bahan bubur ayam :
  • 150 gram beras, dicuci bersih
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 1.750 ml air kaldu ayam
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat :
  • Masukkan semua bahan ke dalam rice cooker, pilih opsi tombol bubur, tunggu hingga matang, aduk2.. jadi dech bubur dengan sendirinya.
  • Tapi jika nggak ada tombol khusus bubur di rice cooker..di masak seperti masak nasi biasa ya..tapi sesekali di cek dan di aduk2..hingga jadi bubur yang lembut dan kental... karena kalau rice cooker yang biasa ngga ada timer khusus untuk bubur.

Semur Ayam :
  • 250 gram daging ayam, potong kecil2 sesuai selera
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica butiran
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Kecap 4 sendok makan
  • Garam secukupnya, air 500 ml

Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam , air dan bumbu2 lain.
  • Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah agak mengental
  • Sajikan dengan bubur, telur pindang, cakwe, sate telur puyuh, sate usus, daun bawang, sambal, bawang goreng, kerupuk πŸ˜˜πŸ˜‹
0

Pia-Pia Udang

Pia-Pia Udang.
Malam,

Cemilan sore tadi, favorit di rumah...ngga pernah bosen..sama gorengan yang satu ini 😘😘 Bikin sedikit adonan saja, satu adonan jadi 7 buah thok, anget2 di makannya πŸ˜‹πŸ˜‹ Resep udah sering aku upload ya di sini, yang versi adonan sedikit ini barusan aku upload juga di YouTube ya, cara gorengnya lebih detail kalau di YouTube, serta tips2 ya.


0

Gulai Nangka Muda

GULAI NANGKA Muda.

Sore,

Yodha hari ini request Ayam Pop lagi, jadi aku iseng masak Gulai Nangka Muda ala Padang..cuma *ala* lho ini..soale aku tetap kasih sedikit gula masaknya 🀣🀣 

Bahan:
  • 250 gram nangka muda, rebus sebentar setengah empuk
  • 5 lembar kol
  • 5 lonjor kacang panjang
  • 200 gram Tetelan, potong kecil
  • 2 daun jeruk
  • 1 serai
  • 2 cm lengkuas
  • 1500 ml santan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam, gula jika perlu
Bumbu halus:
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 10 cabai merah keriting
Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus (bisa juga tanpa di tumis)
  • Masukkan tetelan, aduk hingga berubah warna.
  • (Tetelan tidak perlu di rebus dulu karena di masak lama dengan nangka, nanti empuk juga) 
  • Masukkan santan, bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan nangka, kol, kacang
  • Masak api kecil hingga meresap
Selamat mencoba!

0

Thursday, October 10, 2019

Tahu Isi Rebung

Tahu Isi Rebung.
Cemilan Yodha sore ini,


Dia suka tahu isi, biar nggak bosen isi sayur biasa, aku isi tumisan rebung, seperti isian lumpia yang gurih manis.

Ini rasanya enak banget, kalau orang Semarang mesti banyak yang tau ini biasa di jual di tukang gorengan juga atau di pasar, kadang di bakery yang jual jajanan tradisional juga ada.

Pertama makan dulu awal2 pindah Semarang agak heran, tahu isinya rebung tapi langsung suka, karena rasanya enak sekali. Jadi ingat dulu sering beli ini pagi2 di Mbah2 yang jual Pecel, Gorengan, sama Setup Pisang. Yaa..Setup Pisang di jual pagi hari malahan kalau di Semarang πŸ˜ƒπŸ˜ƒ #reseptahuisirebungdiahdidi

Selamat mencoba!


0

Wednesday, October 9, 2019

Kue Krasikan

Kue Krasikan
Mumpung masih punya beras ketan banyak, aku lagi semangat nich bikin kue2 tradisional dari ketan.

Kali ini aku bikin kue krasikan..kue jadul..yang bikinnya kelihatan ribet, tapi sebenarnya mudah kok.

Resep Krasikan bisa dilihat di link video: https://www.youtube.com/watch?v=H3DQcssvodY

Siapa yang suka krasikan..ini resep dari ibuku, tanpa santan, jadi lebih awet ngga mudah tengik..asal ketan dan kelapa nya di sangrai hingga matang betul dan kering..rasanya sudah pas, manis ngga berlebihan, terus gurih dari kelapa, dan ada rasa krenyes2 khas krasikan, karena beras ketan nya di haluskan hingga berbutir2 kecil saja, tidak sampai halus ya.. πŸ˜‹πŸ˜‹ Selamat mencoba teman2 jika suka ya... Chopper yang aku pakai untuk menghaluskan ketan dan kelapa sangrai, Mitochiba..ada dua macam ya...ini infonya :

Mitochiba CH 100 ( 2 pisau)
πŸ”ΉHarga 459 Rb
πŸ”ΉDapet 2 Gelas : 1.5 Liter dan 700 Ml πŸ”ΉPisau 2 Lapis 1 di indonesia ( Double blade)
πŸ”Ήbisa cincang daging/ ayam/ikan/bumbu dapur/ buah/ es batu sampai haluss sekali πŸ”ΉGaransi 1 Tahun
πŸ”ΉFollow IG @mitochiba.id ❤ Mitochiba CH 200 ( Triple Blade)
✅Harga Rp.599 rb
✅Chopper Terbesar, Terkuat di Indonesia
✅ Pisau Triple Blade ( 3 tingkat) 1 di indonesia
✅Stainless steel
✅2 Kecepatan ( medium, high)
✅bisa cincang daging/ayam/ikan/ sayur/buah/bumbudapur/esbatu sampe halus
✅garansi 1 tahun
✅24 service center seluruh indonesia
#No 1 Best Seller seluruh Indonesia
✅Chopper Terkuat dikelasnyaπŸ‘πŸ»
✅DM / Shoppe : mitochibaelectronic




1

Sayur Telur Ceplok Pedes

Sayur Telur Ceplok Pedes.
Menu sarapan tadi pagi ini teman2 πŸ˜‹πŸ˜˜ Misal di dapur atau kulkas nggak ada bahan makanan, adanya cuma telur, tetep bisa masak menu sederhana tapi enak kok teman2.

Ini Telur Ceplok aku masak pedes bersantan, sengaja cabe rawitnya aku banyakin biar pedesnya terasa.

Telor ceplok gini kalau di masak api kecil agak lama bisa jadi gempi enak. Jika mau variasi lain telur bisa di rebus, terus di goreng di minyak panas. Tapi kalau di rumahku suka versi telur ceplok, lebih meresep bumbunya.

Telor Ceplok Masak Santan Pedas

Bahan :
  • 5 telur ceplok
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 - 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 10 cabai rawit, iris
  • 5 cabai merah, ulek
  • 6 bawang merah, iris
  • 2 bawang putih, iris
  • 600 ml santan ( jangan terlalu kental agar seger )

Cara membuat:

  • Tumis bawang merah dan putih
  • Masukkan cabe
  • Lengkuas, daun salam
  • Masukkan santan
  • Masukkan bumbu kaldu, garam, gula
  • Masukkan telur ceplok
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!

3

Monday, October 7, 2019

Pucuk Labu Masak Resep Nyonyah

Pucuk Labu Masak Resep Nyonyah.
Teman2 udah tau belum tentang Fits.id, itu lho..satu2 nya wellness e - commerce yang mewadahi aneka produk dan jasa kesehatan, produk makanan sehat, alat olahraga, dll.

Nah kemaren aku iseng2 buka e -commercenya, dan pas lagi ada diskon 74 persen lho. Lumayan banget kan... langsung dech incar beberapa produk nya πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Produk yang udah aku coba sich yang berhubungan dengan bahan masakan pastinya. Salah satunya aneka bumbu sehat instan aneka IG  masakan Indonesia, dan Chinese Tempo dulu, dll.. seperti Resep Masak Nyonya dari @roeparasa.1973 yang aku pakai ini...😘😘 Aku pakai untuk menumis Pucuk Labu, Tahu dan Udang. Enak rasanya, seperti tumisan tauco gitu.

Teman2 yang mau belanja juga, bisa dapat diskon 74 persen dengan promocodenya FITS74 ya.
Langsung saja ke webnya : https ://www.fits.id ya.

Produk2 dari IG @myfits.id ini sehat, praktis dan terjangkau harganya lho.
0

Sambal Tempe Kencur & Kerang Saus TIram

Sambal Tempe Kencur
Siang... Hari ini masak menu simple aja... Yodha request kerang lagi...aku masakin 1,5 kg kerang dara aku masak saus tiram..beli 25 rb di pasar.. langsung habis rebutan berdua sama papinya.

Kadang menu sederhana gini sudah bisa membuat keluarga bahagia ya teman2, soalnya kalau cuaca panas.. siang2 gini mager ya mau keluar makan di luar..yang menu kalau di resto ya itu2 aja...paling sekarang kalau sore Yodha suka ngajak coba2 aneka minuman kekinian ala Kafe.

Kalau aku kurang suka kerang, kalau kuahnya thok doyan πŸ˜‚πŸ˜‚ Jadi nyambel tempe bumbu kencur saja..🀣🀣 Sambal Tempe Kencur ala aku aja ...

Bahan :
  • 8 cabai rawit merah
  • 5 cabe merah, mentah
  • 2 bawang putih, goreng
  • 2 cm kencur
  • 1/4 sdk teh garam
  • 1/8 sdk teh kaldu jamur
  • 1/8 sdk gula pasir
  • 4 potong tempe goreng
Cara Membuat :
  • Ulek semua bahan sambel
  • Aduk rata
  • Cicipi rasa
Kerang Saus Tiram

Kerang Saus Tiram

Bahan :
  • 1 - 1,5 kg kerang dara, rebus dgn daun salam dan jahe
  • 1- 2 sdk mkn saus tiram
  • 2-3 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk teh kaldu jamur
  • 1/2 sdk teh merica
  • 500 ml air,
  • 1/2 sdk mkn maizena, plus sdkt air
  • 1 bawang bombai, iris
  • 2 bawang putih, geprek
  • 2 cm jahe, iris kasar

Cara membuat :

  • Tumis duo bawang
  • Masukkan air, kerang dan semua bumbu
  • Tutup panci
  • Masak hingga meresap
  • Kental kan dgn maizena
  • Cek rasa
Selamat mencoba!
0

Lodeh Bumbu Iris Nangka Muda

Lodeh Bumbu Iris Nangka Muda
Hari ini pengen lodeh gori (nangka muda), sama kulit melinjo dan daun so, lauknya blenyik Goreng... (lihat posting sebelumnya, Gimbal Teri Nasi) 
πŸ€£πŸ˜‹ Monggo yang mau coba :

Bahan :
  • 1/4 buah nangka, rebus hingga setengah matang, iris kecil
  • 50 gram daun so
  • 50 gram kulit melinjo
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 1 sdk mkn rese / rebon
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 100 gram tempe semangit, potong2
  • 1200 ml
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam

Bumbu iris :
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 5 cabai rawit
  • 5 cabai merah

Cara membuat :
  • Tumis bawang merah, dan putih
  • Masukkan cabai
  • Aduk hingga layu
  • Masukkan santan dan semua bumbu
  • Didihkan
  • Masukkan nangka dan kulit melinjo
  • Masak hingga meresap api kecil, terakhir masukkan daun so
  • Cek rasa
Selamat mencoba!

0

Gudeg Basah

Gudeg Basah.
Menu request dan favorit suami, Gudeg Basah, pakai Tulang Sekengkel untuk penyedap, plus tambahan Criwis / Cuciwis / Triwis..itu enak banget untuk campuran gudeg teman2. Bikin sekalian banyak tadi aku bagi juga ke budhe sayur, sama tetangga yang main ke rumah.

Jadi sebenarnya kalau gudeg ala rumahan, di Yogya pun rasanya ngga semanis dan selembek di resto2 atau warung gudeg kering ya teman2 masak nya.

Kalau ibuku dulu sering bikin gudeg basah gini pakai campuran daun singkong, atau daun kol yang paling luar yang warna hijau itu juga enak banget untuk campuran gudeg basah gini.

Ini bukan jangan gori atau sayur tewel biasa ya, kalau jangan gori ngga secoklat ini dan rasa lebih gurih ringan, berkuah lebih putih.

Kalau ini tetep rasa Gudeg, gurih manis legit dan di masak lama hingga kecoklatan, tapi masih sedikit berkuah. Jika nanti di panaskan berulang2 ya jadi gudeg kering juga 😘😘 Gudeg Basah

Bahan :
  • 1/2 buah nangka muda ukuran sedang
  • 1 ikat daun criwis
  • 4 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun jeruk
  • 2 serai
  • 100 gram gula merah
  • 1 tulang Sekengkel, potong 2
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • 1500 - 2000 ml santan sedang jangan terlalu kental ( kalau mau lebih legit, separo santan, separo air kelapa )
Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
Cara Membuat :
  • Nangka di rebus sebentar di air mendidih sebentar biar steril, tapi jangan terlalu empuk ya ( kalau beli nangka dari pasar kan udah di potong-potong tuch biasanya sama yang jual :D )
  • Campur nangka dan semua bahan serta bumbu
  • Masak hingga mendidih
  • Koreksi rasa, jika sudah pas gurih manisnya ( namun jangan terlalu asin dulu ya ), tutup panci dan masak dengan api kecil hingga matang selama 4 - 5 jam...sekali koreksi rasa kembali jika sudah empuk nangkanya.
Selamat mencoba!
0

Rollade Daun Singkong

Rollade Daun Singkong.
Pagi, sarapan nya ini saja ya hari ini teman2 πŸ˜€πŸ˜€ Sarapan Ubi Cilembu Panggang aja..aku panggang pakai airfryer.

Terus itu ada Rollade Daun Singkong tak beraturan, kali ini versi pakai tahu.
Rollade Daun Singkong ada macam2 kalau di sini. Ada yang versi Daun Singkong aja, ada yang versi pakai tahu juga seperti ini, untuk yang ngga beraturan

Ada juga versi yang rapi, tahu sama daun singkong nya, yang di gulung dulu baru di kukus. Ada juga versi yang tahu sama daun singkong langsung di campur bumbu, di kepeli..terus di goreng. Semua itu udah sering aku buat, rasanya enak semua sich, tergantung selera saja dan pas lagi kepengen yang mana.

Daun singkong pilih yang muda, jadi ngga keras ya teman2, kalau di sini sudah ada di jual rebusan. Tahu, pilih yang besar nggak banyak air dan yang ngga asem ya.

Untuk versi ini aku kukus dulu sebentar karena ada tahunya, biar lebih meresap juga bumbunya.

Bahan :
  • 300 gram daun singkong udah rebusan, peras
  • 4 tahu, yang kesat, haluskan
  • 2 sdk teh kaldu jamur atau kaldu lain
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 2 bawang putih, haluskan
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan di atas
  • Cek rasa dulu hingga pas gurihnya
  • Bungkus daun
  • Kukus 20 menit
  • Dinginkan
  • Buka bungkusan, kepal2 adonan ukuran kecil, celup adonan tepung pencelup
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!
0

Sunday, October 6, 2019

Gimbal Teri Nasi

Gimbal Teri Nasi
Aku lagi suka ngolah Teri Nasi Basah, karena lagi banyak di pasar..😘😘 Kali ini aku buat Gimbal Teri Nasi, enak banget buat lauk, buat di cemil ya enak 😘😘 Menurut ku Teri Nasi basah ini lebih gurih daripada yang versi kering. Ya mungkin yang kering soalnya jadi asin ya teman2.

Kalau yang basah ini gurih alami, ngga asin..jadi cocok di olah jadi aneka menu πŸ˜‹πŸ˜‹ 

GIMBAL TERI NASI BASAH

Bahan :
  • 250 gram teri nasi
  • 1 butir telur
  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 25 gram t beras
  • 25 gram tepung tapioka
  • 200 ml air
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam

Bumbu Halus :
  • 2 bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sdk teh ketumbar

Cara membuat :
  • Campur semua bahan
  • Aduk rata
  • Sendokkan ke minyak panas
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!
0

Baby Cumi Cabe Hijau Saus Tiram.

Baby Cumi Cabe Hijau Saus Tiram.

Menu makan malam..tadi sore Yodha makan bihun buat Yodha cemilan 🀣🀣 "Apa bihun banyak tadi habis mba kok udah masak lagi? "

Sebelum di tanya..jawab dulu...πŸ˜‚πŸ˜‚ "Habis, wong separo saya kasih ke pak tukang yang kerja di rumah...😘😘" Jadi malam ini masak sreng2 yang cepat aja..tumis baby cumi cabe hijau saus tiram.
Ini cumi pakai baby cumi fresh, kemaren beli di pasar kok ada seger2 , 1/2 kg 20 rb. Terus beli cumi seger, tintanya kan aku simpan, nah aku campur untuk masak baby cuminya ini, jadi bisa hitam ya ini.

Bahan :
  • 500 gram cumi kecil
  • 100 gram kepala cumi yang masih ada tinta nya
  • 50 -100 gram cabe hijau ( sesuai selera pedasnya)
  • 6 bawang merah, 3 bawang putih, iris tipis
  • 2 cm jahe, iris tipis saja
  • 4 tomat hijau, potong2
  • 50 ml air
  • 1 sdk mkn saus tiram IG @saustiramcappanda
  • 2 sdk mkn kecap manis ( sesuai selera )
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica bubuk

Cara membuat:
  • Tumis bawang merah dan putih
  • Masukkan cabe dan jahe,
  • Masukkan kepala cumi, baby cumi dan air
  • Masukkan semua bumbu lain
  • Masak hingga meresap

Note :
Karena saus tiram sudah gurih asin, pemakaian garam optional ya..jika suka masakan lebih asin ya boleh di tambah garam.

Jika tidak ada baby cumi, ganti cumi biasa beserta tintanya jangan di buang. Tinta ini bikin masakan tambah enak dan sedep
Pilih cumi fresh ya agar tidak amis.

0

Udang Goreng Mentega

Udang Goreng Mentega.

Selama tinggal di Semarang, makan Seafood itu bukan hal yang mewah seperti di Yogya dulu.

Seafood di sini melimpah teman-teman..di Pasar aja bisa sering dapat sefood seger. Udang..kadang malah nemu yang hidup. beda sama di Yogya dulu, cari seafood yang fresh itu susah. Kalau beli seafood mateng, mahalnya minta ampun hihi.

Makanya aku sering share menu Seafood kalau di instagram. Udang, Kepiting, Cumi, Kerang, dll tiap hari ada di pasar. Kadang aku sudah sampai tahap mblenger juga makan Seafood..hihi. Tapi Yodha baru suka Seafood..jadi aku tetap sering masak untuk Yodha. Biasanya kalau makan Kepiting , Cumi, dll di habiskan berdua sama Papinya..aku sich seneng masaknya aja,

Eh tapi terakhir ini Yodha suka Udang juga..kemaren tak masakin Udang Goreng mentega ini setengah kg hampir habis sendiri hihi. Biarin dech anak masa pertumbuhan...banyak makan Seafood nggak apa-apa biar tambah pintar ya teman-teman. Kalau emaknya untung udah mblenger, jadi aman dech. Tapi kalau masak tetep suka...karena lihat Seafood yang fresh itu seneng banget dan selalu beli..hihi.

Oke,..aku share resep Udang Goreng mentega favorit yodha ya teman-teman. Ini nggak pakai Saos Inggris, karena aku lagi nggak punya. Aku ganti pakai Maggi Seasoning, tetep enak rasanya teman-teman.

Masak Udang Goreng Mentega ini cepat saja. Paling enak kalau di masak dadakan sesaat sebelum waktu makan ya teman-teman, jadi serasa makan di resto seafood kan, tapi tersaji di rumah dan bisa se enak rasa di restoran, tapi tentu dengan harga yang lebih ekonomis...enak kan.

Yuk di coba ya...resep Udang Goreng Mentega ini, dijamin nagih.
0

Petis Kangkung

Petis Kangkung
Sarapan pagi ini.. request suami..Petis Kangkung lagi!

Tapi kali ini bumbunya aku tambahin kacang tanah goreng, jadi mirip bumbu di Janganan Yu Sireng..di Semarang yang terkenal di Semarang..saking larisnya sampai ada calo yang jual bungkusan di depan warungnya kata suamiku.

Kalau aku sich nyicip pas di bungkusin suami🀣🀣 Tapi sayuran nya ngga sekomplit Yu Sireng..ini suamiku request kangkung aja.

Bahan per porsi :
  • 1/2 ikat kangkung
  • 1 tahu
  • Ketimun secukupnya
Bahan bumbu:
  • 3 cabe rawit merah
  • 1 bawang putih
  • 1 sdk teh terasi bakar
  • 2 sdk mkn petis lembek Semarang
  • 1 sdk teh petis pekat
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 1/4 sdk teh garam
  • 1/2 jeruk limau
  • 1 sdk mkn kacang goreng
Cara membuat:
  • Ulek cabe, bawang, terasi
  • Masukkan garam, gula, petis
  • Aduk rata, cek rasa, kucuri jeruk limau
  • Sajikan!
1

Tape Ketan Putih.

Tape Ketan Putih
Siang... Siapa mau yang seger2?

Dua hari lalu aku bikin tape ketan..dan hari ini waktunya cek hasilnya..dan hemmmm..manis legitt enak..juicy lembut..dan cukup dua hari saja itu udah jadi.

Aku kemaren nggak punya pewarna..jadi putih aja. Sebenarnya kalau mau lebih unik rasanya..bisa pakai daun jambu mede bungkusin nya teman2, atau daun kemiri..itu rasa manis kecutnya itu bisa lebih unik seger..tapi aku ndak punya kedua daun itu πŸ˜‚πŸ˜‚ Oh ya, kalau di Jawa Tengah, makan tape ketan itu paling enak pakai emping melinjo..hemmmm..serasa pergi ke kondangan manten dech 🀣🀣 Membuat tape ketan itu mudah,
  • Siapkan 1 kg beras ketan, cuci bersih, rendam 2- 3 jam
  • Kukus 30 menit
  • Tuang di wadah
  • Siram2 dengan air biasa hingga lembab ( jika ingin warna hijau, air di campur pewarna makanan hijau )
  • Kukus kembali 30 menit
  • Dinginkan
  • Campur 4 butir ragi tape yang sdh di haluskan
  • Aduk rata
  • Aduk 5 sdk mkn gula dengan 3 sdk mkn air hangat, aduk hingga gula larut dinginkan
  • Bungkus tape dgn daun pisang, beri sedikit cairan gula di tiap bungkusan tape
  • Simpan di wadah tertutup, 2 hari di tempat yang sejuk
Selamat mencoba!

1

Jangan Pedes Telo Gantung

Jangan Pedes Telo Gantung.
Menu sore ini Yodha request nasi goreng babat aja, jadi aku bisa masak menu ndeso lagi..
🀣🀣 Jangan Pedes Telo Gantung... lauknya Pindang πŸ˜‹πŸ˜‹ Jangan = Sayur
Telo Gantung : Pepaya Muda

Sayur ini rasanya gurih ringan seger, semua bumbu di iris saja.

Bahan :
  • 1 buah pepaya muda ukuran sedang, kuas, cacah panjang
  • 100 gram tempe semangit, potong2
  • 1000 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdk mkn gula merah atau gula pasir secukupnya
  • 2 sdk teh kaldu sapi, secukupnya garam
  • 1 sdk mkn ebi, seduh
  • 6 bawang merah, iris tipis
  • 3 bawang putih, iris tipis halus
  • 8 cabai merah besar, iris

Cara Membuat :
  • Tumis bumbu iris, masukkan santan
  • Dan semua bumbu
  • Didihkan
  • Masukkan Pepaya dan tempe semangit
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa,
Selamat mencoba!
0

Sate Ati Ampela Balut Telur

Sate Ati Ampela Balut Telur

Menu malam ini..iseng ngerjain Yodha makan menu ndeso, karena ternyata habis Magrib dia ada jadwal ngaji tambahan jam dari Ustadnya,..aku lupa dan aku baru masak menu2 ini...jadi aku tawari aja menu yang ada...

Pulang sekolah jam 5 sore langsung makan..ternyata lahap dia...makan pakai Jangan Bobor, sama Ati Ampela goreng balut telur πŸ˜€πŸ˜€
Ya gitu deh anak cowok.. kadang suka pilih2 makanan, tapi kalau udah tau rasanya ya ternyata suka...🀣🀣 Siapa yang suka Ati Ampela goreng telur gini..ini kalau di warung soto ada ya lauk gini..enak..mau resepnya kah? Aku share ya.... Ati Ampela Goreng Balut Telur

Bahan:
  • 8 pasang ati ampela
  • Kaldu bubuk ayam 1 sendok teh dan garam sesuai selera
  • Air biasa 400 ml dan air kelapa 400 ml ( sampai terendam bahan2nya )
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
  • Daun salam 2 lembar
  • Gula merah 1/3 sendok mkn
  • Bumbu halus :
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 cm kunyit
  • Bahan pencelup :
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 sendok makan tepung beras
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam atau secukupnya garam
Cara Membuat :

Campur semua bahan dan bumbu halus, ungkep hingga matang dan empuk, cicipi dan di koreksi rasanya jika air sudah menyusut. Angkat ati ampela, tiriskan. Celup ke kocokan telur, lalu goreng di minyak agak banyak dan sudah benar panas, agar lapisan telur bisa renyah.


0

Friday, October 4, 2019

Bubur Sambel Tumpang

Bubur Sambel Tumpang.

Malam2 kok kepengen bubur...boleh dong ya teman2 🀣🀣 Ini Sambel Tumpang yang versi medok, jadi kuahnya sampai agak kental..itu selain tempe semangit, aku tambahin koyor dan krecek.

Ini enak untuk makan bubur atau untuk makan sayur rebus, seperti bayam atau kenikir...πŸ˜‹πŸ˜‹ Sambal Tumpang Koyor

Bahan :
  • 1 papan tempe semangit ( kira-kira 300 gram )
  • 250 gram koyor sapi ( atau tetelan / sandung lamur juga boleh )
  • 50 gram krecek
  • 1000 ml air
  • 300 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • garam secukupnya.
  • 8 bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 cabai merah, 10 cabai rawit merah
  • 1 cm kencur
  • 3 butir kemiri
Cara Membuat :
  • Rebus / presto koyor hingga mekar, potong-potong sesuai selera
  • Rebus kembali koyor dengan tempe dan semua bumbu dan bahan, kecuali garam dan gula
  • Angkat bumbu dari rebusan, haluskan
  • Angkat tempe, haluskan kasar
  • Tumis bumbu hingga harum, masukkan kembali ke rebusan bahan
  • Masukkan santan, gula dan garam
  • Masak hingga meresap dengan api kecil hingga mengental
  • Koreksi rasa, sajikan dengan bubur atau sayuran rebus.
Selamat mencobanya ....
0

Koyor Itu Apa Sih?

Foto Koyor Mentah.

Teman2 masih ada kah yang penasaran sama KOYOR mentah?

Ini pas aku beli lagi..aku fotoin ya..walau cuma sedikit..lha wong cuma mau tak buat campuran bikin tahu campur ..aku masih punya tetelan di freezer juga πŸ˜ƒπŸ˜ƒ Jadi koyor ini penampakan mentahnya gitu..ada yang keras ulet kayak urat, ada yang lembek2 gitu tapi itu bukan lemak ya..nanti kalau di rebus itu berubah jadi kenyal dan bening..malah ngga nggajih kayak lemak.

Jika beruntung, kadang masih ada serpihan2 daging yang nempel di koyor...walau harga Koyor di Semarang tak jauh beda sama daging..karena bahan langka ini, di sini jadi bahan rebutan bakul Gudeg dan Pecel Koyor...🀣🀣 

Note :
Ini KOYOR.....bukan TETELAN atau SANDUNG LAMUR ya...
0

Thursday, October 3, 2019

Lodeh Kacang Panjang

Lodeh Kacang Panjang

Ini sayur lodeh yang di bolak balik saja isinya...🀣🀣 Tapi ya ngga pernah bosen ya teman2..lha gimana menu sehari2 Wong Jowo..πŸ˜…πŸ˜… 
Kali ini kacang panjang dan tempe semangit..πŸ˜‹πŸ˜‹ 
Lodeh Tempe Semangit dan Kacang Panjang Bumbu Iris

Bahan :
  • 10 lonjor kacang panjang ( beli 2 ribu di pasar ), potong-potong
  • 1 papan kecil tempe yang sudah semangit, potong kotak kecil
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 /2 - 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh kaldu sapi
  • 1/2 sdk mkn rese / rebon
  • 1000 ml santan sedang aja, jangan terlalu kental ya
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 cabai merah, 3 rawit, ulek kasar atau iris
Cara membat :
  • Tumis Bawnag merah, bawang putih hingga harum dan matang
  • Masukkan cabai, aduk rata hingga layu
  • Masukkan santan, dan semua bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe
  • Masak hingga meresap
Masukkan kacang panjang terakhir jika mau masih kres rasanya, jika mau medok, boleh bareng tempenya.
0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel