Google Ad

Tuesday, December 31, 2019

Templek

Templek
This is.. Templek ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ 

Teringat waktu di pasar manis Purwokerto aku beli jajanan ini ( foto asli bentuknya yang di jual Mbahnya ada di foto terakhir ya..bentuk bulet2 kecil ), di Mbah2 gitu. Terus aku tanya ini apa..katanya ini Templek ( kalau nggak salah denger lho ya.. Mbahnya bilang begitu )

Rasanya enak, unik..gurih manis pedes, lembut... untukku yang penyuka jajanan ndeso dan eksotis suka ๐Ÿคญ๐Ÿ˜˜ Terus aku tanya terbuat dari apa? Mbahnya nunjukin penjual ampas tahu, belinya di pojok sana, di tempat penjual tahu.. katanya.

Sambil nyemil jajanan unik ini, aku ngobrol sama Mbahnya nanyain cara bikinnya, dan di kasih tau lah caranya. Wo ya gampang banget, akhirnya aku beli ampas tahu mentahnya per bungkus 1000 rupiah..beli dua bungkus aja udah jadi buanyak ๐Ÿ˜„

Jadi ampas tahunya ini masih basah ya, belum berubah jadi tempe gembus.
Ampas tahu kok di makan? Bergizi tidak?

Yo ndak usah di pikirkan terlalu dalam lah ya..yang kita pelajari adalah ini menjadi salah satu jajanan tradisional khas di suatu daerah..jadi patut di sebar luaskan agar lebih di kenal ya kan... sebagai keragaman kuliner Nusantara ๐Ÿ˜ƒ

Waktu beli ampas tahunya, sampai rumah langsung aku kukus sesuai saran yang jual, terus aku taruh freezer..paginya baru aku bikin Templek ini.

Katanya sich kalau versi goreng ini namanya Templek, kalau versi di kukus namanya Ranjem... bener kah teman2 warga Purwokerto? ๐Ÿ™๐Ÿ˜ƒ Resep sesuai hasil wawancara dengan Mbahe yang jual tapi takaran seusai seleraku ๐Ÿคฃ

Kata Mbahe, bumbunya bawang merah, bawang putih, kencur, cabe rawit, gula, garam dan penyedap, boleh di tambah daun bawang

Bahan :
  • 350 gram ampas tahu
  • 5 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 2 cm kencur
  • 1 sdk teh kaldu jamur / penyedap kaldu lain
  • Secukupnya garam
  • 30 gram gula merah
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan
  • Cicipi rasa, harus gurih manis, pedes
  • Bentuk bulat kecil
  • Celup adonan tepung seperti tepung untuk mendoan
  • Goreng

Update :

Setelah aku rangkum dari komen teman2, ada berbagai nama ya, monggo yang mau nambahin boleh..jadi nama sesuai masing2 ya..monggo di pilih saja ๐Ÿคญ๐Ÿ˜ƒ :

Kempong | Amprut | Jenguk | Demplo | Gubeg | Templek | Temlek | Miwo | Apolo | Buret | Sekayu | Golono | Randem | Ranjem | Kincir | Seporet | Tolo | Tembluk |
2

Empis-Empis Tahu & Tempe

Empis-Empis Tahu & Tempe

Siang,

Waktu lewat Temanggung beberapa hari lalu aku sarapan di salah satu warung makan, namanya Tenda Biru. Warung makan rumahan gitu yang terkenal dengan menu masakan Temanggung, salah satu favorit ku kalau makan di situ itu Empis2 nya.

Empis2 nya beda dari warung lain, yang pernah aku coba di Temanggung. Memang Empis2 itu macam2 ya teman2 ada yang empis2 tempe atau tahu kulit yang di potong kecil2, ada Empis2 ikan, ati ampela, dll.

Bumbu utamanya cabai hijau keriting, karena di Temanggung memakai penghasil cabe banyak.

Aku pernah coba Empis2 di warung ijo di Deket alun2, stylenya beda dari warung tenda biru. Jadi masing2 warung punya ciri khas sendiri2, Empis2 nya.

Pernah juga makan di Pasar Kuliner Papringan ada Empis2 iwak Mujair. Jadi macam2 versi Empis2 ini.

Kalau di warung Tenda Biru kemaren pakai tempe bungkil dan tahu putih yang lembut, tahunya nggak di goreng dulu, jadinya khas rasanya lembut dan meresep bumbunya ke dalam tahu.

Nah hari ini aku masak Empis2 tahu yang pakai tahu putih ala warung Tenda Biru ya. Rasanya enak, sedep..udah mirip rasanya sama yang di warung.

Empis2 rasanya cenderung gurih sedep agak sedikit manis, jadi beda ya teman2 sama Jangan Lombok. Kalau jangan Lombok sudah pernah aku post juga resepnya yang pakai Tetelan. Jadi kita fokus ke Empis2 Temanggung ini ya.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ Ciri khas lain itu pakai tempe khusus jadi sedep..yaitu tempe bungkil...tempendari ampas pembuatan minyak kacang. Kalau aku nggak punya tempe bungkil, jadi pakai tempe semangit aja. Tempe semangit nya dari tempe kedelai hitam beli di Purwokerto, eh enak juga di masak Empis2 Temanggung gini teman2.

Empis-Empis Temanggung

Bahan :
  • 5 tahu putih, potong jadi 2 bagian
  • Pilih tahu yang tidak mudah hancur, misalnya tahu Soka
  • 2 papan kecil tempe semangit, potong2 ( aslinya pakai tempe bungkil khas Temanggung )
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1500 ml santan encer saja
  • 30 gram gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 200 - 250 gram cabe hijau keriting, boleh di campur rawit ijo kalau suka pedas
  • 8 bawang merah, iris tipis
  • 4 bawang putih, iris tipis
Cara Membuat:
  • Tumis dulu bawang
  • Masukkan cabe
  • Masukkan santan dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe,tahu
  • Masak hgg meresap
Selamat Mencoba!
0

Monday, December 30, 2019

Tips Mengisi Telur Utuh ke Dalam Adonan Pempek

Tips Mengisi Telur Utuh ke Dalam Adonan Pempek.

Kemaren aku buat Pempek lagi...atau Empek-Empek..hihi..kalau di Jawa mah sebutannya gitu teman-teman..Empek-Empek ..gitu. Aku bikin yang isi Telur atau namanya Kapal Selam ya. Ini favorit Yodha dan papinya. Resep udah sering aku share, silahkan lihat di SINI
1

Lontong Cap Gomeh

Lontong Cah Gomeh
Hallo..hallo..maafkan ya teman-teman, lama absen nggak post di sini huhu. Minggu kemaren aku ke Jakarta, terus pulang sibuk menyelesaikan kerjaan ini..itu, waktu kayak kurang banget, ya pasrah dech . Baru sempat buka web lagi...huhu.

Tapi teman-teman jika nggga mau ketinggalan update resep-resep baruku jangan lupa mampir ke ig ku ya, @bunda_didi...di situ tiap hari tetep ada post baru kok. Nah ini mau berusaha disiplin lagi update di web hihi.

Oh ya mumpung masih Imlek, bentar lagi akan ada momen masak Lontong Cap Gomeh kan buat teman-teman yang merayakan, aku aja orang Jawa, karena di Semarang sini sudah membaur, suka makan Lontong Cap Gomeh juga, tapi ngga perlu nunggu hingga 15 hari setelah Imlek...sepengennya aja bikin hahah.

Nah ini kemaren suami lagi pengen Lontong cap Gomeh yang versi ada sayur lodeh terongnya. Kalau dulu aku buat pakai sayur labu, memang banyak versi sich. Di semarang sini aja ada kira-kira 12 macam lauk / sayur jika mau lengkap, seperti yang pernah aku coba di salah satu resto jadul di sini. Kalau versi resto seperti Istana Wedang atau di food court di mall, seperti yang aku masak kali ini versinya. Kadang ada juga telur atau ayam abing, tapi aku nggak sempat bikinnya.

Oke, aku share resep yang versi seperti di foto aja dulu ya teman-teman, kapan-kapan bikin lebih komplet lagi dech. Selamat mencoba ya. Oh ya pelengkapnya yang wajib ada itu bubuk kedelai, rasanya gurih manis, membuat Lontong Cap Gomeh makin sedep. Suamiku kalau nggak ada bubuk kedelai suka komplain, serasa ada yang nggak lengkap gitu hihi. Jadilah aku selalu nyetok...tapi aku beli jadi aja itu bubuk kedelainya, sama lontongnya juga beli jadi hihi. Soalnya di sini banyak bubuk kedelai di pasar.


Opor Ayam

Bahan :

  • 1/2 ekor ayam kampung
  • 1500 ml santan sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu ayam 
  • Garam secukupnya

Bumbu halus :

  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar sangrai
  • 2 cm kunyit bakar
  • 1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang
  • Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan santan..dan semua bumbu lain.
  • Masak dengan api kecil, sambil sesekali di aduk, hingga meresap dan daging ayam empuk, dengan api kecil.
Pindang Telur
Bahan-bahan :

  • 5 butir telur direbus, dikupas
  • 5 lembar daun jambu
  • 2 lembar daun jati
  • 30 gram kulit bawang merah
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 50 gram gula merah sisir
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1.000 ml air

Cara membuat:

  • Rebus telur bebek, daun jambu, daun jati, kulit bawang merah, lengkuas, daun salam, gula, garam, dan air di atas api kecil sampai meresap.
Sambal Goreng Ati

Bahan :

  • 5 pasang ati ampela ayam, rebus hingga empuk, potong-potong
  • 100 gram cabai keriting, haluskan
  • 6 buah bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu ayam dan garam ( sesuai selera )
  • 150 ml santan kental

Cara Membuat :

  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabai, masak dengan api sedang hingga agak lama dan keluar minyaknya dan benar-benar matang ( tanak ), masukkan santan, dan semua bumbu, masak hingga mendidih. Masukkan ati, masak dengan api kecil hingga meresap. Koreksi rasa.
Lodeh Terong

Bahan :

  • 2 buah terong  hijau, kupas, potong kecil2
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
  • 800 ml santan sedang
  • 1 sendok makan ebi, seduh, biarkan utuh
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai hijau besar, 5 buah cabai merah, potong serong tipis

Cara Membuat :

  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang
  • Masukkan cabe hijau, ebi
  • Aduk rata
  • Masukkan santan dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Aduk sesekali dan masak hingga meresap dan terong matang
  • Koreksi rasa
Selamat mencoba!


6

Pempek Lenggang Goreng


Kemaren Sore aku buat Pempek Lenjer.

Aku pakai resep yang versi praktis aja yang biasa aku buat tanpa telur. Lagi bosan dengan Pempek yang terlalu empuk yang pakai biang terigu..hihi. Kalau yang versi praktis ini tekturenya oke ada kenyal-kenyal sedikit jadi lebih mantep gigitannya..hihi.

Nggak tau beberapa waktu lalau aku buatin yang versi empuk malah protes Yodha dan papinya minta yang versi Lenjer ini yang biasa aku bikin. Bisa langsung di goreng di sajikan dengan kuah Cuko atau bisa di lanjut jadi Pempek lenggang goreng..yaitu Pempek yang di goreng dengan kocokan telur.

Pempek Lenjernya di potong tipis-tipis. Rasanya sangat enak lho teman-teman. Makin gurih rasanya....karena di goreng pakai kocokan telur.  Sajikan dengan kuah cuko. Kalau di Jawa sich di sajikan dengan mie atau bihun..hihi. Di lengkapi irisan ketimun, dan bubuk ebi...makin sedep rasanya.

Aku buat Cukonya agak banyak kemaren dan ternyata setelah menginap makin enak rasanya. Wah jadi ngak perlu repot bolak balik bikin kuah cuko dech. Iya sich kalau di pikir-pikir di resto Pempek gitu biasa di taruh di botol gitu ya, makanya makin sedep rasanya.

Oke, aku share cara membuatnya komplet ya teman-teman dari awal bikin lenjernya hingga jadi Pempek Lenggangnya ya. Selamat mencoba teman-teman, jika suka ya. Tipsnya agar Pempek tanpa telur ini jangan di uleni terlalu kuat ya waktu mencapur tepungnya teman-teman, agar tidak alot.

Pempek Lenjer Tanpa Telur Praktis

Bahan :

  • 200 gram Ikan Tenggiri Fillet ( sudah bersih daging ikannya saja )
  • 200 gram tepung Sagu / Tapioka
  • 100 ml air es
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :

  • Masukkan ikan Tenggiri, air es, dan semua bumbu, kecuali tepung
  • Masukkan ke dalam food processor, proses hingga lembut dan menjadi pasta ikan
  • Pindahkan ke mangkuk
  • Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata hingga adonan bisa di pulung, namun tetap lembut
  • Siapkan panci berisi air, didihkan, beri sedikit minyak
  • Timbang adonan menjadi 10 bagian
  • Oles tangan dengan sedikit minyak, ambil satu bagian adonan, pulung bentuk lonjong memanjang
  • Masukkan ke air mendidih
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Rebus hingga mengapung dan matang
  • Tiriskan
  • Dinginkan

Bahan Saus :

  • 400 ml air
  • 2 sendok makan air asam pekat
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 100 gram gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ebi, sangrai, haluskan dengan blender kering
  • Cabai rawit jika suka pedas, sesuai selera
Cara Membuat :
Masak semua bahan saus, koreksi  rasa hingga pas rasa asam manis dan gurihnya sesuai selera

Untuk membuat jadi Pempek Lenggang :

Bahan per porsi : 

  • 2 butir telur, 1/4 sendok teh garam / kaldu ayam / kaldu jamur
  • 2 Pempek lenjer, iris tipis


Cara membuat :

  • Kocok telur, campur dengan bahan lain
  • Goreng hingga matang seperti membuat telur dadar
  • Sajikan dengan Saus Cuko


Selamat mencoba dan visit instagram: @bunda_didi 
5

Wednesday, December 25, 2019

Bothok Jamur

Bothok Jamur.

Pagi,

Teman2 masih semangat masak atau udah otw liburan nich? ๐Ÿค”๐Ÿ˜ƒ Kalau aku, selama masih di rumah ya tetep masak dan share menu2 baru ya, yang mau liburan selamat berlibur ya ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Ini menu kemaren sore, suamiku lagi suka di masakin menu kukus2, ..mau diet mungkin ๐Ÿคญ๐Ÿค”๐Ÿคฃ... Jadi aku bikin Bothok lagi, Bothok Jamur Kancing.

Bothok kok nggak pakai kelapa mba? Iya.. Bothok macam2 kok...nggak semua Bothok pakai kelapa atau santan. kalau Pakai Kelapa yang Bothok Mlanding. Ada Bothok telur asin dari Demak, udah ku share beberapa waktu lalu, ada Bothok Jamur ini, ada Bothok Pedes Patin dari Klaten, malah di bumbu pedes aja tanpa telur tanpa santan.

Tapi kalau Jamur ini, bumbunya simple saja, nggak selengkap Bothok Ati Ampela kemaren.

Karena jamur sendiri sudah sangat gurih rasanya ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Yuk bikin, simple banget kok resepnya teman2:

Bahan:
  • 300 gram jamur kancing, cuci bersih, celup sebentar di air mendidih, tiriskan, potong2
  • 2 butir telur
  • 1 bawang putih, 2 kemiri sangrai, haluskan
  • 3 bawang merah, 5 cabai rawit, iris2
  • 1 sdk teh kaldu jamur
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan, kecuali telur
  • Cek rasa dulu, jika perlu atau kurang asin tambah sedikit garam. Jika sudah pas rasa, baru masukkan telur
  • Ambil 2 lembar daun pisang
  • Tambahkan 1 sdk sayur jamur yang sudah di bumbuin
  • Bentuk tum
  • Kukus selama 20 menit
  • Dinginkan & Sajikan
Selamat mencoba!
0

Mangut Boros Kunci.

Mangut Boros Kunci.
Menu penggagal diet di musim hujan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ 
Mangut di campur Boros Kunci, lauknya ikan Layur krispy, sama kerupuk, udah dech... ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Resep di video sebelumnya ya teman2 ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜


0

Soto Kemiri

Soto Kemiri.
Siang... Tadi ke pasar nemu ayam kampung ukuran kecil cuma 45 ribu, jadilah aku pengen masak Soto Kemiri khas Pati yang di sajikan sama ayam goreng kampung kecil-kecil gini

Soto khas Pati ini uniknya, kalau beli di warung penyajiannya, di tuang kuah berkali-kecil biar bumbu meresap ke nasi, dan nasi juga jadi panas.

Kali ini aku bikin versi tanpa santan ya, biar seger pas hujan2 gini makan Soto. Ada juga versi yang pakai santan.

Resep ini sudah aku post di webku juga sich ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Apa beda Soto Kemiri dengan Soto Kuning yang lain?

Gak usah di cari bedanya..yuk di coba saja ya ๐Ÿคญ๐Ÿ˜ƒ Soto itu unik...dari berbagai daerah di Indonesia bumbu mirip2, tapi pelengkap dan cara penyajian beda ya udah beda kok ya teman2.

Jadi kalau aku ya suka menyebut sesuai Soto daerah yang aku masak, kali ini aku bikin Soto ala Pati, jadi namanya Soto Kemiri

Soto Kemiri Tanpa Santan

Bahan :
  • 1 ekor ayam kampung atau pejantan
  • 1000 ml air kaldu ayam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang daun seledri
  • 1 batang serai.
  • 3 lembar daun salam.
  • 50 gram taoge rendam dengan air panas
  • Bawang goreng untuk taburan.
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Sambal rawit dan kecap secukupnya
Bumbu halus :
  • 6 butir kemiri sangrai.
  • 5 siung bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 1/2 sendok teh Jintan
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 1/2 sendok mkn kaldu ayam
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok teh gula pasir ( secukupnya )

Cara membuat :
  • Rebus ayam dengan api kecil bersama 1500 ml hingga jd kaldu bening.
  • Angkat ayam dan masak terpisah dgn bumbu seperti membuat ayam goreng gurih biasa, sisakan sepotong untuk suwiran sotonya, sisanya di goreng.
  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng di tempat yang terpisah, setelah harum masukkan ke dalam kaldu rebusan ayam.
  • Tambahkan semua bumbu lain.
  • masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan koreksi rasa hingga pas rasanya. Sajikan soto di dalam mangkok dengan nasi dan pelengkap, dan taburi bawang goreng dan cincangan sledri serta ayam goreng suwir. Sajikan bersama jeruk nipis, sambal dan kecap.
Selamat mencoba!
0

Monday, December 23, 2019

Lodeh Terong Boros Kunci

Lodeh Terong Boros Kunci


Siang, Menu Boros Kunci, yang bikin Boros Nasi lagi..
Boros Kunci lagi musim banget di pasar deket rumahku, sekarang sudah turun harga, se ikat cuma 2500. Jadi hampir tiap hari aku masak aneka olahan Boros Kunci ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
Di orak arik pedo udah, di oblok2 udah, campuran mangut udah, di bothok udah, hari ini aku masak lodeh sama terong. Ya ampun diet gagal lagi hihi...sedep banget ini teman2, beneran... ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Minggu depan gantian di urap yang belum
Lodeh Terong Boros Kunci

Bahan :
  • 2 ikat boros kunci, ambil bag putih dan tunas daun, buang kulit merahnya, iris2
  • 2 terong, iris
  • 100 gram tempe semangit, iris
  • 1 sdk makan rese / rebon
  • 1000 ml santan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun salam

Bumbu iris :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 5 cabai rawit
  • 5 cabai merah
  • 5 cabai hijau
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu, masukkan santan, dan bumbu2 lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe, boros, dan terong
  • Masak api kecil sambil di aduk sesekali, hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!
0

Monday, December 9, 2019

Sosis & Bakso Bakar

Sosis & Bakso Bakar - DiahDidi.Com

Siang,

Menu Yodha tadi siang..hari Ini minta sosis bakar dan bakso bakar aja, karena mau nyoba Mamayo dari @javaegg_id

Mamayo Ini mayonnaise original, terkuat dari bahan berkualitas, rasanya enak lho..beda dengan yang lain, lebih bercitarasa lokal gitu cocok untuk lidahku..dan Yodha pun bilang enak... ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Teman2 udah pernah coba Mamayo Ini?

Info lebih detail cek di ig @javaegg_id ya... ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ 

Sosis Bakar

Bumbu olesan sosis / bakso bakar :
  • 1 bawang putih, cincang
  • 1/2 bawang bombay, cincang
  • 50 gram saus tomat
  • 25 gram saus sambal
  • 1 sdk mkn saus tiram
  • 3 sdk mkn kecap manis
  • 1/4 sdk teh merica bubuk
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang
  • Angkat, masukkan semua saus dan merica
  • aduk rata
  • Oleskan ke sosis yang sudah di kerat2
  • Panggang hingga matang sambil di bolak balik
  • Angkat
  • Sajikan dengan Mamayo
Video resep bisa dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=ih3VjheoO5M

0

Sunday, December 1, 2019

Tongseng Ayam

Tongseng Ayam 
Malam,

Menu makan malam tadi... Tongseng Ayam... ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Siang tadi Yodha pulang cepet selesai tes, jadi maksi di rumah. Untuk menu makan malam tak tanya mau Ayam Goreng atau Ayam Bakar..katanya kok lagi bosen. Terus aku tanya mau makan apa..adanya di freezer cuma Ayam. Kata Yodha..: "Coba menu Ayam yang lain..kasih kejutan ke aku Mi... katanya.. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‚ Walah.. malah nantangin Emaknya untuk bikin menu beda lagi ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Akhirnya tak buatin Ini, Tongseng Ayam..dan pas makan lahap dech Yodha...ngakuin kalau enakkk ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Lumayan satu lagi menu baru, berbahan Ayam favorit Yodha..setelah kemaren suka Ayam Gongso. Oh ya..teman2 yang mencari resep Ayam Gongso yang hilang dari postinganku kemaren, di webku ya..klik aja link bioku. Postingan kemaren kena blokir di ig ku..yang bikin error ig ku kemaren ya itu, jadi aku pindah web aja ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… 

Tongseng Ayam

Bahan :
  • 1 ekor Ayam pejantan, potong kecil
  • 1000 ml santan
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun jeruk
  • 1 serai
  • 2 cm kayu manis
  • 3 kapulaga
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdk mkn gula merah

Bumbu Halus Gulai :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 kemiri
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 1/4 sdk teh jintan
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan Ayam, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan Santan, dan semua bumbu
  • Masak api kevin hingga meresap
  • Cek rasa

Bumbu Tambahan :
  • 5 bawang merah, iris
  • 2 bawang putih, iris
  • 1/4 kol, iris kasar
  • 2 daun bawang, iris kasar
  • 8 cabai rawit
  • 2 tomat
  • Bawang goreng Secukupnya
  • Tumis bawang merah dan putih
  • Masukkan Gulai Ayam
  • Tambahkan sayuran
  • Mask hingga sayuran layu
  • Masukkan kecap manis 2-3 sdk mkn
  • aduk rata, cek rasa
  • Sajikan segera
Selamat mencoba!
2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel