Thursday, July 11, 2013

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa Putih


Masih punya sisa kelapa parut panjang yang pas banget tuanya..nggak terlalu muda..dan nggak terlalu tua..jadi pas aja untuk taburan aneka jajan pasar. Tapi mau buat jajan pasar berbalut kelapa lagi..kok bosan..kemaren barusan bikin cenil..akhirnya aku buat unti aja..tapi nggak pake gula merah..pakainya gula pasir  biasa. Jadinya unti kelapa putih dech..tapi tak kalah enak dan legit lho..dari unti yang pakai gula merah..hemm..apa karena aku emang penggemar jajanan pasar yang memakai kelapa ya..jadi suka apa2 yang berbau kelapa..hihi...tapi beneran enak kok..untuk menambah aroma..aku tambahkan sedikit vanili..jadinya wangi untinya....harum semerbak . Unti ini bisa buat isian dadar gulung hijau atau bisa di buat kue mendut juga. Sore tadi aku bikin dadar gulung aja..yang bikinnya cepat..tapi eh lha kok malah hujan dan gelap tiap sore sekarang ya..jadinya motretnya rada gelap2 pan..tuch liat back groundnya gelap semua..cuma dadar gulungnya..jadi keliatan pucat sedikit..karena kurang cahaya..nggak pa2 dech..yang penting dapat foto2 yang lumayan ya..baut teman2..^^

Membuat dadar gulung nich..mudah saja..udah pada bisa kan teman2..atau tetep aku catetin aja resepnya ya..siapa tahu ada yang belum bisa buatnya..oke..ini dia resepnya. Jika tidak suka  unti putih, bisa di ganti unti gua merah seperti biasanya.

Resep Dadar Gulung
Bahan Isi:
150 gram kelapa parut kasar
1 lembar daun pandan / vanili bubuk sedikit
1/2 sendok teh garam
50 gram gula pasir / sesuaikan selera saja manisnya
100 ml air

Isi: campur kelapa parut, daun pandan / vanili garam, gula pasir, dan air. Masak sambil diaduk sampai meresap. 
Bahan Kulit:
100 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh garam
1 butir telur
300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
4 tetes pewarna sesuai selera
Cara Membuat :
Kulit: campur tepung terigu, dan garam. Masukkan telur dan santan sedikit – sedikit. Aduk sampai licin. Tambahkan pewarna merah muda. Aduk rata.
Buat dadar tipis di wajan datar kecil yang dipanaskan dan dioles minyak.
Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat kiri dan kananya. Gulung.


18 comments :

  1. Aaah.. fotonya keren banget inih.. jadi kerasa yummy :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Noe,masih lumayan berarti ya...soalnya kemaren itu motretnya udah sore..mendung dan gelap pula..jadi kurang cahaya..^^..BTW..blognya Mak juga keren abis..foto2nya bagus2 juga..jadi pengen liburan...nggak nguplek di dapur terus..hihi

      Delete
  2. sedappppppppp... nyontek resep ya makkk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Mak Rika.mudah banget ini buatnya..yukk di coba..^^

      Delete
  3. duileeeee,, puasa2 liat yang beginian *padahal lagi ga puasa* jadi lapeeeeeeerrr *netes2 lap pake serbet* karena ga puasa itu lebih laper dari yang puasa inih. ngebuuul trusssss ngebuuuulll. mak daku masukin blogmu di bloglist daku yah mak ^.~ tararengkyuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Fitri..meh apa lagi kalau puasa gini..mau ke Mall ya bikin boros aja..mending masak2..hihi..ya Mak..silahkan..nanti aku follow blog Mak juga ya..^^

      Delete
  4. heeemmmmm....sedapnyaaa....nyontek resepnya ya Mba Diah....Tks... :) (emyraya)

    ReplyDelete
  5. Mba Diah... gimana cara bikin kulitnya bisa gak gosong dan tipis... untuk resep diatas bisa jadi berapa ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai api kecil Mba..tapi sebelumnya teflonnya harus benar2 panas dulu ya..:)
      Hasilnya jadi berapa..wah..lupa mba..hihi..udah lama soalnay buatnya...:)

      Delete
  6. Mbak bisa jadi berapa buah dadar gulungnya?

    ReplyDelete
  7. mbaaa kl untinya terlalu keras diapain ya? masak lg tambah air gpp gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa mba..si masak lagi sebentar..:)

      Delete
  8. Mba diah... mau nanya nih.. gmn tipsnya agar dadar gulung lembut dan berlobang2 ya... makasih ya mba atas bagi2 ilmunya y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. panaskan dulu teflonnya..hingga panas, baru tuang adonan./..nanti bs berlubang2..:)

      Delete
  9. Kemarin tetangga minta tolong dibuatkan dadar gulung isi unti buat arisan di rumahnya
    Waduh belum pernah buat
    Coba cari di blog Mbak Diah, ternyata ada resepnya
    Tapi untinya coklat sesuai permintaan tetangga
    Wahhh kata tetangga laris manis karena yg arisan orang Jawa semua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Astri...syukurlah jika suka ya..:)

      Delete
  10. Mbak Diah, saya sdh coba resep ini 2x, dpt lubang2nya. Saya pake variasi 2 warna, dan hijaunya dari daun pandan suji + pandan wangi. Enak, harum, cantik pula! Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete