Kemaren ada Pak tukang  bersih-bersih halamanku bilang.."Bu..bunga telangnya terlalu rimbun , di potong saja ya..jika tidak nanti pohon jeruk sambalnya mati..karena tertutup pohon bunga telang. Wuaa...sebenernya sayang sekali..karena aku suka sekali membuat aneka kue-kue atau makanan pakai pewarna bunga telang ini..dan pohonnya juga lagi rimbun-rimbunnya..dan banyak bunganya. Tapi tak lihat memang akan mati pohon jeruknya jika tidak segera di pangkas bunga telangnya...sayang juga. Jadilah kemaren terpaksa merelakan tanaman bunga telangku untuk di potong dulu.


Kemaren di dapur masih ada pisang kepok satu sisir dan matang pohon ranum-ranum, kiriman eyangnya Yodha. Saking banyaknya kok mulai bingung mau di buat apa lagi..kolak..udah..carang gesing..hingga pipes kopyor udah..pisang gorengan atau pisang rebus kok bosan. Sementara jika di buat cake, kan kurang mantep aromanya. Terus kemaren keingat dech sama salah satu kue yang bahan utamanya pisang kepok..yaitu kue Barongko. 

Sawi asin..salah satu sayuran fermentasi yang jarang aku masak. Padahal di Semarang..yang notabene banyak daerah Pecinan ya..banyak banget sawi asin begini di jual. Dulu masih suka ragu aja mau masak sawi asin...karena biasanya lihat penjual sawi asin di pasar misal di Gang Baru tuch banyak banget...tapi aku nggak tertarik..liat sayur sawi berendam di air keruh dan di taruh panci-panci gitu..hihi. Pikirku..wah..udah berapa hari tuch si sawi berendam..di panci berisi air keruh itu. Tapi ternyata memang di awetkan dengan cara seperti itu ya..sawi asin ini. Sampai akhirnya suatu saat aku penasaran bikin sawi asin sendiri setelah melihat caranya di tivi..tapi kok ndak jadi..haha. Jadi cara membuatnya mudah sebenernya...sawi di rendam dalam larutan air cucian beras dan garam. Terus di tutup rapat dan di biarkan berhari-hari. Tapi sawi asin hasil uji cobaku bukannya terfermentasi..punyaku malah hancur dan lembek sawinya..hihi. Padahal seharusnya..sawi jadi layu aja..dan tetep ada tekturenya kres gitu ya teman-teman. Ya udah sejak itu belum niat lagi ngolah sawi asin.

Tapi waktu ke supermarket liat sawi asin dalam kemasan bersih dan sepertinya fresh gitu kemaren jadi minat beli. Akhirnya aku masak sawi asin juga..hihi. ternyat nggak asin banget ya. Aroma fermentasi yang khas membuat masakan sawi asin ini punya citarasa tersendiri. Waktu aku lagi mau motret sawi asin..Yodha tanya "Itu apa Mi ?"..Ku bilang sawi asin..terus Yodha mencium aromanya.dan katanya...hemmm..baunya kok aneh. Tuch sambil mengernyitkan hidung..waktu mencium aroma sawi asinnya...hihi. Yodha memang kalau mengenali bahan masakan baru pasti di cium-cium aromanya..hihi. Tapi kemaren akhirnya malah jadi tertarik sama sawi asin ini karena belum pernah makan dia..dan bantu potong-potong...katanya..hemmm..seperti kim chi katanya. Haaa..kim chi kan pedas kan..ku bilang..hihi..akhirnya kami masak sambil becanda dech.



Dan setelah matang dan pas buka mencicipinya..Yodha ternyata suka sawi asinnya..hihi. Hemm..enak..katanya...besok masak lagi sawi asin ya Mi..katanya. Nah lho..kok malah ketagihan..hihi. Memang unik sich rasa sawi asin ini..ada aroma khas..dan bener sesuai dugaanku. Walau di fermentasi..tekturenya tetep kres renyah batang dan daun sawinya. Hemmm..jadi heran..kenapa dulu aku buat sawi asinnya jadinya sawi lembek dan bau..haahah. Tapi ya..kalau di pikir-pikir kurang kerjaan banget ya..lha wong beli di pasar atau di supermarket banyak kok ya neko-neko bikin sawi asin sendiri..hihi. Ya..namanya juga penasaran...! ^^

Okey dech kali ini resep mudah mengolah sawi asin..ya di tumis aja..di padu tahu sutra tau tahu Cina yang lembut...hemm..enak..! Selamat emncoba teman-teman.jika suka sawi asin ya..

Tumis sawi Asin & Tahu

Bahan :
200 gram sawi asin, cuci bersh dan peras airnya, potong-potong
2 buah tahu Cina, potong-potong
1 sendok teh saus tiram
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh merica bubuk
150 ml air
6 buah bawang merah , iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabai merah ( sesuai selera ) , potong serong
Cabai rawit seckupnya jiak suka pedas

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga harum
Masukkan cabai merah dan ebi, aduk rata
Masukkan tahu, sawi asin,  air dan semua bumbu
Tutup wajan dan masak sebentar hingga meresap
Koreksi rasa, sajikan hangat



Pipes Kopyor..adalah kudapan manis dari Temanggung  Jawa tengah..yang biasa di sajikan untuk menu buka puasa. Selain di Temanggung, daerah lain ada juga mungkin. Nama aslinya Pipis Kopyor..tapi di baca Pipes..hihi..jadi aku lebih sreg sebutnya Pipes aja dech..hihi. Pada dasarnya Pipes ini mirip sama carang gesing yang terbuat dari pisang dan roti tawar, namun carang gesing pakai telur kadang..kalau pipes ini nggak pakai. Pipes kopyor ini seharusnya juga berkuah..tapi punyaku asat..alias kehabisan kuahnya waktu di kukus...hihi. Soalnya tadi daunnya cuma kecil..jadi nggak bisa nampung kuah banyak di waktu di kukus..otomatis kuah santannya terserap semua ke rotinya. Next time kalau buat lagi mau pakai daun yang lebih lebar ah. Padahal tadi sudah membayangkan buka puasa makan pipes kopyor berkuah yang seger dan legit..hihi. 

Pagi-pagi menyempatkan diri ke pasar, mau beli macam-macam buat stock menu Yodha..eh lha kok daku tergoda sama kulit melinjo yang ranum-ranum. Hem..langsung kebayang dech..oseng kulit melinjo pedas, jangan gori pakai kulit melinjo, lodeh tempe kulit melinjo atau brongkos pakai kulit melinjo. Tapi melihat ranumnya di kulit melinjo kok jadi berubah haluan..pengen bikin keripik kulit melinjo aja. Pasti banyak yang heran..kulit melinjo emangnya enak di buat keripik ?..Jawabannya enak aja..jika suka..hihi. Rasanya unik..paling enak jika di bumbu pedas manis seperti bumbu kering tempe itu lho teman-teman. Mungkin buat teman-teman yang masa kecilnya seumuran denganku pernah makan keripik kulit melinjo ini kali ya. Dulu jaman aku SD suka di jual di kantin sekolah..di bungkusin plastik kecil-kecil ada yang asin atau yang yang di buat pedas manis gitu. Rasanya..tentu saja enak..jaman dulu mah apa yang nggak enak ya..hihi. Makanan jaman dulu itu justru alami dan nggak neko-neko bahannya, nggak pakai macam-macam bahan berbahaya seperti sekarang ya teman-teman.

Buat yang belum tau kulit melinjo..kayak gini nich. Kalau udah matang dan ranum gini..enak di masak dan juga di buat keripik. Di oseng pedas sama tempe semangit aja sudah enak banget kulit melinjo ini. Duch aku kok lidah ndeso tenan, suka banget apa aja yang berasal dari pohon melinjo..baik itu daun mudanya ( daun so )..bunganya ( kroto ) atau buah melinjonya yang sudah di olah jadi emping melinjo juga suka. Di pekarangan rumahku..rumah Simbah dulu,..Pakde..Bulek..di kampung semua punya pohon melinjo..jadi dari kecil ya akrab dulu sama olahan melinjo dan saudara-saudaranya..hihi. Buah melinjo yang udah tua aja..enak lho di bakar teman-teman. Jaman kecil dulu...kan kalau masak nasi dan lauk pauk..kan di liwet ya teman-teman..pakai  kayu bakar..nah..kalau dapat tugas jagain masakan..kalau punya melinjo tua..pasti dech sambil bakarin melinjonya..abis itu di pukul..pakai ulekan..keluar dech melinjo bakar..yang enak..langsung buat cemilan..hahaha. 


Buah melinjo ini nilai ekonomisnya cukup tinggi juga ya teman-teman..apalagi jika sudah di buat emping melinjo...wah tambah mahal harganya. Nah..emping-emping melinjo dari kampung inilah yang banyak di jual di kota-kota..lumayan jadi emping elit..dengan harga selangit..hihi. Padahal kalau di rumahku mah..sampai *mblenger kadang makan emping melinjo..karena suka buat sendiri ibuku..kalau pas panen melinjo. Kalau emping melinjo..aku paling suka emping melinjo klatak..yang kecil-kecil empingnya, masih agak keras, cara membuatnya sekali pukul aja..wah itu rasanya enak banget. Masih otentik jadul dan ndeso. Jadi cara buatnya..melinjo tua di sangan ( si sangrai ), kemudian tinggal di *thutuk pakai munthu*.....hihi..duch bahasaku..maksudnya tinggal di pukul pakai palu atau ulekan gitu teman-teman..jadi pipih dan pecah kan melinjonya. Udah..habis itu di jemur hingga kering, kemudian di goreng. Setelah di goreng tinggal di bumbuin pedas manis. Wah...itu super enak rasanya. Kalau di toko oleh-oleh..harganya sudah mahal banget.

Keripik kulit melinjo inipun masih ada kok di beberapa toko oleh-oleh teman-teman..tapi ya itu...penganan apapun kalau udah mask toko oleh-oleh kok jadi mahal semua ya..hihi. Kemaren aku sempat lihat di toko oleh-oleh di sini 30 ribu per bungkus. Makanya mari kita buat sendiri saja di rumah...beli kulit melinjo 5 ribuan aja udah dapat buanyak..! ^^

Oke dech mau tau cara buatnya..super gampang kok

Keripik Kulit melinjo

Bahan :
400 gram kulit melinjo, cuci bersih
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
2 siung baang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh kaldu ayam, jika suka

Cara membuat :
Campur bumbu halus dengan 50 ml air. masukkan kulit melinjo, aduk arta
Diamkan 15 menit
Goreng di minyak yang sudah di panaskan dengan api sedang hingga matang dan renyah. 
Kecilan api jika keripik sudah hampir kering agar tidak gosong, lalu goreng hingga kering dan renyah. Simpan di toples jika sudah dingin.

Jika mau bisa di teruskan jadi keripik kulit melinjo di bumbu pedas manis




Buka puasa itu paling nikmat minum yang seger dan dingin ya teman-teman..habis itu lanjut makan makanan yang berkuah dan segar,..hemmm hilang sudah lapar dan dahaga. Nggak perlu menu yang mahal-mahal..cukup sayur asem hangat yang seger..lauk tempe dan sambal pun udah nikmat banget. Apalagi jika di tambah ayam goreng atau ikan goreng..ya tambah mantab..hihi.


Buka puasa masak apa tadi teman-teman ?..Daku..cuma masak balado terong sama ikan bakar request Yodha..sama bakwan. Masaknya super praktis dan cepat..lha wong masaknya 1 jam sebelum buka..hihi. Akhirnya..pas buka puasa matang dech semua. Alhamdulillah kerjaan ndak habis-habis. Rencana sore mau buka puasa di luar pun gagal..karena nanggung kerjaan masih banyak. jadi buka yang cepat dan simple aja masaknya. 

Alhamdulillah Yodha masih rajin puasa..sekali-kali habis main bola di dalam rumah..bilang.." Aku sangat hausss !"..gitu..hihi..tapi tetep di tahan hingga buka. Untuk mengisi waktu luang liburan di rumah karena Emaknya sibuk belum sempat ke mana-mana...akhirnya aku jadikan assisten aja..hihi. Dan alhamdulillah..Yodha udah mau rajin bantu-bantu tiap hari. Kadang bantu potong-potong dan tempel stiker di tepung. Makanya jika teman-teman..yang pesan tepung dari aku..jika stiker sedikit mencong atau kurang lurus masangnya..harap maklum ya..hahaha. Kerjaan favorit Yodha itu nyusun barang-barang stock aneka tepung di rak..atau bantuin sealer plastik dobelan untuk tepung yang mau di packing dia udah bisa..hihi. Ya latihan wira usaha ya Nak..pasti ada manfaatnya ketika kamu besar nanti.  Dia nyebut dirinya *Store Manager* toko tepung Mami..hahaha. Minta gaji juga lho teman-teman..padahal kerjanya semaunya..kalau lagi mood ya mau bantu..kalau ndak ya asyik main game aja..hihi. Gajinya minta di beliin baju bola tiap bulan..katanya. Saat ini Yodha memang lagi gila bola..duch tiap hari nontonnya bola terus..sampai Emaknya yang biasanya ndak pernah tau bola..jadi apal sekarang club-club bola dan pemainnya..hihi. 


Alhamdulillah..pengiriman buku yang kemaren menumpuk karena re stock dari gudang distributor yang telat hingga hampir 2 minggu selesai juga...jadi yang harusnya kirim buku dari awal bulan mundur banget dech..terpaksa aku urutkan tanggal transfernya, karena keterbatasan tenaga nggak mungkin bisa packing ratusan buku perhari. Sekarang tinggal ngurusin order harian orderan tepung, dll , yang lebih mudah aku kontrol pengirimannya..karena stock barang jualan..aneka tepung dll aku sendiri yang mengontrol stocknya. Kalau buku kan harus berkoordinasi dengan pihak luar. Makanya kemaren waktu benar-benar tersita untuk orderan buku. Tapi alhamdulillah ya..udah sold out yang buku masakan..tinggal kue kering yang masih ready stock. 3 hari kemaren tidur cuma 2 - 3 jam tiap hari..tadi malam udah nggak kuat..jam 10 tidur..eh bablas sampai jam 5 baru bangun..itu pun suami yang juga kaget kesiangan bangun duluan..hihi..jadilah hari ini kami nggak sahur..haha. Jadi tadi Yodha tetep aja tak suruh sarapan..kasian jika ndak sahur..hihi. Yang penting tetep lanjut puasa katanya.


Maaf ya teman-teman..kemaren absen posting...gara-gara pulsa internet habis..huhu..suami udah terlanjur berangkat ke kantor..dakunya malas keluar rumah..karena kerjaan juga super banyak. Jadi 3 hari terakhir nich tidur cuma  2-3 jam an..tapi alhamdulillah..berkah puasa ya kuat. Nggak pusing..kalau nggak puasa itu kadang malah suka pusing kan ya teman-teman..tapi kalau puasa malah tahan banting. Lha tidur jam 12 malam..jam 3 udah bangun nyiapin sahur..abis itu bablas dari Subuh sampai sore ngurusi packingan barang. Begitu seterusnya..jadinya menu buka dan sahur kami apa yang ada di freezer stock ayam ungkep dan lauk stok lain..hihi yang udah aku buat sebelum puasa kemaren. 

Wah udah tengah hari..udah masak apa baut buak nanti teman-teman..? Pastinya udah nyiapin menu komplet ya buat buka puasa. Salah satu menu buka puasa yang di sukai banyak orang adalah jajan pasar. Makanya nggak heran..di bulan puasa ini..kalau sore hari nich banyak ya..yang jualan kue-kue basah atau kue-keu yang khusus di jual di bulan puasa. Memang..kalau puasa itu paling enak berbuka dengan yang manis-manis. jadi yang pengen niat   usaha kue-kue selama bulan puasa ini..ayuk..masih lama kan puasanya..semangat ya menjemput rejeki tambahan.