Sunday, December 4, 2016

Lentho Singkong Tempe Semangit


Olahan Singkong lagi...hihi. Kalau beli singkong itu aku suka lupa masak kadang teman-teman..jadi kadang lebih suka beli singkong masih kulitan agar lebih awet di simpan. Namun...kadang di pasar sudah di manjakan ya kita sekarang...banyak di jual singkong udah kupasan gitu. Jadi..kadang tergoda juga untuk beli...walaupun kadang-kadang akhirnya lupa juga masak..hihi. Nah nggak sengaja aku nemu tehnik menyimpan Singkong agar lebih awet..yaitu di rendam pakai air. Aku nggak sengaja juga sich. Beli singkong Minggu lalu, udah kupasan, aku cuci bersih. Lalu aku masukin wadah dan aku rendam air, biar nggak membiru maksudnya. Eh..sampai malam kok lupa masak. Akhirnya aku masukin kulkas aja dalam posisi terendam.
1

Friday, December 2, 2016

Lemper..Pakai Rice Cooker


Minggu ini aku udah dua kali bikin Lemper. Rajin ya...hihi...mesti teman-teman kira ribet bikin lemper. ah..sekarang aku udah nemu cara yang mudah kok membuat Lemper..di masak pakai Rice Cooker aja..nggak perlu merendam beras ketan, nggak perlu bikin aron ketan..ngukus..dll. Langsung aja masukin semua bahan ke rice cooker...seperti membuat Nasi biasa...dan nggak lama klik..setengah jam kira-kira...langsung matang dech. Tinggal di beri isi, di bungkus daun biar seperti Lemper tradisional..rasanya..sama enaknya...hihi.

7

Thursday, December 1, 2016

Tips Membuat Cumi Krispi


Yodha lagi seneng Cumi. Biasa dia suka di bakar. Namun biar nggak bosan aku coba goreng krispi aja..ternyata suka juga. Jadilah menu ini salah satu menu favoritnya sekarang. Cumi Krispi ini memang enak banget ya teman-teman..krispi di luar..empuk dan lembut di dalam. Nah..tapi nggak semua bisa begitu lho. Kadang beli di resto itu cuminya alot...tepungnya keras.
4

Wednesday, November 30, 2016

Hotteok..Resep Baru



Hotteok lagi....yuppp....salah satu makanan Korea yang paling aku suka adalah Hotteok ini. Ini paling cocok sama lidah Jowoku...hihi. Aku juga pernah beli Hotteok di kawasan Street Food..Di Korea ??...Bukan...di sini aja..hihi. Di  Kampung kuliner Semawis juga ada yang jual..keren kan. Di daerah lain belum tentu ada kan ya. Di Daerah Semawis Semarang nich..banyak kuliner unik adaptasi dari luar...Jepang..Korea..dll...dan uniknya peralatannya di impor juga dari luar sana lho..tulisan..kemasan juga seperti di Korea..hihi. Jadi kalau cuma mau makan Hotteok..nggak perlu tunggu bisa jalan-jalan ke Korea dulu kan ya. Tapi lumayan mahal sich..15 ribu sebiji...jadi mending bikin sendiri teman-teman..murah..enak dan mudah kok.

16

Monday, November 28, 2016

Pastel Ayam


Pastel...itu salah satu gorengan favoritku. Segala pastel aku suka..baik yang versi isi sayuran aja ala pasar atau yang mewah kelas bakery..aku suka semua...hihi. Pokoknya pastel itu spesial. Biar isinya cuma wortel atau kentang aja jika di bumbuin dengan pas, rasanya itu enak sekali. Perpaduan kres, renyah gurih kulit pastel di padu isian gurih manis yang membuat komposisi rasa yang indah ketika kita makan..*lebay..hihi...*
1

Sunday, November 27, 2016

Pia-Pia Sosis


Pia lagi. Yupp..Pia-Pia ini mirip bakwan tapi adonan lebih lembut. Jika di Semarang itu biasa di cetak pakai sendok sayur, jadi adonannya itu lebih encer dari bakwan biasa. Jadi ketika di goreng, tekturenya jadi lembut. Tapi harus di cetak dulu ya...sebelum di goreng hingga matang. Jika langsung di goreng dengan cara di sendokkan ke minyak, akan berminyak sekali bakwan seperti ini.
4

Saturday, November 26, 2016

Tips Menyiapkan Bekal Menarik Untuk Anak-Anak

Tips Menyiapkan Bekal Menarik Untuk Anak-Anak 


Anak-anak...tentu butuh banyak Nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ya teman-teman. Nah...seringkali kegiatan anak-anak kan lebih banyak di siang hari, di sekolah pastinya. Mereka harus belajar dan beraktifitas yang tentu saja butuh energi dan asupan nutrisi yang cukup agar bisa berkonsentrasi belajar dan kuat berkatifitas sepanjang hari. Apalagi yang anak-anak sekolahnya *Full Day seperti sekolah Yodha nich..makan siang atau  bekal tentu sangat penting. 

Nah..kali ini aku mau berbagi tips nich, cara menyiapkan bekal untuk anak-anak yang menarik, dan tentu saja harus enak ya..agar anak-anak lebih semangat makan. Kali ini aku mau berbagi tips membuat Nasi aneka warna yang menarik untuk anak-anak, tapi dengan bahan-bahan pewarna alami. Jadi sudah pasti aman untuk anak-anak, dan juga lebih menarik warnanyaa, tidak mengubah rasa, dan bahkan jika menggunakan bahan-bahan tertentu, seperti Ubi Ungu, tentu saja menambah asupan gizi juga untuk anak-anak.

Untuk pewarna Nasinya, usahakan memakai bahan-bahan alami ya teman-teman. Misal..untuk Nasi warna Ungu, kita bisa menggunakan Ubi Ungu untuk campuran Nasinya. Untuk warna kuning, kita bisa pakai kunyit. Untuk warna Biru, kita gunakan air bunga telang. Selain itu ada buah bit untuk warna merah, atau daun suji untuk nasi hijau. Bisa juga memakai sawi hijau yang di blender untuk Nasi hijau...dll. Banyak pewarna alami kok yang sehat dan aman untuk anak-anak. Cara memasaknya biasa aja kok. Jika mau membuat Nasi gurih, pakai santan..pewarna alaminya di campur waktu membuat nasi aron dengan santan hingga setengah matang, kemudian di kukus. Jika mau membuat Nasi biasa, tinggal di campurkan saja pewarna alaminya, waktu memasak nasi menggunakan rice cooker.


Tapi menurut aku, untuk Nasi warna seperti ini, akan lebih enak jika kita membuatnya jadi Nasi Gurih, jadi bahan tambahan pewarna alami tidak akan mempengaruhi rasa Nasinya..karena Nasinya sendiri sudah enak sekali, gurih dan memakai santan. Pemakaian santan juga berguna, agar warna alaminya yang muncul itu soft di Nasinya..tidak genjreng. Jika langsung Nasi putih biasa, awarna biru bunga Telang biasa terlalu biru..tapi jika di campru santan, warnanya jadi lebih cantik soft. Selain itu aromanya juga akan lebih dominan santan gurihnya. jadi misal kita buat Nasi kuning tanpa santan, tentu kurang gurih ya rasanya.

Agar lebih menarik, cetak Nasi dengan aneka bentuk yang lucu dan menarik. Tidak punya cetakan Nasi yang lucu ala bento...tenang..bisa kok di bentuk sendiri pakai tangan, bisa bentuk bulat pipih, segitiga, dll sesuai selera. Bentuk Nasi ketika masih panas, agar hasilnya padat cantik. Jika sudah dingin, tentu Nasi susah di bentuk. Agar Nasinya cantik dan merekat erat ketika di bentuk, campurkan sedikit beras ketan waktu membuat Nasinya ya teman-teman. Rasa Nasi juga akan lebih pulen dan enak.

Nasi sudah cantik warna-warni, yang tak kalah penting tentu lauknya ya. Pilih Lauk favorit anak-anak seperti Nugget, Galantin, Kekian, Sosis, Ayam goreng, dll yang praktis dalam penyiapannya di pagi hari. Usahakan selalu menyimpan stok lauk-lauk praktis tersebut di freezer ya teman-teman..jadi tidak akan repot di pagi hari jika menyiapkan bekal untuk anak-anak. Usahakan jika membuat stok lauk frozen, kemas ukuran sekali pakai agar lebih mudah mengeluarkan dari freezer dan stok lain tidak keluar masuk freezer.

Selain lauk kering, usahakan ada lauk tambahan seperti Mie Goreng, sayuran tumis yang simple, cap cay, orak arik, dll agar asupan gizi anak makin lengkap. Jangan lupa sayuran atau  buah ya. Agar lebih menarik, kita buat komposisi bekal anak semenarik dan meriah mungkin warnanya. Hias dengan banyak sayuran segar seperti selada, jadi bisa di makan juga..atau tomat, wortel, dll yang mempunyai warna menarik.  Bahan lain seperti daging, olahan daging..sayuran, dll bisa dengan mudah ya kita temui sekarang di supermarket. Apalagi sekarang juga ada Happy Fresh, layanan belanja online yang bisa di antar ke rumah.  Sayangnya baru bisa untuk daerah Jakarta dan sekitarnya ya. Jadi...sangat beruntung teman-teman yang tinggal di Jakarta karena bisa menggunakan fasilitas layanan kurir seperti Happy Fresh, dimana teman-teman bisa membelikan perlengkapan bahan makanan sekaligus mengantarkan kerumah dalam waktu 1 jam. Selain itu Happy Fresh juga menyediakan berbagai promo penawaran menarik yang tersedia di website Saleduck. Andaikan di Semarang sudah ada Happy Fresh, pasti akan lebih menyenangkan dech belanja kebutuhan bahan-bahan makanan fresh".

Selanjutnya, yang tak kalah penting...susun atau kemas bekal anak dengan lebih menarik. Pakai wadah Lunch Box yang menarik agar anak-anak makin semangat membawa bekal, dan pasti bangga ketika membuka bekalnya di depan teman-temannya. Jangan lupa bawakan bekal lebih ya..jika anak suka share bekal..seperti Yodha..hihi. yang selalu makan bekal bersama kedua sahabatnya. Walau sama-sama bawa bekal, tapi suka tuker-tukeran sama teman-temannya. Wadah yang menarik dan cantik, serta fungsional seperti di foto aku ini, tentu bisa memuat banyak bekal untuk anak-anak. Aku beli online kemaren di Lazada. Banyak Lunch box lucu-lucu dan unik di sana.

Lagi seneng hunting pernak pernik Lucnh Box  buat Yodha nich. "Sekarang aku tidak perlu susah-susah lagi kalau mau beli aneka Lunch box lucu, karena banyak di jual online,  lucu-lucu bentuknya, berkualitas dan terjamin, seperti di Lazada. Selain itu, sebelum aku masuk ke website toko online tersebut, aku browsing dulu kode promo dan voucher diskon toko online tersebut di website kode kupon, seperti SaleduckDisini kita bisa mendapatkan kode diskon belanja online alat-alat dapur, pernak pernik unik, makanan atau bahan makanan yang murah".

Nanti mau hunting Lucnh Box dan peralatan bento lagi ah buat Yodha..hihi. Lagi suka berkreasi dengan bekal Yodha..sekalian mau cari pernak pernik dapur yang lucu-lucu kali ya..pasti ada di toko online seperti Lazada, dll. Sebelum belanja..harus mampir dulu nich ke Saleduck..biasa..cari-cari voucher diskon dulu...hihi. Kita bisa pilih-pilih voucher di Saleduck ini untuk belanja online di berbagai e comerce ternama..dan diskonnya itu berganti-ganti lho promonya...jadi harus sering buka web Saleduck jika mau harga lebih hemat..hihi. Ibu-ibu gitu lho...siapa yang tidak mau belanja hemat..ya kan...teman-teman ! Lumayan kan diskonnya, bisa buat hemat ongkir..hihi.

Oke..semoga bermanfaat ya sedikit tips dari aku...selamat mencoba tips-tips kali ini ya teman-teman..resep Nasi warna-warni, seperti yang Ubi ungu sudah aku posting ya kemaren, lauk pauk praktis seperti Kekian, Galantin, dll..juga sudah ada di webku ini semua resepnya. Selamat memasak bekal cantik untuk anak-anak ya.

8

Thursday, November 24, 2016

Nasi Gurih Ubi Ungu


Masih suka sama yang Ungu-Ungu..hihi. Dalam rangka menghabiskan sisa dua buah Ubi Ungu di dapur juga sich. Aku buat Nasi Ubi Ungu ini. Sayang karena aku dapat Ubi Ungu bagus..tua banget..warnanya Ungu tua waktu mentah..jadi cantik sekali jika di gunakan sebagai pewarna makanan.
12

Wednesday, November 23, 2016

Ketan Biru


Mau olahan Ketan yang beda teman-teman..cobain yuk..Ketan Biru bunga Telang ini. Warnanya cantik sekali ya. Warna birunya alami lho..memakai pewarna dari bunga Telang. Jadi..aman..walau genjreng birunya begitu. yang jelas, tidak merubah rasa dan aroma dari Ketannya kok. Kalau di Malaysia sana malah jadi pewarna makanan juga bunga Telang ini, yaitu Nasi Kerabu. Sejenis Nasi gurih..pakai pewarna alami bunga Telang ini juga. Unik ya...besok-besok aku coba dech bikin Nasi Kerabu.

3