Google Ad

Monday, October 19, 2020

Chicken Popcorn

 

Chicken Popcorn

Selamat siang teman-teman,

Beberapa waktu lalu temanku cerita punya anak gadis yang masih kuliah, nah di saat pandemi ini karena banyak waktu ingin bantu-bantu cari tambahan penghasilan untuk orang tua, terus minta bantuanku untuk dibuatin menu yang kekinian yang tentunya disukai anak muda karena rencana mau dijual kepada teman-temannya dulu.

Aku kasih ide menu ini nich, chicken popcorn ala Korea  yang bumbunya pedes manis gurih khas pakai saus pedas ala Korea, tapi sudah disesuaikan dengan selera Indonesia tentunya.

Setelah dicoba dijual oleh anak temanku, ternyata teman-temannya pada suka. Syukurlah, aku jadi ikut seneng dech...๐Ÿ’•

Memang di saat kondisi seperti sekarang ini kita harus tetap semangat berusaha ya teman-teman, untuk menambah penghasilan bisa kok memulai usaha kecil-kecilan, misal menerima pesanan makanan, bisa dijual secara online atau dijual di lingkungan sekitar rumah dulu, dan atau jika punya sedikit modal bisa membuka gerai kecil di depan rumah, di pinggir jalan, dsb.

Nah, salah satu menu yang bisa dijual untuk segmen pasar anak muda, ya contohnya seperti ini ya teman-teman, kan pasarnya sekarang sudah bukan seusia kita melainkan generasi milenial atau bahkan generasi Z. Bisa ditaruh di wadah cup kertas (mangkuk kertas) yang lucu-lucu, dah pasti menarik.

Nah teman-teman, sekarang ini lagi ada kompetisi foto dan story telling dengan tema kreatifitas di masa pandemi lho di #KreativitaskuSaatpandemi (Instagram).

Teman-teman yang mau ikutan lomba #KreativitaskuSaatPandemi, bisa upload konten yang berisikan foto atau cerita kreatifitas atau inovasi usaha kecil di masa pandemi ini yang tujuannya untuk meningkatkan penghasilan keluarga.

Yuk berbagi cerita versi kamu:
1. Upload foto atau cerita di Instagram masing-masing ya ...
2. Jangan lupa gunakan hashtag #KreativitaskuSaatPandemi
3. Ajak 3 orang teman untuk ikutan
4. Instagram jangan dikunci ya

Dapatkan hadiah kamera, handphone, dan tablet untuk cerita paling seru. Periode lomba 16 Oktober - 4 November 2020.

Untuk resep Chikcen Popcorn aku tulis di bawah ya teman-teman ... 







Resep Chicken Popcorn Ala Korea

Bahan :
  • 500 gram ayam..bisa pakai dada taua daging bagian paha.. potong kecil-kecil
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh garam
  • 1 sdk teh saus tiram
  • 1/4 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica
  • 50 gram tepung maizena
Cara Membuat:
  • Aduk ayam dan bumbu2, serta maizena, sisihkan hingga meresap 15 menit
  • Tambahkan tepung maizena secukupnya hingga semua terlapisi
  • Goreng hingga luarnya krispi.
  • Jika mau otentik lagi sebenernya bisa pakai tepung pati kentang. tapi kalau susah carinya..pakai maizena ya bisa.
Bahan dan Cara Membuat Saus :
  • 3 bawang putih, cincang
  • 1/2 bawang bombai, cincang
  • Tumis hingga harum
  • Matikan dulu api
  • Masukkan 3 sdk makan saus tomat
  • 1 sdk mkn saus tiram
  • 2 sdk mkn madu
  • 1 sdk mkn saus gochujang ala Korea..kalau tidak ada ganti saus sambal biasa
  • Aduk rata semua bahan saus, tambahkan air 50 ml aja agar tidak mudah gosong, masak dengan api kecil, cek rasa.
  • Jika sudah pas rasa, matikan api.
  • Masukkan ayam..
  • sajikan dgn taburan wijen sangrai
  • Jika ingin pedas berlevel-level, bisa di tambahkan bubuk sesuai selera ya.
Selamat mencoba!

1

Sunday, October 18, 2020

Bakwan Jagung Toping Udang

 

Bakwan Jagung Toping Udang

Selamat sore teman-teman,

Mendung lagi sore ini, sepertinya semua butuh cemilan untuk teman santai di sore hari. Jadi cemilan yang pas adalah gorengan yang masing anget ya teman-teman ... Betul kan? ๐Ÿคฃ Gak usah mikir diet dulu deh kalo mendung HiHi.

Sepiring Bakwan Jagung Udang cukup ya.

Ini Bakwan Jagungnya aku cetak pakai cetakan pia-pia ๐Ÿ˜…

Resep Bakwan Jagung Toping Udang.

Bahan :
  • 300 gram terigu
  • 1 telur
  • 350 ml air
  • 3 jagung..pupil
  • 1 wortel..iris kecil
  • 2 daun bawang, iris
  • 2 bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh gula pasir
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1/2 sdk teh garam / secukupnya
  • 100 gram udang kecil
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan kecuali udang.
  • Goreng dgn sendok sayur, beri topping udang di atasnya.
Selamat mencoba!
0

Mangut Cabe Hijau

 

Mangut Cabe Hijau

Malam...

MANGUT lagiiiii teman-teman ๐Ÿคฃ

Beberapa hari ini belum semangat ke pasar, jadi ngandelin Budhe Sayur, apa yang tersisa yang dibawa ke rumah ya itu yang aku masak. Soalnya ke rumahku itu rute terakhir budhe sayur sebelum pulang.. ๐Ÿ˜…

Kali ini aku buat Mangut versi Semarang ..Mangut Ikan Asap ... tapi pakai bumbu iris cabe hijau, dimasak api kecil lama hingga meresap bumbunya, sampe cabe hijaunya layu gak hijau lagi ๐Ÿ˜…... Tapi bumbu malah jadi bener-bener meresap ๐Ÿ’•

Terus masaknya kesorean lagi gak sempat plating lagi ... langsung dari wajan aja ya ๐Ÿคฃ

Resep Mangut Iwak Pe & Tahu Cabai Hijau

Bahan :
  • 5 potong daging iwak pe
  • 200 gram tahu kulit, potong kecil
  • 100 gram cabai hijau, iris tipis serong
  • 10 butir bawang merah, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 cm kencur, haluskan
  • 1 cm kunyit, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
  • 1000 ml santan
Cara Membuat :
  • Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis sampai harum. Masukkan santan , dan semua bumbu2 lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak pe dan tahu Cicipi rasanya. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap.
  • Cek rasa
  • Sajikan.
Selamat mencoba!
0

Thursday, October 15, 2020

Oseng Bandeng Kecap

Oseng Bandeng Kecap

 Malam teman-teman,

Sedang "mblenger" daging..buat makan malam tengok kulkas kok masih ada 1 bandeng presto ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ dari UMKM binaan suami di Magelang, Bandeng Presto Magelangan.

Aku oseng kecap dengan kuah dikit aja, sedep wis, plus nasi anget lembek..plus kerupuk plus ditambah suasana yang hujan deres di Semarang sini ๐Ÿ˜˜๐Ÿคฃ ...


Oseng Bandeng Kecap

Bahan :

  • 1 bandeng presto uk agak besar, potong2 .. goreng
  • 5 cabe merah besar
  • 5 cabe hijau besar
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih, iris
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun salam
  • 4 tomat ijo, iris
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Garam jika perlu ( bandengku udah agak asin jadi aku gak pakai garam lagi )
  • 2 sdk mkn kecap manis
Cara Memasak :
  • Tumis bumbu
  • Masukkan 150 ml air
  • Masukkan kaldu dan kecap serta bumbu2 lainnya
  • Masukkan bandeng
  • Aduk rata dan masak hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!

0

Wednesday, September 30, 2020

Mie "Tek-Tek" Instan

Mie "Tek-Tek" Instan

 
Malam teman-teman,

Alhamdulillah hujan deras nich Semarang dari sore ini teman-teman. ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Menu makan malam Mie Tek-Tek aja ya... bikinnya super praktis.. pakai Mie Instan ..๐Ÿคฃ Sekalian menjawab pertanyaan teman-teman yang suka nanya ... masak enak terus apa pernah makan mie instan mba?

Ya pernah lah.. kalau lagi kepengen ya makan aja..misal pas hujan2 gini..enak kan makan Mie hangat ya teman-teman. ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Tapi walau makan Mie instan..pasti aku olah lagi sich..biar rasanya lebih enak..pakai tambahan sayur..cabe...telur..kalau Yodha ya sukanya pakai bakso atau sosis.. pokoknya gak polosan gitu dech ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Mie "Tek-Tek" Instan

Cara masaknya nich ala mie Tek-Tek langganan Yodha tapi aku pakai mie goreng instan. 

Bahan per porsi ya:
  • Mie goreng instan yang original jumbo..jangan yang rasa macam2 ya...
  • 2 bawang putih, cincang halus
  • Segenggam sawi seger, potong2
  • 1 telur
  • Kalau mau pedes ..tambah beberapa biji cabe rawit
  • Kalau mau tambah bakso, atau ayam suwir atau sosis ya boleh2 saja.
Cara Membuat :
  • Tumis bawang putih hingga matang dan harum
  • Sisihkan pinggir wajan.. masukkan telur, buat orak arik kasar, sebelum telur mengering segera masukkan air 250 ml
  • Masukkan mie instan dan sawi, tutup rapat ..masak hingga mie terurai, dan matang tapi bentuk masih keriting cantik
  • Masukkan bumbu mie instan, dan tambahkan 1 sdk mkn kecap manis
  • Aduk sebentar....jadi dech..mudah kan....
  • Sajikan segera...enakkkk ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Mie Tek-Tek itu ciri khasnya mienya semi basah gini ya Teman2..terus mie kering langsung masuk gak perlu di rebus dulu..jadi tekture mienya lebih pas..dan asyik kayak masih keriting gitu

Oh ya...Dinner set cantikk yang aku pakai itu dari IG @sango_id...makan mie instan jadi berasa mie resto dech ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ

Tapi beneran enak kok ini teman2 cobain dech..di Yogya malah ada warung Mie gini yang kalau beli sampai pada rela antri 2 jam lho.. namanya Mie Nyemek Bu Siti...pakai Mie instan juga ...๐Ÿ˜ƒ

Kalau aku yo wegah antri gitu mending bikin sendiri di rumah ya. ๐Ÿ˜ƒ

Selamat mencoba !

4

Tuesday, September 29, 2020

Udang Saus Padang

 

Udang Saus Padang

Siang,

Menu hari ini Yodha request kerang saus mentega lagi, ya udah biar menu seafood sekalian aku buat juga Udang Saus Padang tapi ala-ala aku aja ya bumbunya ... HeHe.

Aku suka versi seperti ini ada pedes gurih asem manis komplit rasanya enak banget.. ๐Ÿ’•๐Ÿ˜˜

Tapi memang resep Seafood Saus Padang seperti ini banyak variasi ya teman-teman, antara warung-warung seafood bisa beda-beda rasanya..ada yang kental..ada yang encer berkuah, dll. Nah kalau ini aku buat versi yang aku suka ya.. seperti ini.. selamat mencoba jika teman-teman suka juga. ๐Ÿ’•

Bahan: 
  • 300 gram udang kupas (aku suka kepalanya tak biarin kupas atasnya aja..buat kaldu kuahnya makin enak), lumuri 1 sdk mkn air jeruk lemon dan 1/2 sdk teh garam.

Bumbu Halus :
  • 2 bawang putih
  • 3 kemiri sangrai
  • 1 cm kunyit
  • 1/4 sdk teh merica

Bumbu Iris:
  • 6 bawang merah
  • 10 cabai rawit merah

Cara Membuat:
  • Tumis bawang merah, cabe, 2 daun jeruk, 2 cm jahe, geprek
  • masukkan air 200 ml
  • tambahkan saus :
  • 2 sdk mkn saus tiram
  • 2 sdk mkn saus tomat
  • 1 sdk mkn saus sambal
  • 1 sdk mkn kecap manis
  • Masukkan udang terakhir.. tambahkan sedikit garam jika perlu ...masak sebentar saja hingga meresap agar udang tidak keras
  • Cek rasa, sajikan hangat
Selamat mencoba!

0

Monday, September 21, 2020

Roti Goreng Isi Ayam

 

Roti Goreng lagi, yang ini isi ayam.

Sore, 

Hari ini aku buat roti goreng lagi nich teman-teman. Kali ini beda adonan sama yang kemaren ya, yang isi kacang hijau. Sedang pengen uji coba resep baru.

Kalau biasanya resep andalanku yang pakai kuning telur semua dan pakai susu. Kali ini aku buat versi yang pakai telur utuh dan tanpa susu cair, jadi lebih ekonomis.

Sama-sama empuk dan lembut, tapi untuk yang pakai 4 kuning telur kemaren tekture luarnya lebih suka aku tetep lebih kres & kres, garing soalnya ๐Ÿคฃ Tapi resep ini bisa jadi alternatif ya teman-teman jika mau buat roti goreng lebih ekonomis tapi tetap enak.๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Untuk bikin adonan serahkan saja sama mixer aja, tinggal cemplung-cemplung bahan, beres, adonan kalis dalam 30 menit.๐Ÿ˜ƒ๐Ÿคญ

Aku pakai mixer Ravelle dari IG @gastroline.indonesia.

Spesifikasi
- Daya 400W
- Kapasitas 4.5 Liter
- Mangkok stainless dengan pegangan
- Bowl Cover (Tutup Mangkok)
- Kecepatan Mixer 70-220 RPM
- 8 speed + pulse
- Lampu Indikator LED
- Material ABS plastic housing
- Free 3 standar aksesoris
- Anti slip rubber pads
- Voltase 22

Resep Adonan yang versi ekonomis ini aku share di sini ya :

Bahan :
  • 500 gram terigu protein tinggi
  • 1 bungkus ragi instan
  • 2 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • 200 ml air, tambahkan 1/2 sdk teh garam, aduk rata
  • 2 sdk mkn margarin
  • 30 gram susu bubuk
  • 1 sdk teh bread improover ( ini untuk bantu ngembangin adonan karena cuma pakai dua telur .. tapi jika gak ada skip aja.. tekture adonan roti jadi kayak di bakery2 gitu...empuk soft )

Cara Membuat :
  • Campur semua bahan kering
  • Tambahkan telur dan air
  • Biarkan mixer bekerja atau uleni manual
  • Masukkan margarin, uleni kembali hingga kalis
  • Diamkan hingga mengembang
  • Kempiskan adonan
  • Timbang 40 gram..bulatkan
  • Beri isi
  • Bentuk bulat lonjong
  • Diamkan kembali sekitar 10 menit
  • Goreng api kecil hingga mengembang dan matang
Bahan Isian :
  • 600 gram ayam, rebus..suwir halus
  • 400 ml santan
  • 1 sereh, geprek
  • 2 daun jeruk, sobek
  • 2 sdk mkn gula pasir
  • 1 sdk teh garam
  • 1 sdk teh kaldu ayam

Bumbu Halus:
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan ayam, santan dan semua bumbu
  • Masak sambil di aduk-aduk hingga meresap dan isian agak kering tapi belum jadi serundeng ya..( tekture seperti isian sosis solo..)
Selamat mencoba!
0

Friday, September 18, 2020

Garang Asem Fillet Dori

 


Siang, 

Menu siang ini yang seger-seger nich, apa coba? Garang Asem Bumbu Iris Fillet Dori ๐Ÿ’•

Waktu belanja di Farmers Market, supermarket baru di Semarang kemarin jadi kalap dech, lha baru buka jadi semua stok ikan daging dll masih fresh banget dan murah ๐Ÿ˜…

Aku beli fillet dori juga. Fillet Dori ini tekture daging lembut ya teman-teman ... lebih lembut dari Kakap. Paling enak sich buat Fish and Chips ya, tapi dimasak pindang atau dibuat Garang Asem Bumbu iris gini juga enak lho, seger gak amis ๐Ÿ’•

Yang lagi diet juga cocok nich, sehat dan langsung cemplung-cemplung bahan, dan kukus ...๐Ÿ˜ƒ

Bahan:
  • Ikan fillet 500 gram..potong kecil-kecil
  • 500 ml air
  • 1 1/2 sdk mkn gula pasir
  • 1 sdk teh garam
  • 1 sdk teh kaldu ayam / jamur
  • 3 cm lengkuas potong2 tipis
  • 2 sere..potong2
  • 3 daun jeruk, sobek2
  • 3 cm jahe, iris tipis
  • 5 cm kunyit, iris tipis
  • 1 tomat, potong2
  • 10 belimbing wuluh potong2
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 5 cabai rawit , iris
Cara Membuat:
  • Campur semua bumbu dan air di panci, didihkan sebentar agar bisa di cek rasa
  • Setelah gurih manis asemnya pas.. angkat, bagi 3 bagian
  • Ambil dua lembar daun pisang
  • Beli Fillet dori secukupnya
  • Beri bumbu dan kuah
  • Bungkus rapat
  • Kukus 40 menit
Selamat mencoba!
0

Tuesday, September 15, 2020

Soto Kuali

 

Soto Kuali

Malam, ini menu tadi siang teman-teman  ...

Cuaca panas banget akhir-akhir ini ya teman-teman, Yodha request menu yang sehat-sehat terus, jadi yang paling sering adalah soto karena kegemaran Yodha adalah soto.

Untungnya di Indonesia soto sangat beragam ya teman-teman, tiap daerah punya ciri khas masing-masing. Di Jawa saja ada belasan macam resep soto...makanya nggak pernah bosen makan Soto.

Aku suka semua soto..mau soto bening..soto buthek semua suka ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Nah aku mau share salah satu Soto unik khas Solo, yaitu Soto Kual .atau Soto Kwali kadang nyebutnya gitu. Artinya soto yang di masak pakai kuali tanah liat, kalau penyajiannya sich bebas mau di mangkuk tanah liat boleh.. kalau di warung-warung ya mangkuk soto biasa ๐Ÿ’•

Di Solo ada versi Soto Kuali bening, ada juga yang ndeso seperti yang aku masak ini, yang sangat unik...yaitu memakai tempe semangit. Soto kok pakai tempe semangit? Iya., tempenya nggak diulek kok, diutuhin aja cuma sebagai penyedap, dan rasanya enak lho tetap seger sedep. Cuma aku memang pakai tempe semangit yang masih aman ๐Ÿคฃ belum medok ya..agar aromanya nggak tajem.

Resep asli dari ibuknya temen aku dari Solo..cuma takaran bumbu aku sesuaikan seleraku ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Kalau isian Sotonya minimalis...nasi..irisan daging, toge pendek, daun sledri, bawang goreng. Rasanya segar enak ... Biasanya sich pakai daging bagian kisi, di masak utuhan dulu terus di potong tipis-tipis pas udah empuk..tapi aku punyane tetelan tadi..jadi gak bisa di potong tipis-tipis. ๐Ÿ˜ƒ

Bahan :
  • 500 gram daging Kisi / Tetelan
  • Rebus dgn 2000 ml air hgg keluar kaldu tp jangan terlalu empuk dl, jika ada pk kuali
  • Kalau kisi ..rebus utuhan dl agar kuah tdk keruh, baru stlh setengah empuk angkat, potong tipis
  • 2 sereh
  • 2 daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1/2 sdk makan kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 2 cm kunyit, bakar biarkan utuh, tujuannya agar kuah tidak kuning banget tapi juga tidak pucat putih
  • 100 gram tempe semangit, biarkan utuh

Bumbu:
  • 6 bawang merah
  • 4 Bawang putih
  • 2 Kemiri
  • 1/2 sdk teh merica butiran
Cara Membuat: 
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan ke rebusan daging
  • Masukkan bumbu2 lain..serta tempe semangit
  • Masak hingga meresap
  • Sajikan dengan nasi, bawang merah goreng, sledri dan taoge

Note: Daging tidak perlu di presto karena daging Kisi / tetelan mudah empuk...jika terlalu empuk malah hilang rasa manis daging.

Selamat mencoba!
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel