Saturday, December 16, 2017

Oseng Usus Pedas




Punya Usus sedikit yang sudah empuk di rebus di kulkas, harus segera di olah, biar nggak kelamaan numpuk bahan di freezer, hihi. Aku suka menyimpan bahan, tapi ya nggak lama-lama waktu nyimpannya. Jika kelamaan ya beda aja rasanya. Yodha juga terbiasa lauk fresh gitu jadi tahu bedanya huhu. Jadi paling lama nyimpan bahan beberapa hari aja.
0

Wednesday, December 13, 2017

Tempe Krispi Aroma Daun Bawang



Menu cemilan atau lauk ya ini ?..Tempe Krispi...bukan mendoan lho ya ini teman-teman. Tapi Tempe di lapis adonan Tepung krispi. Biar harum, di tambah daun bawang. Jadi kriuk, gurih..enak sekali. Bisa buat cemilan, bisa buat lauk, misal di makan dengan sup atau menu berkuah lainnya.
0

Oseng Tomat & Ikan Asap


Menu kemaren...judulnya Oseng Tomat aja dech ya teman-teman, karena menu ini banyakan Tomatnya di banding Ikannya hahah. Ikannya cuma 2 ekor, aku pakai ikan asap atau ikan panggang, terus tomatnya yang buanyak sampai 200 gram...hihi.
0

Tuesday, December 12, 2017

Sayur Lompong Bumbu Kuning


Hallo semua...udah kembali lagi di dapur nich aku...banyak menu yang udah aku masak, aku upload satu persatu ya nanti. Bulan ini lagi banyak motret produk endorse..jadinya kejar banyak deadline. Alhamdulillah bisa buat liburan akhir tahun Yodha...hahah.
1

Sunday, December 10, 2017

Cake Labu Kuning Lapis Pandan


Hallo semua...maaf ya teman-teman, dapurnya libur dua hari nich, lagi mudik kemaren ke Yogya. Nengok Eyang Yodha, sekalian jalan-jalan...Yodha kan habis ujian, biar refreshing dia. Sebenernya banyak stok menu yang sudah mau aku posting, tapi kemaren kok ya kerjaan ini..itu nggak habis-habis sebelum berangkat ke Yogya. Rencana mau posting banyak sekalian tinggal rencana dech..hihi.
0

Thursday, December 7, 2017

Sayur Bening Campur



Yodha sudah agak bosan makan lauk dnegan sambal. Nah...aku coba dengan aneka sayuran yang ringan bumbunya seperti Sayur bening, kok sudah mau sekarang. Walau masih pilih-pilih jenis sayurannya...tapi lumayan lah, daripada makan keringan lauk aja..hihi.
2

Tuesday, December 5, 2017

Churos Kentang Resep Baru


Hari Minggu kemaren aku buat Churros lagi. Yodha suka Churros...daripada beli mahal kan teman-teman, lebih baik bikin sendiri...hihi. Kali ini aku berkreasi dengan tepung kentang lagi. Tapi beda resep. Kali ini aku coba tepung kentangnya langsung masukkan ke adonan, jadi praktis, ngga perlu di seduh dulu.

Hasilnya sama enaknya. Aku pakai tepung kentang lebih banyak, jadi lebih terasa kentangnya. tap[i tetep kres renyah luarnya dan lembut di dalam ketika masih panas. Kemaren aku pakai mentega yang tawar agar churos nggak terlalu gurih. Bisa pakai margarin juga sich, cuma kadang rasanay jadi terlalu asin ya teman-teman. Atau jangan pakai garam lagi ya jika pakai margarin.

Adonan Churros ini sebenernya mirip dengan adonan kue Sus, tapi di goreng dan adonan lebih padat, Jadi tidak terlalu mengembang dan menyerap minyak. Bedanya, kalau kue Sus telurnya lebih banyak, jadi adonan bisa ringan dan mengembang ketika di panggang. Jika Churros, adonan harus sedikit lebih padat agar bisa di cetak ketika di goreng, bisa renyah kres dan nggak lembek.

Tidak perlu pakai cetakan khusus yang mahal sich untuk membuat Churros, kita bisa pakai kantong plastik segitiga saja untuk mencetaknya. Jika adonan pas kekentalannya, hasilnya akan bagus juga. Kecuali jika mau buat usaha, ada juga alat pencetak churros sehingga hasilnya bisa lebih cepat dan seragam.

Oh ya untuk teman-teman yang kesulitan mencari tepung kentang, bisa beli di aku ya, ready stok. Tepung kentang ini praktis sekali, bisa untuk makanan gurih atau manis yang berbahan dasar kentang. Jadi banyak variasi resep yang bisa kita buat dengan tepung kentang ini. Jika mau coba, silahkan wa atau sms ke 089654712500 ya.

Oke ini dia resepnya...untuk lebih jelasnya, bisa di lihat di video berikut ya teman-teman, cara membuat churros kentang ini. 



Churos Kentang 

Bahan :
75 gram mentega tawar
200 ml air
100 gram TEPUNG KENTANG
100 gram tepung terigu protein sedang
1 ½ sendok makan gula pasir
¼ sendok teh baking powder
¼ sendok teh garam
¼ sendok teh vanili
2 butir telur

Cara Membuat :
Masukkan air dan mentega ke dalam panci, masak hingga mentega larut, masukkan gula dan garam,serta vanili
Masukkan Tepung kentang dan terigu, aduk rata hingga menggumpal
Biarkan adonan menjadi hangat, masukkan telur
Kocok rata hingga menjadi adonan yang lembut
Masukkan ke kantong plastik segitiga yang di beri spuit bunga / bintang
Panaskan minyak goreng, semprotkan adonan ke minyak yang sudah panas, panjang sesuai selera
Potong adonan dengan gunting
Goreng  hingga matang
Sajikan dengan taburan gula halus dan kayu manis, atau celupan coklat leleh



0

Lodeh Bumbu Iris Tempe Semangit dan Kacang Panjang


Kemaren aku masak ini buat diri sendiri...hihi. Lha kalau masak tempe semangit gini yang doyan cuma aku di rumah. Paling aku bagi ke Bude sayur langganan jika nggak habis. Kemaren beberapa hari kok agak males makan. Gantian yang nge drop dech setelah suami dan anak.
0

Saturday, December 2, 2017

Kue Getas, Resep Baru


Hari ini tumben ada matahari ya teman-teman...langsung ngebut motret dech tadi. Biasa hujan-hujan males motret, karena aku lebih suka motret makanan itu di luar ruangan dengan cahaya alami. Keasyikan motret tadi seharian, eh tau-tau udah sore aja.
0