Google Ad

Friday, January 22, 2021

Chicken Karaage

 

Chicken Karaage

Selamat Siang, 

Menu Yodha siang ini, Chicken Karaage ini favorit Yodha banget...๐Ÿ’• Kalau beli di gerai fast food Jepang gitu, beberapa biji bisa mahal lho teman-teman. ๐Ÿคฃ

Bikin sendiri aja yuk untuk anak-anak, bisa lebih hemat dan puas makannya ... Malah kata Yodha lebih enak buatan sendiri. ๐Ÿคญ

Bumbu aku sesuaikan aja pakai yang ada di dapur ya karena gak punya kecap-kecap Jepang, tapi dijamin tetap enak rasanya ... buktinya? Yodha habis sepiring.๐Ÿ˜€ Emaknya nyicip dikit thok, 3 biji HaHa๐Ÿคญ

Kalau mau ala Jepang beneran pakai tepung pati kentang ya, warna putih bersih seperti yang aku pakai ini. Pati kentang / potato starch, itu sari patinya kentang. Tepungnya putih bersih, mulus licin tepungnya, kalau buat ayam goreng ala Jepang gini, bisa enak banget, kres renyah tapi lembut rasanya.

Tapi kalau gak ada, bisa di ganti pakai maizena kok.

Bahan :
  • 500 gram daging ayam bagian paha, mau ambil dagingnya aja monggo. Kalo aku orangnya kan hemat dan gak ribet, aku pakai semua bagian paha atas bawah kulitnya juga. Dipake semua biar jadi banyak ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ..
Cara Membuat :
  • rendam di bumbu :
  • 2 bawang putih, parut
  • 2 cm jahe, parut
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 1 sdk teh saus tiram
  • 1 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk teh gula pasir

jadi rasanya itu gurih ada sedikit manis ayamnya ya teman-teman.

Tepung Pelapis :
  • 130 gram tepung Pati kentang / maizena
  • 1/4 sdk teh garam
  • 1/4 sdk teh merica

Cara membuat, lihat di video ya. Link: https://www.youtube.com/watch?v=2u_w2jHILXY

Oh ya.. untuk goreng aku pakai portable gas cooker mungil cantik dari @cosmosonline.

Kompor mungil ini berguna banget lho teman2..bisa buat serep kalau pas gas habis..atau buat masak bareng si kecil..bisa di mana aja ..di taman bisa...atau buat camping di halaman bisa juga ๐Ÿคฃ..

Cara pakai gasnya mudah banget..terus nyala apinya juga oke..itu tak buat goreng ayam aja matang sempurna...๐Ÿ’•

Selamat mencoba!
0

Monday, January 18, 2021

Makaroni Goreng


Makaroni Goreng

Selamat siang teman-teman, 

Musim penghujang, tiap hari hujan, bawaannya pengin ngemil terus.

Ini Makaroni Goreng, adonan sama dengan bola-bola makaroni keju : https://www.youtube.com/watch?v=ueM7gxo077w  yang kemarin ya teman-teman,  yang sudah aku share videonya di YouTube tersebut.


Tambah enak dan lembut, karena adonan ditambah telur, terus dikukus, setelah dingin dipotong-potong lalu digoreng celup telur.

Cemilan yang mengenyangkan juga lho .... ! ๐Ÿคญ๐Ÿ˜€

Cocok untuk sarapan atau bekal ngantor nich teman-teman ... kalau aku pas ada tukang yang kerja hari ini di rumah .. jadi aku gorengin untuk cemilan mereka tadi.

Bahan :
  • 150 gram makaroni rebus hingga empuk
Cara Membuat:
  • Panaskan 2 sendok margarin, masukkan 1/2 bawang bombai dan 2 bawang putih cincang, tumis hingga harum.
  • Masukkan tepung terigu 60 gram, diaduk-aduk.
  • Masukkan susu cair 300 ml
  • Masukkan daging asap iris 75 gram
  • Masukkan Makaroni rebus
  • Masukkan keju parut 50 gram
  • Bumbuin dengan 1/2 sdm kaldu sapi
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt merica
  • 1/4 sdt pala
  • Aduk-aduk hingga mengental
  • Dinginkan

Langkah-langkah lebih detail di atas bisa di cek di video resep di atas, silahkan mampir di YouTube kami. Jika ingin dikukus:
  • Semua setelah dingin tambahkan 4 butir telur, aduk rata
  • Kukus 20 menit
  • Dinginkan
  • Potong-potong
  • Celup kocokan telur..goreng

Note :
  • Kalau aku kemarin separo adonan aku bulat-bulat isi keju mozzarella, lapis panir langsung goreng, separo aku kukus jadi cuma pakai 2 butir telur.
  • Kalau adonan mau dikukus semua telur 4 butir ya agar adonan lembut.
Selamat mencoba !

0

Friday, January 15, 2021

Terong Sambal Terasi

 

Terong Sambal Terasi

Selamat siang, 

Menu sarapan tadi, sambel terasi tomat dicemplungin terong goreng ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Pas goreng cantik terongnya, eh kelamaan tunggu sambel mateng jadi layu dikit..๐Ÿ˜…

Jadi kalau mau cantik warna terongnya di balik ya prosesnya..nyambel dulu.. setelah sambel matang baru goreng Terongnya ya teman2 ..langsung sajikan dech jadi terong gorengnya tetap fresh cantik warnanya ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Bahan Sambel

  • 10 cabe merah keriting
  • 5 cabe rawit
  • 5 cabe merah besar
  • 8 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 tomat
  • 2 sdk teh terasi bakar
Cara Membuat:
  • Goreng semua bahan sambal
  • Haluskan
  • Tumis kembali dgn minyak agak banyak..beri bumbu garam secukupnya , kaldu ayam / jamur 1 sdk teh
  • Tumis api kecil hingga keluar warna sambel cantik..api kecil sekali ya agar tidak gosong karena tidak pakai air.

Sajikan dengan terong goreng..bisa di campur atau di colek ya enakk ๐Ÿ’• Selamat mencoba!

0

Daging Asam Manis

 

Daging Asam Manis

Selamat pagi, 

Ini menu kemaren sore teman-teman, Daging Asam Manis, niru-niru ala Korea tapi saus asam manisnya sesuai lidah Indonesia-ku ๐Ÿ˜€ Kalau versi Korea manis banget soalnya aku udah pernah coba...๐Ÿ˜…

Enak banget teman-teman, sama Yodha digado aja sore kemarin, malam makan nasi goreng lagi ...๐Ÿคฃ๐Ÿคญ

Daging diiris tipis-tipis, terus dipukul-pukul pakai pemukul daging agar empuk pas digoreng.

Daging kalau ada pakai bagian haas ya, kalau gak ada ya pilih daging yang tanpa serat, yang mudah empuk:

Daging Asam Manis

  • 300 gram daging, lumuri dgn bumbu:
  • 2 bawang putih halus
  • 2 cm jahe parut
  • 2 sdk teh saus tiram
  • 1 sdk teh kaldu sapi
  • 1/2 sdk teh merica
  • Diamkan 1 jam hingga meresap.
  • Lapisan tepung pakai maizena aja, tapi agar lapisan tebel, aku pakai tehnik celupan ala daging asam manis Korea Tansuyuk, tapi bumbu asam manis sesuai seleraku gak manis banget kayak ala Korea ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ :
  • Tepung maizena 200 gram, larutkan dengan 200 ml air, diamkan minimal 1 jam hingga tepung mengendap, buang airnya.
  • Tepung yang mengendap, di tambah 1 putih telur, aduk rata, sebagai pencelup, tidak perlu di bumbuin..karena daging sudah di bumbuin gurih ya.
  • Gorengnya di minyak yang sudah panas, agar tidak saling nempel adonannya, jangan masuk terlalu banyak adonan. Goreng hingga kering, kalau ala Korea di goreng dua kali hingga kering betul, jadi nanti di siram bumbu tetap kriuk rasanya.
Saus Asam Manis Simpel :
  • 1 bawang bombai, iris kasar
  • 2 bawang putih, cincang
  • 1 paprika hijau, potong2
  • 50 gram jamur kuping, rebus, potong2
Cara Membuat:
  • Tumis bawang bombai dan bawang putih
  • Masukkan 200 ml air
  • Tambahkan :
  • 3-4 sdk mkn saus tomat
  • 2 sdk mkn saus tiram
  • 2 sdk mkn madu
  • Aduk rata masak hingga mendidih
  • Tambahkan 1/2 sdk mkn maizena yang di encerkan dgn sdkt air
  • Masak hingga mengental, cek rasa..tidak perlu garam ya..rasa asin gurih sudah dapat dari saus tiram.
  • Tuang saus ke daging goreng..segera sajikan

Untuk talenan dan alat pemukul daging kayu aku pakai produk dari @dekornata.

Sensasi masak-memasak jadi lebih menyenangkan dengan pakai kitchen / cookware dari Dekornata yang tersedia dalam aneka pilihan & harga yang terjangkau

Yuk di intip koleksinya di Ig @dekornata ya teman2..๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Selamat mencoba!
0

Tuesday, January 12, 2021

Oblok-Oblok Boros Kunci

 

Oblok-Oblok Boros Kunci

Selamat pagi teman-teman,

Yuk sarapan, pakai Sayur Oblok-Oblok Boros Kunci, yang sudah yang udah nginep semalam, terus dipanasi lagi ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ .. alias sayur sisa kemarin sore, tapi koq malah makin sedep. ๐Ÿ˜€๐Ÿ’• Lauknya sederhana saja, pindang balut tepung.

Bahan:
  • 2 ikat Boros Kunci, ambil pucuk daunnya sampai pangkal yang warna putih aja..potong2 kecil
  • 2 daun salam
  • 3 cm lengkuas
  • 100 gram tempe semangit
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 50 gram teri tawar
  • 1/2 butir kelapa muda parut
  • 5 cabai merah, iris
  • 1000 ml air
  • 500 ml santan
Bumbu Halus:
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 5 cabai rawit
  • 1 sdk teh ketumbar sangrai
Cara Membuat:
  • Didihkan air.. masukkan bumbu
  • Masukkan bahan2 lain
  • Masukkan santan
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
Selamat mencoba!

0

Monday, January 11, 2021

Risoles Klasik

Risoles Klasik

 



Risoles Klasik


Selamat sore teman-teman,

Cemilan sore ini ya, Risoles anget barusan mateng ๐Ÿคฉ

Walau di rumah aja..tetap happy aja ya teman2..bisa bikin cemilan favorit..di nikmati bersama keluarga.

Aku lagi kangen Risol Jadul nich teman-teman .. yang pakai tepung panir halus...lembut enakkk ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜‹

Sore tadi langsung bikin...cuma ragoutnya aku modifikasi..karena buru-buru gak sempat ngiris kentang kecil2...keburu sore.. kentangnya tak halusin aja ๐Ÿ˜€..tapi malah jadi creamy lembut ragoutnya. Kalau wortelnya tetap aku iris kecil-kecil biar cantik ragoutnya.

Bahan kulit..tetep pakai resep kulit risol andalanku yang gak mudah sobek dan lentur...serta hasilnya tipis..jadi gak berasa kenyang banget ๐Ÿคฃ..kadang kalau beli risol kulit nya tebel itu berasa kenyang duluan ya teman-teman ๐Ÿ˜€

Bahan kulit :
  • 150 gram terigu
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdk teh garam
  • 1 sdk mkn minyak
  • 400 ml susu cair
Cara Membuat:
  • Aduk rata
  • Saring
  • Buat dadar tipis-tipis

Resep Ragout udah sering aku share ya sebenarnya..gak apa2 aku tulis lagi yaa :

Bahan :

  • Terigu 50 gram
  • 200 gram ayam rebus, cincang
  • 200 gram wortel, rebus, potong dadu kecil
  • 200 gram kentang, rebus / kukus, lumatkan
  • 2 batang daun sledri , cincang halus
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok teh kaldu rasa ayam
  • 1 - 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/8 sendok teh pala bubuk
  • 1/2 buah bawang bombay, 1 bawang putih, cincang halus
  • 100 ml air
Cara Membuat :
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang, masukkan terigu, aduk hingga berbutir
  • Masukkan air, dan semua bahan lain. Aduk rata hingga mengental
  • Koreksi rasa, hingga terasa pas ragoutnya. Harus ada rasa gurih dan manis yaa
  • Dinginkan
Cara Membuat:
  • Ambil selembar kulit risol
  • Beri isian secukupnya
  • Lipat bentuk risol
  • Celup ke adonan kocokan telur atau sisa adonan kulit
  • Lumuri tepung panir halus
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!



Risoles Klasik

Risoles Klasik, Cemilan Sore.

0

Bawal Acar Kuning

 

Bawal Acar Kuning (IG @bunda_didi)

Selamat siang teman-teman,

Ini menu maksi Yodha tadi ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Biar nggak bosen, dibakar saja. 

Tadi beli ikan bawal di pasar dekat rumah, dan aku masak seperti ini untuk Yodha, dan sebenarnya menu ini salah satu menu olahan ikan favorit Yodha juga.

Rasanya enak seger, ada rasa asam, manis dan sedep. Kalo mau pedes ya tinggal nyeplus lombok ๐Ÿคฃ


Untuk masakan ikan gini, ikannya pilih yang seger ya teman-teman ... pasti enak, karena masih ada rasa manis asli dari ikannya.

Aku kalau masak ikan memang lebih suka yang fresh, setelah dibeli sebisa mungkin langsung diolah, jadi rasanya tetap fresh seger manis alami ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Ikan yang cocok dimasak acar kuning gini, antara lain: bawal, gurame atau bandeng. Kalo bandeng juga enak cuma durinya banyak. ๐Ÿคฃ

Kalau Acar Kuning gini Yodha suka kuahnya, jadi nggak aku masak hingga kering..tapi karena pakai kemiri jadi tetap kental kuahnya. Kalau mau bisa di masak hingga kuah lebih mengental.

Bahan :
  • 2 buah ikan bawal tawar ( lumuri dengan 1 sdk garam dan 2 bawang putih halus
  • 1 buah ketimun, buang biji, potong panjang
  • 1 wortel, iris korek api
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1/2 -1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh cuka masak
  • 2 sendok teh kaldu bubuk atau garam sesuai selera
  • Air 400 ml
Bumbu Halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sendok teh merica butiran
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
Cara Membuat :
  • Goreng ikan bawal hingga agak kering. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus, masukkan air dan bumbu2 lain. Masak hingga mendidih. Masukan ikan bawal goreng, ketimun dan wortel...masak hingga bumbu meresap..dan kuah agak meyusut. 
  • Koreksi rasa
  • Sajikan hangat dengan nasi putih hangat
Selamat mencoba!
0

Tuesday, December 22, 2020

Udang Bakar Rempah

Udang Bakar Rempah

Sore teman-teman,

Menu maksi Yodha tadi, Udang Bakar lagi ๐Ÿ˜€ Lagi dan lagi .....

Dan request Yodha kali ini gak mau dibakar pakai grill pan, maunya yang dibakar pakai arang ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ˜… Lebih harum aromanya kok Mi, dan lebih juicy katanya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Yo wes lah, ribet dikit tapi anak happy, dan emang lebih cepat matang merata juga sich kalau pakai arang gini...anget2 lahap Yodha maemnya..eh Emaknya juga ikutan lahap ding..di makan sama sambal bawang..hemmm ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Kapan diet ? Hemmm ... Direschedule saja.

Udang Bakar Rempah

Bahan:
  • 500 gram udang..paling enak di bakar itu Udang Bagi..tapi kalau gak ada ya pakai jenis lain
  • Belah udang.. lumuri 1 sdk mkn air jeruk lemon
  • Lumuri 1 sdk teh garam
  • 3 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk mkn saus tiram
  • Garam jika perlu..tapi ati2 saus tiram itu udah asin

Bumbu :
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 3 kemiri
  • 1/2 sdk teh merica
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas muda
Cara Membuat :
  • Haluskan bumbu
  • Tumis
  • Masukkan kecap dan saus tiram
  • Oles udang dgn bumbu
  • Bakar hingga matang
Selamat mencoba!
1

Friday, December 18, 2020

Tempe Kemul Wonosobo

 

Tempe Kemul Wonosobo

Selamat siang teman-teman,

Siang ini Yodha request Soto Tauco sama Tempe Kemul kriuk ala Wonosobo ... we lhah tapi Dia pergi Jumatan naik sepeda, malah hujan lebat banget, sampai sekarang belum bisa pulang, terjebak di Masjid. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ 

Akhirnya minta dijemput kakak sepupu ke Masjid, dan nunggu hujan reda di rumah kakak sebentar sebelum pulang rumah.

Di sini deres dari jam 12 tadi teman-teman hujannya ... sama kah?

Oh ya bikin Tempe Kemul ini sebenarnya enak pakai pati basah ...tapi krn gak ada ya pakai tapioka aja tadi aku.. berikut resep yang pakai tapioka ya...kalau yang pakai pati basah..dulu sudah pernah aku share kayaknya videonya.

Bahan :
  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram tapioka
  • 350 - 400 ml air.. sedikit demi sedikit dulu ngasih air..adonan agak encer agar bisa kriuk...tapi jika mau agak tebel lapisan tepung..pakai air 350 aja.. kalau mau tipis kriuk 400 ml, adonan agak encer kalau mau kriuk ya teman2...jika masih kental tambahkan sedikit air.
  • 2 bawang putihnya
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 2 sdk teh kaldu Ayam
  • 1 cm kunyit
  • Secukupnya garam
  • Daun bawang secukupnya..harusnya sich pakai Kucai..tapi lagi gak punya
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan dan bumbu
  • Iris tipis-tipis tempe bulat..celup ke adonan..goreng hingga agak kering
Selamat mencoba! Gampang banget kan?

0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel