Google Ad

Thursday, August 6, 2020

Gulai Sapi Seger

Gulai Sapi Seger

Pagi, 

Masih punya daging teman-teman?  Yuk masak gulai yang seger ala ndeso ... yang di makan pakai lalapan kol dan sambal kecap, enak lho, seger, cocok buat sarapan ๐Ÿ’•

Tapi karena pas sibuk ini aku lagi ngebut ini menyelesaikan tugas, coba resep-resep beberapa resep nominasi pemenang give-away, aku masak pakai bumbu siap pakai aja..kali ini aku masak pakai bumbu gulai (IG) @raosrempah, enak sedep tinggal cemplung-cemplung bahan, tambah kaldu sapi dan gula secukupnya..๐Ÿ’•..teman-teman yang mau coba bisa langsung ke ignya..banyak macam jenis bumbu lain siap pakai yang di siapkan secara rumahan, jadi fresh rasanya.

Nah teman-teman banyak yang tanya kalau aku masak daging kok gak dipresto? Tergantung pemakaian daging sich teman-teman, kalau jenis daging yang aku pakai ini lulur gak perlu dipresto..ini sangat mudah empuk, masak aja api kecil, sedep rasanya untuk menu-menu berkuah.

Penampakan Daging Lulur seperti di video ini ya, nanti kapan-kapan aku upload daging bagian kisi, yang sangat mudah empuk juga., cocok juga untuk masak gulai, soto, rawon, dll yang berkuah.

Selain itu ada bagian daging kisi..atau Tetelan..itu juga sangat mudah empuk..dan justru rasanya itu lebih gurih tanpa di presto..masih ada rasa manis dan tekture khas daging.. keluargaku di rumah suka jenis daging begini kalau untuk menu berkuah..lebih sedep.

Tapi jika teman-teman pakai daging bagian lain..bisa di presto dulu ya.


Selamat mencoba!
0

Wednesday, August 5, 2020

Singkong Goreng Sambel Kosek

Singkong Goreng Sambel Kosek

Siang,

Cemilan Yodha tadi pas sekolah online aku gorengkan singkong gurih aja, ditabur keju tapi kalau buat Yodha sementara untuk aku dicocol sambel kosek ... enakkkk banget teman-teman.๐Ÿ’•๐Ÿ˜ƒ

Ini versi singkong goreng yang cara bikinnya aku rebus dulu sama bumbu. Aku sich suka aja bereksperimen di dapur pas masak, jadi satu menu bisa ada berbagai varian resep yang aku share...๐Ÿ˜ƒ

Nah kadang kalau buat singkong goreng gini ... aku kukus dulu baru direndam bumbu. Kadang aku rebus dulu gini sama bumbu ... soalnya aku pengen ada rasa manis gurih singkongnya pakis gula pasir juga versi kali ini..enak banget. Tapi gak semanis kalau beli sich..kalau beli singkong frozen itu kadang terlalu manis..jadi hilang rasa asli singkong. Kalau ini pas ..ada gurih ada manis dikit enakk ๐Ÿ’•๐Ÿคฃ

Singkong ini bisa jadi menu Frozen ya...tahan lama..simpan di wadah tertutup..jika mau di goreng..diamkan dulu suhu ruang. Yuk mumpung sekarang lagi bulan2 singkong bagus..bisa bikin yang banyak teman2 kalau freezernya muat banyak.. lumayan bisa buat stok cemilan atau suguhan kalau ada tamu..tinggal di gorengin singkong dech ๐Ÿคฃ

Sambal Kosek

Bahan :
  • 5 cabai rawit merah, 5 cabe rawit hijau, mentah ( atau sesuai selera pedasnya )
  • 4 bawang merah, goreng hingga layu saja
  • 1 bawang putih, goreng hingga layu
  • 1/4 sdk teh kaldu jamur / garam
  • 1/2 sdk teh gula merah
Cara Membuat :
  • Ulek kasar semua bahan.
  • Sram minyak panas.
  • Aduk rata: 
Selamat mencoba!

Video resep bisa dilihat di : https://www.youtube.com/watch?v=Kb9_WnNY8J0



Baca : 

0

Tuesday, August 4, 2020

Serba Sayur Sawi Asin

Serba Sayur Sawi Asin

Sore teman-teman,

Menu makan malam kali ini serba Sayur Sawi Asin, setelah beberapa hari menu daging terus menu kali ini jadi menu penetral yang enak dan segar..๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Aku punya banyak stok Sawi Asin organik dari (IG) @mommyorganic, jadi aku coba olah dengan cara berbeda, aku masak pertama kuah santan pedas, menu kedua sapi tahu udang sawi asin, ternyata enak dimasak apa aja Sawi Asin organik dari Mommyorganic ini ...๐Ÿ˜‹

Sawi asinnya bersih, gak terlalu asam atau ada rasa aneh-anehnya, seger aja rasanya. Selain diolah jadi sup, ditumis, dimakan langsung buat lalapan. Uji coba resep aku masak santan pedas gini enak banget juga teman-teman. Untuk Yodha aku buatin Sapo Tahu Udang Sawi Asin.

Pas rasanya, kebetulan Yodha juga suka Sawi Asin, pokoknya hari ini menu makan malamnya istimewa, segar serba Sawi Asin ๐Ÿ˜ƒ

Sawi Asin Masak Santan Pedas


Sawi Asin Masak Santan Pedas

Bahan :
  • 1 pack Sawi Asin dari @mommyorganic
  • 5 tahu goreng, iris2
  • 1000 ml santan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun salam
  • 1 sdk mkn ebi, rendam air panas
  • 8 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
  • 10 cabai rawit, iris ( sesuai selera pedasnya ya )
  • 3 cabai merah, iris
  • 1 sdk makan gula merah
  • 2 sdk teh kaldu jamur / lainnya
  • Secukupnya garam
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang hingga harum
  • Masukkan cabe
  • Tumis hingga layu
  • Masukkan santan, dan bumbu2
  • Didihkan
  • Masukkan sawi asin yang sudah di peras dan di potong
  • Masukkan tahu
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa ..jika kurang garam atau gula tambah sesuai selera
  • Sajikan

Seger, pedes, gurih sedikit manis, terus sawi asinnya kasih rasa seger yang khas, unik dan enak rasanya.

Sapo Tahu Udang Sawi Asin

Kalau teman-teman kurang suka rasa asam sawi asin, bisa di blansir dulu di air mendidih terus tiriskan dan diperas. Kalau aku sich suka, karena rasa khasnya itu ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Selamat mencoba teman-teman!



Baca : 

1

Monday, August 3, 2020

Oseng Gembus Lombok Kethog

Oseng Gembus Lombok Kethog


Sore teman-teman, 

Setelah sekian banyak olahan daging tentunya teman-teman sudah "mblenger" daging kan ? ๐Ÿ˜ƒ
Kalau memang sudah, yuk masak yang beginian dulu yuk, dan besok lanjut menu daging lagi. ๐Ÿคฃ

Ini Oseng Lombok Kethog khas Kraton Yogya, harusnya sich pakai daging yang direbus dulu terus diiris tapi aku ganti gembus saja.๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‡๐Ÿคญ

Oseng Gembus Lombok Kethog

Bahan :
  • 300 gram gembus bacem, iris2
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 4 buah cabai merah besar, potong bulat
  • 4 buah cabai hijau besar, potong bulat
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
  • 1 sendok teh kaldu sapi bubuk atau garam sesuai selera
Cara Membuat :
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabe, aduk hingga layu. 
  • Masukkan daun salam, dan lengkuas. Masukkan daging, air dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap.
Note :
  • Karena aku pakai gembus bacem, maka air sedikit aja karena pakai gembus yang sudah matang, kalau dari gembus mentah air agak banyak agar gembusnya matang dan meresap bumbunya.
  • Jika dari gembus mentah..cabe masuk terakhir agar tetap cantik gak layu.
Selamat mencoba teman-teman!
2

Saturday, August 1, 2020

Tongseng Kambing Praktis

Tongseng Kambing Praktis

Siang, 

Selamat Hari Raya Idul Adha ya teman-teman ... 

Jika belum bosen olahan daging, aku kasih lagi menu inspirasi olahan daging ya ... Kali ini aku masak Tongseng Kambing ... versi praktis andalan aku, pakai bumbu gule Bamboe.

Aku suka bumbu Gule dari Bamboe ini karena otentik khas Jawa rasa bumbu Gulenya ... Jadi sangat pas jika di lanjutkan jadi menu Tongseng.

Note:
  • Masaknya api kecil ya, pas rebus daging ditutup pancinya agar empuk.
  • Tapi jika mau cepat empuk..ya di presto pas rebus daging nya.
  • Tapi di rumahku lagi pada suka yang direbus api kecil kalau masak daging kambing gini, biar masih ada sedep rasa manis khas daging kambing fresh...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Resep bisa dilihat di video : https://www.youtube.com/watch?v=7D9YaGf1fsw

Selamat mencoba !



2

Soto Grombyang

Soto Grombyang


Pagi,

Soto Grombyang, bukan rawon yaaa .... 

Masih lanjut menu inspirasi olahan daging ya teman-teman, karena ternyata banyak yang request menu daging yang segar berkuah, OK baiklah aku share resep baru ini.

Resep Soto Grombyang khas Pemalang. Soto yaa ini, bukan rawon ๐Ÿ˜ƒ

Walau sama-sama pakai kluwak bumbunya, tapi rasanya beda sama rawon, dan gak sepekat rawon. Soto Grombyang ini segar ringan gurih dan sedikit manis.

Ciri khas Soto Grombyang ini bumbunya pakai Tauco dan Kelapa Parut Sangrai.

Aku nyoba Soto ini bukan di Pemalang sich, tapi malah justru di warung dekat rumah dearah kost mahasiswa Undip, kok ada warung Soto Grombyang ini dan yang jual orang asli Pemalang. Sotonya enak jadi bisa jadi acuan rasa waktu mencoba memasak sendiri di rumah. Dan ini udah seger enak rasanya.

Selamat mencoba ya teman-teman, oh ya nich video masak nuansa pink ya ... menyesuaikan sutil (spatula) yang aku pakai pink-pink lucukkk ๐Ÿคฃ๐Ÿ’•๐Ÿ˜

Sekarang ini beneran kita di manjain oleh peralatan dapur yang lucu-lucu dan cantik ya teman-teman .. jadi lebih semangat dech masak-masak di dapur.

Kayak Sutil Silicon aja, warna-warni sekarang. Nich aku punya yang warna pink dari (IG) @pariskitchenware, lucukkkk kan? ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Gak pengen nich teman2??

Sutil Silicon gini wajib punya ya di dapur....karena sudah pasti kalau kita punya peralatan masak .. panci-panci granit atau yang anti lengket harus pakai Sutil jenis gini agar panci aman dan tidak tergores.

Yuk langsung cek di (IG) @pariskitchenware aja untuk dapatkan Sutil Silicon warna warni cantik ini yaaa ๐Ÿ’•


Selamat mencoba !

3

Daging Panggang Pedas Manis

Daging Panggang Pedas Manis


Siang,

Hari ini aku mau lanjut kasih inspirasi menu aneka olahan daging lagi ya teman-teman ... Jangan bosen lho ....๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Nah buat teman-teman yang suka olahan menu Timur Tengah, kali ini aku kasih rekomendasi bumbu untuk memasak daging panggang yang otentik, enak dan masih pas dengan lidah Indonesia.

Ini bumbu ungkep daging yang pas, walau sedikit pedas tapi soft, tidak pedas banget jadi anak-anak masih bisa makan.

Rasa gurihnya juga soft, sehingga gak "mblenger" rempahnya, masih cocok banget sama lidah Indonesiaku ๐Ÿ˜„

Cuma pas masak sedikit aku tambahin gula, dan kaldu sapi sehingga tambah lezat rasanya.

Bumbu Daging Panggang praktis ini bisa di pesan di (IG) @sahlaofficial, cocok banget di kombinasikan sama nasi kebuli praktis dari sini juga belinya.

Jika mau lengkap lagi, ada juga bumbu untuk sup daging kemudian ada varian bumbu daging yang original. Aku sudah coba semua, dan rasanya cocok di lidah keluargaku..๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Selamat mencoba teman-teman, untuk resep bisa dilihat di link video di bawah ini:



2

Thursday, July 30, 2020

Tumpeng Komplit untuk ULTAH INFORMA Ke-16

Tumpeng Komplit

Sore, 

Masak kali ini beda teman-teman, karena aku masak spesial. Nasi Tumpeng Komplit dengan lauk pauk lengkap. Nasi tumpengnya aku buat menu Nasi Kuning dengan lauk Semur Daging Jawa, Ingkung Ayam Panggang, Sambel Goreng Spesial, serta lauk-lauk lain yang sudah aku siapkan sebelumnya.

Aku masak Nasi Kuning dan 3 macam lauk itu cuma dalam waktu setengah hari saja lho kemaren, cepet kan ?! Karena aku pakai alat-alat dapur modern dan keren dari (IG) @informaid. Masak jadi lebih cepat dan lebih semangat.

Oh ya teman-teman (IG) @informaid lagi ada diskon spesial dalam rangka ulang tahun yang ke-16 nich, Yuk buruan belanja ke Informa!

Info selanjutnya di link berikut ya: bit.ly/INFXBUNDADIDI
Nasi Kuning Praktis Rice Cooker

Bahan : 
  • 500 gram beras, cuci bersih, 
  • 1 sdk teh kunyit bubuk, 
  • 2 daun pandan, 
  • 2 daun jeruk, 
  • 2 bawang putih, cincang, tumis, 
  • 2 sdk teh garam, 
  • 750 ml santan
Cara Membuat :
  • Masukkan semua bahan ke dalam rice cooker, jika sudah matang, aduk-aduk, tutup kembali hingga saat disajikan.
  • Jika pakai rice cooker bukan digital, setelah matang tekan tombol cook lagi, agar lebih tanak.
  • Kalau pakai rice cooker digital, cukup sekali masak.
Semur Daging & Telur

Bahan :
  • 300 gram daging bagian lulur atau bagian lain sesuai selera, iris sesuai selera
  • telur rebus, kupas
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan
  • 600 ml air
  • 1 tomat cincang
  • Bumbu Halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica butiran
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang dan harum
  • Masukkan daging, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan telur, air dan semua bumbu lain
  • Tutup panci
  • Masak dan ungkep dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental
  • Koreksi rasa
  • Sajikan hangat dengan taburan bawang merah goreng
Note :
  • Telur bisa rebus biasa atau di pindang dulu.
  • Daging agar mudah empuk..pakai bagian lulur ❤️
Resep Ayam Panggang

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
  • 1 ekor ayam kampung
  • 2 lembar daun salam , lengkuas 2 cm memarkan
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, disobek-sobek
  • 1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 1/2 sendok makan garam ( secukupnya )
  • 1 sendok makan gula merah sisir
  • 1 sendok teh asam jawa
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu Halus:
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh jintan bubuk
  • 10 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit, dibakar
Cara membuat :
  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
  • Masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam. Masak sampai meresap dan bumbu dan santan mengental jadi areh
  • Bakar sambil dibolak-balik dan dioles sisa bumbu di campur kecap sampai harum.
Video Resep lengkap bisa dilihat di : https://www.youtube.com/watch?v=RL6bcICVzNI

Selamat mencoba!




2

Semur Telur Bebek Pindang

Semur Telur Bebek Pindang

Pagi, 

Jika aku post menu dengan telur pindang yang coklat gelap warnanya, mesti banyak teman-teman yang penasaran cara membuatnya yaaa .... HaHa pasti.

Nah kali ini aku mau share cara membuatnya, secara lebih detail yaa ...

Jadi kalau aku buat telur pindang itu pakai cara tradisional, bukan cara instan pakai teh untuk warna coklatnya.

Setelah telur pindang jadi, masih aku masak lagi dengan cara disemur, jadi citarasanya lebih enak. Kalau telur pindang aja kan cuma asin gurih rasanya, kalau disemur jadi makin enak dan makin kecoklatan hingga bagian dalam.

Oh ya untuk bumbu semur, aku lagi coba kecap baru nich, kecap dari @lemonilo

Rasa kecapnya gurih mirip kecap tradisional yang ada rasa rempah-rempah dan gurihnya terasa ... jadi gak cuma manis aja. Kecap manis Lemonilo ini lebih kaya rasa, tanpa pengawet, tanpa bahan penyedap. Terbuat dari kedelai berkualitas, gula kelapa dan rempah-rempah pilihan.

Aku buat semur telur bebek ini ..enakkk...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Yuk cobain Kecap Manis dari @lemonilo ini teman-teman ... untuk aneka masakan seperti semur..tumis...bakaran dll..cocok juga untuk cocolan aneka gorengan. Langsung cek Ig @lemonilo
ya..bulan ini juga lagi ada diskon untuk pembelian Kecap ini.

Promo 20%+50% untuk pembelian kecap manis tanggal 23-31 Juli, dengan kode voucher LMKECAP50 di akhir pembelian. Link pembelian di bit.ly/lemonilokecapmanis

Selamat mencoba yaa resepnya..cuma harus sabar ya..kalau mau bikin telur pindang gini..masaknya agak lama pakai api kecil terus agar warnanya kecoklatan maksimal hingga bagian dalam. Makanya kalau buat telur pindang aku selalu banyak sekalian gini..terus bisa untuk teman makan aneka olahan yang pakai telur pindang..misal Lontong Opor.. Gudeg..dll..atau dimakan pakai nasi putih plus sambal juga enakkk kok karena udah di semur telur pindangnya ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Untuk resep lengkapnya, bisa bukan link video : https://www.youtube.com/watch?v=elKC91vHVpY



2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel