Google Ad

Thursday, July 2, 2020

Cracker Isi Ragout Keju

Cracker Isi Ragout Keju

Sore teman-teman, Ini cemilan sore tadi ...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Salah satu gorengan favoritku selain Risoles, Kroket, Bitterballen, Pastel, Martabak Mini, Mendoan, Bakwan, Tahu Isi..Misoa...Lumpia..Sosis Solo... dkk..๐Ÿคญ๐Ÿคฃ

Lha terus yang nggak suka apa ya? ๐Ÿ˜‚ Koq banyak banget yang disuka ya?


Cracker Isi Ragout Keju

Bahan :
  • 20 buah crackers gurih ( tanpa taburan gula )
  • Keju lembaran secukupnya
  • 200 gram ayam rebus, cincang
  • 200 gram wortel, rebus, potong dadu kecil
  • 200 gram kentang, rebus, lumatkan
  • 2 batang daun sledri , cincang halus
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok teh kaldu rasa ayam
  • 1 - 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/8 sendok teh pala bubuk
  • 1/2 buah bawang bombay, 1 bawang putih, cincang
  • 200 ml air
Cara Membuat :
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang, masukkan terigu, aduk hingga berbutir
  • Masukkan air, dan semua bahan lain. Aduk rata hingga mengental
  • Koreksi rasa, hingga terasa pas ragoutnya. Harus ada rasa gurih dan manis
  • Dinginkan
  • Ambil selembar cracker, isi dengan ragout secukupnya sedikit dulu...beri keju lembaran di tengah, tutup ragout. Tutup dengan cracker lain
  • Lakukan hingga adonan habis
  • Celup kocokan telur, lapisi panir halus, goreng
Note :
  • Jika ragout terlalu lembek...tambah saja kentang lumat, bumbu tapi disesuaikan tapi yaaa ...
Selamat mencoba!


0

Wednesday, July 1, 2020

Tahu Goreng Marinasi

Tahu Goreng Marinasi

Siang, 

Semenjak mempraktekkan Resep & Metode Desaku Marinasi waktu itu, sekarang otomatis deh semua gorengan pakai Resep & Metode Desaku Marinasi.. soalnya seisi rumah pada suka.. Tempe Goreng yang crispy & meresap bumbunya sampai ke dalam. Sewaktu goreng ayam, terong, tahu, atau ikan lele.. sama juga....ludes diserbu hehehe… lumayan…nggak bingung lagi mau masak apa.. iya kan, Ibu-Ibu ?
Nah, kemarin ketemu produk baru “Desaku Marinasi”… wah senang banget, langsung beli langsung coba deh ….ehh, beneran lho.. nggak perlu repot menakar & *tidak campur-campur lagi…* jadi *lebih praktis* kan kalau mau bikin gorengan.. dan rasa gorengannya *lebih pas* dan *lebih mantap* !!
Semakin yakin deh kalau *Desaku Marinasi bakal menjadi sahabat setia di dapurku*… Ibu-Ibu juga wajib coba yaa.. Ayo Ibu-Ibu kita langsung ke dapur !๐Ÿ’•

Tahu Metode Marinasi

Bahan :
  • 500 gram tahu
  • 1 bungkus bumbu @desakumarinasi , Campur dgn 5 sdk makan air
  • Goreng tahu tanpa bumbu dulu, setengah matang
  • Tuang setengah bagian bumbu Marinasi
  • Balik Tahu
  • Tuang sisa bumbu Marinasi
  • Goreng hingga agak kering
Bumbu kuah :
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 10 buah cabe rawit hijau, haluskan
  • 1 sendok makan petis udang ( sesuai selera )
  • 3 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
Cara membuat kuah :
  • Rebus semua bahan hingga mendidih. 
  • Koreksi rasa. 
  • Sajikan dengan tahu goreng
Selamat mencoba!


0

Sop Ayam Kampung

Sop Ayam Kampung

Siang teman-teman,

Menu maksi Yodha tadi siang ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

SOP AYAM KAMPUNG ala Pak Min Klaten

Di menu ini aku pakai ayam kampung muda yang beli di supermarket "S" itu lho teman-teman, murah dan mudah empuk ... pokoknya dihafalin aja hari apa stock baru datang ke supermarket-nya, jadi masih fresh ayamnya ... murah enak ... se-ekor cuma Rp 40-50 ribu biasanya. ๐Ÿ˜ƒ

Aku share resepnya lagi ya .. soalnya aku menyesuaikan ukuran ayam yang kecil ini ya teman-teman:

Bahan:
  • 1 ekor ayam kampung ukuran kecil, potong jadi 8 bagian, cuci bersih, lumuri 1 sendok makan air jeruk nipis, bilas kembali.
  • Rebus ayam api kecil dengan 1.500 ml air, hingga air kaldu bening.
  • Tumis 3-4 bawang putih , geprek, tumis.
  • Masukkan ke rebusan ayam.
Tambahkan Bumbu:
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 2 cm jahe geprek
  • 1/8 pala ( biarin utuh )
  • 1 sdk teh ebi, seduh air panas
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula pasir
Cara Membuat:
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Taburi bawang goreng dan seledri cincang
  • Sajikan dgn kecap manis, sambal dan jeruk nipis
Selamat mencoba !

0

Monday, June 29, 2020

Jangan Bobor Pepaya dan Pucuk Labu

Jangan Bobor Pepaya dan Pucuk Labu

Siang, 

Jika Yodha dan Papinya pada sarapan Sei Sapi tadi ... aku sarapan beginian saja, sedang pengin yang seger-seger gitu. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Jangan Bobor Pepaya dan Pucuk Labu plus Sambel Jenggot bener-bener seger tenan teman-teman ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Jangan Bobor Pepaya biasanya pakai bayam tapi kali ini pakai pucuk daun labu jadi lebih sedep lho teman-teman. Aku suka texture daun labu ini yang unik, gak mudah lembek dan rasanya khas, pokoknya sedep banget.๐Ÿ’• Kalau di yogya, Jangan Bobor dipadu Sambal Jenggot, yaitu sambal dari kelapa muda, dikukus dan dicampur tempe semangit (lebih enak lagi jika tempe semangit yang udah ber “aroma” ๐Ÿคฃ) bumbunya; cabe rawit merah, cabe merah, cabe bawang putih juga di kukus, kasih garam dan sedikit penyedap rasa misal sedikit kaldu jamur, kalau suka lebih sedep, jadi sambel sehat nich teman-teman...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Cara makan Bobor sama Sambel Jenggot gini, karena kuah bobor seger, jangan dicampur ya, habis nyendok sayur dan nasi, baru nyuap sedikit sambal juga ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Jadi unik rasanya, jangan diaduk sama kuah bobor ya ... nanti jadi sayur oblok-oblok lho ... ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜‚ 

Bobor Pucuk Labu

Bahan :
  • 1 ikat pucuk labu.. ambil bagian yang muda saja ya.. sama pucuk-pucuk batangnya.
  • 1 pepaya muda ukuran kecil, potong tipis-tipis.
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1sdk mkn gula pasir ( gak pk gula merah ..agar kuah tetap putih )
  • 1sdk teh kaldu jamur dan garam secukupnya ( kaldu jamur itu penyedap alami dari jamur.. cocok utk menu sayuran gini.. kalau gak ada skip aja)
  • Secukupnya garam
Bumbu Halus :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1 cm kencur
Cara Membuat :
  • Didihkan santan
  • Masukkan bumbu halus dan bumbu lain
  • Masukkan pepaya muda dan pucuk labu
  • Masak hingga matang
  • Cek rasa
Selamat mencoba !
0

Cumi Item

Cumi Item

Sore,

Menu hari ini di rumah hanya ada ini teman-teman, belum ada menu baru ..๐Ÿคฃ๐Ÿ™ Tetep di-share aja ya? Walau udah sering aku post menu-menu ini .. siapa tahu ada yang masih bingung mau masak apa besok ya ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Masih mau resepnya gak nich ?

Cumi Masak Tinta

Bahan :
  • 500 gram cumi ukuran sedang
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
  • 1 sendok teh kaldu sapi / dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air ( sesuai selera mau agak nyemek atau kering )
Bumbu Halus :
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah, buang biji agar tidak pedas
  • 1/4 sendok teh merica butiran
  • 1 cm jahe
Cara Membuat :
  • Bersihkan cumi hingga benar-benar bersih di air mengalir, hati-hati waktu mencuci bagian kepala agar tinta tidak pecah waktu di cuci. Remas-remas dengan 1/4 sendok teh garam dan biarkan tintanya pecah sehingga keluar semua tintanya. Sisihkan
  • Tumis bumbu hingga benar-benar matang
  • Masukkan cumi dan semua tintanya, tambahkan air dan semua bumbu, tutup panci
  • Masak dengan api besar sekitar 5 menit saja, jangan terlalu lama ya agar cumi tidak alot
  • Koreksi rasa, segera sajikan hangat dengan Nasi putih yang masih ngepul...nyam..nyam...! Jangan Lombok ijo Tahu
Bahan :
  • 5 buah tahu putih, kukus, potong kecil2
  • 50 gram tempe semangit, potong bbrp bagian untuk menyedepkan kuah aja
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok teh kaldu sapi bubuk
  • 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
  • 1000 ml santan sedang
Bumbu :
  • 200 gram cabai hijau keriting, potong serong tipis2
  • 8 buah bawang merah, iris tipis2
  • 4 siung bawang putih, iris tipis2
Cara membuat :
  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum, masukkan cabai hijau, aduk hingga cabai layu. Masukkan santan dan semua bumbu2 lain. Didihkan. Masukkan tahu dan tempe, lalu masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.
  • Tempe semangit bisa di skip jika tidak suka..itu buat penyedap kuahnya aja
Selamat mencoba!

0

Gembus Goreng


Gembus Goreng

Sore, Cuma Gembus Goreng yaaa....๐Ÿคญ๐Ÿ˜… Mau kan teman-teman?

Cemilan murah meriah, beli sepapan gembus cuma Rp 2 ribu jika digoreng gini jadi sepiring penuh ๐Ÿคฃ

Mendoan Tempe Gembus

Bahan-bahan :
  • 1 papan, kira2 300 gram tempe gembus atau di daerah lain di sebut tempe menjes atau nama lainnya.., diiris tipis melebar
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • 400 ml air
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh ketumbar
Cara Membuat :
  • Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. 
  • Tambahkan daun bawang. 
  • Aduk rata.
  • Celup tempe gembus ke dalam adonan tepung. 
  • Goreng sampai matang
Selamat mencoba!
0

Friday, June 26, 2020

Coklat Batik

Coklat Batik

Pagi.

Ini cemilan kemaren sore, untuk Yodha dan cucu ponakan yang lagi nginep di rumah, namany Fafa.๐Ÿ’• Bikinnya mudah banget teman-teman, tinggal campur-campur, aduk dan taruh di kulkas, jadi dech.

Coklat ini enaknya di makan dingin-dingin keluar dari kulkas, jadi terasa kres renyah legit.

Untuk coklat masaknya aku pakai dark chocolate dari IG @chefmatechocolate. Di rumah suka semua coklat dari IG @chefmatechocolate ini karena rasa coklatnya terasa banget dan ngga terlalu manis. Kemaren udah bikin beragam olahan coklatnya enak semua.

Bisa untuk celupan donat, croissant, roti, dll.

Kalau dark chocolate-nya di rumah biasa aku lelehkan, kasih coco crunch, mete, rice crispy, dll jadi dech cemilan enak.

Nah kemaren sore aku bikin ini nich coklat batik, pakai coklat Chefmate dilelehkan, campur mentega, susu kental manis, dan biskuit yang di remahkan. Hasilnya jadi coklat bermotif yang cantik..seperti motif batik ๐Ÿ’•

Yuk di coba teman2..bisa buat sama si kecil untuk kegiatan seru selama di rumah aja ya ๐Ÿ’•

Coklat Batik


Selamat mencoba!



0

Thursday, June 25, 2020

Soto Bandung

Soto Bandung

Malam,

Jam segini baru bisa post menu baru nich teman-teman ๐Ÿ™๐Ÿ’• Hari ini aku masak soto lagi, nah biar beda dan nggak bosen aku masak Soto Bandung, segerr rasanya.

Soto ini ciri khasnya pakai lobak, dan kedelai goreng. Tips agar lobak tidak "langu", setelah diiris-iris cuci dengan larutan air dan garam, kalau bilas baru masukkan terakhir setelah soto hampir matang. Jadi lobaknya terasa kres manis dan gak langu ...๐Ÿ’• 

Tempe Garit Goreng

Soto Bandung

Bahan:
  • 500 gram daging sapi bagian kisi atau tetelan enak untuk soto
  • Air 2000 ml
  • Secukupnya garam, kaldu sapi 1 blok
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Pala 1/8 butir
  • Merica 1/2 sendok teh
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • Lengkuas 2 cm, geprek
  • Jahe, 2 cm, geprek
  • Serai 1 batang
  • 1bh lobak, potong bulat tipis, cuci air
  • Garam..bilas
  • Tomat, iris2
  • Daun bawang seledri, iris halus, bawang goreng
  • Kacang kedelai goreng secukupnya
  • Jeruk nipis, sambel
Cara Masak:
  • Rebus daging sampai empuk
  • Haluskan bawang merah, putih,dan pala
  • geprek lengkuas dan jahe
  • Tumis bumbu kasar sampai harum
  • Masukan bumbu yg sdh ditumis ke dalam rebusan daging,masukan jahe lengkuas dan serai, daun salam, daun jeruk
  • Masukan garam dan kaldu sapi
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan soto dgn pelengkap
Selamat mencoba!





1

Wednesday, June 24, 2020

Lontong Sayur

Lontong Sayur 

Sore teman-taman, 

Menu malam ini request suami "Lontong Sayur" tapi minta lauknya cuma telur pindang dan orek tempe aja ... Yo wis malah hemat...๐Ÿคฃ๐Ÿ’• 

Lontong Sayur

Orek Tempe

Bahan Sayur Labu:
  • 2 buah labu, iris panjang korek api
  • 5 lonjor kacang panjang, potong2
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sereh
  • 1 sdk mkn gula
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 50 gram udang segar (usahakan segar..agar tidak amis kuahnya)
Bumbu:
  • 8 cabai merah
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 2 kemiri

Tumis bumbu halus:
  • Masukkan udang, aduk hingga berubah warna
  • Masukkan santan
  • Masukkan bumbu2 lainnya
  • Didihkan
  • Masukkan sayuran
  • Masak api kecil hingga meresap
Untuk resep telur pindang, bisa dilihat di link video: https://www.youtube.com/watch?v=_ipOrO-1bDE

Untuk resep orek tempe, bisa dilihat di link video: https://www.youtube.com/watch?v=SJYAJ_S73ZE

Selamat mencoba!





1

Google Ad

Visit Our You Tube Channel