Google Ad

Thursday, January 23, 2020

Gudeg Basah

Gudeg Basah dan Kobis Hijau

Siang,

Hari ini sepagian sibuk ngurusin tukang yang kerja..ngawasin masang ini..itu.. sampai-sampai belum masak. Lauk Gudeg kemaren aja ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Ini Gudeg Basah motret kemaren masih berkuah..karena suamiku suka yang masih berkuah. Kalau hari ini sudah habis kuahnya, di panaskan bolak balik jadi kering.

Aku udah sering share resep Gudeg Basah gini ya teman2, nah kali ini aku variasikan pakai Kol hijau..alias bagian luarnya kol. Jadi kalau bagian dalam kobis / kol itu kan putih..nah bagian luar itu warna hijau tua agak keras itu enak di campur gudeg basah..karena tahan di masak hingga 5 jam nggak hancur.

Jadi aku perlu share resep lagi apa udah bosen nich sama resep Gudeg teman2 ? ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ..soalnya saking seringnya share resep gudeg ya aku di Ig..dengan beragam variasi.
Oh ya walaupun berkuah ini beda sama jangan gori biasa ya karena ini bumbu dan masaknya tetap sama kayak masak gudeg di masak perlahan hingga minimal 5 jam..hingga kemerahan gitu. Kalau jangan gori nggak selama ini masaknya kayak sayur lodeh biasa masaknya.

Gudeg Basah gini enaknya di makan pakai sambal terasi / tomat, goreng tempe garit, goreng ikan layur kering..hemmm...๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜‹ 

Gudeg Basah

Bahan :
  • 1/2 buah nangka muda ukuran sedang
  • 10 lembar kobis hijau, cuci bersih berulang
  • 5 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 100 gram gula merah
  • Daging tetelan sapi 250 gram, potong-potong
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
  • 1000 ml santan
  • 500 ml air kelapa ( agar warna gudeg cantik dan legit )

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
Cara Membuat :
  • Nangka di rebus sebentar di air mendidih sebentar biar getah hilang ( jangan sampai empuk duluan ya )
  • Campur nangka dan semua bahan serta bumbu
  • Masak hingga mendidih
  • Koreksi rasa, jika sudah pas gurih manisnya ( namun jangan terlalu asin dulu ya ), tutup panci dan masak dengan api kecil sekali hingga matang selama minimal 5 jam...sekali2 di buka koreksi rasa kembali jika sudah empuk nangkanya
  • Tandanya sudah matang akan tercium wangi aroma gudeg dan nangkanya sudah empuk
  • Sajikan hangat berkuah, jika sudah bosan berkuah..nanti sering di panaskan akan jadi gudeg kering juga.
Selamat mencoba!

Jangan lupa sambal tomatnya.

Sambal Tomat

0

Sunday, January 19, 2020

Semur Soun

Semur Soun

Pagi,

Pagi2 udah rajin..bikin sarapan..๐Ÿคฃ Ada Oseng Koyor Cabe Hijau, ada Semur Soun Kentang, ada Rollade Daun Singkong & Tahu, sekalian Snack untuk tukang yang kerja di rumah...๐Ÿ˜ƒ Tadi tuch udah bikin video Oseng Koyor nya..tapi..karena masih gelap aku masak di dapur bawah, pas proses kok kurang cahaya...pas mateng aja baru agak terang ๐Ÿคญ, video matengnya slide 2 ... 

Resep Semur Soun dulu ya :

Bahan :
  • 1 ikat soun ndeso , seduh air panas hingga mekar, tiriskan
  • 200 gram kentang, potong kecil, goreng
  • 3 - 4 sdk mkn kecap manis
  • 2 sdk teh kaldu ayam / jamur
  • 1/2 bawang bombai, iris

Bumbu :
  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 kemiri
  • 1/2 sdk teh merica butiran
Cara Membuat: 
  • Tumis bawang bombai dan bumbu halus
  • Tambahkan 100 ml air
  • Masukkan soun dan kentang
  • Tambahkan kaldu dan kecap
  • Aduk rata dan masak hingga meresap
  • Cek rasa, sajikan
Selamat mencoba!
0

Cake Pisang Praktis

Cake Pisang Praktis

Sore..ada GIVEAWAY berhadiah Oven Cosmos. Hari ini lagi aku bikin Cake Pisang versi super praktis.

Enak dan gampang bikinnya tinggal di masukin semua ke mixer, terus di mixer hingga mengental.

Nah biar gak repot motong2 karena aku bagi2 ke yang kerja tadi, aku pakai cup kecil2 aja..jadinya buanyakk.

Jadi cocok nich untuk teman2 jika lagi ada acar arisan, ultah anak dll bikin ini..babar istilah orang Jawa, bahan murah, bikinnya mudah dan jadinya banyak...terus yang paling penting itu enakkk rasanya.

Oh ya aku ngovennya pakai oven Cosmos CO-9909 W, yang berkapasitas 9 Liter. Walau mungil tapi tapi cabe rawit lho..bisa bikin cake gini malah praktis...muat dua loyang brownies. Oven Cosmos ini juga low watt hanya 175 W + 175 W, juga dilengkapi Crumb Tray (penampung remah) jadi mudah dibersihkan dan digunakan.

Jadi Ayuk teman2 yang mau belajar baking jangan ragu ya, jika belum punya oven..bisa mulai belajar baking dengan oven Cosmos ini hasilnya sudah oke.

Oh ya mau ada giveaway nich dari Cosmos untuk satu pemenang bisa berkesempatan mendapatkan oven seperti yang aku pakai ini dan ada hadiah hiburan untuk 1 pemenang tambahan.

Caranya gampang, tinggal komen aja di kolom komentar di bawah ini.. Kenapa kamu harus punya oven Cosmos seperti ini, dan jika punya mau bikin kue apa? Wajib mention IG @cosmosonline dan beri hastag #GiveawayOvenCosmos #OvenCosmos #OvenHematListrik #BanggaCosmos
Periode nya cuma sampai 22 Januari 2020 ya..๐Ÿ˜˜ Cake Pisang Praktis

Bahan2 :
  • 150 gram pisang haluskan 
  • 200 gram tepung terigu ( aku tadi cuma 160 gram..sesuai stock tepung yang ada )
  • 160 gram gula pasir halus 
  • 3 butir telur
  • 120 gram minyak goreng
  • 1 sdk makan ovalatte / SP / TBM
  • 1 sdk teh baking soda
  • 1 sdk teh baking powder

Cara Membuat :
  • Panaskan oven pada suhu 170 C
  • Siapkan loyang tulban
  • Olesi Loyang dengan margarine dan taburi sedikit terigu
  • Masukkan semua bahan di mangkuk , lalu kocok dengan mixer sampai mengental dan mengembang.
  • Tuangkan dalam loyang dan oven selama 40 menit atau bergantung pada oven masing-masing.
Selamat mencoba! Video resep bisa dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=NZ1DhpTLrU4
3

Tuesday, January 14, 2020

Misoa Goreng Udang

Misoa Goreng Udang.
Sore,

Mendung2 gini apa yang paling enak untuk di cemil teman2 ?

Gorengan kan....๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Ini Misoa Goreng, biasanya aku pakai Ayam..nah ini aku ganti Udang..tetep yummy..malah lebih gurih lho teman2..๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Ukurannya Jumbo...soalnya sekalian bikinnya banyak, sebagian untuk tukang yang kerja...kadang aku kasih snack dua kali pagi dan sore..biar mereka semangat kerja..njut dapur baruku segera selesai ๐Ÿคญ๐Ÿ˜ƒ
Tapi memang nggak tega sich hujan2 gini mereka mesti lapar terus karena kerja pakai tenaga seharian, untungnya sich tinggal finishing bagaian dalam..jadi nggak kehujanan.

Ini Misoa Goreng versi balut adonan tepung. Ukuran gede segini kalau di pasar atau di tukang jajan 2 ribu, kalau di bakery di Semarang yang jual jajan pasar 4500...bikin sendiri murah jadi banyak ๐Ÿ˜…

Misoa Goreng Udang

Bahan :
  • 2 bungkus misoa ( kira2 100 gram )
  • Udang cincang 100 gram
  • Wortel 2 buah di potong kotak kecil /di parut kasar
  • Daun bawang 2 batang , di iris halus
  • Bumbu :
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdk teh merica
  • 2 sdk teh kaldu bubuk rasa ayam atau garam secukupnya
  • 1 sdk teh gula pasir
  • Air 1200 ml
  • Adonan tepung, aduk rata hingga jadi adonan kental seperti adonan mendoan :
  • 150 gram terigu , air secukupnya
Bumbu halus: 
  • 1 - 2 siung bawang putih, 1/4 sendok teh ketumbar dan kaldu ayam secukupnya.
Cara Membuat :

Tumis bawang putih halus, tambahkan wortel dan udang..aduk sampai matang udang dan wortelnya, tambahkan air, bumbu lainnya dan daun bawang, lalu masukkan misoa , masak sampai air habis dan terserap di misoa. Lalu ratakan adonan di loyang persegi , dinginkan , potong2 persegi , lalu celup goreng ke adonan tepung , goreng sampai kuning keemasan. Sajikan hangat.
Potong adonan jika benar2 sudah dingin dan set menyatu ya agar tidak hancur..bisa juga di simpan di kulkas dulu agar lebih mudah dipotong. Sukses!
0

Friday, January 10, 2020

Lele Bakar

Lele Bakar

Sore,

Menu Yodha sore ini, Lele Bakar aja.. Sambelnya menyusul ya..baru di ulek dadakan ini teman2 ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Lele Bakar

Bahan :
  • 5 ekor Lele ukuran sedang, lumuri sedikit air jeruk nipis / lemon , cuci bersih, kerat2. Sewaktu Lele masih basah, lumuri 1 sdk teh garam, aduk hingga rata, sisihkan
  • Bumbu lain :
  • Kecap manis 4 sdk makan / sesuai selera
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh kaldu bubuk garam sesuai selera

Bumbu halus :
  • 5 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 ruas jari kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
  • Haluskan semua bumbu halus, lalu tumis hingga matang dan harum, masukkan lengkuas, daun salam serta gula merah, garam kaldu bubuk , aduk rata.
  • Masukkan sedikit air kira2 100 ml, masak hingga bumbu mengental tapi jangan gosong. Tambahkan kecap manis sesuai selera.
  • Kerat2 bagian tubuh ikan lele agar bumbu bisa meresap, olesi dengan bumbu tumis dan diamkan di kulkas selama minimal 1 jam. Bakar lele di bara hingga matang..ini jika menggunakan bakaran bara arang ya.

*) Jika pakai teflon, goreng dulu Lele hingga setengah matang agar tidak hancur dan lebih matang sempurna. Selamat mencoba!gggggggggggggggggggggggggggggggggvvvvvvvvvvvvvvvvvvv

0

Monday, January 6, 2020

Tempe Koro Bacem

Tempe Koro Bacem

Sore,

Selamat menyambut tahun baru ya teman2..aku goreng ini aja, Tempe Koro Bacem.

Sore ini dapat oleh2 Tempe Koro dari ponakan2 yang dari Yogya yang pada main ke Semarang hari ini..terus ini mau jalan makan hujan malahan..belum masak padahal ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Tempat teman2 gimana hujan juga kah?

Tempe Koro ini Tempe khas Yogya di beberapa Kabupaten Bantul.. Kulonprogo dll banyak..๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Tempe ini unik karena terbuat bukan dari Kedelai, tapi dari kacang Koro. Enak sekali rasanya..khas unik.

Rasanya itu beda dari Tempe biasa ya.

Bentuk mentah Tempe Koro, aku tunjukin di foto kedua ya teman2. Itu aku fotoin yang belum jadi tempenya, jadi keliatan butiran biji Koro ya...bukan dari kedelai ya.

Ada lagi saudaranya Tempe Koro, namanya Tempe Benguk. Kalau Benguk lebih keras dan warna agak hitam. Biasanya di bacem gini juga..atau di buat masak Sengek, di masak santan kental gurih manis. Bisa juga di goreng kering, tapi Atos *kemlothak kalau tempe benguk..sambil mbayangin jaman dulu masih kecil... dulu ngemil ini penuh perjuangan ngunyahnya...saking atosnya...tapi ya tetep di makan karena nggak ada cemilan lain ๐Ÿ˜‚
0

Sunday, January 5, 2020

Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

Siang,
Hari ini dapat challenge dari Yodha..untuk membuat Sroto Sokaraja ala warung yang pas di Purwokerto kita makan..karena dia suka rasanya.

Baiklah Boss ku ๐Ÿคฃ

Akhirnya mateng juga Sroto Sokaraja ala aku. berbekal ingatan rasa waktu icip2 kemaren di Purwokerto, di Sroto Sutri..masih terbayang kuah kaldunya yang gurih sedikit manis..nah ini tadi udah mirip sich..aku udah nyicip semangkuk.. ๐Ÿคญ๐Ÿ˜ƒ Cuma krupuknya saja yang kurang nge pink cerah ya..di sini gak ada yang genjreng warnanya ..lupa beli pas di Purwokerto kemaren.
Tapi kalau rasa, udah sesuai harapan ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Nah itulah fungsinya kenapa kadang2 aku rela jauh2 mencicipi kuliner daerah langsung di tempat aslinya ya..agar waktu membuat resep itu bisa tau rasa aslinya seperti apa..๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Tinggal tunggu penilaian Boss ku nanti sore..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Untuk video resepnya bisa dibuka di YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=GfxZFjFKDyU
0

Tuesday, December 31, 2019

Templek

Templek
This is.. Templek ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ 

Teringat waktu di pasar manis Purwokerto aku beli jajanan ini ( foto asli bentuknya yang di jual Mbahnya ada di foto terakhir ya..bentuk bulet2 kecil ), di Mbah2 gitu. Terus aku tanya ini apa..katanya ini Templek ( kalau nggak salah denger lho ya.. Mbahnya bilang begitu )

Rasanya enak, unik..gurih manis pedes, lembut... untukku yang penyuka jajanan ndeso dan eksotis suka ๐Ÿคญ๐Ÿ˜˜ Terus aku tanya terbuat dari apa? Mbahnya nunjukin penjual ampas tahu, belinya di pojok sana, di tempat penjual tahu.. katanya.

Sambil nyemil jajanan unik ini, aku ngobrol sama Mbahnya nanyain cara bikinnya, dan di kasih tau lah caranya. Wo ya gampang banget, akhirnya aku beli ampas tahu mentahnya per bungkus 1000 rupiah..beli dua bungkus aja udah jadi buanyak ๐Ÿ˜„

Jadi ampas tahunya ini masih basah ya, belum berubah jadi tempe gembus.
Ampas tahu kok di makan? Bergizi tidak?

Yo ndak usah di pikirkan terlalu dalam lah ya..yang kita pelajari adalah ini menjadi salah satu jajanan tradisional khas di suatu daerah..jadi patut di sebar luaskan agar lebih di kenal ya kan... sebagai keragaman kuliner Nusantara ๐Ÿ˜ƒ

Waktu beli ampas tahunya, sampai rumah langsung aku kukus sesuai saran yang jual, terus aku taruh freezer..paginya baru aku bikin Templek ini.

Katanya sich kalau versi goreng ini namanya Templek, kalau versi di kukus namanya Ranjem... bener kah teman2 warga Purwokerto? ๐Ÿ™๐Ÿ˜ƒ Resep sesuai hasil wawancara dengan Mbahe yang jual tapi takaran seusai seleraku ๐Ÿคฃ

Kata Mbahe, bumbunya bawang merah, bawang putih, kencur, cabe rawit, gula, garam dan penyedap, boleh di tambah daun bawang

Bahan :
  • 350 gram ampas tahu
  • 5 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 2 cm kencur
  • 1 sdk teh kaldu jamur / penyedap kaldu lain
  • Secukupnya garam
  • 30 gram gula merah
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan
  • Cicipi rasa, harus gurih manis, pedes
  • Bentuk bulat kecil
  • Celup adonan tepung seperti tepung untuk mendoan
  • Goreng

Update :

Setelah aku rangkum dari komen teman2, ada berbagai nama ya, monggo yang mau nambahin boleh..jadi nama sesuai masing2 ya..monggo di pilih saja ๐Ÿคญ๐Ÿ˜ƒ :

Kempong | Amprut | Jenguk | Demplo | Gubeg | Templek | Temlek | Miwo | Apolo | Buret | Sekayu | Golono | Randem | Ranjem | Kincir | Seporet | Tolo | Tembluk |
0

Empis-Empis Tahu & Tempe

Empis-Empis Tahu & Tempe

Siang,

Waktu lewat Temanggung beberapa hari lalu aku sarapan di salah satu warung makan, namanya Tenda Biru. Warung makan rumahan gitu yang terkenal dengan menu masakan Temanggung, salah satu favorit ku kalau makan di situ itu Empis2 nya.

Empis2 nya beda dari warung lain, yang pernah aku coba di Temanggung. Memang Empis2 itu macam2 ya teman2 ada yang empis2 tempe atau tahu kulit yang di potong kecil2, ada Empis2 ikan, ati ampela, dll.

Bumbu utamanya cabai hijau keriting, karena di Temanggung memakai penghasil cabe banyak.

Aku pernah coba Empis2 di warung ijo di Deket alun2, stylenya beda dari warung tenda biru. Jadi masing2 warung punya ciri khas sendiri2, Empis2 nya.

Pernah juga makan di Pasar Kuliner Papringan ada Empis2 iwak Mujair. Jadi macam2 versi Empis2 ini.

Kalau di warung Tenda Biru kemaren pakai tempe bungkil dan tahu putih yang lembut, tahunya nggak di goreng dulu, jadinya khas rasanya lembut dan meresep bumbunya ke dalam tahu.

Nah hari ini aku masak Empis2 tahu yang pakai tahu putih ala warung Tenda Biru ya. Rasanya enak, sedep..udah mirip rasanya sama yang di warung.

Empis2 rasanya cenderung gurih sedep agak sedikit manis, jadi beda ya teman2 sama Jangan Lombok. Kalau jangan Lombok sudah pernah aku post juga resepnya yang pakai Tetelan. Jadi kita fokus ke Empis2 Temanggung ini ya.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ Ciri khas lain itu pakai tempe khusus jadi sedep..yaitu tempe bungkil...tempendari ampas pembuatan minyak kacang. Kalau aku nggak punya tempe bungkil, jadi pakai tempe semangit aja. Tempe semangit nya dari tempe kedelai hitam beli di Purwokerto, eh enak juga di masak Empis2 Temanggung gini teman2.

Empis-Empis Temanggung

Bahan :
  • 5 tahu putih, potong jadi 2 bagian
  • Pilih tahu yang tidak mudah hancur, misalnya tahu Soka
  • 2 papan kecil tempe semangit, potong2 ( aslinya pakai tempe bungkil khas Temanggung )
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1500 ml santan encer saja
  • 30 gram gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 200 - 250 gram cabe hijau keriting, boleh di campur rawit ijo kalau suka pedas
  • 8 bawang merah, iris tipis
  • 4 bawang putih, iris tipis
Cara Membuat:
  • Tumis dulu bawang
  • Masukkan cabe
  • Masukkan santan dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe,tahu
  • Masak hgg meresap
Selamat Mencoba!
0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel