Sunday, January 21, 2018

Tumis Jantung Pisang Bumbu Kuning


Kemaren aku masak Jantung Pisang lagi. Aku tuch kalau ke pasar suka belanja ke mbah2 yang jual aneka hasil kebun sendiri gitu teman-teman, karena jualannya ya unik-unik, misal sayur kluwih, jantung pisang dll. Kalau di Semarang kudu beli, satu buah 6 k, kalau di Yogya mah tinggal petik di kebon...hihi.
0

Thursday, January 18, 2018

Tips membuat Kue Cucur


Kue Cucur, kue tradisional, dari kecil udah biasa makan..udah biasa melihat ibu buat juga...jadi ketika di jaman now ini Yodha suka..itu benar-benar membuat bahagia...hihi. Akhirnya Yodha suka kue tradisional.
0

Wednesday, January 17, 2018

Sate Usus Bumbu Rujak



Kemaren ke pasar, ke tukang ayam langganan..eh udah kehabisan ayam. Banyak sich penjual lain, atapi aku lebih suka beli di langganannku itu karena selalu fresh dan baru ayamnya. Banyak restoran atau catering yang langganan di situ jadi di pastikan ayamnya selalu baru, karena habis terus.

4

Monday, January 15, 2018

Nugget Daging isi Mozarella




Lauk Yodha hari ini..Nugget Daging isi Keju Mozarella. Nggak sepenuhnya lauk sich karena malah pada di cemil tadi..hihi. Memang enak di cemil juga sich..gurih..dan isinya meleleh. anak-anak pasti suka.
2

Saturday, January 13, 2018

Long John


Long John adalah sejenis Donat dari luar negeri. Bentuknya nggak bulat seperti donat, tapi bentuk panjang lonjong. Kok mirip ya..Long John...bentuknya Lonjong..hihi. Di luar donat jenis ini biasa di beri isi, terus di kasih toping sesuai selera, bisa cream atau coklat leleh. Tapi kalau atasnya sudah pakai toping ya mblenger juga ya jika dalamnya masih di beri isian teman-teman, makanya aku suka polosan aja, atasnya baru di kasih toping.
1

Friday, January 12, 2018

Ayam Pok - Pok Resep Baru


Kemaren sore pulang sekolah Yodha kok bilang laper minta cemilan. Wah..belum bikin cemilan apa-apa. Aku lihat di kulkas yang sudah keluar dari freezer untuk siap di olah hanya ayam. Akhirnya aku tawari Ayam Pok Pok aja...dan Yodha mau. Jadilah aku bikin Ayam gurih ini untuk cemilan..hihi.
0

Thursday, January 11, 2018

Urap Sayur Cuciwis


Sayuran Cuciwis..tau kah teman-teman sayur itu ? Ada yang bilang namanya Ceriwis, Criwis, Keciwis, Ciwis, dll...banyak dech namanya. Sayuran ini seperti Sawi, tapi lebih kaku daunnya. Jika di rebus terasa kres renyah renyah.
1

Tuesday, January 9, 2018

Resep Sambal Brambang Asem Daun Ubi



Menu sehat tetap enak ? Bisa banget kok teman-teman. banyak menu tradisional Indonesia yang enak dan sehat. contoh..Gado-gado, Lotek, Pecel, dll. Mau lebih sehat lagi di rebus semua..ini nich menu tradisional dari Jawa Tengah, di Solo atau di Semarang pun menu ini jadi menu sehari-hari. Namanya Brambang Asem. 

Udah sering aku post juga sich dulu pakai kangkung, pakai bayam, nah kali ini aku posting yang pakai daun ubi ya. Walau bumbunya hampir sama, tapi kok kemaren fotonya bening kinclong gini, sayang aja jika nggak di posting..hihi.

Daun Ubi yang di pakai daun Ubi jalar, pilih yang bagian muda aja ya teman-teman agar rasanya kres manis. Merebus daun ubi jalar ini jangan terlalu lama, rebus dengan sedikit garam, hingga warna berubah aja, jadi hijau cerah cantik. Jika terlalu lama di rebus, Daun Glandir akan berlendir, jadi kurang enak.

Jika di rebus sebentar saja, rasanya kan kres-kres manis, dan sangat cocok di padu sambal Brambang Asem ini. Rasanya enak sekali, seger dan pedes manis..enak. Gunakan Terasi enak ya teman-teman kuncinya agar rasa sambelnya makin mantap. Aku selalu pakai Terasi Juwana dong..rasanya tak di ragukan lagi..hihi. Salah satu best seller jualanku juga ini Terasi. Kemaren awal bulan baru kirim 20 kg ke salah satu restoran besar di luar Jawa...alhamdulillah mereka cocok pakai Terasi yang aku jual. Dari semua yang beli memang alhamdulillah bilang enak. Yang mau coba silahkan wa aja 089654712500 ya teman-teman.

Selamat mencoba ya resepnya....
Resep Sambal Brambang Asem

Bahan :
Satu ikat daun Ubi Jalar, rebus sebentar di air mendidih yang di beri sedikit garam ( atau bisa pakai bayam )
3 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit merah
4 butir bawang merah, di bakar atau di rebus
5 mata asam jawa
1/2 sendok teh terasi bakar
2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam 
Cara Membuat :
Ulek semua bahan sambal, koreksi rasanya, harus ada manis, asam dan segar rasanya ya teman-teman.
Sajikan dengan daun Ubi rebus

1

Monday, January 8, 2018

Bolang Baling, resep Baru




Hari ini Yodha masuk pertama sekolah. Tadi kok request Bolang Baling  buat bekal. Akhirnya aku buatin aja. Sebenernya beli ya murah ya banyak yang jual pagi hari ya teman-teman, cuma kok membayangkan minyaknya itu hitam ngeri dech..hihi. Belum lagi biasa di buat di pinggir jalan adonannya..kena asap, kena debu, dll.
2