Friday, December 9, 2016

Sambal Goreng Labu & Krecek


Sayur favorit di rumah...Yodha dan Papinya selalu suka..nggak pernah bosan...itu adalah sayur labu. Mau di versi apa aja kok pada suka semua. Kadang di sayur agak encer ringan seperti sayur Labu teman Nasi Liwet atau yang berbumbu pedas seperti yang aku masak ini..semua suka. Yupp..labu siam...atau Jipang..memang luwes di masak sayur santan seperti ini. Rasanya itu lembut enak.
2

Thursday, December 8, 2016

Tahu Campur Lamongan


Kemaren Punya daging Tetelan yang berlemak cuma sedikit 300 gram. Mau di masak kok nanggung..akhirnya aku buat Tahu Campur Lamongan aja..pas..porsinya..hihi. Dulu aku pernah buat Tahu Campur Lamongan juga..udah pernah aku share, tapi kali ini aku buat porsi sedikit. Jadi cocok nich untuk keluarga kecil seperti aku..biar hemat tho..nggak usah masak banyak-banyak..yang penting cukup untuk 2 atau 3 orang.
1

Wednesday, December 7, 2016

Tahu Plethok Khas Tegal



Wah..hujan sedari pagi ya teman-teman. Dingin..dan selalu lapar...hihi. Tadi mau masak buat sarapan..kok bumbu kurang lengkap. akhirnya nnggu budhe sayur lewat dulu dech agak siangan. Udah makan roti tawar selai coklat selembar..kok ya masih lapar ya..hahah. Akhirnya lihat di kulkas..ada Tahu..asyik..bisa di buat goreng buat pengganjal rasa lapar yang melanda.

0

Tuesday, December 6, 2016

Nasi Gurih Plus Lauk Komplet




Hari ini masak komplet..hihi. Soalnya Yodha lagi ujian..jadi dia pulang sekolah itu langsung kelaparan minta makan. Karena ujian..pulang setengah hari, nggak makan di sekolah. Makanya sebelum Yodha pulang aku sudah siapin menu favorit dia untuk makan siang. Yodha sekarang sudah suka menu-menu berbumbu, jadi nggak mau lagi menu anak-anak yang plain..hihi.

Dan..lagi iseng banget..tadi aku menata menunya di wadah makanan ala-ala Bento atau  katering gitu..hihi. jadi ini Bento ala Jowo ya. Nggak kalah menggoda kan..sama Bento-Bento ala Jepang teman-teman.. hahah. Yang pasti menunya mesti kemakan semua...karena favorit Yodha. Kecuali telurnya..itu favoritku..Telur dadar daun So..tapi aku kasih Yodha dia ya doyan juga..hihi.

Untuk Nasinya biar enak..aku masak Nasi Uduk..tapi Nasi Uduk Jawa...hihi..karena nggak pakai rempah-rempah. Atau lebih tepatnya di sebut Nasi Gurih jika di Jawa. Nasi gurih nich gurih aja harum salam, nggak berempah banget seperti Nasi Uduk Betawi. Tapi untuk lidah Jawaku aku lebih cocok Nasi Uduk Jawa alias Nasi Gurih yang soft gurihnya.

Oke..langsung saja ini dia resep Nasi Gurihnya ya. Untuk Lauknya sudah pernah aku posting semua di webku. Ada Ayam Panggang Klaten, namun aku buat versi ekonomis aja..pakai Ayam Broiler biasa, bukan ayam kampung, tapi aku pakai bagian paha, agar tidak mudah hancur ketika di ungkep lama dan lebih cantik jika buat Nasi ala Katering seperti ini. Untuk sambel Goreng Kentang sengaja pilih ya tanpa santan, karena lebih cocok untuk makan Nasi Gurih. Untuk telurnya aku pilih Terlur Dadar Daun So,,karena cantik warnanya, ada hijau-hijaunya gitu. Tapi jika tidak suka, bisa di gnati daun bawang ya teman-teman.

Oke,..semoga bermanfaat sedikit inspirasi bekal sekolah atau bekal untuk kerja, atau mau untuk usaha katering rumahan....sipp...selamat mencoba ya. Untuk resep-resepnya...aku share lagi yang Ayam Panggang Klaten ya...untuk resep lauk lainnya...silahkan di klik aja link-link berikut ya :

Sambel Goreng Kentang tanpa Santan, resepnya di SINI

Dadar Telur Daun So, resepnya di SINI 
Ayam Panggang Klaten

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 ekor ayam kampung ( dipotong 4 - 8 bagian )  / Ayam negeri ( jika ayam biasa, lebih baik pakai bagian paha, jadi lebih liat dagingnya..nggak mudah hancur )
2 lembar daun salam , lengkuas 2 cm memarkan
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, disobek-sobek
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1/2  sendok makan garam ( secukupnya )
1 sendok makan gula merah sisir
1 sendok teh asam jawa 
600 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
1/4 sendok teh jintan, disangrai
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih 
5 butir kemiri, disangrai
1 cm jahe 
1 cm kunyit, dibakar

Cara Pengolahan :
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam. Masak sampai meresap dan bumbu dan santan  mengental  jadi areh
Bakar sambil dibolak-balik dan dioles sisa bumbu sampai harum.
Nasi Gurih

Bahan :
250 gram beras, dicuci bersih
2 lembar daun salam
1 sendok teh garam
400 ml santan

Cara Pengolahan :
Cuci bersih beras
Rebus santan, daun salam dan garam sampai mendidih
Masukkan beras
Aduk dan masak sampai santan habis
Kukus sampai matang
5

Monday, December 5, 2016

Sayur Rebung Bumbu Iris


Ini sayur favoritku. Sayur rebung bumbu iris. Biar makin enak dan komplet..tambah sayuran kacang panjang dan daun so sedikit. Rasanya itu segar ringan..enak di makan hangat-hangat berkuah di musim hujan yang dingin seperti sekarang ini. Suami juga suka..tapi Yodha tidak. Dia belum bisa makan sayur ndeso seperti ini..hihi. Maunya masakan yang bersaus-saus..ala Chinese food gitu. 

0

Sunday, December 4, 2016

Lentho Singkong Tempe Semangit


Olahan Singkong lagi...hihi. Kalau beli singkong itu aku suka lupa masak kadang teman-teman..jadi kadang lebih suka beli singkong masih kulitan agar lebih awet di simpan. Namun...kadang di pasar sudah di manjakan ya kita sekarang...banyak di jual singkong udah kupasan gitu. Jadi..kadang tergoda juga untuk beli...walaupun kadang-kadang akhirnya lupa juga masak..hihi. Nah nggak sengaja aku nemu tehnik menyimpan Singkong agar lebih awet..yaitu di rendam pakai air. Aku nggak sengaja juga sich. Beli singkong Minggu lalu, udah kupasan, aku cuci bersih. Lalu aku masukin wadah dan aku rendam air, biar nggak membiru maksudnya. Eh..sampai malam kok lupa masak. Akhirnya aku masukin kulkas aja dalam posisi terendam.
3

Friday, December 2, 2016

Lemper..Pakai Rice Cooker


Minggu ini aku udah dua kali bikin Lemper. Rajin ya...hihi...mesti teman-teman kira ribet bikin lemper. ah..sekarang aku udah nemu cara yang mudah kok membuat Lemper..di masak pakai Rice Cooker aja..nggak perlu merendam beras ketan, nggak perlu bikin aron ketan..ngukus..dll. Langsung aja masukin semua bahan ke rice cooker...seperti membuat Nasi biasa...dan nggak lama klik..setengah jam kira-kira...langsung matang dech. Tinggal di beri isi, di bungkus daun biar seperti Lemper tradisional..rasanya..sama enaknya...hihi.

7

Thursday, December 1, 2016

Tips Membuat Cumi Krispi


Yodha lagi seneng Cumi. Biasa dia suka di bakar. Namun biar nggak bosan aku coba goreng krispi aja..ternyata suka juga. Jadilah menu ini salah satu menu favoritnya sekarang. Cumi Krispi ini memang enak banget ya teman-teman..krispi di luar..empuk dan lembut di dalam. Nah..tapi nggak semua bisa begitu lho. Kadang beli di resto itu cuminya alot...tepungnya keras.
4

Wednesday, November 30, 2016

Hotteok..Resep Baru



Hotteok lagi....yuppp....salah satu makanan Korea yang paling aku suka adalah Hotteok ini. Ini paling cocok sama lidah Jowoku...hihi. Aku juga pernah beli Hotteok di kawasan Street Food..Di Korea ??...Bukan...di sini aja..hihi. Di  Kampung kuliner Semawis juga ada yang jual..keren kan. Di daerah lain belum tentu ada kan ya. Di Daerah Semawis Semarang nich..banyak kuliner unik adaptasi dari luar...Jepang..Korea..dll...dan uniknya peralatannya di impor juga dari luar sana lho..tulisan..kemasan juga seperti di Korea..hihi. Jadi kalau cuma mau makan Hotteok..nggak perlu tunggu bisa jalan-jalan ke Korea dulu kan ya. Tapi lumayan mahal sich..15 ribu sebiji...jadi mending bikin sendiri teman-teman..murah..enak dan mudah kok.

17