Google Ad

Friday, November 5, 2021

Gablok Pecel


Gablok Pecel

 

Selamat siang, 

Menu makan siang ini teman-teman, super murah dan lezat. HaHa. Aku buat 'Gablok Pecel'. Yodha aku tawari kok mau jadi gak perlu masak doubel.πŸ˜€πŸ’•

Gablok ini menu jadul khas Semarang, terbuat dari nasi yang pero yang ditumbuk bersama kelapa parut dan sedikit garam. Bisa pakai beras khusus yang gak pulen ya teman-teman, kalau berasnya pulen, susah jadi karena lembek lengket.

Gablok biasanya disajikan dengan pecel sayuran, serta gorengan atau bacem tahu tempe.

Di Semarang biasanya dijual di pasar atau warung pinggir jalan untuk sarapan, bersama gendar. Bedanya kalau gablok ini putihan, tanpa 'obat' yang biasa disebut 'bleng', tapi kalau gendar warna kekuningan karena dicampur dengan 'obat bleng'. Kalau Gablok ini pulen lembut, kalau gendar kenyal karena itu tadi, pakai obat bleng. 🀣

Karena cuma untuk maksi berdua sama Yodha, aku bikinnya dikit aja tadi:
  • 500 gram nasi putih pero masih panas
  • 50 gram kelapa parut tua segar
  • 1/2 sdk teh garam
Cara Membuat Gablok:
  • Tumbuk semua bahan, pakai ulekan bisa.
  • Tumbuk hingga halus dan pulen, kayak bikin jadah, padatkan.
  • Potong-potong jika sudah dingin di ya, pisau dialasi plastik.
  • Sajikan dengan pecel daun lauk sesuai selera.
Bikin 500 gram aja lumayan banyak, berdua gak bakal habis jadi aku bungkusin untuk ART-ku juga. πŸ’•

Untuk sayuran sesuai selera ya teman-teman, biasanya kalau di pasar, sayuran khasnya kenci, kembang turi dll. Tapi aku hanya pakai bayam, taoge, kol sama cipir tadi untuk sayuran rebusnya.

Bahan :
  • 100 gram kacang tanah, goreng hingga matang
  • 30 gram gula merah
  • 4 cabai merah, 3 buah cabai rawit merah, goreng ( kalau suka pedas tambahin saja rawit )
  • 2 siung bawang putih, goreng
  • 1 cm kencur
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh terasi goreng
  • 2 mata asam jawa
  • 1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
  • Air panas 150 -200 ml
Cara Membuat :
  • Haluskan kacang tanah.
  • Ulek cabai, bawang putih, kencur dan daun jeruk serta terasi.
  • Tambahkan gula merah dan garam.
  • Aduk rata semua bahan sambal dan tuangi air .
  • Aduk hingga kental, cek rasa.
Selamat mencoba!

0

Lodeh Kluwih


Lodeh Kluwih

Selamat siang,

Menu Maksi tadi teman-teman, lodeh masih fresh, belum nginep (Kaya nginep hotel saja). πŸ˜€ Kalau aku masak ini..sudah di pastikan Yodha masak dan bikin menu sendiri. 🀣 Dipaksa gimanapun belum suka dia sama Lodeh. πŸ˜€


Waktu di Yogya, kita makan malam di kopi Klothok adanya kan cuma menu Lodeh gini sama telur dadar. Beneran ngambek dia, gak mau makan, katanya jauh-jauh di Yogya kok cuma makan lodeh. Mami kan sering masak katanya.πŸ˜‚ Akhirnya dia mlipir ke Cafe sebelahnya makan steak.πŸ˜€

Kalau menu berkuah Soto, Rawon, Brongkos, Nasi Gandul dll dia suka tapi kalo Lodeh kok gak mau Yodha. Banyak variasi lodeh yang udah sering aku share ya teman-teman, tapi kalau untuk bahan kluwih, aku suka yang versi bumbu komplit gini:

Bahan :
  • 1 buah Kluwih, potong sesuai selera, jika sudah tua, buang bijinya.
  • 5 lonjor kacang panjang, potong-potong.
  • 1 genggam daun so (daun melinjo),
  • 50 gram kulit melinjo jika ada.
  • 100 gram tempe yang sudah menginap beberapa hari ( semangit ), potong-potong-
  • 5 buah cabai rawit ( sesuai selera ), potong serong.
  • 5 buah cabai merah , 5 cabai hijau, potong serong.
  • 2 lembar daun salam.
  • 2 cm lengkuas, memarkan.
  • 1 sendok makan gula merah.
  • 1 sendok teh garam, 2 sendok teh kaldu sapi.
  • ( Secukupnya ya, nanti dicicipi aja pas mateng.)
  • 1 sendok makan rebon.
  • 1000 ml santan.
Bumbu Halus :
  • 5 buah bawang merah, 2 bawang putih.
  • 1 sendok teh ketumbar.
  • 4 butir kemiri.
  • 1/2 sdk teh terasi bakar.
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus.
  • Tambahkan santan.
  • Masukkan semua bumbu lain di atas.
  • Masukkan kluwih dan tempe semangit, masak api kecil hingga kluwih empuk.
  • Masukkan kacang panjang dan daun so.
  • Masak lagi hingga sayuran layu, dan bumbu meresap.
  • Koreksi rasa.
Note :
  • Bisa juga tanpa ditumis ya, bumbu langsung masuk semua setelah santan mendidih.πŸ’•
Selamat mencoba!
0

Muffin Telur Ala Korea


Muffin Telur

Selamat Pagi,


Menu sarapan tadi serba telur, Yodha dan Papinya sarapan ini teman-teman. Biar langsing kata Papa Yodha ... (Mana mungkin?).πŸ˜€


Muffin Telur Ala Korea

Aslinya kalau lihat di postingan blogger Korea Aeriskitchen itu telur diisikan ke dalam Muffin, tapi aku modifikasi, telurnya buat toping seperti telur ceplok gitu. πŸ˜€ Bisa juga ditambah daging asap dan keju mozzarella jika suka teman-teman, tapi original gini aja juga enak.

Karena aku pakai telur kecil-kecil aku pakai cetakan cup muffin aja biar pas bulat toping telurnya, bisa juga pakai cetakan alumunium foil oval ya teman-teman.

Aku pakai Telur Kampung dari IG @astamajayafarm . Telur kampung organik dari peternakan ayam organik di Semarang sini. Selain menyediakan ayam kampung organik, di sini juga tersedia ayam kampung organik yang sehat. 

Bisa melayani pengiriman ke area Semarang ya teman-teman. Bikinnya super gampang, tinggal aduk-aduk bahan aja tanpa perlu di-mixer kok, yuk buat sendiri :

Kunci ngaduk adonan muffin yang tanpa di-mixer gini jangan diaduk terlalu kuat ya, biar gak bantat. Aduk hingga ada semua bahan rata aja.πŸ’•

Bahan :
  • 2 butir telur
  • 3/4 cup tepung terigu
  • 1/2 cup mentega leleh
  • 1/4 cup susu
  • 1/3 cup gula pasir
  • 1 sdk teh baking powder
  • 1/4 sdk teh garam

Bahan isi :

Cara Membuat:
  • Kocok telur dan gula hingga larut, pakai whisk.
  • Masukkan campuran terigu, baking powder, garam, sambil diaduk ayak.
  • Masukkan susu, dan mentega leleh, aduk rata.
  • Aduk perlahan ya..agar muffin tidak bantat.
  • Masukkan ke cetakan muffin, setengah tinggi cetakan saja. 
  • Tambahkan telur, taburi sedikit garam jika suka..bisa taburi merica juga, keju dll.
  • Tapi aku suka telurnya cantik bersih jadi aku taburi sedikit garam aja.
  • Panggang suhu 200 C hingga matang.
Selamat mencoba!

0

Tahu Kopyok Telur Semarang


Tahu Kopyok Telur Semarang

 

Selamat Siang,

Menu ini adalah salah satu menu jadul khas Semarang, biasa dijual di warung yang menjual Tahu Pong, seperti di Warung Tahu Pong Gajahmada atau Tahu Pong Karangsaru yang beberapa waktu lalu viral karena ada pengusaha terkenal makan di situ ya.

Bikinnya gampang kok teman-teman Tahu Kopyok ini :

Bahan :
  • 50 gram tahu, haluskan
  • 2 telur
  • 1-2 daun bawang, iris halus
  • 1/4 sdk teh kaldu ayam / jamur
  • 1/8 sdk teh merica
Cara Membuat :
  • Kopyok semua bahan di atas dengan garpu, jika mau cek rasa goreng sedikit adonan, jika suka asin, tambahkan garam. Tapi tahu kopyok ini biasanya gak terlalu asin ya, karena bisa digado saja tanpa nasi.
  • Setelah rasanya pas, goreng di minyak panas. Aku suka agak tebel jadi aku pakai pan kecil saja gorengnya, kalau pakai wajan cenderung melebar.πŸ˜€
  • Untuk saus, biasanya pakai saus kecap bawang dan petis karena aku buat se-porsi aja karena Yodha dan Papinya udah sarapan tadi, aku buat sambal kecap petis praktis aja tanpa direbus.πŸ˜€
  • 2 bawang putih, goreng
  • 3 cabe rawit, 1 cabe merah, mentah.
  • 2-3 sdk mkn kecap manis.
  • 1 sdk teh petis.
  • Sedikit garam jk perlu.
  • Haluskan cabe bawang..campur kecap dan petis, aduk rata.
  • Cek rasa.
  • Sajikan telur kopyok dgn saus
Jika tidak ada petis skip aja, jadinya sambal kecap dan tetap enak kok teman-teman. πŸ˜€

Selamat mencoba!

1

Mie Lethek Yogyakarta


Mie Lethek Yogyakarta

 

Selamat pagi teman-teman, 
Yuk sarapan yang murah meriah ... ! Bikin Mie Lethek Yogyakarta yang legendaris, karena sudah ada sejak jaman dahulu.


Mie Lethek Cap "Semar"

Mie Lethek adalah mie khas Bantul, Yogyakarta yang dibuat masih dengan cara yang tradisional dan justru ini daya tariknya. Mie ini Gluten free πŸ˜€ Cocok buat teman-teman yang sedang diet daripada beli mie kenyal-kenyol luar yang buat diet itu mending mie lethek saja teman-teman ... rasanya enak.πŸ˜€

Bisa dimasak macam-macam, bisa ala Mie Jowo atau Mie Godog, bisa pakai telur, ayam, dll. Tapi kalau aku suka yang simple gini aja, pakai sayuran thok, wis enak tenan. Dan lagi, mie lethek masih bisa dinikmati walaupun dalam kondisi dingin, dan tetap enak. Kalau pakai telur harus dimakan hangat-hangat karena kalau dingin jadi agak amis.

Penampakan Mie Lethek seperti di atas ya teman-teman. Banyak merk, aku pas punyanya merk itu, jika kesulitan cari pasar cari saja di 'market place' banyak yang jual. Cara masaknya jangan direbus ya, cukup direndam air dingin tapi agak lama sampai mekar sekitar 20 menit, atau kalau mau cepat bisa diseduh air panas hingga terurai, lalu siram air dingin dan ditiriskan. Kalau direbus nanti pas dimasak akan menggumpal.

RESEP MIE LETHEK

Bahan :
  • 250 gram mie Lethek, seduh dgn air panasnya hingga lemas, siram air dingin, tiriskan.
  • 3 lembar kol, iris kasar
  • 1 wortel kecil, iris korek api
  • 2 daun bawang, potong2
  • 1 sledri, iris halus
  • Bawang goreng secukupnya
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh kaldu ayam

Bumbu Halus :
  • 2 bawang putih
  • 2 kemiri sangrai
  • 1/4 sdk teh merica butiran
  • 1 sdk teh ebi
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan wortel, kol, aduk rata hingga layu
  • Masukkan mie, kaldu ayam..garam..jika suka bisa di tambah sedikit kecap..atau bisa putihan gurih aja sesuai selera
  • Aduk rata hingga meresap..
  • Cek rasa
  • Sajikan
Selamat mencoba!
0

Tuesday, October 19, 2021

Empis-Empis Tahu Tempe


Empis-Empis Tahu Tempe

 

Selamat siang teman-teman,

Kangen dengan empis-empis khas Temanggung, dan pengin buat sendiri karena kalo harus ke Temanggung keburu mati lemas karena kelaparan He-He. Mungkin ada teman-teman yang belum tahu empis-empis ? Kalo belum tahu kebetulan aku akan share resepnya. 

Silahkan dicoba ya, menu sederhana dari Temanggung ini. Enak dech pokoknya .....

Empis-Empis Temanggung

Bahan :
  • 5 tahu putih, potong jadi 2 bagian
  • Pilih tahu yang tidak mudah hancur, misalnya tahu Soka
  • 2 papan kecil tempe semangit, potong2 ( aslinya pakai tempe bungkil khas Temanggung )
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1500 ml santan encer saja
  • 30 gram gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 200 - 250 gram cabe hijau keriting, boleh di campur rawit ijo kalau suka pedas
  • 8 bawang merah, iris tipis
  • 4 bawang putih, iris tipis
Cara Membuat:
  • Tumis dulu bawang
  • Masukkan cabe
  • Masukkan santan dan bumbu lain
  • Didihkan
  • Masukkan tempe,tahu
  • Masak hgg meresap
Selamat Mencoba!



0

Friday, October 8, 2021

Ayam Goreng Santan & Kremesan


Ayam Goreng Santan & Kremesan

 


Selamat sore, 

Hari ini aku masak Ayam Goreng Santan & Kremesan ala Mbok Berek teman-teman.

Bahan:
  • 1 ekor ayam kampung uk kecil
  • 1000 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 serai , di memarkan
Bumbu Halus:
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh bumbu kaldu ayam
  • 1 sendok teh gula pasir
Bahan Kremesan :
  • 350 ml air rebusan ayam
  • 3 sendok makan tepung beras
Cara Membuat :
  • Rebus ayam, bumbu halus dan semua bumbu lain dalam santan. 
  • Ungkep dengan api kecil sampai matang, cek rasa tapi jangan sampai santannya habis ya, sisakan 350 ml untuk bikin kremesan.
  • Goreng ayam hgg matang
  • Saring sisa rebusan ayam dan ukur 350 ml, lalu tambahkan tepung beras. 
  • Aduk rata.
  • Goreng adonan kremesan.
Aku masaknya pakai ayam kampung, karena keluarga aku keluarga kecil aku pakai ayam kampung ukuran kecil aja, yang seperti biasa. Aku pesan di IG @astamajayafarm Semarang.

Ayam kampung ukuran sekitar 650-750 gram, bisa pesan antar area Semarang dan lagi ada promo free ongkir nich teman-teman ..tanpa minimal order ya teman-teman. Ayam selalu fresh, dipotong jika ada pesanan..jadi bukan Frozen ya. Cocok untuk kita yang gak ada waktu ke pasar yaa .... juga cocok untuk teman-teman yang punya usaha resto atau catering nich.

HEALTHY CHICKEN

Ayam kampung unggulan, dengan sistem pemeliharaan eco farm (terapan pakan alami, tanpa antibiotik, pestisida, suntik hormon dll) sehingga menghasilkan produk "healthy chicken" yang tinggi protein & rendah lemak. 

Teruji secara klinis di Laboratorium UPT Terpadu Universitas Diponegoro, dan telah mendapat sertifikasi Halal dari MUI Jawa Tengah

KEUNGGULAN :
  • Ayam dipelihara secara eco farm (tanpa pestisida, antibiotik, suntik hormon dll)
  • Disembelih sesuai syariat bersertifikat Halal MUI
  • Mengandung omega 3,4, dan 9
  • Kadar protein tinggi
  • Bebas residu kimia
  • Rendah lemak, cocok untuk program diet
  • Aman dikonsumsi ibu hamil, anak & lansia
  • Bebas alergi
  • Sangat baik untuk kesehatan & tidak menyebabkan kanker
Mau jadi agen? Boleh dong !

More info :

WA : 081-329-58-55-58
FB : astamajayafarm
IG : astamajayafarm
0

Tuesday, September 14, 2021

Tahu Plethok


Tahu Plethok Khas Tegal

 
Selamat sore,

Yodha gak pernah bosan dengan 'Tahu Aci', tapi dia belum pernah bikin sendiri. Sore ini dia ingin buat 'Tahu Aci' sendiri, dan tentunya untuk dia sendiri .... HeHeHe.

Kali ini Yodha buat yang tahunya dilebarkan, terus adonan aci-nya lebih banyak, kalo yang begini namanya jadi 'Tahu Plethok'. Apalah, yang penting enakkk! πŸ˜€

Ini salah satu cemilan yang paling mudah buatnya, kalau gak ada cemilan di rumah yang penting ada tahu di kulkas, ada tepung tapioka, jadi dech cemilan yang beginian. Kalau 'daun kucai'-nya bisa metik sendiri di kebun belakang. Karena aku nanam kucai sendiri di belakang rumah. Kalau gak ada kucai pakai daun bawang pun juga enak.

Yang penting enak, puas makan kalau bikin sendiri, sepuasnya makan karena ukurannya gede-gede. πŸ˜€

RESEP TAHU PLETHOK

Bahan:
  • 150 gram tepung tapioka
  • 1 genggam kucai iris
  • 2 tahu, peras, haluskan
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 1/4 sdk teh merica
  • Air kurang lebih 100 ml..bisa di tambah jika kurang..adonan lembut tapi gak encer ya..masih bisa di oleskan ke tahu

Cara Membuat:
  • Campur semua bahan adonan, tuangi air sedikit-sedikit sambil di aduk hingga adonan kalis tapi lembut.
  • Oleskan ke tahu aku pakai tahu kulit, adanya itu di kulkas yang aku potong-potong memanjang tipis-tipis.
  • Goreng hingga matang di minyak yang sudah di panaskan api sedang jangan terlalu besar apinya ya..aduk2 hingga Aci mengembang dan agak kering, angkat.
  • Santappp pas hangat ya ! Dengan saus kecap di-pedesmanis. πŸ˜‹
Resep Sambal kecap :
  • 1 cabe, 1 bawang putih goreng
  • Diuleg
  • Kasih kecap manis secukupnya.
Selamat mencoba!
0

Sunday, September 12, 2021

Opor Bakar Kudus


Opor Bakar Kudus

 
Selamat sore teman-teman,

Sore gini Semarang udah mulai sering hujan teman-teman, jadinya males mau ke mana-mana, daripada bengong di rumah menidngan masak aja yuk ...! πŸ˜€ Mendung-mendung gini makin syahdu ya ... Apalagi kalau bikin bakar-bakaran biar anget. πŸ˜€

Punya stock ayam kampung di freezer kan?!

Aku lagi kangen menu 'Opor Bakar' atau 'Opor Gosong' khas Kudus nich teman-teman, jadi kepengin masak menu tersebut di rumah saja. Sudah pernah dengan masakan ini kan?

Sekarang ini, walaupun sangat rindu kulineran kesana-kemari, tapi karena ke mana-mana jadi ribet makanya jadi malah males pergi. Bahkan mau ke Mall aja males. 🀣Padahal kartu vaksin ada, gak tau lagi seneng anteng aja di rumah. Paling kalo mau pergi, tujuannya ke ke pasar aja pagi-pagi bener. Kalo pengin ngopi, tinggal jalan kaki ke Cafe-Cafe di belakang rumah yang berjajar dari kiri ke kanan, mana banyak yang baru-baru lagi. πŸ˜€ Oh ya, belakang rumahku adalah koloni Cafe terbesar di Indonesia teman-teman ... Keren kan? Seperti tempat wisata saja, padahal dulunya sepi sekarang mau keluar ke jalan besar saja susah nyebrangnya.

Nah, kalo pengin masak ayam kampung tapi gak ada stock ayam di freezer tinggal pesan aja ke ASTAMAYA JAYA FARM (IG @astamajayafarm) πŸ‘Œ Tanpa minimal order, dianter sampe rumah (khusus wilayah Semarang) jadinya tambah nyaman jadi emak-emak rumahan. HeHe πŸ˜€πŸ˜‚ Ayam kampung dari ASTAMAJAYA FARM (IG @astamajayafarm) harganya ekonomis, melayani pengiriman area Semarang tanpa minimal order ya, tolong dicatet. Ayamnya fresh dari peternakan organik, baru dipotong jika ada pesanan.

Sore ini aku lagi rindu salah satu kuliner khas Kudus, yaitu: Opor Ayam Bakar, yang biasa kulineran Opor Ayam Sunggingan sudah pasti tahu makanan ini, tentang kelezatan Opor Bakar ini.

Opor Bakar khas Kudus ini disajikan dengan nasi, cara penyajian ayam disuwir-suwir, terus disiram areh kuah opornya yang dikentalin, terus disajikan pakai sambel goreng tahu magel. Harusnya sambel goreng tahunya nginep dulu biar medok, nich barusan mateng juga tadi. πŸ˜€

Terus yang unik, makannya pakai Suru/sendok dari lipatan daun pisang ... Nah, seru kan? Tapi tadi keburu hujan, jadi gak sempet plating penyajian 'Nasi Opor Bakar'-nya dech, pokoknya dibayangkan saja begitu ya teman-teman.🀣 Yang penting kan resepnya ... HaHa


Ayam Opor Bakar



Sambel Goreng Tahu

RESEP OPOR BAKAR KHAS KUDUS

πŸ˜‚ Resep 'Sambel Goreng Tahu' menyusul yaaa .... 

Bahan:
  • 1 ekor ayam kampung kecil
  • ( sekitar 750 gram )
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 daun jeruk
  • 1 sereh, geprek
  • 1 sdm gula merah
  • 2 sdt kaldu ayam
  • 1/ 4 sdt garam
  • 1000 ml santan

Bumbu Halus :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 4 kemiri sangrai
  • 1 sdk teh ketumbar sangrai
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh jintan
  • 2 cm kunyit
Cara Membuat: 
  • Haluskan bumbu, separo masukkan ke perut ayam, sisa bumbu lumurkan ke badan ayam.
  • Rebus api kecil dgn santan hingga meresap.
  • Angkat ayam, bakar hingga harum.
  • Kentalkan kuah, siram ke ayam bakar.
Lihat video di bawah ini:



Selamat mencoba!
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel