Tempe...oh tempe..makanan favoritku dan mungkin juga banyak teman-teman di seluruh Indonesia ya..hihi. Sehari nggak makan tempe..serasa ada yang kurang..hihi..*lebay kalau ini..*
Tapi memang beneran sich...nggak pernah bosan lho..mengolah tempe ini teman-teman aku..dan juga memakannya..dari yang cuma di goreng sederhana bumbu garam, bawang & ketumbar..atau yang biasa kita sebut tempe goreng garit,...sampai di buat aneka masakan yang lebih bervariasi..pokoknya..love  tempe forever dech..hihi.

Nah..buat teman-teman newbie di dapur..buat para *manten anyar*..alias newly wed yang baru belajar masak..atau remaja putri yang baru belajar masak..jangan ragu untuk mengolah tempe ya. Tempe..enak lho di buat aneka masakan..selain cuma di goreng aja.

Nah sebelum masak..aku kasih sedikit tips ya..cara memilih tempe yang benar..agar   mendapatkan tempe yang berkualitas sehingga rasa makanan menjadi lebih enak. Karena tak jarang lho..kita temui kadang-kadang rasa tempe yang asam atau pahit, jika kita beli tempe ya teman-teman. Udah dech..bakalan merusak citarasa jika dapat tempe seperti itu..mau di olah apa aja..jadi kurang sip rasanya.

Jadi..tempe..adalah salah satu bahan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai yang mengalami proses fermentasi dengan ragi. Tempe ini banyak mengandung vitamain B 12. Tempe yang bagus itu bentuknya padat dan terbuat dari kacang kedelai yang tua. Warnanya putih bersih, karena sudah terselimuti lapisan jamur di seluruh bagiannya. Jika di tekan itu keras, aromanya segar aroma khas tempe. Jika tempe terasa pahit itu berarti kacang kedelai yang di pakai masih muda, sehingga proses fermentasi kurang bagus, selain itu kadang ada juga tempe yang di campur ampas tahu dan jagung.


 

Warna tempe kedelai..seharusnya putih pucat dalamnya. Sehingga waspadalah jika menemukan tempe yang kuning bagian dalamnya..berarti itu memakai pewarna bukan alami. Karena nggak mungkin itu tempe pakai kunyit, karena kunyit itu menghambat proses fermentasi,  karena kunyit mengandung zat anti bakteri. Jika ada, pilihlah tempe yang di bungkus daun pisang, karena tempe yang di bungkus daun pisang, masih ada kontak udara, karena tidak terlalu rapat bungkusnya, jadi proses fermentasinya lebih lambat, maka tempe tidak akan cepat  busuk. Jika tempe yang di bungkus plastik, sebaiknya jangan di simpan terlalu lama, karena fermentasi terus berjalan. Coba saja pegang tempe yang terbungkus plastik..pasti akan terasa hangat bukan teman-teman jika kita pegang.

Simpan tempe yang di bungkus rapat di kulkas ya..agar lebih awet, tapi maksimal daya simpan di kulkas 3 hari saja. Selain di konsumsi dalam bentuk segar..di Jawa..tempe segar bisa di buat tempe semangit yang enak di pakai sebagai penyedap masakan. Sebaiknya membuat sendiri tempe semangit dari tempe segar..karena jika membeli di pasar..takutnya bukan dari tempe segar..tapi dari tempe yang gagal fermentasinya. Tempe yang gagal fermentasi tidak enak jika di jadikan tempe semangit..karena aromanya beda..dan biasanya akan menjadi tempe yang busuk...serta pahit.

Bagaimana cara membuat tempe..wah..silahkan lihat di google..banyak ya..hihi. Aku sendiri, seumur-umur belum pernah bikin tempe sendiri..walaupun dulu jaman kecil ibuku sering bikin tempe sendiri, tapi aku agak-agak lupa takarannya, paling-paling bantuin bungkusnya aja dulu..hihi. Kalau prosesnya lama juga soalnya..dan belum kepepet sich sekarang untuk membuat tempe sendiri..karena hampir tiap hari di mana-mana banyak tempe bertebaran..di tukang sayur atau di pasar maksudnya..hihi. Murah pula..tinggal goreng dech, nggak perlu menunggu lama.

Nah..anak-anak biasanya kurang suka tempe ya teman-teman..seperti Yodhaku. Nah...makanya kita perlu kreatif dech dalam mengolah tempe..agar lebih menarik minat anak-anak agar gemar makan tempe. Yodhaku yang biasanya ogah makan tempe goreng..sekarang udah mau lho..makan tempe..tapi dalam bentuk olahan yang lebih enak dan modern seperti ini..yaitu Steak Tempe. Gimana resep steak tempe..dan olahan tempe lain yang menggugah selera, seperti foto masakan tempe di foto paling atas postingan ini ?..Resepnya ada di buku perdanaku ya teman-teman, yang segera di launching minggu besok.  Yodhaku..suka banget steak tempe ini..^^


Buku perdanaku : 62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI - HARI ini, Insyaallah pertengahan minggu besok udah ready teman-teman..jadi yang pesan buku kemaren..silahkan konfirm lagi ya...atau nanti aku konfirm ulang satu persatu. Tadi udah nyicil konfirm teman-teman yang mesan di inbox page di fb, tapi belum selesa semua..udah keburu lemot koneksinya..huhu..duch..padahal dari subuh lancar...eh begitu pagi..udah lemot lagi internet..jadi sabar ya teman-teman..segera ku balas satu persatu  nanti. Ntar tengah malam lagi..hihi..jika koneksi lancar lagi teman-teman.

Buku resep perdanaku ini terdiri dari 120 hal full colour, dengan 62 an resep..macam-macam lho..ada 10 resep olahan tempe, 10 resep olahan tahu, 10 resep olahan seafood, 10 resep olahan daging, dan 10 resep olahan ayam, serta satu lagi 10 resep olahan sayur. Komplet dech menunya..bisa buat bekal menu buka puasa sebulan nanti kan teman-teman..hihi. Dalam buku ini..juga di lengkapi aneka tips lengkap dalam memperisapkan bahan dan memasaknya..jadi buat pemula pun nggak akan kesulitan mengikuti resep-resep dalam buku ini.

Okey..di tunggu ya..yang mau pesan..bisa email di bundadidi@gmail.com..inbox di fb..page..atau sms juga boleh dech di 089654712500. tapi sms only ya..soalnya single fighter nich ngurus kerjaan..orderan tepung dll..jadi takut ngecewain aja..jika ada yang telp..terus nggak bisa langsung ku angkat..hihi. Harap maklum ya teman-teman..belum punya assisten soalnya.

Ok..Happy  weekend & Happy cooking..!



Libur telah tiba..libur telah tiba..hore..hore...! Hihi..nyanyi ala Yodha ..soalnya Yodha udah libur nich..mungkin SD lain belum ya..tapi kalau sekolah Yodha udah selesai ujian kenaikan kelas..besok udah bagi rapot. Minggu besok udah new year end perfomance di hotel Crown..udah..selesai dech tahun ajaran kelas 3, habis itu libur panjang. Minggu ini aja udah di rumah..cuma sesekali latihan dance buat pentas seni minggu besok. Nah...karena udah mulai di rumah  nich..Yodha suka bete..karena biasa sibuk gitu lho..seharian sekolah..giliran di rumah..sendirian..hihi. Akhirnya..setelah bosan main game atau nonton bola..sukanya masak dia..hihi. Ndak apa2 dech..itung-itung belajar mandiri ya Kak..daripada kursus di luar kan mahal..mending..kursus sama Mami aja..hihi. Bener lho..kursus masak buat anak-anak ternyata lumayan mahal lho..teman-teman..aku kemaren lihat brosur di salah satu lembaga kursus di Semarang sini kemaren..sekali datang itu minimal..350 ribu..hihi. Apa aku tak buka kursus masak buat anak-anak aja kali ya..jadi seru..kalau liburan Yodha bisa banyak teman baru..hahah..separonya aja wis..mau aku ngajarin..lol..! Doakan saja ya teman-teman..nanti kalau udah punya tempat yang refresentative gitu di pinggir jalan gitu kali ya teman-teman..pengen buka TBK..sama kursus masak buat anak-anak..hihi.

Jadi..karena Yodha libur nich..bakalan sering nongol postingan Yodha masak nich..teman-teman..jadi assisten Mami di dapur ini..hihi. Jadi penggemar Yodha mana ?..Hahaha..lebay dech.
Nah..buat yang belum kenal Yodha..kenalan dulu ya..Tante..Om..Budhe..Pakde..Eyang..salam sayang dari Yodha...anak kelas 3 SD, mau naik kelas 4, hobby nonton bola..main games..dan kadang-kadang suka bantuin mami di dapur..hihi. Cita-cita masih bingung..kadang mau jadi arsitek..kadang mau jadi pemain bola..kadang mau jadi pengusaha...kadang juga pengen jadi chef juga kayak Mami..hahah.


Kali ini..Yodha mau bikin brownies nich..Om Tante..semua..kemaren ceritanya mau nengok Eyang Kakung yang lagi sakit. Terus Yodha punya ide bikinin kue sendiri aja. Akhirnya sore sebelum nengok Kakung..dia heboh di dapur..bikin kue brownies cookies. Nah..biar cepat dan mudah..pakai tepung brownies Lazetta aja..jualan mami...hihi. Soalnya Yodha malas nimbang-nimbang bahan...hihi. Pakai tepung brownies Lazetta nich mudah banget..Yodha aja bisa sendiri bikin brownies cookies lho..walau belepotan semua nich Om Tante..coklatnya..sampai ke tangan..ke mixer..ke mana-mana..haha.


Nggak pake lama..adonan brownies cookiesnya siap dech..karena tinggal tambah minyak goreng aja sama air, telur..sama coklat leleh. " Mudah banget..kata Yodha..tapi berat banget nich Mi..adonannya ! "..hahah..kata Yodha lebay..tuch mixer adonan brownies sampai pakai 2 tangan..hihi. Siap di hias ya Kak..Kemaren Yodha pakai kacang cincang sama meises topingnya..favorit dia..kan serba coklat..hihi. Katanya yang toping kacang buat kakung..yang toping meises buat aku sendiri..hihi.



This is it..brownies cup cookies ala Yodha..yummy lho..Tante..om...! Yodha abis matang..langsung bergaya kayak Om Erwin Moron..host kuliner gokil favoritnya..di mnc food & travel..katanya..: "..Sikat Gaes..brownies cookiesnya....! "...sambil cemal cemil sendiri brownies cookies hangat bikinannya..hihi...tak lupa sambil nyanyi..This is recomended to you..o..o..o..!  Hahah....




Oke dech...segitu aja cerita Yodha ya Om..Tante..semua..mau coba..ini dia resep brownies cookies ala Yodha..tapi pakai tepung brownies lazetta ya..kalau mau coba..beli dulu tepungnya di Mamiku ya..hihi.


Brownies Cup Cookies

Bahan
500 gram tepung Lazetta
4 butir telur ukuran sedang ( 200 gram )
50 ml air
175 ml minyak goreng
200 gram coklat masak pekat, potong kecil-kecil

Cara Membuat 
Tim coklat masak pekat hingga leleh, aduk dengan minyak goreng, biarkan dingin. Kalau mau mudah..pakai cara Yodha..masukin coklat potong dan minyak ke mangkuk..lalu masukkan ke microwave atau oven sebentar aja..ntar leleh sendiri. Biarkan dingin sebelum di pakai.
Masukkan tepung brownies Lazetta, air dan telur, kocok rata selama 2 menit, masukkan campuran coklat dan minyak, kocok rata kembali speed rendah sebentar saja hingga rata. Siap dech..adonan siap di gunakan.
Siapkan cup kertas  ukuran kecil-kecil, masukkan adonan brownies ke kantong segitiga, semprotkan ke cup hingga 3/4 aja..jangan penuh-penuh ya. Beri toping sesuai selera, bisa meises, choco chip, kacang, almond, mete, dll.
Panggang di oven yang sudah di panaskan terlebih dahulu, dengan suhu 200 C selama 15 menit..jika mau brownies cookies yang luar kering dalam masih chewy empuk..kalau mau kering renyah..setelah 15 menit..kecilkan suhu oven jadi 150 C, dan panggang hingga kering..dan renyah. Kalau Yodha sich sukanya yang luarnya kriuk..dalamnya empuk..enak banget di makan anget-anget. Tapi kalau mau di simpan lama..jadi kue kering..di keringkan ya..Tante-Om..di lebihin  aja waktu ngovennya..tapi jangan lupa kecilkan dulu api ovennya...biart nggak gosong..hihi.
Oke dech..selamat mencoba..sampai jumpa di masakan Yodha selanjutnya ya..hihi.





Wah..nggak terasa ya teman-teman..sebentar lagi mau menjelang bulan puasa lagi..terus Lebaran lagi dech..dan itu artinya..Cookies time..! Pasti dech para bakulan kue udah mulai sibuk promo-promo kuenya nich. Buat ibu-ibu di rumah yang mau bikin kue kering sendiri di rumah juga..pasti lagi pada mau coba-coba bikin kue kering sendiri ya..biar hasilnya maksimal...pas nanti mau bikin kue kering untuk lebaran.

Telur..hampir tiap hari masak telur pasti kita ya teman-teman..ntah buat bikin kue..campuran aneka masakan..dll..pasti pakai telur. Telur juga jadi lauk penyelamat ketika kita nggak punya bahan lain. Karena ..lauk telur goreng..baik di dadar..di ceplok..di orak arik..udah bisa nemanin nasi hangat yang ngepul. Anak-anak..pasti..suka telur..tak terkecuali Yodhaku. Wah..hampir tiap hari dia makan telur. Karena suka juga..dan nggak pernah bosan. Jadi ya..harus selalu ada telur di rumah.

Judulnya lebay...ceritanya mau buat ikan terbang ala resto-resto yang bisa meliuk-liuk sayapnya tuch lho teman-teman..apa daya sayapnya nggak mau ngembang..jadinya..tak bersayap dech ikan terbangnya..hihi. Ikannya nggak mau ngembang..karena minyak kurang banyak..hihi. Memang..kalau mau goreng ikan terbang ini..minyak harus banyak..pakai wajan besar dan minyaknya sudah benar-benar panas, baru masuk ikannya. jadi begitu kena minyak..akan langsung terbentuk sayap ikan yang meliuk-liuk , baru kecilkan api dan goreng hingga kering. Masalah lain juga..wajanku kan nggak terlalu besar, tapi aku beli ikan ukuran lumayan besar, jadinya ya..nanggung dech sayap ikannya..hihi.


Beberapa waktu lalu, waktu lewat jalan dekat rumah..kami selalu penasaran dengan satu gerai kue cubit yang sangat ramai pembeli tiap hari..dan selalu antri. Oh..rupanya..kue cubit ini lagi happening tho..di Semarang sini..hihi. Karena menurutku kue cubit itu ya..kue cubit biasa aja..yang dulu sering ku bikin..jadi..nggak pengen mampir. Tapi lama-lama kok penasaran juga..seperti apa sich enaknya kue cubit di gerai itu..kok sampai antreannya panjang gitu. Mungkin enak..atau enak banget ?..Begitu pikir kami. Jadi iseng dech..suatu hari kami mampir beli. Pas beli dapat urutan ke sekian..gitu..hampir ku urungkan niatku untuk mencoba..tapi suami bilang..coba aja..aku yang nungguin katanya. Ya udah..aku masuk mobil aja..mending balesin email orderan..daripada antri kue cubit..hihi. Tapi..rasa penasaranku menggelitik..akhirnya aku turun juga nungguin kue cubitnya. Kalau nanti rasanya enak..kan bisa ngintip cara buatnya gitu..hihi.

Nah..pas di suruh milih kue cubit rasa apa..kok di sodorin menunya..semua cuma tertulis merk snack terkenal..kayak Oreo..dll. Oh alah..ternyata itu topingnya..bisa macam2. Aku pikir lagi..oreo buat toping kue cubit..hihi..ada2 aja. Terus aku tanya penjualnya..yang paling best seller apa..katanya yang toping ovomaltine..tapi lagi kosong ovomaltinenya. Ya udah..pesan yang pakai meises aja dech kami yang paling simple..dan nggak aneh2...hihi.

Pas nungguin di panggang aku curiga..lho..belum matang kok udah di angkat kue cubitnya. Aku langsung iseng tanya ke yang buat.."Itu kok belum matang pak..kok sudah di angkat kuenya..?" Jadi atasnya masih basah lembek gitu. Jawaban Bapaknya lah yang membuatku tercengang..*lebay..*..katanya..Ya memang begini bu..kue cubit setengah matang...! " Hah..setengah matang ?..aku tambah kaget..apa enaknya kue cubit setengah matang. Akhirnya aku balik ke mobil..sambil terus mikir..jadi antri lama gitu nanti bakal dapetnya kue cubit setengah matang gitu ya..hihi. Dan akhirnya rasa penasaranku terjawab..saolnya memang tertulis di spanduknya..tulisannya itu *Kue Cubit Setegah Matang*. O alah..baru tau aku..hihi. Jann..ndeso tenan..daku ini, makanan populer gini kok ndak tau. Katanya lagi happening di Bandung udah lama ya..dan baru di menular ke Semarang akhir2 ini aja. 

Setelah antri lama dan penasaran..akhirnya giliran kue cubit kami jadi..gak sabar ku cicip. Ternyata rasanya hemm..?..Hemm..enak kah ?...Gimana ya ?..Penasaran ?....Hemm..hahah..lebay banget. Lidahku masih mencari-cari enaknya di mana ketika mengunyah kue cubit setengah matang itu..aku coba kasih ke Yodha..dengan lugunya langsung bilang..kok aneh kuenya..masih mentah..hahah. O alah..ntah kami yang ndeso..karena belum terbiasa kue cubit setengah matang ya..akhirnya seporsi kue cubit hasil antri panjang itu..sia2 saja..ndak ada yang nyentuh lagi di rumah. Akupun..walaupun suka sapu bersih makanan..soalnya sayang jika di buang..tapi untuk makan kue cubit setengah matang..beneran..lidahku bilang *emoh..hihi. Masih ada aroma adonan mentah dan bau telur yang aneh begitu berpadu dengan bau baking powder di adonan. Tapi begitulah ya..mungkin selera orang beda2..buktinya..kue cubit itu tetep di antri orang tiap hari. Ya..semoga saja beneran pada suka ya..bukan hanya sekedar penasaran oleh suatu trend makanan. Kalau aku boleh memilih..aku lebih suka kue cubit matang..atau bahkan gosong dikit juga gak apa2..hihi.

Jadilah aku penasaran bikin kue cubit versi yang seperti di jual itu..tapi versi matang...dan alhamdulillah rasanya kok lebih sesuai dengan selera kami. Kue cubit sebenenya aku udah pernah bikin dan posting di web ini..tapi itu yang versi adonan kental. Nah..kali ini aku buat yang versi adonan agak encer..jadi mirip2 yang di jual di gerai2 kue cubit setengah matang  itu adonannya, tapi aku panggangnya matang. Memang hasilnya lebih lembut , jika adonan lebih encer. Tapi butuh waktu agak lebih lama manggangnya..jadi..rasa2 gosong dikit bawahnya..hihi..tapi dalemnya tetep mateng dan moist enak lembut. nah..jika suka yang versi setengah matang..yang bisa juga ini di buat begitu..hihi.

Untuk topingnya pakai yang lagi nge trend juga..ovomaltine. Kebetulan masih ada ovomaltine Yodha..hihi. Oke dech..mau coba teman-teman, kue cubitnya..mau versi yang matang..atau setengah matang yang adonan masih lembek dan bisa di colek..monggo..di sesuaikan selera ya ^^

Kue Cubit Ovomaltine

Bahan
150 gram tepung terigu protein sedang
2 butir telur
75 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh baking powder double acting
100 ml susu cair
2 sendok makan margarin leleh
1/8 sendok teh vanila

Cara membuat :
Kocok telur, garam dan gula hingga mengembang, masukkan vanila, kocok rata sebentar
Masukkan terigu dan baking powder sambil di ayak, bergantian dengan susu cair, kocok dengan speed rendah.
Masukkan margarin, aduk rata dengan spatula
Adonan aga encer seperti adonan martabak manis, jika di tuang emngalir ya
Siapkan cetakan kue cubit, olesi dengan margarin, panaskan terlebih dahulu.
Tuang adonan 3/4 tinggi cetakan
Masak dengan api kecil hingga berlubang-2 atasnya, beri toping
Tutup sebentar jika mau matang. Jika mau setengah matang, ketika bagian atas udah mengental, angkat.

Note : Agar adonan nggak bau baking powder berlebihan, sengaja aku pakai yang double acting, merk Hercules..jadi walau cuma sedikit pakainya..udah bisa ngembang adonan. Jika pakai yang baking powder biasa..di tambah ya takarannya teman-teman..jadi 1/2 sendok teh.


Selamat menikmati hari Minggu teman-teman. Sekarang tanggal berapa ya ?..Hemm..nggak sabar nunggu akhir bulan..nunggu buku 62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI di launching..hihi. Maklum..karya perdanaku teman-teman. Makasih buat teman-teman yang udah pesan..baik via inbox fb : Diah Didi, page : Diah Didi 's Kitchen atau email di bundadidi@gmail.com. Terharu dech..walau  buku belum beredar..udah banyak yang pesan. Jadi sebagai wujud terimakasihku..nanti buat yang pesan buku secara online via aku..aku adakan undian berhadiah ya. Sebagai ucapan rasa syukur juga..untuk terbitnya buku perdanaku ini,. Daripada buat acara launching yang berlebihan..lebih baik buat berbagi ke teman-teman aja ya..betul ?..Nah..hadiahnya apa ?..Tenang.udah ku siapin ya..antara lain mungkin Sutil donat jika udah ready lagi..nich baru pesan ke pabriknya..karena stok di rumah udah tinggal dikit juga..belum di kirim stock baru..tapi aku udah siapin juga..hadiah spesial..yaitu crepes maker atau wajan kewalik..karena selama ini banyak yang kesulitan cari ya..alat dapur unik ini ya. Atau ada hadiah lain..di tunggu saja ya..kejutannya..hihi. Jadi..buat yang mau pesan..ayukk..segera pesan..bisa diskon juga jika pesan langsung lewat aku..plus bonus tanda tanganku...haha. *gubrak..artis juga bukan..*

Oke dech..sekarang balik maning ke dapur dulu ya. Yukk..masak mudah dan enak..yaitu bakwan daun singkong. Daun singkong....selain di sayur, enak lho di buat cemilan teman-teman. Pernah makan keripik daun singkong nggak ?..Enak lho..jadi kayak paru rasanya. Kapan-kapan ku buat dech. Sekarang kita buat yang mudah dulu yuk..bikin bakwan..hihi. Biasanya sich daun singkong paling suka di buat rollade tahu. Tapi kemaren lagi malas..gulung menggulung..jadi langsung di kasih adonan tepung..goreng aja dech jadilah..bakwan daun singkong yang gurih dan enak. 


Wah..lama nggak bikin kremesan. Padahal ya tinggal tuang tepung aja..campur air dan kuning telur..lalu goreng dech..kan pakai tepung kremes jualanku kalau bikin kremesan...hihi. Kemaren dapat  bebek mentah dari mba Elmi..makasih mba..baru sempat masak..soalnya dari kemaren nunggu air kelapa dari tukang sayur kehabisan terus...mau ke pasar kok males. Baru tadi dapat air kelapa. Ngungkep ayam atau bebek berasa kurang sipp..kalau  nggak pakai air kelapa.



Wua, kemaren libur..bersih-bersih dapur sampai seharian..maklum mba art ku ku libur..eh kok ya lama ya..hihi..seharian baru selesai..padahal di bantu pak tukang kebun  yang biasa bersihin halaman belakang buat bersih2 lantai dll, jendela dll..yo masih aja seharian. memang..baru nyadar..kerjaan ibu rt itu ndak ada habisnya..hihi. Aku biasanya karena kesibukan, apa-apa tak serahin mba artku untuk urusan dapur..tapi kadang gemes gitu..karena semua barang di tumpuk jadi satu..aku jadi suka bingung cari peralatan perangku jika mau masak..huhu. Akhirnya libur kemaren niat beres-beres sendiri..eh keasyikan..jadi seharian dech..sampai nggak masak malahan..haha. Pagi..keluyuran cari mie kopyok pak Dhuwur..Siang jajan tahu gimbal..sore pada makan burger. Jadi maafkan no postingan kemaren ya teman2. Sekarang..dapur udah bersih..siap..di berantakin lagi buat masak..hihi..*nah lho..* di rapiin lalu di berantakin lagi..lol..! *


Pastel...siapa mau ?..Salah satu jajanan favoritku nich teman-teman. Aku suka banget sama pastel ini..kalau makan 1 biji..duch..nggak cukup dech. Kadang-kadang..jika lagi malas buat sendiri..pastel ala pasar pun tetep..suka..walau isinya pelit banget..hihi. Kadang-kadang..udah isinya cuma wortel aja..itupun..dikit banget..ampun dech. Sama-sama ribet buatnya..kenapa nggak di buat enak sekalian ya teman-teman. Tapi herannya..ya aku tetep beli..jika lagi pengen pastel..walau ujung-ujungnya kuciwa rasanya..huhu.


Beberapa waktu lalu sekilas lihat di tivi ada banyak pabrik saus sambal berbahan berbahaya yang di segel polisi ya..teman-teman. Seyem ya..jadi nggak mau makan sambal-sambal botolan gitu dech. Apalagi buat anak-anak..ya. Untuk Yodhaku nggak suka saus-saus botol gitu..hihi. Dia sekarang ini lebih suka makan pakai sambal terasi. Pertama ku kenalkan sambal sich suka makan sambil ngamuk karena kepedasan. Ngamuk lucu sich..heboh..haha. Heboh kepedesan..aku malah ketawa aja melihatnya. Dia suka ngomel-ngomel..kalau makan pakai sambal..katanya "Mami bohong..bilang nggak pedas..ternyata pedas..!" Tapi anehnya..biarpun protes terus..tapi ya..tetep di makan sampai habis sambalnya..karena merasa enak kali ya..haha...kapok lombok ya Kak.