Masih suka mengolah singkong hari ini teman-teman..karena pas ke pasar lihat singkong yang menggoda..hihi. Singkong saat ini lagi bagus semua. Putih bersih..tua..keset..enak di olah jadi apa aja. dan demam singkong bekal Yodha masih berlanjut..haha. Tadi Yodha bawa singkong kriuk balok..eh teman-temannya pada suka semua juga. Langsung pad arequest, "Besok lagi ya Yodha..rasa pedas manis..! " gitu tadi pulang sekolah Yodha heboh cerita  pesanan teman-temannya. Waduch..tiap pagi Maminya suruh goreng singkong ini..hihi. Yodha tuch juga anak manis dan baik..nggak tegaaan sama teman-temannya. Ketika aku tawari..besok ganti bawa leker..atau donat Kak.?..Dia bilang.."Singkong goreng lagi tho Mi..nanti teman-teman pada sedih !" Kata Yodha..hihi.


Hari ini seneng banget aku teman-teman..ceritanya..aku mau buat studio mini kecil di lantai atas untuk tempat motret-motret masakan. Semua udah ready..ruangan sudah di cat..sudah di isi furniturenya..nah..tinggal isi pernak pernik dapurnya sich...biar nggak menggangu koleksi dapur bawah, dan juga biar tampil fresh dapur baruku yang di atas ini. Beberapa perlengkapan dapur sudah dapat kemaren hasil berburu di mana-mana. Tapi masih kok ada yang kurang saja perlengkapan dapurku. Akhirnya tadi malam...waktu koneksi internet cepat...langsung dech..aku lembur..online shopping..menjelajahi Lazada. Jika ingin beli perlengkapan dapur yang komplet, referensiku ya langsung ke salah satu e-commerce besar dan terpercaya ini. Aku sudah beberapa kali belanja peralatan dapur di Lazada sebelumnya..dan hasilnya..oke..nggak ada masalah..proses cepat dan aman, barang 3 hari sudah sampai, dan barangnya juga oke..sesuai dengan diskripsi produknya.

Nah..yang jadi masalah buatku jika lagi menjelajahi Lazada, terutama di bagian peralatan dapur..itu bisa betah banget..lupa waktu..hihi. Karena variasi barangnya banyak banget, ada berbagai merk, berbagai jenis..sampai barang-barang perlengkapan dapur yang unik-unik..yang barangnya di datangkan langsung dari luar negeri juga banyak lho. Jadi bisa dapat barang-barang perlengkapan dapur unik dari luar negeri secara aman dan tanpa was-was terhadap penipuan kan..karena semua sduah di jamin oleh Lazada. Aku seringkali ingin sekali membeli beberapa pernik-pernik dapur dari luar..karena bentuknya unik dan nggak ada di Indonesia, tapi kadang jika bertransaksi langsung dengan supplier dari luar negeri, sering takut tertipu. Tapi jika lewat Lazada..aku percaya dech. Langsung dech kemaren coba satu item dulu aku pesan..piring saji lucu dari kayu dan keramik. Bentuknya lucu, dan harganya itu lho..nggak mahal..masih di diskon pula..hihi. Yang aku coba fix order satu, tapi yang aku masukkan *wishlist ku banyak..hihi. Pokoknya belanja online di Lazada bikin kita lapar mata, dan jadi pengen beli macam-macam pernak pernik dapur. Selain pernak pernik lucu, beberapa koleksi peralatan dapur utama seperti aneka pan, alat baking, alat masak, dan peralatan dapur lain pun sudah beberapa item yang aku taksir.

Jika mau mudah belanja di Lazada, aku sarankan sich daftar dulu jadi member ya, jadi langsung bisa dapat berbagai fasilitas penawaran menarik secara berkala jika di Lazada ada promo-promo khusus. Cara belanjanya juga mudah..nggak ribet teman-teman. Jika kita naksir barang yang kita sukai..tinggal klik..*Beli*..sudah..nanti langkah-langkah selanjutnya akan di pandu dengan jelas. Pembayaran dan konfirmasi juga mudah banget, semua ada panduan yang mudah di ikuti, dan jika kita sudah transfer, nggak perlu konfirmasi bolak balik pun pihak Lazada sudah tahu jika kita sudah membayar dengan adanya pemberitahuan di email. Jadi super praktis, dan tinggal menunggu barang datang dech. Untuk beberapa item juga ada fasilitas *cod  lho..yaitu faislitas bayar di tempat. Yaitu, jika barang datang ke rumah, baru dech kita bayar.

Jadi..Lazada nich salah satu tujuan utamaku kalau lagi cari-cari keperluan dapur, karena lengkap koleksinya...barang bagus dan unik. selain itu juga transaksinya mudah dan cepat, nggak pakai ribet..hihi. Thank you Lazada..sudah memberi kemudahan untuk aku yang kadang memang agak susah meluangkan waktu untuk hunting barang pernak pernik dapur di luar rumah. Pokoknya kalau sudah menjelajahi lazada betah dech..jadi waktu terbaik buatku adalah malam hari di saat semua kerjaan selesai..internet cepat..sudah..siapin segelas kopi dan cemilan ringan, terus asyik dech melihat-lihat koleksi perlengkapan dapur di Lazada. Cara mencari item yang kita suka juga mudah, tinggal klik kategori, di situ tinggal klik lagi ada list komplet dan detail masing-masing kategori...atau cara mudah..pakai fasilitas search..misal..aku lagi mau cari *kid apron buat Yodha..aku tulis aja *apron*..lalu klik tulisan *cari* nanti akan muncul aneka macam model apron lucu seperti ini, tinggal di klik dech yang kita taksir.


Jadi nggak perlu ragu untuk belanja online teman-teman..saat ini..sudah banyak e commerce terpercaya dan bisa di andalkan, jika kita mencari berbagai keperluan dapur yang oke dan berkualiatas, ya di Lazada. "Hemm..next....mau beli apa lagi ya..?"..hihi.

Sejak Jumat bawa singkong goreng keju..yang resepnya kemaren aku posting di SINI. Yodha jadi ketagihan bawa singkong ke sekolah. Bukan hanya untuk dia sendiri..tapi juga untuk teman-temannya. Jumat kemaren pulang sekolah Yodha langsung laporan.."Beneran Mi..singkong gorengnya jadi hits..di antara teman-teman..! " katanya. Hihi. wo alah..mungkin teman-temanmu pada penasaran yo Kak..karena jarang makan singkong. Terus habis itu pada request..besok bawa singkong lagi ya Yodha..kata beberapa temannya..haha. Singkong Yodha populer...lol..!

Memang..kadang-kadang kita perlu mengenalkan sesuatu yang buat anak-anak di kira tidak enak..tapi jika kita bisa mengolahnya sedemikian rupa..bisa jadi makanan yang enak untuk anak-anak ya teman-teman. Bukti nyata Yodha..dulu mana mau dia sebelum tau rasa singkong keju..dia mau makan singkong..alergi katanya..kalau aku kasih jajanan dari singkong seperti gethuk, dll..hihi. Tapi sejak nyicip singkong goreng keju yang gurih..empuk dan enak..jadi suka singkong dia. Yeay..berhasil..membuat Yodha dan teman-temannya suka singkong. Tadi aku bawain sekotak lock & lock  isi singkong goreng..di makan sama teman-teman di sekolahnya..hihi. Dan ada yang pesan ..besok lagi ya Yodha..kata Kakak..haha. Waduch..kalau tiap hari..harus ke pasar dulu beli singkong dong ?..Hemm nggak perlu dech..singkong keju..sangat cocok di jadiin makanan frozen..jadi rebus dulu banyak-banyak, simpan di freezer..goreng jika di butuhkan setiap saat. Jadi dech singkong goreng yang enak dan empuk tanpa repot merebus singkong bolak balik.

Karena sudah dapat pesan dari Yodha besok bawa lagi..aku tengok stock di freezer masih banyak. aku ambil sebagian untuk aku uji coba singkong goreng versi baru..yaitu versi kriuk. Biar nggak pada bosan singkong goreng keju biasa. Di beberapa toko oleh-oleh..singkong goreng kriuk yang di potong kecil-kecil lagi lagi beken juga. Dan harganya lumayan lho..walau cuma singkong teman-teman. Jadi..mari kiat buat sendiri aja di rumah..mudah..murah dan pastinya lebih enak..bisa pakai bumbu sesuai selera. 

Cara membuat singkong kriuk..mudah saja. Pakai resep Singkong Goreng Keju yang resepnya kemaren sudah aku share kemaren..silahkan klik di SINI, setelah di rebus tinggal di potong kotak kecil-kecil, angin-anginkan sebentar, lalu goreng hingga renyah dan kering di minyak yang sudah di panaskan. Jika mau original..tinggal di dinginkan dan di simpan di wadah kedap udara, atau bisa juga di beri taburan bumbu tabur sesuai selera. Hasilnya..enak..kriuk..gurih..Yodha tadi nyicip..langsung suka..tuch sekarang lagi cemal cemil sepiring sambil nonton kartun..hihi.

Jangan lupa..jika mau hasil singkong kriuknya empuk..pilih singkong yang mempur ya..yang bagian dalamnya berwarna pink. Jadi walaupun kriuk renyah, tapi hasilnya tetep empuk renyah, enak banget. Cobain dech teman-teman..mumpung lagi musim singkong bagus nich sekarang ini. Atau mungkin bisa jadi ide usaha rumahan juga ya..jika di daerah teman-teman..banyak singkong yang kualitas bagus.

Selamat mencoba..! ^^


Maaf kemaren absen posting ya teman-teman..seharian sibuk. Eh sore di ajak nge date sama dua cowok..nonton Pixels ke Paragon..yo wis..jalan-jalan sekalian sampai malam..hihi. Buat *gamer sejati kayak Yodha..seneng banget dia nonton pixels..sampai mlongo dan ketawa ngekek-ngekek nontonnya..karena ceritanya seru dan lucu, tentang games..hihi. Nah..habis nonton tuch kita makan di ayam goreng langganan favorit Yodha dan papinya..Ayam Goreng kampung pak Supar di Moch Suyudi Semarang. Kita biasa makan di situ sich kalau pas turun ke bawah jika udah mentok dan bosan dengan makanan lain..ujung-ujungnya Yodha mintanya....ya ayam goreng Pak Supar..hihi. 

Yodha udah masuk sekolah lagi. Karena sudah suka ngemil dan makan..otomatis harus mikirin bekal dia juga..karena walaupun di sekolah di kasih snack juga, tapi kadang kalau nggak sesuai selera dia, yang di oleh-olehin ke aku snacknya..alias di bawa pulang..hihi. Jadi emaknya inilah yang tahu persis apa yang lagi di suka dan tidak di suka sama Yodha. Sekarang dia lagi bosan..dengan roti-rotian modern..atau roti-roti ala bakery..gara-gara sering beli tapi rasanya kurang enak. Nggak tau ya teman-teman..banyak roti dari pabrik atau bakery ternama pun sekarang memang rasanya..*ampyang*...atau hambar aja gitu ya..nggak berasa makan roti seperti jaman dulu..karena kebanyakan pengembang dll, atau paling nggak beda lah sama roti buatan kita sendiri ya..yang jika di gigit itu masih terasa enaknya gitu ya teman-teman.


Gara-gara makan mangut lele Yogya..kemaren di bu Is..yang versi ndeso dan kuah pucat, aku jadi pengen masak mangut lele lagi versi lain. Karena yang versi bu Is sudah pernah ku posting resepnya di web ini. Selain Bu Is ada satu lagi warung mangut ledendaris di Yogya...yaitu mbah Marto. Kalau mangut lele mbah Marto itu pakai cabai merah, jadi kuah kemerahan, citarasa segar karena berkuah banyak dan agak encer. Sedang mangut lele mba Is..itu kental dan pucat, pakai kemiri juga bumbunya. Jadi walaupun sama-sama dua mangut lele legendaris di Yogya..tapi citarasa keduanya berbeda. Aku jadi pengen versi baru ala aku sendiri, mangut lele cabai hijau. Hasilnya..enak juga. Apalagi di masak api kecil..hingga kuah benar-benar terserap di daging lelenya..enak banget.


Bosan kue kering dkk...yukk mari ngemil singkong goreng teman-teman. Tadi ke pasar kok liat singkong kupasan bagus-bagus..udah bersih..wah..jadi kangen singkong keju. Kebetulan di rumah juga lagi ada tukang yang kerja beres-beres lantai atas, jadi ada yang bantu ngabisin..jika goreng singkong pagi-pagi..hihi. Dan beneran sesuai dugaanku..bulan-bulan ini memang lagi banyak panen singkong bagus. Buktinya..walaupun kecil-kecil..tapi jadi mempur dan enak banget pas di goreng tadi singkongnya.

Sudah bosan dengan opor ketupat dkk..mari back to selera harian ya teman-teman..sayuran. Aku lagi suka masak yang medok ndeso dari kemaren. Kemaren bikin urap mentah..hari ini pengen lodeh..tapi yang versi ndeso..yang medok..hihi. Jadi masaknya rada overcook dikit, biar otentik ndesonya.

Maaf ya teman-teman..belum bisa posting resep baru beberapa hari ini..komputerku game over..huhu. Padahal file-file foto di sana semua. Ya udah, hari ini, temanya masih laporan jalan-jalan waktu aku ke Temanggung kemaren ya..untung filenya masih di kamera..jadi bisa di ambil..dengan menyabotase lap top suami sehari..hihi.


Bukan hanya Pak Presiden lho..yang suka blusukan teman-teman, kami juga..hihi. Hari ini puas ngubek-ngubek kuliner khas Temanggung. Daerah Temanggung..adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang berhawa sejuk di lereng Gunung Sindoro Sumbing. Dari Semarang sich nggak terlalu jauh ya, hanya satu setengah jam. Tadi berangkat pagi..blusukan icip-cip kuliner khas Temanggung yang enak-enak. kami berangkat pagi..sampai Temanggung masih pagi sekali..di sana langsung menuju alun-alun. Rencananya mau makan di warung Arum..yang terkenal aneka masakan rumahan di Temanggung..sayang belum buka..masih libur Lebaran..jadinya pindah ke sebelahnya..makan bubur gudeg dan empis-empis..pak To yang enak sekali ternyata. Nanti aku ulas terpisah ya...kuliner khas Temanggung di sekitar alun-alun. 
 

Lagi bongkar-bongkar file foto liburan Lebaran kemaren...baru ingat kalau kemaren sempat jelajah pasar tradisional di bantul dan Imogiri. Niat hati pengen beli bakpia kumbu hitam..malah tutup yang jual. Yang udah ngubek-ubek pasar aja..kangen pengen cari jajanan jaman dulu. Tapi sayange kok ya kesiangan..jadi yang aku cari banyak yang nggak ketemu karena udah pada pulang yang jual. Padahal aku udah ngidam...mie pentil..besengek tempe benguk dan koro..hemmm..enak banget dech bayanginnya. Akhirnya cuma muter-muter pasar nemu jajanan jadul kering..waktu dulu masih kecil..suka di beliin ibu..jika *tindak* atau pergi ke pasar. 

Dari sekian banyak jajanan jadul di pasar beberapa yang aku aku angkut..hihi. Sebenernya masih banyak lagi sich macamnya..tapi ya siapa yang mau makan..jika aku beli semua..hihi. Yodha dan papinya mana mau jajanan pasar begini. Jadi kemaren habis aku foto..aku bagi-bagi juga.

Ini dia beberapa jajanan favoritku waktu kecil.

Di mulai dari foto pertama di atas sendiri yang unyu-unyu..itu namanya donat pong..terbuat dari tepung tapioka atau tepung ketan. Di buat adonan..di bentuk seperti donat..lalu di goreng hingga mengembang dan kering. Jika udah kering di besta pakai gula pasir, jadi menyelimuti donatnya. Rasanya enak gurih..kriuk-kriuk. Dulu biasa buat sesajen juga donat pong ini seingatku jaman cilik..hihi. Jika ada hajatan di rumah..salah satu snacknya yang untuk sajen yang donat pong ini. Waktu aku lagi motret..Yodha tanya.." Ini donat gula ya Mi ?..langsung dia nyomot satu..terus langsung di lepeh lagi.."Donatnya kok aneh ! " katanya..hahah..di kira donat kentang ya Kak..! hihi..

Kalau yang di bawah ini namanya sempe lempit..atau sempe lipat. Terbuat dari tepung beras. Enak ini..kriuk-kriuk gurih..renyah. Paling sering bawa ini dulu..jika di SD ada acara tukar menukar snack..waktu acara terima rapot. Hayo..siapa yang masih ngalamin momen tukar menukar snack jaman SD waktu kenaikan kelas..hihi..seru ya..!


Kalau ini namanya cipiran..rasanya gurih..tapi keras *kemlothak*..haha..alias keras banget..tapi jaman cilik dulu kok ya malah suka. Bahannya dari tapioka kayaknya atau terigu..nah kalau ini aku belum tau cara buatnya. Yang jelas..salah satu cemilan favoritku dulu.


Kalau ini namanya wajik klethik..sampai sekarang masih suk abanget., Semacam geplak, terbuat dari kelapa dan gula yang di masak hingga kering, tapi di beri ketan kukus setengah matang..jadi ada rasa klethis-klethis gurihnya. Di makan pakai teh pahit..hemm enak banget. Kemaren beli di pasar pas banget sesuai seleraku gurih manis..enak.


Kalau ini..mungkin banyak yang belum tau ya teman-teman. Ini namanya rempelo tahu..bukan rempelo ati lho ya..hihi. Karena bentuknya seperti rempelo ati kali ya..makan di sebut rempelo tahu. Karena dalamnya dulu isinya tahu pong yang kering yang di potong kecil-kecil. Sekarang sich banyak yang di ganti pakai rambak. Padahal lebih enak jika pakai tahu lho. Rempelo tahu jaman aku kecil dulu juga nggak serenyah  sekarang. Kalau dulu..ukuran dan lilitan lebih banyak..jadi mirip rempelo ati yang di lilit usus. Dulu di jual satuan..dulu 5 atau 10 rupiah   per biji, enak ada sensasi alotnya juga yang lilitan bagian dalam..kayak kue bawang belum kering rasanya..haha. enak dech pokoknya.


Kalau ini roti jadul..bolu kolomben.rasanya cuma manis doang..hihi. Tapi jaman kecil dulu ya suka. Sekarang kemaren aku coba..kurang suka lagi aku..haha. Lebih enak bolu kelapa jadul yang ku beli di pasar tradisional Semarang. Bentuknya mirip sama roti kolomben ini.


Satu lagi jajanan  favoritku waktu kecil...kethak manis. Ini terbuat dari blondo kelapa yang di beri gula dan di masak hingga kering, rasanya manis gurih.unik..enak...dech. Selain di buat manis..kethak juga ada yang gurih..yang biasa di makan pakai grontol..hahah..kapan-kapan aku foto dech makanan aneh jaman dulu ini jika masih ada ya teman-teman.