Kalau ke pasar lihat udang seger2..nggak bisa nahan..pasti langsung beli..hihi. Aku suka banget sich sama udang nich..walau cuma sekedar di stock buat campuran aneka masakan..atau di olah apa saja pasti enak. Dan semenjak tinggal di Semarang ini bener2..udang tuch bukan kayak menu yang mahal lagi..hihi. Kalau dulu di Yogya..udang kan mahal..udah gitu nggak begitu seger2. Beda sama di Semarang..udang tuch selalu seger2 banyak tersedian di pasar..karena ya di sini banyak tambak ya..jadi kalau ke pasar salah satu bahan wajib yang di beli adalah udang ini. Apalagi Yodhaku juga udah mulai suka udang..tapi sebatas masing yang di olah lagi jadi bakso..kekian..dll.

Beberapa hari masak oseng..pak Boss kurang berkenan..hihi. Soalnya suamiku itu sukanya menu2 berat seperti masakan Jawa sambal goreng..opor dll. Jadi kalau menu oseng2 kurang suka. Ya udah dech ngalahin ribet dikit masak yang bersantan2..sekalian bisa buat lauk Yodha juga..karena nggak pedas.

 


Tadi iseng ngabisin bahan seperti jamur kuping..ayam yang tinggal dikit..aku buat tumisan saja. rencana awal mau buat lumpia segitiga isi tumisan soun dan jamur ini..eh kok males ndadar2..ya udah bikin untuk isian pastel aja. tetep enak dan malah unik rasanya. Kalau biasanya aku kan bikin pastel suka isi ragout kentang dan wortel..nah kali ini  di isi tumisan soun dan jamur ini ternyata juga enak sekali. 

Hihi..judul menunya Jowo bangat ya teman2..aslinya oseng daun pepaya ini ..kalau bahasa Jawa daun itu adalah godong..biasa di singkat *dong*..unik ya..hihi. Jadi masih ingat dulu ibuku kalau nanya kami..mau masak apa..sayurnya..kami bilang..oseng dong kates..oseng dong so, bobor dong mbayung dll. Nah..salah satu sayur favorit rumahan kami adalah oseng dong kates atau oseng daun pepaya ini. Wah..jadi kangen ibuku..jadi aku masak oseng dong kates ala ibuku saja dech. Oseng daun kates ala ibuku ini bumbunya komplet..dan berani bumbu. Pedasnya harus berani..harus pakai tempe semangit..hihi..pakai pete ( petai ) dan rese ( rebon kecil2 ). Tapi karena aku nggak punya resep tadi..aku pakai udang segar kecil2..tetep enak juga..malah lebih gurih.

Lama juga nggak bikin menu kremesan ya teman2..hihi. Kemaren2..saking seringnya bikin kremesan..sampai pada mblenger Yodha dan papinya. Nah..tadi karena udah lama nggak bikin kremesan..pada doyan lagi dech. Yodha...lahap tadi makan pakai kremesan. Tapi memang enak sich kremesannya..hihi..di makan anget2 pakai nasi putih kemebul dan sambal terasi..enak..kriuk2 gurih. Pas banget..apalagi jika yang di kremes ayam..ya tambah enak dech. Tapi tadi kok cuma punya ceker..hihi..yo udah..bikin ceker kremes aja...enak juga..malah seru makannya..sambil *ngrikiti* ceker yang gurih..hahaha.


Pengen menu cumi yang beda..jadi ingat ayam pedas manis ala Korea yang dulu pernah ku buat..kayaknya enak di buat dengan di ganti cumi. Akhirnya aku coba aja tadi..dan hasilnya beneran enak..jadi gurih pedas manis menyelimuti cumi goreng yang di lapis tepung..jadi awet kriuk.


Siomay..batagor..empek empek..dkk adalah satu satu kudapan favorit banyak orang ya teman2. Menu2 itulah yang menjadi menu andalan di Siomay Rere..salah satu brand siomay baru di Semarang yang di kelola dan di miliki oleh bunda Rika Huda..yang kebetulan bundanya salah satu temen sekolah Yodha di SD Semesta Semarang. Bunda Rika yang memang asli Sunda ini memang salah satu bunda di sekolah Yodha yang pintar masak. Asinannya..juara dech. Nah..Bunda Rika..mantap memulai usaha Siomay Rere, dengan menu uatama siomay, batagor, empek2 dll. Sejak beberapa tahun lalu, dan sekarang sudah ada beberapa cabang outlet...bahkan sudah ada lho yang minat dan meminta ijin untuk membuka franchise Siomay Rere ini.