Google Ad

Tuesday, February 12, 2019

Oseng Kates Ndeso


Beberapa hari ini aku lagi bosen makanan enak..hihi. Nggak tau bosen aja ayam. daging, dll. Kemaren masak Cumi ya cuma masakin Yodha dan papinya.  aku lebih berselera sayur-sayur aja...sama tempe paling ya lauknya. Wah...langsing dong ? Ya tetep enggak sich..lha lauknya gini aja tetap lahap makan haha.

Nggak tau rasa seperti ini justru nggak pernah mbosenin. Oseng sederhana...yang dulu jaman kecil hampir setiap hari ketemu yang namanya oseng atau sayur lodeh Kates atau Pepaya Muda. Eh jaman sekarang kok malah susah ya cari Kates muda. Kalau pas nemu di pasar itu seneng banget rasanya.

Pepaya muda ini enak di olah jadi aneka masakan kok teman-teman, bisa di oseng, di lodeh, di sayur gurih, di brongkos, di bobor dll. Tak pernah bosan dulu makan sayur Kates ini. Dulu sich tinggal metik di pekarangan rumah banyak, nggak usah beli..sekarang ya harus beli itupun langka hihi.

Makanya kakakku kalau ke Semarang suka heran di sini kok apa-apa beli mahal katanya haha. Lha kalau masak gudeg di sini minimal harus beli nangka 20 ribu sendiri. Kalau di Yogya ya tinggal metik aja hihi. Ya begitulah, kadang jika udah dewasa nanti Yodha pengen dech pindah ke daerah yang masih bisa banyak nanam pohon, sayuran dll sendiri..biar kembali seperti ke masa kecilku dulu.
Dulu itu apa-apa nggak usah beli, dari sayuran hingga buah-buahan semua dari kebun sendiri. 

Oke dech aku share lagi resep Oseng kates ala Ndeso yang medok gini ya teman-teman...ini nggak pakai kecap ya, kalau ala ibuku masak Oseng Kates ini jarang pakai kecap..tapi jika suka ya boleh saja. Agar warnanya nyoklat gini pakai gula merah yang tua warnanya dan di masak hingga asat kuahnya, di gongseng terus sebentar di wajan makin sedep.

Bahan :
1 buah Pepaya ukuran sedang, kupas, cuci bersih cacah kecil2 panjang, remas dengan sedikit garam jika perlu, cuci kembali
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sdk makan gula merah
1 sdk teh kaldu jamur / ayam / sapi
secukupnya garam
1 sdk makan rebon, cuci bersih
50 gram daun so
50 gram tempe semangit jika ada, kemaren aku pas habis

Bumbu iris :
6 bawang merah
4 bawang putih
5 cabai merah
10 cabai rawit

Tumis bumbu iris hingga harum
Masukkan pepaya, air dan semua bumbu
Tutup wajan
Masak hingga kuah habis
Cek rasa
Gongseng lagi di wajan dengan api kecil hingga kecoklatan






0

Friday, February 8, 2019

Lontong Cap Gomeh, Februari 2019



Hallo..hallo..maafkan ya teman-teman, lama absen nggak post di sini huhu. Minggu kemaren aku ke Jakarta, terus pulang sibuk menyelesaikan kerjaan ini..itu, waktu kayak kurang banget, ya  pasrah dech . Baru sempat buka web lagi...huhu.

3

Sunday, January 27, 2019

Ikan Asin layur Krispi


Teman-teman suka ikan asin layur ? Atau malah belum pernah makan atau baru denger ? Soalnya nggak semua daerah ada ya kayaknya. Aku aja kenal ikan asin layur sejak tinggal di Semarang. Ikan asin ini unik, panjang-panjang dan tipis. Ada berbagai ukuran sich, tapi kalau aku suka yang kecil-kecil gini, karena empuk, seduri2 nya enak di makan jadi kriuk. Buat anak-anak juga cocok ikan layur yang  kecil gini.

2

Monday, January 21, 2019

Tongseng Iga Bakar


Tongseng, menu favoritku dan suami. Tapi sayangnya Yodha kurang begitu suka daging rebusan gini. Mau makan sich, tapi kayak kurang semangat gitu. Jadinya aku harus membuatnya semangat makan tongseng. Caranya...mudah saja..dagingnya nggak cuma di rebus sama kuah, tapi di bakar di akhir.
1

Thursday, January 17, 2019

Aneka Daun / Bunga Bawang-Bawangan Aromatik


Daun Bawang, sudah pasti selalu jadi sayur yang wajib beli ketika belanja ya teman-teman, karena serbaguna untuk sup, untuk mie goreng, nasi goreng, cap cay dll butuh daun bawang sebagai penambah aroma dan rasa.
3

Monday, January 14, 2019

Cumi Krispy Sambal Geprek




Menu sambal, tak pernah bosan ya teman-teman, apalagi untuk emak-Emak. Menu makan siang kalau sendiri di rumah ya paling mantul itu ya sambal. Sambal apa aja, aku suka semua..hihi.
4

Wednesday, January 9, 2019

Bobor Pucuk Daun Labu


Pucuk Labu, sayuran yang akhir-akhir ini jadi favoritku. Di semarang udah hampir 10 tahun lebih tapi baru akhir-akhir ini makan Pucuk daun labu, karena dulu mikir sayur aneh hahah. Kalau di Yogya daun Labu atau Jipang jarang di masak. 
1

Saturday, January 5, 2019

Timus Enak


Sore,

Cemilan sore ini...memanfaatkan bahan di dapur. Ada Ubi kuning nganggur beberapa hari sampai ada satu yang numbuh haha..karena belum aku buka dari plastiknya. Ya begitulah aku, suka kasian kalau ada Mbah-Mbah di pasar nawari dagangan mereka, langsung aja aku beli. Ya sekedar uang 6 ribu, mungkin bisa sedikit membantu mereka ya.
4

Friday, January 4, 2019

Padu Padan Menu Hari ini, Sate Usus Bumbu Kuning, dll




Yeay, postingan kedua di 2019, ke mana aja aku kok jadi sibuk banget , banyak resep yang belum aku post di web huhu. Sehari bikin satu atau dua video untuk klien udah full seharian sama ngedit, belum kerjaan lain. 2019 harusnya punya assisten ya teman-teman. Tapi tak semudah itu sich cari asisten yang bisa di andalkan hihi.
1

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel