Monday, September 26, 2016

Lemet Singkong Sagu Mutiara




Well..seharian tadi..aku di luar..sungguh nggak begitu produktif..karena semua rencana nggak sesuai jadwal. Tau gitu mending di rumah menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab. Tapi ya sudahlah..ada hikmahnya..aku jadi bisa ke Er**..menepati janji yang udah lama aku buat sama dokter..biasa..urusan Emak-Emak..yang tetep pengen punya kulit mulus..walau udah tua dan kerjaannya cuma di dapur..hahah. Aduch..tapi sakite di laser ya..kayak di bakar rasanya..kemreyas di kulit. Susahnya jadi wanita ya...mau cantik...Lol..! Makanya..ayukk..teman-teman yang punya kulit mulus dan cantik..di jaga ya..karena kalau perawatan itu selain mahal juga ndak enak je rasanya...!

Sampai rumah tadi udah sore..jemput Yodha di rumah Eyangnya..terus  sampai rumah beresi kerjaan orderan, dll. Untungnya tuch kalau shop online kerjaan fleksibel..jadi siang tadi kerja sambil leyeh-leyeh nunggu antrian ketemu dokter di klinik kecantikan juga bisa..hahah..tetep bisa balesin orderan, dll. Cuma ya itu..tetep aja kepikiran rumah..hihi. Dasar Emak rumahan. Capek tapi yo seharian di luar...bersyukur aku dech..terbebas dari rasa macet, dll. Coba kalau masih kerja kantoran seperti jaman dulu sebelum menikah..kan ngalamin kayak gitu ya setiap hari. Jadi..tetap semangat..besok masih dua hari lagi acaranya..moga lancar dech..habis itu sibuk di dapur lagi aja..menyelesaikan tugas nulis buku..jualan online..ngurusi web..seperti biasa.

Seharian ndak masuk dapur, rasanya ada yang kurang..jadi malem-malem tadi sempat nguplek sebentar diu dapur. Akhirnya menghibur diri di dapur...biar hilang betenya..menghabiskan sisa bahan singkong sebiji yang masih bagus kondisinya. Aku buat Lemet aja aku campur dengan Kelapa parut dan Sagu Mutiara. Enak ternyata lho...dan jadi tambah cantik lemetnya. Harusnya sich di bungkus pakai daun, tapi aku cetak aja tadi sebagian pakai cetakan putu ayu..jadinya tambah cantik dech. Oke..yang mau coba..ini dia ya resepnya teman-teman..:) Foto seadanya dulu pakai hape tadi..udah malem..besok aku foto lagi dech jika sempat..
Lemet Singkong Sagu Mutiara

Bahan :
500 gram singkong parut
1/2 butir kelapa parut yang agak muda
100 gram sagu mutiara, rebus hingga mengembang
100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili

Cara Membuat :
Campur semua bahan
cicipi rasanya, sudah pas belum manis gurihnya sesuaikan selera
Olesi cetakan dengan sedikit minyak
Panaskan kukusan
Isi cetakan dnegan adonan hingga penuh
Kukus hingga matang
Sajikan ketika sudah dingin ya..jika masih panas, masih agak lengket-lengket
0

Tongseng Sapi


Ini postingan sebenernya lanjutan dari waktu kemaren aku buat Gule ala Jawa ya teman-teman. Karena Gule masih sisa, kemaren aku buat Tongseng. Jadi..ini bedanya Gule atau Gulai ala Jawa dari Gulai daerah lain. Kalau di Jawa..Gule..jika tidak habis..ataupun jika masih ada kuah dan dagingnya udah habis, jangan di buang..masih bisa di manfaatkan jadi hidangan lain yang berbeda dan lebih enak..yaitu Tongseng..hihi. Jadi ada beberapa cara membuat Tongseng. Ada yang dari bumbu di ulek langsung, atau pakai cara memakai Gule yang sudah matang seperti ini

1

Saturday, September 24, 2016

Vanilla Butter Cake


Wah..lama juga nggak bikin kue atau roti dan cake..tenggelam oleh pekerjaan..jadi nggak sempat bikin-bikin yang ribet. Kalau masak ya wajib ya..tiap hari untuk anak dan suami..hihi. Nah..kemaren sempat buat kue ini..iseng aja menghabiskan bahan. Ada sebungkus margarin yang lama nganggur..kok ya kepengen bikin butter cake. Plus memanfaatkan vanilla ekstrak Ny Liem sebotol besar yang masih utuh, waktu aku beli di pameran beberapa waktu lalu...hihi. kalau untuk kue-kue tradisional, aku lebih suka vanili...jadi kalau vanilla yang aromanya kuat ini cocoknya buat cake atau cookies, kalau aku. Walaupun judulnya butter cake..tapi aku kok lebih suka ya bikin pakai margarin..hihi. Lidah jadulku..belum begitu nerima rasa dan aroma butter..apalagi yang butter mahal..yang menurutku malah *mblenger...Lol !
8

Thursday, September 22, 2016

Singkong Goreng Presto Rasa Bawang


Dalam rangka mengahbiskan sisa singkong kemaren, takut keburu nggak enak...akhirnya sore niat mau buat keripik singkong presto. Tapi ternyata belum berhasil..hihi. Aku iris-iris dulu tebal, terus aku presto..eh kok malah hancur, padahal cuma sebentar. Aku utuhin potongan besar-besar...aku presto 5 menit aja..lha kok tetap empuk hasilnya..walau belum mekar tapi tekture singkongnya udah lembut banget.
1

Gule Jawa


Kemaren nggak masak lauk..badan meriang banget..cuma sempat goreng keripik singkong itu aja di sambi leyeh-leyeh di bantuin mba art ku..:D
Memang lagi di suruh leyeh-leyeh kayaknya. Tapi pikirannya nggak bisa juga istirahat, tetep mikir kerjaan..leyeh-leyeh sambil pegang hap..balesi orderan, dll..hihi. Sampai sore tuch tambah parah sampai mau masak daging buat Yodha nggak kuat..padahal udah aku presto. Akhirnya pagi ini baru aku sempat masak. Buat gule aja..enak..dan seger.
0

Wednesday, September 21, 2016

Keripik Singkong


Di pasar lagi banyak singkong bagus sekarang ini. Tuanya pas dan sempurna untuk di olah menjadi aneka jajanan. Jadi ternyata memang singkong itu musiman. Kalau bulan-bulan tertentu itu panennya udah pas tuanya, maka singkongnya juga bagus-bagus dan mempur ketika di olah. waktu lihat singkong di pasar kok ya jadi pengen borong. Tapi seperti biasa, karena lagi agak sibuk, belum sempat mengolahnya dari kemaren. Akhirnya dari pada sayang, di buat keripik saja dulu. Yang mudah dan cepat.
3

Tuesday, September 20, 2016

Tips Usaha Leker Dengan Wajan Putar


Hari ini Yodha ulang tahun..horee...!
Kemaren dia minta di buatin Leker aja untuk di bawa ke sekolah. Udah nggak mau di rayain seperti tahun-tahun kemaren..udah besar katanya. Mau berbagi snack aja dengan teman-teman. Tapi..jangan salah..sebagai gantinya..request hadiahnya..Lego beberapa box..yang original..nggak mau Lego palsu yang murah..hahah. Banyak akal memang Yodha itu..Lol...! Gak apa-apa dech..yang penting lihat dia senyum-senyum..waktu bangun pagi aku masakin spesial..terus buka kado dapat Lego..begitu bahagia...kami pun ikut bahagia..sebagai orang tua. Jadi untuk Yodha saat ini..bahagia itu..jika koleksi Legonya bertambah..hahah.
1

Saturday, September 17, 2016

Penyet Tempe Sambel Bawang Terasi


Kalau lagi sibuk...menu yang paling pas untuk diri sendiri..adalah Sambel..hihi. Gak pernah bosan..dan selalu bisa dengan ampuh meredakan rasa lapar di saat lagi kerja..cepat dan enak..dan di jamin lahap...hihi. Memang..kalau ibuk-ibuk itu makan apa aja bisa ya. Beda sama suami..mana mau makan begini doang..pasti tanya..lauknya mana ?..hahah. Yodha juga..nggak mau makan cuma beginian..jadi ini ada menu yang paling tepat di masak ketika makan siang sendiri di rumah...Lol !
0

Friday, September 16, 2016

Nasi Gurih Kongbap Plus Empal Basah Daging Sapi


Hari ini mau bahas tentang Kongbap lagi ya teman-teman. Itu lho..campuran berbagai macam biji-bijian kaya serat yang aku  konsumsi setiap hari sekarang ini dan sering aku ulas di web. Beberapa teman sering menanyakan tentang Kongbap kepadaku, apa Kongbap hanya bisa di makan dengan lauk khusus atau di buat olahan khusus seperti di video resep yang aku buat ?..Tentu tidak...Kongap itu bisa kita konsumsi setiap hari dengan lauk bebas kok teman-teman. Mau lauk kering hingga berkuah..bisa..!
3