Beberapa hari ini aku belum terlalu konsen di dapur, kerjaan masih nano-nano..jadi masaknya cepat-cepat saja. Motret juga seadanya..wis nggak sempat plating atau ngatur foto yang bagus..semoga segera normal dech minggu depan jadwal semua kerjaan. Plus di tambah mikirin Yodha juga..jadinya itu nggak konsen semua. Semoga besok dia udah semangat berangkat ke sekolah.

Pagi ini pengen sarapan ketoprak. Untung di pasar masih ada yang jual ketupat..asyik. Jadi langsung buat aja cepat matang dan siap saji kok bikin ketoprak ini. Tapi lihat stok kacang kok tinggal sedikit, akhirnya aku campur saja dengan mete untuk bumbu kacangnya. Aku masih punya lumayan stok mete sisa Lebaran kemaren. Ternyata rasa bumbunya  makin enak dan gurih..pakai campuran mete ini.


Yodha masih belum masuk sekolah..masih pucat dan agak mengigau jika malam demam. Ya Allah..semoga besok sudah benar-benar sehat. Besok sudah janji sama orang..ada kerjaan pula yang melibatkan dua pekerja profesional lain yang cari waktu janjian juga agak susah jika di jadwal ulang. Kalau di batalkan kok kesannya kurang profesional juga. Makanya hari ini masak yang simple aja biar bisa fokus memperhatikan dia.


Wuaa..3 harian ini full..ngga bisa megang kerjaan..karena Yodha sakit demam. Hari pertama sekolah kemaren..Yodha udah masuk sekolah..rencana kerjaku juga sudah tersusun. Eh tiba-tiba di telp dari sekolah Yodha, kalau Yodha demam tinggi. Yo wis..langsung jemput dia..dan setelah itu..sibuk aja ngurusi dia. Kalau Yodha kalau lagi sakit..nggak mau di tinggal..maunya nempel terus. Dan akunya juga nggak tega gitu lihat dia tersiksa. Demam..walau kelihatan sepele, tapi buat anak-anak itu menyiksa banget ya teman-teman. Akhirnya kerjaan yang bisa aku lakukan hanya membalas pesan-pesan orderan di wa atau sms sambil nemenin Yodha. Urusan packing, dll di kerjakan assisten sama suamiku.

Hari kedua panas belum turun juga, malah semakin tinggi. Pagi-pagi jam dua itu dia sampai wajahnya kaku, merah semua..wis langsung kita bawa ke rumah sakit. Eh di jalan itu Yodha bilang, takut jika di infus, sampai mengigau..dan stres, badannya malah jadi dingin. Heranlah dokter, badan dingin kok di bilang demam..hihi. Akhirnya tetep minta obat aja buat penurun panas, dll. Eh..sampai rumah demam lagi Yodhanya. Tapi memang belum bisa di test lab karena baru dua hari. Alhamdulillah tadi malam sudah bisa tidur agak lumayan Yodha. Kalau malam sebelumnya..wis..semalaman mengerang sakit gitu..akhirnya kita juga nggak tidur dech..ikut nge drop semua.

Alhamdulillah pagi ini udah nggak terlalu tinggi demamnya. Aku juga nggak tau kenapa, padahal sebelum masuk sekolah itu dia semangat banget mau ketemu teman-temannya..eh kok tiba-tiba demam. Kalau perkiraan suami sich ada punggung yang kesliring, jadi menyebabkan demam tinggi. Memang selama liburan sebelum sekolah kemaren itu Yodha aneh-aneh aja di rumah hobby..main Ninja Warrior..itu lho ikut acara lomba kentangkasan di tivi teman-teman..ya gelantungan di pintu lah..memanjat sisi kanan kiri pintu pakai kaki..naik lantai atas..sambil bergelantungan..aneh banget pokoknya...hihi. Aku kira sich seperti biasa nggak masalah, karena sudah biasa hobbynya gitu..namun kemaren mungkin dia lupa pemanasan atau ada gerakan yang salah..wis akhirnya jadi kesliring gitu. 

Alhamdulillah hari ini sudah mendingan. Semoga besok bisa masuk sekolah lagi ya Kak. Hari ini nyicil posting satu postingan dulu ya teman-teman. Ini jajanan yang aku buat minggu kemaren buat suguhan keluarga jauh yang datang ke rumah. Dari kemaren rencana mau buat varian menu lagi dari aneka tepung kentang, dll yang aku jual sesuai request teman-teman..semoga bisa segera dech. Kali ini menu simple dulu nich..Bakpao Kentang, rasanya unik..seperti bakpao ala pasar jaman dulu, empuk , lembut, tapi ada sensasi unik agak lengket-lengket di mulut ketika di makan..aku suka banget jenis bakpao jadul seperti ini. Kalau di pasar dulu biasa isi kacang hijau atau kacang dan gula merah, kali ini aku buat pakai isian unti kelapa putih. enak juga lho teman-teman.

Selamat mencoba ya jika suka.

Bakpao Kentang Isi Kelapa

Kulit :
250 gram tepung terigu
50 gram tepung kentang, seduh dengan air panas 200 ml hingga jadi adonan kentang kukus
1/2 bungkus ragi instan
25 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam garam
100 ml santan kental instan
1 sendok makan margarin
1 tetes pewarna merah muda
Daun pisang, potong bulat / kertas bakpao

Bahan Isian :
Unti Kelapa putih secukupnya ( cara membuat lihat unti kelapa lihat di SINI )

Cara membuat :
Kulit : campur terigu, ragi, gula, dan kentang halus hingga rata. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis. Diamkan 30 menit hingga mengembang
Setelah mengembang, ambil adonan kulit 30 gram, bentuk bulat, pipihkan. Isi dengan 1 - 2 sdm adonan isi. Bulatkan lagi hingga rapat dan bentuknya seperti bakpao
Letakkan diatas daun pisang / kertas . Kukus dalam dandang panas selama 7 menit hingga matang.



Masih menu yang simple-simple..hasil ngabisin stok lauk di freezer. Nah..kali ini nemu stok sosis..lumayan bisa buat menu sarapan. Secara jajanpun harga-harga masih ngeri...hihi. Beli pecel dua porsi aja lauk apa adanya kok 50 ribu..hahah. Sayuran juga masih mahal. Apakah Pak Petani pada masih libur Lebaran ya. Tapi perasaan sayuran udah melimpah di pasar sich..cuma harganya aja yang masih tinggi. Sawi satu ikat 8 ribu..hihi. Wis..pokoke kesempatan banget dech Lebaran ini. Kemaren beli cumi masih 60 ribu per kg..:D

Minggu ini masih belum dapat mood masak yang ribet-ribet teman-teman..gara-gara belanja di pasar masih bikin bad mood...muahal semua..hahah. Jadinya masak apa yang ada bahan dulu dech..ngabisin stok yang ada di kulkas aja dulu ya.

Nah..karena habis Bodo Kupat stok yang banyak di kulkas nich ketupat..jadinya bikin yang serba ketupat aja. Kemaren buat Kupat tahu, tadi buat ketoprak..wis..serba ketupat pokoke..sehat..murah meriah dan cepat masaknya.

Moga-moga minggu depan harga-harga sudah normal kembali ya teman-teman..atau seperti biasa..nggak mau turun setelah Lebaran..hihi..entahlah. Tadi beli kangkung satu ikat kok 5 ribu..:D

Oke langsung aja ini resepnya ya..udah pernah ku share sich..yang beberapa versi ..ini aku share yang versi Magelang pakai kol mentah dan bumbu kacang. Motret juga cepetan aja..mau ngerjain kerjaan lain..oh mood, datanglah..hihi..biar bisa semangat lagi masak menu-menu baru buat teman-teman semua ya..:D

Tahu Kupat Magelang

Bahan kuah ( untuk 4 porsi ):

1000 ml, gula merah 100 gram, garam 1 sendok teh ( sesuai selera ), dan salam 2 lembar dan lengkuas 2 cm, rebus hingga mendidih, dinginkan

Bumbu per porsi :1 sendok makan kacang tanah, 1 siung bawang putih kecil, garam sedikit dan cabai rawit sesuai selera

Isiaan secukupnya :
Ketupat, kol iris, taoge seduh, tahu goreng, sledri dan bawang goreng, kerupuk dan bakwan.

Cara Membuat :
Ulek cabai dan bawang,serta kacang, tuangi kuah, siramkan ke bahan-bahan campuran tahu kupat serta sayuran. Udah gitu aja.siap di sajikan.

Mudah dan cepat kan..hihi.




Di Semarang kemaren Lebaran Ketupat..atau Bodo Kupat..makan opor lagi..sambel goreng lagi..hihi. Aku sampai agak mblenger dech soalnya Lebaran kemaren keseringan makan opor dan sambel goreng. Makanya aku lebih suka buat menu yang beda dech kemaren. Lagi pengen yang pedes-pedes. Di freezer masih ada sedikit potongan ayam kampung sisa buat sup kemaren, aku buat campuran seblak aja. Ayamnya sudah di rebus, karena sudah aku ambil  kaldunya..jadi udah lumayan empuk..hihi.


Di minggu awal kerja ini kesibukan mulai datang bertubi-tubi...baru sempat posting dech jadinya. Nggak apa-apa ya teman-teman..yang penting tetap bisa posting minimal satu tiap hari. Ini lagi mengurus banyak supplier baru..pesanan juga sudah mulai banyak..pesanan grosir kok ya barengan semua ini orderannya minggu awal ini..ya mungkin semua teman-teman yang punya usaha juga sudah siap-siap lagi berusaha untuk menjemput rejeki ya. Semangat aja pokoknya.

Nah..jadinya masaknya juga masih yang praktis-praktis dan cepat aja ini teman-teman. Ini menu kemaren..Cap Cay kuah merah khas Semarang. Cap cay ini berbeda dari Cap Cay biasa..karena berkuah dan berwarna merah. Citarasanya segar sekali..dan gurih..banyak isian..sehat..dan cepat cara memasaknya. Cuma yang kurang sehat itu, kalau beli di luaran..biasanya sausnya merah menyala seperti foto di bawah ini..karena memakai saus tomat yang merah ala-ala pasar itu.


Makanya aku lebih suka buat sendiri di rumah, karena bisa memakai saus yang berkualitas dan bagus., namun memang hasilnya jadi kurang merah menyala kuahnya. Tapi kalau rasa tetep enak kok. Pakai saja merk saus tomat favorit teman-teman di rumah ya..yang terjamin kualitasnya.

Oke..langsung saja..aku share resepnya ya. Cap cay ini sayuran dan isian bebas kok..tapi yang musti ada itu biasanya kekian..sama bakso ikan..udang, serta aneka sayuran. Aku sich..bersih-bersih isian kulkas aja kemaren..apa yang ada aku masukin..hihi. Fotonya juga seadanya dulu dech ya..biasa..masaknya udah kesorean biasanya ngejar matahari nggak dapat..:D

Cap Cay Kuah Merah Semarangan

Bahan :
Aneka sayuran, wortel, kol, sawi sendok, daun bawang, bunga kol, brokoli, jamur, dll..sesuai selera..secukupnya..aku sekitar cukup untuk 3 porsi itu...pakai satu wortel, sekuntum kecil bunga kol, 6 lembar sawi sendok, bakso 5, kekian 100 gram, sosis 4, udah cukup, potong-potong semua bahan sesuai selera. Untuk menambah gurih dan protein, tambahkan udang segar beberapa biji atau cumi, ayam rebus, ati ampela rebus, telur puyuh,dll.
800 ml air kaldu ayam / air biasa

Bumbu :
2 siung bawang putih, geprek saja hingga remuk
1 cm jahe, potong kasar aja
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
1/2 sendok teh kaldu ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan saus tiram
3 sendok makan saus tomat ( sesuai selera )
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe hingga harum
Masukkan aneka udang, cumi, dll jika pakai
Masukkan air kaldu
Didihkan
Masukkan sayuran yang keras terlebih dahulu serta semua bumbu
Jika sudah setengah matang, masukkan sayuran lain
Masak hingga semua bahan matang
Koreksi rasa, jika sudah pas, kentalkan dengan sedikit tepung tapioka ( 2 sendok teh ) yang di encerkan dnegan sedikit air, masak hingga meletup-letup

Note :
Sayuran jangan terlampau lembek ya..ciri khas cap Cap ini sayurannya kres-kres renyah manis..jadi selaras rasanya dengan kuahnya.

Selamat mencoba..:)
 





Kalau mudik ke Yogya...pasti dech ada beberapa makanan khas yang langsung aku cari di pasar..seperti Mie Lethek..yaitu Mie dari gaplek..Mides..Mie dari pati songkong..Mi pentil..dll. Nah ada satu lagi yang selalu aku cari jika pulang ke Yogya..yaitu tempe koro. Tempe ndeso yang terbuat dari kacang koro.

Hai teman-teman..sudah kembali beraktifitas biasa ya..atau masih liburan ?

Hemm..aku udah sering ke pasar sich kemaren..tapi harga-harga masih ngeriii..hihi..masih seperti Lebaran..masa kemaren bawa uang 200 ribu langsung lenyap di pasar..hahah.


Hallo..apa kabar teman-teman..bunda-bunda semua ?
Kangen nich 3 hari nggak mengudara..hihi. Tukang masaknya lagi *vacation..hihi..gaya banget bahasanya ya..lagi mudik aja ke Yogya 3 hari. Puas dan seneng bertemu semua keluarga besar..baik yang di rumah atau yang dari luar kota. Cerita ngalor ngidul..makan terus..*sampai takut lihat timbangan..*lol*