Google Ad

Thursday, December 31, 2015

Jangan Mbayung


Selamat menyambut tahun baru ya teman-teman. Jika mencari inspirasi menu untuk malam tahun baru, silahkan pakai kotak SEARCH di pojok kanan atas yang ada tulisannya CARI RESEP. Ketik judul resep, lalu klik enter ya...nanti akan muncul resepnya, tinggal di klik judul postingannya. Aku lagi mencoba posting berjadwal nich..jadi walau aku tinggal liburan, dapur tetep update menu baru. Kan nggak enak..kalau ada tamu ke sini di anggurin..hihi. Moga nggak kacau dech jadwal postingannya..karena yang pasti, kalau udah di jalan atau liburan nggak sempat update web. Jadi aku siapin draft beberapa resep sekalian untuk beberapa hari besok.

Kembali ke menu harian ndeso, ini salah satu favoritku...Jangan Mbayung..atau sayur daun kacang panjang muda. Dari habis sakit dah pengen Jangan Mbayung yang seger ini, alhamdulillah keturutan..dan walau sederhana menunya, tapi enak bener. Tuch kannnn...kalau habis sakit..jadi enak semua lagi makanan..hihi. Jangan Mbayung ini paling enak di masak lodeh seperti aku masak ini, pakai tempe semangit, pete, ebi..komplit. Bumbu di ulek kasar aja, tumis sebentar, cemplang-cemplung..cepet kok matengnya jika daun Mbayungnya muda.


Ok, langsung cekidot aja resepnya ya..teman-teman..:)

Jangan Mbayung

Bahan :
1 ikat Mbayung ( daun Kacang Panjang  Muda )
700 ml santan sedang
1 sendok teh kaldu sapi
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1/2 sendok makan gula merah
Garam sesuai selera
1 sendok teh ebi, rendam air panas hingga mekar
1/2 papan petai, kupas, potong jadi dua

Bumbu, Ulek kasar saja :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
1/4 sendok teh terasi bakar
5 cabai rawait merah ( sesuai selera )

Cara Membuat :
Petiki daun Mbayung bagian yang muda, cuci bersih dan sedikit di peras agar lemes
Tumis bumbu hingga matang dan harum
Masukkan santan dan semua bumbu, didihkan
Masukkan daun Mbayung, tempe semangit dan pete
Masak hingga Mbayung matang, koreksi rasa
Sajikan



4

Wednesday, December 30, 2015

Barongko


Alhamdulillah masih bisa posting satu menu give away lagi sebelum mudik. Aku jadinya besok mudiknya..soalnya ternyata tukang yang kerja di rumah..baru bisa selesai hari ini..ngerjain renovasi taman belakangnya. Ya udah, selesaikan dulu aja sekalian. Sekalian tukang satunya juga udah sembuh dari sakit, jadi ada yang jaga rumah dech selama kami pergi. Yodha udah heboh minta liburan..hihi..maaf ya Kak..telat..:)
6

Tuesday, December 29, 2015

Sambel Pecel Kediri


Masak apa hari ini teman-teman..atau nggak masak ya..lagi liburan pastinya di luar kota. Hemm..membayangkan kalau liburan itu tempat makan yang terkenal pasti antri dan penuh sesak ya..hihi. Jadi yang masih setia di rumah..mari masak aja yukk..nggak perlu antri dan berjubel, tetep bisa makan enak di rumah. Menu dapurku kali ini..baru sambel pecel tapi je..sayurannya belum matang. Tapi enak buat cocolan gorengan juga kok..jadi siapa yang mau nyuwil sambel pecelnya..silahkan..di kasih air panas, *di jeri*..istilah Jawanya..buat cocolan gorengan..hemm..enak. Sambel Pecel kali ini spesial, khas Kediri. Ada beberapa kota yang memang terkenal dengan sambel pecelnya ya teman-teman, antara lain Madiun dan Kediri. Masing-masing punya keistimewaan sendiri-sendiri. Nah kali ini yang aku buat, itu sambal pecel khas Kediri..kiriman resep dari mba Marisa. Resep ini otentik lho..resep warisan dan dari dulu ya seperti ini nggak berubah resepnya. Tapi resep dalam jumlah banyak sekalian ini teman-teman, jadi bisa buat nyetok sambel pecel sebulan, atau mau buat usaha..mungkin..oke juga kayaknya.
12

Monday, December 28, 2015

Telur Kukus


Alhamdulillah bisa posting dua menu hari ini. Menu kedua Give away, kiriman mba Rika..dari Kalimantan. Menunya telur kukus, yang kata beliau merupakan menu yang terkenal di masyarakat Tionghoa di Kalimantan Barat. Hemm..unik dech..aku taunya telur kukus ala Korea, yang mirip-mirip gini, tapi taburannya daun bawang. Jadi iseng tadi biar nggak sepi..aku taburi daun bawang juga selain ebi..hihi. Maaf ya mba Rika..nyalahin aturan..:D
14

Pangek Pisang Khas Solok Sumatra




Ngebut posting resep give away lagi ya teman-teman..nanti lanjut habis tahun baru dech jika belum selesai mencoba resep2nya..masih ada waktu dua hari ini, karena Rabu aku mudik ke Yogya dulu ya. Gara-gara sakit ndak berani liburan jauh-jauh dech, tapi kasihan Yodha juga jika nggak ke mana-mana, ya udah pulang aja. Mau pulang teman-teman yang nitip macam-macam udah banyak..gaplek..rambak Yogya..abu mrang..hahah..dasar tukang dagang..mau mudik aja..yo tetep kulakan....lol..! Besok tak ganti mobil yang muat barang banyak dech..soale kalau pergi-pergi mesti kulakan sekalian..hahah.
6

Sunday, December 27, 2015

Cobek Ikan Gurame Khas Sunda




Alhamdulillah...badan sudah enteng. Beneran enteng lho..karena sakit 2 hari aja turun beberapa kg..hahah. Asyik gak usah diet..lol..! Tapi memang belum bisa makan banyak beberapa hari ini..cuma beberapa sendok gitu udah kenyang duluan dech..tapi aku coba makan cemilan juga begitu..biasa cemal-cemil..eh ini makan satu..udah gak minat lagi. Memang mulut masih rada pahit kali ya..kalau habis sakit. Yang perlu di waspadai itu justru setelah pulih..biasanya..langsung pengen makan ini..itu..hihi.
3

Saturday, December 26, 2015

Kepiting Saus Tiram Pedas


Hai teman-teman...pa kabar ?..Wah dua hari nggak ngobrol di sini serasa lama ya..:D. Aku lagi sedikit nggak enak badan kemaren hingga harus bed rest. Biasanya sich sok kuat...kalau cuma masuk angin, meriang, di kerokin aja udah sembuh. Tapi karena kemaren ini kalau orang Jawa bilang *masuk angin kasep * sampai agak dehidrasi, tubuh..udah nolak makanan dan minuman terpaksa dech bed rest aja. Untunglah setelah aku paksain makan minum, berangsur pulih, walau masih agak lemes. Dan yang penting nggak perlu ke rumah sakit..huhu..soalnya bakalan repot semua jika harus ke rumah sakit.

4

Thursday, December 24, 2015

Sari Kacang Hijau Jahe


Hari ini libur masak dulu ya teman-teman. Dari tadi malam sibuk..ada acara di luar, terus ponakan datang dari luar kota, jadi seharian tadi jalan ke sana kemari. Terus sampai rumah masaknya sup iga, favorit ponakan. Jadi udah pernah aku posting kan..jadi besok ya, baru aku lanjut menu give awaynya.
7

Wednesday, December 23, 2015

Mie Ongklok Ayam


Judulnya unik ya..Mie Ongklok Ayam..teman-teman. Aslinya sich resep kiriman Ummu Salma ini ya Mie Ongklok, tapi untuk membedakan dengan resep Mie Ongklok yang udah aku posting dulu, aku kasih judul Mie Ongklok Ayam. Mengapa demikian..karena Mie Ongklok kiriman Ummu Salma ini, memakai daging ayam yang di potong kecil-kecil, dan di sajikan bersama kuah mie ongkloknya. Sedang yang aku buat dulu..Mie ongkloknya nggak pakai ayam tapi di sajikan bersama sate daging sapi. Semuanya enak sich menurutku, jadi sesuaikan selera saja ya teman-teman.
3

Tuesday, December 22, 2015

Bolu Kojo


Hari ini menunya kue tradisional dulu ya teman-teman. Biar nggak bosan masakan terus. Nah..resep kue kali ini namanya Bolu Kojo, resep kiriman dari Mba Lies Hadi. Sebenernya aku udah beberapa waktu lalu mencoba kue ini, tapi belum aku posting, karena agak gosong aku manggangnya..hihi. Jadi aku manggang pertama pakai cetakan kue bulat kecil-kecil yang bahan alumunium biasa, pengen ikutan seperti saran Mba Lies. tapi ternyata..kue ini butuh waktu untuk matang, jadi kalau cetakan alumunium biasa, yang ada gosong duluan bawahnya. Tapi rasanya tetep enak..makanya hari ini aku buat lagi..tapi panggangnya pakai snack maker double pan. Tak apalah..jika pakai snack maker double pan, penampakan seperti serabi, tapi yang jelas kue ini enak..menul-menul legit, manis dan gurih. Enak di nikmati saat hangat atau sudah dinginpun tetep empuk lho, karena pemakaian kentang yang sama jumlah tepungnya. 

Bolu Kojo ini adalah resep andalan ibu mertua mba Lies...yang walaupun beliau asli Jawa, tapi lama tinggal di Jambi, dan sehari-hari waktu tinggal di sana menjual aneka jajanan tradisional di sana..jadi segala macam jajanan tradisional khas sana..ibu mertua mba Lies ini jago membuatnya. Jajanan ini menjadi kue khas yang di buat Ibu mertua mba Lies. Jadi setiap Ibu Mertua beliau punya hajat, entah arisan, pengajian sebagai bawaan ke sebuah acara di kantor almarhum Bapak mertua beliau, selalu kue ini yang di bawa. 

Setelah aku coba kali kedua, pakai snack maker double pan, berhasil mulus manggangnya..matang sempurna dan nggak pakai gosong...hihi. Toppingnya bisa keju atau santan kental, aku pilih aku oles santan kental aja..biar makin gurih..dan tradisional banget. Kue ini, kata ibu mertua mba Lies, kue asli Kalimantan ( Banjarmasin, namanya Bika Kentang, atau kalau di Jambi di sebut Bolu Kojo. 


Oke..buat teman-teman yang mau mencoba..silahkan ya..ini aku copikan resep kiriman mba Lies Hadi. Bisa pakai kentang segar kukus, atau bisa juga pakai TEPUNG KENTANG FLAKES, ala aku..hihi..praktis...tinggal seduh..nggak perlu repot ngukus dan menghaluskan kentang. Jika pakai tepung kentang flakes, nyeduhnya 150 gram aja ya, nanti kan mengembang, jadi 300 gram kurang lebih jika sudah di seduh. 

KUE BINGKA KENTANG ( BOLU KOJO )
BAHAN :
 
3 ons terigu
250 gr gula pasir ( aku 200 gram aja )
2 butir telor ayam
3 ons kentang halus ( aku pakai tepung kentang flakes / seduh air panas )
1 ons mentega cair
1 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
1/4 sdt garam
1 sdm perasan air daun pandan + suji yang di tumbuk ( sbg pewarna hijau alami ) ( aku pakai pasta pandan aja )
keju / santan kental untuk toping secukupnya ( optional )

CARA MEMBUAT :

1. Rebus santan hingga matang tapi jangan sampai pecah.
2. Kukus kentang sampai empuk, kemudian dihaluskan
3.Campur santan, gula,telur,garam,perasan air daun pandan + suji, diaduk sampai rata.
4. Campur terigu dan kentang halus, kemudian masukan ke dalam adonan campuran santan,gula,telur,garam, air perasan daun pandan + suji, aduk adonan sampai tercampur rata dan kalis, masukan mentega cair, aduk rata.
5. Siapkan cetakan kue ( Ibu mertua memakai cetakan kue cubit ukuran sedang berbentuk bulat2), panaskan dengan api sedang dan olesi cetakan dengan mentega / minyak sayur agar adonan tidak lengket.
6.Tuangkan adonan ke dalam cetakan, taburi toping keju / santan kental, masak hingga matang ( bawah kue terlihat kecoklatan ).
7. Sajikan selagi hangat lebih nikmat.




2

Monday, December 21, 2015

Kuah Kaldu / Kaldu Kokot



Hari ini makan siang menunya spesial..dan unik. Mumpung Yodha lagi libur. Berhasil dech ngakalin dia makan kacang hijau. Tadi pagi aku rebus kacang hijau hingga mekar, 250 gram, mau tak buat bubur semua, kok pada nggak terlalu suka..takut nggak habis. Yodha apalagi..kalau di suruh makan bubur kacang hijau, susah banget. Akhirnya separo aku buat sari kacang hijau, tinggal minum, nah..separo lagi aku buat Kuah Kaldu atau Kaldu Kokot khas Madura. Resep ini adalah resep kiriman mba Lina. Makasih mba resepnya..enak banget..seger..Yodha yang biasanya ogah makan kacang hijau, jadi doyan dech..kalau jadi sop gini..hihi. Nggak protes lho dia. Aku tanya.."Enak Kak ?"..jawabnya..."Iya agak enak..! " Tapi kok nyuap terus dengan lahap tanpa protes. Aku penasaran tanya lagi..akhirnya Yodha bilang.."Iya..enak..enak Mi..! " kayak Sop Iga katanya..hihi. Ya memang enak tho Kak..lha memang pakai Iga..hihi. 

Aslinya Kaldu Kokot ini pakai tulang kaki sapi yang ada sumsumnya itu lho teman-teman..yang kata mba Lina dalam bahasa Madura di sebut Kokot. Tapi kemaren pas ke pasar..lihat tulang sapi..mahal..eh beneran tinggal tulangnya..sama sumsumnya, nggak ada daging yang nempel-nempel gitu sedikitpun..hihi. Duch..pelit amat ya..ya jual daging..tetelan yang nempel di tulang aja..di sisiki hingga bersih..rugi lah Beta jika cuma beli tulangnya..haha. Jadi sama-sama harganya..mending beli tulang Iga..masih banyak daging yang nempel. Selain Iga bisa pakai daging biasa atau kikil. Nah..dari yang aku baca, jika pakai daging biasa, di sebut Kuah Kaldu. Aku lihat di internet ada yang penampakannya mirip bubur kacang hijau, kental gitu..hihi. Wah..kalau aku pilih yang kuah bening dan seger gini.

Tulang Iga aku rebus dulu api kecil hingga keluar kaldunya. Lalu campur dengan kacang hijau yang udah aku presto bentar hingga mekar, biar hemat waktu. Setelah itu masuk bumbu tumis, lalu rebus kuah hingga bumbu meresap dan kacang hijau empuk. Setelah aku coba rasanya..wah..amazing..! Enak lho. Pertama ragu-ragu juga..soalnya kan biasa kacang hijau buat menu manis, ini kok di masak. Wah..bakalan sering aku masak ini..Kuah Kaldu..buat Yodha. kapan-kapan jika nemu Kokot yang masih ketempelan daging aku coba lagi dech.

Kata Mba Lina, Kaldu Kokot ini paling enak di makan dengan lontong dan kroket singkong. Tapi karena bingung..cara buat kroket singkongnya di kukus atau di parut, gak jadi bikin dech tadi. Aku malah makan ini sama nasi dan tempe goreng garing, kalau Yodha sama perkedel..hihi. Yang penting enak dech. Kapan-kapan cobain pakai lontong dech.

Jadi..jika kita menemukan suatu masakan khas daerah yang unik dan beda..cobain dech teman-teman..kadang-kadang..kaget sendiri lho..kok enak ya rasanya..hihi..seperti yang aku sering coba akhir-akhir ini. Banyak variasi masakan yang bisa memperkaya indra perasa kita. Oke, yang suka berpetualang rasa..cobain dech Kuah Kaldu atau Kaldu Kokot ini..enak bener lho..!


Ini dia resep kiriman mba Lina ya...selamat mencoba :

Kuah Kaldu / Kaldu Kokot

Bahan: 
kokot/kaki sapi bisa diganti iga sapi setengah kilo atau ssuai selera ( aku pakai Iga sapi 1/2 kg )
kacang hijau secukupny, kira2 1 1/2 cangkir, 
2 cm jahe, geprek ( tambahanku sendiri biar kuah tambah sedep nggak amis )
1 liter air untuk merebus kaki sapi dan kacang hijau. 

Bumbunya halus: 
5 siung bawang merah, 
4 siung bawang putih, 
Merica, sedikit pala, garam, kaldu bubuk haluskan. ( aku tambah gula pasir 1 sendok teh )
Daun bawang secukupnya, dipotong kecil2, sisihkan. 
Bawang goreng secukupnya ( tambahan aku sendiri )

Cara Membuat :
Rebus kokot ( Iga ) sampai keluar kaldunya, kemudian masukkan kacang hijau, rebus sampai pecah dan daging empuk. Sambil nunggu kacang hijau pecah, tumis daun bawang setelah harum sisihkan. ( aku nggak ku goreng )
Kemudian tumis bumbu halus sampai wangi aromanya, dan masukkan ke air rebusan kokot ( Iga ) dan kacang hijau rebus sampai bumbu tercampur. 
Masukkan daun bawang goreng. Koreksi rasa
Setelah matang, sajikan dengan lontong, kroket singkong, ditambah kecap, sambal, dan irisan jeruk nipis. 
Sambalnya: cabai di goreng, diulek bersama kemiri, tambah sedikit garam

4

Sunday, December 20, 2015

Udang Masak Sedap Wangi


Masak-masak lagi yuk teman-teman. Kali ini resep kiriman dari mba Deny. Mba Deny berasal dari Blitar Jawa Timur. Nah..saat ini lagi mengadu nasib di negeri orang, tepatnya di Hongkong, sebagai assisten rumah tangga. Nah..ceritanya mba Deni punya resep andalan keluarga nich...warisan dari Ibunda beliau. Selama kerja di Hongkong, mba Deny juga sering masak menu ini untuk keluarga di tempat mba Deny kerja, dan ternyata di sukai keluarga di sana. Sampai-sampai..kalau ada acara keluarga atau pesta, menu ini pasti di request agar mba Deny buat untuk mereka. Dan kata mba Deny..memang menu-menu Indonesia..malah di sukai keluarga tempat mba Deny kerja di Hongkong. Wah..sipp dech..semangat ya mba..semoga bisa segera menyelesaikan kontrak kerja dan bisa berkumpul lagi dengan keluarga tercinta ya di Blitar.

5

Saturday, December 19, 2015

Bakwan Daun Singkong Dan Tahu


Menu selingan dulu ya teman-teman. Karena aku belum belanja bahan-bahan. Dari pagi mendung gerimis, mau ke pasar kok malas. Akhirnya sepagian malah bersih-bersih dapur basah bawah. Gara-gara mba artku yang suka naruh barang di tumpuk-tumpuk..bingung dech..kalau nyari alat-alat aku. Akhirnya ngalahin nata sendiri dan milah-milah barang sendiri tadi..tau-tau udah siang aja tadi. Eh belum masak. Ya udah..akhirnya buat makan siang beli Sop ayam aja..lanjut bersih-bersih sampai jam 2 an tadi..hihi. *Sukses nginem seharian..* karena mba art ku hari ini nggak datang.
4

Friday, December 18, 2015

Baceman Bawang


Menu give away kali ini spesial..karena bukan berupa masakan..tapi bumbu dasar yang bisa di gunakan untuk membuat aneka tumisan dan masakan. Sebenernya..sudah dari beberapa waktu lalu mau mencoba membuat Baceman Bawang resep kiriman dari mba Ocha ini, tapi lupa terus...karena tertimbun jadwal masak menu lainnya. Baru kemaren setelah melihat bawang putih bagus-bagus di bakul bumbu langganan di pasar..jadi ingat Baceman Bawang yang unik ini harus segera di coba. Akhirnya aku coba dan berhasil. Lumayan mengobati rasa penasaran..setelah beberapa waktu lalu membuat tempoyak, tapi gagal..karena jamuran..hahah. Mungkin kualitas durennya yang belum matang banget kali ya. Lain kali aku coba lagi. Nah..kalau Baceman Bawang ini lebih mudah dan nggak perlu waktu lama...cukup dua hari sudah bisa di gunakan untuk memasak.
34

Ayam Bekakak Khas Sunda


Menu Ayam lagi..nich Yodha lagi suka ayam...jadilah harus kreatif mengolah ayam. Biar nggak bosan. kali ini menu selingan ala aku sendiri ya teman-teman bukan resep give away, ini ayam Bekakak ala Sunda. Ayam Bekakak ini biasa di sajikan di acara istimewa. Intinya seperti ayam bakar bias di ungkep dulu bumbu komplet ada pedasnya gitu dan pakai santan, Keistimewaan ayam bekakak ini karena di sajikan dalam kondisi utuh, jadi lebih menarik gitu. 
4

Thursday, December 17, 2015

Sambal Lele Kemangi


Dingin..hujan gerimis dari pagi tapi awet. Nengok rice cooker nasi udah matang. Tapi kok belum masak lauknya..hihi. Aku jadi ingat kemaren beli lele, belum jadi aku goreng. Rencana kemaren mau mencoba resep kiriman mba Ririn dari Surabaya. Tapi kok udah masak Ayam Bekakak juga, akhirnya lelenya di simpan dulu dech. Walau sebaiknya..lele lebih enak segera langsung di goreng setelah mati ya teman-teman..agar citarasanya masih manis dan gurih. Tapi kalau cuma lewat sehari dan langsung masuk freezer sich nggak apa-apa juga. Akhirnya..menu sarapan yang sangat simple..enak dan cepat membuatnya. Resep kiriman mba ririn ini berbahan utama Lele..namanya Sambal Lele Kemangi. Aku penasaran, karena belum pernah membuat sambal berbahan lele. 
5

Bala-Bala


Papa..Bala-Bala...Mama Bala-Bala..hahah..ngaco..Bolo-Bolo kali ya..lagunya Tina Toon..! Menu selingan iseng ya teman-teman..lha wong cuma Bala-Bala alias bakwan aja di posting..hihi. Tapi nich unik lho..Bala-Bala a.k.a Bakwan Sunda..ternyata sedikit beda dengan bakwan biasanya. Bedanya apa tho Mbakyu ?..Beda bentuk...haha. Gara-gara kemaren waktu mau ke pasar...belum sarapan..perut keroncongan..lihat abang penjual Gorengan ala Sunda..lagi goreng Bala-Bala ini..hemm..harumnya menggoda. Aku yang biasanya jarang beli gorengan pinggir jalan pagi-pagi, jadi tergoda. Aku lihat Abang goreng ini gerobaknya bersih, terus cara menggoreng juga bersih, pakai sendok. Terus produk yang udah matang di tata bersih juga di gerobak..dan menggoda semua penampakannya. Aku lihat ada tempe yang di goreng krispi tipis-tipis, ada ubi goreng, ada molen, tahu Sumedang, dan Bala-Bala ini. Dan semua ukuran imut..murah meriah..hihi. Aku beli campur gorengan 30 ribu dapat banyak dech..sekalian beliin tukang yang kerja di rumah. Tapi setelah aku coba di rumah, nggak seenak penampakannya rasanya..hihi. Tapi lumayanlah. Yang paling aku suka..Bala-Balanya..unik..bentuknya bulat kecil..imut..dan rasanya kriuk di luar. Penampilannya itu lho lucu banget bulet tapi ada keriting dari sayuran yang di goreng kering jadi kecoklatan. Setelah aku periksa..oh cuma kol yang di potong kecil-kecil..hihi. Jadi Bala-Bala ala abang-abang gorengan Sunda ini isinya hanya kol dan daun bawang, tapi rasanya enak. Kolnya terasa manis di adonan bakwan. 

Jadilah sorenya aku penasaran bikin Bala-Bala ini sendiri..plus di tunjang hujan rintik-rintik..maunya nyemil gorengan dech. jadi triknya agar bentuk Bala-Balanya ini bisa bulat imut keriting, adonan itu di buat kental dan di banyakin sayurnya. Kalau versi abang gorengan Sunda di tempatku ini hanya kol dan daun bawang aja. Jadi jika mau di tambah sayuran lain silahkan, tapi aku suka kol..jadi ikut ala abang-abang gorengan Sunda ini aja aku. Dan setelah jadi..tara..lebih enak dech rasanya lebih sesuai selera kalau buat sendiri. Gurih..manis kolnya..berpadu cabe rawit hjau yang pedes dalam setiap gigitan..dan..nggak terhitung dech berapa biji Bala-Bala imut yang masuk mulut..haha. *cuma 5 kok..kalau nggak salah itung..lol..! *


Untuk membuat Bala-Bala yang renyah, pakai tepung terigu protein rendah ya teman-teman, atau bisa di tambah sedikit tepung tapioka. Air jangan terlalu banyak, nggak perlu pakai telur, karena nggak bisa renyah jika pakai telur, dan banyakin sayurannya..jadi ada efek keritingnya gitu luarnya. Menggorengnya juga di minyak yang agak banyak hingga terendam ya, jadi matang sempurna hingga bagian dalam dan luarnya jadi renyah kriuk. Membuat adonan bakwan juga jangan di uleni ya teman-teman agar nggak liat ( keras ) dan sayuran berair, cukup di aduk ringan pakai sendok. Oke, buat teman-teman yang mau coba, ini dia resepnya ya :

Bala-Bala

Bahan :
150 gram tepung terigu plus 1 sendok makan tapioka
200 gram kol, iris halus memanjang
1/2 buah bawang bombay, iris halus
1 batang daun bawang dan satu batang sledri, iris halus
Air secukupnya hingga adonan kental ( jangan terlalu banyak, jadi adonan bisa di sendokin bulat-bulat )
1 sendok teh kaldu ayam atau garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh gula pasir ( seujung jari..:D )
1 siung bawang putih, haluskan

Cara Membuat :
Campur semua bahan, adonan harus kental dan masih bisa di sendokin bulat
Koreksi rasa dengan cara menggoreng sedikit adonan, sudah pas belum gurihnya
Ambil dua buah sendok, bentuk adonan bulat, masukkan ke minyak yang sudah di panaskan 
Goreng hingga matang dan kering luarnya.
Sajikan hangat dengan cabe rawit

Noted :
Sayuran boleh di tambah wortel, tapi jangan taoge. Taoge jika masuk adonan bakwan dan tidak langsung di goreng bisa berair, nanti adonan jadi lembek...nggak bisa di bentuk bulat


24

Wednesday, December 16, 2015

Rabeg

 


Hujan-hujan gini..masak apa aja enak ya teman-teman. Apalagi yang pedes berbumbu menggugah selera..hemm...awas..nasi hangat jauhkan dari jangkauan ya..jadi makan bisa sedikit saja..hihi. Kali ini kita masak jerohan yuk. Dari berbagai macam kiriman resep..ada satu resep yang pakai jerohan nich. Karena aku suka jerohan..wajib di coba nich resep Rabeg, kiriman mba Pramita. Rabeg yang aku baca dari internet itu dari Banten ya..tapi yang ini versi Rabeg Indramayu, daerah asal mba Pramita. Resep ini resep warisan dari Eyang beliau yang di turunkan ke ibunda mba Pramita.
4

Tuesday, December 15, 2015

Bothok Rempelo Ati


Bothokkkkk ( baca Bothok biasa ya..hihi )...aku kok suka banget ya. Menu ini sehat..karena di kukus..tapi rasanya itu enak dan tetap sedep berbumbu kuat rempah, pedes dll..komplet. Jadi sebenernya menu sehat itu tetep bisa enak lho..bikin aja menu aneka pepes dan bothok gini..di jamin..tetep ngabisin nasi..hahah. Gak jadi sehat dong ya. Tenang..bisa ganti nasi merah kok. 
7

Baceman Tapak Walang


Menu selingan ala aku sendiri dulu ya teman-teman. Yodha lagi kangen makan yang manis-manis gurih..jadi aku buatin baceman Tapak Walang  ini. Nah..karena banyak teman yang penasaran tentang daging tapak walang ini, baiklah aku posting lagi variasi resepnya ya. Kalau di sini..tapak walang itu semacam koyoran yang bisa di masak sebagai pendamping kuliner gudeg khas Semarang, dan  sekitarnya. Selain di masak santan gurih atau santan pedas, di oseng, di semur, tapak walang ini juga enak di ungkep bumbu bacem, kemudian di goreng sebentar. Menu seperti ini bisa di cicipi di warung makan Gudeg Koyor Merak Mati yang terkenal..aku paling suka koyor gorengnya yang manis gurih seperti ini. Rasanya hampir sama dengan baceman tapak walang ini.

9

Monday, December 14, 2015

Ayam Bakar Solo


Beberapa waktu terakhir banyak mencoba aneka olahan ayam tapi versi daerah lain..membuat Yodha protes. Katanya kok sekarang jarang masak ayam bakar manis lagi..hihi. Baiklah Nak...apa sich ya nggak di buatin jika Yodha pengen. Akhirnya tadi ke pasar..ke tukang ayam langganan..ada ayam kampung yang besar, tapi ada yang separo..wah bejo..kata Yodha yang ikut ke pasar. Dia udah mulai libur, jadi suka ikut aku ke pasar. Langsung minta ayam bakar manis. Kebetulan ada mba Utik yang kirim resep ayam bakar khas Solo. Dulu waktu jaman kerja..sering ke Solo..sering makan ayam bakarnya..memang manis gurih..enak. Ternyata resep rahasianya itu pakai air kelapa dan kecap waktu mengungkepnya. Dan uniknya lagi bumbu di tumis dulu. Jadi beneran meresap bumbu-bumbunya, seperti semur gitu, tapi pakai ketumbar juga..di ungkep hingga kuah habis, lalu di bakar. Hemm..rasanya enak sekali..Yodha langsung lahap makan dech tadi. Apalagi ayam kampung seger ya Kak..pulang dari pasar langsung di oleh..memang terasa lebih manis dan gurih ayamnya.
7

Lentho Singkong Tempe Semangit


Dari beberapa hari lalu, sudah sangat ingin mencoba resep Lentho Singkong dengan tempe semangit kiriman mba Ertiana ini. Karena aku suka Lentho..jadi penasaran..jika di tambah tempe semangit dalam adonan..seperti apa rasanya. Seperti dugaanku..rasanya ternyata enak..gurih...seperti Combro, tapi nich di campur di adonan. Suka dech..anget-anget tadi cemal-cemil kok habis banyak ya..haha. tanggung jawab ya mba Ertiana..dietku jadi gagal maning..hihi. Wis..dietnya tunggu tahun baru aja kali ya..hahah. Biasanya kan setiap tahun baru..resolusi atau cita-cita pertama itu diet..tapi sampai tahun baru lagi berikutnya..nggak kelakon ( kesampian ) terus..hihi. Wis gak usah diet yo..sekarang kan lagi nge trend kan artis berbodi berisi..hihi. Sebut saja..seperti para pemeran serial komedi favoritku di chanel tivi luar, Melisa & Joey, My Crazy Ex Girl friend, Young & Hungry, kan semua bintang utamanya nggak langsing lho..tapi cantik seksi agak gemuk gitu..hahah. Siapa tahu malah jadi trend tahun depan ya yang seksi-seksi gitu..*Ngayal..*
3

Sunday, December 13, 2015

Ayam Betutu


Masih lanjut mencicipi menu   khas Bali ya teman-teman. Kali ini kiriman mba Laras. Menu yang sudah sangat terkenal pastinya ya dari Bali..yaitu Ayam Betutu. Aku pernah mencoba, tapi belum pernah masak sendiri. Jadi ketika mba Laras mengirimkan resepnya..wah seneng sekali aku..mendapatkan resep otentik, karena beliau asalanya memang dari Bali. Makasih mba resepnya..ternyata membuat Ayam Betutu sendiri mudah ya..dan lebih puas hasilnya.
2

Saturday, December 12, 2015

Jaje Batun Bedil


Happy weekend teman-teman. Tadi buat sarapan aku masak yang cepat dan simple nich..tapi rasanya..manis..legit enak banget. Jajanan tradisional ini beresal dari Bali..resep kiriman mba Wenny..beneran enak mba. Sepintas mirip kolak biji salak ya..tapi ini  lebih lembut kuahnya..karena ada campuran tepung berasnya..jadi ada rasa seperti bubur candil juga kalau di Jawa tengah...tapi lebih encer dari bubur. Wis..pokoke enak lah..hihi.

2

Friday, December 11, 2015

Ayam Menado



Buat aku yang lidah Jowo..sudah pasti suka menu yang gurih manis. Tapi..sesekali mencicipi masakan versi lain dari suatu daerah itu..sungguh..jadi petualangan rasa yang menarik. Banyak citarasa unik yang bisa di cicipi, memberikan gambaran ke lidahku..bahwa masakan yang enak tak hanya masak yang gurih manis..hihi. Seperti hari ini..aku masak Ayam Menado..kiriman resep dari mba Linda. 
15

Lepet Jagung


Buat teman-teman yang mengirim resep kue..siap-siap ya..Minggu ini aku selingin postingan kue-kue tradisional khas kiriman teman-teman dari berbagai daerah. Nich resep pertama yang simple dulu, menyeseuaikan bahan yang mudah di temui di tukang sayur tiap hari. Nah..kali ini aku coba kue Lepet Jagung, kiriman mba Desta. Dari dulu aku penasaran cara membuat lepat jagung ini. Pernah makan oleh-oleh Kak Yodha..jika menu snacknya lepet jagung pasti nggak di makan..dan di bawa pulang..di kasih Maminya..hahah. Ya..Yodha memang belum bisa suka kue basah atau jajan pasar.

7

Thursday, December 10, 2015

Soto Kuning Bogor



Lanjut yukk masak-masak menu Nusantara teman-teman. Kali ini kita mau pelesir ke Bogor. Ngomong-ngomong Bogor udah sering hujan belum ya ? Nich lagi galau..Yodha libur akhir tahun pengen ke Bandung atau ke Bogor..kalau mau ke Bogor sering hujan..kan sayang ya..hihi...soalnya tujuan utama pasti wisata alam..kalau Bogor. Sama mau nyicip Soto Kuning Khas Bogor. Tapi jika nggak jadi ke Bogor ya nggak apa-apa..soalnya udah ada yang kirim resepnya nich, jadi sudah nyicil nyicip Soto kuningnya duluan tadi..buat makan siang..:D

11

Wednesday, December 9, 2015

Pepes Ikan Peda Kunci & Bobor Boros Kunci



Yey...hari libur Nasional ya teman-teman..:D. Hari ini Yodha ngajak jalan..jadinya..postingnya telat. Tapi memang, suasana di luar, di pusat-pusat perbelanjaan rame..serasa hari libur. Hari ini kurir juga pada tutup..jadi sekalian rehat libur packing barang dech. Tapi..tetep posting resepnya ya..ini hasil masakan kemaren, aku coba masak pepes Ikan Peda Kunci, kiriman mba Sisca dari Surabaya. Makasih resepnya mba..wah..beneran..ngabisin nasi..pepes pedanya..hihi. 
6

Tuesday, December 8, 2015

Pindang Maranjat

 

Masih melanjutkan icip-icip kuliner menu ikan dari luar Jawa. Kali ini kita cicipin Pindang Meranjat yuk teman-teman. Masakan khas Sumatra Selatan ini kiriman mba Riri. Kata beliau ini merupakan menu favorit keluarga. Pindag ini mirip sama pindang bandeng kalau di Jawa, tepatnya dari Betawi. tapi bedanya, kalau Pindang Meranjat ini memakai ikan Patin, sedang Pindang Bandeng Betawi pakai ikan bandeng, dan ada uniknya, karena bumbunya di bakar dulu. Sedang pindang Maranjat ini bumbunya langsung cemplung ke kuahnya. Kalau rasanya..sama-sama enak dan seger. Jadi suka dech menu-menu ikan berkuah seperti ini. Lumayan bisa buat variasi menu jika lagi bosan sama menu ikan goreng atau ikan bakar.
8

Monday, December 7, 2015

IKAN MASAK (PALLU MARA)


Tadi pagi udah masak pagi-pagi..eh kok ya baru sempat posting jam segini..harap maklum ya teman-teman..kalau hari Senin lembur packing, karena ketumpukan orderan hari Minggu. Pagi tadi aku udah masak 2 macam menu ikan..dua-duanya dari luar Jawa. Yang pertama resep kiriman mba Siti Lestari. Beliau asli Jawa..tapi sekarang tinggal di Makassar. Resep ikan ini..namanya Ikan masak ( Pallumara ). Resep aslinya dari art mba Siti yang asli orang Bugis. Olahan ikan ini sering di masak art mba Siti untuk menu makan siang anak-anak di rumah, akhirnya jadi salah satu menu favorit keluarga. Ikan masak ini, salah satu menu masakan Bugis yang di terima lidah Jawa mba Siti..hihi. Aku jadi penasaran dech rasanya. 
6

Sunday, December 6, 2015

Ayam Goreng Sunda


Ayam goreng lagiii...hihi. Maaf ya teman-teman..soalnya yodha request Ayam goreng lagi..jadi pilihan menu untuk hari ini ayam lagi dech. Besok Yodha mulai test..jadi pengen masakin yang benar-benar dia suka..! Apa itu..ya Ayam Goreng pastinya. Kemaren ke supermarket..dia langsung angkut satu ekor ayam kampung..hihi. Nah..kebetulan banyak juga yang kirim resep ayam goreng, jadi aku pilih satu lagi..yaitu resep Ayam Goreng Sunda...kiriman mba Tami yang asli Sunda.  Pertama baca resep ayam goreng ini..aku kira mirip ayam goreng kuning pada umumnya. Ternyata beda lho. Ayam goreng Sunda ini nggak pakai ketumbar di bumbu halusnya, tapi pakai banyak rempah, seperti jahe, dan lengkuas yang di haluskan. Rasanya jadi gurih dan komplet bumbunya. Yodha suka banget..katanya lebih enak daripada beli di warung tenda ayam goreng Sunda langganan kami.
3

Cireng Kuah Cuko


Hari ini aku posting menu ringan selingan dulu ya, sebelum posting resep Giveaway. Hujan-hujan gini..bikin laper terus ya teman-teman. Tadi pagi..udah ke pasar..udah belanja banyak bahan untuk eksekusi resep-resep peserta Giveaway kiriman teman-teman. Minggu pagi sekalian cari sarapan di luar. Coba warung pecel baru..kurang enak..hihi..alhasil..jam 10 an kok udah pada laper lagi..karena sarapannya nggak semangat. Papinya Yodha minta cilok..halah..lha aku ya mblenger..kemaren abis mbulet-mbuletin cilok sekilo sama mba Elmi. Next time aja ya Pi..ciloknya..! 
5

Saturday, December 5, 2015

Ayam Pop


Menu minggu ini campur-campur dulu ya teman-teman..menyesuaikan bahan yang ada di freezer. Tadi mau ke pasar..eh kok udah siang. Suami musti tenis pagi-pagi...pulang siang, jadi pasti udah nggak dapat apa-apa jika ke pasar. Jadinya tengok  freezer aja, masih ada 1 ekor ayam kampung beli di supermarket. Jadi menunya ayam lagi ya teman-teman. Kali ini menunya jauh asalnya..nyebrang ke Sumatra Barat, kiriman dari mba Dita. Nama menunya..Ayam Pop. Sudah pernah coba Ayam Pop teman-teman ? Pasti sudah ya..di beberapa resto Padang ada ya menu ini. Aku sich kayaknya dulu pernah makan..tapi lupa rasanya. Seingatku ayamnya putihan gitu. Dan setelah baca resep dari mba Dita, baru tau..ternyata memang cara masaknya sederhana banget, dengan bumbu minimalis. 

9

Friday, December 4, 2015

Serunya *Cupcake Decorating Classes* di Sekolah Yodha


Maaf hari ini libur masak ya teman-teman..aku kebut posting menu Give Away Citarasa Nusantara besok dech. Tadi lagi ada acara di sekolah Yodha. Di mintain tolong sama Miss Ike..teacher kelas 4 di sekolah Yodha untuk mengisi acara cooking class, dengan tema  menghias cupcake. Jadi dari pagi sibuk bikin cupcake..plus request anak-anak kelas 4, kata Yodha teman-temannya pada minta di bawakan Cilok..ya udah..dari pagi juga sibuk bikin cilok, biar fresh. Makasih mba Elmi udah bantuin di rumah tadi ya. Untung di bantu mba Elmi, jadi bisa *in time..sampai sekolah masih longgar waktunya sebelum acara.
4

Thursday, December 3, 2015

Bakwan Jagung Pedas Aroma Kencur



Hari ini mau buat jajanan lagi buat tukang yang kerja di rumah. Hemm..buat tukang aja kok repot ya..tinggal beli jajanan di pasar atau pinggir jalan. Begitu kali ya pikir  orang lain. Tapi beneran aku udah kapok je beli jajanan pinggir jalan itu..udah mahal..kadang rasanya kok asal-asalan gitu ya teman-teman. Jadi selain sayang...aku juga nggak tega kasih makanan yang rasanya begitu-begitu saja ke orang-orang yang udah bantu kita seharian..di suruh apa aja mau. Akhirnya ya tetep..walau repot ya aku pasti buat jajanan sendiri. Biar cepat, biasanya aku pilih jajanan yang mudah dan enak. Paling sering sich gorengan. Tapi walau cuma gorengan..di banding beli di pinggir jalan..100 persen lebih enak, jika kita buat snediri kok teman-teman.
12

Rendang Kerang


Akhirnya nyebrang ke luar Pulau Jawa nich teman-teman..kali ini kita mau mencicipi rendang ya. Rendnag daging..sudah biasa dan sudah sering makan pasti ya teman-teman. Gimana kalau mencicipi rendang jenis lain...pasti akan jadi petualangan rasa baru yang menarik. Dan..beneran..setelah mencoba menu rendang kerang ini memang unik..beda dan tentu saja enak..harum wangi semerbak waktu masak..sudah mengundang selera. Pas udah matang, bumbu rendang yang sedep di masak perlahan sehingga meresap dan menyelimuti kerangnya..wah..enaknya.
12

Wednesday, December 2, 2015

Crackers Isi Tape


Menu snack ringan selingan dari aku ya teman-teman..biar nggak bosan dengan menu masakan terus. Tadi pas kebetulan buat snack untuk tukang yang kerja di rumah. Seperti biasa..*gresek-gresek ( cari sisa-sisa bahan )..cari apa yang ada di kulkas. Dan ketemulah...tape mentega yang aku beli di supermarket beberapa hari lalu. 

18

Kepala Ikan Manyung Masak Kluwak


Lanjut, masak ikan-ikan lagi dan seafood nanti untuk minggu ini ya teman-teman..dalam jelajah citarasa etnik Nusantara. Kali ini resep kiriman mba Rina, yaitu Kepala Ikan Manyung Masak Kluwak. Jadi menu ini sangat unik, karena bumbunya seperti rawon, tapi di masak hingga kental. Dan yang di masak bukan daging, tapi kepala ikan manyung. Dalam bahasa Jawa kepala ikan Manyung itu di sebut Ndas Manyung. Aku taunya di Semarang dan sekitarnya itu paling sering di masak mangut. Jadi begitu mba Rina kirim resep andalan ibu mertua beliau dari Surabaya, aku langsung penasaran..secara di sini kepala ikan manyung melimpah ruah. Jadi bosan juga jika di mangut terus. Setelah aku coba..wah..enak..kuah kental seperti kuah rawon atau brongkos menyelimuti kepala ikan manyung yang gurih. Karena di masak lama, maka bumbu-bumbu meresap sempurna dalam kepala manyungnya..wah beneran.*nglawuhi..kata orang Jawa..kuah kentalnya aja enak untuk makan nasi hangat...:D
1

Tuesday, December 1, 2015

Iwak Pe Sambal Kemiri


Wah..cepet banget waktu berlalu. Tadi pagi-pagi sudah ke pasar, terus masak resep kiriman Give away..sudah sarapan enak pakai menu baru. Mau posting..eh masih ada tugas packing harian yang menumpuk..akhirnya..kerja dulu..baru selesai jam segini. Jadi menu ini sebenernya menu sarapan tadi pagi..tapi mungkin akan jadi menu makan siang juga..hihi..karena belum sempat masak lagi. Tapi menu ini enak sekali..aku suka. Menu sederhana yang di tanggung bakalan ngabisin nasi..:D
3

Monday, November 30, 2015

Setup Pisang & Kolang Kaling Gulanas


Mendung-mendung begini, pengennya minum minuman yang hangat ya teman-teman. Akhirnya tengok ke dapur..nemu pisang kepok matang yang aku beli di pasar Minggu kemaren. Pas..di kulkas juga ada stock manisan kolang kaling..hihi. Pas semua ya..! Pas banget aku pengennya cepat menyeruput Setup Pisangnya..jadi buatnya juga cepat-cepat aja. Nah..kebetulan juga aku punya stock GULANAS. Gula cair yang praktis dan nggak pakai repot untuk membuat aneka minuman dan makanan. Aku memang suka menyetok GULANAS  ini di dapur..ya buat jaga-jaga kalau mau buat minuman dengan cepat seperti sore tadi.
4

Botok Ikan Patin


Happy  Monday..maaf  postingan hari ini rada telat ya teman-teman..saking bingungnya memilih resep-resep yang di kirim teman-teman, akhirnya aku putuskan Minggu ini resep ikan dan seafood dulu ya..karena ternyata banyak banget yang kirim aneka resep ikan. Nanti untuk daging dan ayam, masih tetap lanjut, karena banyaknya kiriman resep yang belum aku coba. Jadi biar nggak bosan ya..menunya..minggu ini ganti ikan dan seafood dulu dech.
10

Sunday, November 29, 2015

Mencoba Membuat Tempoyak Sendiri


Hari Minggu ini off dulu posting resep peserta give awaynya ya teman-teman..jadi hari ini hari terakhir vote postingan selama satu minggu kemaren..jadi mohon bantuan kepada teman-teman lain  yang nggak ikut give away, kiranya bisa memberikan penilaian dengan cara memberikan like kepada resep masakan tradisional favorit teman-teman ya...di page Diah Didi's Kitchen di Facebook. Kebetulan juga hari Minggu lagi ada acara di luar tadi..jadi baru pulang jam segini. Jadi aku posting yang ringan-ringan aja ya di weekend ini.

7

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel