Google Ad

Tuesday, November 13, 2018

Tips Mengolah Cumi Hitam Agar Empuk



Kemaren aku masak Cumi hitam atau Cumi Tinta lagi, dan ternyata masih banyak teman-teman yang menanyakan tips cara mengolah Cumi Tinta agar warnanya bisa hitam cantik dan nggak alot.
1

Saturday, November 10, 2018

Tumis Ayam Mede



Maaf telat posting di web ya teman-teman, minggu ini jadwal aku padat sekali hihi. Masak juga menu yang simple-simple aja. Ya gimana udah tanggung jawad kerjaan secara profesional kudu di jalani ya, walau badan capek sebenernya, butuh piknik...hihi. Tapi belum ada kesempatan...kesempatan waktu terutama, karena kerjaan tumpuk menumpuk. Alhamdulillah di syukuri aja ya.
0

Tuesday, November 6, 2018

Rempeyek Teri


Sudah mau masuk musim penghujan ya teman-teman. pasti keluarga di ruma tambah doyan makan nich jika musim dingin gini hihi. Waktunya nyetok lauk-lauk kering juga nich, jadi jika swaktu-waktu mau makan, tapi nggak ada lauk, sudah cukup bisa menemani sayur seng, lodeh, dll lho kalau ada stok lauk kering di meja makan.
0

Friday, November 2, 2018

Wedang kacang Tanpa Santan


Lagi pengen Wedang kacang. Tapi mau turun ke kota bawah kok males jauhnya. Nggak tau akhir-akhir ini Semarang macet parah. Jadi kita lebih suka anteng di rumah. Makan menu rumahan yang di masak sendiri. Kalau ngga penting banget nggak turun ke kota Semarang bawah.
0

Tuesday, October 30, 2018

Nugget Mie


Menu Yodha sarapan tadi pagi, aku baut Nugget Mie. Resepnya dari Mi Burungdara.com, kebetulan lagi ada proyek recook resep-resep berbahan Mie Burung Dara, jadi ini aku paka resep dari Website mereka, aku tambahain aja kaldu jamur dikit agar gurih.
0

Friday, October 26, 2018

NASI BAKAR AYAM JAMUR


Waktunya healthy menu with Kongbap ya teman-teman untuk minggu ini. Aku masak yang praktis aja. Nasi Bakar Kongbap isi Ayam Jamur.  Nasi bakarnya versi praktis, dari Nasi Kongbap Rice cooker aja, terus di isi tumisan ayam jamur, lalu di bakar di teflon dech,

8

Tuesday, October 23, 2018

Ikan Asin Rambut Setan


Nama resepnya serem ya teman-teman..hihi. Ini modifikasi dari Ayam Rambut Setan ala Mbah Jingkrak yang dulu udah pernah aku post. Aku ganti pakai ikan asin kok enak juga. Menu ini berhasil mengatasi rasa malas makanku beberapa hari ini.
1

Saturday, October 20, 2018

Sayur Bening Pucuk Labu


Mumpung di rumah aja malam minggu, nyicil untuk post resep-resep baru yang belum sempat aku posting di web ah. beneran kalau lagi sibuk itu kehabisan waktu, sampai banyak resep baru yang belum aku posting huhu.
0

Wednesday, October 17, 2018

Oseng Terong Ungu


Terong ungu biasa di Balado aja ya teman-teman, tapi sebenernya bisa di olah jadi aneka menu lho. menu favoritku akhir-akhir ini Oseng Terong Ungu dan Terong Ungu bakar hihi. Rasanya itu enak sekali. Cara masaknya juga gampang dan cepat.
0

Tuesday, October 16, 2018

Krengsengan Sapi Pedas


Menu tadi malam, Krengsengan sapi pedas. Biasanya, kala masak Kresengan aku bikin manis aja, jika pakai cabai paling 5 buang biji karena masakin Yodha. Tapi karena kemaren Yodha udah punya menu Ayam Masala, aku buat Pedes aja Kresengannya untuk aku dan suami.
0

Friday, October 12, 2018

Puding Nangka Gula Merah



Cuaca masih panas..panas..panas...ya teman-teman. Enaknya bikin yang seger-seger nich. Aku buat Puding. Tapi tetep Pudingnya selera Jowo hihi. Puding nangka dan gula merah. Aslinya lebih Jawa lagi, pakai santan. Tapi karena lagi diet aku ganti pakai cream pengganti santan aja, dan suamiku suka, hampir separuh loyang di habisin hahah.

5

Tuesday, October 9, 2018

Bakso Ayam Kenyal Empuk


Hari ini kepengen bikin Bakso, tapi hanya punya daging ayam di freezer. Jadinya bikin Bakso Ayam aja. Tetep enak rasanya. Di sajikan bersama kuah kaldu ayam bening, rasanya seger sekali. 
Kebetulan kemaren bikin Batagor, Pangsitnya masih ada juga, jadi aku sajikan sama Bakso Ayamnya. Enak, jadi ada komplet isinya.

1

Sunday, October 7, 2018

Sayur Asem Jawa / Jangan Asem Glandir



Cuaca masih puanas ya teman-teman, males ke mana-mana nich jadinya jika tidak penting banget, karena badan jadi mudah capek dan gampang sakit ya jika kecapekan karena dehidrasi panas gini. Yodha aja mau agak-agak flu ini kecapekan,makanya libur bikin video resep dia.
0

Friday, October 5, 2018

Bento Kongbap Lagi



Hallo, tak terasa udah jumat lagi ya teman-teman, waktunya menu bersama Kongbap nich.

Kali ini Bento lagi nich, karena Kongbap lagi ngadain lomba kreasi Bento lho di instagram. Ikutan ya teman-teman. Kongbap tau kan ? Apa harus aku jelasin lagi ? Hihi..

2

Thursday, October 4, 2018

Puding Coklat Lapis Vanilla


Musim masih panas, tiap hari maunya yang seger ya teman-teman. Kemaren aku buat ini nich Puding Coklat Lapis Vanilla. Pokoknya kalau bikin Puding, biasanya ya rasa coklat aja favorit Yodha hihi. Karena puding jenis lain  kurang suka. 
2

Tuesday, October 2, 2018

Bobor Mbayung



Menu hari ini terenak sedunia hihi, enak versi aku sich. Cuaca akhir-akhir ini super panas ya teman-teman. Di Semarang 34 C , sumuk, gerah..makan garingan nggak enak. Jadi harus pakai yang berkuah gini baru seger ya.
0

Saturday, September 29, 2018

Oseng-Oseng Mercon Kikil & Kacang






Hari ini aku masak Oseng Mlagi, tapi aku kombinasikan dengan kacang panjang. Jadi lebih komplet dech kan, sekali masak dapat sayur juga hihi. Yang namanya Kikil itu salah satu favoritku. Tak pernah bosan. Daripada daging aku lebih pilih Kikil hihi.
4

Friday, September 28, 2018

Heci Mini Isi Ayam


Sore tadi mau bikin Heci khas Malang, tapi kok cari centong sayur yang agak gepeng kok nggak nemu, akhirnya aku cetak akali cetakan takoyaki aja, terus aku goreng lagi. jadinya Heci modern ya hihi.
2

Wednesday, September 26, 2018

Nasi Goreng Brebes



Pertama makan Nasi Goreng Brebes ini nggak sengaja. Waktu itu Yodha minta nasi goreng, di beliin sama papinya. Karena warung langganan Yodha tutup, sama papinya di beliin nasi goreng Brebes yang warungnya ada di dekat rumah. Waktu buka bungkusnya sich udah pesimis dulu, kok warnanya pucat, nggak gelap berkecap, sementara Yodha biasanya suka Nasi Goreng berkecap. Tapi setelah aku cicipi sesendok, rasanya kok lumayan enak, malah soft bumbunya tapi terasa gurih dan nnga mblenger kecapnya. Dan Yodha pun suka, akhirnya sering beli dech di situ.

0

Monday, September 24, 2018

Lapis Maizena


Maaf teman-teman, jadwal postingku jadi kacau..huhu. Memang kadang kalau di pikir-pikir kurang waktu ngerjain ini, itu, tau-tau kok udah sore aja hihi. Setiap hari ada aja ngerjain proyek motret produk, atau video, jadinya ya gini keteteran. Semoga bisa tiap hari update di blog lagi ya, dan aku bisa mengatur waktu dengan lebih baik lagi, amin.

Beberapa hari lalu aku motret produk untuk tepung Miazena, aku buat dua foto, ternyata yang di pilih sama klien, foto masakan, baiklah sayang ya jika foto satunya di anggurin, sayang resepnya juga. Jadi aku posting di sini aja ya resepnya. Kue lapis biasanya pakai tepung beras dan tapioka, nah kemaren aku coba pakai Maizena, ternyata sama enak kuenya. Gurih, empuk lembut, sedikit kenyal. Cobain dech teman-teman, ini aku share langsung resepnya ya.

Tips agar kue lapis mulus, ngukusnya api sedang saja ya, jangan terlalu besar. Kalau terlalu besar bisa keriput lapisannya. Jangan lupa alasi tutupnya dengan serbet ya, agar uap air tidak menetes. Dinginkan dulu kuenya ya sebelum di potong, alasi pisau dengan plastik. Jika mau, bisa di buat kue lapis mini juga ya teman-teman, satuan gitu, jadi nggak perlu repot motong-motong kuenya hihi.
Kue Lapis Maizena

Bahan :
250 gram Tepung Beras kualitas bagus
100 gram Tepung Maizena
800 ml santan kental dari 1 butir kelapa
200 gram Gula Pasir
1/2 sendok teh garam
2 tetes pewarna hijau atau pasta pandan
1 tetes pewarna merah tua

Cara Membuat :
Rebus santan, Gula, Garam hingga mendidih tapi jangan sampai pecah ya 
Biarkan hangat, campur dengan kedua macam tepung
Ambil sedikit adonan, beri pewarna merah
Sisanya bagi dua bagian, satu bagian beri  pewarna hijau
Panaskan kukusan. Olesi cetakan loyang panjang kecil dengan minyak
Beri adonan warna hijau satu takaran, kukus 5 menit
Beri adonan putih satu takaran, kukus 5 menit
Lanjutkan selang seling adonan hijau dan putih bergantian selapis demi selapis
Terakhir  paling atas, beri adonan warna merah, lalu kukus kembali selama 15 - 20 menit
Dinginkan
Lepas dari cetakan, potong2, sajikan
3

Friday, September 21, 2018

Kreasi Bekal Kreatif Kongbap


Malam, alhamdulillah bisa posting lagi hihi. Setelah sibuk ini, itu akhirnya posting di dapur sini juga. Seperti biasa, hari Jumat, waktunya Menu With Kongbap ya. Nah kali ini aku mau share ide bekal kreatif nich yang memakai Kongbap.
5

Tuesday, September 18, 2018

Oliballen Pisang



Maaf ya teman-teman, update jadi nggak rutin di sini, jadwalku kacau hihi. Tapi aku usahakan segera menyimpan resep-resp baru yang sudah aku share di instagram di sini. Takut lupa dan malah tertimbun kan sayang sekali. 
6

Saturday, September 15, 2018

Sakura Sushi Abstrak ?


Hari ini Yodha minta Sushi. Nah..rencananya aku mau bikin Sushi yang beda gitu aku bentuk bunga Sakura. Tapi jadinya kok malah motif abstrak gitu hahaha. Gara-gara aku menggulung sushinya terlalu semangat. Padahal bikin gulungan nasi di dalamnya udah semangat rajin kecil-kecil panjang gitu aku timbang per 30 gram nasinya, harusnya jadinya itu cantik bulat seperti kelopak bunga, lha ini aku gulung terlalu kuat, jadi gulungan nasi di dalamnya jadi penyok, jadinya bukan motif bunga, tapi motif abstrak ya...Lol..!
1

Friday, September 14, 2018

Masak Bersama Chef Rudy Choirudin


Jumat minggu lalu aku ke Surabaya di undang untuk menjadi bintang tamu acara masak Rudy dan Sahabat yang tayang di RCTI setiap hari Minggu.  Awalnya kaget nggak percaya di undang Mas rudy langsung..wah langsung nggak pakai mikir aku iyakan. Apalagi syutingnya di Surabaya. Biasanya kalau ada undangan ke luar kota mikir panjang lebar dulu, ini langsung aku terima..karena..aku nge fans sama Mas rudy dari jaman remaja hihi.

10

Monday, September 10, 2018

BEBEK PUTRI MADURA


Masih punya sepotong Bebek Ungkep yang di masak Yodha tadi, aku buat ini aja.

Seperti ini lho penampakan Bebek Putri Madura teman2 yang nunggu resepnya ya.. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š Kalau habis kulineran dan ada yang mengena di hati, pasti aku langsung coba, agar tidak lupa dan masih terbayang citarasa aslinya gimana, bahan2 nya apa saja, udah gitu, jadi punya catatan jika kapan2 pengen masak itu. 

Dari berbagai kuliner di surabaya yang Aku coba, paling terkesan ya Bebek Putri Madura ini. Cari referensi resep belum banyak yang mengulas, paling hanya baca2 liputan kuliner dari berbagai media tentang Bebek Putri Madura ini yang konon katanya adalah sajian para Bangsawan yang di sajikan di acara2 tertentu. 

Tapi penampakannya memang unik, Bebek Goreng di tabur tumisan cabe iris dan bawang merah putih utuh, beneran masih utuh lho kemaren waktu coba di bebek Harissa, sampai Yodha ketawa2 kok bawangnya masih utuh๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
Kalau aku tadi tak belah dua bawangnya biar aromanya keluar pas di tumis.

Terus ada tomat hijau iris, ada Kacang Goreng dan sedikit Teri Medan goreng yang di campur dalam tumisan. Ada lalapan ketimun dan kemangi harusnya, ada taburan bumbu ungkepan yang di goreng juga harusnya, tapi tadi karena bumbunya di blender sama Yodha jadi halus, nggak ada ampas bumbunya lagi ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Kalau aku yang paling penting tumisannya itu ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Terus bumbu tumisannya itu gurih samar2 aja, bumbu minimalis jadi enak.
Kalau di bebek Harisa rahasianya dari yang aku baca di tumis pakai minyak sehat, olive oil, kalau aku tadi pakai minyak jagung yang biasa aku pakai ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… 

 Ini resepnya ya teman2, tapi ini aku buat untuk satu porsi ya, karena tadi cuma sisa sepotong bebek ungkepnya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… 

BEBEK PUTRI MADURA. 

Bahan: 1 potong bebek goreng 
Bumbu : 2 cabe merah besar, 2 cabe hijau besar, Iris serong, 5 cabai rawit, biarkan utuh, 5 bawang merah, 3 bawang putih, biarkan utuh atau belah dua, tumis bumbu hingga layu, masukkan 50 ml air, 2 tomat hijau kecil, yang potong2..1/2 sdk teh kaldu jamur/lainnya. Sedikit garam jika perlu. 1/4 sdk teh gula, 1/2 sdk makan Teri Medan goreng, 1 sdk makan kacang tanah goreng, aduk rata dan masak hingga meresap bumbunya. Jangan overcooked ya agar rasa cabe dll tetep krenyes2 seger.. Selamat mencoba ๐Ÿ˜˜

Resep Bebek Ungkepnya di sini ya :

1

Friday, September 7, 2018

BEKAL SEHAT KONGBAP


Untuk anak-anak yang masih sekolah TK, SD, tentu masih bawa bekal, tiap hari teman-teman. Pastinya butuh banyak ide bekal yang unik dan menarik nich. Aku mau kasih ide ya, menu bekal enak, sehat dan pastinya menarik untuk anak-anak ya.
0

Wednesday, September 5, 2018

Paru Goreng Lengkuas



Maaf dua hari absen posting ya teman-teman..sibuk bener. Hari ini mau mulai nyicil menyimpan resep-resep baru di web agar tersimpan di sini juga, jadi teman-teman mudah mencarinya lewat google search ya jika membutuhkan kapan saja.
4

Saturday, September 1, 2018

LODEH PARE


Alhamdulillah Semarang sudah di guyur hujan dari siang hingga malam. Seger rasanya setelah lama panas terus. Sampai lele di kolamku pada ngamuk kekurangan air hihi. Lelenya besar-besar soalnya...jadinya kalau airnya habis itu kayak marah badannya di gerak-gerakin hingga bunyi keras gitu. beneran lho..Lelenya di kolam rumahku itu mungkin beratnya bisa sekilo lebih satu ekor atau bahkan 2 kg, jadi kalau gerak heboh...hihi.
3

Friday, August 31, 2018

SAMBAL GORENG LABU DAN TAHU BUMBU EBI


Hari ini Yodha camping ..jadi terasa sepi di rumah. .๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Biasanya ada celoteh usil Yodha tiap sore gangguin Maminya..pokoknya walau cuma berdua di rumah jika papinya belum pulang tuch heboh dengan keusilan dan celotehan Yodha. Baru di tinggal camping aja begini, gimana ntar kalau Yodha udah nikah ya...๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
1

Wednesday, August 29, 2018

ROLLADE DAUN SINGKONG & TAHU


Kalau ke pasar itu mesti beli tahu atau tempe, tak pernah ketinggalan. Namun, kudu pintar mengoalhnya menjadi makanan lain, kalau cuma di goreng aja, suka nggak di makan di rumah, paling aku aja yang makan..hihi. Tapi kalau di olah jadi cemilan sperti Rollade tahu dan daun singkong ini, pada suka dech...cepet habisnya.

ada berbagai macam Rollade daun singkong, ada yang di campur tahu langsung, ada yang di goreng celup tepung langsung, ada juga yang di buat rollade yang sperti aku buat ini di kukus dulu. Paling suka yang ini sich kalau suamiku. Jadi adonan tahu, di tumpuk rebusan daun singkong, di gulung, kukus baru di goreng.

Agar Rollade tidak hancur ketika di potong, tunggu hingga benar-benar dingin ya teman-teman. Jika perlu bisa di dinginkan dulu di kulkas. Pakai pisau yang tajam, jadi rapi dech potongannya. Selanjutnya donan bisa di goreng dnegan celupan kocokan telur atau adonan tepung, sama seperti adonan pencelup mendoan gitu ya.

Oh ya jika pakai tahu yang berair, di peras dulu ya agar hasil rollade keset. Rebusan daun singkong juga di peras dulu. Waktu merebus tambahkan sedikit garam agar sedikit gurih. Jika mau sekalian bikin banyak, bisa di simpan di kulkas kok, tahan beberapa hari Rolladenya.

Oke, aku share ya resepnya teman-teman..selamat mencoba...

ROLLADE DAUN SINGKONG & TAHU

Bahan :
300 gram tahu 
1 butir telur
2 bawang putih
1/4 sendok teh merica
1/4 sdk teh gula pasir

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata, koreksi rasa dnegan cara menggoreng sedikit adonan
Ambil selembar daun pisang, beri adonan, letakkan daun singkong di atas adonan, gulung dan padatkan
Bungkus daun pisang seperti bentuk lontong, semat kiri kanan 
Kukus selama 30 menit
Dinginkan, potong-potong
Selanjutnya bisa di goreng dengan kocokan telur atau adonan tepung seperti mendoan. Kali ini aku goreng dengan celupan adonan tepung,

Untuk lebih detail cara membuatnya, silahkan cek di video berikut ini ya teman-teman.



1

Tuesday, August 28, 2018

Tips Membuat Tahu Isi Yang Enak


Tahu isi, salah satu cemilan favorit di rumahku. Aku suka, Yodha dan papinya juga suka. Cemilan mudah, murah meriah. Tapi kalau beli kok ada aja yang kurang sreg, ntah itu isiannya atau adonan pencelupnya. Kadang isiannya kurang gurih atau rasanya aneh, itupun cuma sedikit sekali isinya hihi.  Kadang pencelupnya keras atau alot, jadi kurang suka beli gorengan Tahu Isi, lebih sering bikin sendiri di rumah. Terakhir iseng beli minggu lalu harganya udah 2500 per biji, wo alah, mahal juga ya.. hahah.Padahal kalau bikin sendiri dengan murah meriah bahannya.
7

Monday, August 27, 2018

Menu Piring Terbang


Menu piring terbang ini maksudnya bukan menu Ufo gitu ya teman-teman hihi. Tapi menu yang di sajikan di hajatan jaman dulu. Di yogya sampai aku remaja masih gitu, masih sering "laden" ( membantu di acara pernikahan, menyajikan makanan untuk tamu2, ya berupa makanan yang sudah di tata di piring gitu satuan dengan porsi secukupnya , bisa di katakan sedikit baik nasi atau lauknya hahah.

Yang paling umum sich di tempatku itu sambal goreng kreni, acar, telur pindang dan kerupuk udang. Itu udah termasuk menu mewah lho hihi. Sayang sekarang udah jarang tradisi seperti itu, biasa udah di ganti menu prasmanan semacam bakso, soto gitu dech yang praktis.

Tapi kemaren waktu kondangan ke Klaten kok masih ketemu menu piring terbang gini. Menu pertama yang di sajikan itu snack, kemudian sup, lalu di akhiri dengan menu utama nasi, sambal goreng kreni dan pelengkap seperti di fotoku itu, sama dessert berupa es puter hihi. 

Ada juga versi Solo, biasanya menu utama itu Selat Solo atau Galantin hihi. Seru pokoknya semua orang kebagian menu dan prosi yang sama. Mau di makan atau tidak, pokoknya semua di beri bagian per piring dan di sajikan bertahap.  Repotnya kalau tamunya banyak hahah. Kadang yang depan udah kebagian menu utama, yang belakang baru dapat sup. Tapi biasanya sudah di atur sedemikian rupa agar penyajian cepat dan lancar. Mau coba menu seperti ini teman-teman, ayuk kondangan ke Jawa..hihi. Atau mau masak sendiri di rumah, ini aku share ya resepnya, bisa untuk menu pengajian atau arisan di rumah juga lho teman-teman :

Sambal Goreng Kreni

250 gram daging cincang, tambahkan 1/4 sdk teh garam, dan setengah butir putih telur, bentuk bola kecil, rebus di air mendidih hingga terapung

Iris 8 bawang merah, 3 bawang putih, tumis, masukkan 200 gram cabai merah teropong, buang biji, iris halus. Tumis hingga cabai matang. Masukkan 2 cm lengkuas, dan 2 lembar daun salam.
Masukkan santan atau bisa pakai

 air 350 ml, 2 sdk mkn fibercreme
Tambahkan garam secukupnya, 1/2 sdk teh kaldu sapi dan 1/2 sdk mkn gula merah, secukupnya.
Masukkan Kreni, masak api kecil hingga meresap . Tambahkan kapri jika suka. 

Sajikan dengan Acar, kerupuk udang, dan telur pindang.



13

Friday, August 24, 2018

NASI JAMBLANG KONGBAP


Hai, kembali lagi nich di postingan  Friday menu with Kongbap ya teman-teman.
Hari ini aku bikin Nasi Jamblang khas Cirebon . Lumayan komplet lauknya,  ada beberapa macam. Walau ngga sekomplet seperti di warung-warung Nasi Jamblang di Cirebon ya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
3

Wednesday, August 22, 2018

Rendang Iga Pedas


Selamat merayakan hari raya Idul Adha teman-teman. Aneka menu berbahan daging sudah banyak aku share ya di sini, di search aja jika perlu resepnya. Search resep bisa dari google, misal resep Gule Diah Didi, resep Tongseng Diah Didi, gitu aja caranya mudah dan cepat, karena tombol search di webku agak error. Atau jika mau lihat dalam satu postingan, dulu aku pernah bikin postingan kumpulan menu Idul Adha juga , silahkan klik di link berikut ya di SINI.

3

Sunday, August 19, 2018

PUDING KACANG HIJAU


Lama nggak bikin Puding. Di rumah pada kurang hobby makan Puding, kecuali puding coklat, itupun udah agak bosan Yodha. Tadi iseng siang aku mau bikin minuman sari kacang hijau kok  berubah haluan jadi bikin Puding. Alhamdulillah nyes rasanya dan pada suka.
2

Friday, August 17, 2018

Oseng Kikil Kecap Cabai Hijau


Menu favorit di rumah..favoritku dan suami..Oseng Kikil Cabai hijau. Walau kalau suami makan di ambilin Kikilnya aja hahah. Kalau aku kok suka sekali cabai hijau ya, apalagi di oseng gini, rasanya jadi unik dan khas ada aroma sedep gimana gitu.

2

Tuesday, August 14, 2018

Oseng Triwis / Criwis / Cuciwis dan Udang


Lagi musim sayuran Criwis / Triwis atau Cuciwis nich di pasar..namanya banyak ya..yang penting ada..wis di belakangnya hahah. Lha aku bilang cuciwis, tukang sayur langgananku bilang Triwis, di pasar bilangnya Criwis, yo wis..yang penting akhirannya ada wis...lol..!

2

Sunday, August 12, 2018

Sambal Roa


Beberapa hari lalu aku posting tentang sambal roa, eh ada teman dari ternate..mba Tary nawarin Ikan Roa yang masih dalam bentuk ikan asap..wah senang banget rasanya. Biasanya taunya udah jadi sambal aja...di kirimi ikan Roa ini sama senengnya waktu dapat kiriman Oncom hahah.


6

Wednesday, August 8, 2018

Combro Pedas


Kemaren aku coba inovasi baru di dapur, Combro pedas isi sambal...hihi. kebetulan sich punya sambal ikan roa...sejenis ikan asap gitu, jadinya aku coba bikin Combro dan hasilnya enak lho teman-teman.
1

Tuesday, August 7, 2018

Gurame Krispy Acar Kuning


Menu Yodha sore ini , tumben dia request menu ikan . Katanya mau ikan goreng saus kuning yang asam segar gurih manis. Pertama aku mikir apa ya,  ternyata yang di maksud yodha adalah acar kuning ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
1

Monday, August 6, 2018

Tips Memulai Usaha Kuliner di Rumah



Teman-teman adakah yang punya niat atau keinginan untuk memulai usaha online namun sebatas wacana dan belum juga di jalankan hingga sekarang ?
Ayuk semangat ya, di jaman serba canggih dan mudah sekarang ini berjualan online tidak begitu sulit kok. Kalau jaman dulu kita menjual produk harus menawarkan secara langsung ke pembeli, dengan resiko malu jika di tolak, capek muter-muter nggak ada barang yang terjual, atau menunggu toko seharian tanpa ada pembeli datang, duch sungguh banyak waktu terbuang percuma ya.

1

Friday, August 3, 2018

Nasi Gegog Khas Trenggalek dengan Kongbap




Nasi Gegog adalah makanan khas Trenggalek dan sekitarnya. Dulu aku pernah makan versi Ponorogo yang memakai kelapa parut, kali ini aku mencoba versi yang Trenggalek yang langsung tumisan pedas aja bumbunya. Wah ternyata sama enaknya.
1

Thursday, August 2, 2018

Pepes Ayam Bumbu Bali



Aku lagi suka masak pakai Airfryer lagi, soalnya keamren dapat kesempatan mereview Philips Airfryer itu lebih oke dari punyaku yang lama. Yang ini lebih mudah di pakai dan cara membersihkannya juga mudah, jadi nggak repot.

1

Monday, July 30, 2018

EMPIS-EMPIS TEMPE


Menu ini favorit di rumahku , apalagi jika udah nginep , makin meresep,  makin di panasin makin sedep rasanya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Menu ini kalau di temanggung namanya Empis-Empis. Isinya sebenernya ngga cuma tempe.  Di webku udah pernah aku post empis tahu,  empis2 ikan,  dll.

Kalau di Temanggung aku pernah makan di warung deket alun2 itu empis-empis tempe khusus namanya kok lupa , di campur tahu pong itu juga enak banget .

Kalau di pasar tradisional di Temanggung itu ada yang pakai tempe gini, ada yang pakai ikan juga di goreng dulu , ikan air tawar , enak juga ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Kali ini aku buat pakai tempe,  campuran yang semangit sama yang tempe fresh,  jadi ada sedep aroma tempe..enak ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜


Empis-Empis Tempe

Bahan  :
200 gram Tempe segar,  100 gram tempe semangit,  Iris kecil
750 santan (aku ganti cream pengganti santan)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas,  memarkan
1/2 sdk mkn gula merah
1 sdk teh garam
1 sdk teh kaldu jamur
1 ons cabe hijau,  iris serong
6 bawang merah,  iris tipis
3 bawang putih , iris tipis

Cara membuat :

Tumis Duo bawang hingga harum
Masukkan cabe hijau
Tuang Santa dan bumbu lain
Didihkan
Masukkan tempe
Masak  api kecil hingga meresap
Koreksi rasa garam gula hingga pas



3

Friday, July 27, 2018

Daging Sukiyaki Lada Hitam


Daging Sukiyaki Lada Hitam, menu makan malam Yodha kemaren malam. Dia masak sendiri, karena aku cuma masak Cumi Pedas, dan dia nggak mau. Aku tawari Nasi Goreng atau apa nggak mau, katanya mau masak Daging Sukiyaki yang kita beli sebelumnya di toko daging langganan.
0

Rice Bowl Kongbap Kekian Asam Manis



Hallo, ketemu lagi dengan menu masakan bertema mingguan di webku : Heathy Menu with Kongbap !

Rice bowl, menu kekinian ala Kafe-Kafe anak mudah jaman now. Aneka macam toping, aneka macam bentuk mangkuk yang lucu-lucu dan kekinian juga sungguh menjadi bisnis yang menjanjikan sekarang ini ya teman-teman. Rice bowl ini praktis, karena di sajikan dalam satu mangkuk, sekalian ada lauknya. Jadi praktis jika di konsumsi anak kost, pekerja untuk makan siang, dll.
1

Wednesday, July 25, 2018

Puding brownies


Lama nggak buat Puding. Biasanya kalau ada request aja sich dari Yodha baru buat Puding. Lha kadang udah rajin bikin, tapi makan cuma satu dua potong, padahal kan nggak awet lama ya Puding teman-teman. akhirnya yang banyak makan Emaknya, gimana nggak melebar terus badan, ya kan. akhirnya kdang aku bagi ke tukang sayur aja.
3

Tuesday, July 24, 2018

Martabak Mini Ayam Suwir


Martabak mini, cemian murah meriah bisa di buat kapan aja jika lagi mendadak ingin cemilan. kayak kemaren sore-sore Yodha mau cemilan. Untung di rumah ada kulit lumpia, aku angsung buat ini aja mudah dan cepat. Biar beda dari biasanya aku campur sedikit ayam suwir. Sekali makan habis 5 Yodha..hihi.
0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel