Sunday, July 7, 2013

Resep Sentiling Nanas


Masih bertema jajanan dari singkong teman...sisa singkong kemaren aku bikin sentiling nanas..sekalian ngabisin stock nanas juga. Rasanya enak..kenyal2..asem seger karena ada nanasnya. Unik dech..^^

Yukk buat...cara membuatnya juga mudah, tapi harus pakai nanas yang matang ya teman2..dan ranum agar rasanya dan aroma nanasnya yang segar terasa, juga biar warna sentilingnya cantik..kuning gitu biarpun tanpa pewarna. Terus..motong2 nya nunggu dingin dulu ya sentilingnya. Lapisin pisau dengan plastik..supaya hasil potongannya jadi halus dan rapi. Kalau aku kemaren..malah ku bentuk bulat2 aja..pas masih panas gitu pakai sendok..terus di gulingkan ke kelapa parut..terus di tusuk2 dech pakai tusukan sate..jadi lebih lucu kan....*jurus sesat dan cepat..kalau lagi males motong2..hihi..*

Oke..jika suka sentiling ayukk di coba ya..enak ..manis dan segar aroma nanas..^^
Sentiling Nanas
 
Bahan-bahan :
250 gram singkong parut
250 gram nanas parut
1/2 sendok teh garam
 60 gram gula pasir ( sesuai selera aja ya..kalau aku suka jajanan yang nggak terlalu manis soalnya, cicipin dulu aja sebelum di kukus..jika masih kurang sesuai selera gulanya..tambahin lagi dikit..^^ )
1 sendok teh agar-agar bubuk

Bahan Taburan:
100 gram kelapa parut kasar
1/4 sendok teh garam


Cara Membuat :
  1. Taburan: aduk rata bahan taburan. Kukus 15 menit.
  2. Aduk rata semua bahan. Tuang di loyang 16x16x4 cm yang dialas plastik.
  3. Kukus 30 menit sampai matang dengan api sedang.
  4. Potong2 atau cetak sesuai selera. Gulingkan di kelapa parut.

3 comments :

  1. mba ini agar2 yg d pake 1 sendok teh aja ya...kalau 1 bungkus gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi keras nanti Mba..sentilingnya..kan cuma dikit singkongnya..^^

      Delete
  2. Mbak Diaahhh, mau lapor neehh (lagi!) hehehe, kmrn saya bikin Sentiling Nanas ini manut resep di atas. Hasilnya dah seperti yg saya duga, hwuinukk seger asem2 manis getoh. Trus...teruss...teruss takjual lho Mbak, gapapa ya (atau sy kudu bayar royalti? Huhehuhehe)... terusss laris manis tanjung kimpul! Makasih makasih buanyaaakkk y Mbak Diah, Mbak Diah udh membantu dapurku mengepul lewat resep2 yg dibagi di sini. Beneran deh, saya bener2 terbantu dan berharap Mbak Diah Didi dilimpahi barokah & rizki atas amal ilmunya ini. Resep2 yg sejauh ini dah sy coba n nikmati adlh Lapis Singkong, trus Putri Mandi (kmrn tu lho yg mo takcoba skl lg pk kentang), trus Sentiling Nanas ini dehh! Hasilnya selalu beyond enak, cantik dan rapi alias AMAZING! Tp sentilingnya sy masih belom bisa bikin bulet2 rapi tenan ky pny Mbak, wakakakk punyaku msh benjo2 alias pating pecothot. Next, sy ngincer Jamur Crispy td itu loh yg kriwul, trus Usus Ayam Gongso & Ati Ampela Goreng Balut Telur. Sekali lg terimakasih y Mbak Diah, u have no idea how much u've helped me... *double big hug* Sy boleh contek resep2nya lg yah

    ReplyDelete