Google Ad

Wednesday, December 31, 2014

Mendoan Daun Kucai



Selamat menyambut tahun baru teman2..mau ke mana nich..atau mau masak2 aja dan kumpul2 bareng keluarga...aku ada beberapa menu kemaren udah ku posting di SINI ya. Atau menu2 lain..tinggal di search aja ya di web ini..banyak..mau masak apa aja ada kok resep..misal ikan bakar..iga bakar dll..ada semua. Wah tadi ke pasar memang paling ramai penjual ikan. Pada kelarisan semua. Banyak keluarga atau rombongan remaja yang borong ikan gurame dll. Mungkin pada mau buat bakaran ramai2 ya. Ada juga penjual jagung muda..banyak..ya itu juga buat bakar jagung ramai2 di malam tahun baru. Oke dech apapaun rencana merayakan malam pergantian tahun nanti..have fun ya teman2..^^

Aku kayaknya di rumah aja..juga dech. Tadi tanya Yodha..mau nginap di hotel resort seperti rencana kemaren, atau beli Nokia baru idamannya..soalnya harga hotel plus paket gala dinnernya untuk 3 orang..sama dengan harga Nokia yang di inginkan Yodha..hihi..dan akhirnya dia pilih beli Nokia baru aja. Ya udah..di rumah saja berarti ya Kak..tahun baruan..hihi.
5

Tuesday, December 30, 2014

Roti Pia Basah Isi Kacang Merah


Akhir2 ini setelah sering buat hotteok ala Korea..jadi ingat..kalau di Jawa nich banyak kue2 enak....yang nggak kalah enak sama hotteok..tapi kok ya kalah nge top ya..hihi. Misal..bakpia...atau yang lebih mirip lagi roti pia basah..ini bener2 mirip hotteok..karena bentuknya gepeng tipis..dan ada isinya. Hemm..sama2 enak..tapi kok nggak ada ya..yang kepikir bikin gerai pinggir jalan..roti pia basah gitu..jadi bisa di nikmati anget2 dan jadi jajanan khas. Selama ini roti pia basah ini cuma bisa di temui di pasar2 tradisional..dan itupun kurang tenar pamornya..di banding saudara dekatnya..yaitu bakpia pathuk Yogya dkk..hihi.
3

Monday, December 29, 2014

Singkong Presto Goreng Sambal Terasi



Wuaa..maaf ya teman2..kemaren absen posting 1 hari..hihi. Soalnya mendadak pulang kampung alias mudik. Lha tiba2 di telp Kakak di Yogya..katanya Eyang Yodha *gerah..alias sakit..anak2nya suruh pulang semua..langsung tanpa pikir panjang pulang dech..kakak2 lain yang di luar kota juga pulang semua. Jebule..alias ternyata cuma kangen anak cucunya..hihi. Lega dech..jadi..di Yogya cuma 1 hari satu malam..langsung balik lagi Semarang..karena banyak tanggungan kerjaan..huhu. Padahal..biarpun bermacet2 ria..karena musim liburan nich..kalau nggak banyak kerjaan ya pengennya lama di Yogya..hihi. tapi karena bukan tanggung jawab banyak yang harus segera pulang. 

Kemaren cuma sempat ke pasar tradisional di deket rumah..beliin krecek rambak pesanan teman2 yang kemaren kehabisan..nich udah ready lagi krecek Yogya yang empuk dan lembut jika di masak. Terus ke toko peralatan dapur, toko Progo..ke Yogya City Mall yang baru tuch di Jalan Magelang sebentar..cuma coba2 outlet kulinernya sich..hihi..nggak belanja..lha kalap belanjanya malah pas di pasar..nemu aneka perkakas antik jadul ya langsung di borong semua..buat properti photo. Giliran liat baju2 bagus dan sepatu2 merk..kok ya lewat saja..hihi. Dasar passionnya itu udah beda..kalau dulu jaman masih muda..sukanya hunting baju dan pernak pernik penampilan..sekarang lebih suka pernak pernik dapur...hihi.
10

Saturday, December 27, 2014

Hotteok Original


Beberapa waktu lalu..setelah mencoba hotteok kentang..wah..Yodha jadi ketagihan..hampir setiap hari minta di buatin hotteok..hihi. Memang enak banget sich pas masih anget2 gitu. Tapi Yodha ku memang gitu..kalau lagi musim pengen crepes..tiap hari minta crepes, musim martabak mini..request cemilannya ya itu2 terus..sekarang..lagi musim hotteok dech di rumahku..hihi. Jadi tiap sore tuch akan tercium aroma wangi gula merah yang tercampur kayu manis..hemmm. Tapi itu buatku..yang buat Yodha ya tentu saja isi coklat..hihi.
13

Friday, December 26, 2014

Lumpia Rebung Mini



Lumpia..salah satu cemilan favoritku sejak dulu waktu masih di Yogya dan kini, selama 10 tahun terakhir tinggal di Semarang. Kalau dulu sich pas waktu di Yogya..serasa makanan enak dan langka..hihi. Soalnya di Yogya jarang yang jual. Masih ingat dulu..sebelum kenal mantan pacar..( baca : papine Yodha..hihi )..aku udah sering makan lumpia Semarang..karena sering di oleh2 hin dulu sama relasi..pas aku masih  tarakhir kerja di ekspor impor furniture..kan banyak tuch perusahaan *forwading nya dari Semarang..nah dulu sering dech di bawain..alias di beri *sogokan lumpia Semarang dkk..setelah kami pakai jasa forwading mereka..hihi. 

Setelah menikah dan pindah ke Semarang..wah ya jadi semakin suka lumpia Semarang..apalagi udah bisa buat sendiri..ya..jadilah sering banget buat ketimbang beli kan mahal ya..satu bisa 10 ribu..hihi..sayang atuch. Bikin sendiri aja murah lagi. Sayangnya Yodhaku nggak terlalu suka lumpia..mungkin karena rasanya yang tajam dan berbumbu..jadi kalau aku buat lumpia jarang mau makan. Tapi aneh bin ajaib..beberapa waktu lalu kami iseng beli lumpia pasar yang harga 1500 rupiah..eh lha kok Yodha malah doyan. Lumpianya itu mini..isinya dikit..minus udang..ayam dan telur pun nggak pake..jadi cuma rebung aja..hihi. Aku heran kok Yodha malah doyan. Setelah aku resapin dan cicipin rasanya..oh memang unik sich lumpia mini ala pasar ini..rasanya ringan tumisan rebungnya..cukup manis gurih aja..tanpa udang dll, tetep enak. Kayaknya bumbunya cuma mengandalkan gurihnya ebi. Karena isiannya dikit..jadinya kulit lumpianya malah bisa renyah kres2 gitu..hihi.

Oke dech...untuk Kak Yodha yang udah mau makan lumpia..akhirnya aku coba buat sendiri lumpia mini ini. Dan hasilnya beneran bisa kriuk2..karena isinya sedikit, jadi kalau di makan panas2 gitu enak banget..kriuk2 gurih manis. Akhirnya jadi tau dech..jenis lumpia yang di sukai anak2..hihi. Lha selama ini lumpia Semarang yang ukuran besar memang bikin mblenger teman2..makan 1 aja pasti kenyang..karena isinya super banyak dan ukurannya memang besar..tak heran kalau harganya ya..ada yang sampai 10 ribu per biji. Apalagi kalau beli itu..duch kadang terlalu manis berbumbu tajam, jadi anak2 kurang suka. Jadi mari kita buat sendiri aja ya di rumah..lumpia mini..imut renyah dan kriuk...dan ringan rasanya.

Tips membuat lumpia mini ini..pakai saja kulit lumpia siap pakai ya..karena di jamin kriuknya..kalau bikin sendiri ya di dadar..ya..nggak bisa kriuk..karena kulit lumpia yang kriuk itu cara buatnya dengan cara di beset atau di oleskan ke wajan. Kapan2 dech kalau ada waktu pengen liputan ke kampung kulit lumpia di Semarang teman2..biar bisa kasih resep kulit Semarang yang otentik ya  ke teman2..jika ada penjual kulit lumpia yang mau kasih bocoran resepnya sich..hihi. Jadi untuk sekarang..jangan tanya resep kulit lumpianya ya..karena aku pakai kulit lumpia siap beli..hihi..di pasar..murah..1500 dapat 10 lembar. Untuk lumpia mini ini biar isinya variasi..aku tambah wortel..jadi ada manis2nya..tambah enak dech. Biarpun nggak pakai udang atau ayam..lumpia ini tetep gurih..karena pakai bumbu ebi...jadi lebih irit kan teman2..cocok buat snack jualan yang murah meriah nich. Kalau di sini lumpia mini ini di jual 1500 - 2000 rupiah 1 biji nya. Selamat mencoba ya..^^

Lumpia Mini

Bahan:
Kulit lumpia siap pakai 10 lembar
200 gram rebung rebus yang sudah iris2 korek api, 1 buah wortel, iris korek api, 1 batang daun bawang, potong kecil2
2 butir telur, buat orak arik
Kaldu bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula pasir dan kecap manis secukupnya
Air 100 ml
Putih telur secukupnya untuk perekat

Bumbu Halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran, 1/2 sendok makan ebi yang sudah di rendam air panas

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, aduk sampai berubah warna. Masukkan air, rebung , telur orak arik dan bumbu2 lain, aduk rata dan masak hingga meresap dan kering. Koreksi rasa hingga pas sesuai selera gurih manisnya. Dinginkan.
Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan bahan isi secukupnya, lipat dan gulung. Rekatkan sisi2nya dengan putih telur. Goreng di minyak panas hingga matang. Sajikan hangat.

7

Thursday, December 25, 2014

Balado Tahu


Wuaa...libur nggak ke mana2..nguplek di dapur..kejar deadline bikin foto2 masakan baru teman2..jadinya..tau2 kok udah sore aja..hihi. teman2..jadinya..tau2 kok udah sore aja..hihi. Oh ya selamat libur ya teman2..mungkin ada yang long weekend ya..bablas sekalian liburan..selamat liburan aja. Buat teman2 yang merayakan Natal juga..selamat merayakan hari Natal ya..dan berkumpul bersama keluarga tercinta di rumah.
4

Wednesday, December 24, 2014

Step By Step Membuat Korean Rolled Eggs Bersama LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan



Setelah aku posting resep Korean rolled Eggs beberapa waktu lalu ternyata banyak teman yang menanyakan bagaimana step stepnya, apakah bisa pakai pan anti lengkat ukuran biasa ?..Jawabannya..bisa banget...lho teman teman. Rolled eggs nya tetep bisa berlapis2, ukurannya saja ya..yang lebih kecil gulungannya. Kuncinya adalah pemilihan pan anti lengket yang tepat ya teman teman..agar hasil rolled eggs nya bisa cantik dan matang sempurna.



15

Tuesday, December 23, 2014

Potato Hotteok


Menepati janjiku ke teman2..akhirnya tadi aku bikin Korean filled pancake..atau hotteok teman2. Nich dia hasilnya..uenak dech..tak kalah enak sama yang aku beli di Kampung Semawis dulu..seharga 9 ribu rupiah per biji. Setelah bisa buat sendiri..suruh beli 1 biji segitu..ogah ah..hihi. Mak Irit....bikin sendiri..puas makan hotteok..1 adonan bisa jadi 15 hotteok lebih tadi..hihi.

13

Monday, December 22, 2014

Pepes Pindang Bumbu Rujak & Bothok Jamur Lot


Selamat hari ibu teman2..wah hari ini aku bahagia sekali..bahagia sebagai seorang ibu..dan terharu..pas di hari ibu ini..profil  aku sebagai foodie blogger mejeng dech di Vemale.com..hihi..*norak dikit dech..tapi alhamdulillah terharu dan seneng bisa terpilih mewakili sosok inspiratif untuk para ibu. "Cey..cey..kata Yodha..waktu tak tunjukin ada foto2ku di Vemale.com..Mami masuk majalah lagi ya..katanya.." Jadi jika teman2..mau kenal lebih dekat denganku..mari meluncur ke SINI ya..hihi.
6

Sunday, December 21, 2014

Menikmati Suasana dan Makanan Tempo Doeloe di Toko Oen Semarang



Tadi malam iseng kami *turun gunung* lagi ke Semarang bawah.menikmati kemacetan kota Semarang bawah. 
" Hah..turun gunung..berbarti mba Diah tinggal di Gunung tho ? "..begitu kata teman yang bertanya pas ngobrol di email..haha. Ya nggak lah..cuma istilah aja..kami kan tinggalnya di Semarang atas..Semarang atas itu juga termasuk Semarang kota..tapi memang daerahnya di atas istilahnya..memang lebih tinggi juga sich..hihi. Jadi..kalau mau ke Semarang bawah..istilah orang Semarang atas..itu *turun* ke bawah. Di Semarang atas sebenernya ramai juga. Sudah banyak resto, kafe, fast food brand terkenal banyak juga, dll..tapi kadang2..kalau pengen menikmati susasana Semarang beda ya musti turun ke Semarang bawah. 

9

Friday, December 19, 2014

San Bao Chi..Chinatown Street Snacks, Di Pusat Kuliner Kampung Semawis Semarang



Jika teman2 berkunjung ke Semarang..sempatkan mampir ke Kampung Semawis ya..di daerah Pecinan dekat Gang Baru Semarang. Seru teman2..jika malam hari terutama weekend...jalan sepanjang gang di kampung Semawis ini sangat ramai..dengan aneka macam kuliner yang di jajakan. Pengunjung juga banyak banget..lalu lalang dnegan berjalan kaki..menyusuri sepanjang jalan atau sekedar duduk2 menikmati kuliner yang di sukai. Berasa di mana gitu..hihi..beda sama suasana jalanan lain di kota Semarang yang udah mulai macet di setiap tempat.
1

Thursday, December 18, 2014

Tips Memilih Terasi Yang Enak


Sambel terasi fresh..merah menggoda ala warung penyetan di atas..siapa yang bisa menolak ya teman2. ayuk ya suka terasi tunjuk jari..hihi. Aku dech pertama ngacung..lha emang penggemar berat sambel terasi. Aroma dan rasa sambel terasi itu..sungguh menggoda selera makan. Jadi..jika pas nyambel terasi..lebih baik sediakan nasi secukupnya saja ya teman2..lha dari pada nambah terus makannya..hihi.

15

Wednesday, December 17, 2014

Tumis Kacang Panjang & Tempe Bumbu Ulek


Hari ini menunya sederhana saja ya teman2..cuma tumis tempe dan kacang panjang. Bahannya mudah di dapat...di tukang sayur selalu ada kan tempe tahu. Dan aku kok ya selalu reflek gitu..kalau belanja di tukang sayur atau di pasar..pasti walau cuma 1 papan, selalu beli dech. Tempe memang nggak pernah mbosenin..enak di masak apa aja ya teman2.

1

Tuesday, December 16, 2014

Jamu Jun


Wua..hari ini super bete..mau edit foto satu aja kok lama banget..gara2 komputer error di servis sama tukang servis..lha kok pogram di ganti semua. Padahal aku cuma minta di benerin aja..komputernya. Duch..jadi mulai dari nol  belajar program baru..jadilah hari ini banyak waktu terbuang di depan komputer..huhu.

12

Monday, December 15, 2014

Tumis Jamur Saus Tiram


Hari ini edisi masak praktis saja ya teman2..karena banyak kerjaan yang harus segera di selesaikan..huhu. Bailah ..tanpa banyak cerita..aku cuma masak tumis jamur aja..sama bakso..pakai saus tiram..udah enak..gurih..dan super cepat masaknya. Jamur tiram nich jenis sayuran yang nggak perlu di masak lama2 teman2. masaknya juga nggak perlu tambah air udah cepat matang, karena pas di cuci kan nyerap air.

8

Sunday, December 14, 2014

Berburu Piranti Saji Dari Keramik Di Showroom Sango Semarang


Maaf ya teman2...kali ini bukan mau pamer makanan nich..tapi mau pamer piranti saji dari Sango Keramik..hihi.Tapi di jamin..sama2 bikin drooling..hihi. Banyak ya bu..koleksinya..?..Punya sayah semua itu ?..Oh..ya jelas bukan..hihi. Itu koleksi pabrik sango di Semarang sini. Duch kalau main ke show roomnya..pasti dech temen2 bisa kalap..pengen beli semua. Aku juga..tapi itu dulu..pas awal2 pindah Semarang dan baru tahu ada pabrik keramik besar ini..duch..suka banget koleksi..sampai numpuk di gudang itu..haha. Belinya juga nggak cuma satu dua..jadi suka satu lusin gitu, sampai koleksi alat saji pesta yang besar2 juga aku punya banyak..aneka cangkir set dll..tapi akhirnya sadar sekarang..haha..karena banyak nggak kepakainya..kalau beli yang besar2 gitu..lha gimana..jarang ngadain pesta di rumah je. Jadilah sekarang kalau ke sango cuma berburu pernak pernik kecil properti foto aja. Itupun sekarang aku lebih suka yang polos2 aja. Kalau dulu aneka rupa ku beli..hihi. Dasar dulu masih terkagum2 dengan keindahan aneka keramik sango ini...jadi kalau ada model baru suka langsung beli.
35

Saturday, December 13, 2014

Hotteok..Korean Filled Pancake




Live report..Korean street food teman2..!..Dari Korea langsung bu ?..Oh iya..hihi..*boong banget*. Nggak perlu jauh2 ke Korea kok teman2..jika cuma mau menikmati Korean street food. di Semarang sini juga ada. Otentik lho..outlet tendanya juga ala2 Korean street food gitu..bisa liat langsung cara buatnya juga..terus bisa menikmati Hotteok anget2..sambil jalan2 malam..jelajahi kuliner lain..seru kan. Di mana tuch di Semarang..?..Di Kampung Semawis teman2..salah satu pusat kuliner malam di Semarang. Nanti aku liput terpisah ya..tentang Kampung Semawis ini ya.

Tadi seharian memang muter2 menikmati macet di Semarang bawah..dari satu tempat ke tempat lain..muter2 in Yodha yang habis exam..biar refreshing. Dari siang muter ke banyak tempat, belanja sana sini..hihi..cari piranti saji buat properti foto, sampai ke mall..sampai malam jalan2 ke Kampung Semawis untuk memenuhi janji ke salah satu sahabat suami yang buka usaha kuliner di sana..dari dulu mau liputan belum jadi2..akhirnya ada waktu juga tadi. Eh..malah nemu outlet Hotteok ini juga..dan juga aneka kuliner jadul Semarang yang unik2..besok aku ulas terpisah ya teman2. Sekarang lagi semangat posting yang Hotteok ini dulu.
9

Friday, December 12, 2014

Empek - Empek Adaan Ekonomis


Punya sisa ikan tenggiri sedikit , kadang2 bingung mau di masak apa ya teman2. Mau di buat aneka empek2 yang ribet , misal kapal selam gitu kok nanggung. Kalau buat siomay atau empek2 yang perlu di isi dan di rebus dulu begitu aku sukanya langsung banyak..jadi di simpan dalam freezer dalam kondisi udah di rebus. Jadi kalau mau makan tinggal di biarkan suhu ruang, lalu di goreng. tapi jika hanya ada tenggiri 100 gram..ya males juga bikin empek2 yang ribet. Tapi mau nggak di oleh ya sayang kan mahal tenggiri..hihi. 

Kemaren iseng tanya Yodha..sore mau empek2 nggak dan dia mau ternyata. ya udah langsung kepikiran di buat empek empek adaan saja yang praktis dan mudah dengan tenggiri seadanya. Jadilah empek empek adaan ekonomis. Ya lumayan lah..masih jauh lebih enak ini dari pada empek2 yang beli di pinggir jalan tho..walau ikannya dikit..hihi. Gurih juga kok teman2.
7

Thursday, December 11, 2014

Maxim Ecopan Dari Lazada, Panci Serba Guna Bebas PTFE dan PFOA



Memenuhi janjiku kemaren kepada teman-teman..hari ini aku akan posting tulisan khusus tentang Maxim Ecopan..yang sebelumnya udah aku uji coba untuk aneka masakan dan postingan resep-resepnya sudah aku posting di SINI ya. Nah..kali ini giliran membahas pan nya secara khusus. Karena..aku suka dech jika punya *gadget* dapur baru yang oke..jadi ingin berbagi info juga buat teman-teman. Semoga bermanfaat ya ulasanku berikut tentang Maxim Ecopan..salah satu koleksi  peralatan dapur dari  www.lazada.co.id ini.



Dari dulu aku memang sedikit sekali koleksi pan anti lengket, aku cuma punya dua pan anti lengket untuk sekedar membuat dadar atau crepes yang memang perlu anti lengket. Tapi untuk masakan sehari-hari yang sering di pakai lebih sering pakai alat masak satu set berbagai macam dari stainless steel. Karena lebih tahan banting dan aman untuk sehari-hari membuat aneka masakan. Tapi kadang-kadang kendala lengket misal untuk menggoreng..itu yang membuatku jadi kembali melirik pan anti lengket untuk menambah koleksi alat dapur. dan alhamdulillah..sekarang aku punya Maxim Ecopan ini sekarang. Maxim Ecopan ini..adalah pan anti lengket yang bebas PTFE dan PFOA, jadi tenang dech , karena bisa di pakai untuk masakan sehari-hari. 

Apa itu PTFE dan PFOA..pasti tahu dong teman-teman..itu adalah zat zat kimia yang di pakai untuk lapisan anti lengket pada teflon biasa. Penelitian menemukan bahwa kandungan zat kimia yang terkandung di dalam wajan anti lengket biasa yaitu Ammonium Perfluorooctanoate (APFO) atau Perfluorooctanoic (PFOA) yang mengganggu lingkungan..yang biasa di gunakan bersama dengan PTFE. Kalau pemakaian hati-hati dan nggak terlalu sering ya aman-aman saja ya..tapi akan berbahaya..jika lapisan itu sampai terkelupas teman...karena mengandung logam yang berbahaya seperti mercuri dan zat PFOA yang bersifat karsinogen. Makanya setelah tahu Maxim Ecopan ini non PTFE dan PFOA dan ramah lingkungan sesuai dengan visinya..aku sangat senang dech untuk mengulasnya di sini.

Maxim Ecopan ini lapisan anti lengketnya berbahan dasar keramik dari Jerman, jadi sangat aman di gunakan untuk aneka masakan sehari-hari. Ecopan ini juga ramah lingkungan , karena hanya sedikit sekali mengeluarkan CO2 ( karbondioksida ) selama proses pemasakan. Dengan bahan utama Alumunium dan stainless steel, membuat Ecopan ini juga lebih kokoh dan kuat di banding dengan pan anti lengket lain. Designnya juga cantik dan modern..jadi sangat manis untuk di pajang di dapur..hihi. Tentu saja nggak cuma buat pajangan teman2. Ecopan ini multi fungsi. Karena bentuknya yang besar dan lebar, serta dalam, jadi selain untuk membuat tumisan, masakan, untuk memanggang, bisa buat merebus juga, dan yang paling aku suka..bisa buat menggreng deep frying. Deep frying adalah teknik memasak bahan makanan dengan menggunakan minyak banyak sehingga bahan makanan benar-benar terendam minyak. Biasa..aku kan paling suka masak yang di goreng-goreng teman..jadi dengan Maxim Ecopan ini..menggoreng makanan dengan cara deep frying seperti ayam goreng krispi, donat, kentang goreng, bakso goreng dll..jadi lebih mudah dech sekarang. Bahan yang di goreng bisa matang sempurna dan nggak mudah gosong. 

Sering dech aku dapat email atau keluhan dari teman-teman yang mencoba resep-resep ku di web ini, karena ada yang mencoba , misal goreng donat, atau roti goreng kenapa cepat gosong, dalam belum matang dll. Itu karena pemilihan wajan atau alat penggorengan yang kurang tepat teman-teman. Misal..memakai penggorengan yang tipis..otomatis..akan sangat mudah panas jika di buat menggoreng, jadi lebih cepat menyebabkan masakan gosong, tapi bagian dalam belum matang. Kalau pilihan peralatan menggoreng tepat, contoh seperti Maxim Ecopan ini..makan hasil gorengan akan lebih sempurna. Matang sempurna sampai bagian dalam, warna luar gorengan juga cantik..nggak cepat gosong, karena pan ini sangat bagus menghantarkan panas yang stabil selama proses memasak. Walaupun api kecil..tapi panas yang di hasilkan bisa maksimal. Duch..jadi jatuh cinta dech sama Maxim Ecopan ini..next time mau nabung ah..buat beli koleksi lainnya di Lazada Indonesia..hihi.

Tips untuk merawat pan anti lengket seperti Maxim Ecopan ini, jika selesai di pakai , biarkan dulu ya teman..hingga suhu dingin, baru di cuci, jangan langsung di cuci ya dalam kondisi panas ya teman - teman. Untuk mencucinya selalu gunakan spon yang lembut, jika ada sedikit spot2 noda bekas memasak atau sisa bahan yang tertinggal di dasar panci, bisa di hilangkan dengan air jeruk nipis atau cuka, lalu bilas hingga bersih. Jangan gunakan cooking spray untuk memasak memakai ecopan ini ya teman-teman, karena akan mudah terbakar dan terkarbonisasi lapisan keramiknya. Untungnya di Indonesia..cooking spray itu nggak begitu populer ya teman-teman..karena kita terbiasa pakai minyak goreng atau margarin ya untuk menumis atau mengoles pan anti lengket. Selain itu gunakan juga sutil dari kayu untuk mengaduk masakan. 

Hindari juga pemakaian Maxim ecopan dengan panas yang tinggi terlalu lama ya..apalagi tanpa pengawasan alias di tinggal tinggal..wah..sayang dong teman-teman, nanti pan cantiknya jadi buruk rupa..karena gosong kan..hihi. Kalau hanya untuk memanggang sebentar dengan panas tinggi nggak apa-apa. Tapi kalau untuk memasak..pakai api kecil atau sedang saja..sudah bagus kok menghantar panasnya. Simpan Ecopan ini terpisah dari peralatan dapur yang tajam-tajam ya teman..jika perlu bisa di gantung terpisah di dinding dapur..bisa sekalian jadi hiasan dan dekorasi dapur kan..hihi..karena bentuknya yang cantik dan modern.

Nah..itu tadi kelebihan Maxim Ecopan ini teman2, jadi kesimpulannya..pan ini rekomended dech karena :
  • Multi fungsi, bisa untuk memasak harian, menumis, merebus, memanggang, sampai menggoreng dengan cara deep frying. Jadi cukup modal satu pan ini cukup dech untuk memasak aneka masakan..jadi hemat tempat di dapur kan..hihi.
  • Memudahkan dalam memasak,  karena anti lengket dan mudah di bersihkan.
  • Ramah lingkungan, karena terbuat dari alumunium dan besi yang recyclable.
  • Bebas PTFE dan PFOA, karena bagian dalam pan terbuat dari lapisan keramik yang lebih aman   dan sedikit sekali mengeluarkan CO2.
  • Ukuran besar, lebar dan dalam, jadi bisa muat banyak masakan atau bahan yang di masak, jadi lebih hemat waktu dong, misal, menggoreng kentang goreng, jika pakai pan bisa yang kecil atau yang pendek ukurannya kan terbatas jumlah kentang yang di masukkan..jadi musti bolak balik menggoreng, nah kalau pakai Maxin Ecopan ini..bisa menggoreng dalam jumlah banyak sekali goreng, jadi hemat waktu dan gas juga kan teman2..hihi.
  • Design yang manis dan modern , warna warni cerah bagian luarnya..jadi bisa buat hiasan dapur nich..hihi.
  • Mudah di peroleh, Maxim Ecopan ini mudah di peroleh di situs belanja terpercaya yaitu di Lazada Tinggal pesan online..barang di antar ke rumah kita dech. Packaging sangat bagus, rapi dan aman...serta bisa COD..asyik kan teman-teman..jadi nggak perlu capek ke luar rumah. 



Oke..semoga bermanfaat ya teman2..sedikit reviewku tentang Maxim Ecopan dari Lazada. ini. Semoga bisa sedikit memberi informasi ya untuk teman2 yang lagi mencari alat2 masak yang berkualitas dan aman untuk keluarga. Happy cooking..! ^^





7

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel