Friday, July 26, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 18 ...Lotek Jogja / Yogyakarta


Menu buka puasanya masih dari Yogya lagi ya teman2..kali ini..yang seger2 dan murah meriah juga..yaitu lotek Yogya. Lotek ..adalah makanan sehat favoritku pas di Yogya. Sehat....karena one side dish..udah komplit, ada sayur, karbohidrat dan protein dalam satu penyajian. Di Semarang jarang yang jual lotek, lebih banyak pecel. Jadi memang lebih khas makanan Yogya lotek ini, karena di Yogya banyak penjual lotek yang sudah melegenda, seperti lotek Bu Bagyo Colombo, lotek Kentungan , lotek  Bu Ning Jl Taman Siswa, Lotek deket Jembatan layang..dll. Lalu apa beda lotek sama pecel..mungkin ada yang bertanya begitu..bedanya..jenis sayuran dan pelengkapnya, juga bumbunya yang lebih sederhana.

Kalau pecel kan sayuran di rebus semua...nah kalau lotek ini sayurannya ada yang mentah juga...yaitu kol, tomat  dan ketimun..jadi citarasanya jadi berbeda..dan lebih segar. Juga bumbu2nya..bumbu lotek baru di ulek mendadak..atau dadakan..langsung ketika akan di sajikan..jadi sangat fresh..dan masih bau cobek..hihi..lebih seger gitu. Juga bumbu2nya nggak terlalu berbumbu kuat seperti pecel yang pakai terasi..kencur dll..walaupun ada juga sich..yang pakai kencur..tapi kalau aku suka yang versi di Yogya..yang bumbunya lebih minimalis.

Selain di Yogya..daerah lain yang punya menu lotek ini juga Bandung. Kalau di Bandung bumbu lotek malah di tambah ubi atau kentang rebus ya..jadinya lebih kental dan halus. Nah..suka ya mana teman2..lotek Yogya..atau Bandung..silahkan..sesuaikan selera saja ya..^^. Oh ya..lotek Yogya biasanya juga enak di sajikan dengan ketupat atau lontong dan irisan bakwan goreng..wah rasanya jadi makin mantab..dan *istimewa..hihi..aku kok jadi seneng pinjem slogannya mba2 girl band indonesia sich..^__^

Lotek Yogya

Bahan:
Sayur matang  : bayam, wortel dan kacang panjang, taoge, di rebus
Sayur mentah  : kol, ketimun dan tomat

Pelengkap :
Lontong / ketupat, tahu atau tempe goreng, bakwan goreng, kerupuk sagu warna warni

Bumbu kacang per porsi :
Kacang tanah 30 - 50 gram , cabe  rawit merah 2 atau 3 sesuai selera, 1 siung bawang putih ,1 lembar daun jeruk, 25 gram gula merah dan garam sedikit, ada yang pakai terasi dan kencur juga, tapi aku tidak, sesuai selera aja.

Cara membuat :

Haluskan bumbu dengan cara di uleg dan di campur dengan air panas, cicipi dulu sampai pas..perpaduan gula dan garamnya, lalu masukkan semua sayuran dan pelengkapnya, aduk rata, sajikan dengan kerupuk kanji.

Sajikan lotek dengan bakwan sayuran..hemm..tambah nyam..nyam..^^


8 comments :

  1. Mba ini istilah lain dr pecal ya?... dari komposisi bahan kok kayak pecel y mba.... tapi saya suka dg kuah kacangnya... eunak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pecala tau pecel Mba Zulfa..?..Kalau sama pecel emang mirip Mba..bahan2nya..tapi ada yang beda..beberapa bahan lotek mentah..kalau pecel mateng semua..terus bumbunya fresh kalau lotek..kalau pecel kan bisa di simpan ya bumbunya..dan biasanya nggak di campur aduk gt ..hihi..penyajiannya..kalau lotek ini yang di aduk2 semua sekalian di cobek pas buatnya..langsung taruh piring..klu pecel di siramkan ke sayurannya sambelnya..^^
      Eh tapi apakah beda lagi pecal..hihi..aku juga baru denger kalau pecal Mba..dr daerah mana Mba pecal ?

      Delete
  2. Hehe... mksd saya pecel lho mba... sorry salah ketik y... mba diah yg baik... saya ini sgt awam di dapur mba, klo kue sering saya coba dan mmg suka tapi klo masak memasak sgt gak brminat mba... maunya mkn yg sdh trsaji....hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Iya Mba Zulfa...emang bikin kue lebih asyik ya Mba..kalau masak memang harus pakai feeling juga mba..kalau kue asal takarannya pas.pasti oke..tapi sekali2 ayo cobain masak masakan Mba..seru juga lho..^^

      Delete
  3. Replies
    1. Hihi..mksh Mba Giselle..ayoo..bikin ya..^^

      Delete
  4. mbak,bikin bakwan yang cempluk2 gitu gimana caranya?biar kering di luar,matang di dalam hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adonanya jangan terlalu encer Mba..terus banyakin sayurannya.jadi bisa garing di luar..tapi dalamnya tetep empuk dan cempluk2..hihi..kalau adonannya encer cenderung tipis melebar bakwannya..^^

      Delete