Wednesday, July 17, 2013

Rempeyek Udang


Sering banget aku bikin lauk yang satu ini..Rempeyek udang..atau kalau di tempatku di Yogya di sebut peyek aja..^^. ..karena aku memang suka..suami juga..wah bisa setoples..habis adalam satu hari kalau bikin peyek udang gini..di makan berdua..karena seperti biasa..Yodha belum mau makan udang yang masih ada kepala..dan utuh begini..maunya sudah di kupas dan di olah..jadi bakso..dll..^^

Kali ini aku nggak bikin versi tipis kayak biasanya..tapi aku buat bulat2..cuma beda bentuk sich..rasa dan resepnya tetep sama..kayak biasanya..yukk silahkan di coba jika suka ya. Tips menggoreng peyek supaya renyah..yaitu di goreng dua kali ..aku dari kecil sering di ajari ibuku bikin peyek..jadi tau triknya. Peyek..adalah  salah satu lauk yang wajib..jika ada hajatan di tempatku di Yogya..tapi kalau buat hajatan biasanya peyek kacang, kedelai atau peyek teri / gereh. Pertama kita goreng peyek dulu setengah matang, sampai adonan habis, tiriskan. lalu goreng kembali hingga kering dan renyah di minyak banyak. Dengan tehnik ini..menggoreng peyek jadi lebih cepat.

Selamat mencoba..jika suka peyek ya teman2..^^
Rempeyek / Peyek Udang

Bahan-bahan :
250 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 kuning telur, dikocok lepas
150 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya, diiris halus
150 gram udang
1 sendok teh garam / bumbu kaldu instan
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
1/ 2 sendok teh ketumbar
2 cm kencur 
1 cm kunyit

Cara membuat:
Campur santan dan telur sampai rata.  Sisihkan.
Campur tepung beras, tepung sagu, dan bumbu halus. Aduk rata.
Tuang campuran santan ke dalam campuran tepung sedikit- sedikit sambil diaduk rata.
Ambil satu sendok sayur adonan rempeyek. Taruh udang / kacang di atasnya.
Masukkan ke minyak panas,lalu goreng hingga setengah matang. Lakukan hingga adonan habis.
Goreng kembali peyek sampai matang dan renyah.

Peyek Udang yang masih setengah matang..seperti ini :


 Setelah di goreng lagi sampai renyah..jadinya..seperti ini..:

10 comments :

  1. Caranya agar peyeknya tetap bundar waktu di gorenng gimn mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu aku goreng setengah matang pakai snack maker double pan Mba Andriany..setelah itu baru di goreng lagi di wajan dengan minyak banyak sampai kering..^^

      Delete
  2. Sedaaaap..., saya suka banget Mbak. Pengen coba bikin ah. Kalau dalam toples kedap udara tahan berapa hari Mbak Diah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggorengnya bisa garing ya beberapa hari tahannya Mba Devy..soalnya kan udang segar ya..beda sama rebon..kalau mau awet renyah..pakai rebon kering Mba..cuma tetep lebih enak..yang udang seger gini. Tapi kalau di rumahku nggak tahan 1 hari Mba..lha udah kosong toplesnya sehari aja..hihi..^^

      Delete
  3. mbak,sedih deh pas ngasih mertua peyek yang metode goreng 2 kali dibilang mertua gini : ooh...peyek nget2an....sedihnya tak terkira mbak.....maaf curcol banget....hiks hiks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya Mba..*Peluk..peluk..*
      harusnya kan di jelaskan aja ke mertua..kalau di goreng dua kali ..supaya renyah gitu Mba..dan peyeknya baru aja buat kok ...
      Apakah agak gosong mba gorengnya ?..Nggak kan ?..harusnya..walaupun di goreng 2 kali..nggak masalah lho Mba..hasilnya ya..kayak peyek2 biasa aja..kayak kalau beli..itu kan cuma tehnik saja..ya..supaya memudahkan dalam proses penggorengan..dari jaman aku kecil..kalau di tempatku di Yogya..bikin peyeknya ya gitu sich caranya..bahkan ya ada itu peyek terkenal di Bantul Yogya..Mbok Tumpuk..kebetulan anaknya temen sekolahku....ya begitu tuch bikinnya..dan laris manis..dan nggak ada yang bilang peyek nget2 an..^^..

      Next time kalau mbuatinmertua ya langsung aja kali di goreng sekali mba..asal telaten dan sabar agak lama..bisa kering jug akok..Tetep semangat ya,memang sebagai menantu..kadang apa aja dikit..ada aja yang kurang..tapi itu udah wajar kok mba..di mana2..sudah dari sononya begitu kali ya..jadi kita aja yang sedikit ngerti..*halah..sok soka ngguruin ya Mba..maaf *..

      Delete
  4. Mbak Diah, minta saran donk..
    Aku sering buat rempeyek tapi wkt digoreng, dibagian pinggirnya renyah tapi dibagian tengahnya selalu menebal sehingga tidak renyah.
    Ada kesalahan dimana yah? Hiksss... hikss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau peyek bulat memang gt ya Mba..kadang2..makanya aku pakai tehnik goreng dua kali supaya renyah..tapi jika mau super renyah..lebih baik pakai tehnik peyek yang nggak beraturan tuch lho mba..yang tipis2..jadi adonan di ratakan dulu di pinggir wok gt..terus di siram2 minyak..sampai lepas..itu bisa sekali goreng dan hasilnya tipis renyah..:)

      Delete
  5. Mbak tadi saya coba bikin peyek udang resepnya mbak,kok udangnya misah dari tepungnya

    ReplyDelete
  6. Mbak tadi saya coba bikin peyek udang resepnya mbak,kok udangnya misah dari tepungnya

    ReplyDelete