Google Ad

Friday, August 31, 2018

SAMBAL GORENG LABU DAN TAHU BUMBU EBI


Hari ini Yodha camping ..jadi terasa sepi di rumah. .๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Biasanya ada celoteh usil Yodha tiap sore gangguin Maminya..pokoknya walau cuma berdua di rumah jika papinya belum pulang tuch heboh dengan keusilan dan celotehan Yodha. Baru di tinggal camping aja begini, gimana ntar kalau Yodha udah nikah ya...๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
1

Wednesday, August 29, 2018

ROLLADE DAUN SINGKONG & TAHU


Kalau ke pasar itu mesti beli tahu atau tempe, tak pernah ketinggalan. Namun, kudu pintar mengoalhnya menjadi makanan lain, kalau cuma di goreng aja, suka nggak di makan di rumah, paling aku aja yang makan..hihi. Tapi kalau di olah jadi cemilan sperti Rollade tahu dan daun singkong ini, pada suka dech...cepet habisnya.

ada berbagai macam Rollade daun singkong, ada yang di campur tahu langsung, ada yang di goreng celup tepung langsung, ada juga yang di buat rollade yang sperti aku buat ini di kukus dulu. Paling suka yang ini sich kalau suamiku. Jadi adonan tahu, di tumpuk rebusan daun singkong, di gulung, kukus baru di goreng.

Agar Rollade tidak hancur ketika di potong, tunggu hingga benar-benar dingin ya teman-teman. Jika perlu bisa di dinginkan dulu di kulkas. Pakai pisau yang tajam, jadi rapi dech potongannya. Selanjutnya donan bisa di goreng dnegan celupan kocokan telur atau adonan tepung, sama seperti adonan pencelup mendoan gitu ya.

Oh ya jika pakai tahu yang berair, di peras dulu ya agar hasil rollade keset. Rebusan daun singkong juga di peras dulu. Waktu merebus tambahkan sedikit garam agar sedikit gurih. Jika mau sekalian bikin banyak, bisa di simpan di kulkas kok, tahan beberapa hari Rolladenya.

Oke, aku share ya resepnya teman-teman..selamat mencoba...

ROLLADE DAUN SINGKONG & TAHU

Bahan :
300 gram tahu 
1 butir telur
2 bawang putih
1/4 sendok teh merica
1/4 sdk teh gula pasir

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata, koreksi rasa dnegan cara menggoreng sedikit adonan
Ambil selembar daun pisang, beri adonan, letakkan daun singkong di atas adonan, gulung dan padatkan
Bungkus daun pisang seperti bentuk lontong, semat kiri kanan 
Kukus selama 30 menit
Dinginkan, potong-potong
Selanjutnya bisa di goreng dengan kocokan telur atau adonan tepung seperti mendoan. Kali ini aku goreng dengan celupan adonan tepung,

Untuk lebih detail cara membuatnya, silahkan cek di video berikut ini ya teman-teman.



1

Tuesday, August 28, 2018

Tips Membuat Tahu Isi Yang Enak


Tahu isi, salah satu cemilan favorit di rumahku. Aku suka, Yodha dan papinya juga suka. Cemilan mudah, murah meriah. Tapi kalau beli kok ada aja yang kurang sreg, ntah itu isiannya atau adonan pencelupnya. Kadang isiannya kurang gurih atau rasanya aneh, itupun cuma sedikit sekali isinya hihi.  Kadang pencelupnya keras atau alot, jadi kurang suka beli gorengan Tahu Isi, lebih sering bikin sendiri di rumah. Terakhir iseng beli minggu lalu harganya udah 2500 per biji, wo alah, mahal juga ya.. hahah.Padahal kalau bikin sendiri dengan murah meriah bahannya.
7

Monday, August 27, 2018

Menu Piring Terbang


Menu piring terbang ini maksudnya bukan menu Ufo gitu ya teman-teman hihi. Tapi menu yang di sajikan di hajatan jaman dulu. Di yogya sampai aku remaja masih gitu, masih sering "laden" ( membantu di acara pernikahan, menyajikan makanan untuk tamu2, ya berupa makanan yang sudah di tata di piring gitu satuan dengan porsi secukupnya , bisa di katakan sedikit baik nasi atau lauknya hahah.

Yang paling umum sich di tempatku itu sambal goreng kreni, acar, telur pindang dan kerupuk udang. Itu udah termasuk menu mewah lho hihi. Sayang sekarang udah jarang tradisi seperti itu, biasa udah di ganti menu prasmanan semacam bakso, soto gitu dech yang praktis.

Tapi kemaren waktu kondangan ke Klaten kok masih ketemu menu piring terbang gini. Menu pertama yang di sajikan itu snack, kemudian sup, lalu di akhiri dengan menu utama nasi, sambal goreng kreni dan pelengkap seperti di fotoku itu, sama dessert berupa es puter hihi. 

Ada juga versi Solo, biasanya menu utama itu Selat Solo atau Galantin hihi. Seru pokoknya semua orang kebagian menu dan prosi yang sama. Mau di makan atau tidak, pokoknya semua di beri bagian per piring dan di sajikan bertahap.  Repotnya kalau tamunya banyak hahah. Kadang yang depan udah kebagian menu utama, yang belakang baru dapat sup. Tapi biasanya sudah di atur sedemikian rupa agar penyajian cepat dan lancar. Mau coba menu seperti ini teman-teman, ayuk kondangan ke Jawa..hihi. Atau mau masak sendiri di rumah, ini aku share ya resepnya, bisa untuk menu pengajian atau arisan di rumah juga lho teman-teman :

Sambal Goreng Kreni

250 gram daging cincang, tambahkan 1/4 sdk teh garam, dan setengah butir putih telur, bentuk bola kecil, rebus di air mendidih hingga terapung

Iris 8 bawang merah, 3 bawang putih, tumis, masukkan 200 gram cabai merah teropong, buang biji, iris halus. Tumis hingga cabai matang. Masukkan 2 cm lengkuas, dan 2 lembar daun salam.
Masukkan santan atau bisa pakai

 air 350 ml, 2 sdk mkn fibercreme
Tambahkan garam secukupnya, 1/2 sdk teh kaldu sapi dan 1/2 sdk mkn gula merah, secukupnya.
Masukkan Kreni, masak api kecil hingga meresap . Tambahkan kapri jika suka. 

Sajikan dengan Acar, kerupuk udang, dan telur pindang.



13

Friday, August 24, 2018

NASI JAMBLANG KONGBAP


Hai, kembali lagi nich di postingan  Friday menu with Kongbap ya teman-teman.
Hari ini aku bikin Nasi Jamblang khas Cirebon . Lumayan komplet lauknya,  ada beberapa macam. Walau ngga sekomplet seperti di warung-warung Nasi Jamblang di Cirebon ya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
3

Wednesday, August 22, 2018

Rendang Iga Pedas


Selamat merayakan hari raya Idul Adha teman-teman. Aneka menu berbahan daging sudah banyak aku share ya di sini, di search aja jika perlu resepnya. Search resep bisa dari google, misal resep Gule Diah Didi, resep Tongseng Diah Didi, gitu aja caranya mudah dan cepat, karena tombol search di webku agak error. Atau jika mau lihat dalam satu postingan, dulu aku pernah bikin postingan kumpulan menu Idul Adha juga , silahkan klik di link berikut ya di SINI.

3

Sunday, August 19, 2018

PUDING KACANG HIJAU


Lama nggak bikin Puding. Di rumah pada kurang hobby makan Puding, kecuali puding coklat, itupun udah agak bosan Yodha. Tadi iseng siang aku mau bikin minuman sari kacang hijau kok  berubah haluan jadi bikin Puding. Alhamdulillah nyes rasanya dan pada suka.
2

Friday, August 17, 2018

Oseng Kikil Kecap Cabai Hijau


Menu favorit di rumah..favoritku dan suami..Oseng Kikil Cabai hijau. Walau kalau suami makan di ambilin Kikilnya aja hahah. Kalau aku kok suka sekali cabai hijau ya, apalagi di oseng gini, rasanya jadi unik dan khas ada aroma sedep gimana gitu.

2

Tuesday, August 14, 2018

Oseng Triwis / Criwis / Cuciwis dan Udang


Lagi musim sayuran Criwis / Triwis atau Cuciwis nich di pasar..namanya banyak ya..yang penting ada..wis di belakangnya hahah. Lha aku bilang cuciwis, tukang sayur langgananku bilang Triwis, di pasar bilangnya Criwis, yo wis..yang penting akhirannya ada wis...lol..!

2

Sunday, August 12, 2018

Sambal Roa


Beberapa hari lalu aku posting tentang sambal roa, eh ada teman dari ternate..mba Tary nawarin Ikan Roa yang masih dalam bentuk ikan asap..wah senang banget rasanya. Biasanya taunya udah jadi sambal aja...di kirimi ikan Roa ini sama senengnya waktu dapat kiriman Oncom hahah.


6

Wednesday, August 8, 2018

Combro Pedas


Kemaren aku coba inovasi baru di dapur, Combro pedas isi sambal...hihi. kebetulan sich punya sambal ikan roa...sejenis ikan asap gitu, jadinya aku coba bikin Combro dan hasilnya enak lho teman-teman.
1

Tuesday, August 7, 2018

Gurame Krispy Acar Kuning


Menu Yodha sore ini , tumben dia request menu ikan . Katanya mau ikan goreng saus kuning yang asam segar gurih manis. Pertama aku mikir apa ya,  ternyata yang di maksud yodha adalah acar kuning ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
1

Monday, August 6, 2018

Tips Memulai Usaha Kuliner di Rumah



Teman-teman adakah yang punya niat atau keinginan untuk memulai usaha online namun sebatas wacana dan belum juga di jalankan hingga sekarang ?
Ayuk semangat ya, di jaman serba canggih dan mudah sekarang ini berjualan online tidak begitu sulit kok. Kalau jaman dulu kita menjual produk harus menawarkan secara langsung ke pembeli, dengan resiko malu jika di tolak, capek muter-muter nggak ada barang yang terjual, atau menunggu toko seharian tanpa ada pembeli datang, duch sungguh banyak waktu terbuang percuma ya.

1

Friday, August 3, 2018

Nasi Gegog Khas Trenggalek dengan Kongbap




Nasi Gegog adalah makanan khas Trenggalek dan sekitarnya. Dulu aku pernah makan versi Ponorogo yang memakai kelapa parut, kali ini aku mencoba versi yang Trenggalek yang langsung tumisan pedas aja bumbunya. Wah ternyata sama enaknya.
1

Thursday, August 2, 2018

Pepes Ayam Bumbu Bali



Aku lagi suka masak pakai Airfryer lagi, soalnya keamren dapat kesempatan mereview Philips Airfryer itu lebih oke dari punyaku yang lama. Yang ini lebih mudah di pakai dan cara membersihkannya juga mudah, jadi nggak repot.

1

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel