Tuesday, July 9, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa... Hari ke 1 ( Resep Pindang Ayam Kudus )


Alhamdulillah besok udah mulai puasa..atau mungkin ada juga teman2 yang sudah mulai puasa hari ini..selamat menunaikan ibadah puasa ya..! Nah..sesuai niatku kemaren..tiap hari aku akan posting menu2 khas dari berbagai daerah untuk menu buka puasa..siapa tahu bisa menjadi inspirasi buat teman2 yang suka bingung mau masak apa gitu yang beda untuk menu berbuka atau sahur...jika sesuai selera..^^ Memang kalau bulan puasa..aku selalu bikin menu2 yang agak beda buat keluarga kecilku di rumah.


Pindang Kudus..adalah masakan segar berkuah..yang rasanya sangat enak..gurih dan sedikit manis..serta aroma khas dari kluwak, karena bumbu utamanya memang kluwak. Rasanya mirip2 sama brongkos..rawon atau nasi gandul..tapi citarasanya tetap berbeda. Pindang Kudus ini biasanya paling banyak memakai daging sapi, namun di Kudus ada juga beberapa penjual pindang Kudus dari ayam. Ayam yang paling enak buat pindang Kudus ini adalah ayam kampung..namun jika tidak ada, kita bisa gunakan juga ayam pejantan atau ayam pedaging biasa. Ke khasan lain pindang Kudus ini yaitu di tambah daun so ( daun melinjo yang masih muda ), aroma dan rasanya jadi unik dan beda dari masakan lain yang berbumbu kluwak. Pindang Kudus ini biasanya di sajikan dengan telur bumbu kecap dan juga perkedel atau tempe goreng. Pindang Kudus ini cocok untuk menu seluruh keluarga, karena nggak pedas..jadi anak2 pun bisa makan. Yodha suka sekali menu pindang begini..terutama kuahnya..segar dan enak katanya..^^

Jangan lupa tambahkan sambal dari cabai rawit merah buat yang suka pedas..pasti lebih nikmat. Juga lengkapi dengan kerupuk  udang..wah..bisa jadi menu buka puasa yang beda dan istimewa dech buat keluarga.Selamat mencoba..jika suka ya teman2. Menu pindang Kudus ini juga cocok buat sahur..rasanya yang segar , pastilah akan menggugah selera makan ..karena biasanya kalau saur pada males2 san ya kalau di suruh makan..terutama anak2..hihi. Masak Pindangnya bisa sore hari..jadi pas sahur tinggal di panasi..rasanya..tambah enak..karena..menu2 berbumbu kluwak begini..lebih enak rasanya..setelah di inapkan semalaman. Bumbu2nya makin meresap.
Resep Pindang Ayam Kudus

Bahan:
1/2 ekor ayam kampung / pejantan / ayam pedaging biasa
30 gram daun so / melinjo
1500 ml santan sedang dari 1/2 butir kelapa
Garam / kaldu bubuk ayam secukupnya
Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai,  memarkan
Kecap manis jika suka untuk penyajian

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
3 butir kemiri
1 cm kencur
1 cm jahe
1/4 sendok teh terasi bakar / goreng
2 buah kluwak

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan dan bumbu2 lain. Masukkan ayam, masak hingga bumbu meresap di ayam dengan api kecil selama kurang lebih satu jam. Jangan lupa cicipin rasanya ya..sebelum di angkat. Sajikan dengan telur bumbu kecap, perkedel atau tempe goreng, sambal dan kerupuk udang. Buat anak2 jika suka bisa di tambahkan kecap manis, rasanya lebih enak.
Telur Bumbu Kecap

Bahan :
4 butir telur ayam rebus, kupas. ( sesuai kebutuhan )
Kecap manis 2 sendok makan ( sesuai selera )
Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Gula pasir 1/2 sendok teh

Bumbu Halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
1/4 sendok teh merica butiran
Secuil kecil pala

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan 200 ml air, telur rebus dan bumbu2 lain.Masak sampai meresap dan kuah mengental.



Nah..menu untuk buka atau sahur udah siap..komplet..tinggal buat takjilnya..Klappertaart yang aku coba buat kemaren..resepnya juga sangat mudah..pasti yummy buat menu berbuka yang manis2..resep klappertaartnya di sini ya..Selamat mencoba..^^



20 comments :

  1. Replies
    1. Ya Mba Nunung..enak dan seger..silahkan di coba ya..^^

      Delete
  2. Mbak, saya mau tanya, kalo tidak ada daun belinjo, kira kira bisa di ganti sama apa yg enak? Maklum tinggal di negeri orang, engga akan ketemu daun belinjo. Trims buat resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah pake nggak pa2 Mba..kan pelengkap aja daun melinjo itu..^^..tetep enak kok rasanya..aku pernah nggak pake juga..pas lagi nggak ada daun melinjonya..^^

      Delete
  3. Replies
    1. Ya Mba Rika...masakan tradisional Indonesia..emang enak2 ya..^^

      Delete
  4. aku udah coba ressep pindang kudusnya mbak diah, emang enak mbak, mantep, aku buat pake daging sapi, besok coba bikin dari ayam. selalu aku tunggu resep-resep yang praktis dan maknyuss ya mbaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba.. iya..bisa daging sapi juga mba..kalau di Kudus..malah aslinya ada yang pakai daging kerbau juga..hihi..

      Delete
  5. Pagi2 jadi ada ide masak setelah baca ini.Thank ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak Sri ..semoga sedikit memberi ide ya..mau masak apa buat buka puasa keluarga nanti..:)

      Delete
  6. Wah, sip. Bisa dicoba nih Mak buat menu buka n sahur. Oh ya Mak, berhubung sekarang bahan2 pada naik, usul dong Mak kalo bisa bikin resep dari bahan2 yang sederhana dan murmer,hihihihi. *Ibu2 ngirit*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak..beres..aku juga Mak Irit kok..biar semangat aja dulu keluarga..awal2 puasa..yang enak2..ntar lama2 menu irit..hihi..becanda..pokoknya biar irit tetep istimewa dan enak..gt kan Mak prinsipnya..^^

      Delete
  7. Hari ini maucoba masak pindang ayam kudus, tapi kelupaan ndak beli daun melinjo, qeqeqe, gak papa kan ya itu tambahan aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ety...cuma tambahan aja kok..dan kasih sedikit aroma daun melinjo yang khas gt ya di kuahnya Mba..tapi ndak pake juga tetep enak kok Mba..^^

      Delete
  8. Sambalnya seger bgt.. semakin menggiurkan. Gmn buatnya mbak? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah saja Mba..buat sambalnya..ambil beberapa cabai rawit sesuai selera,lalu rebus dengan 1 siung bawang putih, lalu ulek dengan sedikit garam,udah jadi Mba..^^

      Delete
  9. Pengen buat klappertart belum pernah kesampean, icip-icip aza belum pernah, hihi
    foto nya sangat menggiurkan mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mak...Ayukk bikin Mak Meta..mumpung bulan puasa..banyak yang jual kelapa muda..mudah banget bikinnya Mak..cuma campur2..jadi dah..^^

      Delete
  10. Waduuuhhhh ini gawat bgt ....saya bolak balik dari mengerjakan kerjaan kantor sambil liat menu2nya Mbak Diah ...Masya allah..produktif bgt, andaikan oh andaikan dakuw memiliki ilmunya sedikiiiiitttt aja :-)
    Keep posting ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Lina..ayukk di liat2 dulu..terus di praktekin ya..Selamat bekerja..:)

      Delete