Wednesday, July 17, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 9 ( Soto Betawi dari Jakarta )


Indonesia..surganya soto..aneka ragam soto ada ya..di masing2 daerah..beberapa malah sudah terkenal di mana2..tidak hanya di daerah asalnya. Aku suka soto..bebagai macam soto dari berbagai daerah di Indonesia..sering ku coba..seneng aja..menemukan citarasa baru  yang berbeda beda..setiap membuat macam2 soto. Walaupun kadang pada dasarnya bumbu intinya sama..tapi bisa menciptakan rasa yang beda..karena ada tambahan sambal atau bahan khas..yang berbeda. Seperti Soto Sokaraja..sebenernya soto ayam biasa..tapi karena di makan dengan sambal kacang..kuahnya jadi  beda..tambah kental. Soto Slawi juga sama..soto ayam biasa..tapi di makan dengan sambal tauco..udah jadi beda lagi dech citarasanya. Jadi berasa berkelana makan soto ke daerah2 di Indonesia dech..hihi..dengan mencoba sendiri resepnya di rumah.

Nah..kemaren aku bikin Soto Betawi..udah sering bikin sich..cuma kemaren aku coba yang versi pakai susu bubuk di kuahnya..hemm..memang tambah enak dan gurih sich..suamiku suka sekali. Sampai buka dan sahur..tetep pakai Soto Betawi ini, Soto Betawi adalah soto tipe berbumbu kuat dan beraroma rempahnya..serta bersantan. Nah..yang aslinya di tambahkan susu bubuk juga..kalau aku biasanya nggak pakai..masih ragu2..takut bau susu sotonya...! Tapi kemudian sekali2 pengen coba juga pakai susu bubuk..ternyata emang enak..nggak bau susu kok...karena udah nge blend sama  bumbu2 dan rempah2 nya yang kuat. Yang pasti memang lebih gurih. Cuma emang kalau makan soto Betawi .walaupun enak..jangan sering2 ya teman2..hihi..soalnya selain bersantan..juga banyak jerohannya..tapi itu yang bikin enak sich ya..karena aku suka jerohan..hihi. Kalu mau lebih sehat ya ganti daging aja semua..no problemo..juga bisa di tambahkan wortel dan kentang juga biasanya aku gitu biar ada sayurannya..tapi kali ini aku coba yang versi aslinya..dari Betawi sono.

Jadi..jika suka..silahkan di coba ya teman2..mau versi yang soto Betawi daging..atau komplet pakai jerohan..mau pakai santan aja..atau tambahan susu..atau mau ditambahin sayuran...yukk..sesuaikan selera saja..yang penting bumbu intinya tetep sama...bumbu soto Betawi. Semoga bisa menjadi salah satu ide menu buka puasa atau sahur ya teman..^^

Selamat mencoba ya teman2..ini dia resepnya..
Soto Betawi

Bahan :
200 gram daging sandung lamur 
100 gram babat
100 gram iso
1000 ml air untuk merebus daging
1000 ml santan kelapa dari 1/2 butir kelapa..( jika suka kental dari 1 butir kelapa )
3 sendok makan susu bubuk
Kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh
Garam secukupnya
1/4 sendok teh pala bubuk
1 buah bunga pekak atau lawang
3 cm kayumanis
5 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1/2 sendok teh merica bubuk
3 cm lengkuas, memarkan
Bawang goreng secukupnya untuk taburan
Daun bawang secukupnya untuk taburan ( tapi aku lagi nggak punya daun bawang kemaren..jadi nggak pake..nggak masalah..tetep enak..^^ )

Pelengkap :
Emping melinjo secukupnya
Sambal cabai rawit
Acar mentimun 

Bumbu halus :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm kunyit, bakar
3 cm jahe
4 butir kemiri, sangrai
1/2 sendok teh ketumbar, sangrai
1/4 sendok teh jintan, sangrai

Cara Membuat :
Rebus daging dengan api kecil sampai daging empuk dan keluar kaldunya. potong2 , sisihkan.
Campur kaldu daging dan santan.
Rebus babat dan iso dengan sedikit garam bersama atau terpisah sampai empuk ( aku  bareng aja...soalnya kaldunya kan nggak kepake..di buang aja air rebusannya..^^ ), sisihkan...potong2 .
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang dan harum, masukkan ke santan. Masak di atas api kecil,masukkan semua bumbu, daging dan jerohan. Masak dengan api kecil hingga empuk, matang dan semua bumbu meresap. Koreksi rasanya..sebelum di sajikan. Sajikan hangat dengan pelengkap.

Seperti biasa.soto2 berkuah begini..enak di padu dengan aneka gorengan seperti tempe atau tahu goreng..atau perkedel.


Menu takjilnya yang manis..bisa puding nangka ini..pas dech..manis..gurih, dan harum nangka..resepnya..di sini ya..^^


2 comments :

  1. Wah aku baru tau ada soto betawi yg pakai kunyit heheh. Pernah coba bikin tanpa kunyit mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah Mba..iya..ada dua versi kok..pakai kunyit dan tidak..aku dapet resep dari ulasan pengusaha soto Betawi yag udah ternama yang pakai kunyit ini..:)

      Delete