Google Ad

Sunday, July 21, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa / Sahur Hari 13.. Bandeng Bumbu Rujak ( Jawa Timur )



Masakan bumbu rujak..adalah masakan khas Jawa Timur..bukan bumbu rujak..dalam arti sebenernya seperti rujak buah lho teman2..tapi ini adalah versi masakan berkuah santan pedas dan khas dari Jawa Timur. biasanya yang di masak bumbu rujak ini adalah ayam.Namun aku suka saja berkreasi dengan bumbu rujak ini..selain ayam. Kerang juga pernah ku masak bumbu rujak begini..resep di sini. Nah kemaren aku buat Bandeng bumbu rujak..rasanya juga tak kalah enak dengan ayam bumbu rujak. Bandengnya di potong2 dan di goreng terlebih dahulu, sehingga ketika di masak kuah dan di masak lama tidak akan lembek..karena susah di goreng garing terlebih dahulu. Kuah bumbu rujak yang pedas, gurih dan sedikit manis...akan merasuk ke daging ikan bandengnya..dan kuahnya di masak dengan api kecil hingga kuah menyusut dan mengental..hemmm..enak sekali. Orang Jawa bilang..*nyamleng*..rasanya..hihi..karena kuahnya aja enak..di cocol nasi putih sama tempe goreng.

Nah buat yang belum pernah coba masakan bumbu rujak khas Jawa Timur ini..ayo..cobain ya..enak lho..cocok buat menu buka puasa atau sahur...^^
Bandeng Bumbu Rujak

Bahan :
2  ekor ikan bandeng, masing2 potong 3 bagian, cuci bersih, lumuri dengan sedikit garam dan air jeruk nipis, lalau goreng dengan api kecil hingga kering.
600 ml santan kelapa sedang
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu bubuk dan garam secukupnya

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
3 buah bawang putih
4 butir kemiri
2 cm kunyit
6 buah cabai merah keriting
1/4 sendok teh ketumbar
1 cm jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar2 matang.
Msukkan santan dan bumbu2 lain. Biarkan sampai mendidih, lalu masukkan ikan bandeng yang sudah di goreng, lalu masak dengan api kecil sambil sesekali di aduk supaya santan tidak pecah. Masak sampai kuah menyusut dan mengental.
Sajikan.

Tips : Ikan Bandeng bisa di ganti ikan lain juga sesuai selera, tapi harus di goreng kering dulu juga ya..biar nggak lembek pas di masak lama. Bisa juga di ganti ayam..kerang, usus, udang atau telur rebus..dll sesuai selera.

Menu takjilnya..mungkin bisa pilih salah satu kolak di sini


1 comment :

  1. Sdh saya praktekkan dan hasilny... Hmmm... Enak.. Suami saya suka.. Ampe ketagihan gt.. Thanks resepny mb diah..

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel