Google Ad

Friday, December 29, 2017

Sayur Sawi Gurih, Udang Kremes dan Sambal Tomat



Yuhuuu, akhirnya bisa liburan juga...hihi. Hari ini masak menunya komplet, menu bersih-bersih stok kulkas. Semua sudah pernah aku posting sich resepnya. Tapi karena banyak teman yang menanyakan resepnya di instagram tadi, baiklah aku posting lagi...biar teman-teman mudah nyari resepnya, aku kasih linknya lagi ya.
0

Thursday, December 28, 2017

Tumis Soun Jamur


Ini menu simple dan enak...jika lagi malas masak yang ribet-ribet. Tumis soun dan jamur kuping cabai hijau. Jika di sini jadi menu hajatan atau menu prasmanan kondangan..hihi. Tapi bikin sendiri lebih sedep menurutku, karena bisa sesuai selera bumbunya.

5

Wednesday, December 27, 2017

Bubur Gudeg



Kalau akhir tahun gini suasanannya masih males ya teman-teman..maunya liburan aja..hahah. Apalagi melihat foto-foto liburan dari teman-teman lain di media sosial...jadi pengen kabur gitu dari rutinitas sejenak ke mana gitu. Sayangnya baru dapat tiket minggu depan..hahah. 
0

Monday, December 25, 2017

Tempura Udang


Dua hari kemaren jalan-jalan terus, ada keponakan datang dari Karawang. Baru dech terasa capeknya hari ini. Jadi hari ini masak menu yang simple-simple aja..sekalian upload produk-produk Tepung yang aku jual. Dari kemaren mau upload lagi kok kelewatan terus.
0

Friday, December 22, 2017

Lodeh Campur Putihan



Selamat hari Ibu ya bunda-bunda semua...
Buat para Bapak,  jangan lupa Kadonya ya...hahah

Menu hari ini favorit ibu-ibu sedunia..hahah..lebay dech..se Indonesia..maksudnya..eh di persempit lagi se Jawa Tengah kali ya...karena yang kenal lodeh model begini mungkin hanya di Jawa Tengah dan sekitarnya.
 
7

Thursday, December 21, 2017

Buttercake Ubi Ungu


Lama nggak baking...padahal suka baking juga..cuma kadang-kadang yang makan yang nggak ada teman-teman..hihi. Orang rumah jika keseringan di buatin cake lama-lama nggak pada mau nyentuh cake lagi. Jadi kudu jaraknya jauh-jauh gitu jika bikin Cake..hihi.

1

Tuesday, December 19, 2017

Tips Sukun Goreng Agar Gurih


Lagi musim Sukun di pasar ya teman-teman. Dari kemaren nemu Sukun yang bagus dan tua. Jika di goreng rasanya mempur, enak sekali. Sebenernya kemaren ke pasar itu nemu Sukun, pikirku mau tak masak lodeh, eh tapi sudah ketuaan, jadi paling enak ya di goreng saja.
5

Sunday, December 17, 2017

Kue Legomoro Khas Kotagede


Waktu ke Yogya kemaren, aku sempat main ke pasar Kotagede, mau cari Kipo. Eh pas liat banyak penjual jajanan pasar di depan pasar Kotagede, kok aku malah tertarik sama jajanan unik, Legomoro.

0

Saturday, December 16, 2017

Oseng Usus Pedas




Punya Usus sedikit yang sudah empuk di rebus di kulkas, harus segera di olah, biar nggak kelamaan numpuk bahan di freezer, hihi. Aku suka menyimpan bahan, tapi ya nggak lama-lama waktu nyimpannya. Jika kelamaan ya beda aja rasanya. Yodha juga terbiasa lauk fresh gitu jadi tahu bedanya huhu. Jadi paling lama nyimpan bahan beberapa hari aja.
0

Wednesday, December 13, 2017

Tempe Krispi Aroma Daun Bawang



Menu cemilan atau lauk ya ini ?..Tempe Krispi...bukan mendoan lho ya ini teman-teman. Tapi Tempe di lapis adonan Tepung krispi. Biar harum, di tambah daun bawang. Jadi kriuk, gurih..enak sekali. Bisa buat cemilan, bisa buat lauk, misal di makan dengan sup atau menu berkuah lainnya.
0

Oseng Tomat & Ikan Asap


Menu kemaren...judulnya Oseng Tomat aja dech ya teman-teman, karena menu ini banyakan Tomatnya di banding Ikannya hahah. Ikannya cuma 2 ekor, aku pakai ikan asap atau ikan panggang, terus tomatnya yang buanyak sampai 200 gram...hihi.
0

Tuesday, December 12, 2017

Sayur Lompong Bumbu Kuning


Hallo semua...udah kembali lagi di dapur nich aku...banyak menu yang udah aku masak, aku upload satu persatu ya nanti. Bulan ini lagi banyak motret produk endorse..jadinya kejar banyak deadline. Alhamdulillah bisa buat liburan akhir tahun Yodha...hahah.
1

Sunday, December 10, 2017

Cake Labu Kuning Lapis Pandan


Hallo semua...maaf ya teman-teman, dapurnya libur dua hari nich, lagi mudik kemaren ke Yogya. Nengok Eyang Yodha, sekalian jalan-jalan...Yodha kan habis ujian, biar refreshing dia. Sebenernya banyak stok menu yang sudah mau aku posting, tapi kemaren kok ya kerjaan ini..itu nggak habis-habis sebelum berangkat ke Yogya. Rencana mau posting banyak sekalian tinggal rencana dech..hihi.
1

Thursday, December 7, 2017

Sayur Bening Campur



Yodha sudah agak bosan makan lauk dnegan sambal. Nah...aku coba dengan aneka sayuran yang ringan bumbunya seperti Sayur bening, kok sudah mau sekarang. Walau masih pilih-pilih jenis sayurannya...tapi lumayan lah, daripada makan keringan lauk aja..hihi.
2

Tuesday, December 5, 2017

Churos Kentang Resep Baru


Hari Minggu kemaren aku buat Churros lagi. Yodha suka Churros...daripada beli mahal kan teman-teman, lebih baik bikin sendiri...hihi. Kali ini aku berkreasi dengan tepung kentang lagi. Tapi beda resep. Kali ini aku coba tepung kentangnya langsung masukkan ke adonan, jadi praktis, ngga perlu di seduh dulu.

Hasilnya sama enaknya. Aku pakai tepung kentang lebih banyak, jadi lebih terasa kentangnya. tap[i tetep kres renyah luarnya dan lembut di dalam ketika masih panas. Kemaren aku pakai mentega yang tawar agar churos nggak terlalu gurih. Bisa pakai margarin juga sich, cuma kadang rasanay jadi terlalu asin ya teman-teman. Atau jangan pakai garam lagi ya jika pakai margarin.

Adonan Churros ini sebenernya mirip dengan adonan kue Sus, tapi di goreng dan adonan lebih padat, Jadi tidak terlalu mengembang dan menyerap minyak. Bedanya, kalau kue Sus telurnya lebih banyak, jadi adonan bisa ringan dan mengembang ketika di panggang. Jika Churros, adonan harus sedikit lebih padat agar bisa di cetak ketika di goreng, bisa renyah kres dan nggak lembek.

Tidak perlu pakai cetakan khusus yang mahal sich untuk membuat Churros, kita bisa pakai kantong plastik segitiga saja untuk mencetaknya. Jika adonan pas kekentalannya, hasilnya akan bagus juga. Kecuali jika mau buat usaha, ada juga alat pencetak churros sehingga hasilnya bisa lebih cepat dan seragam.

Oh ya untuk teman-teman yang kesulitan mencari tepung kentang, bisa beli di aku ya, ready stok. Tepung kentang ini praktis sekali, bisa untuk makanan gurih atau manis yang berbahan dasar kentang. Jadi banyak variasi resep yang bisa kita buat dengan tepung kentang ini. Jika mau coba, silahkan wa atau sms ke 089654712500 ya.

Oke ini dia resepnya...untuk lebih jelasnya, bisa di lihat di video berikut ya teman-teman, cara membuat churros kentang ini. 



Churos Kentang 

Bahan :
75 gram mentega tawar
200 ml air
100 gram TEPUNG KENTANG
100 gram tepung terigu protein sedang
1 ½ sendok makan gula pasir
¼ sendok teh baking powder
¼ sendok teh garam
¼ sendok teh vanili
2 butir telur

Cara Membuat :
Masukkan air dan mentega ke dalam panci, masak hingga mentega larut, masukkan gula dan garam,serta vanili
Masukkan Tepung kentang dan terigu, aduk rata hingga menggumpal
Biarkan adonan menjadi hangat, masukkan telur
Kocok rata hingga menjadi adonan yang lembut
Masukkan ke kantong plastik segitiga yang di beri spuit bunga / bintang
Panaskan minyak goreng, semprotkan adonan ke minyak yang sudah panas, panjang sesuai selera
Potong adonan dengan gunting
Goreng  hingga matang
Sajikan dengan taburan gula halus dan kayu manis, atau celupan coklat leleh



1

Lodeh Bumbu Iris Tempe Semangit dan Kacang Panjang


Kemaren aku masak ini buat diri sendiri...hihi. Lha kalau masak tempe semangit gini yang doyan cuma aku di rumah. Paling aku bagi ke Bude sayur langganan jika nggak habis. Kemaren beberapa hari kok agak males makan. Gantian yang nge drop dech setelah suami dan anak.
0

Saturday, December 2, 2017

Kue Getas, Resep Baru


Hari ini tumben ada matahari ya teman-teman...langsung ngebut motret dech tadi. Biasa hujan-hujan males motret, karena aku lebih suka motret makanan itu di luar ruangan dengan cahaya alami. Keasyikan motret tadi seharian, eh tau-tau udah sore aja.
0

Thursday, November 30, 2017

PASAR PAPRINGAN, DESTINASI WISATA KULINER UNIK DI TEMANGGUNG


Saat ini, animo masyarakat kita untuk berwisata sangat tinggi ya teman-teman,  karena saat ini kita sudah sadar betul, fungsi berwisata, selain untuk refreshing di sela-sela rutinitas, mencari hiburan, menambah pengalaman, juga menikmati dan mencari pengalaman baru mengunjungi berbagai fasilitas wisata yang unik dan banyak tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu saat ini tentu dengan berbagai media sosial yang tersedia, kita bisa share pengalaman ketika kita berwisata atau berkunjung ke daerah lain ya. Selain bisa berwisata, tentu akan menyenangkan jika bisa berbagi pengalaman ke teman-teman atau keluarga kita. Selain itu juga bermanfaat untuk memperkenalkan potensi wisata daerah kita, agar di kenal luas ya.

9

Wednesday, November 29, 2017

Sop Makaroni Sosis & Perkedel Crunchy Daging Asap


Kemaren Yodha dan papanya sakit barengan, pada meriang dan nggak mau makan..padahal sehari sebelumnya Yodha lahap makan Bebek Bacem habis dua potong. Sedih rasanya jika pada nggak mau makan. Akhirnya cuma masak Bubur aja kemaren. kerja juga nggak kosentrasi.
0

Tuesday, November 28, 2017

Bebek Goreng Bumbu Bacem


Akhir-akhir ini aku sering masak Bebek, karena Yodha sudah suka Bebek. Dan kebetulan di pasar juga sering ada yang jual Bebek mentah sekarang. Jadi sering beli dech...karena harga juga tak jauh beda dengan Ayam. Jadi buat variasi  lauk Yodha aku semangat masaknya.
4

Monday, November 27, 2017

Oseng Pepaya Muda Bumbu Ebi




Hari ini aku masak Bebek lagi untuk Yodha dan Papinya. Kalau Emaknya udah mblenger..jadinya masak Oseng Pepaya Muda aja..hihi. Oseng pepaya muda ini sebenernya udah jadi menu harian dari jaman kecil. Cuma ajaibnya kok nggak pernah bosan. Jika lama nggak masak ini, kadang kangen aja rasanya.

0

Saturday, November 25, 2017

Mie Kethoprak & Tahu Aci



Hari ini aku masak Mie Ketoprak ala Solo. Indonesia itu kaya akan ragam olahan Mie ya teman-teman. Tiap daerah punya olahan Mie yang unik.

Seperti Mie Kethoprak ala Solo ini. Mie yang berkuah dan unik, dari yang versi banyak sekali isi dan topingnya...hingga yang sederhana juga ada.

Jika mau coba yang bertoping melimpah, ada di daerah Kertopuran..yaitu di warung Mie Kethoprak Yu Nani. Ada banyak sekali Toping Mie Ketoprak di sana, ada tetelan, daging, kol,  duo mie kuning sama putih, ada tahu, tempe goreng, bakwan, cakwe, dll. Masih ada Sosis Solo nya juga..hihi.

Pokoknya piring nya penuh dech. Tapi ada juga versi sederhana  yang hanya pakai Tahu Tempe. Resep yang versi komplet sudah pernah aku share di web ya teman-teman, silahkan search aja atau klik via google, resep Bakmi kethoprak DiahDidi..nanti muncul linknya. Ini aku liat pakai hape, jadi ngga bisa kasih link nich teman-teman ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ƒ

Nah....buat teman makan Mie Ketoprak, aku bikin Tahu Aci aja, selain goreng Sosis Solo stok di freezer yang tinggal beberapa biji. Tahu Aci ini praktis, pakai Tepung Aci siap pakai yang sudah berbumbu, jadi praktis dan cepat Bikinya.

Tepung Aci ini juga sudah di lengkapi kucai kering, jadi harum aromanya. Tepung Aci ini sudah berbumbu lengkap, tanpa penyedap. Jika mau lebih gurih, aku suka tambah kaldu Jamur sedikit atau gula pasir, jadi makin gurih.

Cara membuatnya mudah. Tinggal di kasih air biasa atau air hangat, hingga Kalis dan bisa di bentuk. Setelah itu tinggal di oleskan ke Tahu. Aku pakai Tahu yang sudah gurih...atau Tahu asin. Lalu tinggal di goreng dech hingga matang dengan api kecil aja agar matang hingga bagian dalam, dan kering luarnya.

Jika api terlalu besar, Aci akan cepat mengembang, tapi ketika di angkat jadi kempis. Jika api kecil, ketika matang akan stabil gorengan Acinya, nggak mudah kisut ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Tepung Aci yang aku jual ini tersedia kemasan kecil ya,sekali pakai, jadi praktis cara menyimpannya. Jika mau coba, silahkan sms ata wa ya teman2, ke 089654712500 ya. Pas nich musim hujan gini..nyetok Tepung Aci ..jadi jika kepengen nyemil yang anget-anget, tinggal goreng dech..daripada hujan-hujan cari cemilan keluar males atau tunggu Abang gojek..pesanan makanan tak datang-datang, mending bikin cemilan sendiri di rumah ya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ƒ

Oke, selamat berlibur di rumah ya teman-teman, hujan deres di tempatku, jadi malas keluar...habis ini mau ke dapur lagi aja ah...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ƒ



0

Friday, November 24, 2017

Sambal Bawang Terasi Kering



Kemaren sore aku masak Terik Ayam. Nah..lagi mikir Sambal apa yang beda biar nggak bosan Sambal Tomat, Sambal Korek, dll.  Nah, jadi ingat Sambal versi keringan gini. Dulu pernah di kirimin teman Sambal Bawang campur Terasi aja ala Cirebon, hem..langsung kepikiran..di Bali ada Sambal seperti itu ya, namanya Sambal  Embe.

0

Wednesday, November 22, 2017

Sop Kimlo



Menu masakan Indonesia itu banyak dan unik ya teman-teman...dan banyak juga yang mirip dari satu daerah dan daerah lain. Daripada memperdebatkan suatu makanan, kalau aku lebih suka mencoba langsung dan merasakan bedanya.
1

Mie Tom Yum


Musim hujan telah tiba ya teman-teman, jadi menu yang pas itu menu berkuah dan hangat. Indonesia kayak menu berkuah yang enak dan segar ya. Tapi sekali-kali tak ada salahnya mencoba menu berkuah dari Negara lain yuk. Salah satunya menu Sup Tom Yum dari Thailand.
2

Monday, November 20, 2017

Pindang Suwir Cabe Hijau


Masih memanfaatkan Ikan Pindang yang tersisa, aku buat tumis cabe hijau aja. Jika lagi ke pasar dan ketemu Pindang bagus memang suka kalap beli beberapa keranjang sekalian. Tapi karena memang suami suka, aku juga suka, jadi nggak pernah bosan di olah jadi apa aja Pindang itu.
5

Sunday, November 19, 2017

Sayur Pedas Buncis & Tempe



Hari ini masak sederhana aja..Sayur pedas santan, seperti sambel goreng sich, tapi ini lebih seger aja, Karena sebenarnya walau nampak merah merona, itu cabainya cuma sedikit. Kalau Sambel goreng itu cabenya musti banyak. Kalau Sayur pedes biasa itu rasanya, karena  cabainya nggak terlalu banyak dan ringan rasanya.

1

Saturday, November 18, 2017

Ayam Bacem Bungkus Daun pandan


Aku punya kebun kecil di belakang rumah, yang isinya kok kebanyakan pohon Pandan hihi. Udah sering di pakai buat aneka makanan , bubur, dll yang butuh Pandan, nggak habis-habis, malah tambah subur aja..hihi. 
2

Friday, November 17, 2017

Bolu Durian


Waktu ke pasar kok masih ada aroma Durian di penjual buah langganan. Iseng tanya harga, kok masih murah. Ya udah aku beli aja,  kayaknya stok terakhir kata yang jual...hahah..percaya amat ya aku. Dasar memang lagi pengen baking aja..jadi kepikiran bikin Bolu Durian, karena dari dulu penasaran, jika di buat Cake enak atau tidak Durian itu.
2

Lontong Gulai Kikil



Kemaren libur posting ya teman-teman, lagi ada acara, mengisi kuliah umum di UNNES jurusan PKK. Kemaren sibuk bikin materi dadakan. Lha awalnya tak kira materinya tentang usaha kuliner berbasis potensi  bahan lokal, jadi usah nyiapin itu..ternyata materinya Potensi lokal dan Pariwisata hihi...akhirnya malam bikin materi lagi dadakan...mau posting udah nggak sempat..hihi.

6

Wednesday, November 15, 2017

Taoge Goreng


Sudah lama aku penasaran sama Taoge Goreng khas Bogor. tapi dari dulu baca-baca resep itu kok pakai Oncom bumbunya. jadinya mau bikin kok nggak kesampaian terus karena belum ketemu Oncomnya. Waktu dari Bandung beli Oncom, keburu di masak menu lain..hihi.
0

Monday, November 13, 2017

Ayam Panggang Pedas Manis


Hari ini masak Ayam Panggang. Ayamnya utuh, aku ungkep dulu hingga bumbu mengental, lalu aku panggang di oven. Kebetulan dapat kiriman oven baru dari Mito, untuk di review kualitas ovennya..sip dech jadinya pakai oven baru manggangnya..hihi.
7

Sunday, November 12, 2017

Molen Ubi Ungu



Masih punya stok Ubi Ungu...mikir mau di buat apa lagi ya...karena di webku ini sudah banyak dech olahan Ubi Ungu...hihi. Aneka macam jajanan hingga Mie Ubi Ungu, Nasi Ubi Ungu, semua udah pernah aku posting. Akhirnya  mikir, sepertinya belum pernah bikin Molen isi Ubi Ungu aku, jadilah aku bikin itu aja dech kemaren. Oh ya, kalau mau cari resep olahan Ubi Ungu dariku, ketik aja di google ya judul resepnya, misal..Mie Ubi Ungu Diah Didi, ntar muncul linknya kok teman-teman. Jangan lupa, follow instagram aku @bunda_didi, jika mau tau behind the scene dari dapurku sehari-hari ya.
2

Friday, November 10, 2017

Misoa Goreng Versi Adonan Kukus


Misoa, salah satu cemilan favorit di rumah. Sering bikin, tapi yang versi prkatis, yang setelah di masak, langsung di dinginkan, di potong-potong, lalu di goreng dengan adonan tepung pencelup atau kocokan Telur. Jadi hasil Misoanya lembut dan masih terasa tekture Mienya.

1

Thursday, November 9, 2017

Mie ala Aceh


Kemaren aku mencoba bikin Mie pedas ala Aceh buat sarapan..alhamdulillah enak. Pertama ragu..Mie di bumbuin banyak dan ada rempah-rempahnya..hihi. Ternyata jika semua bumbunya balance, enak juga lho teman-teman. 
0

Tuesday, November 7, 2017

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, dan Kulit Melinjo


Hari ini hujan seharian, udah rencana mau motret banyak, karena udah nyiapin beberapa menu untuk Buku, gak jadi dech. Aku lebih suka ngandalin cahaya alami luar ruangan untuk motret. Nggak tau..kurang sreg aja..jika di dalam ruangan hasilnya, walau di dalam ruangan ya banyak tempat dan bisa pakai cahaya buatan.
0

Monday, November 6, 2017

Nasi Goreng Rasa Rendang


Tadi pagi aku masak Nasi Goreng buat sarapan. Bukan Nasi goreng biasa sich, tapi pakai bumbu Rendang..jadi ala-ala Padang gitu. Walau pernah baca resep Nasi Goreng Padang malah nggak pakai bumbu Rendang ya..hihi. Tapi kalau makan di salah satu warung terkenal di sini, ada menu Nasi goreng bumbu Rendang, di kasih judul kok Nasi Goreng Padang. Baiklah..aku kasih judul Nasi Goreng bumbu rendang aja dech.
5

Aneka Tepung Cake Praktis


Hari ini mau share hasil baking kemaren, tapi karena lagi males nakar-nakar bahan, pakai Tepung premiks aneka cake aja jualanku hihi. Sudah lama nggak nulis tentang Tepung ini. Brand lokal aja dari Jawa Tengah, tapi di produksi oleh pabrik yang di kelola ahli baking yang sudah mengeluarkan buku juga, A - Z Bakery.
0

Sunday, November 5, 2017

Sayur Daun Lembayung



Sayur ini favorit aku banget...Sayur Daun Lembayung, atau jika dalam bahasa Jawa kadang di sebut Mbayung..gitu aja. Sayur Mbayung..sayur harian jika  di rumahku di yogya dulu. Bisa di masak Sayur pedes biasa seperti Lodeh, di urap, di masak dengan kelapa parut, dll..enak semua.
2

Friday, November 3, 2017

Ikan Gurame Goreng Bumbu Acar Kuning


Yodha sekarang mulai bosan Ikan bakar..hahah. Yach begitulah, jika suka suatu menu, minta terus akhirnya *mblenger ( bosan ) sendiri dia menu berkecap. Nah..biar nggak bosan, Emaknya putar otak menu Ikan lain yang kira-kira dia suka. Kemaren waktu aku buatin Lele Kremes, dia suka. Resep Lele Kremes sudah aku posting di SINI ya teman-teman.
1

Thursday, November 2, 2017

Nasi Bakar Kongbap Isi Ayam Pedas


Ini menu Nasi Bakar yang aku demokan di event Rice Festival Kongbap kemaren teman-teman. Aku share sekalian ya resepnya. Karena aku masak pakai Kongbap, jadi namanya Nasi Bakar Kongbap aja ya..hihi. Untuk isian aku buat Ayam Suwir Pedas. terinspirasi dari Ayam Sisit khas Bali, tapi aku buat versi yang lebih njawani..hihi. Jadi nggak cuma pedes asin, tapi ada rasa gurih dan sedikit manis yang seimbang rasanya.

Alhamdulilah kok pada suka kemaren yang mencicipi Nasi Bakar buatanku..wakatu acara rice Festival di Unika Semarang kemaren. banyak mahasiwa asing juga yang mencoba, dan pada suka, cuma sedikit pedas kata mereka..hihi..tapi kok pada nambah juga, akhirnya mereka makannya di campur Nasi yang banyak..hahah.

Nasi Bakar ini versi sehat dan praktis. Lebih sehat karena Nasinya memakai campuran Kongbap. Tau kan Kongbap teman-teman ?..Itu lho campuran aneka biji-bijian kaya serat yang di pakai sebagai campuran sewaktu kita menanak Nasi. Dengan di beri campuran Kongbap, Nasi lebih sehat dan juga kaya serat.

Bahkan menurut penelitian Professor dari Fakultas Tehnologi Pertanian UGM, belum lama ini, beras yang di beri campuran Kongbap sewaktu menanak Nasi, menghasilkan Nasi yangg kandungan Indek Glikemiks ( peningkatan kadar gula darah ) menjadi lebih rendah. Jika Nasi putih biasa, kadar glikemiksnya 100, dengan campuran kongbap turun menjadi 60. Wah..jadi sudah pasti sehatnya ya teman-teman. Aku kalau lagi pengen diet, suka juga Kongbap aja yang aku makan, aku campur Beras merah, jadi lebih sehat lagi..hihi.

Oke, langsung aja ya aku share resep Nasi Bakar Kongbap nya ya teman-teman:
Nasi Bakar Kongbap Isi Ayam Suwir Pedas

Bahan :
250 gram Beras putih, plus satu sachet kongbap, 1/2 sendok teh garam, dua lembar daun salam
air secukupnya seperti kita menanak nasi, tapi plus 50 ml, karena ada tambahan Kongbap nya...agar Nasinya tetap pulen.
Bahan Isian Ayam Suwir

Bahan :
500 gram Daging Ayam bagian dada, rebus, suwir-suwir
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saus tiram
secukupnya garam
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok teh kaldu ayam 

Bumbu Halus :
8 - 10 butir Bawang merah ( tergantung ukuran besar atau kecilnya )
4 siung Bawang Putih
5 butir kemiri, sangrai
1 ruas jari kunyit, 1 ruas jari jahe, 1 ruas jari lengkuas 
( kira-kira 2 - 3 cm masing-masing )
1/2 sendok teh Terasi bakar

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang
Masukkan Ayam, 100 ml air, dan semua bumbu lain
Masak hingga meresap

Penyelesaian :
Ambil Nasi Kongbap secukupnya, letakkan di daun pisang, beri isian Ayam Suwir, dan  boleh di tmbah kemangi jika suka.
Bungkus bentuk seperti Pepes, Bakar hingga matang
 

0

Tuesday, October 31, 2017

Rice Festival Kongbap di Unika Semarang



Hari ini aku mengisi acara cooking demo di Rice Festival yang di adakan oleh Kongbap bekerja sama dengan Fakultas Technologi Pangan Unika Semarang dalam memperingati hari pangan sedunia. Acaranya seru, ada bagi-bagi Nasi Bakar gratis, nggak tanggung-tanggung..1500 Nasi Bakar yang di sediakan oleh Kongbap. Biasanya aku kerjasama dengan Kongbap memasak di rumah di dapurku, kali ini sedikit berbeda, aku memasak di event luar.

Oh ya teman-teman udah tau Kongbap, itu lho aneka biji-bjian yang kaya serat untuk campuran Nasi, Dulu sering aku posting ya ulasan mengenai Kongbap ini dan juga aneka variasi resep dari Nasi Kongbap, di Youtube aku juga ada.

Kongbap itu terdiri aneka macam biji-bijian yang bermanfaat dan kaya serat. Jadi dengan menambahkan satu sache Kongbap di Nasi yang kita masak, akan menambah asupan gizi dan serat ke dalam Nasi putih. Jadilah Nasi yang lebih sehat...dan kaya serat. Cara pemakaian Kongbap ini sangat praktis, cukup di masak bersama dnegan beras putih, seperti kita memasak Nasi biasa.


Menu yang aku masak di cooking demo tadi Nasi Bakar juga, sesuai dengan menu yang di bagikan secara gratis. Aku masak Nasi Bakar dengan dua varian isi, Nasi Bakar Ayam Suwir pedas bumbu ala Bali dan juga isi Orak Arik Peda.


Alhamdulillah tadi pada suka hasil masakanku..hihi. Baru di bungkus aja belum sempat di bakar sudah pada di serbu. malahan ada banyak mahasiswa dari luar yang belajar di Unika antusias sekali ikutan belajar membuat Nasi Bakar Kongbap nya. Seru dech..sampai akhirnya belum sempat di bakar udah habis Nasinya.

Ini sekilas keseruan acara tadi, ada banyak game seru juga. Semoga acara seperti ini sering di adakan oleh Kongbap nich, sangat bagus dan mendidik generasi muda untuk mengkonsumsi menu yang sehat. Tapi Nasi Bakar buatanku nggak sempat kefoto tadi, sudah habis langsung tadi..hihi. Besok dech aku buat lagi untuk di foto dan di post resepnya sekalian ya teman-teman.













0

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel