Sunday, June 16, 2013

Gudeg Yogya... Buatan Sendiri..Komplet..Plus Step By Step Cara Pembuatannya...^^

Bikin gudeg komplit..benar-benar seperti *maha karya* di dapur teman-teman..hihi..lha beneran..butuh ekstra tenaga dan kesabaran. Masak gudegnya sendiri butuh waktu lama..bisa setengah hari sendiri..di masak dengan api kecil..sampai benar2 jadi gudeg yang kering dan tanpa kuah. Setelah itu masih di peram dulu sehari semalam biar lebih enak dan warnanya jadi cantik. Habis itu..masih bikin pelengkapnya dua macam..yaitu sambel goreng dan opor ayam telurnya. Sebenernya sudah sering sich bikin gudeg..cuma biasanya nggak terdokumentasi..lha pokoknya asal cepat matang dan juga langsung di makan ..nggak nunggu di peram-peram dulu. Tapi ini kemaren pas mudik..ke Yogya..bawa rambak / krecek kualitas bagus yang sempurna untuk sambal goreng pelengkap gudeg..jadinya pengen harus di dokumentasikan nich..buat panduan teman-teman..yang ingin mencoba membuat gudeg sendiri di rumah. Jadi..sebagai orang asli Yogya..dengan bangga aku persembahkan..Resep Gudeg Yogya Lengkap..Ala Ibuku..hihi..*..lebay lagi..* 

Memang gudeg yang ku buat ini..adalah gudeg Yogya..seperti yang sering di buat ibuku. Versinya gudegnya kering tapi nggak pakai daun jati , jadi warnanya alami saja..pucet pas matang..tapi keesokan harinya setelah di panasi berkali-kali akan lebih coklat dengan sendirinya. Dan..rasa gudegnya juga tidak super manis kayak kalau beli di retoran gudeg di Yogya..manisnya sedang saja..dan masih ada rasa gurih dari bumbu-bumbu lainnya juga...jadi bisa di terima lidah luar Yogya juga nich gudegnya. Telur tidak di pindang coklat..tapi di masak bareng ayam dan tahu dengan bumbu opor putih..di masak sampai kental sampai seperti terik gitu..masakan Yogya bersantan dan berbumbu seperti opor ini juga. Versi sambel gorengnya juga nggak cuma krecek saja..isinya komplet..tapi ada kacang tholo dan tempenya juga. Jadi rasanya lebih enak dan komplit dech..aku paling suka kacang tholo di sambel goreng begini soalnya. Ada juga sich beberapa penjual gudeg yang punya versi gudeg sama seperti ini yang terkenal di Yogya.
Nah..bicara soal sambel goreng kreceknya nich...paling top kalau bikin sambel goreng untuk gudeg memang pakai krecek asli dari Yogya..bentuknya bagus..rasanya lebih empuk dan enak..nggak kenyal dan aromanya nggak anyir. Jadi puas dech hari ini makan gudeg buatan sendiri..suami dan anak juga suka..jadi..capeknya hilang dech. Oke..semoga tulisanku ini berguna ya buat teman-teman..yang ingin mencoba membuat gudeg sendiri di rumah. Tapi..membuat gudeg harus sabar ya..prosesnya lumayan panjang dan lama kalau bikin gudeg..hihi. Selamat mencoba. Resepnya langsung aku tulis di step by stepnya ya..biar lebih jelas dan nggak kepanjangan postingannya..^^
  • Pertama kita siapkan nangka muda dulu ya..kira-kira separo buah beratnya sekitar 1 kg an. Pilih nangka muda yang masih benar-benar muda, yang belum ada bijinya atau bijinya masih kecil-kecil seperti ini juga boleh. Iris kecil sesuai selera.

  • Siapkan bumbu gudegnya ya. Yaitu  :
Bumbu Halus : 
Bawang merah kurang lebih 50 gram, Bawang putih 4 siung, Kemiri 8 butir, Ketumbar 1 sendok teh. 
Bumbu rempahnya : 
Daun Salam 6 lembar, Lengkuas 3 cm , Sere 2  batang, memarkan, 3 lembar daun jeruk purut,  sobek2.
 
  • Haluskan bumbu sampai halus ya. Cara menghaluskan yang mudah..begini nich..haluskan dulu ketumbar, di kasih sedikit garam, setelah halus, baru masuk bawang putih, haluskan lagi, lalu masuk kemiri, setelah halus semua, baru masukkan bawang merah dan haluskan juga. Jadi..lebih cepat dan mudah halusnya ya..bumbu-bumbunya. Kalau masih males menghaluskan bawang merah..karena harus pakai tenaga ya...tenang..bisa di parut dulu. Pakai parutan kelapa yang di alasi daun pisang..terus setelah halus..campur dech dan ulek lagi ke bumbu-bumbu lain di cobek..sampai benar-benar halus dan rata...mudah kan ! Yang penting tetep harus bau cobek ya..hihi..jangan sekali-kali masak gudeg yang bumbunya di blender..nanti rasanya kurang mantab..^^
  • Nah..selanjutnya siapkan kuali dari tanah liat atau panci biasa juga boleh..cuma lebih mantab sich..kalau pakai kuali dari tanah liat..karena nanti gudeg ini kan akan di masak dengan cara slow cooking..bisa setengah hari ..hihi..dengan api yang  sangat kecil dan biarkan dia masak perlahan dan pasti..sampai nanti matang dan kering sendiri. Jadi..masak gudeg musti sabar ya..nggak usah di nanti-nanti kapan matengnya..di tinggal aja ngerjain pekerjaan yang lain..terus nanti tau-tau udah ada  bau harum gudeg matang dech di dapur. Tapi jangan di tinggal pergi atau tidur ya..ntar gosong lagi.  Pokoknya minimal 4 jam dech masak gudeg..sampai benar-benar bumbu meresap sempurna dan nangkanya jadi empuk. Letakkan daun salam dan bumbu rempah lain di dasar panci atau kuali ya..taruh juga garam secukupnya ( sedikit dulu..nanti bisa di tambahin lagi kalau masih kurang di tengah2 proses memasaknya ) dan gula merah..yang warnanya gelap ya..kira-kira 100 - 150 gram saja dulu..nanti boleh di tambahin jika kurang kalau pas di cicipin..soalnya biarpun asli Yogya..aku tidak terlalu suka gudeg yang super manis. Aku suka gudeg aliran ibuku yang manisnya sedang saja..dan ada rasa gurih dari bumbu-bumbu lainya juga..bukan cuma menonjolkan manis gula merah saja rasanya. Jika mau bisa di tambahkan ceker ayam juga buat kaldunya..jadi dech gudeg ceker...tapi musti ceker ayam kampung ya..kalau ayam biasa..nanti hancur.
  • Selanjutnya, letakkan juga bumbu halus di dasar panci..juga kalau mau gudeg yang warnanya merah kayak kalau beli tambahkan pula 1-2 lembar daun jati ya..tapi kalau aku kurang suka aroma daun jati..jadi lebih suka gudeg yang alami saja..tanpa daun jati..biarpun warnanya kurang merah sich pas mateng..tapi nanti setelah 1 atau 2 hari di *ngat nget* ( di panasi terus..) gudegnya akan merah sendiri kok..jadi alami saja.
  • Nah..sudah siap semua..lalu masukkan nangka mudanya ya..dan tambahkan santan dari 1 butir kelapa..sampai setinggi nangka mudanya ya..( cara ibuku ^^ ..). Tutup rapat..lalu masak dengan cara slow cooking dengan api kecil dan di tinggal saja..kira2 4 - 5 jam..aku kemaren malah setengah hari full..soalnya sekalian di buat sampai kering gudegnya. Tapi jangan lupa setiap 1 jam di tengok ya.di aduk2 dan di cicipin..bumbunya sudah pas belum  manisnya..gurihnya..dll sesuaikan selera ya..^^
  • Nah ini dia buah kesabaran memasak gudegnya..sudah siap..dan sudah kering..nggak ada kuahnya lagi..jika suka gudeg yang masih berkuah..ya kurangi saja waktu memasaknya ya. Warnanya sich pas baru matang masih pucat ya..tapi tenang..nanti setelah 1 atau dua  hari..bakalan jadi coklat juga setalah sering di panasi. Tapi ini di makan langsungpun sudah enak kemaren..sudah * nyamleng * gitu kalau orang Jawa bilang..:D
  • Setelah gudeg di diamkan 1 hari..baru dech hari ini aku masak pelengkapnya , yaitu sambal goreng krecek  dan besengek ayam atau opor ayam putihnya. Untuk Sambal goreng krecek seperti biasa saja masaknya ya.
Bahan sambal goreng nya :  
Krecek yang bagus 50 gram, Kacang tholo 100 gram, Tempe 200 gram potong kotak kecil. Bumbu2nya juga standar saja : Bawang merah 8 butir, iris tipis, Bawang putih 3 siung , iris tipis dan Cabai merah sesuai selera di haluskan. Pilih cabai yang keriting ya, supaya warnanya  bisa cantik merah sambel gorengnya.  
Cara memasaknya :
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum , setelah itu masukkan cabai halus, lalu tumis lagi hingga benar-benar matang ( berubah warna..liat foto ya ), lalu tuangi 800 ml santan. Tunggu sampai mendidih, baru masukkan kacang tholo, tempe dan bumbu lain seperti garam / kaldu bubuk serta gula merah. Sudah di masak sampai bumbu meresap . Siap sajikan bersama gudeg.
\
  • Nah..ini dia penampakan sambel gorengnya..merah merona..menggoda kan..^^
  • Kreceknya..so yummy..karena *impor* dari Yogya langsung..hihi
  • Oke..sambel goreng sudah siap..lanjut bikin opor ayam dan telur nya ya buat pelengkap  gudegnya. Aku tambahkan tahu juga biar tambah komplet. Tahu bisa tahu putih atau tahu kulit kuning seperti yang ku pakai ini. Soalnya kalau tahu putih pasar takutnya rada asam. Jadi aku pilih tahu goreng berkulit saja..dan juga lebih aman..tidak mudah hancur, karena opornya ini nanti akan di masak lama juga sampai kuah menyusut dan jadi seperti terik atau besengek..masakan khas Yogya juga. Bumbu opor untuk gudeg ini sama ya..kayak bumbu gudeg..bedanya kalau bumbu opor ini di tumis dahulu sampai matang.  
  • Untuk 1/2  ekor ayam pejantan atau ayam kampung, 5 buah tahu dan 3 butir telur rebus, bumbu2nya : 8 butir bawang merah, 4 butir kemiri, 3 siung bawang putih, 1/2 sendok teh ketumbar. Haluskan bumbu2, lalu tumis hingga harum. Tambahkan 2 lembar daun salam, 1 sere, 2 cm lengkuas dan 1 lembar daun jeruk purut. Tuangi santan 800 - 1000 ml, beri garam / kaldu bubuk dan gula  merah secukupnya. Masak sampai ayam empuk dan kuah mengental dengan api kecil.
  • Ini dia..penampakan opor pelengkap gudegku..sudah otentik kan..kuahnya kental dan bumbu2 meresap sempurna ke ayam dan bahan2 lainnya. 
  • Oke..gudeg komplet siap di sajikan..mari makan..nyamm..nyamm..sayangnya ada yang kelupaan tadi..bikin sambel terasi..hihi. Tapi nggak apa-apa..sudah ada cabe rawit merah di sambel gorengnya..bisa di ceplus juga kalau kurang pedas. Eh lihat tuch..gudegnya sudah berubah kan warnanya..setelah sering di gongseng dan di panasi lagi..jadi lumayan coklat..walau tidak semerah kalau pakai daun jati sich.
  • Liat dech kepala ayam jagonya....hihi..eksotis ya..*lebay..*..siap di lahap maksudnya..^^

82 comments :

  1. emang deh bikin gudeg musti ekstra sabar butuh banyak waktu dan tenaga. Aku kadang cuma bikin gudegnya aja mbak. Nggak kuat nih kalo harus masak sambel goreng dan opornya. Maksudnya nggak kuat imn gitu liat gudegnya yang udah manggil-mnggil minta dilahap, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Rina..kadang aku juga cuma pakai sambel tomat aja gitu..sama ceplok telur..hihi..ini kemaren pas punya krecek bagus2 dari Yogya..jadi sekalian bikin yang komplet..* dua hari nguplek masak gudeg..sampai nggak sempat online..hihi..super lebay ya..hihi..*

      Delete
  2. suka gudegnya tapi ga suka kreceknya.. hehe

    Makin sering dihangatkan, gudegnya makin mantebs...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba..masakan Jawa bersantan..memang enak di *ngat nget* ya..sampai hilang gizinya kali ya.karena sudah terlalu overcook...yang tertinggal cuma rasa enak dan semakin laziss..hihi

      Delete
    2. aku malah suka kreceknya kangennn hehe

      Delete
    3. Ayokk.masak sambel goreng kreceknya aja kalau gitu Mbak Hana..lebih mudah...^^

      Delete
    4. Siip Mbak diah ..sangat menginspirasi ..bumbu Dan caranya Udah ... Hanya harus sabar Dan telaten..thanks for sharingnya ya Mb Diah..

      Delete
  3. mba diah, naksir gerabah "slow cooker" nya ^^

    beda gitu rasanya kalo masak gudeg pake panci. mantep dan sudah terasa lezat nya hanya dari ornamen gerabah2 nya :D


    Evelin
    jadi sering nongkrong di web mba Diah nih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Evelin..iya Mba...kalau di Yogya kan masaknya pakai gerabah gini..bumbu lebih meresap dan di masak lama tidak cepat gosong Mba..karena panas komopornya di serapsama gerabahnya..:)..Kalau pas main ke Ja teng mampir ke Klaten Mba..gerabahnya lucu2 dan murah2..aman buat peralatan masak..karena asli dari tanah liat..dan warnnya nggak di cat atau di kasih pewarna..tapi asli warna dari pembakarannya..:)

      Delete
  4. Masak gudeg memang perjuangan. Mulu mamiku jualan gudeg, lho. Daun jatinya tinggal ngambil di belakang rumah. Tempo hari nyoba bikin tapi gagal. Kurang lama kali masaknya, cuma 3 jam aja :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Inna..3 jam itu baru jadi sayur gurih nangka ya.atau kalau dengan api nggak kecil..biasanya matang tapi bumbu2 kurang meresap..aku setengah hari lebih Mba..baru santannya asat dan gudegnya bisa kering..jadi bumbu2 bisa merasuk sempurna ke nangka mudanya..^^

      Delete
    2. hihi maklum, emak ga sabaran nih :D
      Mamiku jg ngetawain pas aq ceritain gudegnya gagal :p

      Delete
    3. Hihi..iya...mungkin kurang sabar aja ya Mba..kalau sabar pasti sejago Maminya Mba..bikin gudeg..^^

      Delete
  5. Masak besar nih :-D aku suka gudeg, seriously! Yum yum, walaupun most Balinese bilang gudeg itu manis, tapi aku suka, dan aku sering ngiler kalo liat ada warung gudeg di pinggir jalan, pengennya mampir...hihhihi...worth to try!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Ya Mama Obito...lumayan ini..dua hari nggak habis2..lha cum abertiga di rumah..:D
      Manis..tapi enak ya..Gudeg...karena ada kombinasi lauk pelengkapnya yang membuat manis si gudeg ini jadi pas di lidah..ayukk silahkan di coba..cara membuat dan bahan2nya mudah kan sebenarnya..cuma butuh sedikit telaten..:)

      Delete
  6. waa mau nyontek resep kreceknya yah :D
    bukan penggemar gudeg, klo beli gudeg suka mkn kreceknya aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Mak Nathalia...kreceknya saja boleh..^^..nggak suka manisnya si gudegya..^^

      Delete
  7. Belum pernah mkn gudeg... pingin sich mba tapi kok ribet kali ya cara buatnya... liat fotonya bikin ngileer tapi malas buatnya.. kirim doong mba kesini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduch Mba Zulfa..belum pernah cobain gudeg ya..Ayoook...sini2..nyicipin gudeg buatanku..hihi..di sana apa tidak ada yang jual ya Mba?...Atau misalnya ada yang jual..nggak laku kali ya..kan manis gudegnya..tapi uenakkk lho Mba Zulfa...beneran...^^

      Delete
  8. Akhirnya, bisa kesini lagi...duh kapan-kapan deh nyoba resep gudeg,pengin yg pake kuali, biar mantap. berhubung blm pny kuali jd ditunda dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..alhamdulillah Mak Ety..udah bisa mampir sini lagi..^^..di sana nggak ada yang jual kuali gerabah gini ya Mak..?

      Delete
    2. Pernah lihat di pasar, tapi waktu itu nggak ngeh itu kuali bakal buat apa..qiqiqi, saya pengen coba sambal goreng kreceknya dulu..

      Delete
    3. Tapi kalau yang di pasar warna coklat muda atau coklat tua gini Mak..kalau warnanya coklat muda itu kurang bagus buat masak..biasanya cuma buat ngrebus jamu2..dll..

      Delete
    4. Coklat muda Mba Diah,oh jadi harus yg coklat tua ya. Kalau coklat tua saya blm pernah lihat. weh, hrs ke klaten nih.

      Delete
    5. Ya Mak..yang coklat muda itu kurang halus permukaan dalamnya..kadang kayakberlubang2 kecil..jadi misalnya kita buat masak suatu jenis masakan..baunya masih membekas dan terserap di dalam gerabahnya..jadi nggak bisa di gunakan lagi setelah di pakai sekali..kalau yang coklat tua gini..aman di pakai..habis di buat masak..di cuci lagi ya..bersih dan nggak bau bekas memasak masakan apa gt. Kecualai buat bikin jamu terus aja..gt msh oke ya..kan jamu aromanya nggak berubah..^^

      Delete
  9. Pengsaaaaaan mbak Diah, banyak banget dan lama bener bikinnya. Tapi emang gudeg enak sih cocok sama lidah sulawesiku, malah hubby yg orang malang ngga terlalu doyan. Betul kata mbak Diah, bumbu apa aja yang penting diulek dengan tangan memang lebih enak dan asli rasanya beda sama blenderan. Hihi samaan mbak, aku juga bikin opor ayam tadi...seandainya ada *teman teman* nya pasti lebih nikmaaat...

    ReplyDelete
    Replies

    1. Hihi..iya Mba Hesti...itu dua hari masak..baru bisa di nikmati..^^ Ya Mba..emang orang dulu masaknya super sabar ya..nggak cuma gudeg..rendang dll..pun lebih enak kan..kalau bumbu2 di ulek dan di masak dengan sistem slow cooking..tapi hasilnya benar2 enak dan aku suka aliran masak orang2 tua dulu..jadi bukan penggemar panci presto aku Mba..makanya nggak punya di rumah..hihi..
      Wah..kemaren aku sampai 3 hari nggak habis itu Mba..gudegnya..jadinya banyak akhirnya ku bagi2..^^

      Delete
  10. aku kemarin coba bikin sambal goreng krecek dan opornya, nyontek resep dari mbak diah ini. kata suamiku enak bgt, sampai tambah lg makannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..syukurlah jika cocok resepnya ya Mba..dan suami suka..wah..pasti tambah di sayang suami dech..karena rajin masak..yukk di coba resep2 lain..:)

      Delete
  11. Mbak, mau tanya kalau masak gudeg nangka nya di slow cooker bisa enak ga? Apakah masak nya harus lebih lama dari masak di kompor (4-5 jam)? Aku denger bisa pakai black tea supaya warna kuah nya gelap tapi aku belum pernah coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..Mba..bisa pakai slow cooker..dan memang lebih lama..cuma ya..jangan sampai kelamaan ya Mba..nanti bisa hancur nangkanya..iya..teman2 di luar..katanya bikin gudeg atau telur pindang pakai black tea..tapi Sy belum pernah coba Mba..krn di Indo..bisa pakai daun jati dll..buat warnanya...:)

      Delete
  12. Wahhhhhhhh..... berarti kurang lama masakku. masih spt sayur nangka biasa. Klo masak arehnya gimana ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..harus lama dan dengan api kecil Mba..jadi bumbu2 benar2 merasuk ke gudegnya dan warnanya jadi berubah..kemerahan..:)
      Areh juga sama buatnya..di masak lama...sampai mengental..santan kental dan bumbu2nya..:)

      Delete
  13. Waduh, baru tau ternyata masak gudeg itu perlu waktu yang sangat lama ya. Mba Diah pernah nyobain masak dengan slow cooker ga ya? Biar bisa ditinggal tidur maksudnya, haha, jadi besok pagi bangun dah jadi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah Mba..bisa...tapi musti di set juga gt berapa jam..kalau semaleman..hasilnya terlalu empuk..:)

      Delete
  14. Hallo mba diah. Apa kabar?? Mba.. mau tanya untuk bumbu kreceknya selain bawang merah, putih, cabe kriting juga ditambahin daun salam dan lengkuas ya...
    Mba doakan ya saya besok pengeeen bikin gudeg... tapi musti sabar bangeet ya mba masaknya... aaahhh saya suka bangeeet mbasama yg namanya gudeg.... doakan ya mba aku besok bisa sukses nyobain resep gudegnya mba diah...

    ReplyDelete
  15. Mba Diah, salam kenal ya..minggu lalu suamiku ngidam gudeg..lha di KL sini ngga ada yang jual hehe. Browsing resep dan nemu blog Mba Diah yang super keren ini

    Gudegnya alhamdulillah sukses Mba, suwun sharingnya. Di sini susah cari krecek bagus, nemu seadanya mahal tapi kurang oke. Nanti mudik mau nyetok ah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba May..salam kenal juga..sykurlah Mba..jika suka dan sesuai selera ya gudegnya.

      Delete
  16. tdi daku bikin gudheg mbk,,, tpi cuma 250 gr nangka soalnya suamiku gk doyan,,,, hehehe
    baru 3 jam udah asat kuahnya habis hampir gosong malahan,,,, jdi gk tahu ini jadi sayur nangka apa gudheg,,, yg penting rasanya uenak mbk,,, gurihnya bikin ngabisin nasi,,,apalagi ada opornya sekalian,,,, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya..kalau cuma 250 gram ya nggak perlu sampai 7 jam mba,,.udah mateng itu gudeg..:)..suaminya suruh nyicip Mba...sapa tau suka kalau masak sdr..:)

      Delete
  17. mba diah aku barusan nyobain resep gudheg kumplitnyaaa.. maknyuuuss bangeet... tengkyu yaaaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba..ikut seneng dengernya..:) Jadi bisa bikin sdr di rumah ya..:)

      Delete
  18. Waktu lulus SMP, ane perna ke jogja dan menginap di sana.
    Sempat juga menikmati gudeg tsb. Cocok bingit kayanya di lidah ane.
    Pokoke mantaaap bingiiit!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ayukk di coba di rumah Pak..:)

      Delete
  19. Mba... sekalian dijual ngga mba itu krecek mentah nya qiqiqiqi....*ngarep*
    Soalnya belum nemu nyari krecek yang model begitu di sini. Aku di jakarta mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..kmrn pas mudik ke ndeso di Yogya tuch mau kulakan..eh tapi pas lebaran kan lagi mahal itu krecek byk yang cari kan..jd di tunda dulu..:)

      Delete
  20. Mbak Diah matur nuwun sanget lho berkat resep Mbak saya jadi bisa bikin gudeg hehee.. ini pertama kali lho saya masak gudeg dan berhasil coklat dan legit, Dulu saya pikir susah banget masak gudeg ngga ada berpikir buat bikin sendiri tapi setelah baca postingan Mbak Diah welah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan yang penting memang sabar dan telaten.. Gudegnya tak bawa ke kantor dan ludes diserbu temen-temen kantor katanya Makyuss... Sukses Selalu ya Mbak dan ditunggu resep -resep lain yang legendaris. Maya - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba maya..maaf telat bales..wah ikut seneng dech denger mba berhasil buat gudegnya..:)

      Delete
  21. Mbak nanya dong... Itu nangka nya mentah2 gt lgsg dimasak sama bumbu nya ya mbak? Kalo di rumah, ibuku bikin sayur nangka itu nangka nya direbus dulu, airnya dibuang, terus dimasak lg sama bumbu. Katanya sih biar getahnya ilang. Gmn dong yg bener mbak? Mohon pencerahan ya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masing2 punya cara sendiri mba..masak gudeg..kalau ibuku langsung saja di masak mentah sama bumbu2..getah sudah di bersihkan pas masih mentah ya...kalau di rebus dulu nanti bumbu2 kurang merasuk..karen anagka udah empuk duluan..:)

      Delete
  22. rizka ibue kayla kanayaJanuary 14, 2015 at 7:00 AM

    mbak diah aku dah bikin tp kok gudeg e ga coklat bgt kyk punya mbak ya,aku masak semalam,tadi pagi masih coklat muda kuahnya emg blm sampe kering sih soalnya keburu mau kerja hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..harus ampai kering ya....dan di masak slow cooking biar bs coklat..:)

      Delete
  23. tizka ibue kayla kanayaJanuary 14, 2015 at 7:03 AM

    mbak klo buat telur pindangnya itu gmn resepnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telur bisa di opor..atau di masukkan ke gudegnya mba..nanti kan ikut coklat. Kalau mau di masak pindang sdr..rebus bersama garam dan kulit bawang..:)

      Delete
  24. Mbak, nyontek resepnya yaa tapi aku masaknya versi instannya hehehe bumbu blender santan pun yg instan 😁 mau tanya mba, itu masak opor berapa lama ya bisa aga cokelat gitu?aku masak uda 1,5jam warnanya masih putih ya?
    Mbak, aku nyontek resep2nya yaa lumayan kalau lg bingung mau masak apa main2 ke blog mba 😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..oh ya kalau masak opor agak kecoklatan gitu pakainya gula merah ya..terus numis bumbunya hgg benar2 matang dan masak api kecil terus menerus ya hgg kering :)

      Delete
  25. mbak, daun jatinya itu yg muda atau yg tua ya ???
    Dedy@Dentist Chef

    ReplyDelete
  26. mbak, aku pernah baca dari resep gudeg yang lain, kalo nangka mudanya direbus dulu dengan air kelapa baru proses selanjutnya direbus dengan santan. menurut mbak gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ibuku ngajarin ya santan langsung mas..karena rasa gurih dari santan akan terserap ke dalam gudegnya..jika di masak dari awal pakai santan mas.

      Delete
  27. Mbak diah, sy mau tanya apa opor ayamnya tu tdk pkai kunyit?? Di resep gda kunyitnya tp kok warnanya kekuningan ya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di masak hgg meresap dan kental mba..nanti kekuningan sendiri :)

      Delete
  28. Mb Diah... makasiih resep gudegnya. Pas bgt di lidah..lebaran kemaren bw krecek dr solo. Biasanya cm dimasak sambel goreng,liat resepnya mb diah jd tertantang masak gudeg. Siip tenan masaknya,laaaamaaaaa. Tp hasilnya memuaskaan .

    ReplyDelete
  29. Mb Diah... makasiih resep gudegnya. Pas bgt di lidah..lebaran kemaren bw krecek dr solo. Biasanya cm dimasak sambel goreng,liat resepnya mb diah jd tertantang masak gudeg. Siip tenan masaknya,laaaamaaaaa. Tp hasilnya memuaskaan .

    ReplyDelete
  30. Mb Diah... makasiih resep gudegnya. Pas bgt di lidah..lebaran kemaren bw krecek dr solo. Biasanya cm dimasak sambel goreng,liat resepnya mb diah jd tertantang masak gudeg. Siip tenan masaknya,laaaamaaaaa. Tp hasilnya memuaskaan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jika sesuai selera ya :)

      Delete
  31. Oh sy pikir gudeg itu pake aer kelapa mba? Gak taunya air santan biasa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..santan..plus air kelapa juga oke..:)

      Delete
  32. Tadi pagi nyobain resep ini...kebetulan si Mang Sayur bawa nangka muda trus di kulkas ada daging iga buat kuah...ditambah daun singkong...jadinya mak nyuss..tks resepnya ya mbak...

    ReplyDelete
  33. Nangka mudanya langsung dimasak gitu apa gak pahit hasilnya ya mbak? Kalo masak bahan nangka muda, sebelum diolah biasanya saya rebus dulu buat ngilangin getahnya terus air rebusan saya buang. Takut pahit sih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..seumur-umur belum pernah masak nangka muda pahit :D Getahnya kan sudah di hilangkan dulu

      Delete
  34. Mba..gudeg nya enak..ak coba bikin lagi pake susu kedelai hehe soalnya santan2 takut kolestrol, enak juga ko, aku pake susu kedelai tambah susu lowfat, perbandingan nya banyakan susu kedelai...salam kenal mba, resep2 nya anti gagal semua hehe

    ReplyDelete
  35. Mbak Diah,
    Kalo misalnya masaknya bukan 1 kg tapi 4 kg gitu, apa semua bumbu dikali 4? mohon petunjuknya ya Mbak. Suwun...Agung

    ReplyDelete
  36. Makasih resepnya mbak diah..bermanfaat banget. Mbak, pengen nanya dong..kalo warna gudegnya pengen lebih gelap, selain pake daun jati, bisa diganti apa ya Mbak?


    salam : Novi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba novi, sekedar sharing, saya ksh teh celup yg black tea ya. Klo gudegnya udh rada gelap, bisa diambil tehnya.

      Delete
  37. Mba, aku pake nangka kalengan. Hasil gudegnya enak juga kok. Lha disini syusyah nyari nangka beneran. Ntar saya coba ah yg model resep mba Diah pake dilambari salam dll. Biasanya lgs cemplung bareng bumbu.

    ReplyDelete
  38. Udah beberapa kali bikin Gudeg pakai resepnya mbak Diah...emang maknyus, cocok banget sama lidah jawa saya...he he he

    ReplyDelete
  39. Hi Mba Diah. Sekitar tahun lalu, saya mencoba resep gudeg ini. Masukan dari suami yang asli yogya sih bagus, tetapi habis itu dia nanya, "Arehnya mana?". Karena saya bukan orang Jawa, jadi ngga ngerti. Klo buat areh, detail bahan dan caranya gimana ya Mba? Makasih.
    Regards, Putu

    ReplyDelete
  40. Mba diah mau tanya buat krecek itu pakai santan yang kental apa sedeng ya? Saya penyuka krecek banget. Kalau makan gudeg di jogja mesti minta krecek dilebihin 1 porsi. Hehe.. Makasi sebelumnya.

    ReplyDelete