Steak Crispy A la Waroeng Steak Yogya


Kemaren tiba tiba pengen makan steak crispy.....itu lho steak ala Waroeng Steak & Shake Yogya.....yang menu andalannya steak crispy ini..sama milkshake..udah top dech..dulu waktu aku masih kerja di Yogya..jadi menu andalanku dan  teman2 kalau ada acara makan2...tapi itu dulu sebelum ada berbagai macam restoran steak yang semakin menjamur kayak sekarang ini. Sensasinya beda ya..karena di balut tepung dan renyah, jadi lebih cocok buat selera lidah lokal..kayak aku..hehe..sausnya juga..enak..gak neko2 kayak steak steak ala Bule..

Aku ingat dulu pernah baca di tabloid info kuliner, ada liputan khusus tentang steak kampung ini..akhirnya ku bongkar bangkar arsip tabloid dan majalah resep..untung masih ada..wah segera praktek dech kemaren..dan hasilnya ok..steaknya bener2 crispy, otentik....kayak aslinya, daging dalemnya juga empuk dan matang sempurna. Wah..resep ini patut di simpan di blog ini.....biar tidak hilang. Makasih buat pemilik warung steak Yogya yang sudah mau berbagi resep andalannya.....jadi bisa coba di rumah dech. Waktu baca2 liputannya..memang pengusaha warung steak ini masih terbilang sukses ya.....sampai sekarang masih eksis, dengan banyak cabang di berbagai daerah..ada sekitar 30 cabang lho..hebat ya..hemm..itu kali ya..jika orang tidak pelit ilmu, rejeki pasti akan semakin bertambah..semoga usahanya semakin sukses ya bapak Jodi Brontosuseno dan ibu Siti Hariyani..*hihi..sok kenal* . Oh iya..yang mau coba bikin sendiri di rumah ..ini dia resepnya, tapi aku modifikasi sedikit sesuai seleraku..yang mau ikutin resep aslinya..ya monggo..silahkan... :

Bahan :
5 buah daging sapi bagian sirloin masing2 seberat 175 gram atau daging dada ayam tanpa tulang, iris tipis melebar.
Saus tiram untuk merendam daging / ayam  ( aku tidak pakai )
4 bua wortel, potong panjang
100 gram buncis, potong panjang
5 buah kentang, potong serasi dengan wortel dan buncis
2 butir telur, kocok lepas
150 gram tepung terigu
1 sendok makan tepung maizena ( tambahan sendiri dariku ,biar lebih crispy)
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam
Minyak untuk menggoreng.

Bumbu Saus Steak spesial :

2 buah tomat, rebus, buang biji dan kulit,cincang.
4 siung bawang putih, cicang halus
8 siung bawang merah, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
10 ml saus tiram
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh angciu ( aku nggak pake ,masih ragu..halal atau tidak soalnya..)
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh penyedap rasa ( aku ganti kaldu bubuk, lebih gurih   )
1 botol saus tomat ukuran kecil ( aku cuma 1/2 botol saja, punyanya cuma segitu kemaren ..hehe )
1/2 sendok makan gula pasir
200 ml air
Minyak goreng untuk menumis ( aku pakai blueband )

Cara membuat :
Saus Spesial :
Tumis bawang bombay , bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum. Masukan tomat cincang, air dan bumbu bumbu lain, tambahkan gula pasir,aduk sampai mengental. Jika kurang kental, bisa di tambahkan sedikit maizena cair.
Rendam daging / ayam dalam campuran air, merica bubuk dan saus tiram ( aku cuma merica dan kaldu bubuk saja ).Diamkan 30 menit.
Gulingkan daging ke campuran tepung terigu yang sudah di beri merica bubuk, garam, dan penyedap ( aku pakai bumbu kaldu bubuk dan merica saja ), lalu celupkan ke kocokan telur, lalu gulingkan kembali ke tepung terigu berbumbu , sambil di cubit cubit biar bisa keriting .Goreng di minyak banyak dan panas sampai kuning kecoklatan. Steak crispy yang ok..kulit luarnya crsipy, namun daging / ayamnya tetep empuk dan matang sempurna.
Goreng juga kentang hingga matang. Rebus wortel dan buncis sebentar saja.

Penyajian :
Susun kentang goreng,buncis dan wortel di piring saji,,, lalu letakan steak crispy nya..dan siram dengan saus spesial. Jika mau pedas, tambahkan saos samabal. Akan lebih mantab..di sajikan di piring hot plate..seperti penyajian aslinya di Waroeng Steak & Shake.



Kalau males masak sendiri..ya coba saja di restorannya ya ..hehe di 
Waroeng Steak & Shake
Jl. Cendrawasih No 30 Demangan Baru Yogyakarta
Telp 0274 - 546436
Atau di cabang2nya di mana aja ..^^