Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Friday, May 4, 2012

Steak Crispy A la Waroeng Steak Yogya


Kemaren tiba tiba pengen makan steak crispy.....itu lho steak ala Waroeng Steak & Shake Yogya.....yang menu andalannya steak crispy ini..sama milkshake..udah top dech..dulu waktu aku masih kerja di Yogya..jadi menu andalanku dan  teman2 kalau ada acara makan2...tapi itu dulu sebelum ada berbagai macam restoran steak yang semakin menjamur kayak sekarang ini. Sensasinya beda ya..karena di balut tepung dan renyah, jadi lebih cocok buat selera lidah lokal..kayak aku..hehe..sausnya juga..enak..gak neko2 kayak steak steak ala Bule..

Aku ingat dulu pernah baca di tabloid info kuliner, ada liputan khusus tentang steak kampung ini..akhirnya ku bongkar bangkar arsip tabloid dan majalah resep..untung masih ada..wah segera praktek dech kemaren..dan hasilnya ok..steaknya bener2 crispy, otentik....kayak aslinya, daging dalemnya juga empuk dan matang sempurna. Wah..resep ini patut di simpan di blog ini.....biar tidak hilang. Makasih buat pemilik warung steak Yogya yang sudah mau berbagi resep andalannya.....jadi bisa coba di rumah dech. Waktu baca2 liputannya..memang pengusaha warung steak ini masih terbilang sukses ya.....sampai sekarang masih eksis, dengan banyak cabang di berbagai daerah..ada sekitar 30 cabang lho..hebat ya..hemm..itu kali ya..jika orang tidak pelit ilmu, rejeki pasti akan semakin bertambah..semoga usahanya semakin sukses ya bapak Jodi Brontosuseno dan ibu Siti Hariyani..*hihi..sok kenal* . Oh iya..yang mau coba bikin sendiri di rumah ..ini dia resepnya, tapi aku modifikasi sedikit sesuai seleraku..yang mau ikutin resep aslinya..ya monggo..silahkan... :

Bahan :
5 buah daging sapi bagian sirloin masing2 seberat 175 gram atau daging dada ayam tanpa tulang, iris tipis melebar.
Saus tiram untuk merendam daging / ayam  ( aku tidak pakai )
4 bua wortel, potong panjang
100 gram buncis, potong panjang
5 buah kentang, potong serasi dengan wortel dan buncis
2 butir telur, kocok lepas
150 gram tepung terigu
1 sendok makan tepung maizena ( tambahan sendiri dariku ,biar lebih crispy)
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam
Minyak untuk menggoreng.

Bumbu Saus Steak spesial :

2 buah tomat, rebus, buang biji dan kulit,cincang.
4 siung bawang putih, cicang halus
8 siung bawang merah, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
10 ml saus tiram
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh angciu ( aku nggak pake ,masih ragu..halal atau tidak soalnya..)
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh penyedap rasa ( aku ganti kaldu bubuk, lebih gurih   )
1 botol saus tomat ukuran kecil ( aku cuma 1/2 botol saja, punyanya cuma segitu kemaren ..hehe )
1/2 sendok makan gula pasir
200 ml air
Minyak goreng untuk menumis ( aku pakai blueband )

Cara membuat :
Saus Spesial :
Tumis bawang bombay , bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum. Masukan tomat cincang, air dan bumbu bumbu lain, tambahkan gula pasir,aduk sampai mengental. Jika kurang kental, bisa di tambahkan sedikit maizena cair.
Rendam daging / ayam dalam campuran air, merica bubuk dan saus tiram ( aku cuma merica dan kaldu bubuk saja ).Diamkan 30 menit.
Gulingkan daging ke campuran tepung terigu yang sudah di beri merica bubuk, garam, dan penyedap ( aku pakai bumbu kaldu bubuk dan merica saja ), lalu celupkan ke kocokan telur, lalu gulingkan kembali ke tepung terigu berbumbu , sambil di cubit cubit biar bisa keriting .Goreng di minyak banyak dan panas sampai kuning kecoklatan. Steak crispy yang ok..kulit luarnya crsipy, namun daging / ayamnya tetep empuk dan matang sempurna.
Goreng juga kentang hingga matang. Rebus wortel dan buncis sebentar saja.

Penyajian :
Susun kentang goreng,buncis dan wortel di piring saji,,, lalu letakan steak crispy nya..dan siram dengan saus spesial. Jika mau pedas, tambahkan saos samabal. Akan lebih mantab..di sajikan di piring hot plate..seperti penyajian aslinya di Waroeng Steak & Shake.



Kalau males masak sendiri..ya coba saja di restorannya ya ..hehe di 
Waroeng Steak & Shake
Jl. Cendrawasih No 30 Demangan Baru Yogyakarta
Telp 0274 - 546436
Atau di cabang2nya di mana aja ..^^


95 comments:

  1. wahhh mbakkk.. maksih ya resepnya.. udah aku coba kemaren... ngobatin kangen ama WS. di kudus gak ada soalnya.. hehehe

    ReplyDelete
  2. Sama2 Mba Denayu..semoga sesuai ya rasanya..^^..makasih udah mampir..^^

    ReplyDelete
  3. ijin share ya kak, puasa2 gini entah knapa keingetan sama steak nya WS :D (*gara2 ngidam jg mungkin)

    ReplyDelete
  4. Ya Mba Indira..yukks coba bikin sendiri..pasti lebih enak..^^

    ReplyDelete
  5. hihih thx ...ya.. sudah di coba2 sih!..malah jadi kepikiran ya kalo buka warung steak sendiri!!!

    ReplyDelete
  6. waah, jd pengen Nyoba...jd inget masa2 kuliah dijogja, saya coba ya mbaaak..,terimakasiiih...:)

    ReplyDelete
  7. Kok aq nyoba buat sausnya gak cair kyak punya mbak ya?padahal gak dicampur tepung maizena...hiks,hiks

    ReplyDelete
  8. Sipp Mas Antonius..ya ayo..coba buka usaha tho..di modif2 dikit biar tambah ok resepnya..good luck ya..

    ReplyDelete
  9. Silahkan Mba Anita..met coba ya..udah miripsich rasanya..lebih enak..malah..hihi

    ReplyDelete
  10. Mas Ryadi..gampang saja Mas..tambahin sdkt lagi maizenannya..mungkin kurang tuch..jadi aduk2 dulu setalah di tambah maizena di atas api..jika masih kurang kental..tambahin dikit lagi..sampai kekentalan saus sesuai yang di inginkan..^^

    ReplyDelete
  11. Mbak,, saya juga boleh ya minta resepnya.. pengen coba jugaa... ^,^

    ReplyDelete
  12. @ Dmondblog....Ya Mba..silahkan..^^

    ReplyDelete
  13. Ijin copas ya mbak, aq suka bgt yg crispy gini

    Salam hangat dari Semarang :)

    ReplyDelete
  14. lumayan nih, bisa kucoba masak dengan istri, suwun banget ya mbak?

    ReplyDelete
  15. @ Mba Esti dan Mas Udin...monggo...silahkan di coba ya..semoga sesuai selera..^^

    ReplyDelete
  16. daging nya ga usah diungkep dulu?..apa bisa empuk cuma dengan digoreng?

    ReplyDelete
  17. @ Mas..Ferdian...gak perlu di ungkep Mas..pilih daging yang bagus dan sebelumnya di piihkan dan di pukul2 dulu pakai pemukul daging kalau mau lebih empuk..kalau di ungkep dulu..malah alot nanti jika di goreng dan tidak original steak..^^

    ReplyDelete
  18. oh makasih mbak diah didi...
    kemaren saya coba resepnya dari daging kurban, tapi hasilnya malah alot...
    apa karena dagingnya yg bukan daging bagus ya,, atau karena terlalu tebel dan gak dipukul2..

    ReplyDelete
  19. Kalau buat steak goreng gini..paling bagus bagian sirloin Mas Ferdian..trus juga jangan tebal2 ngirisnya..dan gorengnya juga musti dalam minyak yang banyak...ayukk di coba lagi..atau kalau takut alot lagi ..pakai dada ayam aja..^^..enak juga..

    ReplyDelete
  20. Mba mau tanya nich, untuk saus tomatnya dimasak bersama saus ya? Ato hanya dijadikan tambahan saat steak sdah siap?
    Makasih atas jawabanx ya

    ReplyDelete
  21. @ Anonymous..Saus tomat di campur untuk pembuatan saus ya..biar lebih kenal dan terasa segar sausnya..tapi pas penyajian juga boleh di tambahkan saus tomat atau sambal lagi jika suka...^^..selamat mencoba..

    ReplyDelete
  22. Sama2 Mba Frederica..met coba ya..^^

    ReplyDelete
  23. thanks yo mba resepnya...jd pengen cepet2 nyoba neh

    ReplyDelete
  24. Wah,mangtabs nie mbak resepnya,q variasi ama jamur tiram n cumi,maknyusss juga.thks 4 pencerahannya,jadi pgn bk warung nih...

    ReplyDelete
  25. Sama2 Mas Sasbudi..syukurlah jika resepnya berguna..dan menginspirasi untuk buka warung..semoga sukses ya..^_^

    ReplyDelete
  26. AMINNN....Blog mbak Diah Inspiring tenan,soale q suka masak jg. Boleh mnt E Mail mbak Diah gak mbak,kl ada yg mo di tyain?Nie mail q sass2310@yahoo.co.id.Thks a loooooooottt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini emailku Mas..bundadidi@gmail.com..^^

      Delete
  27. mba mau tanya.. kalau di warung steak kan biasanya ada olesan2 bumbu cair gitu warna coklat yang bisa nambah rasanya enak pas penyajian, itu apa ya? jadi belum ada saosnya, cma ada bumbu cair gitu.. itu apa ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu saus steaknya Ma Ryan..cuma saus steak kan macam2..kalau steak warung nich lebih banyak pakai tomat sausnya..mungkin yang di maksud Mas yang versi pakai brown saua..warna coklat gt..ada di supermarket ..bisa beli jadi Mas..klu bikin sdr bisa juga sich..cuma kdg kurang otentik..

      Delete
  28. Assalam mba.. Resepnya keren nh... mu cb ah.. kli bsa buka usaha.. hehe..
    skalian mu tnya mba.. ketebalan dagingnya kira2 berapa cm y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass..makasih Mas..sesuai selera aja tebalnya Mas..tapi kalau untuk usaha ya tipis2 aja..biar untungnya banyak..hihi..1 cm cukup..jadi pilih bagian dada ayam yang tanpa tulang..misal pakai ayam..terus di potongtipis melebar..kalau daging..setelah di iris2..bisa di pukul2 dulu pakai pemukul daging tuch..selain lebih empuk..hasilnya juga bisa lebih tipis..:)

      Delete
  29. mbak diah...ijin copy resepnya ya ? sudah lama juga cari resep WS akhirnya ketemu. maklum tinggal di kalimantan gak ada waroeng steak disini. jadi bisa mengobati kangen sama WS hehe...sudah punya rencana juga mau bikin warung steak disini walau kecil2an. terima kasih banyak mbak diah atas resepnya. sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mas Aji..silahkan..semoga berguna resepnya dan sukses rencana usahanya..:)

      Delete
  30. salam kenal mba Diah... makasih udah kasih resep steak yang lama aku cari.. hihihi... si sulung request dari dulu ni baru ketemu sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Maryam...salam kenal juga..sykurlah Mba..klu bisa memenuhi request si Sulung ya..ayukk segera di coba..^_^

      Delete
  31. mba.. cara bikin saus nya gmn sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah ada di bagian cara membuat yang pertama..kan itu buat sausnya dulu Mba Shinta..^_^

      Delete
  32. mb diah ijin ngopy ya resepnya?my hubby seneng bgt ma steak ayam crispy ala WS..eh ktm resepnya di blog ini.pingin nyoba bsk pagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mba..Widyana..silahkan..semoga sesuai selera..^_^

      Delete
  33. terima kasih atas share resepnya ijin copas and kasih link ya mba....
    rasanya samaaaa banget ama resto itu, saya sampe takjub,hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..sama2..memang resepnya dari restonya Kok Mas..^^

      Delete
  34. Mbak,klo pke daging sirloin....cmn dipukul2,dibumbui,trus digoreng gt aja ngga keras ya mbak daging nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba Dina..asal nggorengnya sampai terendam minyak ya..dan minyak panas ..pilih daging yang bagus..kalau di rebus dulu malah alot dagingnya nanti..^^

      Delete
    2. Ok,makasih ya mbak info nya ^_^

      Delete
    3. Mbak,klo pke dada ayam kampung,lgs digoreng jg bs empuk ya mbak?? Kan ayam kampung lbh alot dagingnya dibanding ayam broiler,sedangkan krn anak jg makan jd ak selalu pke ayam kampung...mohon info nya ya mbak,makasih ^_^

      Delete
    4. Kalau daging ayam kampung tekture dagingnya beda ya..jadi alot nanti steaknya..Mba Dina...^^..mungkin pakai daging sapi saja ya..^^

      Delete
  35. apa kalo pake terigu aja bisa crispy mbak??
    gak pake campuran" kanji atau maizena jg untuk dagingnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba..tapi aku juga tambahkan maizena sedikit itu di resepnya. Cuma..memang steak cripsi ini ya krispi pas panas2 aja..nggak bisa di simpan terus masih krispi gt..kan memang makannya juga harus langsung di sajikan..habis di masak..jadi masih anget2 gitu..jadi ya tetep krispi rasanya..^^

      Delete
  36. mbak didi, makasih bnyak resepnya, beneran cepet2 pengen nyoba buat menu buka puasa di rumah ^_^
    mbak, itu komposisi bahan2nya bisa untuk berapa porsi ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..sm2..Tergantung Mba Ratna..mau makannya mau dikit2 atau banyak2..hihi..aku buat bertiga aja sich di rumah Mba itu..cuma kadang ya masih sisa..^^

      Delete
  37. jadi bikin ngiler dah tuh, sini ada satu tempat, lumayan enaklah, apalagi yang hot strong, bikin nampol dilidah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..ayo bikin sendiri juga di rumah..nggak kalah enak kok..^^

      Delete
  38. mba, mau tanya untuk tepung bumbu yg melumuri dagingnya itu pakai tepung apa y mba? makasih mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepung terigu biasa aja Mba.yang protein sedang atau rendah..kan bumbu2nya udah meresap di ayamnya..jadi nggak perlu di tambahin bumbu lagi..atau jika mau ya bisa tambahin garam dikit.

      Delete
  39. Mba mereka asli pake angciu itu??hiks berarti gak halal dong karena angciu gak halal mba :((( padahal kesukaan saya itu :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Umm..kalau yang Sy baca dan tulis itu resep aslinya..pakai..tapi klu Sy bikin...nggak pake..kdg2 memang ada warung nasi goreng atau mie goreng di pinggir jalan..jug apakai angciu mba..:)

      Delete
  40. Mba.. Aku kok ngikutin resep bikin sausnya.. jadinya malah aneh ya T_T

    Si sausnya itu, warna nya merah kyk saus tomat.. terus rasanya jauh banget dibanding ama yang di WS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pakai saus tiram belum Mas Rmdhan?..Kalau pakai saus tiram ya harusnya agak kecoklatan gt lho..dan juga..klu aku bikin ya udah mirip sich..begitu juga kata teman2 yang komen di atas itu..hihi..jadi..kurang tau jug aya..apa yang kurang di saus yang Mas bikin??..Yang jelas..resepnya ya..dari yang punya Warung steak sdr..yang di share di tabloid info kuliner..daku tulis komplet itu..aslinya dan modifikasi dari aku..atau Mas nya suka pakai angciu..ya coba bikin lagi di kasih angciu..biar bisa persis..soalnya..angciu ini memang punya citaras khas ya..:)..

      Delete
  41. mba, mau tanya klo utk dada ayam di iris tipis, ketebalannya skitar berapa cm? khawatir ketipisan nanti malah jd kerupuk :( dan klo utk daging ketebalannya brp cm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai selera aja Mba Viebie..di kira2..sekitar 2 atau 3 cm..ya..kayak di warung steak itu lho..:)

      Delete
  42. Mbak Diah, Sebelumnya terima kasih resepnya, izin copy ya.. Saya belum sempat nyoba nih, tp mumpung habis Idul Adha dapat bagian kurban sapi saya mau langsung praktek bikin steak secepatnya. Tapi mau nanya dulu, kan saya dapat dagingnya ga tau itu bagian yang mana? kalau dibuat steak dengan resep diatas bisa ga ya? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dagingnya..asal daging yang bagus Mba..yang nggak ada lemaknya..itu yang enak di buat steak gini..:)

      Delete
  43. mlm mb ijin copaz ya , maksih, :))

    ReplyDelete
  44. mb kalau aku lebih kangen ke milk shake.y WS ni, kalau mbaknya tau tolong share dong
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ..ntar tak buat dulu yach milk shakenya :)

      Delete
  45. Ijin copy resepnya yah mba..mau coba buat :)

    ReplyDelete
  46. Hallo mba, salam kenal ya.

    Mba saya sudah coba resep ini lho,,, Wuaahhh enak banget mba... terima kasih ya mba sudah berbagi resepnya... *enak banget mba suer....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Tina..sama2..salam kenal juga ya..syukurlah jika suka..^^

      Delete
  47. wahhh enakkkk...makasih resepnya mba
    mba kalau mau buka WS butuh modal berapa kira-kira heheh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sama2..wah..kurang tau juga tuch..hihi..kalau soal usaha..aku taunya masaknya aja..:)

      Delete
  48. Mantap mbaak, rasanya kayak aslinya. Makasih banget mbak

    ReplyDelete
  49. aku udah nyoba mak, tapi pake ikan. tepungnya crispy bgt, enak. tapi saosnya rasanya lebih ke asem manis gitu ya mak?
    ga bisa gurih dan warnanya coklat kaya diwaroeng, itu pake saos apa ya?

    ReplyDelete
  50. Wajib dicoba ni mba, udah lama ga masak2
    selama ini kalo steak bisanya cuma beli tapi setelah liat resep diatas jadi penasaran pengen nyoba bikin juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Linda..lebih puas bikin sendiri..:)

      Delete
  51. wah ini nih resep yang dicari2 sama istri saya mbak e
    Salam dari Saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..met coba ya Mas..salam buat istrinya..:)

      Delete
  52. mbk kalau 10 ml saus tiram kira2 itu brp sendok yaa??

    ReplyDelete
  53. Kira2 satu sendok cukup lah..:)

    ReplyDelete
  54. terimakasih resepnya buns..sudah saya praktekkan..

    maknyuss..alhamdulillah anak dan suami sukaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba.....ikut seneng dech.klu keluarga jg suka..:)

      Delete
  55. waaa asik.. makasi resepnya mba, mau aku coba ah hari ini.. oia mba untuk daging sapi perlu dikukus dulu atau langsung goreng saja? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba..langsung di goreng aja..kalau di kukus dulu malah alot lho..:)

      Delete
  56. Thanks yah resepnya. Udah dicobain enak sausnya tapi kok steak nya ga bisa crispy yg kriuk2 gitu yah? Padahal masi panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku buat alhamdulillah kriuk2 mba..jadi coba next pakai minyak yanga gak banyak ya gorengnya..terendam myk gt.

      Delete
  57. sausnya pas banget rasanya ama ws mba, aq dah nyobain pake ayam ama jamur tiram dibikin crispy...

    ReplyDelete
  58. mbak, semalam aku nyoba bikin ini, suami seneng banget, cemal cemil terus dari tadi. sayang gak sempet moto (buat klo ada lomba lagi;-)) anak2 juga suka. padahal aku ndak pake penyedap rasa lo, tetep jangg!! rasanya. daebak! :-p aku dah pernah bikin klapertart sm pisang molen (enak), makasi mbak. insyaAllah mau bikin soto betawi nanti. tunggu laporannya

    ReplyDelete
  59. Lupa dagingnya ga dipukul pukul jadinya alot :( tapi besok coba lagi, hehehe makasih atas resepnya mbak

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...