Google Ad

Saturday, November 29, 2014

Muffin Coklat Kukus


Happy weekend semua..semoga hari liburnya menyenangkan ya bersama orang2 tersayang teman2. Aku mau ada acara hari ini..jadi posting pagi2 ah..mumpung masih pada tidur..bos besar sama bos kecilku..hihi. Beberapa waktu lalu banyak teman yang menanyakan apakah produk2 aneka cake  mix Lazetta yang aku jual..bisa di kukus..jadilah aku cobain satu persatu dech...karena banyak juga teman2 yang belum punya oven di rumah..tapi minat produk Lazzeta nya. Uji coba pertama kemaren bikin muffin kukus. Dan hasilnya..bisa itu..muffinnya di kukus..nggak di oven teman2, hasilnya juga sama ngembang dan nggak bantat kok teman2..hanya beda di penampilan ya. Kalau muffin panggang itu kan permukaan bisa kering crunchy, kalau muffin kukus ini permukaan muffinnya halus. Tapi tetep bisa mumbul..naik dan ngembang adonannya. Bahkan yang aku isi kepenuhan kemaren malah mekar tengahnya..kayak bolu kukus..hihi.

12

Friday, November 28, 2014

Nugget Ayam Wortel


Sejak Yodha bosan makan nugget ayam..lama banget aku nggak bikin nugget. Dulu pas TK sampai kelas 1 dan 2 terlalu sering ku buatkan nugget..jadinya dia bosan. Eh..pas kemaren di tanya mau makan apa ..kok nyeletuk pengen makan nugget..katanya pas di sekolah lauknya sering nugget.jadi dia suka lagi. Ya oke dech..pas nggak sempat masak aku beliin nugget kemasan dech..dan Yodha protes.." kurang enak Mi..nuggetnya "..hihi. Ternyata seleramu tinggi juga ya Nak..ndak mau makan sembarang nugget..hihi. Tapi setelah aku cicipin nugget bermerk yang di jual di budhe sayur memang agak neg ya sekarang rasanya. Jadilah aku buat sendiri lagi nugget untuk Yodha..dan hasilnya..suka dech dia..kemaren buat sarapan..terus sisanya minta di bawa buat bekal sekolah. Nah..tak bawain agak banyak biar bisa berbagi sama teman2nya..sama saus buat cocolannya..ternyata pulang aku cek..habis..ludes. Aku tanya dia habisin sendiri apa berbagi..katanya berbagi sama teman2nya dan pada suka semua.

11

Thursday, November 27, 2014

Cemilan Serba Tahu Lagi....^_^ Bakso Tahu & Tahu Sumedang Krispi


Tahu lagii..hihi. Memang..aku suka sekali berkreasi dengan bahan biasa yang murah dan mudah di dapat seperti tahu ini..jadi aneka hidangan yang bervariasi tentunya. Mungkin kalau di kumpulin udah jadi satu buku nich teman2..olahan serba tahu yang aku posting di blog ini..hihi. Wah..sayangnya sampai sekarang belum ketemu penerbit yang cocok. Maklum teman2..penulis pemula..yang belum punya pengalaman nulis buku..kalau nggak kenal orang dalam atau punya relasi langsung dengan penerbit.. biasanya nggak di lirik sama penerbit mayor..jadi bisanya kerja sama sama penerbit minor..atau self publisher dulu..alias nerbitin buku dengan biaya sendiri..huhu..makanya lagi nabung nich..jualan tepung dulu..hihi..buat nerbitin buku yang bagus sekalian kualitasnya...kemaren udah ada penawaran dari salah satu penerbit, lumayan dech biayanya kalau self publisher jika untuk buku berwarna. Jadi sabar ya teman2..yang menunggu kapan aku bikin buku..tak ngumpulin modal dulu..kalau materi sich udah siap dari dulu.

6

Wednesday, November 26, 2014

Tumis Pare & Tempe Semangit Tabur Teri Nasi



Duch jam 12 an tadi..perut kok kasih tandan laper..ternyata tadi pagi lupa sarapan..cuma nyuap beberapa sendok ngabisin sarapan Yodha..hihi. Nengok dapur cuma ada nasi putih..sama sisa lauk beli tadi pagi..tapi kok nggak berselera ya , karena nggak cocok sama rasa masakannya. Tadi pagi nggak sempat masak, karena dari Subuh, sibuk packing sebelum Yodha bangun..jadi beli lauk di luar..wah ya tapi beda rasanya kalau sama masak sendiri. Akhirnya bongkar2 kulkas..nemu pare 2 buah ..nemu tempe semangit..nemu teri nasi..hihi..komplet kan..langsung kebayang oseng pare plus tempe semangit..terus di taburi teri nasi yang gurih..wah..daripada bayangin aja..langsung action dech klutekan sebentar di dapur..dan mateng dech..nich tinggal separo sekarang teman2..hihi. Aku suka makan sayur oseng pare gini semi di gado..jadi nasinya dikit. Hemm..enak dech..walau cuma lauk sayur pare aja..sama tahu sumedang  goreng..beneran enak dech.."My tummy is happy..."..*ikut2 an Yodha..kalau dia habis makan terus suka makanannya..dia selalu bilang gitu..hihi.*
12

Tuesday, November 25, 2014

Tahu Aci Tegal...Plus pengumuman..Aciku Ganti Nama..Jadi Acine..^_^



Udah masak belum hari ini teman2 ?..Tadi barusan aku posting menu harian sederhana Nyomok Tempe khas Rembang ya..resep bisa di klik di SINI. Nah..mumpung lagi cepat koneksi sekalian posting satu lagi nich..pengumuman..salah satu produk tepung andalan yang aku jual..yang dulu brand merk nya Aciku..sekarang ganti nama jadi Acine ya teman2..jadi buat teman2 yang kemaren order tepung aci..yang aku kirim ganti merk ini ya. Produksi tetep sama yang buat Aciku dulu..cuma ganti nama aja..biar lebih njawani kali ya..jadi..dari ACIKU...jadi..ACINE. Dan kabar baiknya lagi..sekarang non msg lho tepung acinya..jadi buat teman2..yang nggak suka gurih banget karena pakai msg..pasti lebih suka nich. Buat yang tetep suka gurih kayak kemaren..tenang..bisa tambahin sedikit penyedap rasa sendiri..atau pakai kaldu bubuk sendiri..kaldu ebi, kaldu jamur..dll..suka2 dech.

 
13

Nyomok Tempe Gembus



Hihi..nama masakannya unik banget ya teman2..*Nyomok* ..nggak tau dech artinya apa. Kalau di Yogya kan..ada juga istilah *jangan* itu artinya sayur..misal.. *Jangan tempe..itu artinya sayur tempe. Jadi..ada cerita lucu nich..kan ada orang dari luar Jawa..di undang makan di salah satu keluarga di Yogya..yang punya rumah mempersilahkan makan..nerangin menu2nya.." ini ikan..ini lauk..ini jangan..nah..si tamu yang di undang..nggak berani makan sayurnya..karena di kira *jangan * itu menu yang nggak boleh di makan kan..haha. Lucu nggak teman2..?..Nggak ya..hihi..biarin dech daripada ngantuk. Tadi malam bangun jam 2 lembur packing 150 pack tepung leker..buat kirim ke Jakarta pagi ini..jadinya super ngantuk pagi2 gini. Tapi karena nggak biasa tidur pagi atau siang hari ya di tahan2 aja walau kepala rada nyut2 an.

Oke dech kembali ke sayur Nyomok khas Rembang ini ya teman2..aslinya pakai tempe ya..tapi kemaren aku pengen coba pakai gembus aja..enak juga ternyata. Gembus yang lembut di padu kuah santan yang gurih dan pedas sedep khas cabe hijau..enak dech.  Sayur ini mirip2 sayur cabe hijau ala Temanggung empis2..tapi cita rasanya beda lho teman2..jadi tetep bisa jadi varian menu untuk sehari2 lho. Kalau empis2 Temanggung khasnya cabenya hijaunya super banyak..jadi pedasnya banget..kalau sayur nyomok ini nggak terlalu pedas, bumbu kuahnya juga pakai kunyit dna ketumbar,..jadi rasanya tetep beda walaupun mirip ya. Rasanya gurih pedas enak dech di nikmati sama nasi hangat..sama kerupuk..menu ndeso yang sedep dech.

Oke..mau coba..yukk..boleh di ganti tempe biasa ya..jika nggak ada tempe gembus teman2..^^
Nyomok Tempe Gembus

Bahan :
200 gram tempe gembus, potong2 kotak kecil
Santan 800 ml
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang sere, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi
Garam sesuai selera
Cabai hijua besar 10 buah, potong2 bulat

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1 cm kunyit
1/2 sendok teh terasi

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan cabai hijau, aduk hingga layu. Masukkan santan dan bumbu2 lain, masak hingga mendidih. Masukkkan gembus, masak kebali hingga meresap dan kuah meyusut sambil sesekali di aduk. Koreksi rasa.
Sajikan.

4

Monday, November 24, 2014

Empek Empek Tahu



Ini dia hasil empek2..pakai tenggiri termahal..hihi. Lha..kemaren ke pasar aku beli sekilo hilang..55 ribu..terus beli sekilo lagi..jadi biaya empek2 ini 100 ribu lebih..haha. Tapi..puas dech hasilnya...soalnya semua suka..Yodha lahap..dia bilang..wah lebih enak dari yang kemaren beli di restoran empek empek katanya. Minggu kemaren memang kita makan di cabang resto empek2 yang sudah terkenal di sini..tapi  sekarang kok rasanya biasa aja..jadilah pengen bikin sendiri dech..pastinya lebih enak..dan lebih puas makanya..karena jadinya banyak. Biasanya bikin empek2 favorit semua , kapal selam..tapi aku pikir2 udah sering banget bikin itu ya. empek2 jenis lain..lenjer, adaan, pistel , samapi keriting ..semua udah pernah ku coba. Jadi pengen empek2 yang belum pernah ku coba buat sendiri..yaitu empek2 tahu. Setelah browsing2..empek2 tahu nich kurang populer ya..kalau di luar Palembang..tapi kalau di Palembang sana..empek2 ini merupakan salah satu empek2 favorit juga. Samapai aku liat cara buatnya di you tube walau nggak ada resepnya..oh jadi intinya..empek2 tahu ini adalah empek2 adaan yang di lumurkan ke tahu..atau bisa juga di isi tahu...lalu di goreng langsung, nggak perlu di rebus atau di kukus. Kalau empek empek adaan sich udah sering bikin..jadi mudah dech. Hemm..kebetulan kemaren habis beli tahu sutra yang enak..jadi dech bikin empek2 tahu ini kemaren.

14

Sunday, November 23, 2014

Wingko Ketan Hitam


Dari kemaren..mau bikin wingko ketan hitam..karena pengen ngabisin sisa ketan hitam yang udah ke buka bungkusnya dan tinggal dikit..eh lha kok beli kelapa di pasar..jatuh dech kayaknya ..akhirnya tadi ke pasar lagi. Walau niat awal cuma beli kelapa ke pasar..tapi jadinya ya belanja macam2 lagi..hihi..eh..lha kok ikan tenggiri yang jatuh sekarang..wuaa..mana mahal kan ya ikan tenggiri..55 ribu sekilo. Jadi ceritanya..si ganteng Yodha kan bawain belanjaan mami..nah..dia bawa ikan tenggirinya..terus di tengah2 belanja yang lain..lupa dech dia taruh mana tuch tenggiri..hihi. Ya udah dech tenggiri 1 kg hilang dech..ya Kak ya..! Tadi kembali ke dalam pasar, cek siapa tahu dia ingat di tinggal di mana..ya udah nggak ada dech..dengan santainya bilang Yodha..." ya aku lupa Mi..masak nggak boleh "..haha..dasar Kakak..dech. Akhirnya balik tukang ikan lagi ya, dan beli lagi dech tenggiri 1 kg. Begitulah kehebohanku sama kakak kalau ke pasar tiap Sabtu atau Minggu ..lha..pak boss besar ndak mau ikut ke pasar..cuma nunggu di luar..otomatis..yang suka bantu bawa belanjaan nya Kakak dech..jadi sering ada apa gitu ketinggalan atau hilang di pasar..hihi. 
5

Friday, November 21, 2014

Bandeng Kremes


Jangan bosan sama menu kremes2 ya teman2..soalnya memang banyak banget aneka macam menu kremesan yang ku posting..hihi. Jadi memang  tepung kremes yang aku jual itu bisa buat bikin lauk kremesan apa aja..ayam kremes, tempe kremes, sosis kremes,. tahu kremes, sampai ikan pun anak di kremes teman2. Ikan yang di pakai bisa ikan bandeng ukuran kecil2..atau ikan lele. Goreng dulu ikannya hingga matang..buat kremesan hingga bersarang, celup ikan ke adonan kremesan..lalu letakkan di atas kremesan..lalu gulung dech. Mudah banget teman2..kalau udah terbiasa nanti akan mudah saja kok menggulung2 kremesan aneka isian. Duch sebenernya pengen bikin video cara bikin kremesan bersarang dan menyelimuti bahan yang di kremes ini..tapi kok ya belum kesampaian..hihi..gak ada yang nge shoot je..hihi..suami paling males ke dapur.....tunggu Yodha bisa dulu kali ya..baru bikin aneka video masak..jadi biar lebih memudahkan teman2 gitu melihat tehnik memasak yang agak unik , kayak cara menggoreng kremesan ini..jadi sabar ya teman2. Kalau yang foto sich dulu udah ku posting step by step cara menggoreng kremes yang mekar dan bersarang di SINI ya teman2.
1

Thursday, November 20, 2014

Ayam Bakar Bumbu Opor



Menu ayam bakar bumbu opor ini..adalah menu daur ulang teman2..hihi..tapi..looks yummy kan..?..Ya memang enak sekali teman2...! Jadi ceritanya kemaren sore masak opor..tapi karena nggak sempat masak sambal goreng, suami rada2 males makan kalau cuma opor aja..akhirnya beli mie thek thek yang lewat depan rumah aja buat makan malam. Lha si opor ini kan kasian ya..kalau di cuekin di kulkas..akhirnya tadi pagi aku olah ulang jadi ayam bakar bumbu opor ini..dan rasanya..enak sekali..Yodha suka.....papinya juga. Alhamdulillah,..habis dech opornya akhirnya walaupun tanpa sambel goreng..cukup di ganti pakai sambel korek cabai rawit aja makannya..hihi.

5

Wednesday, November 19, 2014

Lumpia Nangka


Alhamdulillah bisa buka komputer lagi dan bisa posting lagi..hihi. Kemaren komputernya error teman2...mati total...tak kira game over dech..alias udah rusak parah..ternyata masih bisa di benerin tadi panggil tukang servis..hihi. Jadi hemat tho..nggak perlu beli komputer lagi. Duch..mak..Pakde Tukul aja udah pakai laptop dari dulu ya..lha kok..masih suka komputer..haha. Ya biarin tho..ada laptop juga punya suami..tapi musti mindah2 modem, file semua data udah kadung di komputer..foto2 dll..jadi ya mau  mindah2 kok males..yang penting..udah bisa online lagi..hihi.  Jadi dua hari kemaren  ya cuma packing2 aja..aku..untung masih ada tab..jadi masih bisa kerja nerima orderan dech.
4

Monday, November 17, 2014

Menu Serba Tahu..: Asem Asem Buncis & Tahu, Rollade Tahu Campur


Tahu...salah satu makanan favoritku..kalau lihat tahu di pasar atau tukang sayur kadang main ambil aja gitu langsung beli..padahal belum niat mau bikin apa. Akhirnya kadang nginap di kulkas. Tapi tahu sebenernya nggak boleh nginap lama2 ya di kulkas..soalnya bisa asam..jadi musti cepat2 di masak dech. Akhirnya kemaren masak serba tahu..hihi. Asem asem tahu dan buncis..sama rollade tahu campur.
11

Sunday, November 16, 2014

Sweet and Spicy TongDak ( Korean Spicy Chicken )


Wua....setelah minggu yang sibuk..pengen santai sejenak teman2. Masak kemaren seharian Sabtu..dari pagi sampai magrib itu sibuk packing..hihi..cuma di selingi masak masakan praktis sebentar buat makan siang..habis itu packing lagi..jadi nggak sempat nengok blog kemaren. Alhamdulillah sich pesanan tepung2 semakin banyak..hihi. Dan malam..pengen re freshing sekalian cariin Yodha tas sekolah baru..akhirnya kabur ke Java Mall..kenapa ke mall jadul..karena ada tujuan lain..cari DVD drama Korea terbaru..hihi. Obat lelahku refreshing ya cuma ke Korea bentar..hihi..lewat dra kor tapi..mau ke Korea beneran..belum cukup je tabungannya..haha.
11

Thursday, November 13, 2014

Soto Kemangi


Soto Kemangi..mungkin masih terdengar aneh ya nama menu ini teman2. Tapi..beneran ada lho..soto yang di makan dengan daun kemangi..yaitu soto kemangi atau di Yogya lebih di kenal dengan nama Soto Kemasan. Yogya..memang gudangnya warung soto enak2..aneka macam soto ada..dan salah satu yang terkenal unik adalah soto kemangi ini. Soto *kere..sebutan lainnya..hihi. Kenapa di sebut soto *kere atau soto miskin..karena sotonya nggak pakai daging ayam atau daging sapi..tapi pakainya tahu dan tempe bacem..hihi. Unik kan teman2. Tapi tentu saja biarpun tanpa daging..kaldu sotonya tetep terbuat dari kaldu ayam kampung asli..jadi walaupun tanpa daging ayam ya kuah sotonya tetep gurih dan enak.
6

Wednesday, November 12, 2014

Acar Tahu Khas Rembang



Beberapa waktu lalu di pinjami majalah Selera jadul2 terbitan tahun 87 an sama mba Elmi tetanggaku..wah senengnya..serasa dapat harta karun resep2 jadul..hihi. Lha aku suka je yang jadul2 gini..karena biasanya lebih otentik resepnya..kalau majalah sekarang kan banyak di modif sana sini..jadinya belum tau otentiknya gimana. kalau aku pertama nyoba resep..itu musti coba dulu aslinya..baru dech..setelah coba dan kira2 nggak sesuai selera baru di utak atik sendiri biar pas di lidah..hihi. tapi paling nggak bumbu2 dasar dll tetep sama..takaran aja yang biasanya aku sesuaikan seleraku sendiri. 

10

Tuesday, November 11, 2014

Mendut Ketan Hitam


Mendut..jajanan khas dari tepung ketan. Kalau di rumahku dulu di Yogya..kalau ada hajatan di rumah..pasti dech..bikin 3 macam jajanan kukus , yaitu utri / nogosari , lemper dan mendut ini. Begitu juga dengan tetangga2. Jadi udah kayak jajanan wajib hajatan gitu. Jadi..kalau dapat nasi kenduri , pasti berebut cari mendut ini..hihi. Karena rasanya lebih legit ya di banding utri..karena mendut terbuat dari tepung ketan, sedang utri terbuat dari tepung beras. Aku dari kecil juga suka mendut.suka banget jajanan dari tepung ketan gini. Apalagi isi unti kelapa yang manis , legit dan gurih..klop banget dech. Sampai udah tua gini ya masih suka aja sama mendut..hihi. Seleraku tetep sama..selera jadul. Mendut ini adonannya mirip2 putri mandi ya teman..tapi kalau putri mandi kan berendam ya..mandinya..hihi..alias pakai saus santan kental. Kalau mendut ini nggak..jadi tanpa saus.

18

Monday, November 10, 2014

Sirloin Crispy Steak



Waktu belanja daging dll,  kemaren..iseng nengok daging sirloinnya kok seger banget..masih fresh gitu. Jadi ingat pernah janji sama teman yang beli tepung crispy dariku..buat ngasih resep sirloin steak crispy..pakai tepung crispy yang aku jual itu. Oke dech, jadi kemaren langsung minta 250 gram sama mba pegawainya..terus aku minta sekalian potongin tipis2..jadi 4 buah dech..hihi. Mak irit bikin steak daging cukup 1/4 kg saja. Cukupkah buat orang serumah ?..Cukup bingits teman2..kan warga di rumahku cuma 3..lha itu kalau di lapisi tepung crispy kan udah jadi 4 porsi..satu porsi isinya udah lumayan besar lho..kayak di foto itu..satu porsi isi 2 potong sirloin steak crispy nya. Kok bisa..?..Bisalah..sini tak kasih tau rahasianya ya teman2..bikin steak daging ekonomis. Pas beli kan daging sirloinnya udah di potong tipis2 panjang tuch..sampai rumah sebelum di balut tepung..di pukul2 dulu pakai pemukul daging tuch lho teman2..yang bentuknya kayak palu..sampai memar tipis tapi nggak putus ya. Nggak punya pemukul daging..tenang..pakai *munthu* saja..hihi. Apa itu munthu ?..Ulekan batu..hihi. Jadi munthu di lapisi plastik tebal biar bersih..terus di pukul2 kan dech ke daging..bisa lho..jadi memar dan tipis lagi dagingnya. Selain bisa jadi besar steaknya..juga dagingnya jadi empuk..dan nggak alot ketika di kunyah. Tapi tadi aku gorengnya terlalu besar karena nggak ku potong jadi dua dulu 4 slices dagingnya..jadinya ngluntung steaknya pas di goreng karena kelebaran.. nggak bisa lebar2 gitu lho teman2..saking tipisnya dagingnya..hihi.
6

Sunday, November 9, 2014

Kelapa Muda Goreng


Kemaren suami beli kelapa muda..lha kok cuma pada di minum airnya. Akhirnya kelapa mudanya masuk kulkas. Mau buat klappertaart..yang doyan cuma aku sendiri...jadi langsung di inapkan di kulkas dulu   belum kepikiran mau di buat apa. Tadi pagi aku cicipin masih enak..nggak asem kelapa mudaya..jadi aku kepikiran di goreng aja. Dulu ingat pernah baca di tabloid saji ada resep kelapa muda goreng. 

10

Friday, November 7, 2014

Sayur Betik Khas Jepara


Wah..aku kangen sayur pepaya muda hari teman2....jadilah tadi langsung masak sebentar di dapur. Bosan jika di oseng atau di sambal gorang..mari kita masak pepaya dengan cara berbeda ya. Kali ini aku masak sayur betik khas Jepara. Sayur pepaya muda yang di masak dengan santan, bumbu utama kluwak..rasa gurih pedas dan sedikit manis berempah..enak banget. Setelah matang aku jadi ingat lha ini mirip brongkos pepaya yang sering di masak ibuku ya..enak banget. Cuma kalau sayur betik ini warnanya agak coklat kemerahan karena pakai cabai merah..sementara kalau brongkos lebih cenderung coklat warnanya..karena pemakaian kluwak banyak sedang cabainya dikit. Dua2nya sama enak..olahan pepaya ini. Nggak tau ya..aku suka pepaya nich di masak apapun. Dari kecil kebiasaan kali ya..karena ibu sering banget masak sayur pepaya..maklum ya tinggal metik di kebun..pepaya banyak pohonnya. Pepaya muda ini enak di masak apa aja lho teman..di oseng..sambel goreng..di bobor..sayur anyep..brongkos dll. dan sekarang yang aku coba ini sayur betik pepaya khas Jepara. rasanya..enak juga ternyata..pedas2 sedep aroma khas kluwak.

6

Thursday, November 6, 2014

Brownies Cookies Praktis


Yodha lagi ketagihan brownies yang pakai tepung Brownies Coklat Mix Lazetta..hihi..sering banget minta di buatin..waduch..lha kan buat di jual tepungnya Kak..hihi. Ndak apa2 dech..yang penting di makan aja..pasti di buatin. Dan beneran..kalau aku buatin brownies ini suka banget dia..anget2 baru matang habis 2 cup..kayak gini nich sekali makan. Yodha paling suka di kemasan cup memang..lebih mudah di bawa2 buat bekal sekolah dia. "Hemm..this is the best brownies" katanya. Yodha nich seleranya kayak aku..suka brownies yang nyoklat tapi nggak neg margarin atau mentega.jadi cocok sekelai kalau brownies Lazetta ini karena pakai minyak goreng. rasa coklatnya itu..jadi menonjol dech kalau brownies pakai minyak goreng..di banding pakai mentega.dan nggak neg itu tadi..makanya di cemal cemil ya nggak bosen gitu. tadi aku buat 250 gram tepung brownies Lazetta..Yodha biasa minta di cup2 kertas gitu..nah yang separo..aku buat brownies cookies aja..brownies cookies yang versi potong..kayak di jual di bakery2 terkenal tuch lho teman2. Kini bisa buat sendiri di rumah kok..mudah lho. Selain browniesnya jadi renyah dan tipis potongan kecil2, jadi biar lebih awet juga dan rasanya itu lho..enak banget..sensasi kriuk cookies rasa brownies..suka banget dech aku. Rasanya tambah gurih..dengan di tambah toping almond yang melimpah..wah..tambah enak banget. Manisnya juga pas..nggak membosankan. Kalau Yodha sukanya di buat cup brownies gini teman2..jadi mudah mudah di kemas buat bekal..^^


Tepung brownies mix Lazetta ini praktis banget..sekali buat aku biasa 250 gram, cuma tambah telur ukuran kecil 2 biji, air 50 ml dan minyak 65 ml. Terus coklat leleh 100 gram. aku pakai coklat leleh yang beli di TBK tempatku nich..enak..nggak terlalu manis..dan biasa di jual re pack gitu..jadi harganya juga lebih murah dari pada coklat masak pekat yang kemasan. 

Tips membuat brownies cookies ini mudah sekali teman2. teman2 bisa pakai tepung mix brownies yang aku jual ini..atau resep2 brownies lain andalan teman2 sendiri juga boleh. Tuang di loyang kue kering  yang di alas kertas roti. Panggang hingga setengah kering, potong2 sesuai selera kecil2 persegi gitu kalau aku, lalu susun kembali di loyang dan oven kembali selamat 15 menit atau hingga kering permukaannya. Dalamnya nanti akan kering sendiri teman2..jika di diamkan terlebih dahulu sebelum di kemas.

Untuk toping bisa pakai almond, kacang mete, choco chip dll..sesuai selera ya..selamat mencoba ya teman2..jika bosan dengan  brownies basah biasa..cobain dech brownies cookies kering ini enak banget lho..dan lebih awet di simpan buat cemilan di rumah. tapi ya..di tanggung nggak bakal bisa awet ..karena rasanya yang enak..pasti cepet habis..hihi.
Brownies Cookies

Bahan :
250 gram tepung Lazetta Brownies Coklat ( atau pakai resep brownies andalan teman2 sendiri ya )
2 buti rtelur ukuran kecil ( 100 gram )
50 ml air
65 ml minyak goreng
Coklat masak pekat leleh 100 gram ( di tim atau di iris halus terus panaskan sebentar di oven beberapa menit

Cara membuat :
Tuang tepung brownies, air dan telur ke dalam wadah adonan. Mixer dengan speed rendah hingga rata. Masukkan coklat leleh dan minyak..mixer perlahan dengan kecepatan rendah hingga rata kembali.
Tuang di loyang kue kering yang sudah di alas kertas roti, oven di suhu sedang 15 - 20 menit  hingga setengah kering. Keluarkan dari oven, potong2 sesuai selera.
Susun kembali di loyang, lalu oven dengan api bawah saja hingga renyah cookiesnya.
Simpan di toples ketika sudah dingin


16

Tuesday, November 4, 2014

Pisang Kremes Pandan


Akhirnya kesampaian bikin pisang kremes yang bener2 bisa menggulung pisangnya kremesannya. Kemaren coba pakai nangka , belum bisa cantik bentuknya..setelah pakai pisang..wah..cantik dech..hihi..*muji sendiri. Lha coba liat teman2..sudah cakep kan ya kremesannya menyelimuti pisangnya...suka dech. Aku pakai pisang yang kecil2 , dan pakai pisang kepok yang nggak lembek..jadi mudah banget menggulung kremesannya. Biar makin mantap..kremesan hijau cantiiik ras apandan ini..aku kasih coklat leleh di atasnya..wow..enak sekali rasanya. dan penampilannya jadi makin cantik kaan teman2. Memang..penampilan itu pengaruh lho teman2..nggak cuma orang ya..makanan juga. Kalau di buat cantik dan menarik..pasti dech...bisa mengundang orang buat nyicipin ya. contohnya Yodha...kemaren biasanya nggak suka banana cake..setelah aku hias pakai coklat leleh dan choco chip..ajaib..habis 3 potong banana cakenya..hihi. Suamiku..yang biasanya udah mblenger sama kremesan..lha kok tadi tak taruh meja pisang kremes ini..di habisin je..ada kali 4 pisang kremesnya..hihi. jadi..mari kita percantik masakan kit ateman2..agar yang makan juga semangat.

16

Sambal Goreng Tahu dan Krecek Kulit


Lama nggak masak yang bersantan2 karena agak sibuk..suami protes dech..karena memang masakan berkuah dan berbumbu gini favoritnya. ya..karena agak sibuk jadi lebih sering masak yang praktis2 terakhir2 nich. masalahnya..kalau masak yang berbumbu ala Jawa gini butuh waktu dan juga musti sabar..nggak bisa buru2. Kalau buru2..hasilnya malah kurang enak..kurang *tanek*..gitu kalau orang Jawa bilang. Jadi..memasak hidangan Jawa itu butuh proses teman2 ya..yang baru beljar masak..jadi nggak bisa..mendidih langsung di angkat gitu..wah ya di jamin bumbu2 nggak bakal meresap. Masak masakan Jawa yang berkuah dan berbumbu seperti ini harus *slow cooking..sampai hasilnya *over cook..alias *mlekoh*..hihi..istilahnya.nggak nyambung banget ya teman2. Ya..coba bayangkan..misal masak gudeg aja..butuh semalaman atau min 7 jam dengan api kecil, masak sambel goreng gini..juga harus lama minimal di masak 1 jam dan api kecil kalau bumbu2 mau meresap ke bahan. Lebih enak dan meresap kalau masak sekarang..terus di inapkan dulu di kulkas semalaman..hihi. Jadi..terori chef2 yang di tivi..yang kalau masak masakan berkuah, kalau udah mendidih sayur di angkat..wah nggak berlaku untuk masakan Jawa itu teman2..hihi.

12

Monday, November 3, 2014

Banana Chocochip Cake


Masih lanjut nge baking ya teman2...soalnya masih ada beberapa tepung mix dari Lazetta yang harus aku uji coba. dan hari ini giliran tepung mix untuk banana cake yang ku coba. Jadi buat yang nunggu2 hasil uji coba tepung banana cake,.ini dia hasilnya..tentu saja enak..seperti tepung2 lain. Tekture cakenya lembut banget. Cara membuatnya juga mudah saja..tinggal kocok all ini one pakai mixer..nggak perlu repot2 aduk balik tepung dll.
12

Sunday, November 2, 2014

Sup Iga Pedas Ala Sop Janda


Beberapa waktu lalu sempat hujan sebentar di Semarang sini ya teman2..lha kok sekarang cuacanya jadi panas lagi ya..super panas. Jadinya pengen makan yang seger2 terus dech. Pokoknya hari ini di niatin mau masak komplet tadi buat Yodha dna papinya..soalnya dari kemaren makan kok gak kebeneran terus di luar. Tapi malam..wuah..makan di Semarang bawah itu malah keburu laper..beneran saking macetnya kota Semarang sekarang. Jadi kalau nggak perlu2 banget malas sebenernya turun ke kota Semarang bawah di hari weekend. Lagian di atas ya..sudah komplet apa2 ada. Cuma semalem memang mau ke jNE pusat..karena banyak kiriman tepung udah terpacking..sementara JNE atas langgananku udah tutup sore hari..ya udah terpaksa turun ke kantor pusat JNE di Semarang bawah..sekalian cari makan malam..dan terjebak macet dengan suksesnya..hihi.
12

Saturday, November 1, 2014

Tips Membuat Swiss Roll Bermotif


Maaf ya teman2..kemaren nggak sempat posting resep baru..hihi. Seharian baking uji coba tepung2 mix baru ari Lazetta. Sebagai bentuk rasa tanggung jawab aku harus coba semua dong sebelum di launching produknya. Dan juga biar aku lega..karena belum ku launching aja udah ada beberapa teman  yang ambil banyak produk ini..jadi kalau udah ku coba dan hasilnya enak..jadi tambah plong dech melepas produk ini ke pasaran. Kemaren yang aku uji coba tuch chiffon cake..swiss roll..cake coklat dll. Dan hasilnya..enak semua. Aku suka produk *Lazetta ini karena cara pembuatannya yang praktis, jadi lebih mudah buat teman2 yang suka baking tapi nggak ada waktu banyak nich. Semua sistem kocok all in one..jadi nggak perlu ribet. Dan hasilnya ajaibnya ya lembut itu , sama kayak kalau kita buat manual cake..yang di kocok dulu telur , gula, baru tepung aduk balik dll. Nah..jadi buat yang  biasanya keder mau bikin cake,  karena musti pakai sistem aduk balik..nich..cocok banget nich tepung mixnya..karena cara  buatnya pakai mixer aja semua...wis nggak bakalan bikin kotor dapur dech..tinggal tuang ke wadah adonan. Tambah telur dan minyak..di mixer..panggang..jadi dech aneka cake atau kue ala bakery.
38

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel