Google Ad

Monday, August 31, 2020

Penthol Ndower

Penthol Ndower

 
Siang teman-teman, 

Menu menantang siang ini, hari ini aku kok pengen yang pedes-pedes jadi ingat pernah makan Penthol Ndower di Solo yang terkenal itu, makanya jadi pengen bikin sendiri dech.

Pentol Ndower ini pentol yang dimasak berselimut bumbu pedas sedikit manis enakkk.

Beda dengan Penthol Setan ala Surabaya, kalau Pentol Ndower ini sekalian ditumis Pentolnya, bukan disiram bumbu pedas.

Enakkkk ! Kalau aku penyuka pedas sich iyes bangettt, kalau teman-teman ada yang suka juga?

Oh ya, pentholnya aku gak bikin sendiri,  pakai yang sudah siap pakai dari IG @pentoldahsyat , enak dan ada keju lelehnya. Pentholnya itu lembuttt tapi tetap ada tekture sedikit kenyal dan gurih daging masih terasa enak banget.
 
Oh ya di IG @pentoldahsyat selain menjual aneka penthol Frozen, juga tersedia bakso dahsyat, tahu bakso, tahu walik dll. Enak-enak semua udah aku coba teman-teman, dalam bentuk frozen ya.. Jadi bisa buat stok di rumah dech.๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Eh beda Penthol sama Bakso apaan sich? Menurutku, kalau Penthol cenderung buat dicemil lebih banyak tepung daripada daging tapi tetap enak gurih rasanya. Jadi pas banget di masak ala Penthol Ndower gini.

Oh ya, aku tulis lagi resepnya ya ...

Pentol Ndower

Bahan :
  • 1 pack Pentol Dahsyat Frozen ( isi 16 biji gede2 mantep )
  • 80 -100 gram cabe rawit merah, (sesuai selera tingkat kedowerannya ๐Ÿ˜…..eh kepedasan maksudnya).
  • 2 bawang putih
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 2 daun jeruk
  • Merica bubuk secukupnya jika suka.
Cara Membuat: 
  • Rebus cabe sebentar, haluskan kasar dgn bawang putih, tumis
  • Masukkan 100 ml air, gula garam dan kaldu
  • Masukkan Pentolnya
  • Masak hingga meresap
  • Cek rasa
  • Nah pas penyajian..boleh di tambah sedikit saus tomat atau kecap manis sesuai selera..tapi jangan di campur pas masak kecap atau saus tomat..beda rasa hasilnya soalnya.. biarkan tetap rasa pedes gurih cabe yang menonjol duluan ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Itu video yang ngedit Yodha..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.. dia melamar part time job jadi team editing Mami katanya, masih belajar tapi lumayan ya teman-teman .. Walau lupa nulis bumbu merica bubuk terus ml ditulis mili sama dia ๐Ÿคฃ

Biarin dulu pelan-pelan belajar nanti kalau ditegur ndak mutung gak mau belajar lagi ๐Ÿคญ


2

Friday, August 28, 2020

Lentho Gurih

 

Lentho Gurih

Selamat Siang,

Sarapan pecel yang pakai lentho kacang tholo, sekalian ngabisin stok kacang tholo yang sudah direndam sisa dari buat sambel goreng labu kemaren, tapi barusan mateng lentho-nya jadi nunggu minta tolong suami beli sayuran. Eh tapi koq sudah enak dicemilin ini, jadi kenyang duluan .. Piye jal? ๐Ÿคฃ

Lentho

Bahan :
  • 300 gram singkong parut ( peras sedikit airnya jika singkongnya kandungan airnya , jika tidak yang nggak usah )
  • Kelapa parut 1/2 butir
  • Kacang tholo 100 gram ( rendam 3 jam atau hingga mekar )
Bumbu Halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 2 sendok teh kaldu ayam / garam secukupnya 
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1/4 sendok teh gula pasir
Cara Membuat :
  • Campur singkong parut dan kelapa parut dengan semua bumbu. 
  • Cicipi..sampai rasa gurihnya pas, jika kurang bisa tambahkan garam. 
  • Ambil sedikit adonan, kepal-kepal kuat, bentuk lonjong pipih dengan tangan. 
  • Goreng dalam minyak yang sudah panas sampai kuning keemasan, atau sampai coklat renyah. jika suka. 
  • Sajikan untuk cemilan atau pelengkap pecel, yummy lho !

Note :
  • Jika takut ambyar waktu digoreng boleh ditambah 1 sdk makan tapioka.
  • Tapi asal pas dikepal-kepal dengan kuat hingga terbentuk "Cap Jari" ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Dan minyak sudah panas baru adonan masuk, sebenarnya tidak akan ambyar waktu di goreng ๐Ÿ˜ƒ.
Selamat mencoba!
2

Bakso Kampung

Bakso Kampung

 Selamat Malam, 


Udara dingin, jadi pengin yang seger-seger buat makan malam makanya bikin yang ini aja ya ...

Bakso Kuah Kampung, tapi ala kampungku di Yogya sana. Bakso yang pakai irisan Tahu Pong, pakai sawi ijo mentah diiris terus disiram kuah bakso panas, aromanya sungguh khas...๐Ÿ˜‹

Terus kalau mau otentik ndeso, mie-nya pakai mie kuning pasar yang basah seharusnya tapi aku gak ada pakai mie kering saja ๐Ÿ˜….

Yang khas lagi kuahnya bening karena gak pakai kaldu tulang, sumsum apalagi jerohan dll seperti bakso kota ๐Ÿ˜ƒ. Tapi ini cuma pakai bumbu bakso kuah sachet yang instan saja, tapi rasanya justru otentik jadul seperti bakso kuah jaman aku kecil, yang murah meriah tapi ngangenin.. ๐Ÿ˜ƒ

Cara Membuat :

Siapkan aja Bakso siap pakai, bisa beli di pasar atau supermarket.

Bahan kuah :
  • 1000 ml air
  • 2 sdk teh bumbu kuah bakso sachet, kalau gak ada ganti kaldu sapi bubuk
  • Secukupnya garam
  • 5 bawang putih, goreng, geprek
  • 2 batang sledri, ikat
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
Cara Membuat :
  • Masak semua bahan kuah api kecil
  • Hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan dengan :
    • Mie basah kuning ala pasar
    • Tahu Pong iris
    • Bakso
    • Sawi ijo, jangan di rebus..cukup di iris2 mentahan..tuangi kuah panas bakso nanti jadi layu..aromanya jadi khas
    • Bawang goreng, sledri iris
    • Kecap
    • Saos
    • Sambal rawit
Kalau ada bakso goreng bisa ditambahkan, tapi sayangnya tidak ada.๐Ÿคฃ

Selamat mencoba!

2

Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Selamat pagi teman-teman,

Beberapa hari ini udara pagi hari dingin banget ya? Jadi ingin sarapan bubur ayam nich, tapi mau jajan masih takut jadi baiknya mari kita buat sendiri aja bubur ayamnya ya ... Sedikit repot tapi hasilnya memuaskan selera keluarga dan lebih enak ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Nah, biasanya aku buat bubur pakai Rice Cooker saja, kali ini aku mau berbagi cara membuat Bubur Ayam dengan cara manual ya teman-teman ... pakai panci, teng-teng!

Kalau membuat bubur dengan cara manual begini, aku lebih suka memakai pan yang berbahan stainless. Walau banyak koleksi pan, namun panci stainless seperti merk Arturo ini, harus  tetap wajib ada di dapur teman-teman. Mengapa? Karena sangat berguna jika masak menu-menu seperti bikin bubur, gudeg, rendang dan lain-lain, yang butuh waktu lama mengolahnya jadi lebih cepat matang.

Aku pakai Arturo Casserole 24 cm dari (IG) @gastroline.indonesia, banyak kelebihannya teman-teman:
  • Salah satu panci paling aman dan sehat.
  • PFOA free.
  • PTFE free.
  • Tidak beracun dan bereaksi terhadap makanan.
  • Awet sepanjang masa, bisa diturunkan ke anak cucu.
  • Investasi 1x saja, tidak boros karena harus beli dan beli lagi.
  • Body tebal, sehingga memasak makanan dalam temperatur tinggi matang merata dan tidak cepat gosong.
  • Sandwich bottom tebal 0.5cm bisa utk segala jenis kompor, termasuk kompor induksi.
  • Gagang hollow dan ada lubang kecil sehingga tidak cepat panas.
  • Menggunakan las laser (bukan baut), sehingga lbh modern dan tidak ada sisa makanan yang tersangkut.
  • Design bibir panci anti tumpah.
Bahan Kuah dan Ayam Suwir :
  • 1/2 ekor ayam yang udah di buat kaldu
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1.000 ml air biasa atau air kaldu
Bumbu Halus:
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 1 cm jahe
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 3 cm kunyit
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu.
  • Masukkan air, ayam..semua bumbu.
  • Masak hingga meresap.
  • Angkat Ayam, goreng ayam, suwir-suwir.
Bahan Pelengkap:
  • 100 gram kerupuk kanji ,kacang kedelai goreng.
  • 1 sendok makan bawang merah goreng.
  • 1 sendok makan seledri, diiris halus,kecap dan sambal.
Selamat mencoba!

2

Tuesday, August 25, 2020

Risol Ragout Sayur

Risol Ragout Sayur

Sore, 

Menu snack kemaren ini teman-teman, aku buat Risol Ragout sehat dan cocok dech untuk snack anak-anak karena isi-nya ayam, dan full sayur. Kulitnya lembut lentur pakai susu, jadi lebih gurih dan lembut, terus digoreng pakai minyak kelapa dari (IG) @mamaco.id, minyak kelapa yang bening dan buat goreng-goreng gini rasanya tetap enak, tanpa ada aroma aneh di gorengan, bisa renyah krispy dan cantik. Selain itu minyak goreng kelapa Mamaco ini juga rendah kolesterol dan mengandung anti oksidan ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Lihat dech hasil risol-ku ini, menggoda kan teman-teman ?!

Mamaco ini bisa di beli di Blibli.com dan harga gak mahal 5 liter Rp 115 ribu, jadi dipakai sehari-hari tetap ekonomis dan bisa 6 kali pakai. Hemat kan teman-teman? Yuk cobain ya, minyak goreng kelapa dari (IG) @mamaco.id ini.

Oh ya, isi ragout-nya aku share di sini ya, takut videonya kepanjangan, kalau resep kulit risol yang lembut dan lentur sudah ada di video di atas ya.

Bahan Ragout Ayam Sayur ENAK :
  • 100 gram daging ayam, rebus
  • 1 wortel, potong dadu, rebus
  • 1 Jagung, serut, rebus bersama wortel
  • 100 gram kacang polong
  • 1/2 bawang bombai, cincang
  • 200 ml susu
  • 50 gram terigu
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • secukupnya garam
  • 4 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh pala
  • 2 sledri cincang
  • 2 sdk margarin
Cara Membuat:
  • Tumis bawang bombai dgn margarin, masukkan ayam, aduk Masukkan terigu, aduk hingga berbutir-butir.
  • Masukkan susu dan sayuran.
  • Masukkan semua bumbu.
  • Aduk-aduk hingga mengental.
  • Cek rasa.
  • Jika sudah pas masukkan sledri cincang.
  • Dinginkan.
Selamat mencoba ! 


2

Sunday, August 23, 2020

Soto Klethuk

 

Soto Klethuk

Malam, 

Ini menu siang tadi teman-teman, Soto Klethuk.๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Soto Klethuk ini khas Blora, aslinya, tapi pakai kucai, dan aku gak punya. ๐Ÿคฃ Jadi pake loncang wae...๐Ÿ˜ƒ Terus lupa naruh telur rebus juga pas motret, padahal udah siapin telur rebus, pas mau makan baru ingat. ๐Ÿ˜…

Ciri khas Soto Klethuk ini pakai gethuk singkong goreng yang dipotong kecil-kecil, tapi aku versi praktis pakai singkong goreng aja sama enaknya. Gorengan singkong ini yang kalau di makan bunyi klethuk-klethuk, alias renyah, enak dech, sensasi rasanya beda dan unik. Yodha aja sukaaa ๐Ÿ’•

Soto Klethuk Blora

Bahan :
  • 1 ekor ayam, rebus api kecil hingga keluar kaldu bening, sisihkan 1200 ml air kaldunya. Angkat ayam, sisakan 2 potong untuk suwiran
  • 2 butir telur, rebus, belah dua 
  • 50 gram soun, seduh air panas hingga mekar
  • 1/8 sendok teh pala bubuk, 1 cm jahe, memarkan, 2 daun salam, 2 sereh, 2 daun jeruk
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 6 butir bawang merah, 3 bawang putih, haluskan
  • 2 cm kunyit, memarkan
  • 2 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan kucai iris / daun bawang
  • 150 gram singkong, kukus 10 menit, potong kecil
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus dan kunyit hingg amatang dan harum
  • Masukkan air kaldu dan semua bumbu lain
  • Masak hingga meresap
  • Bumbuin singkong : 2 siung bawang putih, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh kaldu ayam, sedikit air, diamkan hingga meresap
  • Goreng hingga kering
  • Sajikan Soto dengan pelengkap dan gorengan singkong
Selamat mencoba!
2

Thursday, August 20, 2020

Lodeh Tempe Semangit

Lodeh Tempe 


Malam,

Tiap hari masak menu enak untuk Yodha dan Papinya, tapi tetap seleraku yang begini saja udah nikmat makan...๐Ÿ˜…..

Memang ilat ndeso (lidah ndeso), ketemu tempe semangit udah seneng..๐Ÿคญ

Kali ini aku lagi pengen lodeh tempe yang agak kental kuahnya, jadi kupakai kemiri bumbunya, bumbu lain diiris saja biar rasanya tetap sedap ringan dan gak "mblenger" (eneg). Wis lah, pokoknya kalau masak aku itu lagi pengen apa ya masak saja, jadi malah banyak versi-nya, lodeh aja beragam resep yang bisa aku buat. ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Bahan :
  • 1 papan kecil tempe semangit, potong2 ( 200 gram )
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1000 santan
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Garam, secukupnya.
  • 1 sdk makan rebon
  • 1 terong , iris2
  • 50 gram kulit melinjo
  • 50 gram toge dele..biar tambah sedep
Bumbu:
  • 6 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
  • 8 cabe merah
  • 5 cabai rawit, iris
  • 2 kemiri, ulek
Cara Membuat:
  • Tumis duo bawang hingga harum
  • Masukkan kemiri dan cabe
  • Tumis hingga layu
  • Masukkan santan...dan bumbu2
  • Didihkan
  • Masukkan tempe , kulit melinjo
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Masukkan terong
  • Cek rasa
  • Masak api kecil ya..agar kuah tidak cepat habis dan meresap bumbunya.
Selamat mencoba.
2

Wednesday, August 19, 2020

Ayam Goreng Kalasan

Ayam Goreng Kalasan


Sore,

Menu makan malam hari ini gaes ... Ayam Goreng Kalasan versi gurih manis...๐Ÿ’•


Kalau makan di resto Ayam Kalasan terkenal di Semarang sini, ada dua versi ayam goreng, ada yang gurih, dan ada yang gurih manis. Nah kali ini aku buat yang versi gurih manis, enak banget gurih dan semburat rasa manis yang halus. Pastinya banyak yang akan suka. ๐Ÿ’•

Bahan :
  • 1 ekor ayam pejantan / atau pakai kampung ya lebih enak, potong jadi 4 bagian
  • 2 daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdk mkn air asam Jawa
  • 800 ml air kelapa
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • 1 sdk teh garam
  • 40 gram gula merah

Bumbu Halus :
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 4 kemiri sangrai

Cara Membuat :
  • Masukkan semua bahan ke panci
  • Masak api kecil hingga kuah habis..cek rasa di waktu tengah2 memasak ya
  • Dinginkan
  • Goreng hingga matang , api jangan terlalu besar agar tidak mudah gosong, karena ayam agak manis ya
  • Sajikan dengan sambal sesuai selera
Selamat mencoba !
7

Monday, August 17, 2020

Sop Sosis

 

Sop Sosis

Sore, 

Menu Yodha sore ini adalah Sup Sosis, hawanya sedang gak bersahabat ya teman-teman, jadi masak yang hangat-hangat dulu ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Mumpung masih momen 17 Agustus nich, Dirgahayu untuk Indonesia Raya tercinta ! 

Pas banget punya sosis merah putih ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Bahan :
  • 10 buah sosis kecil merah putih..belah jadi 6 tanpa putus
  • 50 gram pasta, bisa makaroni atau bentuk kerang, spiral dll
  • 2 wortel, potong dadu
  • 50 gram kacang polong atau ganti jagung, buncis..dll
  • 1200 ml air kaldu
  • 3 bawang putih, cincang
  • 1/2 bawang bombai, cincang kasar
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang hingga harum
  • Masukkan air kaldu ayam
  • Bumbuin garam 1 sdk teh, kaldu ayam / jamur 2 sdk teh, gula pasir 1 sdk teh ..( di koreksi aja di akhir )
  • Tambahkan merica bubuk 1/2 sdk teh, pala bubuk 1/4 sdk teh 
  • Masukkan pasta 
  • Setelah agak empuk masukkan sayuran
  • Terakhir masukkan sosis agar bentuk bunganya tetap cantik gak terlalu mekar
  • Cek rasa
  • Sajikan hangat
Selamat mencoba!
2

Pucung Gabus

Pucung Gabus

Malam, 


Salah satu kuliner unik dari Betawi, Pucung Gabus...๐Ÿ’•

Menu ini bahan utamanya Ikan Gabus, atau kalau di Jawa namanya Ikan Kutuk, kalau di tempat teman-teman apa namanya, mungkin beda lagi ya?

Bumbu utama pakai kluwak, jadi warna kuah coklat kehitaman, rasanya enak, unik seger, apalagi kalau nyeplus cabe rawit, mirip brongkos tapi tanpa santan...๐Ÿ’•

Pucung Gabus ini adalah resep peserta giveaway Mba Rani dari Betawi, tapi takaran bumbu aku sesuaikan ya, karena ikan yang aku masak agak kecil ukurannya..

Bahan :
  • 2 ekor ikan gabus, potong2..lumuri sedikit air jeruk nipis
  • 2 daun salam
  • 2 sereh
  • 2 daun jeruk
  • 2 daun salam
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 600 ml air
  • 10 cabai rawit
  • 1 daun bawang
  • 1 tomat
Bumbu halus :
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 3 kemiri sangrai
  • 1/2 sdk teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sdk teh terasi
  • 2 cabe merah
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • 4 kluwak
Cara membuat :
  • Goreng ikan gabus setengah kering ( opsional bisa langsung masuk kuah, tapi karena aroma ikan gabus cukup kuat, aku goreng dulu )
  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan air, bumbu2 lainnya, kecuali daun bawang dan tomat
  • Didihkan
  • Masukkan ikan
  • Masak hingga meresap
  • Cek rasa
  • Masukkan terakhir daun bawang dan tomat
Selamat mencoba!

3

Mangut Belut

Mangut Belut


Sore...

Ini bakalan menu makan malam nanti, Mangut Welut Asap (Belut) favorit suamiku, kalau Yodha minta menu sendiri gak mau Mangut Belut, mau masak kwetiau sendiri dia ๐Ÿคฃ

Gorengan sedikit itu di slide ketiga perkedel teri nasi basah lagi musim juga nich di Semarang Teri Basah...๐Ÿ’•

Perkedel Teri Nasi

Mangut Welutnya aku pakai bumbu ulek kasar aja, seperti di warung-warung yang jual mangut di Semarang sini. Sudah persis di Warung Bu Fat kan teman-teman? ๐Ÿคฃ

Mangut Belut


Mangut Belut

Bahan :
  • 500 gram welut asap, potong2
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 5 belimbing wuluh, potong2
  • 1000 ml santan sedang
  • 1 sendok makan gula merah
  • 2 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
Bumbu, diulek kasar :
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya )
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 1/4 sendok teh merica butiran 
Cara Membuat :
  • Cuci bersih belut, rebus di air mendidih plus jahe geprek sebentar agar tidak amis
  • Tumis bumbu hingga harum dan matang. Masukkan daun jeruk, serai dan santan
  • Didihkan. Masukkan belut asap dan semua bumbu lain
  • Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah menyusut.
  • Koreksi rasa
  • Sajikan hangat dengan nasi putih
Selamat mencoba!

Oh ya... mangkuk dan piring cakepnya aku pakai dari SANGO (IG) @sango_id,  dan ada kabar gembira nich teman-teman yang di luar kota, sekarang (IG) @sango_id udah bisa dibeli secara online, jadi yang biasanya penasaran kalau aku post liputan keramik Sango di showroom Semarang, sekarang sudah bisa borong via online lho ... Yuk langsung cek aja di IG-nya, atau via Tokopedia juga bisa, malah lagi ada diskon nich hingga 75% untuk event TokopediaXparentstory ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ฎKeren banget kan ?! Sekarang teman-teman bisa koleksi aneka produk Sango .. seperti aku dech.. ๐Ÿ’•
2

Jangan Asem Kangkung

Jangan Asem Kangkung

 

Pagi, 


Sudah sarapan belum teman-teman? Yuk mari sarapan di rumahku aja ya...๐Ÿคฃ

Jangan Asem Kangkung

Kalau Sayur Asem kan ala Sunda, ala Betawi ya biasanya, tapi kalau ini Jangan Asem Jowo, Sayurnya beningan tapi pakai asem jadi seger rasanya ... biasanya isinya apa aja ... sesuai stok sayuran yang ada saja, bisa labu siam, jagung, kacang panjang, daun glandir, bahkan kangkung juga enak, dll. Tapi yang khas itu ada toge dele, ini yang bikin sedep...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Ya udah, tak tinggal goreng ikan asin ya...๐Ÿคฃ

Bahan :
  • 1 ikat kecil kangkung,
  • 5 lonjor kacang panjang
  • 50 gram gram toge dele
  • 1 tomat
  • Boleh tambah atau ganti sayuran lain misal .. wortel, jagung...labu siam..dll
  • 1000 ml air
Bumbu :
  • 6 bawang merah, iris
  • 2 bawang putih, iris
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun salam
  • 1 sdk mkn air asam kentel
  • 2 sdk teh garam
  • 1 1/2 sdk mkn gula pasir
  • 1/2 sdk teh kaldu jamur (buat ganti penyedap, cocok untuk masak sayuran gini, gurih ringan dan seger)
Cara Membuat :
  • Didihkan air
  • Masukkan semua bumbu
  • Masukkan sayuran
  • Masak hingga meresap
Mudah kan? Selamat mencoba ! Jangan lupa lauknya pakai bakwan kriuk yaa... !


Bakwan Kriuk.
2

Friday, August 14, 2020

Bacem Tahu Tempe

Bacem Tahu Tempe

 Malam,


Resep ini buat teman-teman yang request resep Bacem Bumbu Iris kemaren ini ya ... 

Jadi ini cara membuat bacem ala ibuku dan tempatku di Yogya. Dulu sampai di luar kepala dari jaman kecil udah bisa bantu ibu bikin bacem, kadang belum di goreng aja udah enak dicemilin pas anak-anak๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Bacem bumbu iris ini hasil bacemannya jadi cantik bersih dan rasanya gurih ringan, enak, paling cocok untuk dijadikan cemilan, di makan anget-anget sambil nyeplus cabe rawit ijo ๐Ÿ˜‹ ๐Ÿคฃ atau untuk makan jadah, untuk campuran tahu guling kemaren juga sip.

Bahan :
  • 10 tahu
  • 10 tempe
  • Air kelapa 1000 ml
  • Plus tambah air hingga tahu dan tempe terendam ya
  • Gula merah yang warna gelap 100 - 150 gram, sesuai selera manisnya
  • 6 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
  • 1/2 sdk teh ketumbar bubuk
  • 3 cm lengkuas, geprek
  • 3 daun salam
  • 1 sdk teh kaldu sapi..ini opsional...tapi lebih enak jika pakai
  • Garam 1 sdk teh..atau secukupnya..nanti di cicipi saja pas masak ya...
Cara Membuat :
  • Masukkan semua bahan ke panci..kalau aku suka pakai panci yang agak dalam, jadi bisa terendam rata. 
  • Terus masak api kecil hingga kuah menyusut habis jika mau langsung goreng..jika mau di simpan dulu semalaman, sisakan kuah untuk merendam esok harinya dipanaskan kembali hingga kuah habis baru di goreng sebentar saja hingga kecoklatan
Note :

Sebenernya warna Bacemnya bisa lebih gelap lagi kalau di inapkan dulu semalaman di rendam kuahnya..tapi kemaren aku bikin ini langsung goreng..jadi belum coklat banget tahunya...kalau tempenya udah lumayan coklat ya ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Selamat mencoba!
2

Thursday, August 13, 2020

Tahu Guling

 

Tahu Guling

Siang,

Pengumuman #giveawaybundadidi2020 nanti malam ya teman-teman mau aku tambah lagi ada hadiah hiburan untuk 2 pemenang karena menunya unik-uni ๐Ÿ’• Jadi total hadiah utama 4, hadiah pan granit keren 6, plus hadiah hiburan ya..2 lagi ..๐Ÿ˜ƒ

Sekarang maksi dulu yukkk, nich hari ini aku bikin Tahu Guling kebetulan pas Minggu kemaren ke pasar Ungaran, dan biasa borong kupat kalau ke sana. Karena hanya di pasar Ungaran yang selalu ada yang jual ketupat setiap hari..๐Ÿ’•

Tahu Guling ini menu khas Yogya... biasanya kalau di rumahku pas Lebaran dalam rangka ngabisin Kupat dan udah mblenger menu Lebaran..๐Ÿ˜…

Tapi setiap hari pun banyak yang jual Tahu Guling gini...bedanya dengan Kupat Tahu Magelang..Tahu Guling biasanya pakai Tahu dan Tempe Bacem..terus kuahnya kuah kecap aja gak pakai campuran kacang tanah...bumbu utamanya yang wajib daun jeruk, jadi kuahnya terasa seger wangi daun jeruk

Rasanya seger pedes manis gurih kuahnya enakkk ๐Ÿ’•

Yodha suka Tahu Guling sejak ke rumah Budhenya di Yogya disuguhin ini karena Budhenya gak masak lain dan tak kode jangan di masakin lain .. biar makan seadanya.. akhirnya Yodha mau dan jadi malah suka sampai sekarang ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ..maklum kalau di Semarang dulu kalo aku masak gini, misal aku suruh makan dia suka ngeles penampakannya aneh katanya dan bisa masak sendiri yang lain.. sekarang dia malah sekarang suka request .. kupat tahu ala Budhe Yogya katanya ๐Ÿ˜…๐Ÿคญ

Untuk Tahu Guling gini...Tahu Tempe Bacemnya yang medok di inapkan dulu lebih enak..tapi jangan terlalu berbumbu..biar gak kontras dengan bumbu kuah Tahu Guling nya. Kalau aku pakai bumbu bacem iris aja tanpa kemiri..jadi rasanya gurih manis ringan...gak mblenger bacemannya..jadi pas di padu bumbu Tahu Guling ini.

Bahan :
  • 4 ketupat, iris
  • Kol iris halus mentah
  • Sledri iris
  • Bawang goreng
  • Taoge pendek, seduh
  • Tahu dan tempe bacem secukupnya
  • Krupuk

Bahan Kuah :
  • 1000 ml, gula merah 100 gram,
  • 2 bawang putih, haluskan
  • garam 1 sendok teh,
  • 4 daun jeruk, haluskan
  • 5-10 cabai rawit, lebih enak sedep yang rawit ijo
Cara Membuat:
  • Rebus hingga mendidih
  • Tambahkan kecap manis sesuai selera, cek rasa..hingga gurih manis pedes sedep rasanya
  • Sajikan kupat, dkk bersama kuah
Selamat mencoba!

1

Tuesday, August 11, 2020

Oseng Pindang Belimbing Wuluh

 

Oseng Pindang Belimbing Wuluh

Siang teman-teman, maksi dulu yuk ...

Karena Yodha minta ayam goreng lagi, terpaksa aku bikin menu ini aja (aku sedang mblenger ayam) ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

Punya pindang tongkol gede-gede banget, aku belah, buang durinya, terus dipotong-potong, terus digoreng, lalu dioseng pedes banget pakai belimbing wuluh, mumpung cabe rawit lagi murihhh bingitz๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ƒ

Enak banget teman-teman pedes gurih puedess ada semburat rasa asam dari belimbing wuluh, enakkkk , wis tak foto dari berbagai posisi ini...๐Ÿคญ

Oseng Pindang Belimbing Wuluh

Bahan :
  • 2 pindang tongkol besar (kalau kecil-kecil ya seberapa aja boleh ๐Ÿ˜ƒ), Pindang di belah, buang ingsang dan kepalanya, potong-potong. Karena Pindangnya ini agak besar..walau fresh tapi agak tawar rasanya..jadi tak rendam air garam plus bawang putih halus dulu baru tak goreng, karena aku suka rasa Pindang yang gurih agak asin. Tapi kalau tidak suka .. langsung goreng aja.
  • 100 gram cabe rawit (kalau mau lebih atau kurang ya boleh)
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih, iris semua bumbu
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 2 daun salam
  • 8 belimbing wuluh, potong-potong
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula
  • 2 sdk mkn kecap / sesuai selera
  • 250 ml air
Cara Membuat:
  • Tumis bumbu iris... masukkan lengkuas, salam..gula
  • Masukkan bumbu2
  • Masukkan ikan, belimbing wuluh, kecap...masak api kecil hingga meresap..kuah menyusut
  • Cek rasa
  • Sajikan segera
Selamat mencoba!
1

Monday, August 10, 2020

Sambal Tumpang Koyor

Sambel Tumpang Koyor

Resep Nasi Koyor Semarang ala Bunda Didi

Sore, sesuai janjiku tadi aku mau posting menu olahan koyor serta mengulas koyor dari bentuk mentahnya hingga proses memasaknya ya teman-teman... ๐Ÿ’•

Jadi di Semarang, selain aneka olahan babat yang terkenal masih ada juga menu Nasi Koyor .., yang tentunya tidak kalah legendaris.

Nah banyak yang menjual Nasi Koyor, ada yang goreng (kesukaan suamiku), ada yang berkuah kental seperti yang aku bukin ini. Kali ini aku masak versi yang berkuah ya teman-teman, simak tips dan resepnya di video link ini : https://www.youtube.com/watch?v=XOlCG2cLyFw ini ya.

Oh ya, banyak yang kesulitan cari koyor kan? Tenang, aku kasih tahu tempat belinya yang berkualitas bagus, bersih dan hygienis ya, yaitu di (IG) @sapi_eyangdjono seperti yang terlihat di video ini ya ... bener-bener fresh dan bersih.

Selain koyor, ada Tapak Walang juga ya, mirip seperti koyor dan bisa juga di masak seperti olahan ini, serta daging-daging lain seperti daging Haas Dalam untuk steak, dll. Cek langsung di IG @sapi_eyangdjono ya atau WA 081233872098 ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Oh ya takaran bumbu aku tulis di sini ya, tapi cara masak seperti di video di link di atas.๐Ÿ’•

Bahan :
  • 1 kg Koyor, presto 10 menit..dari panci presto mulai berdesis, setelah dingin, potong sesuai selera.
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 2 sereh
  • 2 daun jeruk
  • 40 gram gula
  • 800 ml santan sedang jangan kental
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • secukupnya garam
  • 2 sdk mkn kecap manis

Bumbu Halus :
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 6 Kemiri
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh jintan
Cara membuat seperti di video link : https://www.youtube.com/watch?v=XOlCG2cLyFw .

Selamat mencoba!


2

Sunday, August 9, 2020

Udang Masak Tauco

Udang Masak Tauco

 Ada yang lagi hobi menu Tauco nich ...๐Ÿคฃ


Pagi,

Yodha masih belum move on dari menu yang pakai tauco nich teman-teman ... segala Soto Tauco.. tumis sayur tauco suka ... nich udang juga di masak tauco sama dia..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‹

Udang Masak Tauco

Bahan :
  • 300 gram udang, kupas
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1 cabai hijau keriting
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sereh
  • 2 daun salam
  • 2 tomat ijo
  • 200 ml air
  • 3 sdk mkn tauco
  • 1 sdk teh gula
  • 2 sdk mkn kecap
Note :

Tauco sudah asin ya teman-teman ... jadi tidak perlu garam ya teman-teman jika ingin lebih gurih tambah sedikit kaldu jamur bisa.

Cara Masak lihat link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=jVc_Jl_ApSc

Selamat mencoba!

2

Friday, August 7, 2020

Lentog Kudus

Lentog Kudus


Malam,

Kangen kulineran aku, rindu makan menu warungan pinggir jalan, yang khas kayak gini makanya hari ini bikin ini nich teman-teman ... Lentog Kudus ... ๐Ÿคฃ Kasihan kan ?!

Kalau di Kudus kan berjejer-jejer tuch warung Lentog, sampai bingung mau pilih yang mana..๐Ÿ˜…

Aku pernah dapet yang agak manis kuahnya, pernah coba juga agak soft ringan gurih kuahnya, nah kalau bikin sendiri kan bisa di buat sesuai selera..๐Ÿ’•

Kalau teman-teman warga Kudus nich, Lentog yang Pak siapa ayo yang paling favorit ? Boleh direkomendasikan di komentar sini, siapa tahu entar kalau udah normal bisa ke sana lagi kulineran ๐Ÿ™๐Ÿ˜ƒ





Bahan Sayur Nangka :
  • Nangka muda 1/2 buah ukuran sedang, potong kecil2, rebus setengah matang
  • Santan 1500 ml
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk sapi 2 sendok teh
  • Gula merah 50 gram
  • Bumbu halus :
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 4 butir
  • Ketumbar 1 sendok teh
Cara Membuat :
  • Masukkan semua bahan dan bumbu di panci, lalu masak hingga mendidih, kecilkan api.
  • Masak hingga nangka muda empuk dan bumbu meresap..tapi nggak sampai kering (tapi masih berkuah), koreksi rasa.

Sayur Tahu

Bahan :
  • 5 buah tahu kulit, belah dua
  • Daun salam 2 lembar 
  • Lengkuas 2 cm
  • Daun jeruk 2 lembar, buang tulangnya
  • Serai 2 batang, geprek
  • Kaldu bubuk rasa ayam 2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera ..jika suka manis di tambah )
  • Santan 1000 ml
  • Minyak untuk menumis
Bumbu Halus :
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 3 butir
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Merica butiran 1/4 sendok teh
  • Jinten 1/8 sendok teh ( sedikit aja )
Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan santan dan bumbu-bumbu lain, masak hingga mendidih.
  • Masukkan tahu masak hingga bumbu meresap tapi masih masih berkuah. 
  • Cek rasa

Pelengkap:
  • Lontong
  • Telur pindang
  • Bawang goreng
  • Sambel merah
  • Lauk lain sesuai selera..misal sate telur puyuh, sate usus dll
Selamat mencoba!













2

Thursday, August 6, 2020

Gulai Sapi Seger

Gulai Sapi Seger

Pagi, 

Masih punya daging teman-teman?  Yuk masak gulai yang seger ala ndeso ... yang di makan pakai lalapan kol dan sambal kecap, enak lho, seger, cocok buat sarapan ๐Ÿ’•

Tapi karena pas sibuk ini aku lagi ngebut ini menyelesaikan tugas, coba resep-resep beberapa resep nominasi pemenang give-away, aku masak pakai bumbu siap pakai aja..kali ini aku masak pakai bumbu gulai (IG) @raosrempah, enak sedep tinggal cemplung-cemplung bahan, tambah kaldu sapi dan gula secukupnya..๐Ÿ’•..teman-teman yang mau coba bisa langsung ke ignya..banyak macam jenis bumbu lain siap pakai yang di siapkan secara rumahan, jadi fresh rasanya.

Nah teman-teman banyak yang tanya kalau aku masak daging kok gak dipresto? Tergantung pemakaian daging sich teman-teman, kalau jenis daging yang aku pakai ini lulur gak perlu dipresto..ini sangat mudah empuk, masak aja api kecil, sedep rasanya untuk menu-menu berkuah.

Penampakan Daging Lulur seperti di video ini ya, nanti kapan-kapan aku upload daging bagian kisi, yang sangat mudah empuk juga., cocok juga untuk masak gulai, soto, rawon, dll yang berkuah.

Selain itu ada bagian daging kisi..atau Tetelan..itu juga sangat mudah empuk..dan justru rasanya itu lebih gurih tanpa di presto..masih ada rasa manis dan tekture khas daging.. keluargaku di rumah suka jenis daging begini kalau untuk menu berkuah..lebih sedep.

Tapi jika teman-teman pakai daging bagian lain..bisa di presto dulu ya.


Selamat mencoba!
2

Wednesday, August 5, 2020

Singkong Goreng Sambel Kosek

Singkong Goreng Sambel Kosek

Siang,

Cemilan Yodha tadi pas sekolah online aku gorengkan singkong gurih aja, ditabur keju tapi kalau buat Yodha sementara untuk aku dicocol sambel kosek ... enakkkk banget teman-teman.๐Ÿ’•๐Ÿ˜ƒ

Ini versi singkong goreng yang cara bikinnya aku rebus dulu sama bumbu. Aku sich suka aja bereksperimen di dapur pas masak, jadi satu menu bisa ada berbagai varian resep yang aku share...๐Ÿ˜ƒ

Nah kadang kalau buat singkong goreng gini ... aku kukus dulu baru direndam bumbu. Kadang aku rebus dulu gini sama bumbu ... soalnya aku pengen ada rasa manis gurih singkongnya pakis gula pasir juga versi kali ini..enak banget. Tapi gak semanis kalau beli sich..kalau beli singkong frozen itu kadang terlalu manis..jadi hilang rasa asli singkong. Kalau ini pas ..ada gurih ada manis dikit enakk ๐Ÿ’•๐Ÿคฃ

Singkong ini bisa jadi menu Frozen ya...tahan lama..simpan di wadah tertutup..jika mau di goreng..diamkan dulu suhu ruang. Yuk mumpung sekarang lagi bulan2 singkong bagus..bisa bikin yang banyak teman2 kalau freezernya muat banyak.. lumayan bisa buat stok cemilan atau suguhan kalau ada tamu..tinggal di gorengin singkong dech ๐Ÿคฃ

Sambal Kosek

Bahan :
  • 5 cabai rawit merah, 5 cabe rawit hijau, mentah ( atau sesuai selera pedasnya )
  • 4 bawang merah, goreng hingga layu saja
  • 1 bawang putih, goreng hingga layu
  • 1/4 sdk teh kaldu jamur / garam
  • 1/2 sdk teh gula merah
Cara Membuat :
  • Ulek kasar semua bahan.
  • Sram minyak panas.
  • Aduk rata: 
Selamat mencoba!

Video resep bisa dilihat di : https://www.youtube.com/watch?v=Kb9_WnNY8J0



Baca : 

2

Tuesday, August 4, 2020

Serba Sayur Sawi Asin

Serba Sayur Sawi Asin

Sore teman-teman,

Menu makan malam kali ini serba Sayur Sawi Asin, setelah beberapa hari menu daging terus menu kali ini jadi menu penetral yang enak dan segar..๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Aku punya banyak stok Sawi Asin organik dari (IG) @mommyorganic, jadi aku coba olah dengan cara berbeda, aku masak pertama kuah santan pedas, menu kedua sapi tahu udang sawi asin, ternyata enak dimasak apa aja Sawi Asin organik dari Mommyorganic ini ...๐Ÿ˜‹

Sawi asinnya bersih, gak terlalu asam atau ada rasa aneh-anehnya, seger aja rasanya. Selain diolah jadi sup, ditumis, dimakan langsung buat lalapan. Uji coba resep aku masak santan pedas gini enak banget juga teman-teman. Untuk Yodha aku buatin Sapo Tahu Udang Sawi Asin.

Pas rasanya, kebetulan Yodha juga suka Sawi Asin, pokoknya hari ini menu makan malamnya istimewa, segar serba Sawi Asin ๐Ÿ˜ƒ

Sawi Asin Masak Santan Pedas


Sawi Asin Masak Santan Pedas

Bahan :
  • 1 pack Sawi Asin dari @mommyorganic
  • 5 tahu goreng, iris2
  • 1000 ml santan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 daun salam
  • 1 sdk mkn ebi, rendam air panas
  • 8 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
  • 10 cabai rawit, iris ( sesuai selera pedasnya ya )
  • 3 cabai merah, iris
  • 1 sdk makan gula merah
  • 2 sdk teh kaldu jamur / lainnya
  • Secukupnya garam
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang hingga harum
  • Masukkan cabe
  • Tumis hingga layu
  • Masukkan santan, dan bumbu2
  • Didihkan
  • Masukkan sawi asin yang sudah di peras dan di potong
  • Masukkan tahu
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Cek rasa ..jika kurang garam atau gula tambah sesuai selera
  • Sajikan

Seger, pedes, gurih sedikit manis, terus sawi asinnya kasih rasa seger yang khas, unik dan enak rasanya.

Sapo Tahu Udang Sawi Asin

Kalau teman-teman kurang suka rasa asam sawi asin, bisa di blansir dulu di air mendidih terus tiriskan dan diperas. Kalau aku sich suka, karena rasa khasnya itu ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Selamat mencoba teman-teman!



Baca : 

2

Monday, August 3, 2020

Oseng Gembus Lombok Kethog

Oseng Gembus Lombok Kethog


Sore teman-teman, 

Setelah sekian banyak olahan daging tentunya teman-teman sudah "mblenger" daging kan ? ๐Ÿ˜ƒ
Kalau memang sudah, yuk masak yang beginian dulu yuk, dan besok lanjut menu daging lagi. ๐Ÿคฃ

Ini Oseng Lombok Kethog khas Kraton Yogya, harusnya sich pakai daging yang direbus dulu terus diiris tapi aku ganti gembus saja.๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‡๐Ÿคญ

Oseng Gembus Lombok Kethog

Bahan :
  • 300 gram gembus bacem, iris2
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 4 buah cabai merah besar, potong bulat
  • 4 buah cabai hijau besar, potong bulat
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
  • 1 sendok teh kaldu sapi bubuk atau garam sesuai selera
Cara Membuat :
  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabe, aduk hingga layu. 
  • Masukkan daun salam, dan lengkuas. Masukkan daging, air dan bumbu2 lain. Masak hingga meresap.
Note :
  • Karena aku pakai gembus bacem, maka air sedikit aja karena pakai gembus yang sudah matang, kalau dari gembus mentah air agak banyak agar gembusnya matang dan meresap bumbunya.
  • Jika dari gembus mentah..cabe masuk terakhir agar tetap cantik gak layu.
Selamat mencoba teman-teman!
2

Saturday, August 1, 2020

Tongseng Kambing Praktis

Tongseng Kambing Praktis

Siang, 

Selamat Hari Raya Idul Adha ya teman-teman ... 

Jika belum bosen olahan daging, aku kasih lagi menu inspirasi olahan daging ya ... Kali ini aku masak Tongseng Kambing ... versi praktis andalan aku, pakai bumbu gule Bamboe.

Aku suka bumbu Gule dari Bamboe ini karena otentik khas Jawa rasa bumbu Gulenya ... Jadi sangat pas jika di lanjutkan jadi menu Tongseng.

Note:
  • Masaknya api kecil ya, pas rebus daging ditutup pancinya agar empuk.
  • Tapi jika mau cepat empuk..ya di presto pas rebus daging nya.
  • Tapi di rumahku lagi pada suka yang direbus api kecil kalau masak daging kambing gini, biar masih ada sedep rasa manis khas daging kambing fresh...๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Resep bisa dilihat di video : https://www.youtube.com/watch?v=7D9YaGf1fsw

Selamat mencoba !



3

Soto Grombyang

Soto Grombyang


Pagi,

Soto Grombyang, bukan rawon yaaa .... 

Masih lanjut menu inspirasi olahan daging ya teman-teman, karena ternyata banyak yang request menu daging yang segar berkuah, OK baiklah aku share resep baru ini.

Resep Soto Grombyang khas Pemalang. Soto yaa ini, bukan rawon ๐Ÿ˜ƒ

Walau sama-sama pakai kluwak bumbunya, tapi rasanya beda sama rawon, dan gak sepekat rawon. Soto Grombyang ini segar ringan gurih dan sedikit manis.

Ciri khas Soto Grombyang ini bumbunya pakai Tauco dan Kelapa Parut Sangrai.

Aku nyoba Soto ini bukan di Pemalang sich, tapi malah justru di warung dekat rumah dearah kost mahasiswa Undip, kok ada warung Soto Grombyang ini dan yang jual orang asli Pemalang. Sotonya enak jadi bisa jadi acuan rasa waktu mencoba memasak sendiri di rumah. Dan ini udah seger enak rasanya.

Selamat mencoba ya teman-teman, oh ya nich video masak nuansa pink ya ... menyesuaikan sutil (spatula) yang aku pakai pink-pink lucukkk ๐Ÿคฃ๐Ÿ’•๐Ÿ˜

Sekarang ini beneran kita di manjain oleh peralatan dapur yang lucu-lucu dan cantik ya teman-teman .. jadi lebih semangat dech masak-masak di dapur.

Kayak Sutil Silicon aja, warna-warni sekarang. Nich aku punya yang warna pink dari (IG) @pariskitchenware, lucukkkk kan? ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ Gak pengen nich teman2??

Sutil Silicon gini wajib punya ya di dapur....karena sudah pasti kalau kita punya peralatan masak .. panci-panci granit atau yang anti lengket harus pakai Sutil jenis gini agar panci aman dan tidak tergores.

Yuk langsung cek di (IG) @pariskitchenware aja untuk dapatkan Sutil Silicon warna warni cantik ini yaaa ๐Ÿ’•


Selamat mencoba !

3

Daging Panggang Pedas Manis

Daging Panggang Pedas Manis


Siang,

Hari ini aku mau lanjut kasih inspirasi menu aneka olahan daging lagi ya teman-teman ... Jangan bosen lho ....๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Nah buat teman-teman yang suka olahan menu Timur Tengah, kali ini aku kasih rekomendasi bumbu untuk memasak daging panggang yang otentik, enak dan masih pas dengan lidah Indonesia.

Ini bumbu ungkep daging yang pas, walau sedikit pedas tapi soft, tidak pedas banget jadi anak-anak masih bisa makan.

Rasa gurihnya juga soft, sehingga gak "mblenger" rempahnya, masih cocok banget sama lidah Indonesiaku ๐Ÿ˜„

Cuma pas masak sedikit aku tambahin gula, dan kaldu sapi sehingga tambah lezat rasanya.

Bumbu Daging Panggang praktis ini bisa di pesan di (IG) @sahlaofficial, cocok banget di kombinasikan sama nasi kebuli praktis dari sini juga belinya.

Jika mau lengkap lagi, ada juga bumbu untuk sup daging kemudian ada varian bumbu daging yang original. Aku sudah coba semua, dan rasanya cocok di lidah keluargaku..๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Selamat mencoba teman-teman, untuk resep bisa dilihat di link video di bawah ini:



2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel