Wednesday, February 12, 2014

Cara Melelehkan Coklat Blok Dengan Benar



Coklat..valentine..mungkin jadi satu hal yang umum ya teman2..liat aja dech di mall2 atau di supermarket..kalau mau deket2 hari Valentine gini..pasti dech..semua stock coklat berbagai merk..dan harga..keluar dari gudang..dan di pamerkan..hihi..biar di beli pengunjung tentunya. Tapi..daripada beli olahan coklat kemasan mahal2..sebenernya lebih hemat kalau mau bikin coklat sendiri..misal praline..coklat truffle dll..lho teman2. Ah..sayang..valentinenya tinggal besok ya..jadi nggak bisa kasih resep kompletnya...jadi aku kasih tips aja dulu ya teman2..cara melelehkan coklat yang benar ya teman2..supaya hasil lelehannya bagus..semoga bermanfaat ya.^^

Kalau mau menghias kue dengan coklat leleh..atau mau bikin coklat praline..tentu saja hal pertama yang harus kita perhatikan adalah memakai coklat blok kualitas yang bagus dan enak. Nggak harus mahal sich..yang penting coklatnya mudah meleleh dan nggak terlalu manis sich kalau aku. Untungnya di TBK deket rumahku jual sich coklat blok..enak..mur mer dan bagus kalau di lelehkan. Tapi jangan tanya merknya sekarang ya..hihi..daku lupa terus mau tanya..merknya kayaknya khusus di jual ke TBK soalnya..nanti kalau beli lagi tak tanyain dech. Jadi TBK beli merk coklat blok ini dalam kemasan besar puluhan kilo gitu..kemudian di potong2 sendiri dan di re pack sendiri.

Jadi harganya jauh lebih murah dari coklat kemasan yang beredar di pasaran..250 gram cuma sekitar kurang dari 8 ribu sich kayaknya..aku nggak hafal banget juga sich..soalnya kalau beli ke TBK kan macam2..suka asal ambil aja dan bayar..tapi sepertinya memang segitu sich..karena aku suka beli kemasan yang 100 gram aja..kalau cuma butuh dikit coklatnya..sekitar 3 ribu an..jadi lebih murah kan teman2..bandingkan dengan merk yang sudah terkenal di supermarket kan bisa 12 sampai 13 ribu ya..per 250 gram...* Mak irit..mulai dech perhitungan ya teman2..hihi..*

Nah..setelah udah dapat coklat yang bagus..yukk lanjut tips cara melelehkan coklat yang benar ya..supaya tidak menggumpal dan menggerindil..atau bahkan gosong..hihi...:
  • Selalu potong coklat yang akan di lelehkan dalam potongan kecil2..jika mau lebih cepat lagi..serut dengan serutan keju. Jika masih dalam potongan besar2..coklat lama lelehnya dan kadang suka bergerindil.
  • Jangan melelehkan coklat langsung di atas panci..lalu di panaskan langsung di kompor ya teman..soalnya di jamin..bakalan gosong dech coklatnya..hihi.
  • Lelehkan coklat dengan cara di tim..pertama ambil panci kecil berisi air..jangan banyak2..lalu taruh di atasnya satu panci lagi..atau piring keramik..atau alumunium yang ukurannya pas menutup panci pertama..supaya tidak ada uap air yang mengenai coklatnya. Aku suka pakai piring alumunium / blek jadul yang cekung gitu...jadi pas..rapat menutup rapat panci kecilku. Dan lebih mudah lelehnya..karena piring alumunium kan penghantar panas yang baik. Jika tidak ada..pakai teflon atau panci lain juga boleh.
  • Panaskan api kecil dan biarkan air panas..tapi jangan sampai mendidih ya selama mengetim teman2..kalau mendidih dan bergolak..coklat bisa cepat menggumpal dan kadang2 uap air naik ke atas..bisa terkena coklatnya. Coklat yang terkena uap air..jadi nggak mulus nantinya..kayak berkeringat gitu lho.Jika coklat belum meleleh semua tapi air sudah mendidih..matikan saja apinya..lalu lanjut proses mengetimnya. Jika belum leleh juga..nyalakan lagi api dengan api kecil.
  • Kalau lagi nge tim coklat..jangan di sambi2 atau di tinggal2 ya teman2..hihi..harus sering di aduk..supaya meleleh merata dan tidak ada yang menggerindil.
  • Jika coklat leleh mau di gunakan sebagai toping atau hiasan kue..segera gunakan..jika tidak..coklat akan mengeras lagi di suhu ruang.
  • Kalau melelehkan coklat jangan tambahkan lemak apapun ya..misal margarin..mentega dll..karena walaupun hasil lelehannya bagus..tapi susah mengeras jika di  gunakan sebagai toping kue...kecuali kalau mau di buat adonan brownies atau cake..no problem di tim bareng lemak.
  • Melelehkan coklat putih..suhu air harus lebih rendah dari coklat biasa..jangan terlalu panas..karena coklat putih mengandung lebih banyak lemak di banding coklat biasa.
  • Jika mau menggunakan coklat hanya dalam jumlah kecil..misal cuma sebagai hiasan corat coret di kue kering..nggak perlu di tim..cukup masukkan potongan coklat kecil2 ke kantung plastik segitiga, lalu rendam di mangkuk yang berisi air panas. Lalu gunakan dech buat mengehias cookies..praktis dan nggak perlu repot2 nge tim. Begitu juga..kalau mau melelehkan coklat yang untuk campuran brownies atau cake..cukup pakai cara mudah..lelehkan bersama margarin atau mentega di mangkuk tahan panas..taruh di microwave atau oven..nyalakan..lalu ting..leleh dech setelah beberap menit.
  • Jika mau coklat lebih cepat mengeras..masukkan aja ke kulkas setelah di gunakan sebagai toping atau bikin praline.Tapi jangan kelamaan di simpan di kulkas ya..nanti coklat pralinenya bisa membatu..dan merontokkan gigi kalau di gigit..hihi.
  • Jangan simpan coklat batangan yang belum di lelehkan di kulkas ya..karena nanti akan rusak dan susah meleleh ketika di panaskan. 
  • Jika coklat yang sudah di olah..misal jadi coklat praline atau nougat dll..jadi lembek di suhu ruang..tenang..simpan saja sebentar di freezer..atau di kulkas..nanti akan segera membeku kembali.
  • Kalau mau pakai coklat warna warni..bisa pakai coklat putih yang di warnai..tapi pilih pewarna yang basenya oil atau minyak ya teman2..kalau pewarna biasa..nggak bisa nyatu dech. Contoh pewarna coklat adalah merk Wilton..tapi..mahil bener dech harganya..hihi..jadi..kalau mau pakai coklat warna..mending beli yang udah warna warni aja..banyak kok di pasaran..itu kayak punyaku..coklatnya warna unyu unyu..hihi.
Oke..segitu dulu ya tips2 ya teman2..ada yang mau nambahin..monggo silahkan ..^^


126 comments :

  1. mbak Diiiiiii sumpah yaaa ini tips yang bener2 aku tunggu bangettttt aq selalu kesulitan melelehkan coklat putiiihhhhh, kalo coklat biasa mudah, klo coklat putiihh asliii sering bikin aku nangis,hikshikshiks... makasih tipsnyaa luph luph ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh jangan nangis dong Bel..hihi...asalkan apinya kecil...bisa halus dan meleleh bagus kok..itu punyaku yang ungu juga mulus dan gampang lelehnya..semangat ya..skrg kalau mau lelehin coklat..pasti bisa..:)

      Delete
    2. huhuhuhuhu habisnya susah si mbak, pasti nggak mulus gtu, apa mungkin karna aku motonginnya besar besar ya?pokoknya makasih share resepnya ya mba ^-^

      Delete
    3. Iya Bel..sama2 ya..semoga nanti lebih bagus kalau coba lagi..:)

      Delete
    4. Mba diah saya kan lg buka usaha frozen choco gt mba, mau coba choco nya warna warni gt pas di dipped di stroberri itu harus pake apa ya mba coklat nya? Udah pernah pake choco yang warna warni di panasin malah kaya cair bgt ga bisa beku gt.

      Delete
    5. Mbak klo terlanjur bergidik gmn??? Bs d encerin lg apa gmn???

      Delete
  2. Bener banget lho mba Diah, ternyata kalau kita beli coklat blok itu lebih murmer banget, ketimbang beli coklat2 kemasan yang dijual2 dipasar,,, *bener2 perhitungannya kalau dah jadi mak2 gini xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull Mba Tina..selisih 4 ribu 5 ribu..lumayan banget kan ya..hihi..bukan pelit..tapi irit..hihi

      Delete
  3. Kalau aku ngetimya pake dandang/kukusan mbak...hampir sama sih caranya..taruh coklat yg sudah dipotong2 d mangkok tahan panas... Panaskan air dalam dandang/kukusan sampe mendidih...lalu kecilkan api dan tidak usah di tutup...lalu taruh deh mangkok isi coklat nya setelah uapnya mulai sedikit sambil di aduk2.... :D btw kalau coklat warna-warni gitu gampang jg gak ya mbak cairnya? Atau kyk coklat putih? Selama ini cuma pake yg dark choco aja... Thx... Fany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tipsnya ya Mba Fany,moga bermanfaat buat teman2 lain juga..:)
      Bisa Mba..aku sering nge tim coklat warna nggak masalah..asal api kecil dan air jangan bergolak mendidih ya..:)

      Delete
  4. Mba Diah, makasih bangettttt tipsnya, pas bgt pengen bikin hiasan kue pake coklat. Btw yg tips ke-5, plastik segitiga gpp ya Mba direndam air panas? thanks,

    Indah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Indah..sama2..nggak pa2 Mba..kan tebel palstiknya..:)

      Delete
    2. Mbak diah, klo bikin tulisan di lempengan coklat kaya mana ya mbak?

      Delete
  5. waktu itu say agak tau mbak kalau coklat gak boleh disimpan di kulkas. Pertama aku melelhkan berhasil lalu sisanya aku simpan di kulkas dan waktu mau melelehkan kok hasilnya jelek gak melelh gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lydia..jadi rusak dech coklatnya...klu masuk kulkas..:)

      Delete
  6. mbak diah, boleh tanya kah? merk coklat bar yg di pasaran yg enak itu apa ya? hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli di TBK udah re packing Mba..jadi kurang tau merknya..kpn2 tak tanyain dulu yach...:)

      Delete
  7. mbak diah, merk coklat blog yang enak dan bagus apa ya? saya kemarin beli merk colatta katanya bagus tapi kok habis di tim mbrungkel mbrungkel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku pakai dari TBK tempatku udah re pack Mba Alifum..tanpa merk..nanti tak tanyakan dulu ya..jika aku beli lagi merknya apa..biasanya mereka beli kemasan besar puluhan kg gt sich terus di re pack sdr oleh TBK nya..:)

      Delete
  8. Mbak, mau nanya donk, sebaiknya coklat leleh ditambahkan apa ya supya ga terlalu manis, krn keluargaku ga terlalu suka manis, sedangkan coklat leleh colata yg warna pink itu manis banget..thx ya mbak... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha,...mau di buat apa dulu Mba..misal mau di buat truflle..tinggal tambahin kacang2an..remah biskuit yang ndak manis..corn flakes..rice crsipy dll..:)
      Kalau mau di buat cream..bisa di campur dengan butter cream tanpa gula..dll

      Delete
  9. mba mau tanya, bikin coklat jd encer itu ditambahin apa ya? soalnya mau dibikin bentuk2 gitu. tp coklatnya terllu padat pas dilelehin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau bikin praline kah Mba ?..Kalau yang di bentuk2 justru jgn di tambahin apa2 mba..di lelehkan saja..mungkin belum meleleh banget tcuh..kalau di tim harusnya bisa leleh bagus lho. Kalau di campur2 malah ndak bisa mengeras nanti.

      Delete
  10. novie haryanti subektiJune 9, 2014 at 4:16 PM

    mba kira-kira coklat ku masih bisa meleleh gak ya? soalnya kemaren aq gagal melelehkan coklat nya dahg gitu trus aq jemur di matahari dengan maksud biar cair ternyata gaak cair juga...akhirnya masuk kulkas terus aq jemur lagi alhasil gak ngaruh sama sekali....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coklat blok jangan di simpan di kulkas Mba..bakalan ndak bisa di cairkan itu..ngumpal2 dan rusak lemaknya..:)..Di tim saja..sperti cara yang aku jelaskan di atas ya..:)

      Delete
  11. Mba kalo cara menyimpan coklat leleh supaya tetap leleh gimana ya mba? Coklatnya mau dipake untuk dipping sauce gitu mba.. Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di suhu ruang ya..akan mengeras lagi..kalau mau lama meleleh..ada alatnya ya..yang ada colokan listriknya itu..ada yang model coklat fountain juga kayaknya. Kalau ndak punya alatnya..ya..cepet2 aja makannya..hihi..biar ndak mengeras lagi..

      Delete
    2. apa nama alatnya mbak? haruskah seperti coklat fountain?

      Delete
  12. Mba diah,,,,saya lagi pengen coba yang coklat dbentuk" nihh hehehee,,kebetulan banget ada tips ini,,tapi pengen warna merah,,pewarna coklat yang bagus tapi murah apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pewarna coklat musti yang berbahan dasar oil mba..agar coklatnya nggak menggumpal..biasa merk2 mahal sich adanya. Tapi jika kepepet..di coba saja pakai pewarna makanan biasa yang di aduk dengan sedikit minyak goreng.

      Delete
    2. Ooh,gapapa kah pake minya goreng?
      Nanti deh saya coba,,makasih ya mba,postingannya sangat membantu :)

      Delete
    3. Iya Mba..kalau pakai pewarna yang berbahan dasar air..anti malah menggumpal..:)

      Delete
  13. Mb Diah ni weni, biar coklatnya tetep lembut ndak keras ngetimnya apa dicampur margarin/mentega? Maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalu buat donat ndak usah pake mba..Kalau buat cake baru di campur margarin atau mentega..:)

      Delete
  14. Mba klo aq bikin coklat koq jd keras ya n keras bgt di gigit tlong infonya ya mba ..makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di taruh kulkas kah Mba coklatnya ?..Kalau di suhu ruang harusnya ndak keras..:)

      Delete
  15. Mba diah makasih infonya yaa.. :)
    Tp kalo utk kurma coklat enak nya pake merk coklat apa yaa ? Terus ada campuran lain utk coklatnya ga ? Kebetulan baru belajar nih, maklum yaa.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai kemasan yang di pack ulang sama TBK nya mba..jd ndak nanya merknya..hihi..besok tak tanya dulu ya..:)

      Delete
  16. Mbak klo mau buat coklat praline gimana ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tggl di cetakan mba..di cetakan kecil2..:)

      Delete
  17. Mbak makasih y atas info nya
    Oh ya mbak...
    Klo coklat praline di isi marsmallow bisa ngak mbak ??

    ReplyDelete
  18. Klo spy coklat g bsa mengeras lg d tmbhin ap mbak, soalx bwt hiasan cake klo keras sush dptong >.<

    ReplyDelete
  19. Kak gimana ya? Aku dari tadi manasin coklat. Eh malah gumpal dan gak mau leleh. Sampai sekarang masih ku panasin. Itu coklat masih bisa meleleh gak kak? Aku malas nih kalo nungguin lama. Coklat putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kayak di atas nggak ya step by stepnya Dik ?..Apinya kecil aja pas nge tim kalau coklat putih ya..^^

      Delete
  20. Haii mbak diah.. Mau nanya dongg resep coklat cornflake yg enak tuh gmn? Trs kalo cokelat masak dicampur toblerone kira2 bs gak buat bikin coklat cornflake itu? Soalnya pengen bikin coklat cornflake itu apalg ga harus di oven. Mhn bantuannya yaa ..thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa..di campur. Tinggal lelehin coklatnya terus masukin cornflakenya. segera di tuang di cup kecil2 sebelum coklat mengeras lagi ya..:)

      Delete
  21. kalo mau bikin praline apa perlu ditambah gula?? trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu ..coklat nya kan udah manis..:)

      Delete
  22. mba.. biar cokelatnya kuat di suhu ruangan gimana yah caranya.. sy lg belajar usaha ni. bikin praline gt. tp diwarung pada meleleh. klu warungnya punya kulkas sih ga masalah mba. sy baca di atas ada yg smpe ga meleleh terkena sinar matahari. qo bisa yah..

    ReplyDelete
  23. Mbak diah Aq mau tnya donk,misalnya aq lelehkan coklat tpi ad lebih coklat cairny bgainna cara menyimpannya?dan bagaimana cara melelehkannya lgi spuya bsa d gunakan lgi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di simpan di plastik tebal aja mba..tutup rapat..nanti kalau mau pakai lagi tggl di rendam air panas ya..tapi jangan taruh kulkas..:)

      Delete
  24. Terkesan sekali dg sis Diah, dah berbagi ilmu msh sll siap menjawab smw pertanyaan satu per satu, blum pernah ada admin sbaik ini smoga Tuhan memberikan pahala yg banyak buat sis Diah...amien...��

    ReplyDelete
  25. Teh mau tanya caranya bikin choc cornflakea biar si cornflakes nya pas di makan ttp kriuk.. soalny sy pnh bkin tp hsilnya mlempem.. tp kl lama di campurin nya tkutnya coklat jd keras lagi teh..makasih teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah saja..kalau mlempem, masukin kulkas bentar nanti bs renyah lagi mba..:)

      Delete
  26. mba udah ktemu merk cklat yg d tbk tu mba,,soal ny kmren beli mahal2,,beli yg murah malah ga enak :(

    ReplyDelete
  27. Sayang baru baca pas barusan gagal melelehkan coklat, coba td baca dulu ..alhasil coklatnya gosong..lebih mudah melelehkan hati wanita hahaah

    ReplyDelete
  28. Mba, mau tanya dong, klo misal coklat putih sama dark/ milk coklat ditim bersamaan, bisa ga ya?? Saya mau bikin coklat cornflakes, tpi tdi disupermarket saya salah ambil coklat, maunya yg dark coklat, eh yg diambil ternyata white coklat. Sayang rasanya utk ngeluarin duit lagi buat beli coklat lagi, kebetulan dirumah ada sisa dark coklat, maksud saya sih klo bisa ditim bersamaan, mau ditim bersamaan aja tuh biar coklat putihnya jdi wrna coklat.. :D
    Bisa ga ya??

    ReplyDelete
  29. Salam kenal mba Diah, saya Ratna, mau tanya kalo untuk mengcover cake bisa ngga yah pake coklat warna yg di kelehkan ( misal coklat warna biru/putih) ?
    Kalo yg umum kan cover pake ganache (coklat campur wp atau susu), nah kalo pake coklat warna biru atau putih apa sama perlakuannya, hrs di tambah wp atau susu? Trimakasih banyak yah sebelumnya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahin boleh..biar bs kinclong lapisannya dan nggak keras banget :)

      Delete
  30. Mbak diah, klo utk dekorasi kue biar coklatnya menetes di pinggiran gitu coklatnya dicampur mntega ga?

    ReplyDelete
  31. Barusan aku beli coklat putih merk colatta, sewaktu di tim kok hasilnya ga bagus...kurang leleh dan mbrundel....hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di tim dgn api kecil , kayak car adi atas ya :)

      Delete
  32. Teh diah, aku ella (19) teteh aku mau nanya banyak soal coklat, boleh minta pinnya ngga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanya di sini bisa mba..biar temen lain jug abs baca..:)

      Delete
  33. mbak kalo mau dikasih perisa gitu gimana? misal mint/strawberry. bakal gampang kerasnya gak sih sblm masuk cetakan? terus gimana?
    terimakasih

    ReplyDelete
  34. Mbak didi klo coklatku sudah terlanjur masuk kulkas beberapa bulan yg lalu kira2 rusak ndk ya? Trus masih bisa dipakai atw percuma begitu saja?? Hiks hiks
    *efek baru baca2 tentang cara lelehin coklat n penyimpananny nich

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat coklat praline dll..udah nggak bs..buat bikin kue aja..misal brownies gt..atau kue kering msh bs :)

      Delete
  35. Selamat siang, Kak Diah.

    Kak Diah, mau tanya. waktu bikin coklat praline, biasa kan mau 1 cetakan warna warni sesuai dengan bentuk cetakan (kasus : minion / doraemon) bagaimana caranya supaya saya bisa ttp menjaga coklat untuk ga cepet keras waktu mengisi cetakan 1 per 1 karena bagian bewarnanya kecil-kecil.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. taruh di atas panci berisi air hangat terus , biar tetap leleh atau kerjakan dulu yg kecil2 baru di lelehkan coklat lainnya :)

      Delete
  36. Malam mb Diah. Salam kenal

    Mb, gmn ya cara menyimpan coklat praline.agar nggak mudah lembek. Udh kusimpen di kulkas tp setelah dikeluaran dari kulkas malah lebih cepat lembeknya. Aku lg mau nyoba usaha coklat praline tp masih kendala dipenyimpannya. Mohon sarannya ya mb.

    Teima.Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pralinenya pakai tambahan apa tuch.kalua coklat leleh aja..harusnya di simpan di kulkas jadi mengeras lho..:)

      Delete
  37. Mbak diah kenapa ya coklat yg saya lelehkan itu kok cepet sekali kerasnya...ceritanya bikin cornflakes lg enak gulung2 eh tau2nya itu coklat uda keras ...kenapa ya mbak? Nana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin jenis coklatnya ya mba..kalau aku hingga bbrp menit masih mudah di bentuk jk lelehin coklat mba..:)

      Delete
  38. mba kenapa ya coklat dicampur dengan susu kental manis malah menggumpal gumpal bukan malah mencair alhasil gabisa dituangkan kecetakan. nah mba agar coklat tsb tidak menggumpal gumpal sebaiknya saya kasih apa ya mba supaya bisa mencair lagi ? terus mba kalo mau coklat tsb tambah manis sebaiknya kita pakai apa ???

    ReplyDelete
  39. Mba Diah, saya rencana mau berkreatifitas dg anak TK menghias biscuit dg dcc dan di taburi confetti. Kebetulan di sekolah ada microwave. Yg ingin sy ketahui, apakah dcc perlu di tambah mentega agar tidak terlalu kental? Berapa perbandingan antara menyega dan dcc nya? Berapa lama di microwave dg kondisi re-heating? Makasih...

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Hi mba diah salam kenal. Aku ada bazar mau buat pisang beku yg dicelup coklat gitu ba. Nah ak mau tanya spy coklatnya terus meleleh gmn ya? Trs coklat blok yg enak apa yg mba beli di TBK? Anyway TBK kepanjangan apa ya? Hehe thanku ba infonya 😊

    ReplyDelete
  42. Mbak aku lagi ngetim coklat colatta.
    Sebelumnya kusimpan dikulkas, lebihan dr buat cake kemaren.
    Tpi waktu di tim kok g cair ya mbak,
    Tolong kasi solusi mbak gimana biar bisa cair.
    Ksian ponakan udah lama nunggu, g sabaran mo makannya.
    Tolong y mbak

    ReplyDelete
  43. Dear Mbak Diah, mohon saran nih....saya beberapa hari lalu buat Chocolate Thumbprint Cookies (rencana utk jualan cookies lebaran)....sdh saya packing di toples dan ditaruh di suhu ruang. Tapi setelah 4 hari saya buka, cookies nya kok tidak serenyah pertama kali, dan coklat nya juga tidak keras (agak2 lembik gitu). Akhirnya saya simpan dikulkas deh tu cookies, memang jd keras dan renyah lg. Cuma krn nantinya utk jualan bagaimana baiknya ya mbak...supaya di suhu ruang si cookies berhias cokelat ini tetep keras dan garing?.... Maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas bikin cookies nya terigunya sudah disangrai belum? Atau ada yg basah pas bikin adonan? Biasanya gitu kak

      Delete
  44. Mbak diah kalo mau beli coklat warna warni dimana ya mbak ? Mau dibikin untuk donat mbak. Terima kasih

    ReplyDelete
  45. mbak aku mau bikin praline pake coklat elmer, bisa mulus tp ga cair banget ya jdi teksturnya mirip coki-coki gitu jd pas dicetaknya agak susah. itu knp ya mbak? makasih

    ReplyDelete
  46. mbak aku mau bikin praline pake coklat elmer, bisa mulus tp ga cair banget ya jdi teksturnya mirip coki-coki gitu jd pas dicetaknya agak susah. itu knp ya mbak? makasih

    ReplyDelete
  47. mbak aku mau bikin praline pake coklat elmer, bisa mulus tp ga cair banget ya jdi teksturnya mirip coki-coki gitu jd pas dicetaknya agak susah. itu knp ya mbak? makasih

    ReplyDelete
  48. biar rasanya gurih, boleh ditambahkan susu apa ya mbak, kalo mau bikin coklat paline, soalnya pernah saya campur dengan susu skim, teksturnya
    teksturnya agak kasar biarpun rasanya sudah gurih...

    ReplyDelete
  49. Mba kira" klo pke panci listrik bs gk yah??

    ReplyDelete
  50. Lucy bundane GabrielOctober 3, 2015 at 11:02 AM

    Salam kenal mbah Diah.. sy mo coba bikin dekorasi cake dr coklat yg dibentuk spt pagar cake. Spy cpt jd setengah beku gtu, gmn caranya ya? Kyknya klo liat org luar bikin pagar coklat kok bs cepet bgt , br dicoret2 bs lgs diserok

    ReplyDelete
  51. Mba diah, saya kan bikin kue kering diisi dengan potongan coklat blok dengan maksud saat digigt keluar coklat leleh, tapi coklat malah keras banget dan agak2 gosong.. pdhl kue keringnya gak gosong.. apa memang krna dioven bersama kue ya oenyebabnya? Gima ya tips biar coklat yg dijadikan isian gak gosong/mebgeras saat di oven? Biar melty gitu mba..

    ReplyDelete
  52. Haloo mb Diah, salam kenal ya. Mbak, merknya sudah ada blm yak? Hehehe

    ReplyDelete
  53. Mbak Diah.. coklat yg itu ada label halalnya tidak yaa? Kalau mau beli coklat putih banyak utk usaha kue kering enaknya coklat yg mana ya mb? Terimakasih :)

    ReplyDelete
  54. Mbak, mau tanya klo coklat buat isian kue biar tetep melted meskipun di makannya pada jangka waktu lebih lama dari waktu matang nya gimana cara olahnya dan sarannya pakai coklat merk apa ?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  55. kalau bikin ganache dari coklat putih dicampur susu segar bisa ga ya? buat siraman kue tapi ga bisa membeku, atau dicampur madu sama minyak goreng, bisa apa gak? makasih

    ReplyDelete
  56. Cara melukis cokelat pakai pewarna gimana caranya ya, yang pas mba ? , kebetulan punya cetakan tapi full bodi, mau gak mau ngelukisnya harus pas cetakan sudah jadi keras & dikeluarkan baru dilukis ...

    ReplyDelete
  57. mba makasih tipsnya, pantesan yg saya buat uka menggumpal ternyata karena dimasak langsung diatas panci pake minyak hihi

    ReplyDelete
  58. Mbak, berarti aku salah dong, cokelat batangan aku masukkan ke dalam kulkas. Ngikikik dech, pantas saja, kerasnya minta diampunin

    ReplyDelete
  59. Mbak diah, aku mau nanya, cara buat pasta coklat untuk piscok lumer/meler/meleleh, gmn ya caranya, apakah sama kayak di tim, atau selei coklat aja... soalnya pernah nyoba pke selei coklat aja , coklat nya kurang meleleh setelah digoreng... minta bantuannya mbak... terima kasih... btw itu diatas ada kata2 TBK itu apa ya.. hehe

    ReplyDelete
  60. Hai mbak DD, belum lama ini karena saking panik keburu anak2 tk temen anakku nyampe rumah dan belum beres, asisten ku kuminta ngetim dcc eh ternyata langsung taruh di atas kompor plus ditambahin air, pas ngelihat rasanya agak ganjil seperti ada yang salah, tapi karena terlanjur yo wis lah nasib biar jadi pengalaman dia

    ReplyDelete
  61. mbaa mau tanya dong, gimana caranya ya agar coklat tidak berembun,,?

    ReplyDelete
  62. Hallo Mba dyah,Mba dyah kemaren sy baru aja bikin donat pake coklat warna warni. Temen2 sy juga bilang coklat nya Itu terlalu manis.Yang mau sy tanyakan adalah gimana si agar coklat itu tdk terlalu manis? Semoga mba dyah ada solusinya. Terimakasih mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. merk coklatnya yang mempengaruhi manis tidaknya mba :)

      Delete
  63. Waaah berguna nih tips nya...thanx ya :)

    ReplyDelete
  64. mbk diah mau tanyak ini..kmrn saya pengen toping donat pake coklat putih...tapi setelah coklat putihnya leleh kok gak bisa di tempelin ke donat ya...jadinya malah kayak margarin putih....saya salah coklat atau gimana ya mbk

    ReplyDelete
  65. Mba diah saya bingung nih, buat usaha donat pake topping coklat batang yg bisa tetap cair/ ga meleleh lagi pake apa ya?? saya pernah coba di tim trus di campur air malah jadi lengket kya permen lagi. Tolong bantu ya mba . Terimakasih

    ReplyDelete
  66. Mbak klo udh bergidil bisa d lelehin lagi apa enggak

    ReplyDelete
  67. mbak diah aku kan pengen coba coklat yang dibuat seperti mangkok yg di cetak sama balon tuh...
    nah misal aku buat coklat itu dari rumah lalu aku taruh freezer bentar kemudian aku bawa buat di jual di pinggir jalan namun masuk dalam mobil kira" meleleh gak ya mbak diah ?
    coklat merk apa juga yah yang bagus namun ekonomis :) ..
    mohon pencerahannya mbak diah :)

    ReplyDelete
  68. Mba diah saya kan lg buka usaha frozen choco gt mba, mau coba choco nya warna warni gt pas di dipped di stroberri itu harus pake apa ya mba coklat nya? Udah pernah pake choco yang warna warni di panasin malah kaya cair bgt ga bisa beku gt.

    ReplyDelete
  69. Mba diah klo coklat praline udh diolah.tpi rsanya ada yang kurang.bisa g y diolah lgi dperbaiki gitu rasanya.makasih

    ReplyDelete
  70. Salam kenal Mba Diah,,,infonya lengkap banget!!!

    ReplyDelete
  71. Mbak kalo coklat putih mau dwarnain saya tambahin pasta greentea misalnya atw pasta taro. Bisa ga ya. Terimkasih

    ReplyDelete
  72. Mbk diah tank's tips nya bermanfaat sekali, mau nanya merek cklat yg mbk diah pake apa yg murmer itu..

    ReplyDelete
  73. ilmu yg benar2 bermanfaat sekali mbak diah.. terimakasih sekali tips2 nya..

    ReplyDelete
  74. Mbak diah, aku mau beli coklat batangan di tbk dekat rmh mbk. Alamatnya dimana mbak? Makasih atas infonya

    ReplyDelete
  75. Mbak diah, aku mau beli coklat batangan di tbk dekat rmh mbk. Alamatnya dimana mbak? Makasih atas infonya

    ReplyDelete
  76. wow, caranya sangat bersih sekali ya, beda dengan cara saya, makasih infonya : )

    ReplyDelete
  77. waah tipsnya sangat bermanfaat sekali, kaku selama ini sering gagal kalo lelehin coklat putih :( oh ya mbak, mau nanya untuk coklat blok yang paling enak itu merk apa ya?

    ReplyDelete
  78. Mba Didi, merk coklatnya sudah ada belum? Mak Irit (2) pengen coba pake nih hehe. Thanks Mba...

    ReplyDelete