Friday, July 26, 2013

Tips Membuat Bubur Sumsum Yang enak dan Lembut



Bubur sum sum..bubur putih bersih..dari Jawa..sangat lembut dan enak rasanya. Gurihnya bubur dari tepung beras dan santan, di padu saus gula merah yang kental dan harum pandan..siapa yang bisa menolaknya ya..^^

Aku suka sekali bubur sum sum..dari kecil udah sering makan bubur ini. Kalau di Yogya..bubur sum sum di jual  di pasar2 tradisional..atau kadang di jajakan oleh mbah2 yang keliling bawa tenggok ( keranjang dari bambu ) gitu. Selain bubur sum sum..di jual juga bubur gempol..atau di Yogya di sebutnya jenang gempol... enak semua dech.

Membuat bubur sum sum itu mudah saja..tapi..kalau kita nggak hati2 bisa menggumpal buburnya atau bergerindil..atau terlalu padat ..nggak lembut. Nah..biar hasil bubur sum sum nya enak dan lembut..membelai lidah..ada beberapa tips  nich..semoga bermanfaat ya teman2..^^
  • Pakai santan agak kental yang segar untuk membuat bubur sum sum supaya hasilnya bisa enak, halus dan mengkilat, serta gurih bubur nya. Minimal perbandingannya..untuk 100 gram tepung beras..di pakai 650 ml santan dari 1/2 butir kelapa. atau jika terpaksa dari santan instan yang di encerkan juga bisa..cuma pilihlah santan isntan yang nggak neg..jadi nggak dominan aroma santan instannya. Rekomen ku sich Bumas..I love it..rasanya natural..kayak kelapa asli..^^
  • Aslinya..kalau di Yogya bubur sum sum pakai tepung beras fresh..yang baru di giling..karena kalau di Yogya..banyak tempat penggilingan tepung di pasar2. Cuma jika tidak ada yang pakai tepung beras kemasan tdak masalah..cuma pilih yang bagus ya...biar nggak bau apek tepung berasnya
  • Cairkan dahulu tepung beras dengan sebagian santan, jangan langsung di tuang tepungnya ya..di atas santan yang di didihkan..nanti bisa menggumpal dech buburnya kalau begitu.
  • Masak bubur sambil terus di aduk2 ya..sampai mengental dan meletup2, dan tetep masak sampai benar2 tanak ( masak dan nggak bau tepung )
  • Tambahkan daun pandan di bubur sum sum..makan bubur sum sum nya akan semakin harum.
  • Jangan lupakan garam ya teman2..jika buat bubur sum sum...untuk jajanan pasar manis sekalipun..garam walaupun cuma seujung jari..sangat penting.
  • Agar kuah kinco / gula merah lebih enak dan beraroma..tambahkan daun pandan, dan kayu manis..pasti dech kuahnya akan semakin enak dan beraroma..
Oke..di atas sedikit tips2 ya ..cara buat bubur sum sum biar oke....nah sekarang ini dia resepnya ya..silahkan di coba ya teman2..jika suka...pas dan enak sekali lho..buat menu pembuka puasa..^^
Bubur Sumsum Aroma Kayu Manis

Bahan:

100 g tepung beras yang bagus
½ sdt garam
650 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan, potong-potong

Saus:

200 g gula merah, sisir
200 ml air

3 cm kayu manis batangan,cuci bersih
1 lembar daun pandan, potong-potong
sedikit garam
Cara membuat:

Campur tepung beras, dengan sebagian santan dan garam. Aduk rata.
Masak sisa santan dan pandan hingga mendidih.
Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Masak terus dan aduk terus agak lama biar dgn api kecil agar tidak bau tepung mentah. Angkat. 
Saus: Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Masak terus dengan api kecil hingga kuah gula merah mengental dan kecoklatan. Angkat, saring.
Sajikan bubur dengan Sausnya.

29 comments :

  1. Mba diah, klo pake santan instan sebaiknya agak dicairin ato tetep kental gtu? Krn klo santan instan kan biasanya kental gt tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di cairin Mba Icha..dengan air secukupnya ..klu nggak nanti terlalu gurih santan..pakainya yang Bumas klu aku sukanya Mba..jadinya enak..nggak neg..:)

      Delete
  2. Aku udah coba mak. Masih agak gumpal, mungkin karena santannya kali ya. Anyway, makasih resep2nya ya mak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Ririn..sama2..ya..
      Di aduk2 terus Mak..jika terpaksa..dan udah nyerah..ngaduk,..masih ngumpal..bisa di haluskan juga pakai hand blender atau mixer Mak..habis itu di masak lagi bentar..jadi alus dech..hihi..*jurus terakhir kalau nggumpal..*

      Delete
  3. Hai mba didii... barusan nyobain resep ini. Tp kyanya aku kurang banyak ngasi gul gar nya... bsk coba lagi ahh... ohbya kalo pake bumas berapa ml mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Khurie..:)
      200 - 300 ml aja cukup, lalu di encerkan pakai air hangat.

      Delete
  4. Mba Diah... Salam kenal... Suka bgt sama blognya mba Diah, keren n informatif.
    Mbaa... Aku kalau bikin bubur sumsum warnanya kok agak kuning ya... Ga bisa putih bersih... Kira2 tipsnya apa ya mba... Thank youu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Api kecil mba..dan tepung berasnya yang berkualitas ya..:)
      Salam kenal juga..:)

      Delete
  5. Hi Mbak Diah,

    jaman aku kecil aku inget banget suka bikin ini sendiri, karena sudah distock gula merah cair sama ibuku. Seingetku dulu aku bikin langsung cemplung aja tepung beras dan santan instannya, Kalo Mbak Diah kan santannya dimasak sendiri dulu. Itu biar kenapa ya Mbak?

    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Hi Mbak Diah,

    ternyata aku skip udah dijelasin di atas ya, haha, maaf. Kalau dipikir2 memang pas kecil aku bikin, jadinya bergerinjil, dan aku malah suka yang begitu.. Daripada yang halus kayak di catering itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...sesuai selera ja ya bikinnya..hihi..ada juga yang suka halus..:)

      Delete
  7. Mba Diah , saya kurang paham kalau dimasukkan didalam santan mendidih nanti menggumpal seperti tulisan yg diatas berarti didihkan dulu sebagian santannya lalu tunggu hangat/dingin baru dimasukkan larutan tepung berasnya. mohon pencerahhannya . terimakasih Mbak Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung masuk ndak pa2 Mba..asal langsung di aduk2 secara terus menerus ya..:)

      Delete
  8. Mb Diah, tadi pagi saya sudah coba membuat bubur ini, hasilnya masih menggumpal...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang membuat bubur keliatannya mudah,tapi buat pemula harus telatan dan teliti ya mengaduknya..:)

      Delete
  9. Cihui sukses bikin buburnya, ga bergerindil dan gurih...makasih mba diah :D

    ReplyDelete
  10. Q fans barunya blog mb Diah, seru2 bngt isinya. Ini nih dikasi tunjuk ma mb Diah cara memasak dg jln lbh mudah & enak. Maaf yah mb, selama ini q pk hp mulu liatnya. Mau bikin nama g brhasil2, maklum gaptek..hehe...weni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba weni..sama2..selamat mencoba ya..iya..pake hape bisa ya ternyat aliat web..:)

      Delete
  11. Duuhh...
    Lagi hamil pengen ginian si bubur sumsum

    ReplyDelete
  12. Salam kenal mb Diah. Anakku seneng bgt sama yg namanya bubur sumsum. Kalo ♏αυ berangkat sekolah pasti minta beli bubur sumsum dulu ke pasar buat sarapan. Alhamdulillah dpt resep ini dr mb Diah. Besok ♏αυ nyoba buat ah. Makasih mb diah resep+tipsnya.

    ReplyDelete
  13. Tepung berasnya bagus merk apa Dan pakai santan Kara bolehkah? Tks

    ReplyDelete
  14. Halo, mbak...saya udah coba dan berhasil. Tapi sebelumnya saya kepikiran untuk menyangrai tepungnya lebih dahulu, dengan niat mematangkan tepung dan mengilangkan baunya. Hasilnya sih,waktu masak bisa lebih cepat dan gak ada bau tepung. Supaya lebih encer seperti foto di atas, santannya dibanyakin ya, mbak ? ( Maria )

    ReplyDelete
  15. Thanks utk resepnya ya mba, saya dah coba dan sukses (lembut tanpa ada grindil-grindilnya)

    ReplyDelete
  16. Waktu pertama kali bikin dulu hasilnya bergerindil, mungkin karena saya kurang cepat mengaduknya. Tadi siang bikin untuk yang kedua kali, cairan santannya saya pakai 700ml. Mengaduknya juga cepat-cepat dan nonstop. Hasilnya sukses. Lembut dan enak banget. Suami dan anak-anak semua bilang enak. Terima kasih resep dan tipsnya, mbak :)

    ReplyDelete
  17. Aku baru buat mba buburnya... Gurihhhh bangeet, tapi kayanya aku kurang garam, jadi kurang asin dikit.. So far enak, makasih mbaaa

    ReplyDelete
  18. Keren inii,mau nyoba aah ntar..hehee

    ReplyDelete