Google Ad

Tuesday, February 12, 2019

Oseng Kates Ndeso


Beberapa hari ini aku lagi bosen makanan enak..hihi. Nggak tau bosen aja ayam. daging, dll. Kemaren masak Cumi ya cuma masakin Yodha dan papinya.  aku lebih berselera sayur-sayur aja...sama tempe paling ya lauknya. Wah...langsing dong ? Ya tetep enggak sich..lha lauknya gini aja tetap lahap makan haha.

Nggak tau rasa seperti ini justru nggak pernah mbosenin. Oseng sederhana...yang dulu jaman kecil hampir setiap hari ketemu yang namanya oseng atau sayur lodeh Kates atau Pepaya Muda. Eh jaman sekarang kok malah susah ya cari Kates muda. Kalau pas nemu di pasar itu seneng banget rasanya.

Pepaya muda ini enak di olah jadi aneka masakan kok teman-teman, bisa di oseng, di lodeh, di sayur gurih, di brongkos, di bobor dll. Tak pernah bosan dulu makan sayur Kates ini. Dulu sich tinggal metik di pekarangan rumah banyak, nggak usah beli..sekarang ya harus beli itupun langka hihi.

Makanya kakakku kalau ke Semarang suka heran di sini kok apa-apa beli mahal katanya haha. Lha kalau masak gudeg di sini minimal harus beli nangka 20 ribu sendiri. Kalau di Yogya ya tinggal metik aja hihi. Ya begitulah, kadang jika udah dewasa nanti Yodha pengen dech pindah ke daerah yang masih bisa banyak nanam pohon, sayuran dll sendiri..biar kembali seperti ke masa kecilku dulu.
Dulu itu apa-apa nggak usah beli, dari sayuran hingga buah-buahan semua dari kebun sendiri. 

Oke dech aku share lagi resep Oseng kates ala Ndeso yang medok gini ya teman-teman...ini nggak pakai kecap ya, kalau ala ibuku masak Oseng Kates ini jarang pakai kecap..tapi jika suka ya boleh saja. Agar warnanya nyoklat gini pakai gula merah yang tua warnanya dan di masak hingga asat kuahnya, di gongseng terus sebentar di wajan makin sedep.

Bahan :
1 buah Pepaya ukuran sedang, kupas, cuci bersih cacah kecil2 panjang, remas dengan sedikit garam jika perlu, cuci kembali
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sdk makan gula merah
1 sdk teh kaldu jamur / ayam / sapi
secukupnya garam
1 sdk makan rebon, cuci bersih
50 gram daun so
50 gram tempe semangit jika ada, kemaren aku pas habis

Bumbu iris :
6 bawang merah
4 bawang putih
5 cabai merah
10 cabai rawit

Tumis bumbu iris hingga harum
Masukkan pepaya, air dan semua bumbu
Tutup wajan
Masak hingga kuah habis
Cek rasa
Gongseng lagi di wajan dengan api kecil hingga kecoklatan






0

Friday, February 8, 2019

Lontong Cap Gomeh, Februari 2019



Hallo..hallo..maafkan ya teman-teman, lama absen nggak post di sini huhu. Minggu kemaren aku ke Jakarta, terus pulang sibuk menyelesaikan kerjaan ini..itu, waktu kayak kurang banget, ya  pasrah dech . Baru sempat buka web lagi...huhu.

3

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel