Google Ad

Thursday, July 18, 2013

Inspirasi Menu Buka puasa Hari ke 10 ....*Cakar Ayam Masak Rica*.. ( Menado ) dan *Gurame Asam Manis*


Rica..Rica..pasti udah tau ya masakan Menado yang satu ini..kayaknya masakan Menado ini yang paling sering ku masak dech..soalnya yang lain belum terbiasa..next time dech ku coba masakan lain dari Menado . Masak Rica rica ini sebenernya mirip2 balado ya..cuma ada aroma sereh dan daun jeruknya yang cukup kuat kalau rica2..juga pakai nya gula pasir dikit..kalau balado..aku lebih suka pakai gula merah. 

Cuma..karena terbiasa lidah Jowo yang suka rada manis..jadi kadang kalau aku bikin rica2..gulanya ku tambahin sedikit..biar lebih pas aja di lidahku..hihi..nggak cuma berasa asin dan gurih..tapi  jadi lebih menonjol aja gurihnya. Jadi untuk di resep ini..aku tulis bumbu dasarnya rica2 aja ya..masalah garam dan gula..takarannya nggak ku tulis..sesuaikan selera teman2 sendiri aja ya. Oh ya..jika tidak suka cakar ayam..boleh kok di ganti ayamnya..atau di ganti bahan lain sesuai selera.  Kalau pakai cakar,  cakarnya di goreng dulu sampai berkulit, kemudian di rendam di air es..supaya empuk dan mengembang cakarnya..baru dech di masak rica2. Rasanya.enak...gurih pedas..dan yang paling seru adalah acara menggigiti ceker ayam yang tidak seberapa dagingnya ini..tapi enak dan gurih sich daging ceker itu..buat yang suka lho..kalau yang nggak suka  cakar ayam..lewati saja resep dan foto ini ya..pindah ke gurame asam manis aja ya..di bawahnya..hihi..

Selamat mencoba ya teman2..jika suka..ini dia resep cakar ayam rica rica..

Cakar Ayam Masak Rica

Bahan :
15 cakar ayam
Garam secukupnya
Air jeruk nipis secukupnya
5 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam, dan garam serta  gula pasir secukupnya

Bumbu ulek kasar :
10 buah cabai merah
3 buah cabai rawit ( sesuai selera )
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat :
Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis, goreng hingga berkulit, lalu rendam di air dingin hingga mekar dan empuk.   
Ulek kasar bumbu2, lalu tumis hingga harum, masukkan semua bumbu lain dan air, masukkan cakar ayam, dan masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah habis. Sajikan dengan nasi hangat..yummy.
Menu lain :
Jika tidak suka menu di atas..masih ada menu lain kok..ini dia..Gurame Saus Asam Manis, resep sausnya sama ya..dengan resep jamur tiram asam manis yang pernah ku posting di sini. Untuk guramenya..tinggal di potong2 aja. kecil2, terus di rendam sama garam dan bawang putih halus secukupnya. Lalu celupkan ke kocokan putih telur, lalu gulingkan ke tepung maizena, lalu goreng hingga kecoklatan. Sajikan dengan saus asam manis, jika suka pedas tambahkan saus sambal di sausnya juga.







No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel