Google Ad

Tuesday, October 31, 2017

Rice Festival Kongbap di Unika Semarang



Hari ini aku mengisi acara cooking demo di Rice Festival yang di adakan oleh Kongbap bekerja sama dengan Fakultas Technologi Pangan Unika Semarang dalam memperingati hari pangan sedunia. Acaranya seru, ada bagi-bagi Nasi Bakar gratis, nggak tanggung-tanggung..1500 Nasi Bakar yang di sediakan oleh Kongbap. Biasanya aku kerjasama dengan Kongbap memasak di rumah di dapurku, kali ini sedikit berbeda, aku memasak di event luar.

Oh ya teman-teman udah tau Kongbap, itu lho aneka biji-bjian yang kaya serat untuk campuran Nasi, Dulu sering aku posting ya ulasan mengenai Kongbap ini dan juga aneka variasi resep dari Nasi Kongbap, di Youtube aku juga ada.

Kongbap itu terdiri aneka macam biji-bijian yang bermanfaat dan kaya serat. Jadi dengan menambahkan satu sache Kongbap di Nasi yang kita masak, akan menambah asupan gizi dan serat ke dalam Nasi putih. Jadilah Nasi yang lebih sehat...dan kaya serat. Cara pemakaian Kongbap ini sangat praktis, cukup di masak bersama dnegan beras putih, seperti kita memasak Nasi biasa.


Menu yang aku masak di cooking demo tadi Nasi Bakar juga, sesuai dengan menu yang di bagikan secara gratis. Aku masak Nasi Bakar dengan dua varian isi, Nasi Bakar Ayam Suwir pedas bumbu ala Bali dan juga isi Orak Arik Peda.


Alhamdulillah tadi pada suka hasil masakanku..hihi. Baru di bungkus aja belum sempat di bakar sudah pada di serbu. malahan ada banyak mahasiswa dari luar yang belajar di Unika antusias sekali ikutan belajar membuat Nasi Bakar Kongbap nya. Seru dech..sampai akhirnya belum sempat di bakar udah habis Nasinya.

Ini sekilas keseruan acara tadi, ada banyak game seru juga. Semoga acara seperti ini sering di adakan oleh Kongbap nich, sangat bagus dan mendidik generasi muda untuk mengkonsumsi menu yang sehat. Tapi Nasi Bakar buatanku nggak sempat kefoto tadi, sudah habis langsung tadi..hihi. Besok dech aku buat lagi untuk di foto dan di post resepnya sekalian ya teman-teman.













0

Sunday, October 29, 2017

Bubur SumSum Kuah Durian


Kemaren masih punya stok Durian, aku olah jadi Bubur Sumsum kuah Kinca Durian...wah enak sekali ternyata. Aku yang bukan penggermar Durian aja suka. Yodha juga, biasanya dia kurang suka Bubur Sumsum, tapi karena pakai kuah Durian...dia jadi suka..habis semangkuk..hihi.
1

Friday, October 27, 2017

Kolak Ketan Durian / Wedang Duren



Lagi musim Duren nich ya teman-teman...di pasar banyak yang jual, dan harganya lumayan murah. Biasa satu butir 50 - 75 ribu, sekarang cuma 25 ribu. Langsung beli dech..dan kesampaian bikin ketan Duren...atau kalau di Semarang sini biasa beli di warung wedangan itu namanya Wedang Duren.
1

Thursday, October 26, 2017

Lele Kremes Bumbu Kuning


Menu Yodha hari ini lele Kremes. Yodha mulai suka aneka ikan..nah dari kemaren aku buatin Ikan Bakar terus, biar nggak bosan, aku variasikan dengan di goreng juga. Kemaren aku buat Gurame Pesmol, dia juga suka...hihi. Seneng dech jika anak suka makan Ikan ya teman-teman. Karena Ikan itu sangat sehat dan bernutrisi, apalagi untuk anak-anak...biar makin pintar.
0

Wednesday, October 25, 2017

Tips membuat Kue Ku / Kue Thok



Waktu ke Bandung dulu aku sempat belanja pernak pernik peralatan dapur dan salah satunya dapat cetakan Kue Ku kayu yang lucu. Jadilah aku sering bikin Kue Ku pakai Cetakan ini. Lebih seru aja sich..hihi.
2

Tuesday, October 24, 2017

Nasi Bogana



Indonesia tercinta kita ini kaya akan kekayaan kuliner ya teman-teman. Buktinya...nasi campur, banyak sekali ragamnya. Mulai dari Nasi Rames, Nasi Ponggol, Nasi Jinggo, Nasi Kucing, Nasi Tempong, Nasi Sudukan, dll..banyak dech yang sudah aku tulis resepnya di webku ini. 
0

Monday, October 23, 2017

Sate Usus, Ati Ampela, dan Telur Puyuh Campur Bumbu Kuning


Sarapan pagi ini, Bubur Ayam lengkap dengan aneka Sate. Satenya bikin dari tadi malam sich, jadi pagi-pagi tinggal di panaskan saja untuk lauk makan bubur Ayam. Sate jerohan, komplet dengan Telur Puyuh. Sate seperti ini di sini biasa di jual di warung Bubur Ayam kuah kuning. Itu Bubur ala mana  sebenernya, ala Jakarta atau mana, kurang tau juga ya hihi..yang jelas di Semarang sini banyak yang jual tiap pagi untuk menu sarapan..hahah. Di Sekitar tempat tinggalku aja ada kali 10 an warung bubur ayam gini di daerah Semarang atas. Semua udah aku coba satu-satu, rasa hampir sama, yang membedakan bumbunya aja... ada yang gurih, ada yang biasa.

1

Sunday, October 22, 2017

Pangsit Goreng Bola Rambutan Kuah


Selamat hari Minggu teman-teman..hari ini aku masak yang ringan saja untuk Yodha. pangsit kuah...cuma bentuknya saja yang di bolak balik..hihi..biar nggak bosan. Kali ini aku buat Pangsit kuah bentuk bola-bola rambutan. Yodha suka jenis Pangsit goreng yang langsung di goreng dadakan gini...seperti Tahu bulat ya..hihi.
0

Thursday, October 19, 2017

Tips Membuat Nasi Kuning Dengan Rice Cooker


Jaman sekarang itu serba di mudahkan dengan alat-alat ya teman-teman kita. Tak terkecuali untuk urusan dapur. banyak alat-alat dapur yang sangat membantu kita menghemat waktu dan tenaga menyiapkan aneka hidangan untuk keluarga...hihi. Apalagi jika waktu terbatas...jadinya sangat berguna dech peralatan dapur itu. Misal kita mau membuat Nasi kuning untuk sarapan, tinggal kita masak seperti masak Nasi biasa memakai Rice cooker, lalu kita bisa sambi bikin lauk, nanti mateng sendiri dech.
6

Wednesday, October 18, 2017

Sambal Terasi & Telur Puyuh


Maaf telat terus postingnya ya teman-teman, lagi kejar deadline kerjaan...hihi. Semoga sebelum akhir tahun sudah bisa kelar buku baruku. Duch..berasa kurang produktif tahun ini bikin buku, karena di sambi-sambi kerjaan rutin, jualan, mengisi acara undangan luar, walau spot-spot aja, tapi kadang menyita perhatian dan waktu, misal persiapan acara, dll.  Apalagi jika undangan acaranya keluar kota, sudah pasti lebih ribet lagi persiapannya..hihi. Seperti kemaren mengisi acara Sriboga ekpo di Yogya. Tapi ya nggak apa-apa..buat pengalaman dan nambah-nambah jam terbang..hahah...Pilot kali...?..Lol...! Sebentar lagi mau ada acara dengan Kongbap juga...akhir bulan ini...semoga lancar semua.
0

Tuesday, October 17, 2017

Burung Puyuh Goreng


Sekarang Yodha lagi suka Ayam-ayaman..dan unggas lainnya, seperti Bebek, Burung Puyuh, dll. Saking seringnya bikin menu ini, yang masak sampai mblenger...hahah. Dan sama sekali jarang minta olahan Daging sekarang. Ya..begitulah Yodha...kalau lagi suka sesuatu..minta itu terus sampai bosan...hihi.
0

Sunday, October 15, 2017

Udang Kupas Krispi


Udang Krispi...salah satu menu favorit pasti jika lagi makan di resto yang menunya seafood dll ya teman-teman. Tua, muda pasti suka. Cuma kadang-kadang anak-anak yang kurang suka kulit Udang yang agak keras kasar gitu ya.. suka males makan ya..contohnya Yodha...hihi. Dia kurang suka kulit Udang. jadi jika menu yang ada Udangnya kudu di kupas bersih, baru mau makan.

0

Saturday, October 14, 2017

Bebek Goreng Rempah Kremes


Nemu Bebek di pasar, seneng dech..karena biasa jarang-jarang yang jual ya mentahan nya. Jika matang di sini tuch..25 ribu per potong. Jika beli mentah satu ekor cuma 45 ribu, udah jadi 4 potong..hihi. Dan yang jelas jika masak itu lebih sesuai selera. Kadang kalau beli suka alot atau kurang sreg bumbunya. 
3

Friday, October 13, 2017

Keripik / Kue Bawang Tepung Kentang


Masih memanfaatkan Tepung kentang yang udah aku buka, 1 kg kan banyak banget nggak habis-habis stoknya..hihi. Jadi lagi suka berkreasi dengan Tepung kentang ini. Sekalian memberi ide baru ke teman-teman di rumah yang mau coba ya.
1

Thursday, October 12, 2017

Asem Asem Ceker



Menu hari ini, yang murah meriah dan seger aja ya teman-teman. Murah dan meriah, 10 ribu aja dapat banyak jika beli Ceker ya...hihi. Tapi kalau beli Ceker di pasar, aku lebih suka yang ukuran kecil. Jika gede-gede banget kok ya gimana gitu..hahah. Padahal aku suka ngrikiti Ceker, tapi yang ukuran kecil-kecil sukanya.
1

Wednesday, October 11, 2017

Pisang Goreng Keju


Yodha sekarang suka Pisang Goreng...hihi. Tapi bukan sembarang Pisang Goreng. Tapi Pisang goreng ala gerobakan yang lagi ngetop di sini, Pisang Goreng Banyumasan. Akhirnya daripada beli terus, aku coba-coba buat sendiri, dan Yodha suka hasilnya. Dia sering minta di buatkan Pisang Goreng seperti ini untuk bekal sekolah, dan jika aku bawakan agak banyak selalu habis, karena teman-temannya juga pada suka. Pisang Gorengnya memang beda sama Pisang goreng biasa. Pisang goreng ini di jual di gerobak khusus yang menarik, jualannya yang cuma Pisang Goreng aja, terus di kemas per box. Belinya juga musti satu box, isi beberapa potong, satu box 8 ribu di sini.
0

Tuesday, October 10, 2017

Mie Ayam Mangkuk Pangsit



Kemaren aku bikin Mie Ayam komplet. Waktu mau buat keripik pangsit, aku ingat dulu pernah beli cetakan mangkuk pangsit waktu ke Bandung dulu, dan belum pernah aku pakai...hihi. Dasar aku..suka koleksi peralatan, tapi suka lupa memakai nya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
2

Monday, October 9, 2017

Tips Mengisi Telur utuh ke dalam adonan Empek-Empek


Kemaren aku buat Pempek lagi...atau Empek-Empek..hihi..kalau di Jawa mah sebutannya gitu teman-teman..Empek-Empek ..gitu. Aku bikin yang isi Telur atau namanya Kapal Selam ya. Ini favorit Yodha dan papinya. Resep udah sering aku share, silahkan lihat di SINI
0

Sunday, October 8, 2017

SAMBAL MANGGA


Tadi malam belanja ke supermarket, lihat Mangga Harum Manis yang tua-tua, langsung kepengen beli. Masih keras sich, aku pikir sudah kemapo, sudah kuning dalamnya gitu. ternyata masih mengkal alias mentah..hihi. Waduch...salah beli aku. Walau bisa di tunggu hingga matang sich, tapi aku ada ide lain aja, aku buat Sambel. kebetulan beli Ikan Bawal juga seger-seger.
1

Friday, October 6, 2017

Luti Gendang


Beberapa waktu lalu aku lihat acara Wonderful Indonesia lagi mengulas kuliner kota Batam dan sekitarnya. Nah salah satunya lagi bahas Mie Tarempa khas Anambas, di salah satu resto Mie yang terkenal di sana. nah selain bahas Mie, ada salah satu jajanan di resto itu yang terkenal sekali, katanya hingga jadi oleh-oleh khas di sana, namanya unik...Luti Gendang..makanya aku jadi penasaran.
6

Wednesday, October 4, 2017

Tips Membuat variasi Roti Dengan Bread Maker


Lanjut bahas Bread maker ya teman-teman. Karena setelah aku posting kemaren Roti Tawar pakai Bread Maker, banyak teman-teman yang wa aku, dan menanyakan tentang Bread Maker ini. Aku nggak jual mesinnya sich..wong lumayan harganya..hahah. Punya harga dulu aku beli 1.8, tapi kata teman-teman sekarang kok udah 3 juta..hah..naiknya banyak banget ya..hihi. Nah sekarang aku cuma mau kasih informasi dan referensi aja..serta tips-tips pemakaian Bread Maker ini.
3

Leker Klasik Isi Pisang Dan Coklat



Siapa suka Leker klasik...jajanan jadul isi Pisang dan coklat meises...?..Aku...hihi...tanya sendiri, jawab sendiri. Aku memang lebih suka Leker isi Pisang raja yang ranum dan harum manis...wah itu enak sekali. Nuansa jadulnya itu yang bikin kangen. Aroma Pisang yang harum, berpadu dengan gurih kriuk Leker, hemm...enak sekali. Aku masih suka, jika di tambah sedikit coklat, tapi coklat meises aja, sedikit aja..hihi. Kalau kebanyakan ngalahin rasa Pisangnya juga kurang suka.

Pokoknya, Leker jadul itu yang paling enak..walau sebenernya bisa di buat kekinian, isi Ovomaltine, green tea, dll sich..apalagi jika buat anak-anak, pasti lebih menarik.  Nah, kali ini mau posting Kue leker yang isi Pisang aja, begini penampakan nya ya teman-teman. Nggak share resep dulu ya..soalnya ini pakai Tepung Leker jualanku..hihi. Yang mau coba, silahkan wa 089654712500, aku jual tepungnya aja ya, bukan Leker matengnya..hihi.

Tentu saja jika isi Pisang, nggak tahan lama bagian tengah yang terkena Pisangnya. karena Pisang kan basah. Jadi, segera sajikan ketika Leker sudah matang ya teman-teman, agar tetap kriuk. Kalau pinggirannya sich masih kriuk, tapi bagian dalam yang terkena Pisang tentu jadi berkurang kriuknya jika sudah dingin. Jika mau awet kriuk, isi aja dengan meises, keju, dll yang kering-kering isinya.

Ada teman yang nanya, apa matang Pisangnya jika di buat isian leker...?..Nggak masalah sich teman-teman, kan Pisang rajanya asal matang ranum itu nggak di masak juga enak, nah di buat isian Leker gini juga nggak perlu harus jadi matang banget pisangnya. Cukup agak di bejek pakai garpu aja di dalam kue lekernya, jadi aroma pisangnya akan keluar ketika di panggang. Harum dan legit. Yuk cobain teman-teman...:D Silahkan wa ya, jika mau coba tepungnya.


4

Tuesday, October 3, 2017

Roti Tawar Ubi Ungu Menul-Menul Cantik


Kemaren beli Ubi Ungu di pasar kok bagus banget warnanya..Ungunya maksimal. Aku buat Klepon aja bagus banget warnanya. Jadi kepikiran untuk memanfaatkan jadi Roti Tawar, pasti cantik warnanya. Dan beneran, hasilnya..ah..menyilaukan mata ya teman-teman..hihi lebay dech..saking genjreng warna ungunya. Ini beneran warna alami dari Ubinya, karena aku pakai Ubi lumayan banyak sekitar 200 gram setelah di kukus dan di haluskan ya. Selain warnanya cantik, rasanya juga menul-menul enak.
3

Monday, October 2, 2017

Wedang Ronde Gula Merah


Beberapa hari lalu cuaca kurang mendukung, jadi mudah masuk angin ya teman-teman. Untung menu tradisional kita punya banyak jenis minuman hangat yang enak dan bermanfaat buat badan..hihi. Salah satunya Wedang Ronde ini. Sebelumnya bikin Wedang Bajigur, kesukaan suami. Kalau Wedang ronde ini favorit aku. Sayangnya Yodha belum suka minuman tradisional gini..suka sich dia minuman hangat, tapi ya, Susu Coklat hangat, Milo hangat , dll hahah.

Kali ini aku bikin Wedang Ronde, tapi pakai Gula merah. Lagi mengurangi gula pasir untuk minuman. Kalau minum teh aku lebih suka gula aren atau tawar. tapi untuk kue-kue belum bisa sich..hihi. Lha Yodha kurang suka misal cake di ganti gula merah semua, atau roti gula merah juga belum pernah coba sich..hihi. Biarin dech, nggak perlu maksain banget nggak pakai gula pasir, hanya mengurangi saja. 

Wedang Ronde pakai gula merah ini rasanya tetap enak dan seger kok teman-teman. Gula Merah, cocok dengan Jahe. Di padu adonan bola-bola ketan yang empuk lembut, enak. Apalagi jika di tambah kacang sangrai yang gurih, beneran enak banget menurutku. Selain itu aku paling suka pakai Kolang kaling juga. Di sini ada juga warung ronde yang menambahkan  potongan agar-agar gudir tawar, terus ada juga yang pakai potongan roti tawar. Sesuai selera saja sich. Hanya saja, jika isinya beragam, pastikan kuahnya tetap mendidih waktu di sajikan, jadi ketika bercampur bahan-bahan lain di mangkuk, akan tetap hangat wedang rondenya.

Oke, langsung saja ya ini dia resepnya teman-teman...selamat mencoba jika suka ya....
Wedang Ronde Gula Merah

Bahan Kulit:
100 gram tepung ketan, 1 sendok makan tepung sagu, 1/4 sendok teh garam, 50 - 100 ml air hangat ( kurang lebih ya ), 1 tetes pewarna merah muda, 1 tetes pewarna hijau tua

Bahan Isi (aduk Rata):
50 gram kacang tanah kupas, disangrai, dihaluskan, 1-2 sendok makan gula pasir

Bahan Kuah:
800 ml air , 100 gram jahe, dibakar, dikupas, dimemarkan, 2 lembar daun pandan, 100 - 150  gram gula merah ( sesuai selera ), garam ½ sendok teh

Bahan Pelengkap:
25 gram kacang tanah kupas, disangrai, 100 gram kolang kaling, dipotong-potong
Cara Membuat:
Kulit: aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.( air bisa ditambah atau di kurangi..yang penting adonan sudah kalis atau bisa di bentuk )
Bagi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
Kuah: rebus air, jahe, dan daun pandan serta daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai beraroma.
Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai larut. Saring.
Sajikan hangat ronde bersama kuah dan bahan pelengkapnya. 

Tips : Sebaiknya membentuk bulatan..langsung di masukkan ke air yang sudah mendidih, supaya bentuknya bisa bulat rapi..jika di bulatkan dulu dan di taruh di wadah..suka peyok2 bentuknya rondenya


1

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel