Thursday, July 11, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari Ke 3 ( Soto Sokaraja )


Soto Sokaraja..adalah soto khas dari daerah Banyumas. Sudah pernah makan teman2 ?..Adik iparku yang Semarang kebetulan ada yang  dari Banyumas..jadi lumayan sering ke sana dan mencicipi sotonya. Di semarang dekat rumah juga ada yang jual..jadi..udah tau gambaran asli rasanya gimana..buat panduan kalau memasak sendiri soto ini di rumah. 

Cara membuat soto ini dan isiannya hampir sama dengan soto2 lain ..cuma yang menjadi ciri khas Soto Sokaraja ini adalah di sajikan dengan sambal kacang. Jadi kuah sotonya akan berubah jadi kental dengan di tambah sambal kacang ini. Rasanya..enak dan unik..aku suka semua jenis soto..jadi suka aja mencoba berbagai macam soto dari berbagai daerah di Indonesia. Semoga bisa menjadi inspirasi menu buka puasa nanti ya..jika suka menu berkuah segar gini. Sajikan dengan tempe mendoan..yang di goreng enggak sampai kering..khas Banyumas..juga..hemm..serasa buka puasa di Banyumas dech..hihi. Tapi nggak perlu jauh2 ke sana..cukup bikin di rumah sendiri aja ya teman2...

Resepnya..yukk..catet ya..jika mau coba teman2..:
Soto Sokaraja

Bahan :
1/2 ekor ayam
2000 ml air
2  batang serai
2 cm lengkuas, memarkan , 2 cm jahe, memarkan
1 / 2 sendok makan garam ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
1/2  sendok teh gula pasir

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran

Bahan Sambal Kacang:
150 gram kacang tanah kulit, di goreng
2 siung bawang putih, di rebus
4 butir bawang merah, di rebus
1  sendok teh garam
2 sendok teh gula merah
200 ml air panas
1 sendok teh air asam jawa.

Bahan Pelengkap :
1 bungkus kecil soun, seduh air panas
Kerupuk kanji merah
100 gram taoge pendek
2  batang daun bawang, iris  halus
1 batang sledri, iris halus

Cara Membuat :
Rebus ayam dengan api kecil, sampai keluar kaldunya.
Tumis bumbu halus , serai lengkuas dan jahe hingga harum dan matang, masukkan ke rebusan ayam.
Tambahkan bumbu2 lain, masak hingga bumbu meresap.Angkat ayam. Lalu goreng sebentar.
Sambal kacang, haluskan kacang dan semua bumbu, alu tuangi air panas. Aduk rata.
Sajikan soto bahan pelengkap dan  tempe mendoan jika suka.

Pelangkap soto Sokaraja ini biasanya tempe mendoan..resepnya..bisa di lihat di sini


Jika suka dan biar lebih komplet lauknya..aku tambahkan sate telur puyuh..yang biasa buat pelengkap soto2 seperti di warung2 soto. Cara buatnya sangat mudah, ambil sedikit kuah soto, lalu masukkan telur puyuh, tambahkan kecap manis, lalu masak hingga telur berubah warna jadi coklat. Tusuk2 dengan tusuk sate. Sajikan.


Nah..menunya udah komplet..minumannya..mau yang hangat aja..ada wedang gedang / setup pisang juga nich teman2..^^  resepnya di sini ya :




6 comments :

  1. Mbak, di bagian "bahan" gak ada nyebutin jahe tapi di "cara pembuatan" ada, hehe.. Itu jahenya cukup digeprek aja atau dihaluskan juga ya?
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya..maaf Mba ayu,..biasa..suka nggak teliti kalau ngetik resep..pakai jahe ..di geprek aja Mba..^^..mksh ya koreksinya..

      Delete
  2. Aih ini menu lebaran di rumah bapak, saya kan orang banyumas. tapi sy belum berhasil membuat soto banyumas/sokaraja yang nikmat seperti buatan bapakku. Gak bisa nanya takaran resep sama beliau karena nggak pernah dicatet dan pakai ilmu kira2 tapi hasilnya selalu enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..hebat sekali Bapak Mba Ety ya..^^ kalau aku pasti udah ke pantengi itu pas masaknya Mba..biar tahu komposisi bumbunya yang pas begitu...hihi...

      Delete
  3. pengen ngintip tempe mendoan itu ... kayaknya sip deh ;)

    ReplyDelete