Monday, July 8, 2013

Wingko Babat




Wingko Babat..adalah salah satu oleh2 yang terkenal dari Semarang. Padahal konon..ceritanya..wingko ini malah bukan asli dari Semarang..tapi dari Lamongan...tapi di Semarang malah menjadi salah satu oleh2 wajib..khas Semarang. Karena memang banyak sentra industri rumahan wingko..di Semarang ini..di deket rumahku aja..ada salah satu pengrajin wingko yang terkenal..^^

Tapi..membuat wingko itu mudah saja sich prosesnya..cuma untuk menemukan komposisi yang pas kayak kalau beli itu yang masih harus ku improve..^^..aku coba buat ya..biasa..asal campur2 aja..udah enak..cuma..kayaknya kebanyakan kelapa kemaren..hihi..tapi karena aku suka kelapa..ya ndak masalah..^^. Next tak  ngintip dulu dech proses pembuatan wingko kereta api di dekat rumah ahh..jadi beli dulu di sana sambil liat prosesnya..hihi...

Jadi ..karena belum oke banget..belum ku share ya resepnya teman2..jadi intinya cara pembuatan wingko itu begini. Bahan utamanya tepung ketan dan kelapa parut. Di tambah santan atau air, gula, garam dan vanili bubuk atau bahan perasa lain. Pertama..santan / air, gula dan garam kita panaskan hingga gula larut, lalu dinginkan. Setelah itu , campur tepung ketan dan kelapa serta vanili, lalu tuangi air gula, sambil di aduk dan di uleni ringan sampai rata. Lalu langsung di panggang di teflon bulat kecil2 & tipis..atau bisa juga di tuang dan di panggang di loyang. Nah..*peer* ku..tinggal menemukan perbandingan yang pas..antara tepung ketan, kelapa,dan jumlah cairannya..supaya bisa pas..dan seenak wingko2 yang di jual di Semarang..nanti aku update ya..jika sudah pas teman2..resepnya..tapi yang mau coba2 dulu di rumah..basic pembuatan wingko Semarang seperti itu..^^




10 comments :

  1. Mbak, aku tunggu lho resep nya yg pas. Aku pingin banget bikin wingko babat secara di Amerika tempat tinggal ku ga ada yg jual. Keep up the good work. I love your cooking blog, very informative!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Evelyne..nanti aku uji coba dulu lagi ya..klu udah pas..aku posting lagi dech resepnya..mksh Mba..udah mampir..:)

      Delete
    2. Mbak itu yg warnanya hijau pakai apa? Pewarna makanan kah?

      Delete
    3. Pakai pasta pandan Mba..jadi harum pandan juga..:)

      Delete
  2. salam kenal ya mb diah, saya adl salah satu penyuka resep2 yang mb diah share ,boleh reques nda resep asinan bogor :) thank before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Aini..sama2..boleh Mba..nati saya coba dulu yach..asinan Bogor nya..:)

      Delete
  3. Mbak diah, kepengen banget nih resep wingkonya, kapan2 kalau sempat diupload ya, mbak... Terimakasihhhh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..ntar tak buat dulu lagi yach..yang lebih oke..nantiku tag klu udah buat.:)

      Delete
    2. Asyyyiiikkk, terimakasih banyak ya, mbak Diah.. Semoga sukses terus ya :-)

      Delete