Thursday, July 25, 2013

Resep Kue Bawang Gurih dan Renyah..^^



Kue bawang..atau keripik bawang..adalah makanan favorit kalau lebaran..dari kecil..hihi. Dulu pas jaman kecil suka liat ibu bikin kue ini buat lebaran..rasanya yang gurih dan nggak mbosenin..jadi favorit semua dech di rumah. Sejak suka masak..aku sering bikin kue bawang ini..mulai bereksplorasi dengan bermacam resep. Dan..akhirnya tau..kue bawang yang enak..adalah yang memakai banyak bawang merah di adonannya. Jadi jangan heran ya..kalau aku pakai 100 gram bawang merah di resep ini. Rasanya ..enak sekali..gurih banget...bawang merahnya kan jadi kering dan jadi bercak2 kemerahan cantik di  kue bawangnya itu. Selain bawang merah yang banyak, juga pakai sledri yang banyak..hemmm..jadi harum dech kue bawangnya.

Kue bawang yang ku buat ini..udah pas..renyah tapi empuk..dan tetep berasa gigitannya..kriuk kriuk gitu. Jadi..suka dech..dan nggak berhenti makan kemaren..eh Yodha juga suka juga ternyata..tumben..biasanya ogah dia  kalau nggak pake keju..enak juga kan Kak...kue bawangnya..hihi..nggak tau dia kalau pakai bawang merah banyak2..biasanya kalau di nasi goreng nemu potongan bawang goreng aja...suka protes..aku nggak suka bawang mi..! katanya. Kemaren di campur di kue bawang ini..kok nggak protes..hihi.

Nah..buat yang suka kue bawang juga.yukk di coba..lumayan lho..bisa jadi cemilan murah meriah..buat pengisi toples lebaran. Kalau cheese stcik kan musti pakai keju..mahal kan..nah..kalau kue bawang nggak perlu. Rasanya..tak kalah enak kok dengan cheese stick..^^..Selamat mencoba..
Kue Bawang

Bahan :
200 gram tepung terigu protein sedang
20 gram tepung tapioka
30 gram margarin
1 bungkus kecil kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera
2 siung bawang putih, haluskan dan 100 gram bawang merah, haluskan kasar atau parut. ( jika tidak suka bawang banyak2 kurangi aja sesuai selera ya..^^ )
2 sendok makan sledri cincang ( sesuai selera )
1 butir telur, di kocok lepas
1/2 sendok teh baking powder
2 sendok makan air es ( atau santan juga boleh..jika mau lebih gurih )
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat :
Aduk semua bahan hingga bergumpal ( nggak perlu di uleni kuat2 ya..supaya tidak keras kue bawangnya )
Giling di gilingan mie di ketebalan no 8 atau 9. * Jika tidak ada gilingan mie..ya di tipiskan manual aja..pakai rolling pin atau botol.. tapi capek lho..suer..hihi..jadi lebih mudah pakai gilingan mie saja ya..*
Patong2 sesuai selera.
Goreng di minyak panas hingga kuning kecoklatan.
Simapn di toples jika sudah dingin ya..

58 comments :

  1. hihihi.. yodha sama kaya saya, klo nemu irisan bawang dimakanan lgsg di ke pinggir2in bawangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Padahal..emaknya ini doyan banget sama bawang merah lho Mak Nathalia...^^..aku apa2 harus pakai bawang merah goreng kalau makan..hihi..ternyata Yodha ikutan papinya..ndak suka bawang..^^

      Delete
  2. Sist itu hasilnya jd brapa kg ato brapa stoples ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...lupa ngitung mba Ina..hihi..lha..habis mateng langsung ku masukin toples yang ada di rumah aja...bukan toples plastik kue kering dan langsung di cemal2 cemil..mungkin kira2 ya 300 gram mba jadinya..^^

      Delete
  3. mba Diah..salam kenal..itu bawangnya ndak digoreng dulu ya..jd mentah kayak mbumbuin masakan gitu ya..tks sbelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Renny..salam kenal juga ya Mba..benar Mba..mentah aja..nanti pas di goreng.akan ikut kering Mba..bawangnya..dan aromanya semakin enak kue bawangnya..:)

      Delete
  4. Mbak diah salam kenal,aku paling suka sama resepnya mbak diah.oh iya mbak kalau nggak di kasih baking powder apa boleh? (ningsih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja Mba Ningsih...baking powder membantu lebih renyah aja..:)

      Delete
  5. Ok thank you so much sister,i like all u recipe.oh iya mbak kalau boleh aku mau minta resepnya kue bolu mini kering (ningsih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..nanti klu pas buat di posting dech..:)

      Delete
  6. Wah senangnya ketemu juga resep kue bawang. Ada yang minta resepnya tapi sampai hari ini belum kukasih karena belum dapat dan malah ga tau tuh yang namanya kue bawang kecuali makan sendiri dan yang pernah dimakan mirip itu dari tepung singkong. Agak keras, gurih dan pedas, dikasihnya bawang merah + cabai. Izin share ya mbak, resepnya :) (dewi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dewi..silahkan. Kalau yang dari tepung singkong itu slondok :)

      Delete
  7. mba diah aku semalem udh cobain resep nya enak, tp kurang tipis karan aku ngak pake alat pengiling mie mkss mba diah -LANI-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lani..iya Mba..memang akan lebih mudah bikin kue bawang jika pake gilingan mie..karena..bisa tipis adonannya..jadinya bisa ngembag pas di goreng...:)

      Delete
  8. Hai mba Diah.... berapa gr kaldu bubuk ayamnya? dan kenapa harus air es?
    (Ida)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 7 gram itu ya Mba..sebungkus masako..gt kayaknya..:)

      Delete
    2. Oh ya..air es. biar nggak meleleh banget mentaganya pas di uleni..jadi bisa renyah..:)

      Delete
    3. Thanks mba Diah......
      Adoeh penasaran, kayaknya enak banget tuh...... :-D
      Coba ah!!

      Delete
    4. Iya Mba..silahkan di coba ya..:)

      Delete
    5. Hai mba Diah, aku sudah coba. Kenapa aku bikin agak bantet ya untungnya tida keras tapi rasanya enak sekali!!! I like it!!!
      PS: boleh Kasih usul tidak? kalau mbak bikin resep apakah mungkin untuk mencantumkan waktu yang dihabiskan dari persiapan sampai selesai masak??
      Aku(masih pemula) bikin kue bawang ini memakan waktu 1,5 jam apakah itu normal?
      Terima Kasih sebelumnya atas reaksi dan jawaban...

      Delete
    6. Mungkin sama mba..di uleni ya Mba..harusnay di aduk saja sampai bergumpal..lalu di tipiskan di gilingan mie. Tergantung masing2 orang ya Mba..kerjanya cepat atau tidak..kalau masalah waktu buatnya..hihi..kalau aku sich nggak nyampe satu jam dech kayaknya :)

      Delete
  9. Thanks mba......aku mo coba lagi, pantang mundur deh!

    ReplyDelete
  10. Bikinan kedua was just perfect walaupun pake botol.....thanks mba Diah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipppp Mba..sama2..wah..kreatif Mba..pakai botol kaca itu ya..:)

      Delete
  11. Haha...ya botol kecap ;-)
    Besok aku mo coba risoles.
    Sekalian tanya kalo bikin batagor bisa gak pake ikan makreel yg di kaleng, yg segar mahal di sini(belanda) :-(
    Thanks mba Diah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..belum pernah Mba..kau pakai ikan makarel kaleng..hihi..lha di Indo kan ikannya seger2..di coba saja Mba..:)

      Delete
  12. salam kenal mak, suka dg blog masakan emak, membantu sekali, makasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Make Dwi..:)..sama2 Mak

      Delete
  13. Mba i..saya udh coba bikin keripiknya
    tapi pas ngrgilingnya qo pada bolong2 yiaaa..apa krna ketipisan..jadinya saya giling d no 5 aja..tapi tetep lengket y mba...minta tips n triknya y mba..saya kesulitan pas bagian menggilingnya.

    aida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Aida..mungkin ketipisan..atau langsung di no kecil ya Mba Aida..di mulai dulu dari ukuran besar berulang2..baru ke ukuran kecil mba..jadi bisa mulus. Terus di taburi tepung ya..pas menggilingnya..supaya nggak lengket..:)

      Delete
  14. hai mbak dd..

    mbok ya aku dipinjemi gilingannyaaa...
    pengen bikin kue bawang ini.
    tapi jiper pas mikir harus nggiling 2 ons tepung pake botol.
    hahaha...

    sek, tak ngumpulke niat dulu..
    :)

    salam,
    -ulya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini2 Mba Ulya...ambil gilingan mienya..:D
      Tak kasih tips biar ndak capek nggiling pake botol ya Mba..nggilingnya di depan tv..sambil nonton drama Korea..ambil dikit2 adonan aja..terus di giling..ntar selesai sdr pasti..hihi..jurus sesat ku dulu..klu buat sesuatu yang perlu nak nik lama..sambil ntn tv..tau2 udah jadi..:)

      Delete
  15. assalamu'alaikum.. slm kenal mbak,sy aira di jakarta.thx ya resep'y,kebetulan suamiku sukaaaa bgt sama kripik bawang(biasa beli :),skrg aku mau coba bikin sendiri,mdh2n sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass Mba Aira..salam kenal juga...:)
      Sipp ayok buat Mba..bisa lebih sesuai selera mbumbuinya..:)

      Delete
  16. Diah blh minta tip na gak ,bkin kue semprit biar gak ngembang en berubah bentuk,..terima kasi gr Dani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh..:)
      Dani pakai margarin atau mentega..kalau buat kue semprit..kalau mentega..di dinginkan dulu di kulkas ya..supaya tidak mencair ketika di kocok dengan gula..kalau pakai margarin..di kocok sebentar saja..sekitar 2 menit..kalau terlalu lama..bisa melebar memang kuenya..:)

      Delete
  17. siang mbak diah,,, aq abis bikin ni resep,,, nyobain penggiling mi baru hihihi,,,,, alhamdulillah sukses biarpun agak lama nggilingnya karena baru belajar,,, hihihi,,, mkasih resepnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ndak pa2 Mba Dewi..ntar lama2 terbiasa kok..yukk semangat berlatih pakai gilingan mie..buat bikin mie dll.

      Delete
  18. salam kenal mba.
    Sy mau tanya,knp pk tepung tapioka?
    Slma ini sy bkin g pk tepung tapioka.

    Eny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma buat campuran mba..supaya lebih renyah..:)

      Delete
  19. wah ini makanan fovorit saya diwaktu kecil loh mbak e...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kletikan khas kalau Lebaran ya Mas..biasanya...:)

      Delete
  20. Salam kenal Mbak Diah.... Maap yaa blog nya sering aQ buka2... Semua resep foto dll bagus2 bgttt...
    Nita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nita..iya..salam kenal juga ya...met coba resep2nya..:)

      Delete
  21. mba,,,masakonya rasa ayam atau sapi yaa?

    thx.dewi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai selera aja mba Dewi..bisa keduanya..:)

      Delete
  22. Mba Di,,aku kemaren bikin ini,trus aku tambain bubuk cabe gitu,biar ada pedesnya,, enak mba,kata orang rumah udh pas rasanya..
    Trus hari ini aku bawa ke kantor,woalaah mba laris,pada suka,katanya empuk+renyah.
    Suwun lho mba resepnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp asyik laris manis ya Mba..kue bawangnya..iya kalu mau pedes bisa tambahin bubuk cabe..wah jadi pgn juga aku buat yang pedes..hihi

      Delete
  23. Dear mba diah, makasih resepnya, akhirnya terjawab semua masalahnya.
    Dan betul itu mba, pakai bawang merah lebih enak ^^, hiks akhirnya ada juga orang yang sepaham. thanks mba diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..memang enak kok pk bawang merah..:)

      Delete
  24. mbk, tolong resep yg 1kg ya mbk ??

    ReplyDelete
  25. mbak ini bs tahan berapa lama kalau masuk toples

    ReplyDelete
  26. titiek widya ariniJune 8, 2015 at 9:17 PM

    Mba didi, aku barusan coba resep nya, tp minus baking powder n gilingan mie... Alhmdlh suksessss... Thanks yaa mba resepny, jdi semangat masak2 trus nih.. ^^

    ReplyDelete
  27. Mba diah aku uda nyoba 2x. Tp knapa adonan lembek sekali ya. Apa pengaruh air bawangnya ya mba. Krn kelembrkan lengket jd saya tmbahin tepung smpe kira ga lengket n set. Maklum mb biasanya saya bkin pake resep turun temurun tp adonanny ga lembek gini. Tp krn penasaran ama resep mb kd eksekusi skr pke resep mba. Mba tepung buat lapisin tiap kali giling teoung terigu spàa sagu ya? Makasiii

    ReplyDelete
  28. assalamualaikum mba diah. aq sdh coba resepnya hasilnya renyah..cuma bawang merahnya aq kurangi dan bawang merah.dan putihnya aq ulek dan aq tdk menggunakan kaldu bubuk utk menghindari msg. terimakasih (khanza almira)

    ReplyDelete
  29. Mbak salam kenal ya
    Aku suka Kue bawang, dulu mamah sering bikin, tapi pas aku udah dewasa gini mau tanya resepnya mamah udah keburu gak ada 3 tahun lalu, aku mau coba resep ini aja, ngomong-ngomong Cetakan Mi / sistik harganya berapa ya Mbak? :)

    ReplyDelete