Wednesday, July 10, 2013

Tips Membuat Bacem Tahu Yang enak




Bacem..adalah cara memasak khas Jawa..untuk memasak aneka bahan..seperti tahu , tempe..ayam dll. Buat orang Jawa..menu bacem adalah menu keseharian yang sering di buat. Sampai di warung2 makan pun..tempe dan tahu bacem banyak di jumpai . Karena tahu / tempe bacem ini memang cocok untuk menjadi lauk penamping aneka menu khas Jawa…seperti sayur lodeh, pecel, gudeg, sop, dll.

Membuat bacem..mudah saja..tapi..untuk menghasilkan bacem tempe tahu yang legit..dan berwarna kecoklatan ada triknya..biar seperti bacem2 yang kita beli di Yogya..terutama di daerah Kaliurang Yogya yang terkenal dengan makanan jadah tempe bacemnya. Bacemnya cantik2..dan menggugah selera..warnanya kecoklatan dan gempi ( padat ). Sayangnya ..kalau di Kaliurang..terutama yang terkenal..kayak Mbah Carik gitu..untukku terlampau manis bacemnya..^^. Biarpun orang Yogya asli..aku tetep suka  bacem yang manisnya wajar2 saja..dan tetep ada rasa gurih dari bumbu2 lainnya. Ada beberapa trik dan tips..supaya hasil baceman tempe tahu kita bisa cantik warnanya dan padat tidak mudah hancur, di antaranya adalah sebagai berikut..hasil aku berguru pada ibuku dulu..karena dari kecil..kalau cuma buat bacem gini..udah sering membantu..lha mudah saja kok..Cuma tinggal cemplang cemplung bumbu..terus di masak dengan api kecil..^^

Tips agar tahu dan tempe bacem bisa kecoklatan dan enak  :
  • Pilihlah tahu yang agak padat, karena saat ini banyak tahu di pasar2 cenderung lembekdan lembut sekali dan mudah hancur. Jika adanya tahu seperti itu..ya terpaksa harus di kukus dulu. Baru di bacem.
  • Jika menggunakan tempe..gunakan tempe bungkus daun satuan supaya hasilnya lebih cantik, tapi jika adanya tempe dalam bentuk papan, potonglah dalam potongan agak tebal, supaya tidak  mudah hancur.
  • Pada saat merebus bacem..gunakan api yang kecil, agak bumbu2 bisa meresap sempurna dan hasil bacem bisa padat ( gempi )
  • Pada saat merebus bacem, tutup panci..supaya aroma tidak menyebar keluar.
  • Selama proses memasak, sesekali baceman di balik..agar bagian atas juga bumbunya bisa meresap dengan merata.
  • Tambahkan tetelan atau cakar ayam, jika mau citarasa bacem makin enak.
  • Gunakan air kelapa, agak warna bacem menjadi cantik dan rasanya semakin legit.
  • Gunakan gula merah yang warnanya kecoklatan, agar warna bacemnya bagus. Banyak orang suka menambahkan kecap di baceman..cara cepat agar warnanya coklat. Padahal..aslinya kalau di Yogya bacem tidak memakai kecap..warna coklatnya ya dari gula merah dan air kelapa saja.
Semoga sedikit bermanfaat ya teman2..tips bacem di atas, nah..sekarang aku mau kasih resep bacem ala ibuku ya..selamat mencoba jika suka..^^
Resep Tahu Bacem

Bahan :
10 buah tahu putih yang padat
800 ml air kelapa ( Secukupnya sampai semua tahu terendam air kelapa )
100 gram gula merah yang warnanya coklat ( sesuai selera )
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, geprek atau iris tipis juga
½ sendok teh ketumbar, haluskan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh garam ( secukupnya )
½ sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat :
Siapkan panci, masukkan tahu dan semua bumbu
Tuangkan air kelapa, lalu tutup hingga rapat, rebus dengan api kecil  sampai air menyusut. 
Jangan menggunakan api besar, karena air akan cepat habis..sementara bumbu belum meresap ke  tahunya.
Ketika merebus, seskali balikkan tahu agar bumbu merata, sambil di cicipin misal kurang garam atau gulanya, bisa di tambahkan lagi.
Agar tahu bacem makin padat..dan bumbu meresap, sebaiknya tahu bacem di inapkan dulu sehari semalam, dengan di rendam sisa air berbumbu rebusannya, lalu masukkan kulkas. Jadi ketika di goreng keesokan harinya hasil tahu bacem akan semakin enak, padat, bumbu meresap dan warnanya coklat cantik, seperti kalau kita beli .
Selamat mencoba.

20 comments :

  1. Weh, kesukaanku nih. Kalau saya biasanya bumbu diuleg semua, kecuali salam laos...pake air kelapa lebih gurih ya rasanya..tp suka susah dapet air kelapa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..di ulek semua juga tambah enak ya..air kelapa..aku suka minta aja di tukang sayur Mak Ety..gratis..hihi

      Delete
  2. Mba, aku kemarin bikin tahu bacem nya diungkep dgn api kecil tapi tahu nya koq jadi ciut dan berongga gitu ya? Akhirnya stlh 1 jam, aku angkat deh krn aku takut tahu nya hancur kalau aku ungkep lebih lama lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti jenis tahu yang mba Evelyne pakai terlalu halus ya..lebih baik kalau buat bacem..pakai tahu pasar aja Mba..yang agak padat dan jgn terlalu lembut..:). Atau bisa juga tahunya jika lembek dan lembut di kukus dulu sebelum di bacem..biar agak padat..:)

      Delete
  3. mbak, tolong tanya. kalo tempe/tahu bacem itu akhir nya di goreng ya? seumpama ndak di goreng apakah bisa?
    seperti resep sate kere, itu gembus nya di rabus aja trs di tusuk pake tusukan sate / di goreng dulu baru di tusuk / di bakar?
    aku bingung.. tolong dijelasin ya mbak, biar aku mudeng...
    makasihhh GBU.. dea alberta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dea..bisa kok nggak di goreng..langsung aja di bakar setelah di bacem..di bara api..atau cukup di teflon aja..bisa juga. Atau kalau suka..di habiskan airnya sampai asat mengental bumbu2nya juga enak lho..kayak menu rumah sakit tuch lho Mba..biasanya nggak di goreng kok bacemnya..:)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. makasih mbk resepnya.lengkap banget buat pemula kayak aku :)

    ReplyDelete
  6. Mba waktu aku buat bacem warnanya cantik banget diluar, tapi masih putih didalam. Soal rasa sih enak mba. Nah supaya tahu juga cokelat didalem kaya di jogja itu bagaimana ya mba? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai air kelapa..pilih gul amerah yang coklat tua, terus jangan langsung goreng mba..inapkan dulu 1 atau 2 malam di kulkas..pasti jd coklat..:)

      Delete
  7. mbak kalau pakai air kelapa muda bukan kelapa tua hasilnya sama atau beda?soalnya lebih gampang beli air kelapa muda hehee..

    ReplyDelete
  8. Salam kenal mb. Diah... seneng banget liat resepnya... buat ibu muda kayak aku ini kebantu banget mbk... tiap mau masak pasti ngecek resep nya mbk diah ini... hiihiihii... makasih mbk resepnya membantu sekali ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..ikut seneng mba..sama2 :)

      Delete
  9. mba bacem ini bisa dijadiin frozen food ga? kaya misalnya aq ada acara dihari kamis tapi di hari sabtu/minggu bacem sudah aq buat trus simpen di prezer kemudian pas hari H baru aq goreng bacemannya?

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah mBa Diah | Terima kasih berbagi resepnya | Barokallah

    ReplyDelete
  11. Mow bikin bacem dan sempetin ngelirik resepnya mbak diah didi soalna resepnya sip, klo mow masak pasti ke sini dulu haha, (´▽`ʃƪ) Makasih :) mbak diah

    ReplyDelete
  12. makasih resep2nya ya mbak Diah. bener2 menolong banget buat saya yg masih adaptasi ama masakan2 jawa tengah an,karena contekan dari mbak Diah, saya sampe dipuji sodara2 mertua.katanya saya jago masak. padahal mereka ga tau aja,klo saya mo masak pasti ngintip diahdidi.com dulu hihihihi. sekali lg makasih,barakallah ilmu masaknya dah ditular2in ke kami2 ini

    ReplyDelete
  13. Mbak diah kalau pake jinten enak gak y

    ReplyDelete