Google Ad

Friday, February 28, 2014

Semur Soun Ayam


Semur soun adalah salah satu masakan favoritku. Kalau di tempatku di Yogya..semur soun ini baisa jadi salah satu menu besekan..yaitu menu untuk nasi hantaran atau kendurian. Kendurian adalah tradisi doa bersama jika suatu keluarga ada hajatan..maka malamnya mengundang tetangga kiri kanan untuk berkumpul dan mendoakan sesuai tema hajatan. Nah..sesuai tradisi setelah acara kendurian selesai setiap yang datang ke acara akan membawa nasi dan lauk pauk komplet untuk di bawa ke rumah masing2. Karena nasi dan lauk pauk di tempatkan di wadah dari besek..maka si sebut juga nasi besekan. Tapi kini kadang2 besek telah tergantikan oleh kardus. Padahal lebih eksotis lho kalau pakai besek..hihi. Seru aja..ingat jaman kecil..kalau dapet nasi besekan itu menyenangkan di makan rame2 bersama sauadara2..biasanya masing2 pada suka bagian2 tertentu dari nasi besekan. Nah..aku paling suka semur soun ini dan nasi golong...atau nasi gurihnya..wah..jadi pengen nasi gurih juga.
9

Thursday, February 27, 2014

* Bubur Gila..^^


Sudah pernah mendengar nama masakan Nasi Gila teman2 ?..Aku sendiri kurang tau ya asalnya dari mana..cuma dulu pernah beli dan makan aja..nasi gila ini. Mungkin kayaknya menu ini terinspirasi dari masakan Chinese food dech..tapi di adaptasi sesuai lidah lokal. Nasi gila..adalah nasi biasa..yang di makan bersama tumisan yang simple..namun padat gizi..karena semua bahan tumisannya protein..hihi. Di tumis juga cepat sekali dengan bumbu2 simple dan minimalis..tapi hasilnya sangat enak dan gurih. Nah..tadi buat sarapan karena Yodha lagi males makan nasi..aku bikinin bubur aja..dan liat di freezer stock lauk komplet akhirnya kepikiran bikin bubur gila..hihi..*ngarang namanya..*..ya kan kalau si makan sama nasi..namanya nasi gila kan..kalau di makan pakai bubur..berarti namanya jadi bubur gila kan teman2..^^
19

Wednesday, February 26, 2014

Cap Cay Pak Tukino



Beberapa hari ini..maaf ya teman2..belum bisa posting masakan harian seperti biasa..aku memang jarang masak yang ribet2..karena badan kurang fit lagi..keseringan begadang..biasa..kalau Yodha lagi flu..otomatis..aku dan suami begadang..karena dia tidur nggak bisa nyenyak..dikit2 bangun..kalau di tinggal suka nggak mau..pokoknya nempel kayak perangko dech kalau tidur malem dia...kalau dia lagi flu..sering terbangun..manggil kami atau minta minum..atau ini itu..wis pokoknya..walau cuma sakit flu..kalau buat Yodha udah heboh gitu..hihi. Akhirnya aku juga ikutan nge drop. Jadi belum bisa masak komplet sperti hari2 biasa..dan akhirnya lebih sering jajan dech. Walaupun kadang2 yang kurang sesuai selera ya kalau jajan itu teman2.

Kayak tadi malem..kami cuma beli capcay dan ayam goreng. Cap cay nya aku penasaran sama Pak Tukino..yang terkenal banget di Semarang bawah dan pernah aku baca reviewnya di internet..kalau beli sampai ngantri2 dan ambil tiket dari jam 12 siang..ha..seenak apa sich pikirku..hihi. Sampai aku dapat info juga dari teman..kalau cap cay Pak Tukino ini buka cabang di Banyumanik..deket rumah..jadilah penasaran pengen coba...dan ternyata warungnya yang di Banyumanik ini deket sama rumah..di depannya soto angkring mas Boed..persis..wo alah..nggak ngeh aku..kalau itu cap cay terkenal tho..hihi..lha soalnya warungnya kecil dan biasa banget..cuma warung tenda gitu dan baru buka beberapa bulan ini. Tapi kata suami..kalau malem lewat situ emang rame. Ya udah akhirnya..aku minta tolong suami buat beli tadi malem..dengan embel2 pesan..tanpa saus *angciu*..jika pake. 

Akhirnya penasaranku terjawab sudah..hemm..menurutku menang di porsi besar aja sich cap cay Pak Tukino ini..mungkin itu kali ya yang bikin rame. Kalau rasa sich..masih kategori biasa menurutku. Enak..tapi nggak istimewa banget..masih jauh lebih enak..cap cay mie Tio Nusantara yang ada di Jalan Sukun Banyumanik..itu baru enak banget cap caynya. Penampilan cap cay mie tio ini juga lebih menarik..dan lebih mewah gitu kesannya..kayak di resto..padahal warung aja lho. Sayurannya di masak sempurna, cuma sebentar gitu di api besar..jadi masih seger..tekturenya masih kres2 dan  menggugah selera gitu..juga dalam potongan besar2. Bakso dan kekiannya juga komplet..ada ati ampela dan ayamnya juga. Sama tipenya sich dengan cap cay Pak Tukino ini..cap cay Semarangan yang pakai kuah kental merah, karena pakai saus tomat merah menyala dan kental..tapi rasanya itu nggak neg, tapi enak dan seger gitu, kalau yang cap cay mie Tio Nusantara. tapi karena kayaknya pakai saus tertentu yang nggak boleh kami makan..jadi sekarang jarang juga beli ke sana lagi. Mungkin saus tomat merahnya itu yang khas..racikan sendiri..soalnya aku sering coba..bikin cap cay pakai saus tomat botolan yang bermerk..rasanya malah beda..hihi. Memang..masak cap cay ala Semarangan memang tergantung sausnya..kalau salah saus..rasanya malah jadi eneg dan aneh. 

Cap cay Pak Tukino ini memang porsi besar , harganya 35 ribu perporsi..cukup murah sich.untuk porsi sebanyak itu..jadi bisa di makan rame2 sampai 4 orang...makanya jadi terkenal dan ngantri2 gitu kali ya kalau di Semarang bawah. Kalau cap cay di mie Tio Nusantara..harganya 16 ribu...bisa di makan berdua. Target ku memang mau mencoba terus bikin resep cap cay ala Semarangan yang bisa seenak cap cay mie tio nusuntara...nanti aku share ya teman..jika udah uji coba lagi dan ketemu resep yang pas. Kalau tanpa saus merah sich..aku udah bisa bikin cap cay yang enak. Masalah bakso dan kekian..juga udah sering bikin sich..jadi menurutku lebih enak bikinan sendiri juga. Memang di Pak Tukino kekiannya lumayan enak..udangnya banyak..tapi rada amis menurutku..mungkin kualitas udangnya. Aku memang sensitif banget sich..karena sering banget masak udang..dan sering bikin kekian juga. Jadi..tau aroma dan rasa udang segar di masakan. Kalau udang yang di pakai seger..aromanya jadi manis dan gurih..misal di campur ke kekian gitu..bukan amis.

Ya..yang penting udah nggak penasaran lagi sama cap cay pak Tukino ini..dan intinya enak sich..tapi nggak istimewa banget menurut aku dan suamiku. Jadi..kalau misal di suruh antri dari jam 12 siang buat ambil tiket dulu untuk beli cap cay ini di Semarang bawah..jelas..emoh..hihi..alias nggak mau. Kalau yang di cabang Banyumanik sich nggak antri begitu untungnya..^^
30

Resep Wedang Uwuh



Badan masih rada nge drop karena masuk angin...jadi minuman hangat tetep jadi menu harian buat di minum sore2 buat kami beberapa hari ini. Akhirnya..memanfaatkan sisa kayu secang yang udah lama nganggur..jadi juga bikin wedang uwuh khas Yogya. Minuman ini pertama kali terkenal di kawasan Imogiri Yogya..di sana banyak warung2 yang menjual wedang uwuh. 

12

Tuesday, February 25, 2014

Pukis Labu Kuning


Masih memanfaatkan labu kuning..jadilah pukis. Karena masih ada tukang kerja di rumah..jadi bisa buat coba2 resep dan ada yag ngabisin juga. Kue2 tradisional Indonesia..memang cocok banget di tambah aneka umbi2 an ya teman2. Citarasanya bertambah dan juga warnanya cantik alami. Jadi..aku bakalan sering memang bereksperimen dengan aneka kue2 tradisional di tambah umbi2 an ini. Kali ini aku nggak pakai cetakan pukis..tapi pakai cetakan snack maker double pan..jadi pukisnya bentuk bulat. Tapi aku kok lebih suka pakai cetakan pukis sebenernya..karena hasilnya pukisnya kan jadi kecil2..dan jika makan nggak terlalu kenyang..beda sama snack maker dari double pan yang hasilnya jadi gede2..^^..makan satu kenyang dech. 
17

Monday, February 24, 2014

Wedang Bajigur Coklat



Bajigur..adalah minuman yang tepat ketika lagi masuk angin. Biasa teman..kalau anak sakit..pasti begadang buat seorang ibu itu biasa ya teman2. Kayak tadi malem..Yodha mau flu..hidung mampet..pasti sangat menjengkelkan buat anak2..jadinya tidur sama sekali nggak nyenyak..otomatis..daku juga begadang lagi dech jagain dia tidur. Untungnya nggak demam cuma mau flu aja Yodha..alhamdulillah. 

10

Sunday, February 23, 2014

Kue Ku Labu Kuning


Kalau ke pasar..tak pernah terlewatkan olehku untuk beli labu kuning. Tau dech..aku suka banget berekplorasi dengan aneka resep kue2 tradisional dari labu kuning..ubi dll. Seru aja..jika mencoba2 dan berhasil membuat penganan yang enak dari campuran umbi2 an yang harganya cukup murah..tapi jika sudah di olah..bisa jadi snack baru yang beda dan cantik alami warnanya. 

5

Saturday, February 22, 2014

Steak Daging Cincang & Sosis


Wah...maaf ya teman2..baru online dan bisa posting resep baru. Hari ini sibuk beres2 dapur sendiri..karena ada tukang mau benerin rak dapur..eh lha kok pas mba art ku libur..jadi dech dari bangun pagi sibuk di dapur..bukan masak ..tapi bersih2 dan beres2. Sampai nggak terasa waktunya makan siang..ya udah masak yang cepet aja dan simple..bikin steak praktis ini. Kebetulan tadi malem ke toko daging langganan..jadi punya stock daging cincang segar dan sosis yang enak. Yummy dech walau simple steaknya teman2. Eh lha kok mau posting dari tadi...internet kok ya lemot banget..jadinya baru sempat sekarang dech. 3 sekarang kok kurang bagus kualitasnya koneksinya..dulu awal2...cepet banget padahal..sakarang sering lemot..huhu. Jadi maaf juga ya teman2..belum bisa bales komen2nya..nanti lha..nge klik reply aja..muter2 aja terus nggak kebuka2..nanti segera aku bales ya..setelah koneksinya normal..^^

Oh ya..selain di buat steak dan di makan dengan saus dan aneka sayuran begini..steak daging cincang ini juga enak buat isian burger atau sandwich..karena ya memang rasanya mirip2 sama daging burger. Mudah saja kok membuatnya..dan pastinya lebih enak & sehat ya..karena homemade dan dagingnya juga lebih banyak dan lebih segar. Oh ya..dagingnya jangan terlalu halus ya..kalau buat steak gini..lebih baik pakai daging cincang siap beli yang ada di supermarket itu..kalau nggak beli di toko daging kayak aku , jadi kualitasnya bagus dan empuk dagingnya...juicy gitu lho kalau di panggang. tapi kalau pakai daging biasa..ya nggak apa2..asal yang kualitas bagus, terus di cincang2 sendiri aja..jangan di blender..atau food processor..nanti terlalu halus..jadinya galantin dech..hihi. Karena steak daging gini..enaknya kalau masih terasa cincangan dan serat2 dagingnya. Kalau nggak punya panggangan yang tebal..ya di goreng saja dulu, baru di panggang bentar di teflon sambil di oles saus. Tapi kalau punya panggangan yang tebal..misal..kayak grill pan..atau happy call..dll..memang lebih enak  lagi kalau langsung di panggang.

Oke..selamat mencoba ya teman2..moga2 bisa jadi ide menu buat weekend di rumah ya..^^
Steak Daging Cincang & Sosis
( Untuk 3 porsi )
Bahan :
Sosis sapi 6 buah, kerat2 
2 buah wortel, potong panjang2, rebus sebentar
50 gram buncis, rebus sebentar 
2 buah kentang, potong panjang2, goreng

Bahan steak daging cincang :
150 daging cincang
50 gram tepung panir
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1 butir telur ukuran kecil
1/2 sendok teh kaldu sapi bubuk atau garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Bahan saus :
1 sendok margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
200 ml air
1/2 sendok makan tepung tapioka, cairkan dengan 1 sendok air
2 sendok makan saus tomat
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Saus : tumis bawang bombay hingga harum, masukkan semua bahan lain. Koreksi rasa. Kentalkan dengan tepung tapioka. Masak hingga meletup2 dan kental
Campur semua bahan steak daging cincang, aduk rata, bentuk bulat pipih. Panggang di grill pan yang sudah di oles margarin , sambil sesekali di oles sedikit saus steak. Jika pakai teflon biasa..lebih baik di goreng dulu sebentar di minyak terendam..supaya lebih matang bagian dalamnya, baru di panggang sebentar di teflon sambil di oles saus.
Panggang juga sosis, sambil di oles saus.
Sajikan steak dengan kentang goreng, sayuran dan saus.
  • Siang tadi ujan deres banget, jadi terpaksa foto di dalam ruangan..jadi agak kurang maksimal fotonya..plus di usilin anak ganteng nich..hihi..jadi salah fokus kameranya..^^
  • Gunakan sosis kualiatas bagus ya teman2..agar lebih enak hasilnya...tadi Yodha bilang..wah..keren mi...kayak menu di kafe..*mix grill* katanya..hihi.

33

Friday, February 21, 2014

Sayur Gurih ( Jangan Anyep ) Favorit Yodha



Salah satu sayur harian yang paling sering aku masak..adalah sayur gurih..atau kalau di Yogya di sebut *jangan anyep*. Di  Yogya..sayur dalam bahasa Jawa di sebut juga *jangan*.
Yodha..kayaknya udah nurunin lidah Jawaku...karena dia paling suka menu2 masakan Jawa yang nggak pedas..seperti gudeg..brongkos...dan juga aneka sayur gurih seperti ini. Sayur gurih itu intinya bumbunya seperti bumbu gudeg atau bumbu opor putih..bumbu dasar putih lah yang di pakai..dengan bumbu2 komplet bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan rempah, salam, laos, daun jeruk, sere komplet. Nah..yang membedakan..ya..cuma bahan yang di masak aja. Aneka bahan bisa di masak jadi sayur gurih kalau di Yogya..bisa nangka muda..jadi sayur gurih tewel, pepaya muda, kacang panjang, tahu, tempe, jantung pisang, daun singkong, sawi putih, kentang, kol, dll...semua sayuran bisa masuk dech..bahkan bayampun di sayur gurih gini..jadi dech bobor bayam ala Yogya.
16

Kue Mendut Warna Warni




Akhirnya bisa bikin kue2 lagi..setelah badan lumayan sehat. Memang sakit ..walaupun sepele..tetep bikin aktifitas terganggu dech. Walau cuma pusing2 dan lemes..tapi beneran..jadi males ngapa2 in. Boro2 bikin kue2..masak menu harian aja..capek banget rasanya 2 minggu kemaren.

17

Thursday, February 20, 2014

Sambal Petis & Tahu Krispi


Hari ini cuma masak yang udah sering aku masak dan udah pernah ku posting..jadi mau posting soal petis aja ya teman2. Tapi tetep ada resepnya kok..yaitu resep sambel petis dan tahu krispi..pasangannya. Petis..sudah tau kan..bahan penyedap alami ini..yang terbuat dari produk sampingan olahan bahan laut (biasanya dari pindang, kupang, atau udang ) yang dipanasi hingga cairan kuah menjadi kental seperti saus yang lebih padat. Dalam pengolahan selanjutnya, petis ditambah gula merah. Ini menyebabkan warnanya menjadi cokelat pekat cenderung hitam dan rasanya manis. Ada juga yang menambahkan tepung kanji sebagai pengental petis ini dan juga tinta cumi2 sebagai pewarna hitamnya..gitu sich dari yang aku baca.Tidak seperti *saudara dekatnya* yaitu terasi..petis ini mungkin hanya di kenal di Indonesia saja. Salah satu sentra penghasil petis yang terkenal adalah Sidoarjo.Bahkan, kota ini dicap sebagai Kota Petis dan menjadikan bumbu berwujud pasta berwarna kehitaman ini sebagai buah tangan khas. Petis Sidoarjo umumnya terbuat dari udang. Di desa Balongdowo, Sidoarjo, petis dibuat dari kupang , karena kabarnya sejak zaman dahulu, nelayan dari desa ini paling andal mengumpulkan kupang. Para istri nelayan kemudian mengolahnya jadi petis.
42

Jus Femmie..Terapi Jus Sehat & Alami Untuk Cepat Hamil..^^


Sssst,...kali ini postingannya khusus buat wanita ya teman2..hihi..tapi kalau bapak2 mau baca yang nggak pa2 sich..kalau nggak mau di lewati aja ya..postingan ini. Soalnya ternyata banyak bapak2 atau mas2 juga sich yang sering mampir ke blog ku liat resep masakan. Kali ini aku mau posting tentang jus untuk terapi kesuburan wanita...yaitu jus femmie. 
41

Wednesday, February 19, 2014

Oseng Bunga Pepaya


Tadi pagi udah iseng ke pasar...soalnya beberapa hari nggak ke pasar suka bingung juga..kehabisan stock lauk di freezer. Serunya ke pasar tuch..juga bisa ngobrol sama ibu2..sambil belanja..ternyata ibu2 tuch problemnya sama ya tiap hari..pertanyaan yang sama setiap hari ke penjual sayur..bingung..hari ini meh masak opo yo ?..( Bingung hari ini mau masak apa ya ? )..hihi..padahal..kalau ke pasar kan pilihan bahan banyak ya..kenapa musti bingung2..? 
27

Tuesday, February 18, 2014

Pernak Pernik Pelengkap Bahan Kue, Cake atau Roti

Beberapa kali..ada beberapa teman yang nanya..bahan2 untuk pelengkap pembuatan cake atau kue2 ya..misal sp dan Tbm..dll...oke..aku jawab sekalian di sini ya..siapa tau bermanfaat buat teman2 lain..cuma..memang lagi baking blue nich minggu2 ini..jadi belum sempat baking lagi atau ke TBK..jadi belum ada foto2nya. Besok tak ke TBK dulu ya..foto2nya nyusul..hihi..itupun kalau boleh ambil2 foto sama penjaganya..ntar aku rayu2 dech..kan pelanggan setia..soalnya kan nggak semuanya aku beli kan..sesuai yang aku butuhin aja. Oke..ini beberapa bahan2 dasar pelengkap bahan cake atau kue yang..yang suka bikin bingung buat pemula..nanti kalau udah ada foto2nya..aku lengkapin lagi ya..jika ada tambahan lain..moga2 boleh motret ke TBK..doain ya teman2..hihi.

11

Bening Bayam..Dkk ^^


Tiga hari kemaren sebenernya daku agak kurang fit teman2..makanya belum banyak menu baru yang aku posting..postingan kemaren2 juga hasil masakan beberapa hari sebelumnya.
Lagi terkena penyakit wanita..* 4L..hihi..lemah..lesu..lunglai..satunya apa ya..? Oh iya..letih..mudah capek gitu dech..biasa..gara2 siklus *tamu rutin setiap bulan* yang agak kurang normal..jadi dech kena anemia. Ada teman2 yang ngalamin juga nggak jika kelamaan gitu siklusnya ?..Jadi terkena anemia ringan..kalau siang sampai sore suka pusing..dan rasanya pengen berbaring aja..tapi dua hari weekend kemaren malah sibuk terus..Sabtu seharian keluar..minggunya ada acara keluarga di rumah mertua..jadilah Senin kemaren tambah nge drop..setengah hari cuma leyeh2 aja sampai sore..nungguin Yodha pulang..baru masak yang simple.
19

Monday, February 17, 2014

Tips Membuat Rollade Tahu & Daun Singkong


Resep rollade tahu dan daun singkong...lauk atau cemilan murah meriah yang enak banget...udah pernah aku share dulu ya teman..tapi ternyata banyak yang kesulitan ya menggulung atau mengirisnya..oke..aku kasih tips2nya lagi  ya..kebetulan kemaren bikin lagi..jadi aku foto. Sebenernya udah aku foto step by step..tapi ternyata..sebagian kehapus..karena lupa nge save dulu..dan ketumpuk foto lain..huhu..bener2 dech..komputerku udah kebanyakan foto di semua file..hihi..musti bersih2 dech..saking banyaknya.Tapi untung masih ada beberapa yang selamat foto rollade tahunya nich..jadi bisa buat aku tulis ulang tips2nya.


Tips membuat rollade tahu & daun singkong :
  • Pilih jenis tahu yang kesat dan nggak berair..supaya hasilnya bisa padat dan nggak lembek..dan tidak mudah hancur ketika di potong. Jika terpaksa pakai tahu berair..lebih baik di peras dahulu.
  • Gunakan daun singkong yang muda..agak lebih empuk dan mudah di potong. Kalau daun singkong tua..biasanya keras dan liat...jadi pas di potong rolladenya bisa hancur.
  • Saat menaruh adonan tahu di daun atau di plastik..sambil di tekan2 dan di padatkan ya teman..jangan asal di taruh dan di ratakan..nanti hasilnya bisa kurang set gitu rolladenya. 
  • Ratakan daun singkong di atas adonan tahu, sambil di tekan2 juga supaya daun singkongnya agak menempel di adonan tahunya..jadi jika di gulung lebih padat dan kuat. 
  • Gulung rollade tahu sambil di tekan2 hingga agak padat..seperti menggulung sushi..padatkan juga bagian sisi kiri dan kanan.
  • Bungkus rollade dengan daun pisang beberapa lembar / di dobel..gulung sambil di padatkan hingga set dan kuat agar hasilnya tetep bisa bulat lonjong dan nggak berubah bentuk, semat kiri kanan dengan lidi atau steples dengan kuat agar tidak berubah bentuk selama di kukus.
  • Setelah di kukus..biarkan dulu rollade hingga dingin, baru di potong2..jika perlu simpan dulu beberapa waktu di kulkas..supaya tambah set. Jangan langsung di potong panas2 habis di kukus ya teman2..nanti bisa jadi hancur.
  • Gunakan pisau yang tajam untuk mengiris rollade tahu..supaya rapi dan nggak hancur.
  • Agar lebih gurih...adonan tahu bisa di tambahkan sedikit ebi untuk bumbunya.
  • Rollade tahu siap di goreng dengan kocokan telur atau adonan tepung.
  • Rollade singkong ini bisa di simpan beberapa hari di kulkas jika sudah di kukus.

Selamat mencoba ya teman2..ini resepnya aku share ulang..tapi aku tambahin ebi kemaren di adonan tahunya..jadi lebih gurih..jika tidak suka..hilangkan saja ebinya..tetep enak kok..^^
Rollade Tahu Daun Singkong

Bahan :
300 gram tahu putih
100 gram daun singkong muda, rebus, peras dan campur dengan sedikit garam
Telur 1 butir untuk campuran dan 1 butir untuk pencelup
Bawang putih 1 siung, ebi 1/2 sendok teh, rendam di air panas, haluskan
Kaldu bubuk rasa ayam 1 sachet kecil / garam secukupnya
Gula pasir 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Haluskan tahu, campur dengan bawang putih & ebi halus dan bumbu2 lain. Tambahkan telur, aduk rata.
Ambil  beberapa lembar daun pisang atau plastik tebal. Ratakan tahu halus di atasnya..taruh daun singkong rata menutupi tahu. Gulung dan bentuk seperti lontong. Kukus selama 20 -30 menit hingga matang. Satu adonan bisa jadi 2 bungkus rollade. Setelah dingin potong2 dan celupkan ke kocokan telur...atau adonan tepung..kayak adonan mendoan. Goreng hingga kuning keemasan. Sajikan.

21

Sunday, February 16, 2014

Brongkos Campur Campur...Yummy.^^




Brongkos...adalah salah satu signature dish..di DiahDidi's Kitchen..selain gudeg..sambel goreng dan aneka masakan Jawa Lain..hihi..banyak amat ya..signature dish nya..iya..kan lidah Jowo terutama Yogya tulen..jadi menu-menu tersebut buat aku adalah menu harian..yang kadang udah di luar kepala masaknya..jadi takaran bumbu dan lain..udah hafal..karena lumayan dari remaja dulu..sering bantu ibu masak menu-menu harian tersebut. 

12

Soto Angkring Mas Bud..Soto Versi Asli Semarangan Yang Paling Enak Di Semarang Atas..^^



Soto lagi..review dan icip2 kulinernya ya teman2..moga2 nggak bosan..hihi..soalnya..aku memang suka banget soto..Yodha juga..jadi hampir tiap minggu pasti nyoto. Dan kebetulan di daerah Banyumanik Semarang tempat aku tinggal banyak soto2 enak. Salah satunya...ya soto favoritku ini..Soto angkring mas Bud..di deket rumah sich..Jl. Jatiraya Banyumanik Semarang. Cuma baru sempat review sekarang..karena..kalau makan di sana pagi pas weekend..boro2 sempat motret..antrinya aja panjang..dan begitu duduk..udah di antri orang lain, jadi nggak enak banget kan..mau motret2..dan kadang2 kalau sarapan pagi ke sana..ya sekedar naik motor bertiga sekalian jalan2 pagi..jadinya males juga nenteng2 kamera pagi2..hihi. Nah..kebetulan kemaren...pas mau jalan2 ke bawah..kita sarapan agak siangan di soto mas Bud ini..jadi..walaupun masih rame..tapi udah nggak berjubel dan antri2...dan kebetulan kalau mau pergi jalan2 ke bawah kan mesti bawa mobil...jadi selalu bawa kamera besar juga..jadi bisa motret dan mereview sekalian. akhirnya..bisa nulis soto favoritku ini di sini.

23

Saturday, February 15, 2014

Squash Buah Naga


Buah Naga...buah yang benar2 cantik ya teman2..warnanya indah dan menggoda...sayangnya aku kok kurang suka rasanya ya..hihi..kalau di makan langsung..kok kurang spesial gitu rasanya..kurang seger dan nggak manis menurutku. Gimana menurut teman2..?..Jadi aku memang jarang beli buah naga untuk di konsumsi di rumah..karena suami juga kurang suka. Di dekat rumahku padahal ada beberapa perkebunan kecil buah naga gitu sich kalau mau beli langsung..cuma ya itu...karena kurang suka..ya jarang beli. 


Eh..lha kok kemaren pas Yodha outing..ke Hortimart..tempat wisata agro buah di daerah Bawen Jawa Tengah..aku di oleh olehin buah naga..hihi. Katanya ini buah sehat lho mi..banyak manfaatnya ..kata miss..gitu dia bilang..hihi. Terus aku tanya..Kakak udah coba tadi di sana ?..Belum katanya..mau coba di rumah aja..baiklah..akhirnya aku potong2 in buah naga dan aku sodorin ke Yodha..begitu mau makan dia awalnya semangat banget..wah cantik ya mi..buah naganya..eh tapi begitu gigit sedikit..langsung komen gini..rasanya..aneh..langsung di lepeh dech..hihi. Aku cuma tertawa aja..berarti sama..kami semua di rumah nggak pada   suka buah naga.

Tapi yang juga sich ..kalau di buang kan ya..buah naganya..akhirnya aku buat minuman aja..aku jadiin minuman sguash buah naga..apalagi setelah baca2 di internet..manfaat buat naga ini bayak banget ya teman..bahkan ada temen yang bilang bagus buat terapi kalau mau hamil atau buat ibu hamil. Tapi..kalau rasanya kurang enak gini..aku pilih jus femmi aja yang lebih seger dan enak buat terapi hamilnya..hihi. 


Tapi..kalau mau ngakali di buat minuman..enak juga kok ternyata buah naga ini..cuma memang di usahakan jangan  cuma pakai air matang biasa ya..kalau bikin minuman jus buah naga ini..karena kalau cuma di blender sama air..semakin tawar rasanya. Jadi lebih enak dan seger..kalau di tambah atau di campur dengan aneka buah lain yang berasa asam kuat..misal..strawbery atau jeruk nipis...jadi rasanya bisa seger. Atau kalau suka lebih terasa lagi bisa di tambah soda atau yogurt rasa buah2an...misal rasa leci..dll. Nah..kali ini aku bikin jus buah naga di kasih soda dan air jeruk nipis..jadinya kayak squash gitu dech..tapi squash buah naga..rasanya jadi seger. Akhirnya..habis dech buah naganya dengan cara di minum..hihi

Squash Buah Naga 

Bahan :
1 buah naga 
1 kaleng soda tawar
200 ml air plus 2 sendok jeruk nipis
Gula pasir dan es batu sesuai selera

Cara membuat :
Kupas buah naga, potong2, lalu blender dengan semua bahan, kecuali air soda. Tuang di gelas2, tambahkan air soda, aduk rata.
Sajikan segera.

17

Friday, February 14, 2014

My Valentine....Sepuluh tahun lalu...



Happy Valentine's Day...buat teman2 yang merayakannya ya....! ^^
Tidak perlu kita berdebat..apakah Valentine day itu baik atau buruk..itu kan sekedar simbol ya..yang penting..apapun itu..asal kita ambil hikmah atau segi positifnya..ya pasti ada manfaatnya ya. Menunjukkan kasih sayang, perhatian, berbagi, memberi hadiah kepada pasangan..sahabat..keluarga..teman2..adalah hal yang positif kan..walau sebaiknya nggak cuma di hari valentine aja...kita menunjukkan kasih sayang...buat keluarga..dan juga buat sahabat..teman2 tercinta..jadi..setiap hari ataupun hari valentine ini..aku ingin berterima kasih juga dan bilang..I love you all my friends..makasih ya..udah menemaniku hari2ku berbagi dan berteman di sini.
57

Thursday, February 13, 2014

Pia Isi Kelapa


Iseng..kemaren berekperimen dengan resep pia. Biasa..aku memang suka sama yang namanya pia..baik itu bakpia ala pathuk..pia renyah..pia jadul..sampai nopia ala Banyumas yang kulitnya keras isi gula merah itupun aku suka..penasaran malah..gimana cara bikinnya..udah ngubek2 resep nggak pernah nemu..baik itu di internet..atau di toko buku..dll..hihi..ada yang asli Banyumas kah ?..dan tau resep nopia atau telur gajah itu?..sungguh aku penasaran resepnya..hihi. Baiklah..karena belum bisa bikin nopia..ya..bikin pia yang udah biasa aku bikin aja..tapi ini juga aku pakai kulit dan isian coba2..yaitu kelapa..dan ternyata enak lho teman..jadi dech pia isi kelapa.
13

Sambel Tempe..^^


Tempe...salah satu bahan yang hampir selalu ada di dapurku..kalau nggak ada, itu cuma karena kadang nggak kebagian aja..di tukang sayur..hihi. tapi..kalau ke pasar..tempe..adalah salah satu bahan wajib..yang selalu masuk ke kantung belanja..tanpa pikir panjag mau di masak apa nantinya. Karena..tempe..di masak apa aja..enak..sekedar di goreng biasa bumbu bawang dan ketumbar serta garam..udah enak...belum lagi jika mau sedikit repot mengolahnya..tempe..*is amazing*..hihi..bisa jadi aneka menu yang lezat dan murah meriah. Lha wong tempe semangit ( udah umur 3 hari / kematangan ) saja masih berguna kok kalau di dapur orang Jawa..hihi..buat campuran sayur lodeh atau oseng..di sambel dll..jadi tambah sedep. Jadi nggak perlu khawatir..kalau punya stok tempe di dapur dan belum sempat di masak..ya biarkan saja sampai jadi tempe semangit..makin sedap jadi aneka olahan masakan. Jadi..jika kadang2 kita denger ada yang bilang..ah dasar orang Indonesia mental tempe ^^..cuekin aja ya teman2..hihi..so what gitu lho.!?..Tempe kan bergizi juga ya teman2..hihi..nggak kalah lho..kandungan gizinya sama daging..kata para ahli gizi..dan memang enak kok..yang bilang gitu..pasti suka tempe juga kan..hihi. Hayukk..siapa yang suka tempe..tunjuk tangan...! ^^

24

Wednesday, February 12, 2014

Cara Melelehkan Coklat Blok Dengan Benar



Coklat..valentine..mungkin jadi satu hal yang umum ya teman2..liat aja dech di mall2 atau di supermarket..kalau mau deket2 hari Valentine gini..pasti dech..semua stock coklat berbagai merk..dan harga..keluar dari gudang..dan di pamerkan..hihi..biar di beli pengunjung tentunya. Tapi..daripada beli olahan coklat kemasan mahal2..sebenernya lebih hemat kalau mau bikin coklat sendiri..misal praline..coklat truffle dll..lho teman2. Ah..sayang..valentinenya tinggal besok ya..jadi nggak bisa kasih resep kompletnya...jadi aku kasih tips aja dulu ya teman2..cara melelehkan coklat yang benar ya teman2..supaya hasil lelehannya bagus..semoga bermanfaat ya.^^
146

Makaroni Skotel Sosis dan Sayuran


Seorang teman email aku kemaren..minta resep sepsial buat valentine..hemmm...apa ya resep spesial buat valentine..hihi..jadi mikir. Soalnya..menurutku..semua resep itu spesial sich buat keluarga..asalkan di masak dengan cinta..hihi..*pagi2 dah lebay..*. Beneran sich..buatku semua masakan itu spesial..asal keluarga suka. Jadi kalau untuk acara2 khusus..kadang aku nggak harus masak yang aneh2 atau yang mahal2..cukup...masak masakan yang di sukai keluarga. Misal..acara ulang tahun suami..anak..dan lain2..aku masaknya ya yang mereka sukai aja..soalnya pasti kemakan kan..dan jadi semangat mereka makannya.
28

Tuesday, February 11, 2014

Brownies Kukus Ubi Ungu Lapis Coklat


Bentar lagi Valentine nich teman2..selamat menyambut dan merayakan..buat yang mau merayakannya ya..biasanya yang masih muda2 nich..masih pacaran atau yang baru nikah...pasti masih semangat dan pada sibuk mau kasih hadiah..atau coklat buat suami..istri..pacar..sahabat..dll. Beda..sama emak2 kayak aku nich..biasanya kalau pacaran memang masih indah2 ya teman2..hihi..tapi kalau udah nikah lama..punya anak..wah..udah nggak kepikir dech..valentine2 nan..hihi..udah terlupakan dech kayaknya..mikir anak..kebutuhan hidup..yang makin mahal..kesibukan kerja..dll..tapi dalam hati..semoga kasih sayang itu selalu ada ya..kepada masing2 pasangan..keluarga..dan sahabat..walau kadang nggak sempat atau nggak pernah di ucapkan..*aiih..so sweet..sok bijak ya teman2..elap air mata..pakai baju..:D *
31

Monday, February 10, 2014

Nasi Goreng Bandeng Presto


Yodha..susah banget kalau di suruh makan ikan..ada aja alasannya..hihi. Ada durinya lah..keras lah..dll..sampe di suruh makan bandeng presto yang empuk dan..udah nggak berduri pun..masih suka nge les macam2..ada alasannya..hihi. Kayak kemaren nich,..aku sodorin makan siang pakai bandeng presto goreng..aku tinggal meleng bentar di dapur..eh dia udah cemal cemil wafel kering di meja..dan ketika aku suruh makan..langsung bilang..aduch Mi..aku udah kenyang makan wafel nich..hihi..pinter kan..?
12

Pepes Bandeng Presto dan Otak Otak Bandeng dari A n D Cafe



Bandeng presto....selama ini pasti kita taunya adalah makanan khas yang asalnya dari Semarang ya teman2. Memang sich..sekarang ini bandeng presto memang sudah jadi icon oleh2 khas Semarang. tapi taukah teman2..bahwa aslinya olahan bandeng presto ini asalnya dari Juwana lho..salah satu kabupaten di Pati Jawa Tengah. Lalu karena banyak di jual di Semarang..akhirnya lebih nge top dech sebagai oleh2 khas Semarang. Walaupun sekarang juga..banyak sich pengusaha dan pengrajin bandeng presto dari Semarang juga yang meproduksi sendiri..tapi secara sejarahnya..asal usul bandeng presto ini..adalah dari Juwana Pati Jawa Tengah.
7

Sunday, February 9, 2014

Lunch @ A n D Cafe


Sabtu...waktunya jalan..biar Yodha bisa refreshing setelah 5 hari full day di sekolah. Biasanya sich muter2 aja..ke Semarang bawah..kalau nggak keluar kota. Kebetulan pas..jadwal aku ke dokter Lewi juga kemaren..jadi sekalian..turun ke bawah. Pas makan siang ..kita mampir ke A n D Cafe..di Jl. Kusuma Wardhani H 5 Semarang..belakang kantor Kejaksaaan. Tempatnya lumayan cozy dan nyaman. Cafe ini termasuk baru buka juga beberapa bulan kemaren. Kemaren sempat ngobrol dengan pemiliknya..Ibu Ani...dan suami..seru aja kita ngobrol2 santai dan discuss soal resto dan kuliner..^^
8

Saturday, February 8, 2014

Cooking Show Favoritku

 
 
Happy weekend teman2..^^
Mau masak apa nich buat weekend..?
Aku..belum ada rencana sich..pagi2..udah di beliin sarapan gudeg sama suami..biasa..kalau weekend..suka jajan..hihi. Siang nanti..udah ada undangan makan siang di salah satu resto di Semarang yang minta di review..jadi..kayaknya nggak masak dulu ya pagi ini. Jadi buat intermezo..mau nulis yang ringan2 aja dulu dech..yaitu tentang acara tivi : cooking show favoritku.

14

Friday, February 7, 2014

Sambel Goreng Kentang & Krecek Ala Semarang


Sambal goreng.....adalah salah satu menu harian yang sering banget ada di menja makan..buat orang Yogya..atau Jawa tengah..tak terkecuali Semarang..tempat aku tinggal sekarang. Dari mengamati..dan sering menikmati sambel goreng versi Semarang..terutama di rumah mertua..yang hampir tiap ada acara pasti masak sambel goreng...atau ketika dapat nasi kardusan dari tetangga kiri kanan..atau kerabat..pasti dech ada menu sambel gorengnya juga. Nah..tapi..versi sambel gorengnya ternyata beda dengan versi sambel goreng ala Yogya. Sama2 pakai krecek..tapi jenis krecek / rambak sapi yang di pakai juga beda..dan hasil akhir serta citarasanya..juga berbeda lho. 
31

Lumpia Basah Jagung Isi Tahu & Sayuran


Lumpia lagi...dadar lagi..hihi..memang..lagi seneng2nya ndadar dan bikin aneka kulit snack yang di dadar..sejak punya wajan kewalik nich..mendadar jadi semudah goreng telur...hihi. Iya sich..tinggal di celup..terus di panaskan di atas api..dadar tipis yang sama tipis dan sama rata...jadi cepet sekali buatnya. Padahal..mendadar manual ya..udah sering dan biasa sich..bisa cepet juga..tapi kalau ada alat yang bisa buat lebih mudah..ya kenapa nggak ya..^^

Jadi..jangan bosan ya teman2, jika ke dapurku..soalnya nanti bakalan lebih sering ketemu dengan postingan aneka..dadar..crepes..lumpia..risol..dan sejenisnya..hihi..tunggu sampai aku nemu gagdet dapur lain yang lebih seru..baru ganti kali menunya. Untung suami juga suka sich...aneka dadar2..jadi ada yang bantuin ngabisin dech. Kalau Yodha..hemmm..masih belum mau makan jajan pasar...gorengan paing sukanya mendoan sama bakwan..hihi.

Biasa dech..kalau punya gadget baru..kayak anak kecil punya mainan baru dech aku..di pakai terus..buat nyoba aneka resep..nanti kalau udah bosan..tersimpan manis dech di lemari..hihi. tapi kayaknya kalau yang ini nggak dech..soalnya aku suka sekali aneka kue2 atau jajanan yang kulitnya di dadar. Jadi..semoga tetep jadi alat dapur yang multi fungsi favoritku..kayak snack maker double pan..yang sampai sekerang..masih sering ku pakai..^^

Oh ya..tadi aku bikin lumpia lagi..tapi versi yang basah..nggak perlu di goreng..biar lebih sehat..nggak perlu minyak..dan juga biar nggak bosan lumpia goreng terus. Buat variasi kulit lumpianya aku tambah jagung manis yang di belnder..lumayan menambah rasa kulitnya dan memmberi warna kekuningan cantik dech. Isinya..yang murah meriah aja..isi tahu dan sayuran..minus daging atau ayam..cuma biar gurih aku tambah sekedar 3 - 4 udang yang di geprek. Jadi..rasanya kayak lumpia basah ala pasar..jaman aku kecil dech..ya begini..cuma minus udang..^^ Tapi jika tidak suka lumpia basah..resep ini bisa juga di jadiin lumpia panggang. Setelah di isi adonan kulitnya dan di bentuk..tinggal di panggang dech di teflon sampai kulitnya kecoklatan dan agak renyah. Tapi tidak cocok untuk di goreng lho ya..kulit lumpia ini..karena sangat elmbut..kalau di goreng bakal nyerap minyak.

Oke...yang suka lumpia  basah..yuk di coba ya teman2..ini dia resepnya :
Lumpia Basah Jagung isi Tahu & Sayuran

Bahan kulit :
1 buah jagung manis, di pipil, dan di blender halus dengan 350 ml air, lalu saring
100 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
1 butir telur
Aduk rata semua bahan kulit, lalu saring jika perlu.
Bahan isi :
200 gram tahu, potong kecil2
1 buah wortel, potong korek api halus
50 gram taoge panjang
4 ekor udang segar, geprek
Daun bawang 2 batang, iris halus ( tadi aku gak pake..pas habis )
Telur 2 butir, di buat orak arik
1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
Air 100 ml

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat isi :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan udang yang di geprek, aduk hingga udang berubah warna. Masukkan air , dan semua bahan serta bumbu, kec taoge. Masak hingga meresap dan hampir kering. Masukkan taoge, aduk rata dan masak sebentar hingga kering. Koreksi rasa.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit lumpia , isi dengan bahan isi secukupnya, lalu gulung bentuk lumpia. Sajikan denga cabe rawit..atau di teruskan jadi lumpia panggang dengan di panggang sebentar di teflon hingga kecoklatan kulitnya.





14

Thursday, February 6, 2014

Telur Bumbu Bali



Telur..kayaknya bahan yang nggak pernah absen menghuni dapur kita ya teman2. Soalnya memang sangat berguna sich..selain untuk buat aneka cake atau kue2..telur merupakan salah satu stock lauk yang praktis..di kala kepepet..hihi. Jadi..aku selalu nyetok telur di dapur. Misal..nggak kebagian lauk di tukang sayur..yang penting masih ada telur di dapur..udah..ayem dech..bisa masak buat keluarga. Suami dan anak..kebetulan juga pecinta telur..hihi..hampir tiap hari dech makan telur..ntah di sarapan..atau makan malam. Tapi beneran kok..aku juga..kadang2..kalau belum sempat masak apa2..misal buat makan siang sendiri gitu..yang suka bikin aja dadar telur yang praktis..biasa kalau bikin dadar aku tambahin macam2..cabe..bawang merah..daun bawang..kol..dll..bahkan dadar kelapa muda pun enak buatku..hihi. Kalau Yodha dan papinya sich sukanya telur ceplok atau di rebus. Yodha juga gitu..kalau nggak suka lauk yang ku masak..misal aku tawari..mau makan pakai apa..sosis..daging atau telur ?..Pasti jawabnya..telur aja Mi..!..hihi..wah..nurunin papinya dech..dari kecil suka makan telur ..^^
23

Pancake Pisang Saus Gula Merah


Hari ini gaya2 sarapan pakai pancake..sekalian buatin bekal buat Yodha..pancake pisang..saus gula merah. Walau Yodha kurang suka pisang sich..tapi kalau ada coklatnya,..kayaknya suka dech..jadi atasnya di coret2 pakai coklat..terus di hias permen warna warni..moga2 aja di makan..hihi. Kalau aku sich..suka banget..lha isinya pisang gitu lho..daripada isi durian..aku lebih suka isi pisang kalau pancake..atau crepes tipis gini..lebih cocok aja di lidahku. Nah..biasanya kan..pisang raja yang di tumis sebentar di padu coklat dalamnya..kali ini coba versi lain..pisang raja yang di tumis..di padu gula merah..hemm jadi enak dan lebih gurih dech pisangnya. Tambah wangi..apalagi kalau pakai pisang raja yang udah harum dan matang. 
11

Wednesday, February 5, 2014

Sate Ati Ampela Goreng Balut Telur


Membuat menu harian untuk keluarga..musti sedikit kreatif ya teman2..biarpun bahan sama..dengan di bolak balik cara masaknya..jadi menu beda dech..hihi. Lha..gimana donk..kita kan emak2 RT musti masak minimal 5 atau 6 kali dalam seminggu..weekend aja kadang baru jajan di luar,...jadi musti pinter2 kan ya mereka2 bahan yang sama jadi masakan berbeda. Soalnya ya..tiap hari yang kita temui di pasar ya itu2 terus kan ya bahan2..ayam..daging..ikan..dll..yang udah sering banget kita masak. 
13

Sapo Tahu Udang Goreng Tepung


Judulnya aneh ya teman2...jadi menu yang aku masak hari ini adalah sapo tahu biasa..tapi rasanya jadi istimewa..karena di tambahin udang goreng tepung. Biasanya kan sapo tahu..udang atau cuminya di masukin langsung ke kuah..nah..kalau itu kan biasa..jadi biar istimewa dan semakin enak..udangnya di goreng dulu..di celup adonan tepung..terus pas mau makan sapo tahunya..udang goreng tepungnya..cemplungin dech ke sapo tahunya. Enak lho teman2..serasa menemukan harta karun tersembunyi dech..di antara tumpukan sayuran di sapo tahu..hihi..harta karun yang enak. Selain udang bisa juga di ganti kan goreng tepung atau cumi goreng tepung..jadi intinya buat penyeimbang rasa aneka sayuran di sapo tahu..rasa yang gurih dan enak..biasa..kan kita2 penyuka gorengan ya..jadi kalau nemu gorengan udang..ikan atau cumi yang gurih di sapo tahu..tentunya semakin semangat dech makannya.
6

Tuesday, February 4, 2014

Dadar Gulung Labu Kuning


Punya labu kuning dari kemaren belum di karyakan..akhirnya..aku buat dadar gulung labu kuning aja..enak..labu kuning menyumbang warna cantik alami dan juga menambah rasa pada kulit dadar gulungnya. Di tambah isian unti kelapa yang manis dan gurih serta wangi..enak banget dech..seandainya di suruh milih..dadar gulung atau pancake durian..aku milih ini dech..snack tradisional Jowo..hihi. 
26

Ikan Pindang Sambal Tomat & Pete


Buat yang suka pete..mari merapat kemari..hihi..ada pete bertebaran di atas sambal tomat ikan pindang nich..! Enak..di nikmati hujan2 gini sama nasi hangat..walaupun kalau aku yang makan..petenya aku sisihin..hihi. Yang suka pete suamiku..jadi..walaupun nggak suka ya sering masak pakai pete. Dan..walaupun nggak doyan..kalau cuma di buat bumbu atau bau2 dikit di masakan nggak masalah sich buat aku...jadi buat sedep2 aja..tapi nggak aku makan petenya..hihi.
8

Monday, February 3, 2014

Sup Bunga Matahari


Kemaren email2 an sama mba Dewi..mba Dewi request resep Sup Bunga Matahari. Hah...sup bunga matahari..?? Sup apaan tuch..aku bilang gitu...soalnya memang aku belum pernah makan dan tau penampakannya gimana..hihi..kudet ya teman2..?..Nggak juga sich..hihi..*biar nggak malu..*..karena setelah aku browsing sana sini..ternyata memang sup bunga matahari ini..adalah sup khas Solo yang lumayan langka..dan nggak banyak di jual kayak masakan khas Solo..lain..tapi cuma ada di acara mantenan ( pesta hajatan pernikahan ). Sup ini biasanya di sajikan sebagai menu pembuka..di pesta2 gitu. Oh..ya wajar dong..berarti kalau daku belum tau ya..hihi..soalnya..kalau banyak di jual...pasti dech aku pernah makan...secara..kalau cuma ke Solo ya lumayan sering lah. Beberapa kali..menghadiri pesta pernikahan di Solo..ya kok belum pernha nemu sup ini..sering nemunya menu steak galantin gitu dech..kalau di pesta2 di Solo. Makanya..pas mba Dewi request resepnya..aku jadi malah penasaran pengen bikin..apalagi setelah browsing liat foto2 sup ini ya cute banget..kayak bunga gitu..akhirnya aku coba juga.

44

Ayam Bumbu Klaten



Masakan ayam lagi..hihi..jangan bosan ya teman2..biarpun masaknya ayam..bumbunya beda kok..jadi citarasanya juga beda...dan yang pasti..lidah bakal merasakan..enaknya menu ayam dengan bumbu lain lagi. Kali ini..aku masak ayam bumbu Klaten..kalau di lanjut..masaknya sampai agak kering..bisa di panggang..jadilah ayam panggang ala Klaten..yang kadang2 di plesetkan jadi eyem penggeng. Eyem penggeng ini jadi salah satu menu favorit di salah satu resto terkenal di Yogya..punyanya Pak Butet..jika mungkin ada teman2 yang udah pernah makan di resto Bu Ageng Yogya. 
12

Sunday, February 2, 2014

Egg Roll Pandan


Egg roll..baru pertama ini nyoba bikin sendiri di rumah...gara2..ke supermarket deket rumah kok ada cetakan egg roll manual..murah..langsung beli dech. Dan..kalau udah di beli harus di pakai kan..jadilah bongkar2 koleksi tabloid koki lama..dulu pernah liat ulasan tentang macam2 egg roll soalnya. Ketemu dech..akhirnya tadi pagi iseng aku bikin egg roll. Resep dari tabloid koki..egg roll green tea..aku ganti pandan..karena aku nggak punya green tea. 
32

Saturday, February 1, 2014

Resep Kulit Lumpia Mudah


Sejak aku posting resep lumpia Semarang dan cara membuat kulitnya dulu awal2 nge blog..memang lumayan jadi salah satu most popular recipe di blog ini. Cuma..memang kulit lumpia yang asli Semarang itu proses pembuatannya memang berbeda dengan kulit lumpia biasa yang di dadar. Adonannya juga tidak cair..tapi seperti adonan roti tapi lebih lengket..dan cara buatnya di besetkan..atau di ulaskan / di kuaskan ke wajan panas..dengan tangan menggenggam sebundel adonan gitu...terus di oser2 kan ke wajan sampai rata dan tipis...jadi hasil kulit lumpianya bisa tipis sekali.
75

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel