Friday, July 19, 2013

Bluder Cake Tape Beragi..Enak dan Lembut..^^


Bluder tape ini bukan bluder tape yang benar2 murni roti..tapi seperti cake tape biasa...tapi  memakai ragi, sehingga citarasa dan tekturenya sangat unik. Ya...tetep kayak cake yang lembut sich..cuma lebih berongga aja tekturenya..pokoknya..enak  dan lembut dech..susah di jelaskan..jadi coba sendiri aja ya teman2..cara buatnya sangat mudah kok..kayak tehnik pembuatan butter cake, tapi di tambahkan biang ragi di adonannya..dan setelah adonan siap di diamkan dulu 45 menit sampai mengembang. 

Benar2 bisa ngembang tinggi dech adonannya..ini aja aku cuma ku isi 3/4 adonan di cetakan kertasnya..eh mumbul sampai setinggi itu pas udah matang..jadi kurang cantik dikit..wong kepenuhan..hihi. Mustinya separo adonan aja biar hasilnya pas sesuai cup kertasnya dan bisa nyempluk2..cantik kayaknya. Nggak pa2 dech..yang penting enak..dan yang jelas..super kenyang nich makan satu..hihi..lha gede2 banget jadinya. Kalau mau lebih hemat dan jadi banyak bisa dech pakai kemasan cup kertas yang kecil2 aja teman2..bisa jadi banyak dech kayaknya....cocok nich buat snack acara keluarga atau buat takjilan anak2 di Masjid..^^ semoga menjadi salah satu inspirasi snack mur mer di bulan puasa ini ya..selamat mencoba..^^
Bluder Cake Tape

Bahan Biang :
1 sendok makan ragi instan dan 100 ml air hangat , serta 1 sendok teh gula pasir, aduk rata, diamkan 5 menit hingga berbuih.

Bahan cake :
200 gram margarin
200 gram gula pasir halus
1/4 sendok teh garam
200 gram tape singkong
4 butir telur
300 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh baking powder
Meises atau keju untuk isian dan taburan

Cara membuat  :
  1. Kocok margarin, gula pasir halus, dan garam sampai lembut. Masukkan tape singkong. Kocok rata.
  2. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  3. Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder bergantian dengan bahan biang sambil diayak dan dikocok perlahan.
  4. Tuang sedikit adonan di cup kertas..beri isi meises atau keju, lalu tutup lagi dengan adonan hingga setinggi 1/2 tinggi cetakan. Tabur dengan bahan taburan.
  5. Oven 45 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.

11 comments :

  1. wow,, fotonya keren mba... gak nahan jd pingin nyoba nih, dirimu bikin diriku ngileeeerrr mba... e..ee.. puasa gak boleh ngileeeerrrr....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayo..ayo..ingat2 puasa..masih lama bukanya..Mba Zulfa..yukk bikin dulu bludernya..ntar sore biar bisa nyicicp..^^

      Delete
  2. pengen cepet2 hari minggu, ngoprek didapur coba resep ini..thanks mba diah :)..eitss, salam kenal yah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Ella ..salam kenal juga ya Mba..eh besok kan udah hari Sabtu Mba..sabar ya sebentar lagi kok..hihi..

      Delete
  3. Replies
    1. Ya Mba Rita..apalagi pakai ragi..jadi lebih lembut dan khas..unik rasanya..^^

      Delete
  4. Mba, klo tape singkongnya diganti pisang bisa gak yaa? ^^

    ReplyDelete
  5. Mba, klo tape singkongnya diganti pisang bisa gak yaa? ^^

    ReplyDelete
  6. Salam kenal Mba Diah... sudah coba resepnya Mba... enak sekali... tks (novi)

    ReplyDelete
  7. tapenya diganti pisang bisakah mba Diah?

    ReplyDelete
  8. mbak Diah...di prolog kan disebutkan kalo setelah adonan jadi trus didiamkan dulu 45 menit sampe mengembang..tapi di resep kok nggak ya? yg betul yg mana? mohon pencerahan mbak, soalnya sy pingin banget nyobain resep ini... makasih.. :)

    ReplyDelete